1. Semua balok kecil memiliki ukuran yang sama. Tumpukan blok yang manakah yang memiliki volume yang berbeda dari yang lain?
✔️✅ Kami ucapkan terima kasi kepada adik adik telah berkunjung di blog kami ini, kami ingin meperkenalkan blog kami ini, blog kami ini berjudulkan ilmu edukasi, nama tersebut kami ambil karena memang kami akan berfukus pada pembahasan mengenai kunci jawaban dan pembahasan mengenai materi sekolah.
Kunci jawaban Matematika kelas 8
Sebelum masuk ke pembahasan kami juga ingin memberikan pembahasan yang berkaitan dengan tema kita kali ini yaitu mengenai kunci jawaban kelas 8, yang mana pembahasan yang ingin kami berikan siapa tau temen temen juga membutuhkannya, temen temen dapat mengklik tulisan di bahwa ini untuk mengakses pembahasannya:
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.1
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.2
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.3
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.4
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.5
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.6
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.7
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.8
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 8
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.1
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.2
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.3
Kami juga membuat pembahasan dari pelajaran yang lainnya yang mungkin di butuhkan oleh temen temen, karena memang pembahasan yang kami berikan ini, dapat di pertanggung jawabkan, berikut ini pembahasan mengenai pelajaran kelas 8 yang dapat di akses dengan mengklik tulisanya.
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
Kunci jawaban matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.4
Kunci Jawaban Ayo Kita Berlatih 8.4 Kelas 8 Matematika Hal 165 Semester 2Kunci Jawaban Ayo Kita Berlatih 8.4 Kelas 8 Matematika Hal 165 Semester 2 Bab 8 Bangun Ruang Sisi Datar. Materi pada soal ini berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD) menentukan volume kubus dan balok. Bentuk soal semuanya esai dengan jumlah soal sebanyak 18 nomer. Dibawah ini soal dan jawaban ayo kita berlatih 8.4 kelas 8 matematika hal 165 semester 2 tentang bangun ruang sisi datar.
Ayo Kita Berlatih 8.4
1. Semua balok kecil memiliki ukuran yang sama. Tumpukan blok yang manakah yang memiliki volume yang berbeda dari yang lain?
Kunci jawaaban:1. Volume balok = p × l × t
A. Volume = 2 × 2 × 2
= 8 blok
B. Volume = 3 × 4 × 1
= 12 blok
C. Volume = 6 × 1 × 2
= 12 blok
D. Volume = 3 × 2 × 2
= 12 blok
Ternyata volume blok B, C, dan D memiliki volume yang sama yaitu 12 blok.
Jadi volume blok yang berbeda dari yang lain adalah A yang memiliki 8 blok.
2. Gambar di samping menunjukkan tumpukan batu dengan ukuran sama.
Pada tumpukan batu tersebut terdapat lubang. Berapa banyak tumpukan batu untuk menutupi lubang tersebut?
A. 6
B. 12
C. 15
D. 18
Kunci jawaaban:
2. Jawab:
P lubang = 2
L lubang = 3
T lubang = 3
Volume lubang = P×L×T
= 2×3×3
= 12
3. Tentukan volume kubus yang luas alasnya 49 cm2 .
Kunci jawaaban:
3. S² = L.alas = 49
S=√49= 7
Vol = S³ = 7³ = 343cm³
4. Tentukan volume balok yang berukuran 13 cm × 15 cm × 17 cm.
Kunci jawaaban:
4. Diketahui:
p = 13 cm
l = 15 cm
t = 17 cm
Ditanya:
V balok = ?
Jawab:
V balok = p x l x t
= 13 x 15 x 17
= 3315 cm^3
5. Sebuah bak mandi berbentuk kubus memiliki panjang rusuk 1,4 m. Tentukan banyak air yang dibutuhkan untuk mengisi bak mandi tersebut hingga penuh.
