KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4 halaman 124 125 bab 3
![]() |
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4 |
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
Kunci Jawaban MTK Kelas 8
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3
Kunci Jawaban MTK Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
Ayo kita berlatih
Kunci Jawaban :Dari diagram panah yang menunjukkan korespondensi satu-satu adalah (i), (iii), (iv), dan (v).
Kunci Jawaban :C, D, dan F
Kunci Jawaban :a) banyak semua korespondensi satu-satu yang mungkin terjadi dari P ke Q = 720b) 1. {(1, a), (2, b), (3, c), (4, d), (5, e), (6, f)} 2. {(1, b), (2, a), (3, c), (4, d), (5, e), (6, f)} 3. {(1, a), (2, b), (3, f), (4, d), (5, e), (6, c)}
Kunci Jawaban :Hanya A.
Kunci Jawaban :b) Banyak korespondensi satu-satu yang mungkin adalah 6.
Kunci Jawaban :a) A = {faktor dari 8} adalah (1 × 8) dan (2 × 4)A = {1, 2, 4, 8} sehingga n(A) = 4B = {faktor dari 21} adalah (1 × 21) dan (3 × 7)B = {1, 3, 7, 21} sehingga n(B) = 4karena n(A) = n(B) = 4, sehingga banyak korespondensi satu-satu yang bisa dibuat adalah = 4 × 3 × 2 × 1 = 24b) P = {huruf fokal}P = {a, e, i, o, u} sehingga n(P) = 5Q = {bilangan cacah antara 1 dan 7}Q = {2, 3, 4, 5, 6} sehingga n(Q) = 5karena n(P) = n(Q) = 5, sehingga banyak korespondensi satu-satu yang bisa dibuat adalah = 5 × 4 × 3 × 2 × 1 = 120
Kunci Jawaban :a) Sebanyak 9.b) Sebanyak 12.
Kunci Jawaban :- Negara dengan ibukota negara- Provinsi dengan ibukota provinsi- Siswa dengan nomor absen- Jajanan dengan harga jajanan
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.5 halaman 11
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.7 halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 15
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 21
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.12
- Tentukan apakah ∆KLM dengan titik K(6, −6), L(39, −12), dan M(24, 18) adalah segitiga sebarang, segitiga sama kaki, atau segitiga sama sisi. Jelaskan jawaban kalian.
- Jika 32, x, 68 adalah tripel Pythagoras. Berapakah nilai x Tunjukkan bagaimana kalian mendapatkannya.
- Bilangan terkecil dari tripel Pythagoras adalah 33. Tentukan tripel Pythagoras. Jelaskan bagaimana kalian menemukan dua bilangan lainnya.
Rangkuman MTK kelas 8 bab 3
tinggi = 32 luas segidelapan × tinggi = 32 (2 2 – 2) × 1 = 34 ( 2 – 1) Jadi, volume prisma diluar limas adalah 34 ( 2 – 1). 322 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Ayo Kita Menalar Selanjutnya ajaklah siswa untuk mendiskusikan kegiatan menalar dengan menerapkan rumus luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar yang sudah dibahas pada kegiatan sebelumnya, yaitu terdapat pada dua kasus yang telah disediakan pada buku siswa. Penyelesaian Alternatif 1. Untuk mencari luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan, terlebih dahulu perhatikan bangun ruang tersebut. Bagilah bangun ruang tersebut menurut bentuknya masing-masing. Lalu carilah luas permukaannya masing- masing dengan memperhatikan luas permukaan yang saling menimpel diantara bangun-bangun tersbut. 2. Lakukanlah kegiatan tersebut dengan didampingi oleh guru. Ayo Kita Berbagi Setelah siswa selesai mendiskusikan penyelesaian dari kegiatan menalar, instruksikan kepada mereka untuk menukarkan dengan kelompok lain. Usahakan satu atau dua orang menemani hasil karya itu, dan menjelaskan maksud dari karya itu ke kelompok lain yang dituju. Ayo Kita ! ? ! ? Berlatih 8.7 Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 8.7 Tanda (-) sebagai latihan 1. Luas permukaannya = 626 cm2 dan Volumenya = 840 cm3 2. - 3. Luas kain yang digunakan = 56 m2 4. - 5. Volume limas terpancung bagian bawah = 504 cm3 6. Banyak stupa kecil pada bagian Arupadhatu tersebut = ada 72 buah Coba perkirakan starteginya. