1. Sebuah data hasil ulangan harian matematika kelas IX A menunjukkan: delapan siswa mendapat nilai 95, enam siswa mendapat nilai 85, sepuluh siswa mendapat nilai 80,
Kejadian itu telah menyadarkan kembali Hasan tentang agama. Ia menyesal dan merasa berdosa atas apa yang telah diperbuat. Pergaulan bebasnya dengan teman-teman yang tidak percaya Tuhan membuatnya tersesat dan ragu dengan keberadaan Tuhan. Hasan memutuskan bercerai dengan Kartini dan ia pun pulang kampung.Ia ingin meminta maaf kepada ayahnya. Sesampainya di kampung, ia menjumpai ayahnya sedang sakit keras.
Daftar Isi
Ternyata ayahnya tidak mau memaafkan Hasan, bahkan sampai maut menjemputnya. Ayah Hasan tetap berada pada pendirianya. Hasan merasa bahwa semua itu terjadi karena perbuatan Anwar. Ia menaruh dendam pada Anwar dan berniat membunuhnya. Pada suatu malam, ia melaksanakan rencana itu. Kemudian, ia mencari Anwar. Karena pada waktu itu situasi sedang tidak aman, diberlakukanlah jam malam. Nahas menimpa Hasan. Belum sempat melaksanakan niatnya, ia malah tertembak. Akan tetapi, sebelum meninggal, ia masih sempat mengingat Allah dengan berkali-kali menyebut asma-Nya.
Kunci jawaban Matematika kelas 8
Sebelum masuk ke pembahasan kami juga ingin memberikan pembahasan yang berkaitan dengan tema kita kali ini yaitu mengenai kunci jawaban kelas 8, yang mana pembahasan yang ingin kami berikan siapa tau temen temen juga membutuhkannya, temen temen dapat mengklik tulisan di bahwa ini untuk mengakses pembahasannya:
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.1
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.2
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.3
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 uji kompetensi 10
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.3
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.2
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.1
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Uji Kompetensi semester 2
Pembahasan di atas merupakan pembahasan yang kami buat, kami yakin jika pembahasan yang kami berikan ini, dapat memberikan nilai yang memuaskan kepada temen temen karena memang kami dalam membuat pembahasan tersbeut bukanlah asal asalan.
Melaikan kami telah membaca dan memahami apa yang diinginkan oleh soal, sehingga kami dapat menjawabnya semaksimal yang kami bisa, dan tak jarang juga kami mencari pembahasan dari situs situs lain.
Pembahasan soal Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.3 Bab 9 Hal 253 Semester
Sebelum masuk ke pembahasan kami juga ingin memberikan pembahasan yang berkaitan dengan tema kita kali ini yaitu mengenai kunci jawaban kelas 8, yang mana pembahasan yang ingin kami berikan siapa tau temen temen juga membutuhkannya, temen temen dapat mengklik tulisan di bahwa ini untuk mengakses pembahasannya:
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.1
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.2
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.3
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 uji kompetensi 10
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.3
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.2
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.1
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Uji Kompetensi semester 2
Pembahasan di atas merupakan pembahasan yang kami buat, kami yakin jika pembahasan yang kami berikan ini, dapat memberikan nilai yang memuaskan kepada temen temen karena memang kami dalam membuat pembahasan tersbeut bukanlah asal asalan.
Melaikan kami telah membaca dan memahami apa yang diinginkan oleh soal, sehingga kami dapat menjawabnya semaksimal yang kami bisa, dan tak jarang juga kami mencari pembahasan dari situs situs lain.
Novel ini banyak memberikan pelajaran kepada pembacanya. Kita harus pandai bergaul dengan orang lain. Jangan sampai salah pergaulan hingga pada akhirnya kita malah tersesat, bahkan sampai mengingkari ajaran agama. Kita harus senantiasa berpegang teguh pada agama dan selalu meyakini keberadaan Tuhan. 156 Kelas VIII SMP/MTs Nilai moral yang kedua adalah hendaknya kita mau memaafkan kesalahan orang lain yang sudah bertobat.
