1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y.
1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y. kunci jawaban mtk kelas 8 halaman 64 ayo kita berlatih 2.3 yang pertama dampak yang pertama menurut pakai yaitu adalah siswa kurang memahami apa yang telah disampaikan oleh guru yang mana tersebut akan berdampak pada tugas-tugas yang diberikan oleh guru yang melakukan tersebut banyak sekali yang tidak dikerjakan atas nilainya dibawah rata-rata biasanya.
hal tersebut terjadi karena memang media yang diterapkan sekarang yaitu media online yang mana para siswanya belajar secara online belajar dari untung google ataupun lain sebagainya yang mana tersebut memang menurut kakak kurang efisien karena memang terkadang parade saya tidak belajar.
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
karena memang pembelajaran nyaman dari online dari hp maka aku banyak suaranya lama ini saja jadi tidak mengindahkan adanya pelajaran dan tidak juga memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru hal tersebut akan berpengaruh pada tugas yang dikerjakan.
no untuk itu kakak hadir untuk membantu adik-adikku sekalian dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru yang mana mama tugas tersebut perlu digunakan karena tubuh tersebut merupakan bagian dari pembelajaran di sekolah.
Kunci Jawaban MTK Kelas 8
karena mengandung gas merupakan salah satu indikator yang digunakan oleh guru dan sekolah untuk mengukur kemampuan siswanya yang mana hal ini seorang guru dapat juga mengetahui mahasiswa yang potensial untuk mengikuti lomba lomba yang biasanya diadakan.
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3
ini adalah sebuah berpengaruh sangat besar bagi kenaikan kelas adik-adikku sekalian yang menandai tugas merupakan indikator dalam pengambilan nilai rapot yang mana biasanya nilai tugas seluruhnya akan di akumulasi terlebih dahulu barulah kemudian akan di jumlah beberapa hari senin diambil beberapa persen saya jadi nilai tersebut sekitaran 60% dari nilai tersebut akan diambil untuk jadikan sebagai nilai rapot.
Kunci Jawaban MTK Kelas 8 ayo kita berlatih 2.3
untuk itu memang pakai ingin menyarankan adik-adik untuk selalu bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru karena memang hal tersebut sangatlah menentukan kenaikan kelas adik-adikku sekalian. tugas memang gak perlu dikerjakan dan jawaban dan diperoleh nilai yang sempurna nah ada beberapa tips yang dari kakak bagaimana sih cara memperoleh nilai yang sempurna.
Ayo Kita Berlatih 2.2 Semester 1
Kunci Jawaban :
Kunci Jawaban :
Kunci Jawaban :Garis tersebut tegak lurus dengan sumbu-Y dan sejajar dengan sumbu-X
Kunci Jawaban :
a) Kedua garis saling berpotongan karena garis l dan garis m berpotongan di titik (0,2).
b) Kedua garis saling sejajar karena apabila garis l dan garis m diperpanjangan tidak akan berpotongan karena memiliki arah yang sama.
Kunci Jawaban :
Dengan melihat titik-titik pada setiap garis tersebut kita akan melihat pola koordinat.
Garis : 1, 2, 3, 4
Posisi x : 1, 3, 6, 10 (Mengikuti pola Sn)
Posisi y : 0, 0, 0, 0 (Akan Selalu 0)
Sn = n/2 x (2a + (n-1)b
S10 = 10/2 x (2(1) + (10 - 1)(1))
= 5 x (11)
= 55
Jadi, koordinat titik J pada garis l10 adalah (55,0).
tips memperoleh nilai yang sempurna dari tugas yang diberikan oleh guru yang pertama yang dapat dilakukan adik-adikku sekalian yaitu tidak menunda nanda tugas yang diberikan oleh guru kalau bisa adik-adikku sekalian mengerjakan tugas pada hari itu saja pada hari ketiga atau jasa tersebut diberikan.