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 323 Evaluasi I. Pembelajaran ? ! 8 Dalam evaluasi ini guru harus melihat ketercapaian Kompetensi Dasar yang telah disebutkan di depan. Berikut merupakan contoh soal untuk mengukur Kompetensi Dasar. Soal dalam bentuk pilihan ganda 1. Suatu prisma tegak yang alasnya merupaka segitiga dengan panjang sisi- sisinya 3 cm, 4 cm, dan 5 cm. Jika panjang rusuk tegaknya 6 cm, maka volume prisma tersebut adalah ... a. 36 cm3 c. 72 cm3 b. 60 cm3 d. 90 cm3 2. Volume sebuah limas 520 cm3. Jika alasnya berbentuk jajargenjang dengan panjang alas 12 cm dan tingginya 10 cm, maka tinggi limas tersebut adalah ... a. 15 cm c. 13 cm b. 11 cm d. 16 cm Soal dalam bentuk esai 1. Alas sebuah prisma berbentuk segitiga siku-siku yang panjang sisi-sisinya 15 cm, 8 cm, dan 17 cm. Jika tinggi prisma 20 cm, hitunglah: a. Luas alas prisma b. Volume prisma 2. Sebuah balok $%C'.()G+ di samping, panjang, lebar dan tingginya berturut-turut adalah 8 cm, 6 cm dan 3 cm. Tentukan: a. Volume limas 7.$%C' b. Volume balok di luar limas 7.$%C' Kemudian, diantara soal-soal yang terdapat pada Latihan 3.1 sampai Latihan 3.3 manakah yang cocok untuk mengukur Kompetensi Dasar. $ % C G E + ' ) 7 324 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Pembelajaran remedial pada hakikatnya merupakan suatu bentuk pembelajaran yang bersifat menyembuhkan atau membetulkan pembelajaran yang membuat jadi lebih baik. Pembelajaran remedial juga merupakan tindakan perbaikan pembelajaran yang diberikan kepada siswa yang belum mencapai KKM dalam suatu KD tertentu. Kemudian guru harus menganalisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal, mungkin kesalahan siswa karena salah konsep atau mungkin salah melakukan prinsip. Jika kesalahan siswa sudah ditemukan, maka guru bisa melakukan proses pembelajaran remedial dengan cara berikut. 1. Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda, menyesuaikan dengan gaya belajar siswa; 2. Pemberian bimbingan secara perorangan; 3. Pemberian tugas-tugas atau latihan secara khusus, dimulai dengan tugas-tugas atau latihan sesuai dengan kemampuannya; Pemanfaatan tutor sebaya, yaitu siswa dibantu oleh teman sekelas yang telah mencapai KKM Indikator J. Remedial Pembelajaran pengayaan diberikan kepada siswa yang telah mencapai atau melampaui KKM. Ada beberapa kegiatan yang dapat dirancang dan dilaksanakan oleh Guru dalam kaitannya dengan pengayaan, diantaranya melakukan kegiatan berikut. 1. Belajar kelompok, yaitu sekelompok siswa diberi tugas pengayaan untuk dikerjakan bersama pada dan/atau di luar jam pelajaran; 2. Belajar mandiri, yaitu siswa diberi tugas pengayaan untuk dikerjakan sendiri/ individual; 3. Pembelajaran berbasis tema, yaitu memadukan beberapa konten pada tema tertentu sehingga siswa dapat mempelajari hubungan antara berbagai disiplin ilmu. Pengayaan biasanya diberikan segera setelah siswa diketahui telah mencapai KKM berdasarkan hasil PH. Pembelajaran pengayaan biasanya hanya diberikan sekali, tidak berulang-kali sebagaimana pembelajaran remedial. Pembelajaran pengayaan umumnya tidak diakhiri dengan penilaian. Indikator K. Pengayaan Kurikulum 2013 MATEMATIKA 325 Hubungan antara Diagonal Ruang, Diagonal K egiatan 8.8 Bidang, dan Bidang Diagonal . Sediakan kerangkan kubus, balok, prisma, dan limas. 