1. Tentukan rata rata dari data yang diberikan berikut.a. 11,12,12,12,12,13,14 b.108,103,98,105,85,112,119,82,94,115,126
assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh selamat datang serta didik sekalian selamat datang di blog saya buat ini dimana blog yang kami buat ini berkaitan dengan dunia pendidikan yang mana blog yang kami buat ini akan khusus membahas tentang dunia pendidikan seperti contohnya mengenai pembahasan kunci jawaban dari berbagai mata pelajaran yang salah satunya yang kita bahas kali ini yaitu mengenai kunci jawaban kelas 8 smp.
Daftar Isi
Baca juga:
KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.2
KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.3
KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Uji Kompetensi semester 2
KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 uji kompetensi 10
KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.3
KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.2
KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.1
Baca juga:
Pembahasan soal Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.2 Bab 9 Hal 241 Semester 2
kunci Jawaban Ayo Kita Berlatih 9.2 Matematika Kelas 8 Semester 2 Hal 241 Bab 9 Statistika. Pada soal ini membahas tentang statistika, menentukan nilai rata-rata dari suatu data. Semua soal berbentuk uraian dengan berjumlah 10 nomer. Di bawah ini soal dan kunci jawaban ayo kita berlatih 9.2 matematika kelas 8 semester 2 hal 241 bab 9 statistika.
kunci Jawaban Ayo Kita Berlatih 9.2 Matematika Kelas 8 Semester 2 Hal 241 Bab 9 Statistika. Pada soal ini membahas tentang statistika, menentukan nilai rata-rata dari suatu data. Semua soal berbentuk uraian dengan berjumlah 10 nomer. Di bawah ini soal dan kunci jawaban ayo kita berlatih 9.2 matematika kelas 8 semester 2 hal 241 bab 9 statistika.Kami juga membahas mengenai kunci jawaban pelajaran, yang dapat temen temen akses jawaban tersebut di bawah ini, dimana pembahasan ini kami buat seupaya temen dapat menyelesaiakn tugas dengan tepat waktu dan memperoleh nilai yang memuskan
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
Ayo Kita Berlatih 9.2
1. Tentukan rata rata dari data yang diberikan berikut.
a. 11,12,12,12,12,13,14
b.108,103,98,105,85,112,119,82,94,115,126
c.40,50,55,60,8,37,50
d.pengunjung di klinik kesehatan gigi
Kunci Jawaban
1. a) rata-rata = (11 + 12 + 12 + 12 + 12 + 13 + 14) / 7
= 86 / 7
= 12,285 b) rata-rata = (108 + 103 + 98 + 105 + 85 + 112 + 119 + 82 + 94 + 115 + 126) / 11
= 1147 / 11
= 104,27
c) rata-rata = (40 + 50 + 55 + 60 + 8 + 37 + 50) / 7
= 300 / 7
= 42,857
d) rata-rata = (12 + 16 + 0 + 8 + 31 + 28 + 17) / 7
= 112 / 7
= 16
2. Mean dari 12 adalah 6,5 tentukan jumlah seluruh data tersebut Kunci Jawaban 2. Mean = (jumlah seluruh data) / banyaknya data
6,5 = jumlah seluruh data / 12
jumlah seluruh data = 12 x 6,5 = 78
3. Berdasarkan hasil survei oleh penjaga stan celana disuatu mall selama 1 bulan, diperoleh data nomor celana yang terjual selama satu bulan
Kunci Jawaban
3. 27x5=135
28x4=112
29x4=116
30x5=150
32x5=160
35x1=35
135+112+116+150+160+35=708
708:24=29.5
jadi rata rata nomor celana tersebut adalah 29.5
4. Nilai rata-rata ujian Matematika dari 39 siswa adalah 45. Jika nilai seorang siswa yang mengikuti ujian susulan ditambahkan, nilai ratarata ujian tersebut menjadi 46. Berapakah nilai siswa yang mengikuti ujian susulan tersebut?
