1. Untuk nomor a dan b, tentukan nilai dari jangkauan, kuartil atas, kuartil tengah, kuartil bawah, dan jangkauan interkuartil dari data berikut
✔️✅Sekolah merupakan hal yang sangat penting hal ini dikarenakan dengan sekolah banyak seklai kita dapat memperlajari berbagai macam hal, didini kami ingin menginginkan temen temen untuk selalu semangat untuk menuntut ilmu pengetahuan.
Kunci jawaban Matematika kelas 8
Sebelum masuk ke pembahasan kami juga ingin memberikan pembahasan yang berkaitan dengan tema kita kali ini yaitu mengenai kunci jawaban kelas 8, yang mana pembahasan yang ingin kami berikan siapa tau temen temen juga membutuhkannya, temen temen dapat mengklik tulisan di bahwa ini untuk mengakses pembahasannya:
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.1
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.2
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.3
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 uji kompetensi 10
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.3
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.2
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.1
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Uji Kompetensi semester 2
Pembahasan di atas merupakan pembahasan yang kami buat, kami yakin jika pembahasan yang kami berikan ini, dapat memberikan nilai yang memuaskan kepada temen temen karena memang kami dalam membuat pembahasan tersbeut bukanlah asal asalan.
Melaikan kami telah membaca dan memahami apa yang diinginkan oleh soal, sehingga kami dapat menjawabnya semaksimal yang kami bisa, dan tak jarang juga kami mencari pembahasan dari situs situs lain.
Memang, Riri dan Mira terkenal akan kemampuannya mengorbitkan bakat-bakat baru seperti yang terjadi pada Rachel Maryam. 157 Kelas VIII SMP/MTs Bab 6 Bahasa Indonesia Zulfani dan Ferdian menunjukkan penampilan yang luar biasa sebagai orang baru dalam dunia akting tanpa pengalaman. Kepolosan mereka terasa sangat natural, berbeda dengan bintang-bintang cilik lain yang sering mondar-mandir di layar televisi kita.
Daftar Isi
Anda pasti tanpa sadar tersenyum saat menyaksikan kisah cinta Ikal dengan seorang gadis Tionghoa yang ditemuinya di pasar, menunjukkan betapa naturalnya penampilan dia. Inti dari film ini, secara emosional, sebenarnya Lintang. Penonton langsung jatuh cinta sejak kemunculan pertama Ikal di layar. Sebagai anak termiskin dari sebuah komunitas miskin, gayanya yang terengah-engah menggenjot sepeda yang terlalu besar untuknya adalah sebuah scene tak terlupakan.
Pembahasan soal Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.4 Bab 9 Hal 260 Semester
Sementara itu, aktor veteran Ikranagara, memberikan penampilan memukau sebagai Pak Harfan. Dia sukses membawakan karakter guru senior yang bersemangat, baik hati, dan sanggup mengambil hati anak-anak asuhannya. Skenarionya agak berbeda dibanding cerita di novel dengan penambahan beberapa karakter guru yang tidak dituliskan oleh Andrea. Sebuah hal yang wajar, tentu saja. Memang ini film lawas keluaran 2008. Akan tetapi, tidak ada ruginya menonton ”Laskar Pelangi” berkali-kali karena film ini
memang "beda" dan berani melawan arus utama sinema Indonesia. (resensifilmbagus.blogspot.com. dengan beberapa penyesuaian) Contoh teks ulasan untuk album lagu. Sensual! Itu adalah kata yang tepat untuk menggambarkan nyawa musik yang dibawa oleh band asal Malang ini. Band tersebut hadir kembali meramaikan kancah musik lokal, Atlesta mengusung nuansa percampuran musik pop, RnB dengan jazz dalam dua belas lagu besutan Fifan Christa dan kawan-kawan ini.Kami juga membahas mengenai kunci jawaban pelajaran, yang dapat temen temen akses jawaban tersebut di bawah ini, dimana pembahasan ini kami buat seupaya temen dapat menyelesaiakn tugas dengan tepat waktu dan memperoleh nilai yang memuskan
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
Soal dan Jawaban Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.4 Semester 2 Hal 260 Bab 9 Statistika. Materi yang dibahas pada soal ini yaitu statistika menentukan ukuran penyebaran data. Soal ini berbentuk uraian dan berjumlah 5 nomor. Berikut ini soal dan jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 9.4 semester 2 hal 260 bab 9 statistika.
