KUNCI JAWABAN Matematika kelas 9 halaman 34 35 36 Latihan 8.1 bab 8 Bidang Kartesius
i. (-2, 1), (-4, 5), (2, -3) dan (-1, 3) iii. (1, -3), (2, -7), (5, 6) dan (4, -4)ii. (1, 2), (-2, 4), (3, 6) dan (5, 7) iv. (-3, -6), (-4, -7), (-5, -8) dan (-1, 1)Penyelesaian:i. (2,-3), tiga titik lainnya berada pada kuadran IIii. (-2,4), tiga titik lainnya terletak pada kuadran Iiii. (5,6), tiga titik lainnya terletak pada kuadran IV
iv. (-1,1), tiga titik lainnya terletak pada kuadran III
1(7, 1) 2(4, - 2) 3(4, - 1) 4(2, - 1) 5(- 1, - 1)6(- 1, 1) 7(- 1, 3) 8(2, 3) 9(4, 3) 10(4, 4)3. Tulis koordinat yang berhubungan terhadap titik di bawah inii. titik A vi. titik Bii. titik C vii. titik Diii. titik E viii. titik Fiv. titik G ix. titik Hv. titik I x. titik J
Penyelesaian:i. (-4, 4) vi. (3, 4)ii. (-4, -2) vii. (5, -3)iii. (8, 6) viii. (-6, 2)iv. (9, -2) ix. (-7, -3)v. (6, 2) x. (2, -2)
4. Gambarkan segi banyak dengan titik sudut yang diberikan.
5. Deskripsikan kesalahan dari solusi berikuti. Menggambarkan (7, 6) pada bidang kartesius, mulai dari (0, 0) dan bergerak 7 satuan kekanan dan 6 satuan keatas.
ii. Menggambarkan (-7, -5) pada bidang kartesius, mulai dari (0, 0) dan bergerak 7 ` satuan kekanan dan 5 satuan kebawah.
Penyelesaian:
i. Tidak ada yang error
ii. Yang benar adalah mulai dari (0, 0) dan bergerak 7 satuan kekiri dan 5 satuan kebawah.
6. Gambarkan titik dan tentukan jarak antara dua titik.
i. (2, -4), (8, -4) iv. (-8, -3), (6, -3)ii. (5, 4), (5, -1) v. (-5, 4), (7, 4)iii. (-2, 1), (-2, 9) vi. (-3, -3), (-3, 5)
Penyelesaian:
i. Karena ordinatnya adalah sama, maka jaraknya adalah selisih absisnya yaitu8 – 2 = 6.
ii. Karena absisnya adalah sama, maka jaraknya adalah selisih ordinatnya yaitu 4 – (-1) = 5
iii. K arena absisnya adalah sama, maka jaraknya adalah selisih ordinatnya yaitu 9 – 1 = 8.
iv. Karena ordinatnya adalah sama, maka jaraknya adalah selisih absisnya yaitu 6 – (-8) = 14.
v. Karena ordinatnya adalah sama, maka jaraknya adalah selisih absisnya yaitu 7 – (-5) = 12.
vi. Karena absisnya adalah sama, maka jaraknya adalah selisih ordinatnya yaitu 5 – (-3) = 8.
` 7. Tentukan bentuk segiempat ABCD dengan titik koordinatnya i. A(0, 5), B(0, 1), C(6, 1) dan D(6, 5)
ii. A(0, 5), B(-2, 1), C(0, -3) dan D(2, 1)
Penyelesaian:i. Persegi panjangii. Belah ketupat
8. Dalam menentukan arah sering juga digunakan arah jarum jam; yaitu, sebagai acuannya adalah arah di hadapan objek yang didefinisikan sebagai arah jam 12. Dengan demikian sebelah kanan objek sebagai arah jam 3 dan sebelah objek arah jam 9. Misalkan ada 3 orang I, II, III yang menghadap ke arah utara. Kemudian posisi dari II adalah 10 m dari I dengan arah jam 01.30 dan posisi dari III adalah 8 m dari II dengan arah jam 10.30. Gambarkan posisi dari I, II, III pada bidang kartesius. Kemudian berilah petunjuk kepada 3 orang tersebut supaya bisa berkumpul pada orang ketiga jika 3 orang tersebut hanya bisa bergerak ke depan, ke belakang, ke kiri dan ke kanan.
