KUNCI JAWABAN Matematika kelas 9 halaman 20 21 22 Uji kompetensi 7 peluang
hal tersebut sangat lamban tua dingin-dingin ya jika ada ada soal yang tidak diketahui maka langsung bisa bertanya kepada guru apalagi pelajaran tersebut adalah pelajaran matematika yang mana biasanya kebanyakan dari diriku sekalian tidak menyukai hal tersebut dan biasanya ketika kita meneladani anda akan pekerjaan tersebut maka nantinya juga kita kurang memahami apa yang diinginkan soal pada akhirnya kita mencari jawaban di internet.
yang kedua itu seminggu dua buddha riga kaya itu tanyalah ke teman yang lebih paham yang maksudnya di sini bukan bertanya tentang jawabannya lebih bagaimana cara rumusnya ataupun berkaitan dengan konsepnya.semester 2
1. Terdapat kode yang terdiri dari empat karakter. Tiga karakter pertama merupakan angka dan karakter terakhir merupakan huruf kapital. Tentukan banyaknya password yang dapat dipilih.
Penyelesaian: 10(3) x 26 = 26.000
2. Pak Donny tinggal di kota A dan akan bepergian ke kota B. Pak Donny tidak langsung menuju kota B karena harus menjemput temannya di kota C. Terdapat 4 pilihan jalur dari kota A menuju kota C dan terdapat 5 pilihan jalur dari kota C menuju kota B. Tentukan banyaknya pilihan jalur dari kota A menuju kota B.
Penyelesaian: 4 x 5 = 20
3. Password. Wina lupa dua huruf terakhir suatu password. Password tersebut bisa menggunakan huruf kapital maupun huruf kecil.
- Tentukan berapa banyak kemungkinan dua huruf tersebut.
- Tentukan peluang Wina memasukkan password yang benar pada percobaan pertama.
Penyelesaian:
a. 52 x 52 = 2.704
b. 1/2.704
Soal nomor 4, 5 dan 6 berdasarkan cerita berikut.
Ibu Ina memiliki tiga anak kembar yakni Ana, Ani dan Ane. Pada suatu hari Ibu Ina membelikan satu buah sepeda. Mereka bertiga sangat ingin mencoba sepeda tersebut. Karena tidak ingin Ana, Ani dan Ane bertengkar Ibu Ina menentukan urutan pemakaian sepeda dengan undian. Ibu Ani sudah meyiapkan tiga kertas lipat. Pada kertas tersebut bertuliskan angka mulai dari 1 sampai 3. Mereka diminta memilih kertas lipat secara bersamaan. Mereka akan mendapatkan urutan sesuai angka yang mereka peroleh. (Jika mendatkan angka 1 maka mendapat giliran pertama).
4. Tentukan semua kemungkinan urutan penggunaan sepeda. Nyatakan dalam pasangan berurutan.
Penyelesaian:
(Ana, Ani, Ane), (Ana, Ane, Ani), (Ani, Ana, Ane), (Ani, Ane, Ana), (Ane, Ana, Ani), (Ane, Ani, Ana)
5. Tentukan peluang Ana mendapatkan giliran pertama.
Penyelesaian: 2 /6 = 1/3
6. Tentukan peluang Ani mendapatkan giliran setelah Ane.
Penyelesaian: 2 / 6 = 1/3 .
7. Berpikir kritis. Siswa akan menghadapi ujian pilihan ganda. Tiap soal memiliki pilihan A, B, C, dan D. Misal siswa mengalami kesulitan pada satu soal pilihan ganda, tetapi siswa bisa mengeliminasi pilihan A dan D karena siswa sudah tahu bahwa keduanya pasti salah.
a. Tentukan peluang siswa menjawab benar.
b. Apakah mengeliminasi pilihan A dan D mempengaruhi peluang siswa menjawab dengan benar?
Penyelesaian:
a. 1 /2
b. Iya, karena banyaknya kemungkinan jawaban menjadi lebih sedikit.
8. Budi mengerjakan suatu ujian yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Tiap soal terdiri atas pilihan A, B, C dan D. Ketika waktu pengerjaan habis, tersisa 5 soal yang belum dikerjakan. Budi memutuskan untuk menjawab 5 soal tersebut dengan menebak. Tentukan peluang jawaban Budi semuanya benar.
Penyelesaian: (1/5)
9. Diketahui satu set kartu bridge yang berisi 52 kartu. Dari kartu-kartu tersebut,akan diambil satu buah kartu secara acak. Tentukan peluang terambilnya:
a. Kartu As
b. Kartu berwarna merah
c. Kartu bergambar hati
d. Kartu bernomor 5
e. Kartu bergambar raja
10. Suatu lomba melukis di SMP Ceria diikuti oleh siswa kelas VII sampai dengan kelas IX. Berikut adalah banyak siswa yang mengikuti lomba tersebut berdasarkan tingkatan kelas
• 15 siswa kelas VII
• 17 siswa kelas VIII
• 18 siswa kelas IX
Jika pada lomba tersebut akan dipilih satu peserta yang menjadi juara utama, berapa peluang siswa kelas VIII akan menjadi juara utama?