Ayo Kita Berlatih 9.4
1. Untuk nomor a dan b, tentukan nilai dari jangkauan, kuartil atas, kuartil tengah, kuartil bawah, dan jangkauan interkuartil dari data berikut
a. Tekanan darah seorang pasien di rumah sakit dicatat seperti berikut (dalam mmHg). 180 160 175 150 176 130 174 125 178 124 120 180 165 120 166 120 126 180
b. Lama pembicaraan melalui telepon yang dilakukan seorang sekretaris (dinyatakan dalam menit) sebagai berikut 8 12 4 10 35 12 6 17 10 18 8 25 12 6 15 16 14 22 9 7 14 25 11 5 23 12 14 15 16 18
Kunci jawaban:
1. a. Tekanan darah seorang pasien di rumah sakit di catat seperti berikut
120, 120, 120, 124, 125, 126, 130, 150, 160,
165, 166, 174, 175, 176, 178, 180, 180, 180
Banyak data (n) = 18
Jangkauan = selisih data terbesar dan terkecil
= 180 - 120
= 60
Kuartil bawah Q₁ = 125
Kuartil tengah Q₂ =
=
= 162,5
Kuartil atas Q₃ = 176
Jangkauan interkuartil = Q₃ - Q₁
= 176 - 125
= 51
b. Lama pembicaraan melalui telepon yang dilakukan seorang sekrertaris (dinyatakan dalam menit) sebagai berikut 4, 5, 6, 6, 7, 8, 8, 9, 10, 10, 11, 12, 12, 12, 12,
14, 14, 15, 15, 16, 16, 17, 18, 18, 22, 23, 24, 25, 25, 35
Banyak data (n) = 30
Jangkauan = selisih data terbesar dan terkecil
= 35 - 4
= 31
Kuartil bawah Q₁ = 9
Kuartil tengah Q₂ = 12+14/2
= 26/2
= 13
Kuartil atas Q₃ = 18
Jangkauan interkuartil = Q₃ - Q₁
= 18 - 9
= 9
2. Kecepatan motor yang melintasi jalan merdeka selama 1 menut (dinyatakan dalam km per jam) dicatat dan disajikan dalam tabel
berikut. Tebtukan median,jangkauan,dan jakauan interkuartil dari kecepatan motor yang melintasi jalan merdeka di atas.
Kunci jawaban:
2. 40 40 50 50 50 50 50 50 60 60 60 60 60 60 60 60 70 70 70 70 70 70 70 70 80 80 80 80 80 90 90 90
banyak data diatas adalah 32 (bil. genap). untuk mencari median pada banyak data yang genap, rumusnya : banyak data/2 dan (banyak data/2) + 1, lalu dibagi 2.
median/nilai tengah > (32/2) dan ((32/2) + 1) / 2 = angka ke 16 dan 17
= 60 + 70 / 2 = 130/2 = 65
jangkauan > nilai paling akhir - nilai paling awal = 90 - 40 = 50
jangkauan interkuartil >
untuk menentukan jangkauan interkuartil, maka harus dicari kuartil bawah dan kuartil atas terlebih dahulu.
karena telah ditemukan mediannya, maka data menjadi >
40 40 50 50 50 50 50 50 60 60 60 60 60 60 60 60 65 70 70 70 70 70 70 70 70 80 80 80 80 80 90 90 90
kuartil bawah >
median dari angka sebelum 65 (berdasarkan data)
40 40 50 50 50 50 50 50 60 60 60 60 60 60 60 6050+60/2=110/2=55
kuartil atas >
median dari angka setelah 65 (berdasarkan data)
70 70 70 70 70 70 70 70 80 80 80 80 80 90 90 9070+80/2=150/2=75
maka, jangkauan interkuartilnya adalah kuartil atas - kuartil bawah = 75-55=20
3. Berikut disajikan berat badan siswa kelas VIII D.
Tentukan median, kuartil atas dan kuarti bawah, serta jangkauan dari data di atas.