Kunci jawaaban:
5. Dik :
panjang rusuk = 1,4 m = 140 cm
maka :
V = rusuk³
= 140³
= 2.744.000 cm³ = 2.744 liter air
6. Sebuah kolam berbentuk balok berukuran panjang 5 m, lebar 3 m, dan dalam 2 m. Banyak air maksimal yang dapat ditampung adalah ….
Kunci jawaaban:
6. V balok = 5 x 3 x 2 = 30 m^3
Jadi volume air maksimal yg dapat ditampung adalah 30 m^3
- Diketahui persegi panjang ABCD. Terdapat titik P sedemikian sehingga PC = 8 cm, PA = 6 cm, dan PB = 10 cm. Dapatkah kalian menentukan jarak titik P ke D? Bagaimana kalian menemukannya?
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 6.3 Halaman 31 32 Semester 2
- 1. Manakah di antara kelompok tiga bilangan berikut yang membentuk segitiga siku-siku, segitiga lancip, dan segitiga tumpul? a. 13, 9, 11 b. 8, 17, 15
7. Sebuah kolam berbentuk balok berukuran panjang 5 m, lebar 3 m dan kedalaman 2 m. Banyak air maksimal yang dapat ditampung adalah....m3
A. 62 m3
B. 40 m3
C. 30 m3
D. 15 m3
Kunci jawaaban:
7. Dik :
panjang = 74 cm
tinggi = 42 cm
V = 31.080
ditanya lebar ???
maka :
V = p x l x t
31.080 = 74 x 42 x lebar
31.080 = 3.108 x lebar
lebar = 31.080 / 3.108
lebar = 10 cm
8. Diketahui volume Sebuah balok 72 cm3. Tentukan luas permukaan minimal yang dapat dimiliki oleh balok tersebut
Kunci jawaaban:
9. Jika keliling alas sebuah akuarium yang berbentuk kubus adalah 36 cm, maka tentukan volume akuarium tersebut.
Kunci jawaaban:
9. Kubus memiliki alas berbentuk persegi
Keliling persegi = 4 × sisi
keliling alas = 36 cm
4 × sisi = 36 cm
sisi = 36 cm : 4
sisi = 9 cm
= 9 cm × 9 cm × 9 cm
= 729 cm³
Jadi, volume akuarium tersebut adalah 729 cm³.
10. Perbandingan panjang, lebar, dan tinggi sebuah balok adalah 5 : 3 : 4. Jika volume balok 480 cm3 , maka tentukan luas permukaan balok terebut.
Kunci jawaaban:
10. P:l:t =5:3:4
V =plt
= 480 cm³
5a x 3a x 4a =480
60a³ =480
a³=8
a=³√8
a=2
p=5a =5(2) =10 cm
l=3a=3(2)=6 cm
t=4a =4(2) =8 cm
L permukaan = 2(pxl +pxt+lxt)
=2(10x6 + 10x8 +6x8)
=2(60+80+48)
=2(188)
=376 cm²
11. Perbandingan panjang, lebar dan tinggi sebuah balok adalah p : l : t = 5 : 2 : 1, jika luas permukaan balok 306 cm², maka tentukan besar volume balok tersebut
Kunci jawaaban:
11. Lp Balok = 2 La + Ka x t
306 cm² = 2 ( 5 x 2) + 2 ( 5 + 2 ) x 1
306 cm² = 2 x 10 + 2 x 7 x 1
306 cm² = 20 + 14
306 cm² = 34
cm² = 306 : 34
cm² = 9
cm = 3
p = 5 x 3 = 15
l = 2 x 3 = 6
t = 1 x 3 = 3
V = p x l x t
V = 15 x 6 x 3
V = 270 cm³
12. Diketahui volume balok 100 cm3 . Bagaimana cara menemukan ukuran balok tersebut? Berapa banyak kemungkinan ukuran-ukuran yang kalian temukan?
Kunci jawaaban:
12. Diketahui volume balok adalah
V = p . l . t
⇔ 100 = p . l . t
Cara menemukan ukuran balok dengan kita mengetahui ukuran panjang (p), lebar (l), dan tinggi (t) dari balok tersebut.