Jangan seperti tokoh ayah Hasan yang tidak mau memaafkan kesalahan anaknya bahkan sampai ajal menjemputnya. Manusia adalah tempat salah dan lupa. Setiap manusia pasti mempunyai kesalahan, tetapi suatu saat juga akan kembali ke jalan yang benar. Jika Tuhan Maha Pengampun, Pengasih, dan Penyayang, mengapa manusia tidak bisa, apalagi demi memaafkan anaknya sendiri. Bahasa novel ini lugas dan mudah dipahami. Sayangnya, novel ini sudah sangat langka sehinga sulit diperoleh. Contoh resensi film. Film ”Laskar Pelangi” adalah sebuah adaptasi dari novel Andrea Hirata dengan judul yang sama.
Kami juga membahas mengenai kunci jawaban pelajaran, yang dapat temen temen akses jawaban tersebut di bawah ini, dimana pembahasan ini kami buat seupaya temen dapat menyelesaiakn tugas dengan tepat waktu dan memperoleh nilai yang memuskan
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
Jawaban Buku Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.3 Bab 9 Statistika Hal 253 Jawaban Buku Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.3 Bab 9 Statistika Hal 253 Semester 2. Soal ini terdiri dari 10 nomer yang berbentuk esai. Pada materi ini membahas tentang median dan modus suatu data. Dibawah ini soal dan jawaban buku matematika kelas 8 ayo kita berlatih 9.3 bab 9 statistika hal 253 semester 2.
Ayo Kita Berlatih 9.3
1. Sebuah data hasil ulangan harian matematika kelas IX A menunjukkan: delapan siswa mendapat nilai 95, enam siswa mendapat nilai 85, sepuluh siswa mendapat nilai 80, sembilan siswa mendapat nilai 70, dan tujuh siswa mendapat nilai 65. Tentukan rata-rata nilai ulangan harian matematika di kelas tersebut.
Kunci jawaban:
1. Jumlah siswa
= 8+6+10+9+7
= 40 siswa
8 x 95 = 760
6 x 85 = 510
10 x 80 = 800
9 x 70 = 630
7 x 65 = 455
-------------------- +
total = 3155
maka rata rata
= jumlah data : banyak siswa
= 3155 : 40
= 78,87
= 78,9
2. Perhatikan dua data berikut ini.
Data X: 4, 5, 5, 6, 7, 7, 8, 8, 8, 9, 9, 10, 10, 12
Data Y: 4, 5, 5, 6, 7, 7, 8, 8, 8, 9, 9, 10, 10, 16
a. Dapatkan mean, median, dan modus untuk tiap-tiap data X dan Y. (Untuk mean, bulatkan nilainya sampai dua tempat desimal).
b. Jelaskan, mengapa mean dari data Y lebih besar daripada mean dari data X.
c. Jelaskan, mengapa median dari data X sama dengan median dari data Y.
Kunci jawaban:
2. a.=> Mean X = 108/14 = 7,71
=> Mean Y = 112/14 = 8
=> Median X = 14+1/2 = 7,5 (Suku ke 7 + Suku ke 8 : 2) = 8+8/2 = 8 => Median Y = 14+1/2 = 7,5 (Suku ke 7 + Suku ke 8 : 2) = 8+8/2 = 8
b. mean data Y lebih besar daripada mean data X karena terdapat salah satu data di Y yang lebih besar daripada data di X.
c. data X dan data Y berbeda hanya pada nilai tertinggi, tetapi banyak anggota setiap data tetap sama, sehingga median kedua data adalah sama.
3. Tabel berikut menunjukkan data pendapatan hasil panen sayur A dan B di Desa Sukamakmur. a. Berapa total pendapatan panen sayur A dan B masing-masing selama 4 bulan?
b. Berapa total pendapatan hasil panen seluruhnya dari kedua sayur selama 4 bulan tersebut?
c. Pada bulan apa terdapat selisih pendapatan terbesar dari panen sayur A dan B?
d. Berapa rata-rata pendapatan dari panen sayur A dan B masingmasing selama 4 bulan?
e. Mengacu pada pendapatan rata-rata dari panen sayur A dan B selama 4 bulan tersebut, menurutmu sayur apa yang sebaiknya disediakan lebih banyak pada bulan November? Jelaskan.
f. Berapa median dari pendapatan panen sayur A dan B masingmasing selama 4 bulan?
