perlu adik-adik ketahui bahwasannya ada 3 indikator dalam penilaian tampol salah satunya adalah nilai tugas yang diperoleh yang mana nilai tugas tersebut akan di akumulasi terlebih dahulu setelah itu akan dibagi sesuai jumlah banyaknya dari nilai tersebut.Kurikulum 2013 MATEMATIKA 117 K egiatan 3.2 Memahami Ciri-ciri Fungsi 1. $mati dan kenali lebih duhulu contoh pesan \ang terdiri atas kode sandi, berikut kegunaann\a \ang telah disediakan pada buku siswa. 2. %entuklah kelompok kecil siswa ( ± orang \ang memungkinkan siswa belajar secara efektif . . Siapkan contoh-contoh pertan\aan, misaln\a ³bagaimana cara untuk mengetahui kode sandi tersebut" . Identifikasi siswa-siswa \ang biasan\a agak sulit membuat pertan\aan. . Identifikasi pula bentuk bantuan apa \ang perlu diberikan agar siswa akhirn\a produktif membuat pertan\aan. 6. Sediakan tabel-tabel \ang diperlukan oleh siswa untuk mengisikan hasil kerjan\a. . Sediakan kertas +9S secukupn\a. . Mungkin perlu diberikan contoh kritik, komentar, saran, atau pertan\aan terhadap suatu kar\a agar siswa bisa meniru dan mengembangkan lebih jauh sesuai dengan materin\a Sebelum Pelaksanaan .egiatan 3ara sisZa diperkenalkan contoh pesan \ang terdiri atas kode sandi'iberitahukan bahwa sandi tersebut akan bisa ditebak jika ada pola bentuk sandi seperti pada tabel. Guru meminta siswa untuk memahami kode sandi dengan model seperti tabel yang terdapat pada buku siswa. Tabel-tabel tersebut mempunyai arti bahwa huruf $ ditulis sebagai d, huruf B ditulis sebagai e, huruf C ditulis sebagai f dan seterusnya, sehingga sandi-sandi di atas artinya adalah: KUNCINYA LIHAT DI BAWAH POT MAWAR Dengan demikian pesan-pesan di atas sudah memiliki makna yPerhatikan pola bilangan berikut.
0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, ...Bisakan kalian menentukan 3 bilangan berikutnya?ang jelas, karena aturannya sudah diketahui. Kode sandi seperti ini seringkali kita jumpai pada kegiatan pramuka. Contohnya adalah sandi Morse, sandi semaphore, sandi rumput, sandi abjad, sandi angka, sandi baca silang, sandi lingkaran, sandi balik, sandi jam, sandi kompas, sandi gambar, sandi tanggal, dan lain-lain. 118 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Informasikan tugas yang akan dikerjakan siswa tentang aturan membuat pesan, waktu pengerjaan maksimal 20 menit dan aturan mainnya sejelas mungkin sebelum mereka mengamati. Fokus pemahaman siswa adalah memerhatikan dengan teliti pada model- model sandi yang ada pada tabel, kemudian melengkapi isi tabel. Masalah 3.4 Ajaklah siswa untuk memerhatikan dan memahami Masalah 3.4. Himbaulah siswa untuk memerhatikan tentang aturan yang memasangkan suatu himpunan. Ayo Kita Amati Fokus pengamatan adalah pemahaman siswa tentang konsep fungsi melalui kasus- kasus yang diberikan pada buku siswa. Kemudian ajaklah siswa untuk memahami beberapa contoh tentang daerah asal dan daerah hasil serta rumus suatu Iungsi-ika memungkinkan, dari ke-20 relasi yang disajikan pada buku siswa buatlah menjadi diagram panah atau mintalah kepada 20 siswa saling bergantian untuk Perhatikan pola bilangan berikut.
