1. Perhatikan gambar berikut!a. Berapa jumlah gelombang pada gambar di atas? b. Tentukan amplitudo gelombang c. Tentukan periode gelombang d. Tentukan panjang gelombang
Hallo temen temen pada kesempatan kali ini kami akan membagaikan artikel yang membahas mengenai kunci jawaban yang mana topik yang kami bahas yang kami amabil adalah tenatang dunia pendididkan yang mana tema yang kami ambil kali ini adalah mengenai kunci jawaban pelajaran ipa atau yang lebih di kenal dengan pelaharan ilmu pengetahuan alam.
Baca juga:
1. Perhatikan gambar irisan telinga berikut ini! Gendang telinga
1. Mata yang normal memiliki kemampuan untuk melihat
1. Fakta yang benar tentang hubungan antara cahaya
kami menyadari bahawa kunci jawaban sangatlah perlu di bahsa hal ini dikarenakan kunci jawaban dapat memberikan hal yang dapat menyelesaiakn tugas dengan tepat waktu dan memeproleh nilai yang memuaskan
1. Perhatikan gambar berikut!
a. Berapa jumlah gelombang pada gambar di atas?
b. Tentukan amplitudo gelombang
c. Tentukan periode gelombang
d. Tentukan panjang gelombang
e. Tentukan cepat rambat gelombang
f. Tentukan jumlah gelombang selama dua menit
2. Saat cuaca mendung seorang anak mendengar bunyi guntur 1,5 detik setelah terlihat kilat. Jika cepat rambat bunyi di udara adalah 320 m/s, tentukan jarak sumber petir dari anak tersebut!
3. Sekarang ini banyak teknologi baru yang memanfaatkan sistem sonar. Menurut kamu adakah dampak negatif penggunaan sistem sonar ini dalam perkembangan teknologi?
4. Pernahkah kamu berdiri di trotoar jalan kemudian mendengar suara sirene mobil ambulans? Saat mobil berada di kejauhan bunyi sirene mobil terdengar pelan. Ketika mobil bergerak mendekati kamu, bunyi akan terdengar semakin keras kemudian bunyi sirene mobil akan terdengar melemah lagi setelah mobil menjauh. Dapatkah kamu menjelaskan mengapa bunyi sirene mobil berubahubah ketika mobil bergerak mendekati/menjauhi kamu?
5. Apabila kita menjauhkan benda keras(misalnya batu atau besi)jatuh ke lantai,maka tibul bunyi
a. Menurut pendapatmu,apakah bunyi dapat di pantulkan?
b. Jika dapat dipantulkan,bedakan antara pemantulan bunyi di dalam ruangan kosong dengan pemantulan suara ketika berteriak pada dinding tebing!
c. Apakah proses pemantulan bunyi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kita?jelaskan jawaban kamu beserta contoh.
d. Bagaimana cara kerja sonar?
kunci jawaban B. Esai
1.
a. Gelombang (n):
n=¹/₂λ + ¹/₂λ + ¹/₂λ
=³/₂ λ ⇒1 gelombang = 1λ
= 1,5 gelombang
b. Amplitudo (A):
A= 2 cm
A= 0,02 m (dalam SI)
c. Periode (T):
banyak gelombang (n)=1,5 gelombang
waktu 1,5 gelombang (t)=2,25 sekon
maka:
T = t
n
= 2,25
³/₂
=1,5 sekon
d. Panjang gelombang (λ):
banyak gelombang (n)=1,5 gelombang
jarak (x)=30 cm = 0,3 m (dalam SI)
maka:
λ = x
n
λ = 0,3
1,5
= 0,2 meter
e. Cepat rambat (v):
panjang gelombang (λ)=0,2 meter
periode (T) =1,5 sekon
maka:
v = λ
T
v = 0,2
1,5
v = 0,13 m/s
f. Jumlah gelombang selama t=2 menit (n):
Untuk mencari ini ,cari dahulu peridenya:
v = λ
T
T = λ
v
= 0,2
0,133
=1,5 sekon
Ingat t=2 menit = 2 x 60 = 120 sekon
T = t
n
n = 120
1,5
n = 80 gelombang
2. s = v × t = 320 × 1,5 = 480 m
3. Gelombang bunyi yang dikirim sonar dapat mengacaukan sistem komunikasi mamalia laut sehingga sering terjadi missed communication dan mengakibatkan banyak mamalia laut yang terdampar di pantai akibat dari pengiriman sinyal sonar.
4. Bunyi sirene ambulan yang terdengar berubah-ubah karena pengaruh kecepatan gerak ambulan yang berubah-ubah. Gejala ini dikenal dengan istilah efek Doppler. Karena itulah bunyi sirene ambulan ketika jauh dan dekat berbeda keras/lemahnya bunyi yang kita dengar.