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.5 halaman 11
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.7 halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 15
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 21
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.12
Rangkuman MTK kelas 8 bab 2
adik-adik tidak boleh untuk ber malas-malasan dalam belajar karena memang di sekolah saat ini menerapkan sistem protokol kesehatan yang mana sekolah mewajibkan seluruhnya siswanya harus memakai maskara dan juga terkadang sekolah juga menerapkan sistem pembelajaran dari rumah.
yang kakak takutkan bahwasanya adek-adek jika belajar di rumah adek adek tidak mengindahkan berbahan langsung alasan dengan hal tersebut hanya bermain handphone saja.ada beberapa hal dampak dari penerapan bersekolah dari rumah yang menurut kakak hal ini perlu ditindaklanjuti karena memang kurang efisien bagi siswanya.1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y
nampak kesinambungan antarmateri, khususnya hierarkinya konsep matematika. A. Pengantar Kurikulum 2013 MATEMATIKA 179 3.5 Menjelaskan sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual. 4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel. K D ompetensi asar D. 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. K I ompetensi nti ! C. • Variabel • Persamaan linear dua variabel • Selesaian • Sistem persamaan linear dua variabel B. Kata Kunci 180 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Indikator pencapaian kompetensi untuk bab 5 Sistem persamaan linear dua variabel ini dikembangkan dengan mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar. Pada kegiatan pembelajarannya di kelas nanti, guru dapat mengembangkan sendiri indikator pencapaian kompetensi ini dengan menyesuaikan karakteristik siswa masing-masing. Indikator pencapaian kompetensi pada bab 5 ini antara lain siswa mampu: 0engidentifikasi persamaan linear dua Yariabel 2. Membuat persamaan linear dua variabel sebagai model matematika dari situasi yang diberikan. 0engidentifikasi selesaian dari persamaan linear dua Yariabel 4. Membuat sistem persamaan linear dua variabel sebagai model matematika dari situasi yang diberikan. 5. Membuat model matematika dan menentukan selesaian sistem persamaan linear dua Yariabel dengan menggambar grafik dua persamaan serta menaIsirkan grafik \ang terbentuk 6. Membuat model matematika dan menentukan selesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi dan substitusi. 0engidentifikasi sistem persamaan linear dua Yariabel khusus dan selesaiannya. Indikator Pencapaian Kompetensi E. 181 Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Sistem persamaan linear dua variabel) Bentuk Umum Sistem persamaan linear dua variabel Penyelesaian Sistem persamaan linear dua variabel Penerapan Sistem persamaan linear dua variabel *rafiN Metode Subtitusi Metode Eliminasi P K eta F. onsep 182 Diophantus ( 250 SM - 200 SM) Diophantus dan Persamaan Linear Dua Variabel Persamaan linear dua variabel berkaitan erat dengan persamaan diophantine. Persamaan ini pertama kali dipelajari oleh seseorang bernama Diophantus yang menghabiskan hidupnya di Alexandria. Diophantus juga dikenal dengan julukan “bapak aljabar”. Namun julukan itu kemudian disandang oleh Al-Khawarizmi tentunya. Dia merupakan seorang matematikawan Yunani yang bermukim di Iskandaria. Pada waktu itu Alexandria adalah pusat pembelajaran Matematika. Semasa hidupnya Diophantus terkenal karena karyanya yang berjudul Arithmetica. Arithmetica adalah suatu pembahasan analitis teori bilangan berisi tentang pengembangan aljabar yang dilakukan dengan membuat persamaan. Persamaan-persamaan tersebut dikenal sebagai Diophantine Equation (Pers1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Yamaan Diophantine). Persamaan deophantine merupakan suatu persamaan yang mempunyai solusi yang diharapkan berupa bilangan bulat. Persamaan Diophantine