Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

1. Perhatikan gambar irisan telinga berikut ini! Gendang telinga, saluran eustachius, dan saluran setengah lingkaran ditunjukkan secara berturut-turut dengan huruf

Berikut ini adalah pembahasan yang dapat kami berikan semogga pembahasan yang kami berikan ini bermanfaat bagi kita semua amin. jangan lupa untuk mendukung kami dengan cara membagikan artikel yang kami buat ini dengan teman teman yang mengerjakan tugas yang sama semoga dengan begitu teman teman juga dapat memperoleh nilai yang memuaksn.

Baca juga:

1. Perhatikan gambar irisan telinga berikut ini! Gendang telinga, saluran eustachius, dan saluran setengah lingkaran ditunjukkan secara berturut-turut dengan huruf

A. Pilihan Ganda

1. Perhatikan gambar irisan telinga berikut ini! Gendang telinga, saluran eustachius, dan saluran setengah lingkaran ditunjukkan secara berturut-turut dengan huruf ....

1. Perhatikan gambar irisan telinga berikut ini! Gendang telinga, saluran eustachius, dan saluran setengah lingkaran ditunjukkan secara berturut-turut dengan huruf

A. P, S, dan R

B. P, R, dan T

C. R, S, dan T

D. P, S, dan T


2. Pada saat mendengar suara yang sangat keras, sebaiknya kita membuka mulut. Tujuan dari tindakan tersebut adalah ....

A. dapat bernapas lega

B. tekanan udara telinga tengah sama dengan telinga luar

C. suara dapat masuk ke rongga mulut

D. gelombang suara keras terpecah masuk ke dalam tubuh


3. Berikut ini adalah struktur yang terdapat dalam telinga manusia:

(1) daun telinga

(2) saluran telinga

(3) gendang telinga

(4) tulang sanggurdi

(5) tulang landasan

(6) tulang martil

(7) koklea

(8) saraf pendengaran

Setelah gelombang bunyi sampai di telinga, agar bunyi dapat didengar, getaran berturut-turut melalui struktur bernomor ....

A. (1)-(2)-(3)-(6)-(5)-(4)-(7)-(8)

B. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)-(7)-(8)

C. (1)-(2)-(3)-(6)-(4)-(5)-(7)-(8)

D. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)-(6)-(7)-(8)


4. Sebuah bandul digetarkan selama 1 menit sehingga menghasilkan 40 getaran. periode bandul tersebut adalah ... sekon.

A. 1,5

B. 0,33

C. 0,25

D. 0,15


5. Perbedaan yang mendasar antara gelombang transversal dan gelombang longitudinal adalah ....

A. frekuensinya

B. amplitudonya

C. arah rambatnya

D. panjang gelombang


6. Sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 m/s. Jika frekuensi gelombang adalah 50 Hz, panjang gelombang dari gelombang tersebut adalah ... m.

A. 6,8

B. 6,7

C. 6,6

B. 6,5


7. Perbedaan antara gema dan gaung terletak pada ....

A. jarak sumber bunyi dengan pendengar

B. jarak sumber bunyi dengan dinding pemantul

C. amplitudo dan frekuensinya

D. kelengkapan kata yang terdengar


8. Dari permukaan air laut, sinyal bunyi dikirim ke dasar laut. Sinyal tersebut diterima kembali setelah 12 sekon. Jika cepat rambat bunyi dalam air adalah 1.800 m/s, maka kedalaman laut di tempat itu adalah ... m.

A. 5.400

B. 8.100

C. 10.800

D. 21.600


9. Telinga manusia normal mampu mendengar bunyi yang memiliki frekuensi ... Hz.

A. kurang dari 20

B. lebih dari 20.000

C. antara 20- 20.000

D. lebih dari 200.000


10. Sebuah kolom udara memiliki panjang 40 cm. Jika garpu tala mempunyai frekuensi 320 Hz, maka besarnya cepat rambat gelombang bunyi di udara pada saat terjadi resonansi pertama adalah ... m/s.

