1. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi hidung dalam proses pernapasan adalah
pada kesempatan kali ini kami akan membagikan artikel tenang kunci jawaban, disini kami ingin mengajak peserta dididksekalain untuk tidak ragu menggunakan kunci jawaban yang kami buat ini, karena kami yakin jika kunci jawaban yng kami buat ini akan memberikan nilai yang memuaskan kepada peserta didik seklaian dan dapat menyelesaiakn tugas dengan tepat waktu.
Baca juga:
1. Perhatikan gambar irisan telinga berikut ini! Gendang telinga
1. Mata yang normal memiliki kemampuan untuk melihat
1. Fakta yang benar tentang hubungan antara cahaya
hal ini di karenakan kunci jawaban yang kami buat ini bukanlah sembarangan melaikan kami telah membaca dan memahami apa yang di inginkan oleh soalnya barulah kemudian kami berusaha menjawab soal dan tugas yang ada semaksimal yang kami bisa sehingga kami merasa yakin jika pembahasan yang kami biat ini dapat memberikan nilai yang memuasakn kepada peserta dididk sekalain
1. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi hidung dalam proses pernapasan adalah ....
A. mengatur suhu udara yang masuk ke dalam paru-paru
B. sebagai tempat pertukaran gas oksigen dan gas karbon dioksida
C. mengatur kelembapan udara yang masuk ke dalam paru-paru
D. menyaring partikel debu atau kotoran yang masuk bersama udara
2. Struktur pada laring yang berfungsi untuk mencegah masuknya partikel makanan atau minuman ke dalam laring dan trakea adalah ....
A. silia
B. tonsil
C. epiglotis
D. pita suara
3. Jaringan dalam paru-paru yang berfungsi sebagai tempat pertukaran gas oksigen dan gas karbon dioksida adalah ....
A. alveolus
B. bronkiolus
C. bronkus
D. laring
4. Struktur yang berfungsi untuk melindungi paru-paru dari gesekan saat mengembang dan mengempis adalah ....
A. pleura
B. alveolus
C. diafragma
D. lobus paru-paru
5. Berikut ini merupakan aktivitas yang menyebabkan terjadinya inspirasi adalah ....
A. relaksasinya otot-otot eksternal antartulang rusuk dan relaksasinya diafragma
B. relaksasinya otot-otot eksternal antartulang rusuk dan berkontraksinya diafragma
C. berkontraksinya otot-otot eksternal antartulang rusuk dan relaksasinya diafragma
D. berkontraksinya otot-otot eksternal antartulang rusuk dan berkontraksinya diafragma
6. Berikut ini yang bukan merupakan faktor yang memengaruhi frekuensi pernapasan adalah ....
A. umur
B. jenis kelamin
C. aktivitas tubuh
D. suhu lingkungan
7. Berapakah volume udara residu yang terdapat dalam paru-paru?
A. 500 mL
B. 1.000 mL
C. 1.500 mL
D. 2.000 mL
8. Apakah kelainan yang disebabkan oleh menyempitnya saluran pernapasan dalam paru-paru, sehingga seseorang dapat mengalami kesulitan bernapas?
A. asma
B. asfiksi
C. influenza
D. bronkitis
9. Paru-paru seorang pasien penuh dengan cairan. Setelah dianalisis ternyata juga ditemukan bakteri Streptococcus pneumoniae. Pasien tersebut terserang penyakit ....