Kemungkinan menentukan ukuran panjang, lebar dan tinggi sebagai berikut.
1. p = 10, l = 5, t = 2
2. p = 5, l = 4, t = 5
3. p = 5, l = 5, t = 4
dan lain-lainnya.
13. Sebuah balok mempunyai ukuran panjang 10 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 6 cm. jika panjang balok diperpanjang 6/5 kali, dan tinggi balok diperkecil 5/6 kali, maka tentukan besar perubahan volume balok itu
Kunci jawaaban:
13. Volume awal = 10 cm x 4 cm x 6 cm = 240 cm³.
Panjang balok menjadi 6/5 kali = 12 cm.
Tinggi balok diperkecil 5/6 kali = 5 cm.
Volume akhir = 12 cm x 4 cm x 5 cm = 240 cm³.
14. Sebuah balok berukuran panjang 12 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 4 cm. Apabila panjang dan tinggi balok di perbesar 1 1/2 kali, maka tentukan perbandingan volume balok sebelum dan sesudah di perbesar.
Kunci jawaaban:
14. Volume Balok
= p × l × t
= 12 × 8 × 4
= 384 cm³
Sebelum : Sesudah
= (p × l × t) : (1,5p × l × 1,5t)
= 384 : (384 × 2,25)
= 384 : 864
= 4 : 9
15. Sebuah tangki penampungan minyak tanah berbentuk prisma yang alasnya berupa belahketupat yang panjang diagonal-diagonalnya 4 m dan 3 m. Tinggi tangki 2,5 m. Pada dasar tangki terdapat keran yang dapat mengalirkan minyak tanah rata-rata 75 liter setiap menit. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengeluarkan minyak tanah dari tangki itu sampai habis?
Kunci jawaaban:
15. D₁ = 4m = 40dm
d₂ = 3m = 30dm
t. tangki = 2,5m = 25dm
V = d1 x d2 /2 x t
= 40x30 / 2 x 25
= 15000 lt
waktu yg diperlukan = 15000 : 75 = 200 menit atau 3 jam 20 menit.
16. Sebuah bak mandi berbentuk balok berukuran 50 cm×40cm×60cm,bak mandi ini akan diisi air dari kran dengan debit 2 2/3 liter per menit.lama waktu untuk mengisi bak mandi tersebut hingga penuh.
Kunci jawaaban:
16. V = p×l×t = 50×40×60 = 120.000 cm³ = 120 liter
t = volume/debit = 120/8/3 = 120×3/8 = 45 menit = 3/4 jam
17. Empat kubus identik dengan panjang rusuk 1 cm disusun menjadi suatu bangun ruang dengan cara menempelkan sisi-sisinya. Temukan banyak bangun ruang berbeda yang terbentuk.
Kunci jawaaban:
17. Banyak bangun ruang berbeda yang terbentuk ada sebanyak 8 buah
18. Perhatikan susunan kubus berikut ini.
Banyaknya susunan kubus pada k1 , k2 , k3 , dan seterusnya semakin bertambah dengan pola susunan seperti pada gambar di atas.a. Berapa banyak susunan kubus pada pola berikutnya (k4 )?
b. Berapa banyak susunan kubus pada k10?
Kunci jawaaban:
18.
Rangkuman msteri
Volume Bangun Ruang Sisi Datar Pada kegiatan kali ini kalian akan mempelajari tentang volume kubus dan balok. Perhatikan kubus satuan berikut ini. Gambar 8.16a adalah kubus satuan, yaitu kubus yang ukuran rusuk-rusuknya 1 satuan.
