KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 21 bab 1 semester 1 pembahasan soal mtk kelas 2 smp halaman 21 bab 1 smester 1 llo temen temen selamar datang di blog kami ini, kami ucapkan terimakasih telah berkunjung di blog kami ini, sebelum masuk kepembahasan kita kali ini kami ingin memperkenalkan blog kami ini. Blog kami ini merupakan blog yang kami buat khusus untuk membahas mengenai kunci jawaban dari tugas- tugas temen.
untuk itu ilmu edukasi hadir untuk menjadi solusi bagi siswa dan siswi dalam mengerjakan ataupun meng menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dengan tepat waktu dan moro oleh nilai yang memuaskan.walaupun del mundo versi telah membahas mengenai kunci jawaban ini ilmu edukasi juga menyarankan kepada para siswa dan siswi untuk mengerjakan tugas terlebih dahulu sebelum menggunakan kunci jawaban yang ilmu edukasi bahasa karena hal ini akan melatih para siswa link siswi untuk selalu bekerja keras pantang menyerah dan disiplin.
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
Daftar isi ini kami buat agar temen temen jika mengklik daftar isi akan lamgsung ke pembahasan yang kami buat, dan kami berharap kami dapat memberikan sebuah pembahasan yang dapat membantu temen temen
diharapkan dengan adanya hal ini para siswa denis siswi dapat mengerjakan ataupun menyelesaikan masalah yang akan datang dengan sendiri tanpa bantuan orang lain baik itu masalah dari sekolah seperti tugas-tugas ataupun masalah pribadi sosial.
Cobalah menentukan angka pada a. 3 pangkat 25 b. 3 pangkat 98 c. 3 pangkat 2.013
Berikut ini merupakan pembahasan dari judul kita, mana pada kali ini kami telah menjawabnya semaksimal yang kami bisa karenak kami yakin jika pembahasan ini dapat membantu temen temen dalam menyelesaiakn tugas yang di berikan oleh guru.
Cobalah menentukan angka pada a. 3 pangkat 25 b. 3 pangkat 98 c. 3 pangkat 2.013
Kunci jawaban
Ingat 3 pangkat 4 saya tulis 3^4 = 3 x 3 x 3 x 3. = 81 satuan 1
1 dipangkatkan brp pun tetap satu
^ artinya pangkat
3^25 = (3^4)^6 x 3 = 1^6 x 3 = 3 jadi 3^25 satuannya 3
3^98 = (3^4)^24 x 3^2 = 1^24 x 9 = 1 x 9 = 9
3^2013 = (3^4)^503 x 3 = 1^503 x 3 = 1 x 3 = 3
Kunci Jawaban MTK Kelas 8
jika peserta didik ataupun siswa-siswi sekalian menemukan kunci jawaban yang salah dari pembahasan yang kami buat ini, kita berharap siswa-siswi sekalian menulis jawaban yang tepat di kolom komentar agar tidak dapat memperbaiki kunci jawabannya salah di pembahasan ini, dan agar orang yang menggunakan kunci jawaban ini selanjutnya dapat memperoleh nilai yang lebih baik dari sebelumnya.
Rangkuman MTK kelas 8 bab 1
itulah pembahasan yang dapat kita berikan kali ini semoga dengan adanya pembahasan yang ilmu edukasi berikan kali ini dapat bermanfaat bagi para siswa dan siswi sekalian. ilmu edukasi berharap dengan adanya pembahasan ini para siswa dan siswi dapat memperoleh nilai yang sempurna dan dapat mengerjakan tugas dengan tepat waktu sehingga dapat memperoleh nilai yang begitu besar.
demikianlah pembahasan yang dapat ilmu edukasi berikan jika ada kata-kata yang salah dalam penulisan yang semua edukasi berikan hari ini kak ita mohon maaf dan jangan lupa untuk mendukung belakangmu edukasi kami ini semoga dengan adanya dukungan ini semi lagi bersemangat lagi dalam membuat konten ataupun menulis tentang pendidikan.
caranya untuk mendukung kami adalah dengan membandingkan artikel yang kami buat dengan teman-temannya mengerti hack mengerjakan tugas yang sama semoga dengan begitu teman-teman yang lainnya dapat memperoleh nilai yang sempurna seperti ganteng yang lainnya dan jangan lupa untuk berlangganan di blog kami ini denganmu karena terseksi di atas denga dengan begitu teman-teman depan memperoleh ada tertib artikel kami.