A. asma
B. pneumonia
C. tuberculosis
D. kanker paru-paru
10. Berikut ini merupakan upaya dalam menjaga kesehatan sistem pernapasan manusia adalah ....
A. tidak merokok
B. berolahraga di malam hari
C. duduk di dekat perokok aktif
D. saling bertukar masker yang sudah digunakan
Kunci Jawaban A. Pilihan Ganda
1. B
2. C
3. A
4. A
5. D
6. D
7. B
8. A
9. B
10. A
waktu dan peristiwa yang terjadi. No. Waktu Peristiwa 1. 1856 Demonstrasi yang dilakukan para buruh di Australia 2. Pemogokan pertama kelas pekerja di Amerika Serikat 3. Demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat 4. 3 Mei 1886 5. 1888 6. Para buruh kembali melakukan demonstrasi 7. 1889 10 Kelas XII Semester 1 dan 2 8. Pemogokan umum yang diusulkan delegasi buruh Amerika Serikat dalam Kongres Buruh Internasional 9. Penetapan Hari Buruh se-Dunia 10. 1919 11. 1935 (3) Guru meminta siswa membaca teks “Sejarah Hari Buruh” secara
saksama dan melakukan perintah berikut ini. (a) Apakah penyajian informasi dalam teks tersebut berdasarkan urutan yang berdimensi waktu dimulai dari awal hingga yang paling akhir terjadi atau kilas balik? (b) Buatlah kelompok yang terdiri dari 3—5 orang. (c) Diskusikanlah keruntutan peristiwa sebagai informasi yang disajikan dalam teks cerita ulang mengenai Hari Buruh tersebut. (d) Carilah kata yang bisa menjadi penanda keruntutan peristiwa dalam pola urutan yang berdimensi waktu pada tiap paragraf yang ada. (e) Tuliskan penanda waktu yang ditemukan, lalu bandingkan jawaban
dengan kelompok lain. Buku Guru Bahasa Indonesia 11 Paragraf Penanda Waktu Kata dalam Kalimat I setiap 1 Mei Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei. berawal dari Di beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. II III IV 12 Kelas XII Semester 1 dan 2 V VI VII VIII (4) Guru mengajak siswa menguraikan struktur yang membangun teks “Sejarah Hari Buruh” tersebut dengan mengisi kolom struktur teks yang masih kosong. Buku Guru Bahasa Indonesia 13 Struktur Teks Kalimat dalam Teks Orientasi 1. Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, dirayakan setiap 1 Mei. Di beberapa negara, Hari Bu
ruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Federation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetap
kan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati oleh kaum buruh seluruh dunia. Penetapan ini dilakukan untuk memperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut. Urutan peristiwa sejarah Tahap 1 2. Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19. Perkembangan kapitalisme industri menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara kapitalis Barat. Di Amerika Serikat misalnya, pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik menuai amarah dan perlawan dari kalan
gan kelas pekerja. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada 1806 oleh pekerja cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat. _____________ _____________ _____________ _____________ 3. Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. Demonstrasi menjalar ke berbagai kota, seperti Chicago, New York, Detroit, Louisville, dan Baltimore. Demonstrasi ini mempersatukan buruh berkulit putih dan hitam. Sampai pada 1 Mei 1886, dem
onstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut. 14 Kelas XII Semester 1 dan 2 _____________ _____________ _____________ _____________ 4. Perkembangan ini memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat saat itu. Melalui Chicago’s Commercial Club, dikeluarkan dana sekitar US$2.000 untuk membeli peralatan senjata mesin guna menghadapi demonstrasi. Demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja itu pun berakhir dengan korban dan kerusuh
an. Sekitar 180 polisi menghadang demonstrasi dan memerintahkan agar demonstran membubarkan diri. _____________ _____________ _____________ _____________ 5. Sebuah bom meledak di dekat barisan polisi. Polisi pun membabi-buta menembaki buruh yang berdemonstrasi. Akibatnya korban pun jatuh dari pihak buruh pada 3 Mei 1886, empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka. Dengan tuduhan terlibat dalam pengeboman, delapan orang aktivis buruh ditangkap dan dipenjarakan. Akibat dari tindakan ini, polisi menerapkan pelarangan terhadap setiap dem
onstrasi buruh. Namun, kaum buruh tidak begitu saja menyerah. _____________ _____________ _____________ _____________ Pada 1888 mereka kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama. Selain itu, mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890 _____________ _____________ _____________ _____________ 6. Rangkaian demonstrasi yang terjadi pada saat itu, tidak hanya terjadi di Amerika Serikat. Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. Tuntutan
pengurangan jam kerja juga singgah di Eropa. Saat itu, gerakan buruh di Eropa tengah menguat. Tentu saja, fenomena ini semakin mengentalkan kesatuan dalam gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan. Buku Guru Bahasa Indonesia 15 _____________ _____________ _____________ _____________ 7. Peristiwa monumental yang menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia
adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889. Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai negeri dan memutuskan delapan jam kerja per hari menjadi tuntutan utama kaum buruh seluruh dunia. Selain itu, kongres juga menyambut usulan delegasi buruh dari Amerika Serikat yang menyerukan pemogokan umum 1 Mei 1890 guna menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia. _____________ _____________ _____________ _____________ 8. Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui Konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935. Ditetapkannya konvensi tersebut merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Penetapan 8 jam kerja per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial. G