dibanding daerah lain. Namun, ada juga daerah maju tapi interaksi sosial antarkelompok sangat kaku, sehingga mudah meletup hanya karena masalah kecil,” kata Tenaga Ahli Menteri Sosial bidang Kehumasan dan Tatakelola Pemerintahan Sapto Waluyo di Jakarta. Sapto mengatakan, tidak semua daerah tertinggal itu rawan konflik. Ada enam daerah diprediksi sebagai wilayah paling rawan konflik sosial pada 2014. Sejarah Indonesia 33 Daerah tersebut yaitu, Papua, Jawa Barat, Jakarta, Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, dan Jawa Tengah. “Indikatornya terlihat sepanjang 2013 daerah tersebut bermunculan aneka konflik,” kata Sapto menambahkan. Sepanjang 2013 di Papua terjadi 24 peristiwa konflik sosial, Jawa Barat (24), Jakarta (18), Sumatera Utara (10), Sulawesi Tengah (10) dan Jawa Tengah (10). “Di tahun politik 2014, ketegangan tentu akan meningkat. Karena itu, Kemensos melancarkan program keserasian sosial di 50 daerah rawan dan penguatan kearifan lokal di 30 daerah,” katanya. Targetnya mencegah kemungkinan terjadinya konflik atau memperkecil dampak jika konflik tetap terjadi. “Memang harus ditumbuhkan tenaga pelopor perdamaian di seluruh pelosok Indonesia, terutama dari kawula muda,” kata dia. Sumber : antaranews.com, Februari 2014 TUGAS Buatlah kliping 3 gambar/berita tentang konflik yang terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir kemudian lakukan analisis dan temukan hikmah apa saja yang bisa diperoleh dari gambar/berita dalam klipping tersebut. 2. Teladan Para Tokoh Persatuan Tahukah kalian bahwa jumlah tokoh yang telah diangkat oleh pemerintah sebagai pahlawan nasional hingga tahun 2014 ini adalah 159 orang? Tidak sembarangan orang memang dapat menyandang secara resmi gelar pahlawan nasional. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Salah satu diantaranya adalah tokoh tersebut telah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lainnya untuk mencapai/merebut/mempertahankan/ mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. Sumber: Cover Buku Wajah dan Perjuangan Pahlawan Nasional (Kemensos RI, 2012) Gambar 1.10 Pahlawan Nasional 34 Kelas XII SMA/MA Beberapa tokoh di bawah ini merupakan para pahlawan nasional yang memiliki jasa dalam mewujudkan integrasi bangsa Indonesia. Tidak semua tokoh pahlawan dapat dibahas di sini. Selain jumlahnya yang banyak, mereka juga berasal dari berbagai bidang atau daerah yang berbeda. Untuk pahlawan dari daerah, kita akan mengambil hikmah para pejuang yang berasal dari wilayah paling timur Indonesia, yaitu Papua. Diantara mereka mungkin kalian ada yang belum mengenalnya, padahal sesungguhnya mereka mempunyai jasa yang sama dalam upaya memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tiga tokoh akan kita bahas di sini, yaitu Frans Kaisiepo, Silas Papare dan Marthen Indey. Keteladanan para tokoh pahlawan nasional Indonesia juga dapat kita lihat dalam bentuk pengorbanan jabatan dan materi dari mereka yang berstatus raja. Sultan Hamengkubuwono IX dan Sultan Syarif Kasim II adalah dua tokoh nasional yang akan dibahas dalam bab ini.Kita akan melihat bagaimana tokoh-tokoh ini lebih mengedepankan keindonesiaan mereka terlebih dahulu daripada kekuasaan atas kerajaan sah yang mereka pimpin, tanpa menghitung untung rugi. Selain tokoh-tokoh yang berkiprah dalam bidang politik dan perjuangan bersenjata, kita juga akan mengambil hikmah