5. Apabila kita menjatuhkan benda keras (misalnya batu atau besi) ke lantai, maka timbul bunyi.
a. Pemantulan dapat terjadi karena benda yang bergerak memiliki energi. Ketika benda bergerak dan ada yang menghalangi, maka benda tersebut akan berbalik arah (memantul) dengan energi yang masih dimilikinya.
b. Jika berteriak pada dinding tebing, maka beberapa saat kemudian akan terdengar suara yang sama persis dengan suara yang diteriakkan. Suara tersebut berasal dari suara yang dipantulkan kembali karena terkena dinding tebing. Bunyi pantul yang terdengar lengkap setelah bunyi asli disebut gema. Jika berteriak di dalam ruangan kosong, maka akan terdengar suara yang akan mengikuti suara asli, sehingga suara asli tidak terdengar jelas. Suara tersebut berasal dari suara asli yang dipantulkan oleh dinding ruangan. Bunyi pantulan yang hanya terdengar sebagian dan tiba bersamaan dengan suara asli sehingga bunyi asli tidak terdengar jelas disebut gaung atau kerdam.
c. Bisa digunakan di laut biasanya , untuk mengukur kedalaman laut dengan pantulan bunyi , misalkan bunyi memiliki kecepatan pantul 500 m / s , dan sebuah kapal menggunakan bunyi pantul untuk mengukur kedalaman laut , ternyata bunyi pantul terdengar setelah 2 detik , sehingga diketahui dalamnya laut adalah 500 m.
d. Cara kerja perlengkapan sonar adalah dengan mengirim gelombang suara bawah permukaan dan kemudian menunggu untuk gelombang pantulan (echo). Data suara dipancar ulang ke operator melalui pengeras suara atau ditayangkan pada monitor.
UNJ (1986-1991) Judul Buku yang Pernah ditelaah (10 Tahun Terakhir) 1. Buku Bahasa Indonesia bagi penutur asing diterbitkan UNJ. 2. Buku Bahasa Indonesia SD diterbitkan penerbit swasta. 3. Buku Bahasa Indonesia SMA diterbitkan Kemendikbud. Judul Penelitian dan Tahun Terbit (10 Tahun Terakhir): 1. “Telaah Buku Teks BIPA (2005)”; “Pengembangan Materi Ajar BIPA (2008); 2. “Pengembangan CD Pembelajaran BIPA (2010); dan “Pengembangan Materi Ajar BIPA Berbasis Pendekatan Integratif dan Multikultural (2012).” 3. Sementar
a, bukunya yang telah terbit: Telaah Kurikulum dan Buku Teks (Modul UT); Semantik (Modul UT); dan Linguistik Umum (Modul UT), 2007. Profil Penelaah 279 Kelas VIII SMP/MTs Bahasa Indonesia Nama Lengkap : Uti Darmawati, S.S Telp Kantor / HP : 0272 322441 E-mail : utidarmawati@yahoo.co.id utidarmawati@gmail.com Akun Facebook : Uti Darmawati Alamat K
antor : PT Intan Pariwara, Jalan Ki Hajar Dewantoro, Klaten, Jawa Tengah Bidang Keahlian : Penyuntingan Riwayat pekerjaan/profesi dalam 10 tahun terakhir: 1. Tahun 2006–sekarang sebagai penyusun dan penyunting (editor) di PT Intan Pariwara Riwayat Pendidikan Tinggi dan Tahun Belajar: 1. 1999–2004 belajar di Fakultas Sastra, Jurusan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Surakarta (UNS) Judul Buku dan Tahun Terbit (10 Tahun Terakhir) 1. Menulis Ringkasan dan Sinops
is, Permata Equator Media, 2008 2. Tips Membuat Pengumuman, Permata Equator Media, 2008 3. Dialek dan Idiolek, Intan Pariwara, 2009 4. Ragam Bahasa Indonesia, Intan Pariawara, 2009 5. Tematik SD Kelas 1 Tema 1 Diriku, Intan Pariwara, 2014 6. Tematik SD Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku, Intan Pariwara, 2014 7. Tematik SD Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku, Intan Pariwara, 2014 8. Tematik SD Kelas 1 Tema 4 Keluargaku, Intan Pariwara, 2014 9. Tematik SD Kelas 1 Tema 5 Pengalamanku, Int
an Pariwara, 2014 10. Tematik SD Kelas 1 Tema 6 Lingkungan Bersih dan Asri, Intan Pariwara, 2014 11. Tematik SD Kelas 1 Tema 7 Benda, Hewan, dan Tumbuhan di Sekitarku, Intan Pariwara, 2014 12. Tematik SD Kelas 1 Tema 8 Peristiwa Alam, Intan Pariwara, 2014 13. Tematik SD Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan, Intan Pariwara, 2014 14. Tematik SD Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi, Intan Pariwara, 2014 15. Tematik SD Kelas 4 Tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup, Intan Pariwara, 2014 16. Tematik SD Kelas 4 Tema 4 Berbagai Pekerjaan, Intan Pariwara, 2014 17. Tematik SD Kelas 4 Tema 5 Berbagai Pahlawanku, Intan Pariwara, 2014 18. Apresiasi Prosa, Intan Pariwara, 2016 (lulus penilaian) 19. Detik-Detik Ujian Nasional SD, Intan Pariwara, 2015 20. PR Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII Semester 1, Intan Pariwara 2016 20. PR Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII Semester 2, Intan Pariwara 2016 21. PR Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas X Se