g. Berapa banyak pendapatan dari panen sayur B yang harus diusahakan pada bulan November agar rata-rata pendapatan hasil panen sayur B selama bulan Juli sampai November menjadi Rp800.000,00? Kunci jawaban:
3. a. Pendapatan panen sayur A sebesar Rp2.500.000,00 dan pendapatan panen sayur B sebesar Rp2.600.000,00.
b. Total pendapatan kedua sayur adalah Rp5.100.000,00.
c. Pada bulan Oktober selisih pendapatan kedua jenis sayur paling besar.
d. Rata-rata pendapatan sayur A selama empat bulan adalah Rp625.000,00 Rata-rata pendapatan sayur B selama empat bulan adalah Rp650.000,00
e. Sayur B harus disediakan (dipanen) lebih banyak pada bulan November, karena permintaan sayur B semakin meningkat. Sedangkan permintaan yang ditunjukkan oleh diagram pendapatan sayur B tidak stabil.
f. Median dari pendapatan panen sayur A dan sayur B berturut-turut adalah Rp675.000,00 dan Rp650.000,00. g. Rp1.400.000,00
4. Data berikut menunjukkan tinggi badan 20 siswa kelas 8 smp ceria. 154 153 159 165 152 149 154 151 157 158154 156 157 162 168 150 153 156 160 154a) urutkan data diatas dari nilai terkecil sampai terbesar b) Hitunglah mean, median, dan modus dari data diatas
Kunci jawaban:
4. a) Urutan data dari terkecil ke terbesar
149, 150, 151, 152, 153,
153, 154, 154, 154, 154,
156, 156, 157, 157, 158,
159, 160, 162, 165, 168.
b) Mean (Rata - rata)
= jumlah data / banyak data
= 3.122/20
= 156,1
Median (nilai tengah)
= data ke (n + 1)/2
= data ke (20 + 1)/2
= data ke 21/2
= data ke 10,5
artinya mediannya terletak antara data ke 10 dan data ke 11
Dari data yang telah diurutkan diperoleh
data ke 10 = 154
data ke 11 = 156
Jadi mediannya adalah
Me = (154 + 156)/2
Me = 310/2
Me = 155
Modus = nilai yang sering muncul atau nilai paling banyak yaitu modus = 154
5. Pada kelas VIII C SMP Ceria, rata-rata nilai matematika siswa perempuan adalah 72 dan rata-rata nilai siswa laki-laki adalah 77. Jika rata-rata nilai matematika seluruh siswa di kelas tersebut adalah 74, tentukan perbandingan banyaknya siswa perempuan terhadap siswa laki-laki di kelas tersebut. Kunci jawaban:
5. Diketahui : mean (X bar) siswa perempuan = 72
mean (X bar) siswa laki laki = 77
mean (X bar) keseluruhan = 74
Ditanya : perbandingan jumlah siswa laki laki dan perempuan ?
Jawab :
misalkan siswa laki laki = x
siswa perempuan = y
X bar = ∑X / n
74 = (77x + 72y) / x + y
77x + 72y = 74 (x + y)
77x + 72y = 74x + 74y
77x - 74x = 74y - 72y
3x = 2y
x / y = 2 / 3
maka perbandingan siswa perempuan : laki laki = 3 : 2
6. Nilai rata-rata ujian matematika di suatu kelas adalah 72. Nilai ratarata siswa putra adalah 75 dan nilai rata-rata siswa putri adalah 70. Jika banyaknya siswa putri 6 lebih banyak dari siswa putra, berapa banyaknya siswa di kelas tersebut?
Kunci jawaban:
6. Mislakan
putra = x
putri = y
maka
y=x+6
total nilai 1 kelas = total nilai putra + total nilai putri
72(x+ x+6) = 75x + 70(x+6)
144x + 432 = 75x + 70x + 420
x = 432-420
x = 12
y = x+6 = 18
jadi dalam 1 kelas tersebut terdapat 12+18 = 30 orang
7. Tabel berikut ini menunjukkan data nilai ujian IPA siswa kelas VIII C.
a. Ketua kelas VIII C mengatakan bahwa nilai rata-rata ujian IPA kelas VIII C adalah 7, karena banyak siswa yang mendapatkan nilai tersebut. Apakah pernyataan ketua kelas tersebut benar? Jelaskan jawabanmu.
b. Berapakah median dan modus data tersebut?
c. Seorang siswa dinyatakan lulus dalam ujian tersebut jika mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 6. Berapa persen siswa yang tidak lulus di kelas VIII C?