Kunci Jawaban
4. Total nilai 39 siswa = 39 × 45 = 1755
total nilai 40 siswa = 40 × 46 = 1840
nilai siswa yg mengikuti ujian susulan adalah 1840 - 1755 = 85
5. Data usia dan berat badan sekelompok balita di Posyandu Dahlia disajikan dalam tabel seperti berikut.Berapakah rata-rata berat badan sekelompok balita tersebut?
Kunci Jawaban
5. 9 = 1
10 = 2
11 = 4
12 = 4
13 = 3
14 = 4
15 = 5
16 = 4
17 = 2
18 = 1
Jumlah Balita = 30 AnakJumlah Berat Badan = (9x1) + (10x2) + (11x4) + (12x4) + (13x3) + (14x4) + (15x5) + (16x4) + (17x2) + (18x1)
Jumlah Berat Badan = 9 + 20 + 44 + 48 + 39 + 56 + 75 + 64 + 34 + 18
Jumlah Berat Badan = 407 kg
Mean = 407/30 = 13,566 kg = 13,57 kg
Jadi rata-rata berat badan sekelompok balita tersebut adalah 13,57 kg
6. Data banyak pasien yang berobat ke Poliklinik Bina Sehat selama satu minggu sebagai berikut.Berapakah rata-rata banyak pasien yang berobat di Poliklinik Bina Sehat dalam waktu satu minggu?
Kunci Jawaban
6. Rata Rata Banyak Pasien dlm 1 minggu
= (18 + 20 + 19 + 23 + 21 + 17 + 15) / 7
= (38 + 42 + 38 + 15) / 7
= (80 + 53) / 7
= 133 / 7
= 19 pasien
7. Rata-rata nilai siswa kelas 8A adalah 72. Rata-rata nilai 15 siswa kelas 8B adalah 80. Jika nilai kelas 8A dan 8B digabungkan, rata-ratanya menjadi 75. Berapakah banyak siswa kelas 8A? Jelaskan jawaban kalian dengan jelas.
Kunci Jawaban
7. a . 72 + 15 . 80 = (a + 15) . 75
72 a + 1.200 = 75a + 1.125
1.200 - 1.125 = 75a - 72a
75 = 3a
a = 75/3
a = 25 siswa
8. Perhatikan tabel nilai siswa kelas 8E berikut. Nilai 5 6 7 8 9 10 frekuensi 3 8 10 11 6 2 berapakah banyak siswa yang mendapat nilai di atas rata rata
Kunci Jawaban8. Rata-rata= (5x3)+(6x8)+(7x10)+(8x11)+(9x6)+(10x2)/banyak siswa=
15+48+70+88+54+20 / 40= 295/40= 7,375
yg diatas rata-rata = 11+6+2 = 19 siswa
9. Banyak siswa di suatu kelas adalah 30 anak. Banyak siswa perempuan 17 anak. Selisih rata-rata nilai ulangan matematika siswa laki-laki dan perempuan adalah 0,6. Rata-rata nilai ulangan Matematika satu kelas adalah 6,76. Jika rata-rata nilai siswa laki-laki lebih tinggi daripada ratarata nilai siswa perempuan, berapakah rata-rata nilai siswa laki-laki?
Kunci Jawaban
9. Kita misalkan nilai perempuan = P dan nilai laki-laki = L
Jumlah perempuan 17 orang, maka laki-laki 30-17= 13 orang.
Selisih rata-rata ulangan laki-laki dengan perempuan 0,6.
Laki-laki lebih tinggi, maka L = P+0,6
30×6,76 = 17P + 13(P+0,6)
202,8 = 17P + 13P + 7,8
202,8 - 7,8 = 30P
30P = 195
P = 195÷30
P = 6,5
Nilai laki-laki, L = P + 0,6 = 6,5 + 0,6 = 7,1.
10. Nilai rata-rata Matematika dalam suatu kelas adalah 72. Nilai rata-rata siswa laki-laki 69 dan nilai rata-rata siswa perempuan adalah 74. Jika banyak siswa dalam kelas adalah 40 orang, berapakah banyak siswa laki-laki di kelas?