2. Sediakan secukupn\a liditusuk satelainn\a. . Pikirkan kelompok-kelompok kecil siswa (-orang\ang memungkinkan belajar secara efektif . . Identifikasi siswa-siswa \ang biasan\a agak sulit membuat pertan\aan. . Identifikasi pula bentuk bantuan apa \ang perlu diberikan agar siswa akhirn\a produktif membuat pertan\aan. Sebelum Pelaksanaan .egiatan Ajaklah siswa untuk mengingat kembali tentang unsur-sunsur balok atau kubus yang pernah mereka pelajari ketika di SD. Unsur-unsur kubus atau balok yang telah ditunjukkan pada Gambar 8.29. Siswa diajak kembali untuk memahami tentang unsur-unsur kubus atau balok. Kemudian mereka diberi kesempatan untuk mengamati tentang terbentuknya suatu bidang/sisi pada kubus atau balok. Selanjutnya suruhlah siswa untuk membanding unsur-unsur kubus dengan balok. Sehingga mereka mengetahui bahwa unsur-unsur antara kubus dengan balok tidak ada perbedaan \ang signifikan, han\a terletak pada bentuk bidangsisin\a saja Informasikan kepada siswa tentang unsur-unsur kubus atau balok memiliki tiga unsur lagi yang lain, yaitu diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal. Kemudian berilah kesempatan kepada siswa untuk memikirkan tentang ketiga unsur tersebut. Ajaklah siswa untuk menggambar prisma segitiga dan limas segiempat. Kemudian suruhlah mereka untuk menyebutkan unsur-unsur dari prisma dan limas. Misalkan seperti gambar berikut. $ % C ) ' E Bidang tegak Bidang alas Titik sudut Rusuk tegak Bidang atas Titik sudut Titik puncak Rusuk tegak Rusuk alas % C $ ' 7 Bidang tegak Bidang alas 326 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Ayo Kita Amati Informasikan tugas yang akan mereka kerjakan yaitu akan mengamati bentuk diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal yang sudah disediakan pada Tabel 8.12. Fokus pengamatan adalah memperhatikan dengan cermat tentang terbentuknya diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal. Ajaklah siswa untuk memfokuskan perhatiannya pada bentuk diagonal bidang dari ketiga gambar, yaitu gambar pada Tabel 8.12 nomor 1, 2, dan 3 bahwa ketiga bentuk bidang diagonal terdapat pada bidang/sisi balok berupa garis lurus. Ayo Kita ?? Menanya Jelaskan tugas berikutnya, yaitu membuat pertanyaan (Tuestioning), kalau perlu modelkan salah satu pertanyaan. Sepakati satu atau dua pertanyaan dan tuliskan di papan, minta siswa menjalankan rencana yang telah disepakati, Contoh Pertanyaan: 1) Bagaiamana cara menentukan panjang diagonal bidang? 2) Apakah hubungan antara diagonal bidang dengan diagonal ruang? 3) Apakah hubungan antara diagonal ruang dengan bidang diagonal? 4) Apakah hubungan antara diagonal bidang dengan bidang diagonal? 5) Apakah perbedaan antara diagonal bidang dengan bidang diagonal? =+ + Ayo Kita Menggali Informasi Ajaklah siswa untuk menggali informasi pada Tabel 8.13 dengan memperhatikan uraian pada kolom unsur-unsur lain dan keterangan. Ajaklah siswa untuk memahami Contoh 8.17, 8.18, dan 8.19 beserta alternatif penyelesaiannya. Bila memungkinkan ragakan bentuk bidang diagonal dan diagonal ruang dengan menggonakan lidi/ lainnya yang serupa. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 327 Ayo Kita Mencoba Ajaklah siswa untuk menemukan cara smart solution untuk menentukan panjang diagonal bidang, diagonal ruang, dan luas bidang diagonal. Kemudian ajaklah siswa untuk menemukan istilah dari bidang frontal dan bidang ortogonal pada kubus, balok, prisma, dan limas. Berilah kesempatan kepada siswa untuk merperkirakan adanya diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang diagonal juga ada pada prisma dan limas. Ayo Kita Menalar Selanjutnya ajaklah siswa untuk mencoba menyelesaikan dari tiga kasus yang telah ditunjukkan pada buku siswa. Berikut alternatif penyelesaiannya 1. Bagian A 1) Diagonal bidang pada balok adalah $C, %', (G, )+, $), %', 'G, C+, %G, C), $+, dan '(. 2) Sehingga semua diagonal bidang pada balok sebanyak 12. Ajaklah siswa untuk memfokuskan perhatiannya pada bentuk diagonal ruang dari kedua gambar, yaitu gambar pada Tabel 8.7 nomor 4 dan 5 bahwa kedua bentuk bidang ruang terdapat di dalam balok berupa garis lurus. Kemudian ajaklah mereka untuk menyebutkan semua diagonal ruang pada balok, ada berapa banyak diagonal ruang yang terdapat pada balok? Bagian B 1) Diagonal ruang pada balok adalah $G, C(, +%, dan '). 