0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, ...Bisakan kalian menentukan 3 bilangan berikutnya?menggambar diagram panahnya di papan tulis. Berilah kesempatan kepada siswa untuk menyimak diagram yang digambar oleh ke-20 siswa. Minta siswa mereka untuk membandingkan, apakah kesamaan dan perbedaaan dari ke-20 relasi tersebut. Ajak siswa untuk memahami Contoh 3.1, 3.2, 3.3 dan 3.4 serta alternatif penyelesaiannya. Ayo Kita ?? Menanya Jelaskan tugas berikutnya, yaitu meminta siswa membuat pertanyaan (questioningContoh pertanyaan yang diharapkan: Jika f adalah fungsi dari $ ke B, apakah ada anggota dari $ yang tidak dipasangkan dengan anggota B? =+ + Ayo Kita Menggali Informasi Kemudian ajaklah siswa untuk melakukan kegiatan menggali informasi mengenai kesimpulan dari kegiatan Ayo Kita Menanya Kurikulum 2013 MATEMATIKA 119 Ayo Kita Mencoba +imbaulah sisZa untuk membuat ciriciri dari suatu Iungsi dan mencoba Iungsi fungsi yang terbentuk dari dari dua himpunan yang sudah disediakan pada buku siswa. Ayo Kita Menalar $jak sisZa berdiskusi untuk memahami contoh Iungsi dan bukan contoh Iungsi dari dua himpunan yang telah disediakan pada buku siswa. Informasikan kepada siswa bahwa fokus jawabannya pada dua pertanyaan yang telah disediakan. Penyelesaian Alternatif
$pakah setiap anggota $ dihubungkan dengan anggota di B? ,\a, untuk contoh IungsibahZa setiap anggota $ dihubungkan dengan anggota B 7idak, untuk contoh bukan Iungsi Karena contoh sampai dengan contoh ada anggota dari himpunan $ tidak dihubugkan dengan anggota himpuan di B.
%erapa anggota B yang dihubungkan dengan satu anggota $? 8ntuk contoh Iungsi ada seban\ak , \aitu nomor dan untuk contoh bukan Iungsi ada seban\ak , \aitu nomor dan Berikut kemungkinan jawaban yang terdapat pada tabel, berdasarkan aturan pemasangan dari himpunan $ ^, , ` ke himpunan B = {a, b`Tabel 3.6 Pernyataan Fungsi dan Bukan Fungsi No. Contoh Fungsi Apakah setiap anggota A selalu dipasangkan dengan suatu anggota B? (Ya/Tidak) Apakah pasangan dari setiap anggota domain hanya satu saja di Kodomain (Ya/Tidak) 1. {(1, aYA YA 120 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru No. Contoh Fungsi Apakah setiap anggota A selalu dipasangkan dengan suatu anggota B? (Ya/Tidak) Apakah pasangan dari setiap anggota domain hanya satu saja di Kodomain (Ya/Tidak) 3. {(1, aBukan Fungsi Ayo Kita Berbagi Mintalah siswa untuk saling bertukar hasil dengan teman sebangku, dan pastikan temannya yang menerima hasil karya tersebut memahami apa yang harus dilakukan. Pantau bagaimana siswa mengerjakan tugasnya. 122 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru 1. a. ORANG TUAKU ADALAH GURUKU KETIKA DI RUMAH b. GURUKU ADALAH ORANG TUAKU KETIKA DI SEKOLAH c lTnT TfTa ofrgftloT d. dT]tdT]oaT TrTsTi Ttior[hTfa[ 2. - 3. Relasi dari $ ke B tidak termasuk fungsi, mengapa? 4. Relasi dari $ ke B tidak termasuk fungsi, mengapa? 5. - 6. - 7. - 8. b. banyaknya fungsi yang mungkin dari himpunan $ ke himpunan B: ada sebanyak 9 10. - Ayo KitaPerhatikan pola bilangan berikut.
0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, ...Bisakan kalian menentukan 3 bilangan berikutnya? ! ? ! ? Berlatih 3.2 Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 3.1 7anda
sebagai latihan Kurikulum 2013 MATEMATIKA 123 K egiatan 3.3 Memahami Bentuk Peyajian Fungsi 1. Sediakan .ertas berpetakpapan berpetakprogram komputer \ang memuat tentang grafik, contoh )[ 'raw. 2. Sediakan pula kertas +9S secukupn\a. . Pastikan setiap siswa sudah ada \ang mempun\ai buku berpetak, penggaris, dan alat-alat tulis lainn\a. Sebelum Pelaksanaan .egiatan Guru mengarahkan siswa untuk memahami Masalah 3.5, kemudian menghimbau siswa untuk memerhatikan tentang tarif sebuah taksi. Sedikit Informasi Himbaulah kepada siswa untuk memahami informasi yang telah diberikan kepada sisZa tentang lima cara pen\ajian Iungsi beserta contoh dan uraiann\a$jak sisZa untuk memerhatikan caracPerhatikan pola bilangan berikut.