Kunci Jawaban
10. Nilai=72x40=2880
x= pria, y=wanita
69x + 74y = 2880
x+y=40
y=40-x
pake substitusi
69x+74y=2880
69x+74(40-x)=2880
69x+2960-74x=2880
-5x=-80
x=16 siswa
Rangkuman Matematika kelas 8 ayo berlatih 9.2 bab 9
Sekian soal dan kunci jawaban ayo kita berlatih 9.2 matematika kelas 8 semester 2 hal 241 bab 9 statistika yang telah kami catat pada artikel kali ini. Kami minta maaf jika ada kesalahan yang ada pada jawaban. Kami butuh kritik dan saran dari Anda, agar dapat mengenahui kesalahan yang ada di blog ini. Semoga soal dengan jawaban mengenai statistika ini bisa memberi manfaat.
Indonesia Setiap organisme melakukan pemasukan dan penyimpanan energi. Pemasukan dan penyimpanan energi dalam ekosistem disebut produktivitas ekosistem. Produktivitas ekosistem terbagi dua, yakni produktivitas primer dan produktivitas sekunder. Energi merupakan kemampuan untuk melakukan kerja. Produsen dan konsumen akan menggunakan sebagian dari energinya untuk aktivitas hidup seperti tumbuh, reproduksi, respirasi, dan sebagainya. Akan tetapi, sebagian lagi hilang dalam bentuk energi panas. Energi masuk ke dalam komponen biotik melalui produsen. Energi ini disimpan dalam bentuk zat organik yang dapat digunakan sebagai bahan ma
kanan dan disebut produksi primer. Hal ini merupakan patokan (parameter) untuk menghitung seluruh arus energi yang melalui komponen biotik. Berdasarkan hal itu, dapatlah diukur jumlah kehidupan yang dapat didukung oleh suatu ekosistem. Cahaya matahari merupakan sumber energi utama dalam kehidupan. Tumbuhan berklorofil memanfaatkan cahaya matahari untuk berfotosintesis. Sinar matahari yang ditangkap oleh tumbuhan itu berbeda-beda banyakn
ya. Hal ini tergantung pada ketinggian dari permukaan laut (dpl) dan penutupan oleh tumbuhan suatu daerah. Sebagian kecil energi matahari diserap oleh klorofil dan digunakan untuk memproduksi molekul-molekul organik yang disimpan sebagai energi kimia. Kecepatan menyimpan energi kimia oleh tumbuhan disebut produksi primer kotor (PPK). Kurang lebih dua puluh persen dari PPK digunakan oleh tumbuhan sendiri untuk respirasi dan fotorespirasi. Sisanya baru disimpan oleh tumbuhan dan dikenal sebagai produksi primer bersih (PPB). Energi yang tersimpan dalam makanan digunakan oleh konsumen untuk aktivitas hidupnya. Pembebasa
n energi yang tersimpan dalam makanan dilakukan dengan cara oksidasi (respirasi). Organisme yang menggunakan energi cahaya untuk mengubah zat anorganik menjadi zat organik disebut fotoautotrof. Organisme yang menggunakan energi yang didapat dari reaksi kimia untuk membuat makanan disebut kemoautotrof. (dokumentasi penulis) Teks di atas terdiri atas paragraf-paragraf. Setiap paragraf mengusung sebuah topik, yaitu tentang terjadinya arus energi. Adapun kalimat-kalimat yang mengisi setiap paragrafnya berupa fakta. Fakta itu dirangkaikan dengan
ola kronologis (urutan waktu) ataupun secara kausalitas (sebab akibat). 132 Kelas VIII SMP/MTs Kegiatan 5.2 A. Jawablah pertanyaan berikut! 1. Bagaimana ciri umum dari teks eksplanasi? 2. Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi? 3. Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi? B. 1. Bacalah cuplikan-cuplikan teks di bawah ini! 2. Tentukanlah cuplikan yang berkategori teks eksplanasi bersama temanmu! 3. Jelaskan pula alasan-alasannya! a. Ketika liburan, aku tidak bepergian jauh, misalnya dengan berwisata ataupun berkunjung ke rumah saudara yang ada di desa. Aku tidak senang bepergian ke tempat yang terlalu jauh.
