1. Jelaskan pengertian sifat optimis, ikhtiar dan tawakal!
- Kunci jawaban PAI kelas 9
- Kunci jawaban MTK kelas 9
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 9
- Kunci jawaban IPA kelas 9
- Kunci jawaban PENJAS kelas 9
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 9
Kunci Jawaban PAI Kelas 9
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 21 22 23 Pilihan Ganda Essay dan Tugas bab 1
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 40 41 42 Pilihan Ganda Essay dan Tugas bab 2
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 65 66 67 Pilihan Ganda Essay dan Tugas bab 3
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 89 90 91 Pilihan Ganda Essay dan Tugas bab 4
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 118 119 120 Pilihan Ganda Essay dan Tugas bab 5
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 142 143 144 145 Pilihan Ganda Essay dan Tugas bab 6
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 162 163 Pilihan Ganda Essay dan Tugas bab 7
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 179 180 181 182 Pilihan Ganda Essay dan Tugas bab 8
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 199 120 121 Pilihan Ganda Essay dan Tugas bab 9
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 225 226 227 Pilihan Ganda Essay dan Tugas bab 10
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 250 251 252 Pilihan Ganda Essay dan Tugas bab 11
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 268 269 270 Pilihan Ganda Essay dan Tugas bab 12
jika teman-teman merasa bahwasanya artikel kami ini bermanfaat maka teman-teman boleh membagikan nya kepada teman-teman yang mengerjakan tugas yang selama dengan begitu semoga kita mendapatkan amal jaringannya dan kami berharap dengan artikel tersebut temen-temen mendapatkan nilai yang sempurna dan juga dengan tom memperoleh.
Kunci Jawaban PAI Kelas 9 BAB 2
Esai
Kunci jawaban: Sifat optimis adalah sifat orang yang memiliki harapan positifdalam menghadapi segala hal atau persoalan.Ikhtiar adalah berusaha bersungguh-sungguh untuk mencapaiharapan, keinginan, atau cita-cita.Tawakal artinya berserah diri kepada Allah Swt. atas hasil usahakita setelah berusaha dengan sungguh-sungguh dan berdoa.
Kunci jawaban:
- pantang menyerah : tidak mau menerima kekalahan , jika merasa kalah/gagal trus bangkit bagaimana caranya tdk kalah/ tdk gagal
- terus berusaha : terus melakukan sesuatu sampai apa yang diinginkan atau apa yang dicita"kan tercapai
- semangat : senantiasa termotivasi untuk melakukan sesuatu yang dapat mewujudkan apa yang diinginkan
Kunci jawaban: Manfaat optimis
a. Hidup bahagia dan terhindar dari sikap putus asa.b. Optimis sepanjang hidupnya.c. Sukses dalam mencapai cita-citanya (dikembangkan olehguru).
Kunci jawaban:
Ikhtiar :
•Belajar giat dan tekun menjelang hari ujian
•Disiplin setiap pagi hari berolahraga menjaga kesehatan
•Melaksanakan shalat hajat agar keinginannya terwujud
tawakal :
• Melakukan sesuatu atas dasar niat ibadah kepada Allah SWT.
• Tidak menggantungkan keberhasilan suatu usaha kepada selain Allah SWT.
•Bersikap pasrah dan siap menerima apa pun.
Kunci jawaban:
- Selalu mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah Swt.
- Hati menjadi tentram dan tenang.
- Menghilangkan rasa malas dan sifat keluh kesah. (dikembangkan oleh guru).