keteladanan dari tokoh yang berjuang di bidang seni. Nama Ismail Marzuki mungkin telah kalian kenal sebagai pencipta lagu-lagu nasional. Namun mungkin juga masih ada diantara kalian yang belum mengenal siapa sebenarnya Ismail Marzuki dan kiprah apa yang ia berikan bagi integrasi Indonesia. Maka tokoh Ismail Marzuki ini akan juga kita bahas dalam bab mengenai keteladanan para tokoh nasional ini. 1) Pahlawan Nasional dari Papua : Frans Kaisiepo, Silas Papare dan Marthen Indey Posisi Papua dalam sejarah Indonesia setelah kemerdekaan sebenarnya unik. Papua adalah wilayah di Indonesia yang bahkan setelah RI kembali menjadi negara kesatuan pada tahun 1950 pun, tetap berada dalam kendali Belanda. Khusus persoalan Papua, berdasarkan hasil KMB tahun 1949, sesungguhnya akan dibicarakan kembali oleh pemerintah RI dan Belanda “satu tahun kemudian”. Nyatanya hingga tahun 1962, ketika Indonesia akhirnya memilih jalan perjuangan militer dalam merebut wilayah ini, Belanda tetap berupaya mempertahankan Papua. Sejarah Indonesia 35 Meski demikian, dalam kurun waktu selama itu, bukan berarti rakyat Papua berdiam diri untuk tidak menunjukkan nasionalisme keindonesiaan mereka. Berbagai upaya juga mereka lakukan agar bisa menjadikan Papua sebagai bagian dari negara Republik Indonesia. Muncullah tokoh-tokoh yang memiliki peran besar dalam upaya integrasi tersebut, seperti Frans Kaisiepo, Silas Papare dan Marthen Indey. Sumber: Wajah dan Perjuangan Pahlawan Nasional, (Kemensos RI, 2012) Gambar 1.11 Peta Papua dan 3 tokoh Papua Frans Kaisiepo (1921-1979) adalah salah seorang tokoh yang mempopulerkan lagu Indonesia Raya di Papua saat menjelang Indonesia merdeka. Ia juga turut berperan dalam pendirian Partai Indonesia Merdeka (PIM) pada tanggal 10 Mei 1946. Pada tahun yang sama, Kaisiepo menjadi anggota delegasi Papua dalam konferensi Malino di Sulawesi Selatan, dimana ia sempat menyebut Papua (Nederlands Nieuw Guinea) dengan nama Irian yang konon diambil dari bahasa Biak dan berarti daerah panas. Namun kata Irian tersebut malah diberinya pengertian lain : “Ikut Republik Indonesia Anti Nederlands.(Kemensos, 2013). Dalam konferensi ini, Frans Kaisiepo juga menentang pembentukan Negara Indonesia Timur (NIT) karena NIT tidak memasukkan Papua ke dalamnya. Ia lalu mengusulkan agar Papua dimasukkan ke dalam Keresidenan Sulawesi Utara. Tahun 1948 Kaisiepo ikut berperan dalam merancang pemberontakan rakyat Biak melawan pemerintah kolonial Belanda. Setahun setelahnya, ia menolak menjadi ketua delegasi Nederlands Nieuw Guinea ke Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag. Konsekuensi atas penolakannya adalah selama beberapa tahun setelah itu ia dipekerjakan oleh pemerintah kolonial di distrik-distrik terpencil Papua. Tahun 1961 ia mendirikan partai politik Irian Sebagian Indonesia (ISI) yang menuntut penyatuan Nederlans Nieuw Guinea ke negara Republik Indonesia. Wajar bila ia kemudian banyak membantu para tentara pejuang Trikora saat menyerbu Papua. 