Kunci jawaban:
3. Diketahui
data berat badan 29 siswa 8D
43 43 43 43 44 44 44 44 44 44 45 45 45 45 46 46 46 46 46 46 46 46 47 47 47 48 48 48 48
ditanya
median = ?
Q₁ = ?
Q₃ = ?
jangkauan = ?
jawab
median = 46
Q₁ = (44 + 44) : 2
=88 : 2 = 44
Q₃ = (46 + 47) : 2
=93 : 2 = 46,5
jangkauan = nilai terbesar - nilai terkecil
= 48 - 43
= 5
4. Tabel berikut menunjukkan usia para kontestan untuk dua kelompok di ajang kompetisi menyanyi. Tentukan mean, median, jangkauan, dan jangkauan interkuartil dari usia setiap grup kontestan. Kemudian bandingkan hasilnya.
Kunci jawaban:
4. Median, kuartil atas, kuartil bawah, dan jangkauan dari data usia kontestan grup A berturut-turut adalah 19,5; 22; 17; dan 13.
Median, kuartil atas, kuartil bawah, dan jangkauan dari data usia kontestan grup B berturut-turut adalah 20,5; 23; 17; dan 13. Kedua data di atas memiliki kuartil dan jangkauan yang sama
5. Open-Ended Buatlah kumpulan data dengan 7 nilai yang memiliki mean 30, median 26, jangkauan 50, dan jangkauan interkuartil 36.
Kunci Jawaban
5. Data usia suatu keluarga: 3 19 25 26 32 52 53
Perhatikan data di atas. Siswa diharapkan memahami bahwa apabila terdapat 7 data dengan rata-rata 30, maka jumlah ketujuh data adalah 210.
az
Rangkuman Matematika kelas 8 ayo berlatih 9.4 bab 9
pengalaman akting sebelumnya. Album kedua berjudul Sensation dimulai dengan lagu berjudul "Aroma". Lirik yang singkat dengan sayup-sayup vokal perempuan, membiarkan pendengarnya berimajinasi dalam track pemanasan ini. Tak cukup sampai di situ, lagu kedua berjudul "Paris Weekend" juga membawa pada imajinasi seolah-olah berada dalam perjalanan panjang menuju ke suasana romantis bersama musik bernuans
a jazz 80-an. Dalam lagu kedua ini sekilas melemparkan ingatan kita pada musik yang diusung oleh grup band Earth Wind and Fire. Melompat ke lagi selanjutnya adalah "Oh You". Jika di album sebelumnya kesan seksi nan nakal ditonjolkan oleh Fifan dan kawan-kawan, barangkali lagu inilah yang mewakili perubahan kesan seksi-nakal ke seksi-elegan. Hal itu terlihat dari pemilihan diksi yang jauh lebih halus tanpa meninggalkan kesan sensual. 158 Kelas VIII SMP/MTs "Oh you, just feel the night // Alright, just turn me right // Oh you, turn off the light // Anybody alright, take it all to say." Melodinya catchy, dijamin sekali mendengarkan kita tidak akan kesulitan untuk mengingat lagu ini. Coba dengarkan lagu berjudul "Sensation". Pada lagu ini nuansa RnB lebih terasa dengan ketukan unik. Album yang dikemas dengan dominan warna hitam ini menyuguhkan dua instrumen. Pertama adalah "Sunset" didominasi oleh gitar. Nuansa itu sekilas terdengar ala Kings of Conv