kegiatan pembelajaran berlangsung melalui pengamatan terhadap aktivitas siswa. Untuk mengetahui pemahaman siswa tentang bagaimana menentukan hubungan panjang ketiga sisi segitiga siku-siku sama kaki dan menentukan panjang sisi segitiga siku-siku sama kaki, guru bisa meminta siswa untuk menyelesaikan Latihan 6.4 nomor 1a, 1b, dan nomor 2. Selanjutnya guru bersama siswa membahas beberapa soal yang banyak siswa mengalami kesulitan atau membahas soal yang beberapa siswa memliliki cara yang berbeda dalam menyelesaikannya. Apabila terdapat siswa yang sudah mampu menyelesaikan soal nomor 1a, 1b, dan nomor 2 dengan benar dan lancar, minta siswa untuk menyelesaikan soal nomor 10. Dengan kata lain, soal nomor 10 diberikan sebagai pengayaan untuk kegiatan pembelajaran 4 ini. Sedangkan bagi siswa yang masih belum mampu meneyelesaikan soal nomor 1a, 1b, dan nomor 2 dengan benar, guru bisa melakukan remedial secara individu kepada siswa yang belum menyelesaikannya. 242 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Menentukan perbandingan panjang sisi segitiga K egiatan 6.6 yang bersudut 30o – 60o – 90o Sebelum masuk ke .egiatan Ayo Kita Amati, guru men\ampaikan tujuan pembelajaran, mengingatkan kembali tentang bagaimana mengubahatau men\ederhanakan bentuk akar. Selanjutn\a guru menan\akan kepada siswa bagaimana teorema P\thagoras berlaku pada segitiga khusus, \akni segitiga sama sisi. 8ntuk membantu siswa dalam mengamati penerapan teorema P\thagoras pada segitiga sama sisi, guru perlu men\iapka segitiga sama sisi dari karton \ang sudah dibagi menjadi dua menurut garis tinggin\a. Sebelum Pelaksanaan .egiatan Ayo Kita Amati Pada kegiatan ini, guru meminta siswa mengamati segitiga sama ssi yang sudah disajikan dalam Buku Siswa atau pada segitiga yang telah dibuat oleh guru di papan. Selanjutnya, guru meminta siswa untuk menjawab beberapa pertanyaan pada Buku Siswa. Berikut jawaban yang diharapkan setelah siswa mengamati segitiga sama sisi yang disajikan. A C D B Segitiga ABC adalah segitiga sama sisi. Garis C' adalah garis simetri segitiga ABC. 1. Ketiga sudut segitiga $%C adalah 60q. 2. a. ‘ACD = 30q b. ‘ADC = 90q c. ‘BCD = 30q d. ‘BDC = 90q Kurikulum 2013 MATEMATIKA 243 3. Panjang $' sama dengan panjang BD. 4. Perbandingan panjang sisi %' dan $% adalah 1 : 2. Begitu pun perbandingan panjang sisi %' dan %C adalah 1 : 2. 5. a. Oleh karena perbandingan BD dan %C adalah 1 : 2, maka panjang sisi %' sama dengan 10 cm. b. Untuk menentukan panjang CD, berarti kita harus memperhatikan segitiga BCD. Oleh karena itu, kita bisa menerapkan teorema Pythagoras seperti berikut. a2 + b2 = c2 BD2 + CD2 = BC2 102 + CD2 = 202 100 + CD2 = 400 CD2 = 400 – 100 CD2 = 300 CD = 300 = 10 3 Jadi, panjang CD adalah 10 3 cm. Ayo Kita ?? Menanya Selanjutnya guru meminta siswa untuk mengajukan pertanyaan setelah mengamati gambar segitiga siku-siku dengan sudut 30q – 60q – 90q. Guru dalam kegiatan ini membimbing siswa sehingga siswa mampu mengajukan pertanyaan seperti, “Bagaimana hubungan antara ketiga sisi pada segitiga siku-siku dengan sudut 30q – 60q – 90q? Bagaimana menghitung panjang salah satu sisi segitiga siku-siku dengan sudut 30q – 60q – 90q jika hanya salah satu panjang sisi segitiga yang diketahui?” =+ + Ayo Kita Menggali Informasi Pada kegiatan ini, guru meminta siswa untuk menggali informasi tentang hubungan panjang ketiga sisi pada segitiga siku-siku dengan sudut 30q – 60q – 90q berdasarkan pola. Pola yang dimasud akan nampak pada tabel yang akan dilengkapi siswa di Buku Siswa. Oleh karena itu, guru meminta siswa untuk melengkapi tabel dan menjawab pertanyaan setelahnya. Dengan menerapkan teorema Pythagoras, berikut adalah tabel yang berisi tentang panjang sisi-sisi pada segitiga siku-siku 30°– 60° – 90°. 