36 Kelas XII SMA/MA Paruh tahun terakhir tahun 1960-an, Kaisiepo berupaya agar Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) bisa dimenangkan oleh masyarakat yang ingin Papua bergabung ke Indonesia. Proses tersebut akhirnya menetapkan Papua menjadi bagian dari negara Republik Indonesia. Silas Papare (1918-1978) membentuk Komite Indonesia Merdeka (KIM) hanya sekitar sebulan setelah Indonesia merdeka. Tujuan KIM yang dibentuk pada bulan September 1945 ini adalah untuk menghimpun kekuatan dan mengatur gerak langkah perjuangan dalam membela dan mempertahankan proklamasi 17 Agustus 1945. Bulan Desember tahun yang sama, Silas Papare bersama Marthen Indey dianggap mempengaruhi Batalyon Papua bentukan Sekutu untuk memberontak terhadap Belanda. Akibatnya mereka berdua ditangkap Belanda dan dipenjara di Holandia (Jayapura). Setelah keluar dari penjara, Silas Papare mendirikan Partai Kemerdekaaan Irian. Karena Belanda tidak senang, ia kemudian ditangkap dan kembali dipenjara, kali ini di Biak. Partai ini kemudian diundang pemerintah RI ke Yogyakarta. Silas Papare yang sudah bebas pergi ke sana dan bersama dengan teman-temannya membentuk Badan Perjuangan Irian di Yogyakarta. Sepanjang tahun 1950-an ia berusaha keras agar Papua menjadi bagian dari Republik Indonesia. Tahun 1962 ia mewakili Irian Barat duduk sebagai anggota delegasi RI dalam Perundingan New York antara Indonesia-Belanda dalam upaya penyelesaian masalah Papua. Berdasarkan “New York Agreement” ini, Belanda akhirnya setuju untuk mengembalikan Papua ke Indonesia. Marthen Indey (1912–1986) sebelum Jepang masuk ke Indonesia adalah seorang anggota polisi Hindia Belanda. Namun jabatan ini bukan berarti melunturkan sikap nasionalismenya. Keindonesiaan yang ia miliki justru semakin tumbuh tatkala ia kerap berinteraksi dengan tahanan politik Indonesia yang dibuang Belanda ke Papua. Ia bahkan pernah berencana bersama anak buahnya untuk berontak terhadap Belanda di Papua, namun gagal. Antara tahun 1945-1947, Indey masih menjadi pegawai pemerintah Belanda dengan jabatan sebagai Kepala Distrik. Meski demikian, bersama-sama kaum nasionalis di Papua, secara sembunyi-sembunyi ia malah menyiapkan pemberontakan. Tetapi sekali lagi, pemberontakan ini gagal dilaksanakan. Sejak tahun 1946 Marthen Indey menjadi Ketua Partai Indonesia Merdeka (PIM). Ia lalu memimpin sebuah aksi protes yang didukung delegasi 12 Kepala Suku terhadap keinginan Belanda yang ingin memisahkan Papua dari Indonesia. Indey juga mulai terang-terangan menghimbau anggota Sejarah Indonesia 37 militer yang bukan orang Belanda agar melancarkan perlawanan terhadap Belanda. Akibat aktivitas politiknya yang kian berani ini, pemerintah Belanda menangkap dan memenjarakan Indey. Tahun 1962, saat Marthen Indey tak lagi dipenjara, ia menyusun kekuatan gerilya sambil menunggu kedatangan tentara Indonesia yang akan diterjunkan ke Papua dalam rangka operasi Trikora. Saat perang usai, ia berangkat ke New York untuk memperjuangkan masuknya Papua ke wilayah Indonesia, di PBB hingga akhirnya Papua (Irian) benar-benar menjadi bagian Republik Indonesia. 2) Para Raja yang Berkorban Untuk Bangsa: Sultan Hamengkubuwono IX dan Sultan Syarif Kasim II Saat Indonesia merdeka, di Indonesia, masih ada kerajaan-kerajaan yang berdaulat. Hebatnya, para penguasa kerajaan-kerajaan tersebut lebih memilih untuk meleburkan kerajaan mereka ke dalam negara Republik Indonesia. Hal ini bisa terjadi tak lain karena dalam diri para raja dan rakyat di daerah mereka telah tertanam dengan begitu kuat rasa kebangsaan Indonesia. Meski demikian tak semua raja mau bergabung dengan negara kesatuan RI. Sultan Hamid II dari Pontianak misalnya, bahkan pada tahun 1950-an lebih memilih berontak hingga turut serta dalam rencana