enience ini. Sementara itu, pada lagu ke sembilan kita dibawa mendengarkan dentingan piano yang menenangkan setelah diajak menggoyangkan tubuh pada lagu sebelumnya, "Cadillac Model". Jika kamu pecinta musik sekaligus penikmat fotografi, di album ini kita bisa menikmati keduanya sekaligus karena Atlesta mengemas lirik-lirik dalam album Sensation itu ke dalam empat belas lembar foto menarik. Sayangnya lirik-lirik tersebut tidak semuanya tercetak dengan baik, dengan font handwriting yang cukup sulit untuk dibaca. Secara umum, album ini sebenarnya sudah mampu mendekati apa yang dikerja Atlesta, yakni kesan klasik. Atlesta jauh lebih matang, penuh gairah dan namun tetap catchy. Sangat layak album itu untuk dikoleksi tentunya! (Winda Carmelita, kapanlagi. com dengan beberapa penyesuaian) Kegiatan 6.2 A. Sebutkanlah judul-judul yang kamu ketahui berkaitan dengan jenis-jenis karya di bawah ini! Tuliskan pula isinya secara ringkas! Jenis Karya Judul Isi I II I II 1. Kump
ulan cerpen 2. Novel 3. Buku ilmu pengetahuan 4. Film 5. Drama 6. Album lagu 159 Kelas VIII SMP/MTs Bab 6 Bahasa Indonesia B. 1. Bacalah pula sebuah contoh teks ulasan, baik itu bersumber dari buku, surat kabar, majalah, ataupun internet! 2. Jelaskanlah isi karya dari yang diulasnya itu (objek ulasan)! 3. Tuliskan pula kelebihan dan kelemahannya secara garis besar! Judul ulasan : …. Sumber : …. Jenis/Objek Ulasan Kelebihan Kelemahan B. Menjelaskan Kembali Teks Ulasan Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu: Menjelaskan maksud teks ulasan yang telah dibaca beserta kelebihan ataupun kekurangannya, baik lisan ataupun secara tertulis. 1. Maksud Suatu Teks Ulasan Perhatikanlah teks berikut. Judul : ”Beth” Bintang : Inne Febriyanti, El Manik, Lola Amaria, Reny Djajusman, Saut Sitompul Sutradara : Aria Kusumadewa Produser : Ari
a Kusumadewa, Nurul Arifin, Inne Febriyanti, dan Rio Kondo Skenario : Nana J. Mulyana Fotografi : Enggong Supardi Produksi : PT Sinemata Durasi : 85 menit "Adakah kata-kata sehat yang keluar dari mulut orang gila?" Ini pertanyaan sederhana. Namun, layaknya pertanyaan sederhana, yang ini pun membutuhkan jawaban yang rumit. Celakanya, jawaban dari pertanyaan inilah yang akan menentukan persepsi penonton terhadap Beth, film terbaru garapan sutradara muda Aria Kusumadewa. 160 Kelas VIII SMP/MTs Mereka yang memilih jawaban positif, dengan sendirinya akan mencerna Beth sebagai sebuah film alternatif yang kaya makna. Sebaliknya, bagi pemilih jawaban negatif, tak lagi perlu memaksakan diri untuk menikmatinya. Hal ini karena dari awal hinga akhir, Beth hanya mengambil satu setting: kehidupan di suatu rumah sakit jiwa. Inti cerita film ”Beth” berkisah cinta yang tragis antara Beth atau Elizabeth (Inne Febriyanti) dan Pesta (Bucek), sebagai dua anak
manusia yang hidup dalam lingkungan sosial berbeda. Tak direstui oleh orang tua Beth yang jenderal. Kehidupan asmara Beth-Pesta pun berakhir mengenaskan. Pesta masuk penjara karena tertangkap ketika mengonsumsi narkoba. Beth jadi gila lantaran tak kuat menanggung deritanya. Lebih tragis lagi, keduanya dipertemukan kembali di Rumah Sakit Jiwa Manusia. Akan tetapi, kisah cinta Beth-Pesta hanyalah bingkai semata. Inti film ”Beth” yang sebenarnya tentang sejumlah karakter yang kemudian muncul dalam kehidupan para penghuni rumah sakit jiwa itu. Di sana ada penyair gila yang kerjanya hanya menulis dan membaca puisi. Ada politikus gila akibat obsesinya untuk menduduki kursi kepresidenan tak pernah tercapai. Di rumah sakit tersebut ada juga seorang perawat yang terpaksa mengabdi karena ia tak diterima masyarakat lantaran pernah dirawat di rumah s