244 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Panjang sisi siku-siku terpendek 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Panjang hipotenusa 2 4 6 8 10 12 14 16 18 20 Panjang sisi siku- siku yang lain 3 2 3 3 3 4 3 5 3 6 3 7 3 8 3 9 3 10 3 Setelah melengkapi tabel di atas, berikut alternatif jawaban pertanyaan di buku siswa a. Iya, polanya adalah jika diketahui panjang sisi siku-siku terpendek dari suatu segitiga siku siku dengan sudut 30° – 60° – 90°, maka panjang hipotenusanya adalah dua kali lipat dari sisi terpendek, dan panjang sisi siku-siku yang lain sama dengan panjang sisi siku-siku terpendek dikali 3 . b. Panjang sisi miring adalah 2a Panjang sisi siku-siku lainnya adalah a 3 . Ayo Kita Menalar Kegiatan sisZa dalam fitur ini adalah mencoba menentukan hubungan ketiga sisi dari segitiga siku-siku 30° – 60° – 90°. Kegiatan siswa dalam kegiatan ini adalah berdiskusi tiga soal penalaran. Guru bisa meminta siswa di kelas menjadi berpasangan untuk menyelesaikan masalah bernalar ini. Selanjutnya guru bisa berkeliling menemui setiap pasangan untuk mengetahui kesulitan dan menjawab pertanyaan siswa yang belum memahami maksud soal. Selain itu, guru diperkenankan menilai keaktifan siswa dalam berdiskusi dan mencatat pertanyaan-pertanyaan atau pernyataan dari siswa untuk didiskusikan bersama saat presentasi dalam kegiatan Ayo Kita Berbagi. Berikut alternatif jawaban yang bisa menjadi acuan untuk guru. Jika diberikan segitiga siku-siku ABC dengan besar ‘ABC = 60° , berapakah rasio $% : %C : $C. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 245 A B C 30q 60q 2a a Panjang BC = 2a Panjang $% = a AB2 + AC2 = BC2 a2 + AC2 = (2a)2 a2 + AC2 = 4a2 AC2 = 3a2 AC2 = 3a2 = a 3 Rasio panjang ketiga sisi segitiga adalah AB : %C : $C = a : 2a : a 3 = 1 : 2 : 3 Jadi, rasio ketiga sisi segitiga siku-siku yang salah satu sudutnya 30° adalah 1 : 2 : 3 . Ayo Kita Berbagi Pada kegiatan ini, guru mempersilakan salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil penalarannya. Guru bisa membantu siswa apabila siswa terbata-terbata dalam menyajikan hasil penalarannya dan memperbaiki apabila masih terdapat kekeliruan dalam penalaran siswa. Selanjutnya, guru meminta siswa lain untuk memberikan tanggapan atau mengajukan pertanyaan terhadap hasil penalaran teman yang maju. Setelah siswa sudah memahami rasio panjang ketiga sisi segitiga siku-siku dengan salah satu besar sudutnya adalah 30°, guru meminta siswa untuk memahami masalah yang berkaitan dengan segitiga siku-siku istimewa ini. Pada Contoh soal 6.12, alternatif penyelesaian ditinggalkan untuk diselesaikan oleh siswa. Berikut alternatif penyelesaian yang diharapkan dari Contoh 6.12. Penyelesaian Alternatif Perhatikan segitiga ABD siku-siku di B dan salah satu besar sudutnya adalah 30. 246 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru B A D 30q 24 2 cm AB : $' : %' = 1 : 2 : 3 . Terlebih dahulu kita menentukan panjang AB. AB : $' = 1 : 2 AB : 24 2 = 1 : 2 AB 24 2 = 2 1 $% = 12 u 24 2 = 12 2 Jadi, panjang AB = 12 2 cm. Untuk menentukan panjang AC, perhatikan segitiga siku-siku ABC. B A C 12 2 AB : $C = 1 : 2 AC AB = 2 1 AC 12 2 = 2 1 12 2 u 2 = AC $C = 24 Jadi, panjang AC = 24 cm. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 247 Ayo Kita ! ? ! ? Berlatih 6.4 Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 6.4 1. a. 4 b. 72 2 c. 8 3 cm d. 17, 34 e. 10 f. 10 2. 72 satuan 3. 64 satuan persegi 4. Segitiga siku-siku yang dimaksud bukanlah segitiga siku-siku dengan sudut 30°, 60°, dan 90°, karena perbandingan panjang ketiga sisinya tidak sama dengan 1 : 2 : 3 . 5. 16 3 cm2 6. a. 48 +16 3 cm b. 128 3 cm2 7. 2+4 3 satuan luas 8. 1 + 3 cm 9. a. 48 dm b. 672 dm2 10. a. 4 2 cm b. 24 + 16 3 cm2 248 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Evaluasi I. Pembelajaran ? ! 6 Evaluasi Kegiatan 6.1 Penilaian untuk mencapai tujuan pembelajaran dapat diamati selama kegiatan pembelajaran berlangsung melalui aktivitas siswa. Untuk mengetahui pemahaman siswa tentang teorema Pythagoras, guru bisa meminta siswa untuk menyelesaikan Latihan 6.1. Selanjutnya guru bersama siswa membahas beberapa soal yang banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya. Untuk mengetahui siswa yang sudah mampu mencapai kompetensi dasar pada kegiatan ini, guru bisa melihat bagaimana siswa menyelesaikan soal nomor 8. Selanjutnya, guru bisa mengamati siswa apakah siswa sudah mampu menyelesaikan soal nomor 1-6. Dengan soal nomor 1-6 dan 8, guru bisa menguji apakah siswa sudah mencapai kompetensi dasar dengan baik atau tidak. Apabila terdapat siswa yang sudah mampu menyelesaikan soal nomor 1-6 dan 8 dengan benar dan lancar, minta siswa untuk menyelesaikan soal nomor 9 dan 10. Evaluasi Kegiatan 6.2 Penilaian untuk mencapai tujuan pembelajaran dapat diamati selama kegiatan pembelajaran berlangsung melalui aktivitas Sumber: buku mtk kelas 8
Post a Comment for "KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 21 "