mester 1, Intan Pariwara, 2016 22. PR Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas X Semester 2, Intan Pariwara, 2016 Profil Editor 280 Kelas VIII SMP/MTs Judul Penelitian dan Tahun Terbit (10 Tahun Terakhir): 1. “Bahasa Pedagang Kaki Lima di Taman Wisata Candi Prambanan” (2004) Judul Buku yang Pernah ditelaah (10 Tahun Terakhir) 1. Ilmu Elektronika dalam Dunia Industri, Saka Mitra Kompetensi, 2014 2. Detik-Detik Ujian Nasional SMP dan SMA, Intan Pariwara, 2015 3. Tematik SD Kelas 1 Tema 1 Diri Sendiri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016 4. Instalasi Peralatan Suara, Saka Mitra Kompetensi, 2016 5. Prinsip Digital Dalam Elektronika Komputer, Saka Mitra Kompetensi, 2016 6. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII, Kementerian Pendidikan dan Kebudaya
an, 2016 7. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas IX, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016 8. Tematik SD Kelas I Tema 8, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016 281 Kelas VIII SMP/MTs Bahasa Indonesia Nama Lengkap : Rio Ari Seno S.Sn Telp Kantor/HP : 0856 9754 4072 Email : rio2161987@gmail.com Akun Facebook : www.facebook.com/rio.ari.seno Alamat Kantor : Jl. Palmerah Barat No. 8, Jakarta 12210 Bidang Keahlian : Ilustrasi & Desain Grafis Riwayat pekerjaan/profesi dalam 10 tahun terakhir: 1. 2008 – 2013: Freelance Graphic Designer & Ilustrator 2. 2014 - Sekarang: Desainer Grafis Majalah Tempo. Riwayat Pendidikan Tinggi dan Tahun Belajar: 1. S1: Desain Desain Komunikasi Visual (Peminatan ilustrasi) Institut Kesenian Jakarta Judul Buku yang Pernah Buat Illustrasi (10 Tahun Terakhir) 1. Makhluk Mitos Dunia Air Judul Penelitian dan Tahun Terbit (10 Tahun Terakhir): Tidak Ada Profil Illustrator 282 Kelas VIII SMP/MTs ISBN: 978-602-282-968-3 (jilid lengkap) 978-602-282-970-6 (jilid 2) HET ZONA 1 ZONA 2 ZONA 3 ZONA 4 ZONA 5 Rp19.700 Rp20.500 Rp21.300 Rp22.900 Rp29.500 Bahasa Indonesia untuk Kelas VIII disusun berdasarkan sesuai dengan tuntuan setiap KD di dalam Kurikulum 2013. Di dalamnya terdiri atas teks berita, iklan, eksposisi, puisi, eksplanasi, ulasan, persuasi, dan drama; dilanjutkan dengan pendalaman tentang literasi. Adapun sistematika pengembangan setiap teks itu mengi
kuti lagkah-langkah yang berlaku pada pendekatan saintifik, yakni diawali dengan lang- kah pengamatan; diikuti dengan pendalaman materi serta pemunculan masalah, yang pada akhirnya para siswa diharapkan dapat mengomunikasikan dan meng- kreasikan materi-materi pelajaran yang telah mereka pelajari kepada forum; lebih jauhnya pada kehidupan mereka sehari-hari. Buku ini juga disusun dengan menggunakan pendekatan pedagogik genre; yang di dalamnya meliputi tahap pengenalan konteks, pemodelan, kegiatan kelompok, dan aktivitas individual. Konteks atau fungsi dari kegiatan pembelajarannya, diperkenal- kan pada setiap babnya. Kemudian diikuti dengan penyajian model teks yang disertai dengan identifikasi, analisis, dan sejumlah materi pendalaman. Bagian tersebut dilan- jutkan dengan aktivitas pembelajaran bersama dan individual. Dengan memperhatikan Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penila- ian, sejumlah kegiatan di d
alam buku ini, diarahkan pada kepentingan penilaian autentik (authentic assesment). Kompetensi siswa dinilai secara langsung untuk mmemperoleh gambaran tentang komptenes siswa itu yang senyata-nyatanya, baik sikap, pengetahuan, maupun keterampilannya. Penilaian yang dimaksud dinyatakan melalui sejumlah kegiatan, baik itu melalui kegiatan penemuan, kegiatan yang berba- sis proyek, serta kegiatan yang berbasis masalah. Adapun penilaian pada setiap subbab dinyataan secara variatif: esei, praktik, produk, proyek, ataupun dalam bentuk protofolio. Bahasa Indonesia
Post a Comment for "1. Perhatikan gambar berikut!a. Berapa jumlah gelombang pada gambar di atas? b. Tentukan amplitudo gelombang c. Tentukan periode gelombang d. Tentukan panjang gelombang "