akit jiwa itu. Ada pula pasien yang gila justru lantaran terobsesi jadi dokter jiwa. Tingkah para profesional gila yang dirangkai dalam akting yang kemudian melahirkan sejumlah pesan moral Aria. Melalui tokoh Beth, Aria ingin menawarkan pandangan baru lewat suatu ‘kerajaan’ yang dibangunnya. Bukan di dunia waras tidak pula di dunia gila, tetapi di antara keduanya. "Melalui film ini saya hanya ingin mengungkap realitas dalam ekspresi yang jujur. Tak lebih dari itu," kata Aria. Menurutnya, seperti juga dunia waras, kehidupan di ‘dunia gila’ juga memiliki logika sendiri. Itu sebabnya ada orang gila yang ternyata berpikiran justru lebih logis ketimbang orang sehat. "Sebaliknya, banyak juga orang yang mengaku sehat, tetapi berperilaku tak lebih baik dari orang gila," tambah Aria. Bagaimana pun keadaannya, film ”Beth” merupakan ungkapan semangat pemberontakan Aria pada sesuatu yang mapan. Dari sana Aria ingin memberi isyarat bahwa sudah waktunya kita mengkritisi
idiom-idiom sesat yang kini terlanjur hidup dalam masyarakat kita. Jelasnya, memandang hidup secara lebih jujur adalah sebuah kebutuhan mendesak. 161 Kelas VIII SMP/MTs Bab 6 Bahasa Indonesia Tentang pesan moral ini, pengamat kesenian Afrizal Malna mengatakan, tak dapat tertangkap dengan jelas di film ”Beth”. "Semua karakter dimainkan bagus dengan porsi yang sama sehingga tak terlihat adanya penonjolan karakter tertentu,"katanya. Ia justru melihat ”Beth” sebagai gambaran kian sempitnya ruang di masyarakat yang patut dijadikan tempat manusia untuk berkreasi satu-satunya ruang yang tersisa bagi Aria adalah rumah sakit jiwa. "Tapi, soal apakah ini pilihan yan
g paling tepat, tentu tetap perlu dipertanyakan," katanya. Meskipun demikian, semua itu bersifat multitafsir. Film ”Beth” tampak istimewa karena pendekatan Aria yang unik dibanding sineas lain. Nurul Arifin melihat film karya Aria ini tak ubahnya suatu realitas yang didekati dengan cara yang berkebalikan dari pendekatan yang dilakukan Garin Nugroho dalam karya- karyanya. "Beda dengan karya-karya Garin yang menggambarkan realitas sosial yang selalu dari sisi kehidupan yang manis–manis, Aria lebih suka mendekatinya dari sisi-sisi yang lebih pahit," kata Nurul. "Itu sebabnya semangat Aria ini perlu didukung penuh."(Republika) Teks tersebut menjelaskan film ”Beth”. Film itu berkisah tentang cinta tragis antara Beth dengan Pesta, sebagai dua anak manusia yang hidup dalam lingkungan sosial berbeda. Teks itu menjelaskan bahwa latar film tersebut terjadi di rumah sakit jiwa. Film itu pun mengungkapkan semangat pemberontakan. Semua karakter to