0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, ...Bisakan kalian menentukan 3 bilangan berikutnya?ara men\ajikan Iungsi \ang biasa digunakan dalam matematika Ayo Kita Mencoba Ajaklah sisZa untuk mencoba men\elesaikan soalsoal \ang telah disediakan pada buku sisZa berdasarkan pertan\aan³0anakah dari cara men\ajikan itu \ang paling tepat?” Ayo Kita Amati Fokuskan pengamatan siswa adalah mengamati langkah-langkah untuk memperoleh rumus fungsi dari Masalah 3.5 dengan memerhatikan bilangan 10 di ruas kiri dan 124 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru bilangan 10 di ruas kanan. Apa kesamaan dan perbedaannya? Kemudian perhatikan juga pada bilangan 6.000 pada ruas kanan. Di awal telah disampaikan perhitungan beberapa biaya penyewaan taksi sebagai berikut: Biaya untuk 10 km = 6.000 + 10 × 2.400 = 30.000 Biaya untuk 15 km = 6.000 + 15 × 2.400 = 42.000 Biaya untuk 20 km = 6.000 + 20 × 2.400 = 54.000 &oba perhatikan dengan saksama bilanganbilangan \ang selalu muncul pada setiap persamaan persamaan berikut: Biaya untuk 10 km = 6.000 + 10 × 2.400 Biaya untuk 15 km = 6.000 + 15 × 2.400 Biaya untuk 20 km = 6.000 + 20 × 2.400 Perhatikan bilangan 10 di ruas kiri dan bilangan 10 di ruas kanan. Apa kesamaan dan perbedaannya? Perhatikan bilangan 6.000 pada ruas kanan. Ayo Kita ?? Menanya Jelaskan tugas berikutnya, yaitu membuat pertanyaan tentang langkah-langkah menemukan rumus fungsi berdasarkan kata-kata: “x km di ruas kiri” dan di ruas kanan´Kalau perlu berikan pertan\aan pancingan&ontohketika [ km di ruas kiri, bagaimanakah pola penyajian di ruas kanan? =+ + Ayo Kita Menggali Informasi Kemudian ajaklah sisZa untuk menggali inIormasi dengan cara memerhatikan pola penyajian yang terdapat pada tabel. Selanjutnya himbaulah mereka untuk membuat kesimpulan dari kegiatan menggali informasi. Agar siswa menjadi lebih yakin, cobalah mereka diajak untuk melengkapi tabel \ang diberikan Kurikulum 2013 MATEMATIKA 125 Jarak Perjalanan Cara menghitung biaya 1 km 6.000 + 1 u 2.400 2 km 6.000 + 2 u 2.400 3 km 6.000 + 3 u 2.400 4 km 6.000 + 4 u 2.400 ... km 6.000 + 5 u 2.400 6 km ... + 6 u 2.400 7 km 6.000 + ... u 2.400 … … x km 6.000 + x u 2.400 Jadi, jika B(x merupakan besar bia\a \ang harus dikeluarkan untuk menggunakan taksi sejauh x km, maka B(x dapat dituliskan dengan persamaan B(x x u 2.400 Ayo Kita Menalar Ajaklah siswa untuk bernalar dengan menjawab pertanyaan yang telah tersedia pada buku siswa. Perhatikan siswa yang sedang melakukan kegiatan Menalar. Penyelesaian Alternatif Perhatikan pola bilangan berikut.
0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, ...Bisakan kalian menentukan 3 bilangan berikutnya?i %aik pendapat 7ohir maupun 7aufiT, bisa saja keduan\a benar1amun, bisa juga keduanya salah. Kebenaran ini tergantung bagaimana mereka menjelaskan alasannya. Jika daerah asal fungsi terletak di sepanjang sumbu-Y, maka grafik ini merupakan grafik Iungsi1amun, jika daerah asal Iungsi terletak di sepanjang sumbux, grafik ini bukan merupakan grafik Iungsi
ii +impunan $ = {a, b` dan himpunan B ^,Perhatikan pola bilangan berikut.
0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, ...Bisakan kalian menentukan 3 bilangan berikutnya? , ` n($ dan n(B , maka ban\ak pemetaan \ang mungkin adalah 2 = 9 126 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Ayo Kita ! ? ! ? Berlatih 3.3 Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 3.3 7anda
sebagai latihan Ayo Kita Berbagi Minta siswa untuk sharing hasil karyanya kepada seluruh siswa. Pantau bagaimana siswa saat mempresentasikan. 1. - 2. - 3. Daerah hasilnya = {f(x ± ¬ f(x
Sumber: buku mtk kelas 8
Post a Comment for "Perhatikan pola bilangan berikut. 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, ... Bisakan kalian menentukan 3 bilangan berikutnya?"