Bepergian jauh itu buang-buang waktu dan tenaga saja. Karena itu, aku hanya berjalan-jalan ke toko untuk berbelanja ataupun bermain ke rumah teman yang masih satu kompleks. b. Di alam karbon dioksida mengalami siklus yang dikenal dengan siklus karbon. Siklus karbon dimulai dengan dilepaskannya CO2 oleh berbagai macam sumber seperti pengilangan minyak bumi, asap pabrik dan kendaraan bermotor, peristiwa alam seperti gunung meletus, organisme di laut, aktivitas manusia, hewan dan tumbuhan. Hanya sebagian dari CO2 yang dilepas ke
udara ini dapat diserap oleh hutan, tanah, dan laut. c. Persediaan darah di PMI selalu kurang. Pasien-pasien biasanya kehilangan banyak darah karena kecelakaan, melahirkan, dioperasi, atau karena penyakit berat lainnya. Lebih-lebih pada daerah yang mengalami bencana besar, diperlukan persediaan darah yang banyak.Sementara itu, lebih banyak orang yang perlu darah dibanding yang menyumbang. Orang yang memerlukan darah juga harus dipastikan menerima darah yang baik karena terkadang ditemukan juga darah yang tak bisa dipakai Teks Jawaban Alasan Ya Bukan a. b. c. 133 Kelas VIII SMP/MTs Bab 5 Bahasa Indonesia C. 1. Samakanlah jawabannya dengan kelompok yang lain! 2. Ru
muskan simpulan tentang kategori ketiga cuplikan teks tersebut! Teks Simpulan a. b. c. B. Meringkas Teks Eksplanasi Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu: Meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam sumber yang kamu dengar atau kamu baca. 1. Menentukan Gagasan Umum Teks Eksplanasi Untuk meringkas teks eksplanasi kita perlu mengawalinya dengan memahami gagasan pokok (ide pokok) dari paragraf-paragrafnya. Berdasarkan gagasan umum itulah, kamu akan memadukannya menjadi teks baru yang lebih ringkas. Perhatikanlah contoh-contoh berikut! a. Sejak masa dahulu, para ahli bintang (astronom) mempelajari bintang- bintang di langit malam. Kemudian, mereka berhasil mel
ihatnya melalui teleskop. Sekarang kita dapat mempelajari angkasa luar dari dekat. Dengan pesawat satelit dan kendaraan antariksa yang melakukan perjalanan ke planet-planet, para astronom menemukan berbagai bukti yang luar biasa dari rahasia angkasa luar. b. Beberapa roket ruang angkasa menggunakan bahan padat untuk mendorong, dan menekannya ke depan. Bahan bakar tersebut lebih kuat dibandingkan dengan bubuk mesiu, tetapi mempunyai cara kerja yang sama. Sebagian besar pesawat luar angkasa menggunakan bahan bakar cair. Bahan i
ni lebih serba guna daripada bahan padat. Bagian-bagian yang bergaris bawah merupakan gagasan pokok dari paragraf- paragraf itu. Bagian tersebut dianggap sebagai dasar bagi pengembangan paragraf-paragraf itu. 134 Kelas VIII SMP/MTs Kegiatan 5.3 A. Secara berdiskusi, tentukan gagasan pokok pada teks berikut. B. Samakan pendapat kelompokmu dengan kelompok lain untuk menentukan kesamaan pandangan tentang gagasan pokok itu. Teks Eksplan