A. 511

B. 512

C. 513

D. 515


Kunci Jawaban 

A. Pilihan Ganda
1. C
2. B
3. A
4. A
5. C
6. A
7. B
8. C
9. C
10.B


Indonesia  Wahyudi, Johan. 2013. Panduan Menjadi Juara. Solo: Wangsa Jatra  Lestari. Walter-Echols, E. 2009. Teaching writing by modeling genres through  the teaching-learningcycle. CamTESOL Conference on English  Language Teaching: Selected Papers, 5, 230-238. Wing Jan, L. 2001. Write ways: Modelling writing forms (2nd ed.). Victoria:  Oxford University Press. Zarobe, Yolanda Ruiz de & Catalán , Rosa María Jiménez. 2009. Content  and Language Integrated Learning Evidence from Research in  Europe. Bristol: Multilingual Matters.    274  Kela

s VIII SMP/MTs  Nama Lengkap : Dr. E. Kosasih, M.Pd. Telp. Kantor/HP : (022)2008132/08121427556  E-mail : ekos_kosasih@yahoo.com Akun Facebook : e kosasih Alamat Kantor : Universitas Pendidikan Indonesia  Jl. Dr. Setiabudhi 229 Bandung Bidang Keahlian : Pengajaran bahasa, telaah kurikulum dan  penulisan buku teks.  Riwayat pekerjaan: 1. Dosen pada Departemen Pendidikan Bahasa Indonesia dan  Sekolah Pascasarjana (PPS), UPI Bandung. 2. Penulis dan konsultan pada beberapa penerbitan.  Riwayat Pendidikan Tinggi dan Tahun Belajar: 1. S-3 Sekolah Pascasarjana (PPS), Universitas Pendidikan  Indonesia, Program Pengajaran Bahasa Indonesia, lulus  tahun 2010. 2. S-2 Sekolah Pascasarjana (PPS), Universitas Pendidikan  Indonesia, Program Pengajaran Bahasa Indone

sia, lulus  tahun 2000. 3. S-1 FPBS, IKIP Bandung, Jurusan Pendidikan Bahasa dan  Sastra Indonesia, lulus tahun 1996.  Judul Buku dan Tahun Terbit (10 Tahun Terakhir): 1. Keajaiban di Tanah Suci Mekah, 1996, Pustaka HIdayah 2. Hak Gus Dur untuk Nyleneh, 2000, Pustaka Hidayah 3. Mukzijat Salat dan Doa, 2002, Pustaka Hidayah 4. Penulisan Modul Bahasa Indonesia, 2009, Genesindo 5. Teladan 30 Binatang, 2009, Cipta Dea Pustaka  6. Kecakapan Hidup, 2009, Cipta Dea Pustaka  7. Cara Jitu Menulis Surat Lamaran Kerja, 2009, Yrama Widya 8. Menulis Karangan Ilmiah, 2009, Nobel Edumedia 9. Menulis Surat Dinas, 2009, Yrama Widya 10. Kiat Sukses sang Editor, 2010, Yrama Widya 11. Ensiklopedia Sastra Indonesia, 2008, Nobel Edimedia 12. Apresiasi Sastra Indo

nesia: Puisi, Prosa, Drama, 2008, Nobel  Eduamedia 13. Terampil Berbicara di Depan Umum, 2008, Nobel Edumedia 14. Pendekatan Berbasis Kecakapan Hidup dan Pembelajaran  Kontekstual, 2010, Genesindo 15. Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran Bahasa  Indonesia, 2010, Genesindo 16. Menjadi Penulis Remaja, 2010, Nobel Edumedia 17. Jujur Itu Mengasyikkan, 2011, Bangkit Citra Persada   Profil Penulis   275  Kelas VIII SMP/MTs Bahasa Indonesia  18. Tata Bahasa Indonesia Praktis, 2011, Nobel Edumedia 19. Kamus Pintar Bahasa Indonesia, 2011 2 Usaha Muda 20. Kamus Istilah Kewirausahaan, 2011 2, Usaha Muda 21. Dasar-dasar Keterampilan Menulis, 2012, YRAMA Widya   Karya penelitian: 1. 2011 : Penerapan model pembelajaran berbasis portofolio di dalam mata kuliah  menulis untuk peserta PPG , RKAT Jurusan  2. 2012 : Kajian terhadap nilai-nilai akhlak Sufi dalam Kitab Sirrur Asrar karya Syaikh  Abdul Qadar Jailani, Dikti 3. 2013 : Model pembelajaraan menulis akademik berbasis google drive untuk  meningkatkan menulis mahasiswa UPI: Suatu Upaya 