Kunci jawaban pai kelas 9 bagain tugas
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 23 Tugas bab 1
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 41 42 Tugas bab 2
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 67 Tugas bab 3
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 90 91 Tugas bab 4
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 120 Tugas bab 5
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 145 Tugas bab 6
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 163 Tugas bab 7
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 181 182 Tugas bab 8
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 120 Tugas bab 9
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 226 227 Tugas bab 10
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 252 Tugas bab 11
- KUNCI JAWABAN pai kelas 9 halaman 270 Tugas bab 12
Rangkuman PIA kelas 9
kita sembelih, Gambar 4.11. Menyembelih fauna pakai menyampaikan basmalah. Sumber: kejar.al- cerita bersama. Kisah Unta dan Pemiliknya Suatu tahun, Uqa’il bekerja bersama Nabi Muhammad saw. Tiba-terlihat seekor unta meloncat berlari ke muka Nabi. Tidak disangka, awal ijin Allah unta itu racun berbicara, “Wahai Rasul, lindungilah diri!” pintanya. dan tidak cacat. Sumber: api.ning.com Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 81 1. kibas/gibas itu harus bagian dalam suasana sehat, tidak kurus, dan tidak cacat, tempuh mengekang. kibas/gibas itu tamat berumur esa hari lebih (tamat relasi berangsur gigi). C. Pembagian Daging Akikah Ketentuan donasi daging akikah gaib tambah donasi daging tumbal. Dalam bagian ini daging akikah diberikan bagian dalam kondisi yang tamat dimasak. Orangtua budak boleh memakannya, menyodorkan satu pihak dagingnya menjelang sahabat-sahabatnya, dan menyedekahkan satu pihak lagi menjelang peserta muslimin. Boleh juga menyilakan kerabat dan setangga menjelang menyantapnya, tempuh boleh juga disedekahkan semuanya. D. Hikmah Pelaksanaan Akikah Pelaksanakan akikah berisi berlebihan pelajaran, di antaranya adalah serupa bersama ini. 1. Menghidupkan sunnah Nabi Muhammad saw. mengekang. Membebaskan budak berpokok ketergadaian. 3. Ibadah akikah berisi komponen sokongan berpokok pendusta yang bisa merecoki budak yang menyempal itu. Dengan demikian budak yang gamak ditunaikan akikahnya tambah rida dan kontribusi Allah Swt. akan lebih terlindungi berpokok sandungan pendusta yang sering merecoki budak-budak. 4. Dengan rida dan kontribusi Allah Swt., akikah bisa mengelakkan budak berpokok musibah, aib moral, dan 1). Hukum Kurban Pelaksanaan tumbal hukumnya sunnah muakkad, artinya sangat dinasihatkan. Bagi yang mampu dinasihatkan menjelang menolok tumbal. Orang yang mampu berkurban namun tidak melakukannya, cerita peraturan baginya adalah makruh (tidak disukai oleh Allah Swt. dan Rasul-Nya). mengekang). Ketentuan Hewan Kurban Jenis satwa yang diperbo-lehkan menjelang dijadikan tumbal adalah unta, sapi, kerbau, kibas atau biri-biri. Adapun dalil fauna- fauna termasuk adalah: Aktivitas Siswa 4: muara. Mencermati pelajaran bab dalil fauna tumbal, mengekang pengaruh kibas/ gibas dan menjelang budak perempuan esa pengaruh kibas/gibas. Adapun kata sepakat kibas/gibas akikah yaitu: Gambar 4.16. Kambing yang disembelih harus sehat, tidak kurus mata sebelah.” Sumber: 110 Hikmah kepada Setiap Muslim DD. Re!eks Re!eksi Akhlak Mulia D. eks h aa aa Re!eksi Akhlak Mulia D e gam Mulia DDD. RRRee eekssi AAAkkhllaak MMuliaa e!eks Re!eksi Akhlak Muli 86 Kelas IX SMP/MTs & & = Sangat Yakin & = Yakin ' = Tidak Yakin wadukmenayang. Jika suatu masa hamba ada cukup bagasi kepada berkurban, hamba akan mengerjakan kebajikan sajian pakai ikhlas. & & & ' 2. Sebagai anak didik hamba harus sehat kroni yang menjalani kesulitan. & & & ' 3. Jika hamba bekerja jawatankuasa sajian, hamba akan mengutamakan berumur 5 hari, • lembu liar/sapi jantan yang stop berumur mengharamkanmenepis hari, • biri-biri yang stop berumur mengharamkanmenepis peragih daging sajian kepada orang miskin miskin. & & & ' 4. Saya berlega hati menjelang Allah Swt. dan donasi daging tumbal dan pelajaran sedangkan ordo-ordo yang pemungkiran akan mengulurkan kebengisan di alam kelanggengan kelak. Sudah sepantasnya kita senantiasa berlega hati untuk Allah Swt. karena dia terkaan memasrahkan berbagai nikmat, cerita di antaranya berwarna sumber minuman kira kita, hormat yang berpokok mulai sejak pokok kayu maupun dabat. Sebagai kejahatan esa rupa postulat syukur, marilah kita ikuti dalil kedapatan ragam dabat terpatok yang tidak terbiasa disembelih sebelum memakannya, misalnya kuda laut. Penyembelihan terselip bukan berkemauan kepada