tidak harus berbentuk persamaan linear, tetapi bisa saja persamaan kuadrat, kubik, atau lainnya selama mempunyai solusi bilangan bulat. Bentuk paling sederhananya adalah: ax + by = c a, b koefisien dan c konstanta bulat yang diberikan. Penyelesaian persamaan Diophantine adalah semua pasangan bilangan bulat (x, y) yang memenuhi persamaan ini. Jika d adalah FPB dari a dan b, agar persamaan di atas mempunyai solusi, maka d harus dapat membagi c. Terkadang dalam menentukan pasangan bilangan bulat yang memenuhi persamaan, kita harus mencoba-coba dan pandai menentukan pola dari selesaiannya. +ikmah aSa \ang daSat kalian ambil dari biografi DioShantXV ini" 1. Menyelesaikan masalah tidaklah semudah menyelesaikan perkalian dengan mencongak. Kita harus menentukan strategi yang tepat untuk menyelesaikannya. 2. Terkadang kita dihadapkan dengan masalah yang selesaiannya tidak tunggal. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah untuk menggali informasi lebih dalam sehingga mendapatkan selesaian lainnya. Narasi Tokoh Matematika G. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 183 Sebelum memulai Kegiatan 5.1 hendaknya guru mengingatkan siswa tentang persamaan linear satu variabel, operasi aljabar, dan persamaan garis lurus yang telah mereka pelajari sebelumnya. Ketiga materi tersebut merupakan dasar untuk memahami sistem persamaan linear dua variabel. Untuk menguji pengetahuan ketiga materi tersebut, masalah berikut diberikan kepada siswa untuk dikerjakan. 1) Tentukan selesaian dari setiap persamaan berikut dengan variabel yang diberikan adalah anggota himpunan bilangan bulat. a. x + 4 = 8 c. [ í6 b. \ ± \ í d. 3x = 21 2) Tentukan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar berikut. a. 2x + y b. 3x – 2y c. 3x + 2y 2x – 3y + 2x – 2y + [ 6\ – 3) Gambarkan garis dari persamaan berikut. a. y = 2x b. 2[ \ 6 4) Manakah di antara pasangan garis berikut yang saling berpotongan? a. y = x + 2 dan y = x + 3 b. y = 2x – 8 dan y = 4x + 12 c. [ \ 1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y dan 2[ 2\ 6 Sebelum Pelaksanaan Kegiatan Sebagai alternatif, berikut disajikan pembelajaran sistem persamaan linear satu variabel dengan model penemuan terbimbing yang prosesnya berdasar pada pendekatan ilmiah (scientific approach). Guru dapat menggunakan model pembelajaran lainnya yang sesuai dengan karakteristik siswa. K egiatan 5.1 0emahami .onVeS PerVamaan /inear DXa Variabel P roses P embelajaran H. 184 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Apabila siswa masih belum menyelesaikan keempat masalah di atas dengan baik dan benar, sebaiknya guru masih harus membimbing siswa untuk berlatih kembali konsep persamaan linear satu variabel, operasi aljabar, dan persamaan garis lurus. Bimbingan yang diberikan oleh guru bisa berupa pembelajaran remedial singkat tentang tiga konsep di atas atau mengerjakan beberapa soal lagi tentang ketiga konsep di atas. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kesulitan dalam memahami sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaian masalahnya. Dalam Kegiatan 5.1 ini, siswa akan mempelajari konsep persamaan linear dua variabel. Selain itu, siswa akan mempelajari cara membuat model matematika yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel. Ketika memahami konsep persamaan linear dua variabel, siswa digiring dari konsep yang sudah mereka ketahui sebelumn\a, \akni tabel dan grafik7erakhir, sisZa dibimbing untuk dapat menguji selesaian dari suatu persamaan linear dua variabel. Ayo Kita Amati *uru meminta sisZa untuk melengkapi dan mengamati tabel dan grafik \ang sudah disajikan pada buku siswa. Setelah itu, guru meminta siswa menjawab beberapa pertan\aan 7abel dan grafik \ang disajikan merupakan konteks dalam kehidupan nyata, sehingga siswa dapat memahami konsep persamaan linear dua variabel dengan baik. Berikut alternatif jawaban yang diharapkan dari siswa sebagai pedoman bagi guru. 1. Tabel pendapatan Arthur. Jumlah jam Pendapatan (dalam puluhan ribu) 1 8 2 16 3 24 4 32 5 40 Kurikulum 2013 MATEMATIKA 185 2. X Y Pendapatan Jumlah Jam 8 16 24 32 40 0 1 2 3 4 5 a. Sumbu horizontal menunjukkan jumlah jam les privat. Variabel yang digunakan adalah x. b. Sumbu horizontal menunjukkan pendapatan yang diterima. Variabel yang digunakan adalah y. c. Terdapat lima pasangan berurutan, yakni (1, 8), (2, 16), (3, 24), (4, 32), dan (5, 40). 