Kunci jawaban:
7. a. Pernyataan ketua kelas bahwa rata-rata nilai ujian IPA kelas VIII C sama dengan 7 adalah keliru. Modus tidak cocok untuk menyatakan rata-rata suatu data. Rata-rata nilai ujian IPA siswa kelas VIII C adalah 9,37. b. Median data adalah 7 dan modus data adalah 7. c. Siswa yang tidak lulus sebanyak 3 orang atau 10%.
8. Andi, Budi, Charli, dan Dedi adalah teman sepermainan. Rata-rata berat badan Andi dan Budi adalah 55 kg. Rata-rata berat badan Budi dan Charli adalah 70. Rata-rata berat badan Charli dan Dedi adalah 75. Berapakah rata-rata berat badan Andi dan Dedi?
Kunci jawaban:
8. andi + budi = 55 x 2 = 110
budi + carli = 70 x 2 = 140
carli + dedi = 75 x 2 = 150
______________________ +
andi + 2.budi + 2.carli + dedi = 400
andi + dedi + 2(budi+carli) = 400
andi + dedi + 2.140 = 400
andi + dedi = 400 - 280 = 120 kg
9. Rata-rata dari dua puluh tiga bilangan asli yang berurutan adalah 133. Berapakah rata-rata dari tujuh bilangan yang pertama?
Kunci jawaban:
9. (x + x + 1 + x + 2 + ... + x + 22)/23 = 133
(23x + (1+22)x22/2))/23 = 133
(23x + 23x11) / 23 = 133
x + 11 = 133
x = 133 - 11
x = 122
sehingga rata - rata 7 bil pertama adalah
= (122 + 123 + 124 + 125 + 126 + 127 + 128)/7
= 875/7
= 125
10. Diagram berikut menunjukkan banyaknya sepatu olahraga yang terjual di Toko Sepatu Mantap Jaya pada bulan Agustus berdasarkan ukuran. Pemilik toko mengatakan bahwa sepatu olahraga yang terjual rata-rata adalah ukuran 42.
a. Dapatkan mean, median, dan modus dari data di atas. (untuk mean bulatkan sampai nilai satuan terdekat)
b. Apakah pernyataan pemilik toko tersebut benar? Jika salah, coba kamu betulkan pernyataan pemilik toko tersebut.
c. Pada bulan September, pemilik toko ingin menambah stok sepatu olahraga ukuran tertentu yang paling banyak terjual pada bulan sebelumnya, akan tetapi ia belum dapat menentukannya. Dengan menggunakan hasil yang telah kamu dapatkan pada poin a, perhitungan manakah yang dapat membantu pemilik toko dalam menyelesaikan permasalahan tersebut? Apakah mean, median, atau modus? Jelaskan jawabanmu.
Kunci Jawaban
10. Mean
Dari diagaram batang kita bisa buat tabel penjualan sepatu yg bisa dilihat pada lampiran II.
Total data = (36 × 2) + (37 × 4) + (38 × 3) + (39 × 6) + (40 × 5) + (41 × 12) + (42 × 15) + (43 × 10) + (44 × 8) + (45 × 3)
= 72 + 148 + 114 + 234 + 200 + 492 + 630 + 430 + 352 + 135
= 2807
Banyak data = 2 + 4 + 3 + 6 + 5 + 12 + 15 + 10 + 8 + 3
= 68
Mean = total data/banyak data
= 2807/68
= 41,27
Median
1/2 jumlah frekuensi = 68 : 2 = 34.
mencari data yg dilalui data ke-34 = 2 + 4 + 3 + 6 + 5 + 12 + 15 = 47
Data ke-34 dan ke-35 adalah 42
Jadi median adalah 42
Modus
Frekuensi yang tertinggi 15
Jadi modus adalah 42
b. Pernyataan pemilik toko salah. Seharusnya rata-rata ukuran sepatu yang terjual adalah sepatu yang berukuran 41.
c. Pemilik toko bisa menambah stok sepatu berukuran 41, 42, dan 43, karena permintaan lebih banyak daripada ukuran sepatu yang lain. Pemilik toko dapat melihat modus data berdasarkan diagram.