2) Sehingga semua diagonal ruang pada balok sebanyak 4. Ajaklah siswa untuk memfokuskan perhatiannya pada bentuk bidang diagonal dari kedua gambar, yaitu gambar pada Tabel 8.7 nomor 6 dan 7 bahwa kedua bentuk bidang diagonal terdapat di dalam balok berupa suatu bidang. Kemudian ajaklah mereka untuk menentukan cara terbentuknya suatu bidang diagonal pada balok dan ajaklah mereka untuk menyebutkan semua bidang diagonal pada balok, bagaimanakah cara terbentuknya bidang diagonal pada balok dan ada berapa banyak bidang diagonal yang terdapat pada balok? 328 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Bagian C 1) Cara terbentuknya bidang %C+( dan $%G+ sebagai berikut No. Balok Unsur- unsur Keterangan 6. % C G ) l t p ' $ E + Bidang Diagonal Titik sudut % dihubungkan dengan titik sudut E membentuk ruas garis BE dan titik sudut C dihubungkan dengan titik sudut + membentuk ruas garis CH . Kemudian kedua ruas garis tersebut dihubungkan dengan ruas garis EH dan BC sehingga membentuk bidang %C+(. bidang %C+( merupakan bidang diagonal yang berada di dalam balok $%C'.()G+ No. Balok Unsur- unsur Keterangan 7. % C G ) l t p ' $ E + Bidang Diagonal Titik sudut $ dihubungkan dengan titik sudut + membentuk ruas garis AH dan titik sudut % dihubungkan dengan titik sudut G membentuk ruas garis BG . Kemudian kedua ruas garis tersebut dihubungkan dengan ruas garis AB dan HG sehingga membentuk bidang $%G+. bidang $%G+ merupakan bidang diagonal yang berada di dalam balok $%C'.()G+ Kurikulum 2013 MATEMATIKA 329 2) Bidang diagonal pada balok adalah %C+(, $)G', $%G+, ()C', $CG(, dan %'+). 3) Sehingga semua diagonal ruang pada balok sebanyak 6. $lternatif .esimpulan (1) Diagonal bidang pada kubus atau balok adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang terletak pada rusuk-rusuk berbeda pada satu bidang kubus atau balok. (2) Diagonal ruang pada kubus atau balok adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang masing-masing terletak pada bidang atas dan bidang alas yang tidak terletak pada satu bidang kubus atau balok. (3) Bidang diagonal pada kubus atau balok adalah suatu bidang yang dibatasi oleh dua rusuk dan dua diagonal bidang yang sejajar dan tidak terletak pada satu bidang kubus atau balok. 2. Hubungan antara diagonal ruang dan bidang diagonal adalah diagonal ruang terletak di dalam kubus atau balok dan sekaligus terletak pada bidang diagonal itu, diagonal ruang juga merupakan diagonal bidang pada bidang diagonal itu yang membagi bidang diagonal itu menjadi dua bagian sama besar. Sedangkan untuk mencari panjang diagonal bidang dan diagonal ruang kubus dan balok, perhatikan uraian berikut. 1) Kubus $ % C G E + ' ) s s s Untuk kubus yang panjang rusuknya s maka: Jumlah panjang rusuk kubus = 12s Panjang diagonal ruang = 3s2 330 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru 2. Balok % C G ) ' $ E + l t p Untuk balok yang panjangnya (p), lebarnya (l), dan tingginya (t), maka: Jumlah panjang rusuk balok = 4(p t) Panjang diagonal ruang = p2 + l2 + t2 3. Berdasarkan Alternatif Kesimpulan pada jawaban nomor 1, maka istilah bidang diagonal didefinisikan sebagai suatu bidang \ang ditentukan oleh dua diagonal bidang yang sejajar. Jadi, bidang segitiga $%) bukan merupakan bidang diagonal. Ayo Kita Berbagi Informasikan kepada siswa untuk mendikusikannya secara klasikal, dimana dalam kegiatan ini guru menyuruh seluruh kelompok yang ada untuk mempresentasikan hasil penyelesaiannya di depan kelas secara bergantian salah kelompok siswa mempresentasikannya jawaban dari hasil diskusinya. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 331 Ayo Kita ! ? ! ? Berlatih 8.8 Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 8.8 Tanda
Sumber: buku mtk kelas 8
Post a Comment for "KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4 halaman 124 125 bab 3"