pembunuhan terhadap beberapa tokoh dan pejabat di Jakarta, meski akhirnya mengalami kegagalan. Dalam bagian ini, kita akan mengambil contoh dua orang raja yang memilih untuk melawan Belanda dan bergabung dengan negara kesatuan Republik Indonesia, yaitu Sultan Hamengkubuwono IX dari Yogyakarta dan Sultan Syarif Kasim II dari kerajaan Siak. Sumber: Wajah dan Perjuangan Pahlawan Nasional Gambar diolah dari berbagai sumber, (Kemensos RI, 2012) Gambar 1.12 Sultan Hamengku Buwono IX 38 Kelas XII SMA/MA Cobalah kalian cari dari berbagai sumber, raja-raja di beberapa wilayah Indonesia yang lebih memilih untuk meleburkan wilayah kekuasaannya ke dalam negara kesatuan RI. Tuliskan asal daerah mereka, dan bagaimana peran yang mereka lakukan dalam upaya integrasi tersebut! Sultan Hamengkubuwono IX (1912-1988). Pada tahun 1940, ketika Sultan Hamengkubuwono IX dinobatkan menjadi raja Yogjakarta, ia dengan tegas menunjukkan sikap nasionalismenya. Dalam pidatonya saat itu, ia mengatakan: “Walaupun saya telah mengenyam pendidikan Barat yang sebenarnya, namun pertama-tama saya adalah dan tetap adalah orang Jawa.”(Kemensos, 2012) Sikapnya ini kemudian diperkuat manakala tidak sampai 3 minggu setelah proklamasi 17 Agustus 1945 dibacakan, Sultan Hamengkubuwono IX menyatakan Kerajaan Yogjakarta adalah bagian dari negara Republik Indonesia. Dimulai pada tanggal 19 Agustus, Sultan mengirim telegram ucapan selamat kepada Soekarno-Hatta atas terbentuknya Republik Indonesia dan terpilihnya Soekarno-Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Tanggal 20 Agustus besoknya, melalui telegram kembali, Sultan dengan tegas menyatakan berdiri di belakang Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Dan akhirnya pada tanggal 5 September 1945, Sultan Hamengkubuwono IX memberikan amanat bahwa: 1. Ngayogyakarta Hadiningrat yang bersifat kerajaan adalah daerah istimewa dari Republik Indonesia. 2. Segala kekuasaan dalam negeri Ngayogyakarta Hadiningrat dan urusan pemerintahan berada di tangan Hamengkubuwono IX. 3. Hubungan antara Ngayogyakarta Hadiningrat dengan pemerintah RI bersifat langsung dan Sultan Hamengkubuwono IX bertanggung jawab kepada Presiden RI. Melalui telegram dan amanat ini, sangat terlihat sikap nasionalisme Sultan Hamengkubuwono IX. Bahkan melalui perbuatannya. Sejarah Indonesia 39 Sejak awal kemerdekaan, Sultan memberikan banyak fasilitas bagi pemerintah RI yang baru terbentuk untuk menjalankan roda pemerintahan. Markas TKR dan ibukota RI misalnya, pernah berada di Yogjakarta atas saran Sultan. Bantuan logistik dan perlindungan bagi kesatuan-kesatuan TNI tatkala perang kemerdekaan berlangsung, juga ia berikan. Sultan Hamengkubuwono IX juga pernah menolak tawaran Belanda yang akan menjadikannya raja seluruh Jawa setelah agresi militer Belanda II berlangsung. Belanda rupanya ingin memisahkan Sultan yang memiliki pengaruh besar itu dengan Republik. Bukan saja bujukan, Belanda bahkan juga sampai mengancam Sultan. Namun Sultan Hamengkubuwono IX malah menghadapi ancaman tersebut dengan berani. Meskipun berstatus Sultan, Hamengkubuwono IX dikenal pula sebagai pribadi yang demokratis dan merakyat. Banyak kisah menarik yang terjadi dalam interaksi antara Sultan dan masyarakat Yogyakarta. Cerita yang dikisahkan oleh SK Trimurti dan diolah dari buku “Takhta Untuk Rakyat” berikut ini, menggambarkan hal tersebut. Trimurti