Meningkatkan Kemahiran  Berbahasa Indonesia Mahasiswa UPI Tahun Akademik 2013/204, Dikti 4. 2014 : Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk menyelenggarakan  PPG di UPI Bandung, Dikti 5. 2015 : Model pembelajaran menulis akademik berbasis Google Drive untuk  meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa UPI:  Suatu Upaya Meningkatkan  Kemahiran Berbahasa Indonesia Mahasiswa UPI Tahun Akademik 2013/2014, LPPM  UPI 6. 2016 : Pengembangan Buku pelajaran SMP/MTs. Berbasis Komponen Budaya di Jawa  Barat dalam Upaya Mengatasi Hambatan Konseptual dalam Pembelajaran Bahasa  Indonesia (Studi terhadap Fungsi dan Pemanfaatan Buku Kemdikbud Kurikulum  2013), LPPM UPI   Publikasi Jurnal: 1. 2013 : Sastra Klasik Sebagai Wahana Efektif dalam Pengembangan Pendidikan  Karakter, Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol. 13, No. 2, Oktober, 102-217, ISSN 1412-0712 2. 2013 : Nilai-nilai Moral dalam Karya Sastra Melayu Klasik Islam: Kajian t

erhadap  Hikayat Raja Khabar, Hikayat Syair Zulyazan, Hikayat Mariam Sadariah dan Nurdin  Masri, Susurgalur, No. 1, Vol. 1,  Maret 2013, ISSN 2302- 3. 2013 : Pengembangan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan  Kecakapan Hidup, Inklusi PPPPTK  TK dan PLB Bandung, No. 3, edisi Juli 2013, h. 181- 267, ISSN 2086-2105   276  Kelas VIII SMP/MTs  Nama Lengkap : Prof. Dr. Muhammad Rapi Tang M.S  Telp. Kantor/HP : 0411861508 / 081354955411 E-mail : muh.rapitang@gmail.com Akun Facebook : mrt muh Alamat Kantor : Jln. Daeng Tata parangtambung Makassar Bidang Keahlian : Bahasa dan Sastra Indonesia  Riwayat pekerjaan/profesi dalam 10 tahun terakhir: 1. Pegawai Negeri Sipil 2. Dosen Universitas Negeri Makassar  Riwayat Pendidikan Tinggi dan Tahun Belajar: 1. (S1) 1980-1986 : Pendidikan Sarjana IKIP Ujung Pandang 2. (S2) 1989-1996 : Pendidikan Magister Universitas Padjajaran 3. (S3) 1996-2001 : Pendidikan Doktor Universitas Padjajaran  Judul Buku yang Pernah ditelaah (10 Tahun Terakhir): 1.Buku teks Bhs Indonesia SMP/MTs, SMA SMK/MAn kelas 1 2 3 Kurikulum 2006 2.Buku teks Nasional SMP/MTs, SMA, SMK, MAn kelas 1 & 3 Kurikulum 2013 3.Buku teks Nasional SMP/MTs, SMA, SMK, MAn kelas 1 2 3 Kurikulum 2013 revisi  Judul Penelitian dan Tahun Terbit (10 Tahun Terakhir):  Tidak Ada 

  Profil Penelaah   277  Kelas VIII SMP/MTs Bahasa Indonesia  Nama Lengkap : Dr. Dwi Purnanto, M.Hum  Telp. Kantor/HP : 0271-712655/08122615054 E-mail : dwi.purnanto@yahoo.com Akun Facebook : - Alamat Kantor : Jalan Ir. Sutami 36 A Surakarta  Bidang Keahlian : Linguistik Indonesia  Riwayat pekerjaan/profesi dalam 10 tahun terakhir: 1. (1986 - sekarang )Dosen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya mulai tahun. Dwi  Purnanto Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.  2. Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret  Riwayat Pendidikan Tinggi dan Tahun Belajar: 1. 1979-1984 : Universitas Sebelas Maret Surakarta, Doktorandus, Linguistik 2. 1998-200