Rangkuman Matematika kelas 8 ayo berlatih 9.3 bab 9
amfibi menjadi reptilia, reptilia menjadi mamalia dan burung. 3. Karena perubahan lingkungan, habisnya makanan, adanya penyakit dan faktor lain, jumlah populasi secara berkala akan berkurang, penyimpangan dapat memengaruhi variabilitas dari sisa populasi. Jika populasi meningkat lagi, frekuensi sejumlah tertentu dapat jauh berbeda dengan frekuensi sebelum penurunan jumlah populasi. B. 1. Perhatikan kembali teks eksplanasi yang tela
h kamu baca! 2. Catatlah kaidah-kaidah kebahasaan yang tampak dominan pada teks tersebut secara berkelompok! 3. Laporkanlah hasilnya dalam format berikut! Judul teks : .... Penulis : .... Sumber : .... 148 Kelas VIII SMP/MTs Kaidah Kebahasaan Kutipan Teks D. Menulis Teks Eksplanasi Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu: Menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi tentang suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur unsur kebahasaan atau aspek lisan. 1. Pola-Pola Pengembangan Teks Eksplanasi Teks eksplanasi dapat disusun dengan berbagai pola, yaitu dengan pola kronologis dan kausalitas. Kedua pola itu dapat pul
a divariasikan penyusunannya. Kedua pola itu bisa saling melengkapi. Di samping itu, mungkin pula hal itu terselingi dengan pola-pola lainnya, seperti pola definisi, ilustrasi, dan umum- khusus. Kegiatan 5.8 A. 1. Bacalah sebuah teks eksplanasi, baik itu yang kamu peroleh dari buku pelajaran, internet, maupun dari sumber-sumber lainnya! 2. Jelaskanlah pola-pola pengembangan teks tersebut untuk setiap paragrafnya dengan diskusi kelompok! 2. Sajikanlah dalam format seperti berikut! 3. Simpulkan pula pola umum yang menandai teks tersebut! Judul teks : .... Sumber : .... Paragraf ke- Pola Pengembangan 1 2 Dst. Simpulan .... 149 Kelas VIII SMP/MTs Bab 5 Bahasa Indonesia 4. Laporkanlah hasil diskusi kelompokmu itu dalam forum diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang pola-pola pengembangan teks tersebut! B. Susunlah kalimat-kalimat di bawah ini dengan pola-pola pengembangan yang benar! No. Kalimat-Kalimat Urutan yang Benar 1. a. Majunya ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) sangat memengaruhi kehidupan manusia. b. Akibatnya tanah menjadi gundul, kemudian erosi, akhirnya tanah longsor da
n menimbulkan banyak korban. c. Adanya mesin potong yang canggih, manusia dapat menebang hutan seenaknya. d. Kemajuan iptek tanpa kepedulian manusia tentu akan merusak lingkungan. e. Bangsa Indonesia sekarang ini sedang berupaya untuk melestarikan lingkungan hidup. 2. a. Keseimbangan lingkungan secara alami dapat berlangsung karena beberapa hal. b. Keseimbangan lingkungan itu dapat terganggu bila terjadi perubahan. c. Salah satu faktor penyebab gangguan adalah polusi di samping faktor-faktor yang lain. d. Perubahan yang dimaksud berupa pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya sebagian komponen yang dapat menyebabkan putusnya mata rantai dalam ekosistem. 150 Kelas VIII SMP/MTs 2. Langkah-Langkah Menulis Teks Eksplanasi Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses terjadinya peristiwa dengan sejelas-jelasnya. Dalam penyusunannya, teks eksplanasi umumnya berpola kronologis ataupun kausalitas. Secara umum teks eksplanasi dimulai dengan identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan diakhiri denga