adalah istri Sayuti Melik, pengetik naskah teks proklamasi : Pingsan Gara-Gara Sultan Kejadiannya berlangsung pada tahun 1946, ketika pemerintah Republik Indonesia pindah ke Yogyakarta. Saat itu, SK Trimurti hendak pulang menuju ke rumahnya. Penasaran dengan kerumunan orang di jalan, iapun singgah. Ternyata ada perempuan pedagang yang jatuh pingsan di depan pasar. Uniknya, yang membuat warga berkerumun bukanlah karena perempuan yang jatuh pingsan tadi, melainkan penyebab mengapa perempuan tersebut jatuh pingsan. Cerita berawal ketika perempuan pedagang beras ini memberhentikan sebuah jip untuk ikut menumpang ke pasar Kranggan. Sesampainya di Pasar Kranggan, ia lalu meminta sopir jip untuk menurunkan semua dagangannya. Setelah selesai dan bersiap untuk membayar jasa, sang sopir dengan halus menolak pemberian itu. Dengan nada emosi, perempuan pedagang ini mengatakan kepada sopir jip, apakah uang yang diberikannya kurang. Tetapi tanpa berkata apapun sopir tersebut malah segera berlalu. Seusai kejadian, seorang polisi datang menghampiri dan bertanya kepada si perempuan pedagang : "Apakah mbakyu tahu, siapa sopir tadi?" “Sopir ya sopir. Aku ndak perlu tahu namanya. Dasar sopir aneh," jawab perempuan pedagang beras dengan nada emosi. 40 Kelas XII SMA/MA "Kalau mbakyu belum tahu, akan saya kasih tahu. Sopir tadi adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX, raja di Ngayogyakarta ini." jawab polisi. Seketika, perempuan pedagang beras tersebut jatuh pingsan setelah mengetahui kalau sopir yang dimarahinya karena menolak menerima uang imbalan dan membantunya menaikkan dan menurunkan beras dagangan, adalah rajanya sendiri! (Tahta Untuk Rakyat, Atmakusumah (ed), 1982). Kisah tersebut menggambarkan betapa Sultan Hamengkubuwono IX bukan saja berpikir dan bertindak bagi utuhnya kesatuan bangsa. Dalam hal kecil, ia bahkan melakukan perbuatan teladan berupa keharusan menyatunya seorang pemimpin dengan rakyatnya. Sultan Syarif Kasim II (1893-1968). Sultan Syarif Kasim II dinobatkan menjadi raja Siak Indrapura pada tahun 1915 ketika berusia 21 tahun. Ia memiliki sikap bahwa kerajaan Siak berkedudukan sejajar dengan Belanda. Berbagai kebijakan yang ia lakukan pun kerap bertentangan dengan keinginan Belanda. Ketika berita proklamasi kemerdekaan Indonesia sampai ke Siak, Sultan Syarif Kasim II segera mengirim surat kepada Soekarno-Hatta, menyatakan kesetiaan dan dukungan terhadap pemerintah RI serta menyerahkan harta senilai 13 juta gulden untuk membantu perjuangan RI. Ini adalah nilai uang yang sangat besar.Tahun 2014 kini saja angka tersebut setara dengan Rp. 1,47 trilyun. Kesultanan Siak pada masa itu memang dikenal sebagai kesultanan yang kaya.Tindak lanjut berikutnya, Sultan Syarif Kasim II membentuk Komite Nasional Indonesia di Siak, Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan Barisan Pemuda Republik. Ia juga segera mengadakan rapat umum di istana serta mengibarkan bendera Merah-Putih, dan mengajak raja-raja di Sumatera Timur lainnya agar turut memihak republik. Saat revolusi kemerdekaan pecah, Sultan aktif mensuplai bahan makanan untuk para laskar. Ia juga kembali menyerahkan kembali 30 % harta kekayaannya berupa emas kepada Presiden
Sumber:buku mtk kelas 8
Post a Comment for "1. Semua balok kecil memiliki ukuran yang sama. Tumpukan blok yang manakah yang memiliki volume yang berbeda dari yang lain?"