1: Universitas Sebelas Maret Surakarta, Magister Humaniora, Linguistik 3. 2002-2010 : Universitas Sebelas Maret Surakarta, Doktor, Linguistik  Judul Buku yang Pernah ditelaah (10 Tahun Terakhir) 1. Jakarta, 2005 : Bahasa Indonesia untuk SMP , Pusbuk. Kemendiknas 2. Bogor, 2005 : Bahasa Indonesia untuk SMA , Pusbuk. Kemendiknas 3. Bogor, 2007 : Bahasa Indonesia untuk SMP, Pusbuk. Kemendiknas 4. Bogor, 2007 : Bahasa Indonesia untuk SMA, Pusbuk. Kemendiknas 5. Jakarta, 2015 : Bahasa Indonesia untuk SMP, Puskurbuk, Kemendikbud 6. Jakarta, 2015 : Bahasa Indonesia untuk SMA, Puskurbuk, Kemendikbud 7. Jakarta, 2016 : Bahasa Indonesia untuk SMP, Puskurbuk, Kemendikbud 8. Jakarta, 2016 : Bahasa Indonesia untuk SMA, Puskurbuk, Kemendikbud 9. Jakarta, 2016 : Sintaksis, Universitas Terbuka, Kemenristek Dikti  Judul Penelitian dan Tahun Terbit (10 Tahun Terakhir): 1. 2010 : Struktur, Fungsi, dan Penafsiran Makna Pemakaian Bahasa Hukum Pidana  di Pengadilan Wilayah Surakarta, DIKTI (Bantuan Disertasi) 2. 2011 : Tindak Tutur Direktif dalam Persidanghan Pidana di Wilayah Surakrta, DIPA  UNS 3. 2012 : Strategi Tanya Jawab dalam Persidangan di Wilayah Surakarta, DIPA UNS 4. 2013 : Prinsip-prinsip Interaksi dalam Persidangan Pidana di Wilayah Surakarta,  DIPA UNS 5. 2014 : Pemerolehan Bahasa Anak-anak Idiot (Down Syndrome) di Kabupaten  Ponorogo Jawa Timur (Kajian Psikolinguistik), DIPA UNS 6. 2015 : Kearifan Lokal Petani

 dan Persepsinya terhadap Pekerjaan Non-Petani  Masyarakat di Kabupaten Ngawi (Kajian Etnolinguistik), PUPT DIKTI 7. 2015 : Ketidaksantunan Berbahasa dalam Persidangan Pidana di Wilayah Eks- Karesidenan Surakarta, DIPA UNS 8. 2015 : Kesantunan kritik dalam masyarakat Etnik madura: Kajian Pemberdayaan  Fungsi Bahasa, PUPT DIKTI   Profil Penelaah   278  Kelas VIII SMP/MTs  Nama Lengkap : Dr. Liliana Muliastuti  Telp. Kantor/HP : 08159492993 E-mail : LMULIASTUTI@YAHOO.COM Akun Facebook : - Alamat Kantor : kampus A Universitas Negeri Jakarta  Bidang Keahlian : Bahasa Indonesia   Riwayat pekerjaan/profesi dalam 10 tahun terakhir: 1. 1992-2016: Dosen Bahasa Indonesia di UNJ  Riwayat Pendidikan Tinggi dan Tahun Belajar: 1. S3 : Prodi Pendidikan Bahasa UNJ (2011 – 2015) 2. S2 : Prodi Pendidikan Bahasa UNJ (1994-1997) 3. S1 : Fakultas Bahasa dan Seni/jurusan Bahasa Indonesia/program studi  Pendidikan Bahasa Indonesia 

Post a Comment for "1. Perhatikan gambar irisan telinga berikut ini! Gendang telinga, saluran eustachius, dan saluran setengah lingkaran ditunjukkan secara berturut-turut dengan huruf"