KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2 halaman 102 103 bab 3
![]() |
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2 |
di mana kali ini kami akan membahas mengenai kunci jawaban dari bab...... kagak menyadari bahwa tanya kunci jawaban sangatlah penting bagi adik sekalianhalo teman-teman selamat datang di blog kami ini kali ini gue akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang dunia pendidikan yaitu kali ini kakak akan membagikan sebuah kunci jawaban yang menurut kakak sangat penting bagi teman-teman sekalian.
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
kakak mengetahui bahwasanya kunci jawaban ini sangatlah penting bagi seorang pelajar hal ini memang tak perlu dipungkiri bahwasanya kakak dulu juga sering mencari kunci jawaban di situs seperti dia situs terpercaya tumbuh google.
karena kakak sudah mengalami masa pendidikan oleh karena itu kakak ingin membuat sebuah artikel yang mempermudah bagi pelajar dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.sekolah merupakan hal yang memang sangat penting bagi pelajar, dimana di sekolah banyak sekali pelajaran pelajaran yang diajarkan oleh guru kepada seorang pelajar, hal ini biasanya membuat seorang pelajar ada beberapa pelajar yang pelajaran yang tidak mereka sukai atau tidak mereka inginkan.
Kunci Jawaban MTK Kelas 8
salah satu pelajaran yang menurut saya dari saya sendiri memang saya kurang menyukai yaitu pelajaran bahasa inggris namun bahasa inggris sangatlah penting untuk dipelajari hal ini memang di dunia bahasa yang umum adalah bahasa inggris.
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3
oleh karena itu kakak pada hari ini akan membahas seluruh jawaban dari buku siswa kelas 10 bahasa inggris yang dimana teman-teman bisa menulis jawaban yang telah kakak berikan ini supaya supaya temen-temen tidak perlu kebingungan dalam mencari jawaban seperti kakak dulu.
Kunci Jawaban MTK Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
kakak harap dengan adanya pembahasan kunci jawaban bahasa inggris kelas 10 ini dapat memberikan ataupun dapat mempermudah adik-adik dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru disini kakak akan membahas seluruh sampai tuntas sampai pokoknya sampai habis dari tugas-tugas yang ada di buku ini oleh karena itu adik adik kakak harap untuk berlangganan di blog ini kerap berlangganan itu gratis tidak perlu bayar.
Ayo kita berlatih
Kunci Jawaban :a) ORANG TUAKU ADALAH GURUKU KETIKA DI RUMAHb) GURUKU ADALAH ORANG TUAKU KETIKA DI SEKOLAHc) lqnq qfqa ofrgftloqd) dqztdqzoaq qrqsqi qtiorxhqfax
Kunci Jawaban :a. (1,2), (2,4), (3,6), (4,8), (6,12)b. (4,2)
Kunci Jawaban :Bukan, karena anggota A memiliki lebih dari 1 pasangan dengan B.Fungsi adalah memasangkan anggota A tepat satu dengan B
Kunci Jawaban :Bukan, karena syarat fungsi adalah memasangkan setiap anggota A dengan tepat satu anggota B. tepat satu artinya tidak boleh dari dan tidak boleh kurang dari satu.
Kunci Jawaban :a) A={4,9,16,25,36,49,64,81} B={3,6,9,12,15,18,…,99}b){(9,81)}c) Bukan, karena masih ada beberapa anggota A yang tidak memiliki pasangan.d) Domain : A={4,9,16,25,36,49,64,81} ; Kodomain : B={3,6,9,12,15,18,…,99} ; Daerah hasil : {(9,81)}. Jadi, relasi yg menghubungkan A ke B adalah akar dari (9,81)
Kunci Jawaban :Contoh fungsi yang terjadi sehari-hari adalah Negara dengan Ibukotanya.Negara : (Indonesia, Malaysia, India, Amerika Serikat)Ibukota nya: (Jakarta, Kuala Lumpur, New Delhi, Washington DC)Himpunan berurutan dengan Relasi negara dengan ibukotanya : {(Indonesia, Jakarta), (Malaysia, Kuala Lumpur), (India, New Delhi), (Amerika Serikat, Washington DC)}.
Kunci Jawaban :a) Himpunan pasangan berurutan dari P ke Q dengan relasi "Ibukota Provinsi" adalah R = {(Surabaya, Jatim), (Semarang, Jateng), (Bandung, Jabar), (Denpasar, Bali)}b) Himpunan pasangan berurutan dari P ke Q dengan relasi "Kota di Provinsi" adalah R = {(Malang, Jatim), (Surabaya, Jatim), (Semarang, Jateng), (Bandung, Jabar), (Denpasar, Bali), (Sumenep, Jatim)}
Kunci Jawaban :Aturan 1)Relasi "faktor dari" Himpunan pasangan berurutan adalah {(3, 6), (4, 4), (5, 5), (6, 6)}Aturan 2)Relasi "kurang dari" Himpunan pasangan berurutan adalah {(3, 4), (4, 5), (5, 5), (6, 7)}.
Kunci Jawaban :a) Himpunan pasangan berurutan yang dimaksud= {(p, 2), (q, 2)}= {(p, 2), (q, 3)}= {(p, 2), (q, 4)}= {(p, 3), (q, 3)}= {(p, 3), (q, 2)}= {(p, 3), (q, 4)}= {(p, 4), (q, 2)}= {(p, 4), (q, 3)} = {(p, 4), (q, 4)}b) Banyak fungsi yang mungkin ada 9
Kunci Jawaban :
Himpunan A = (2, 3, 5, 7, 9)
Himpunan B = (21, 25, 27, 45)
Relasi "faktor dari" Himpunan pasangan terurut adalah : {(3,21) , (5,25) , (5,45), (7,21), (9,27), (9,45)}
kakak mengetahui bahwasanya kunci jawaban yang tepat dan benar sangatlah penting bagi adek-adek hal ini memang tak perlu dipungkiri bahwasanya nilai yang diperoleh dari nilai tugas.