asi Gagasan Pokok Memasuki puncak arus balik H +7 atau Minggu (21/11) sekira pukul 14.00 WIB, arus lalu lintas kendaraan yang melalui jalur selatan, yang melintas di wilayah Tasikmalaya sempat terhambat sekira dua jam. Sumber kemacetan berada di tanjakan Gentong kilometer 75 atau ruas jalan sekitar Kampung Cingere, Desa Cirahayu, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya. Kondisi ini terjadi akibat adanya kecelakaan yang menimpa bus par
iwisata tujuan Bandung nopol Z 768 TA menghantam tebing. Pasalnya, bus itu tidak kuat melalui tanjakan di daerah tersebut, sehingga menyebabkan lajunya terhenti dan langsung terseret mundur. Bus baru bisa berhenti setelah bagian belakangnya menghantam tebing. Demikian, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Akan tetapi, ada sebuah sepeda motor bernopol B 6765 CBO yang ditumpangi dua orang, saat kejadian berada di belakang bus sehingga k
eduanya terjatuh. Akibat terjatuh dua penumpang sepeda motor mengalami luka-luka dan langsung dilarikan ke puskesmas terdekat. 2. Langkah-Langkah Meringkas Teks Eksplanasi Ringkasan disusun berdasarkan bagian-bagian penting yang ada di dalam tek
s. Gagasan penting itu biasanya berupa gagasan pokok, yang letaknya bisa di bagian awal ataupun pada bagian akhir paragraf. Gagasan pokok yang ada pada teks itu, lalu kita catat. Hasilnya kamu padukan dan diceritakan kembali dengan menggunakan kata-kata sendiri. 135 Kelas VIII SMP/MTs Bab 5 Bahasa Indonesia Kegiatan 5.4 A. 1. Perhatikan t
eks tentang terjadinya arus balik! 2. Berdasarkan gagasan-gagasan pokok yang telah kamu catat itu, susunlah ringkasannya. Gunakanlah kata-kata sendiri. Perhatian pula kepaduan antarkalimatnya! B. 1. Lakukanlah silang baca dengan salah seorang teman! 2. Mintalah penilaian/tanggapan atas ringkasan yang telah kamu buat! 3. Gunakanlah format berikut! Penilai : .... Aspek Bobot Skor (1-4) Nilai Keterangan a. Kesesuaian dengan teks asal 30 b. Kepaduan antarbagian 30 c. Keefektifan kalimat 20 d. Ketepatan ejaan/
tanda baca 20 Jumlah 100 Tugas Individu 1. Bacalah sebuah teks eksplanasi, baik itu dari buku, surat kabar, majalah, internet, maupun sumber-sumber lain! 2. Ringkaslah isi teks itu dengan langkah-langkah yang telah dipaparkan terdahulu! 3. Laporkan hasilnya dalam format seperti berikut! Judul teks : .... Sumber : .... Topik Gagasan-Gagasan Pokok Ringkasan a. .... b. .... c. .... d. Dst. 136 Kelas VIII SMP/MTs C. Menelaah Isi, Struktur, dan Kaidah Teks Eksplanasi Setelah mempelajari materi ini
, kamu diharapkan mampu: Menelaah teks eksplanasi paparan kejadian suatu fenomena alam yang kamu dengar atau yang kamu baca. 1. Isi Teks Eksplanasi Perhatikan kembali contoh-contoh teks di depan. Berdasarkan isinya, tampak bahwa teks eksplanasi menjelaskan suatu proses atau berupa rangkaian suatu fenomena ataupun kejadian, baik itu yang berkaitan dengan alam, sosial, ataupun budaya. Dalam pemaparannya, teks tersebut mungkin merupakan jawaban dari pertanyaan mengapa atau bagaimana. a. Teks eksplanasi sebagai jawaban atas pertanyaan mengapa, uraiannya akan bersifat kausalitas. b. Teks eksplanasi sebagai jawaban atas pertanyaan bagaimana, uraiannya akan bersifat kronologis.