Penyelesaian:
Buatlah bidang koordinat dengan arah utara selatan sebagai Sumbu-Y dan arah timur barat sebagai Sumbu-X. Dimisalkan orang I berada pada koordinat (0,0). Kemudian karena orang II berada pada arah jam 01.30 dan sejauh 10 meter dari orang I maka orang II terletak pada 5 ke utara dan 5 ^ 2 ke timur dari orang I. Dengan demikian letak koordinat dari orang II adalah (5 ^2 , 5 ^2 ). Sedangkan orang III berada pada arah jam 10.30 dan sejauh 8 meter dari orang II maka orang III terletak pada 4 ke utara dan 4 ^ 2 ke barat dari orang II. Dengan demikian letak koordinat dari orang III adalah ( ^2 , 9^2 ). Petunjuk untuk orang I: bergerak ke depan sejauh 9^2 dan ke kenan sejauh 2 .
Petunjuk untuk orang II: bergerak ke depan sejauh 4 ^2Petunjuk untuk orang III: Diam di tempat. dan ke kekiri sejauh 4^ 2 .
9. Seorang anak pada pagi hari dari rumah pergi ke sekolahnya dengan bersepeda. Untuk mencapai sekolahnya dia harus bergerak ke arah tenggara sejauh 4 km kemudian ke arah timur sejauh 2 km. Pada saat pulang sekolah anak tersebut pergi ke toko buku. Untuk kesana anak tersebut harus menuju ke arah barat daya sejauh 1 km dan ke arah barat sejauh 0.5 km. Gambarlah letak dari rumah, sekolah dan toko buku pada bidang kartesius. Kemudian bagaimana caranya anak tersebut supaya tiba lagi dirumah?
Penyelesaian:
Buatlah bidang koordinat dengan arah utara selatan sebagai Sumbu-Y dan arah timur barat sebagai Sumbu-X. Dimisalkan rumah berada pada koordinat (0,0). Kemudian karena sekolah berada pada arah tenggara sejauh 4 km kemudiankearah timur sejauh 2 km dari rumah maka sekolah terletak pada 2√ 2 ke timur dari rumah. Dengan demikian letak koordinat dari sekolahadalah (2 + 2 2 , -2√2 ). Sedangkan toko buku berada pada arah barat daya sejauh 1 km dan kearah barat sejauh 0.5 km dari sekolah maka toko buku terletak pada 1/2 √2 ke selatan dan1/2 + 1/2 √2 ke barat dari sekolah. Dengan demikian letak koordinat dari toko buku adalah



10. Tabel di bawah ini menunjukkan jauhnya lari dalam kilometer pada 18 mingguuntuk program latihan marathon.
a. Tuliskan tabel untuk jarak lari selama setiap minggu latihan.b. Tampilkan data dari bagian (a) dalam grafikc. Buatlah tiga pengamatan grafikd. Jelaskan pola yang ditunjukkan dalam grafikPenyelesaian:a. Tabel jarak lari setiap minggu latihan
Rangkuman MTK kelas 9 bab 8 bidang kartesius
- Diketahui titik C (u, v) dicerminkan terhadap garis x = 2 menghasilkan bayangan di titik C’ (5, 7). Maka nilai u + v adalah ....
- Gambar setiap bangun berikut beserta bayangan hasil refleksi yang diberikan. a. Garis MN dengan M (3, 5) dan N (–2, –4) direfleksikan terhadap sumbu-x.
- Diketahui gambar berwarna biru merupakan bayangan hasil transformasi dari gambar berwarna merah. Tentukan jenis transformasinya.
Post a Comment for "KUNCI JAWABAN Matematika kelas 9 halaman 34 35 36 Latihan 8.1 bab 8 Bidang Kartesius"