uru berharap setelah siswa mempelajari teks cerita sejarah, siswa sudah bisa menyimpulkan struktur yang membangunnya. Kemudian guru meminta siswa melengkapi bagan berikut yang menunjukkan struktur sebuah teks cerita sejarah. Bagan 1.1 Struktur Teks Cerita Sejarah Struktur Teks Cerita Sejarah 16 Kelas XII Semester 1 dan 2 (5) Guru meminta siswa mengenal ciri kebahasaan dalam sebuah teks cerita sejarah. (a) Guru meminta siswa memperhatikan dengan saksama teks “Sejarah Hari Buruh” dan menemukan lima kelompok nomina dan lima kelompok verba dalam teks tersebut, lalu menuliskan kelompok kata yang ditemukan siswa ke dalam kolom, seperti kelo
mpok kata yang dicetak miring berikut. No. Kelompok Nomina Kelompok Verba 1. Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei. Federation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati oleh kaum buruh seluruh dunia. 2. No. Kelompok Nomina Kelompok Verba 3. 4. 5. 6. (b) Guru meminta siswa mencari penanda lain yang menunjukkan nama peristiwa dan tempat kejadiannya yang terdapat dalam teks “Sejarah Hari Buruh” yang diurutkan secara kronologis, kemudian menuliskannnya pad
a kolom yang tersedia. No. Peristiwa Waktu Tempat 1. Hari Buruh 1 Mei Seluruh dunia 2. Hari libur tahunan 1 Mei Beberapa negara Buku Guru Bahasa Indonesia 17 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. (c) Dalam membuat sebuah teks cerita sejarah, siswa bisa menggunakan konjungsi (kata sambung) temporal agar urutan peristiwa dapat tertata secara kronologis. Konjungsi temporal merupakan konjungsi yang mengacu pada waktu dan sekaligus sebagai sarana kohesi teks. Teks yang berkohesi itu penting diperhatikan siswa agar keserasian setiap unsur yang disambungkan tetap terjaga, sehingga tercipta susunan kata yang indah dan mudah dipahami. Konjungsi temporal yang menghubungkan dua hal atau peristiwa, terdiri dari dua bagian, yaitu konjungsi temporal yang menghubun
gkan dua peristiwa yang tidak sederajat (misalnya apabila, bila, bilamana, demi, hingga, ketika, sambil, sebelum, sampai, sedari, sejak, selama, semenjak, sementara, seraya, waktu, setelah, sesudah, tatkala, dan sebagainya) dan konjungsi temporal yang menghubungkan dua bagian kalimat yang sederajat (misalnya sebelumnya dan sesudahnya). Guru meminta siswa mencari beberapa konjungsi temporal yang terdapat dalam teks cerita sejarah tersebut. Kemudian, siswa diminta menentukan apakah konjungsi tersebut menghubungkan dua peristiwa yang sederajat atau tidak dengan memberikan tanda (ѵ) pada kolom yang tersedia. 18 Kelas XII Semester 1 dan 2 No. Konjungsi dalam Kalimat Sederajat Tidak Sederajat 1. Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di awal abad k
e-19. Ѵ 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. (d) Guru meminta siswa mencari sebanyak-banyaknya bentuk nomina (nomina [N]) sebagai hasil dari nominalisasi yang terdapat dalam teks “Sejarah Hari Buruh”. Lalu, siswa diminta menentukan afiks pembentuk nomina tersebut dan menuliskan hasil temuan siswa ke dalam kolom yang telah disediakan. Kemudian guru meminta siswa mendiskusikannya. Buku Guru Bahasa Indonesia 19 No. Nomina Afiks Pembentuk Nomina 1. perubahan konfiks per-an (verba [V] nomina [N]) 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 20 Kelas XII Semester 1 dan 2 16. 17. 18. 19. 20. Tugas 2 Membandingkan Teks Cerita Sejarah Setelah siswa memahami teks “Sejarah Hari Buruh”, guru meminta siswa membandingkan teks tersebut dengan teks “Peristiwa Pembentukan ASEAN” berikut ini dengan teliti. Kemudian, siswa diminta mengerjakan tugas berikut dengan mengikuti penunjuk yang diberikan. Peri stiwa Pembentuka
n ASEAN Sumber: www.google.com/search Gambar 1.1 Lambang ASEAN 1. Sebelum terbentuknya ASEAN pada 1967, beberapa negara di Asia Tenggara telah melakukan berbagai upaya untuk membentuk kerja sama regional di kawasan ini, seperti ASA (Association of Southeast Asia), Maphilindo (Malaya, Philipina, Indonesia), dan SEAMEO (South Buku Guru Bahasa Indonesia 21 East Asian Ministers of Education Organization), maupun dengan negara di luar kawasan ini, seperti SEATO (South East Asia Treaty Organization) dan ASPAC (Asia and Pacific Council). Komunikasi antara negara Asia Tenggara dengan negara di luar kawasan tersebut telah berkembang dalam E
CAFE (Economic Commission for Asia and the Far East), Colombo Plan, dan KAA (Konferensi Asia Afrika). 2. ECAFE dibentuk pada 28 Mei 1947 yang kemudian diubah menjadi ESCAP (Economic and Social Commission for Asia and the Pacific), yaitu badan khusus PBB yang banyak memberikan inspirasi bagi pertumbuhan kerja sama regional di Asia Tenggara. 3. Colombo Plan, yang terbentuk pada 1950 dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Akan tetapi, keanggotaannya tidak berasal dari suatu kawasan tertentu dan operasinya bersifat bilatelaral, sehingga tidak sepenuhnya mencerminkan kerja sama regional. Walaupun demikian, keberadaannya bermanfaat untuk memberikan dorongan pentingnya kerja sama regional Asia Tenggara dalam pertemuan konsultatif the Asia Union di Baguio, Filipina. Pertemuan
Post a Comment for "1. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi hidung dalam proses pernapasan adalah "