n ulasan/ penyimpulan. Langkah-langkah penyusunannya sebagai berikut. a. Menentukan topik atau suatu kejadian yang menarik, dikuasai, dan aktual. b. Menyusun kerangka teks, yakni dengan mengembangkan topik utama ke dalam rincian-rincian topik yang lebih spesifik. Topik-topik itu dapat disusun dengan urutan kronologis atau kausalitas. Fenomena/kejadian: ..... Struktur Teks Eksplanasi Rincian Topik 1) Identifikasi fenomena (kejadian) a) .... b) .... c) .... dst. 2) Proses kejadian a) .... b) .... c) .... dst. 3) Ulasan a) .... b) .... c) .... dst. c. Mengumpulkan bahan, berupa fakta atau pendapat para ahli terkait dengan kejadian yang dituliskan dari berbagai sumber, misalnya melalui observasi lapangan ataupun dengan studi literatur. d. Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi teks eksplanasi yang lengkap dan utuh dengan memperhatikan struktur bakunya: identifika
si fenomena/kejadian, proses kejadian, dan ulasan. Perhatikan pula kaidah-kaidah kebahasaan yang berlaku pada teks ekspalansi. 151 Kelas VIII SMP/MTs Bab 5 Bahasa Indonesia Kegiatan 5.9 A. 1. Daftarlah topik yang berkaitan dengan sebuah kejadian alam, sosial, ataupun budaya yang ada di sekitarmu! 2. Susunlah topik-topik secara runtut ke dalam struktur eksplanasi, seperti identifikasi fenomena, proses kejadian, dan ulasan! 3. Kembangkan kerangka itu menjadi sebuah teks eksplanasi dengan memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaannya yang benar! B. Lakukanlah silang baca dengan salah seorang teman dengan menggunakan rubrik penilaian berikut! Rubrik Penilaian Teks Eksplan
asi No. Aspek Deskripsi Ya Tidak 1. Ketepatan jenis teks Apakah karangan itu berupa teks eksplanasi? 2. Struktur teks Apakah teks itu memuat identifikasi fenomena, proses kejadian, dan ulasan? 3. Keterpaduan teks Apakah antara paragraf satu dengan paragraf lainnya saling berkaitan? 4. Kaidah-kaidah kebahasaan Apakah tidak ada kesalahan penggunaan kata dan struktur kalimatnya? 5. Ketepatan penulisan ejaan dan tanda baca Apakah tidak ada kesalahan dalam penulisan ejaan dan tanda baca? Aku Bisa Lengkapilah tabel di bawah ini dengan benar, sesuai dengan tingkat penguasaanmu terhadap materi-materi dalam bab ini! 152 Kelas VIII SMP/MTs Pokok Bahasan Tingkat Penguasaan A B C D 1. Menentukan ciri-ciri teks eksplanasi. 2. Meringkas teks eksplanasi.
3. Menelaah isi, struktur, dan kaidah teks eksplanasi. 4. Menulis teks eksplanasi. Keterangan: A = sangat dikuasai B = dikuasai C = cukup dikuasai D = tidak dikuasai Apabila masih ada bahasan yang belum kamu kuasai, pelajarilah kembali dengan lebih baik bahasan tersebut. Bertanyalah kepada guru, orang tua, ataupun kepada teman tentang permasalahan tersebut. Baca pula berbagai sumber untuk lebih meningkatkan penguasaanmu pada materi lain. 153 Kelas VIII SMP/MTs Bab 6 Bahasa Indonesia Bab 6 Ulasan Karya Kita (sumber: Dokumen Penulis) Setelah membaca buku/e-book, menonton sinetron, ataupun acara-acara televisi lain, kamu hampir selalu tergoda untuk mengomentari bacaan dan tontonan-tontonan itu. Komentar itu berupa lontaran-lontaran kata bagus, seru, lucu, mengasyikkan, ataupun ungkapan-ungkapan sejenisnya. Lontaran-lonatran seperti itulah yang dimaksud dengan ulasan dalam bentuk sederhana. Dengan demikian, ulasan sebenarnya bukan sesuatu yang asing bagimu. 154 Kelas VIII SMP/MTs A. Menunjukkan Ciri-Ciri Ulasan Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu: Menjelaskan pengertian serta ciri-ciri teks ulasa