koh di dalamnya dimainkan bagus dengan porsi yang sama sehingga tidak terlihat adanya penonjolan karakter tertentu. 162 Kelas VIII SMP/MTs Itulah beberapa hal yang dapat dapat kita ceritakan kembali setelah membaca teks tersebut. Aspek yang kita ceritakan itu berupa penambahan pengetahuan dan pemahaman kita tentang film ”Beth”, baik itu tentang isi dan kualitas keseluruhannya. Dengan membaca teks semacam itu, kita pun diajak untuk bersikap menghargai dan selalu kritis ketika memahami suatu karya. Keiatan 6.3 A. 1. Perhatikan kembali teks ulasaan tentang film ”Beth”! 2. Manakah dari kalimat-kalimat di bawah ini yang sesuai dengan isi teks tersebut? Kalimat Sesuai Tidak sesuai a. Film ”Beth” merupakan film alternatif yang kaya makna. b. Dari awal hinga akhir, Beth hanya mengambil satu setting: kehidupan di suatu rumah sakit jiwa. c. Film ”Beth” bercerita tentang kisah cinta yang tragis antara Beth dengan Pesta. d. Beth jadi gila lantaran tak kuat menanggung derita akibat aborsi paksa. e. Beth merupakan gambaran tentang kian sempitnya ruan
g di masyarakat yang patut dijadikan tempat untuk berkreasi. B. 1. Catatlah hal-hal yang kamu anggap penting/menarik dari ulasan film ”Beth” di depan! 2. Berdasarkan catatan itu, ceritakan kembali isi ulasan tersebut dengan kata-katamu sendiri! Catatan Penting Penceritaan Kembali 163 Kelas VIII SMP/MTs Bab 6 Bahasa Indonesia C. 1. Silang bacakan hasil kegiatanmu itu dengan 1–2 orang teman. 2. Mintalah mereka untuk menilai/mengoreksinya dengan menggunakan rubrik seperti berikut! Aspek Penilaian Nilai 1 2 3 4 a. Kesesuaian isi tulisan dengan teks asli b. Kejelasan dalam penyampaian c. Keefektifan kalimat-kalimatnya d. Ketepatan ejaan dan tanda baca Jumlah 2. Kekurangan dan Kelebihan Suatu Teks Ulasan Perhatikan kembali teks ulasan film ”Laskar Pelangi” di depan. Pemahamanmu tentang teks tidak utuh karena unsur-unsurnya kurang lengkap. Dalam
teks itu tidak ada identitas karya yang diulasnya. Sinopsis tentang isi film itu sendiri tidak jelas. Teks itu langsung pada orientasi dan analisis. Oleh karena itu, pemahaman kita terhadap teks tersebut tidaklah lengkap. Demikian halnya dengan teks berikutnya tentang ulasan terhadap album lagu, teks itu tidak menyertakan identitas isi album. Hal itu menjadikan pemahaman terhadap teks tersebut menjadi terhambat. Berdasarkan contoh tersebut, kekurangan teks ulasan bisa terjadi pada strukturnya yang tidak lengkap. Misalnya, karena tidak menyebutkan identitas karya yang ditanggapi. Kekurangannya itu mungkin pula terdapat pada isinya yang tidak jelas. Hal itu seperti pada contoh di depan, terdapat penyebutan nama grup yang tidak dikenal oleh pembaca dan hal itu akan mengganggu pemahaman mereka. Kekurangan suatu teks mungkin pula dijumpai pada pilihan katanya. Dalam teks tanggapan di depan, misalnya, terdapat kata-kata font handwriting dan catchy. Kata-kata tersebut kemungkinan sulit dipahami oleh para pembaca. Oleh karena itu, sebaiknya dicarikan padanannya dalam bahasa Indonesia. Teks ulasan tidak selalu mimiliki kekurangan. Di dalamnya tentu pula terdapat sejumlah kelebihan. Hal itu terkait dengan kejelasan
Post a Comment for "1. Untuk nomor a dan b, tentukan nilai dari jangkauan, kuartil atas, kuartil tengah, kuartil bawah, dan jangkauan interkuartil dari data berikut"