3. - *aris pada grafik men\atakan hubungan antara jumlah jam dengan pendapatan dari les privat yang diberikan Arthur. 5. Persamaan linear yang dipelajari di kelas 7 hanya memiliki satu variabel. Sedangkan persamaan di atas memiliki dua variabel. 6. Iya. 7. Tidak. Untuk lebih memahami cara menuliskan persamaan, buatlah persamaan berdasarkan masalah berikut. Ingat bahwa keliling persegi adalah 4 kali panjang sisinya. a. Misalkan keliling persegi adalah k dan panjang sisi persegi adalah s. Persamaan keliling persegi adalah k = 4 × s atau k = 4s. b. Iya. Apabila panjang sisi persegi bertambah 1 satuan, maka persamaan yang terbentuk adalah k = 4 × (s +1) atau k = 4s + 4. 186 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Panjang sisi persegi Keliling persegi 1 4 2 8 3 12 4 16 c. Variabel k tergantung pada variabel s. Maksudnya, keliling persegi akan berubah apabila panjang sisi persegi juga berubah. Ayo Kita ?? Menanya Selanjutnya, pada kegiatan ini guru meminta siswa untuk membuat dan mengajukan pertan\aan terkait dengan persamaan \ang telah mereka buat dari tabel dan grafikSiswa bisa melihat contoh pertanyaan yang sudah disajikan dalam buku siswa, misalnya “Bagaimana cara kalian untuk menulis persamaan linear dua variabel? Bagaimana bentuk umum persamaan linear dua variabel?” Pertanyaan yang diajukan siswa bisa diberikan kepada siswa lain untuk dijawab, tetapi kebenaran jawaban akan dibuktikan nanti setelah sisZa menggali inIormasi pada fitur berikutn\a =+ + Ayo Kita Menggali Informasi Pada kegiatan ini, guru meminta siswa untuk menggali informasi tentang Persamaan linear satu variabel yang ditunjukkan oleh tabel, persamaan, dan grafik, bagaimana membuat model matematika 3ersamaan linear satu Yariabel 1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Ydari situasi yang diberikan, memahami bentuk selesaian suatu Persamaan linear satu variabel, serta menentukan banyaknya selesaian dari Persamaan linear satu variabel. Khusus pada memahami bentuk selesaian dan banyak selesaian Persamaan linear satu variabel, siswa dibimbing dengan menggunakan tabel. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 187 Ayo Kita Menalar Pada kegiatan ini, guru mengajak siswa untuk bernalar dengan menjawab beberapa pertanyaan pada buku siswa. Berikut alternatif jawaban yang bisa menjadi acuan untuk guru. 1. Tabungan yang menyatakan persamaan linear adalah tabungan milik Arga, Maya dan Liem. Tabungan ketiga siswa membentuk persamaan linear dua variabel. Tabungan Arga dapat dinyatakan dalam persamaan y = 7.500x + 50.000, dengan y adalah banyak tabungan (dalam rupiah) dalam waktu x minggu. Tabungan Maya dapat dinyatakan dalam persamaan y = 25.000x. Tabungan Liem sudah dinyatakan dalam bentuk persamaan T = 30.000w. Tabungan ketiga siswa tersebut apabila dibuat grafik, maka grafik \ang terbentuk berupa garis lurus 2. Pernyataan Mia yang mengatakan bahwa x y x2 y2 = 3, x y merupakan Persamaan linear dua variabel adalah tidak benar. Menurut saya, x y x2 y2 = 3, x y bukan merupakan Persamaan linear dua variabel, meskipun persamaan tersebut bisa disederhanakan menjadi x + y = 3. Hal ini dikarenakan x y x2 y2 = 3, x y sendiri tidak memiliki syarat dan ciri-ciri yang dimiliki Persamaan linear dua variabel. Pangkat variabel x dan y tidak sama dengan satu. Atau Pernyataan1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y
Sumber: buku mtk kelas 8
Post a Comment for "1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y."