n berdasarkan isi dan objek ulasannya. 1. Pengertian Ulasan Perhatikanlah teks berikut! Identitas Buku Judul : Atheis Pengarang : Achdiat K. Mihardja Penerbit : Balai Pustaka Tahun terbit : 1949 (cetakan pertama) Tebal halaman : 232 halaman Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun 1969. R.J. Maguire menerjemahkan novel ini ke bahasa Inggris tahun 1972. Sementara itu, Sjuman Djaya mengangkatnya ke layar perak tahun 1974 dengan judul yang sama. Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. Dari kecil ia dididik menjadi anak yang saleh. Ia begitu taat beribadah. Begitu juga dengan orang tuanya adalah p
emeluk Islam yang fanatik. Orang tua Hasan menyekolahkan di MULO. Di sekolah itu dia bertemu dengan seorang gadis cantik yang bernama Rukmini. Hubungan keduanya semakin akrab. Mereka saling jatuh cinta. Rupanya kisah cinta mereka tidak bisa berlangsung lama. Oleh orang tuanya, Rukmini disuruh kembali ke Jakarta. Ia akan dipinang oleh seorang saudagar kaya. Ia menuruti nasihat orang tuanya dengan menerima pinangan saudagar kaya tersebut meski pernikahan itu tidak disertai rasa cinta. Kejadian itu membuat hati Hasan hancur. Ia menjadi frustrasi. Untuk menghilangkan bayangan Rukmini dari hidupnya, ia mengikuti aliran tarekat seperti yang telah lama dianut orang tuanya. Ia semakin taat beribadah. Akan tetapi, kehidupannya berubah ketika dia bertemu teman lamanya, yaitu Rusli. Temannya itu datang bersama seorang wanita cantik bernama Kartini. Ia adalah perempuan modern dan pergaulannya bebas. Ia juga seorang janda. Ternyata sejak perjumpaan itu, Hasan menaruh hati pada Kartini. Alasannya, Kartini memiliki karakter yang hampir sama dengan R
ukmini. 155 Kelas VIII SMP/MTs Bab 6 Bahasa Indonesia Semenjak Hasan mencintai Kartini, dia pun juga bergaul dengan teman- teman Kartini. Hasan mencoba untuk menyadarkan Kartini dan Rusli dengan memberikan ceramah-ceramahnya. Akan tetapi, karena Rusli juga pandai bicara, kemudian dialah yang berbalik memengaruhi Hasan. Tanpa disadari, pemikiran- pemikiran Rusli melekat di kepala Hasan. Mulanya, Hasan tidak terpengaruh. Namun, keyakinannya mulai goyah ketika dia dikenalkan dengan seorang yang tidak percaya Tuhan, yaitu Anwar. Pengetahuan Anwar tentang ketuhanan begitu luas. Sejak saat itulah pemahaman Hasan tentang agama mulai berubah. Ia mulai meragukan keberadaan Tuhan. Hasan semakin tersesat dari agama. Pergaulannya semakin bebas. Ia kemudian menikahi Kartini. Pernikahan mereka didasarkan atas rasa suka sama suka. Pernikahan mereka ternyata tidak bahagia. Kehidupan rumah tangga mereka berantakan. Pergaulan Kartini semakin bebas. Lama– kelamaan Hasan cemburu karena hubungan Kartini dengan Anwar semak
in dekat. Hasan menganggap Kartini telah selingkuh. Film ini berlokasi di Belitong, Sumatra. Film ini diawali dengan tokoh Ikal dewa
sa (Lukman Sardi) yang kembali ke tanah kelahirannya setelah merantau. Dia lalu flash back ke masa kecilnya dulu sewaktu masih di SD Muhammadiyah yang sederhana dengan dua guru yang bersahaja, Bu Muslimah (Cut Mini) dan Pak Harfan (Ikranagara). Lima tahun berlalu dan film bercerita tentang anggota Laskar Pelangi kelimanya duduk di kelas V, melalui sudut pandang Ikal kecil (Zulfani). Selain Ikal, ada juga tokoh Lintang (Ferdian) yang amat jenius dan Mahar (Verrys Yamarno) yang menunjukkan bakat seni luar biasa. Tokoh-tokoh yang lain adalah Akiong, Harun, Sahara, dan Kucai. Keputusan penting sutradara Riri Riza dan produser Mira Lesmana yang memilih anak-anak asli Belitong sebagai pemain ternyata tepat. Mereka bisa menyelami karakter masing-masing walaupun tidak punya
Post a Comment for "1. Sebuah data hasil ulangan harian matematika kelas IX A menunjukkan: delapan siswa mendapat nilai 95, enam siswa mendapat nilai 85, sepuluh siswa mendapat nilai 80, "