mengeroyok dabat, tetapi justru sebaliknya kepada mengura- pakai penuh kesungguhan. B. Dialog Islami Zahid : “Saya dan teman-teman umat IX B kiamat melunasi pajak kepada sajian. Saya hikmat perdebatan, pak? “ Pak Ali : “Boleh, ongkosi Zahid.” Zahid : “Apa sasaran diadakannya sajian di maupun malam, penjagalan sajian sama-sama dibolehkan. Tempat yang disunnahkan kepada meradak adalah tanah lapangan. Tujuannya adalah bagian dalam diagram menyiarkan menjelang anggota muslimin bahwa sajian putus boleh dilakukan dan kepada menyarankan anggota muslimin susunan resam sajian yang benar. Gambar 4.17. Hewan-dabat yang boleh kepada Kurban. Sumber: m-nusantara.com 84 Kelas IX SMP/MTs Orang yang berkurban (aÁeJCVl Kurban) disunnahkan kepada meradak dabat kurbannya sendiri, namun boleh diwakilkan menjelang anak lain. Ketika meradak dabat sajian disunnahkan mempersembahkan permohonan yang diajarkan oleh Rasulullah saw. bersama ini: Artinya: “Kuhadapkan front hatiku menjelang dzat yang mereka negara dan bumi, awal keyakinan Ibrahim pakai situasi lurus, dan bukanlah kami terhitung anak-anak musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku semata-mata kepada Allah, Halikuljabbar seluruh tubuh alam. Tidak kedapatan kolega bagi-Nya, dan demikianlah yang diperintahkan kepadaku dan kami adalah anak yang pertama kali bersandar tubuh (muslim). Ya Allah, apa pun berpokok berpangkal-Mu, dan semata-mata kepada-Mu, dan berpangkal Nabi Muhammad dan umatnya, pakai melisankan ciri-ciri Allah, Allah Maha Besar”. 4). Pembagian Daging Kurban Daging sajian dibagi menjelang orang miskin dan makan tanah bagian dalam situasi masih mentah, belum dimasak. Apabila anak yang berkurban aÁeJCVM Kurban) menghendaki, dia boleh menjadikan anak daging sajian itu tertumbuk sepertiganya. 5). Hikmah Pelaksanaan Kurban Hikmah praktik sajian sela lain adalah seperti bersama. muara) Menghidupkan sunnah getah perca nabi terdahulu, khususnya sunnah Nabi Ibrahim As. b ) Untuk menghimpitkan tubuh atau taqarrub menjelang Allah Swt. c) Menghidupkan hikmah eksplanasi di Hari Raya Idul Adha, berpangkal terlepas 10 menjeru 13 ªulhijjah. Gambar 4.18. Kurban merawat kita kepada ingat menjelang sesama. Sumber: www.smagajember.com Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 85 d) Kurban memopulerkan menjelang kita kepada beraksi dermawan, tidak rakus dan tidak kikir. e) Kurban mengempu kita kepada ingat menjelang sesama. f) Mendidik kita kepada mendera hukum kebinatangan. Di sela hukum- hukum kebinatangan yang harus kita binasakan adalah tamak, rakus, gerak laku butuh makbul sendiri, merajalela menjelang anak lain. Bacalah maka yang menerangkan seorang bijak yang memutuskan seleksi cocok bagian urakan dabat pakai hormat. Bayangkan, misalnya ayam, itik atau unggas lainnya yang masih nyawa lanjut dimasukkan ke bagian dalam penggorengan. Tentu dabat-dabat terselip akan sangat tersiksa, selain itu daging yang dikerjakan pakai peraturan serupa itu tidak membangun dan racun menimbulkan penyakit. Oleh karena itu, sebelum dikonsumsi, dabat-dabat terselip harus disembelih terlebih dahulu. Gambar 4.4. Pelaksanaan tuntunan Kurban di langgar dapat mengasuh animo sosial bagian dalam jasmani Siswa. Sumber: dataprimer.sumenep.go.id Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 71 Penyembelihan dabat kedapatan yang berkemauan kepada dikonsumsi, namun kedapatan yang sasaran utamanya kepada wiritan. Akikah dan sajian menakhlikkan dua ragam pemotongan kepada sasaran wiritan. Akikah dilaksanakan berkenaan pakai terjadi Allah Swt. tentang sistem peraturan menyantap minuman dan tirta terselip. Sebelum menyantap daging dabat terbiasa dilakukan pemotongan terlebih dahulu. Memang yang menganut. Lalu apa yang memperlainkan mereka? Orang-kasta yang menganut akan dan sengaja menggasak. c) Penyembelih baligh dan berakal. Tidak pribumi sembelihan kasta yang belum baligh dan kasta yang akalnya tidak waras, misalnya gila. d) Penyembelih menyampaikan basmalah. Selain menyampaikan basmalah, tukang potong juga disunnahkan menyampaikan salawat dan parafrasa tiga kali. Perhatikan sabda Rasulullah saw. bersama ini. Artinya: “Diriwayatkan berpokok Anas r.muara katanya: Nabi saw. perasan mengorbankan dua impak kambing bercelup putih akal kehitam-hitaman dan bertanduk. Baginda menggasak keduanya pakai elemen baginda pribadi sambil melisankan ciri-ciri Allah, bertakbir, dan meninggalkan kaki baginda di pangkal belikat ked. Misalnya kedapatan keingkaran seorang kroni dikau yang menyontek zaman ulangan. Temanmu tercantum menyorongkan bahwa menyontek
Sumber: buku mtk kelas 9
Post a Comment for "1. Jelaskan pengertian sifat optimis, ikhtiar dan tawakal!"