11. Dua puluh lima tiket diberi nomor dari 1 sampai dengan 25. Setiap tiket diambil secara acak. Jika Restu akan mengambil satu tiket secara acak, tentukan peluang Restu untuk mendapatkan tiket dengan nomor kelipatan 4.
Penyelesaian: 6/25
12. Sebuah uang koin dilemparkan sebanyak 3 kali. Berapakah peluang sisi angka muncul tepat 2 kali?
Penyelesaian: 3/8
13. Sebuah dadu dilemparkan sebanyak tiga kali. Tentukan peluang angka-angka
yang muncul adalah barisan naik. Keterangan: Tiga bilangan a, b, c adalah barisan naik jika a < b < c
Penyelesaian:
Petunjuk: Tuliskan semua kemungkinan dalam pasangan berurutan.(1, 2, 3), (1, 2, 4), ...., (4, 5, 6). Banyaknya pasangan berurutan adalah 20 sehingga peluangnya adalah 20/6(3) = 5/54
15. Berpikir kritis. Apa yang dapat siswa simpulkan dari jawaban soal nomor 13 dan 14? Kenapa peluangnya sama? Untuk soal nomor 15 sampai 19 perhatikan kalimat berikut. Terdapat tiga dadu yang berwarna merah, hijau, dan biru. Tiga dadu tersebut dilemparkan secara bersamaan.
Penyelesaian:
Peluangnya sama barisan naik diubah menjadi barisan turun dengan menukarkan angka pertama dengan angka ketiga. Contoh:
(1, 2, 3) - (3, 2, 1)
16. Tentukan peluang angka yang muncul pada dadu merah ditambah dengan angka yang muncul pada dadu hijau sama dengan angka yang muncul pada dadu biru.
Penyelesaian:Petunjuk:Baca Juga
- Diketahui titik sudut sebuah segitiga yaitu I (–2, –1), J (–1, –4), dan K (–4, –1). Gambar bangun tersebut dan bayangannya dengan menggunakan translasi berikut ini. a. 3 satuan ke kanan dan 4 satuan ke atas b. (x – 2, y + 5)
- Diketahui segi empat TUVW berkoordinat T (3, 2), U (1, –4), V (–2, –3) dan W (–2, 4). Gambar bayangan segi empat TUVW setelah ditranslasi oleh dan dicerminkan terhadap garis y = x.
- Diketahui titik C (u, v) dicerminkan terhadap garis x = 2 menghasilkan bayangan di titik C’ (5, 7). Maka nilai u + v adalah ....
• 2 = 1 + 1
• 3 = 1 + 2 = 2 + 1
• 4 = 1 + 3 = 2 + 2 = 3 + 1
• 5 = 1 + 4 = 2 + 3 = 3 + 2 = 4 + 1
• 6 = 1+ 5 = 2 + 4 = 3 + 3 = 4 +2 = 5 + 1
Peluangnya adalah 15/6(3) = 5/75
17. Tentukan peluang angka yang muncul pada dadu merah dikurangi dengan angka yang muncul pada dadu hijau sama dengan angka yang muncul pada dadu biru.
Penyelesaian:
Petunjuk:
- 1 = 2 – 1 = 3 – 2 = 4 – 3 = 5 – 4 = 6 – 5
- 2 = 3 – 1 = 4 – 2 = 5 – 3 = 6 – 4
- 3 = 4 – 1 = 5 – 2 = 6 – 3
- 4 = 5 – 1= 6 – 2
- 5 = 6 – 1
Peluangnya adalah 15/6(3) = 5/75
18. Tentukan peluang angka yang muncul pada dadu merah dikali dengan angka yang muncul pada dadu hijau sama dengan angka yang muncul pada dadu biru.
Penyelesaian:
Petunjuk:
• 1 = 1 x 1
• 2 = 1 x 2 = 2 x 1
• 3 = 1 x 3 = 3 x 1
• 4 = 1 x 4 = 2 x 2 = 4 x 1
• 5 = 1 x 5 = 5 x 1
• 6 = 1 x 6 = 2 x 3 = 3 x 2 = 6 x 1
Peluangnya adalah 14/6(3)= 7/108
19. Tentukan peluang angka yang muncul pada dadu merah ditambah dengan angka yang muncul pada dadu hijau sama dengan dua kali lipat angka yang muncul pada dadu biru.
Penyelesaian:(Dadu merah, dadu biru, dadu hijau) = (1, 1, 1), (1, 2, 3), (1, 3, 5), (2, 2, 2), (2, 3,4), (2, 4, 6), (3, 2, 1), (3, 3, 3), (3, 4, 5), (4, 3, 2), (4, 4, 4), (4, 5, 6), (5, 3, 1), (5,4, 3), (5, 5, 5), (6, 4, 2), (6, 5, 4), (6, 6, 6)Peluangnya adalah =18/6(3)=1/1220. Tentukan peluang dari kejadian berikut:a. Muncul dua mata dadu yang sama ketika melemparkan dua dadu bersamaan.b. Muncul tiga mata dadu yang sama ketika melemparkan tiga dadu bersamaan.c. Muncul m mata dadu yang sama ketika melemparkan m dadu bersamaan.Penyelesaian:
.
Post a Comment for "KUNCI JAWABAN Matematika kelas 9 halaman 20 21 22 Uji kompetensi 7 peluang"