Perhatikan cuplikan teks berikut! Pembentukan dan pengawetan suatu fosil mensyaratkan bahwa beberapa struktur terbenam dalam keadaan yang akan dapat memperlambat pembusukan. Fosil yang ditemukan biasanya tidak selalu utuh. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti aktivitas organisme pengurai, aktivitas geologis kulit bumi, pelapukan oleh cuaca dan air, dan dimakan oleh organisme lain. Fosil yang utuh dan lengkap biasanya terawetkan dalam salju atau karena termineralisasi. Fosil yang berupa jejak dapat merupakan tapak kaki, tangan, dan daun tumbuhan.
Cuplikan tersebut menjelaskan proses pembentukan dan pengawetan fosil. Berdasarkan pengembangannya, teks tersebut disusun dengan pola kausalitas. Hubungan antarkalimatnya menyatakan pola hubungan sebab akibat. Dengan demikian, cuplikan tersebut merupakan jawaban atas pertanyaan "Mengapa fosil itu bisa terawetkan?". 137 Kelas VIII SMP/MTs Bab 5 Bahasa Indonesia Kegiatan 5.5 A. Menggunakan pola apakah pengembangan cuplikan-cuplikan teks di bawah ini?
Diskusikanlah dengan teman-temanmu! Cuplikan Teks Pola Pengembangan 1. Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi makhluk hidup. Terjadinya hujan sangat dipengaruhi oleh konveksi di atmosfer bumi dan lautan. Konveksi adalah proses pemindahan panas dari suatu daerah ke daerah lainnya. Air yang ada di permukaan bumi mengalami proses penguapan akibat adanya panas sinar matahari. Air tersebut menguap ke udara dan akhirnya terus bergerak menuju langit.
2. Gempa bumi terjadi saat batuan di dalam bumi mengalami tekanan yang sangat hebat. Dua lempengan kulit bumi saling bergesekan. Lempengan yang dimaksud yaitu lempeng samudra dan lempeng benua. Ketika lempeng saling bergesek dan bertumbukan, akan menghasilkan gelombang dahsyat, yang kita rasakan sebagai gempa bumi. 3. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan peristi
wa bersejarah. Peristiwa harus diumumkan ke seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, beberapa saat setelah proklamasi itu dibacakan oleh Soekarno-Hatta, berbagai usaha dilakukan oleh para perjuang. 138 Kelas VIII SMP/MTs B. Tuliskanlah masing-masing dua cuplikan teks eksplanasi yang berpola kronologis dan kausalitas. Jelaskan alasan ataupun bukti-buktinya. Lakukan secara berkelompok. Cantumkan sumber-sumber kutipan tersebut. Pola Tulisan Kutipan Sumber Alasan/Bukti- bukti 1. Kronologis 2. Kausalitas 2. Struktur Teks Eksplanasi Teks eksplanasi d
ibentuk oleh bagian-bagian tertentu. Perhatikan kembali contoh teks tentang sejarah Kabupaten Bandung di depan. Struktur tersebut diawali dengan pengenalan fenomena, rangkaian peristiwa, hingga ulasan. Berikut penjelasannya. a. Identifikasi fenomena, mengidentifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena- fenomena lain. Contoh: Awal pemerintahan Kabupaten Bandung, dimulai sejak Piagam Sultan Agung
Mataram pada tanggal 20 April 1641. Tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Bandung. b. Penggambaran rangkaian kejadian, sebagai perincian atas kejadian yang relevan dengan identifikasi fenomena. Bagian ini dapat disusun dengan pola kausalitas ataupun kronologis. 139 Kelas VIII SMP/MTs Bab 5 Bahasa Indonesia Contoh: 1) Pada tahun 1575 yang berkuasa di daerah ini adalah pemerintahan Islam. Dilanjutkan pemerintahan Mataram (1621–1677) dan pemerintahan Belanda. Pada saat Mataram berkuasa itulah, nama keprabuan diubah menjadi kabupaten. (kronologis) 2)
Post a Comment for "1. Tentukan rata rata dari data yang diberikan berikut.a. 11,12,12,12,12,13,14 b.108,103,98,105,85,112,119,82,94,115,126"