Rangkuman MTK kelas 8 bab 3
untuk itu kakak telah membaca dan memahami soalnya terlebih dahulu baru lah kakak berusaha menjawab soal-soal tersebut secara maksimal dan kakak yakin jika adek-adek menggunakan kunci jawaban bahasa inggris yang sa kakak buat ini kakak-kakakan kakak meyakini bahwa adek-adek akan mendapatkan nilai yang begitu besar.
q100 6 3,14 31,4 25 12 31,4 31, b) 1 520 1 2 260 2 3 130 4 4 104 5 5 65 8 6 52 10 7 40 13 8 26 20 Kurikulum 2013 MATEMATIKA 301 No Nama Bangun Model Bangun Katerangan (Luas alas 260 cm2) Luas Ukuran Trapesium a + b: sebanyak dua bilangan yang hasil jumlahnya adalah 2, 4, 5, 8, 10, 13, 20, 26, 40, 52, 65, 104, 130, dan 260. Coba temukan. Sebanyak 16 kemungkinan, yakni: .... 5. Belah Ketupat a a a a 2 1 × '1 × '2 Luas alas = 260 cm2 '1 × '2 = 520 No. ' D2 1 520 1 2 260 2 3 130 4 4 104 5 5 65 8 6 52 10 7 40 13 8 26 20 Atau sebaliknya Coba temukan. 6. Layang-layang a b 2 1 × '1 × '2 sama dengan nomor 5 Dengan cara mengurangi luas permukaan prisma dengan luas sisi tegak, kemudian temukan bentuk bangun datar apakah alasnya yang mungkin. cobalah. 302 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Ayo Kita Berbagi Mintalah siswa untuk untuk menukarkan hasil karyanya dengan kelompok yang lain, dan pastikan kelompok tersebut memahami apa yang harus dilakukan. Pantau bagaimana siswa mengerjakan tugasnya. Ayo Kita ! ? ! ? Berlatih 8.3 Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 8.3 Tanda (-) sebagai latihan 1. - 2. Panjang kawat paling sedikit yang diperlukan = 160 cm 3. - 4. - 5. D. Luas seluruh permukaan limas = 1.536 cm2 6. - 7. - 8. Salah satu kemungkinan luas seluruh bidang tegak limas tersebut = 60 cm2 9. - 10. Salah satu kemungkinan panjang sisi alas = 10 cm dan tinggi limas tersebut = 12 cm 11. - 12. Luas permukaan limas = (150 + 50 3 ) cm2 Luas permukaan potongan bagan atas = (450 + 50 3 ) cm2 Kurikulum 2013 MATEMATIKA 303 Menentukan Volume K egiatan 8.4 Kubus dan Balok . Sediakan kerangka kubus, balok, prisma, dan limas \ang lengkap dengan garis bidang, garis diagonal ruang. 2. Sediankan juga beberapa bangun kubus, balok, prism dan limas padat. . Siapkan beberapa macam kerangka bangun ruang kubus, balok, prisma, dan limas beserta bangun ruang \ang padat. . -ika memungkinkan sediakan slide PowerPoint gambar seperti pada kegiatan $\o .ita Menggali Informasi dan $\o .ita %ernalar. . Siswa dibentuk kelompok kecil siswa (seban\ak -orang\ang memungkinkan belajar secara efektif. Sebelum Pelaksanaan .egiatan Guru memberikan gambaran awal tentang volume kubus dan balok yang terdapat pada Masalah 8.4. Siswa diberikan beberapa pertanyaan-pertanyaan tentang menyusun suatu objek disusun dengan susunan yang rapi. Contoh: (1) Berapakah kubus satuan yang dibutuhkan untuk mengisi balok hingga penuh? (2) Apakah banyak kubus satuan yang memenuhi balok hingga penuh merupakan volume balok? (3) Bagaimanakah dengan volume kubus pada Gambar 8.16b? Ayo Kita Amati Informasikan tugas yang akan mereka Amati, yaitu akan mengamati susunan kubus yang disusun ke atas dan yang disusun mendatar: maksimal 10 menit untuk mengamati Tabel 8.4a dan 8.4b. Berilah motivasi kepada siswa untuk mengamati model susunan kubus. Ayo Kita ?? Menanya Jelaskan tugas berikutnya, yaitu membuat pertanyaan; pada kegiatan ini siswa berperan sebagai orang lain, yaitu mengira-ngira pertanyaan apa yang akan diajukan ketika ia belum tahu cara menentukan pola susunan kubus tersebut. 304 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Contoh pertanyaan: 1. Kenapa volume gambar 1 dan 2 sama, padahal posisinya berbeda? 2. Bagaimana menentukan alasnya dari kedua bangun tersebut? =+ + Ayo Kita Menggali Informasi Kemudian ajaklah siswa untuk menggali informasi pada Tabel 8.5a dan 8.5b dengan memahami dan memperhatikan susunan kubus dan ukuran yang diketahui. Ayo Kita Menalar Selanjutnya ajaklah siswa untuk mendiskusikan kegiatan menalar tentang susunan kubus-kubus yang terdapat pada Gambar 8.18 di buku siswa dan dengan menggunakan rumus volume kubus untuk mengetahui banyak kubus beton yang diperlukan pada Gambar 8.19. Minta siswa untuk menuliskan jawaban dari hasil penalarannya. Berikut alternatif penyelesaiannya Tabel Volume Kubus No. Kubus Banyak kubus satuan Ukuran satuan (p × l × t) Volume (V) 1. s s s Ada s3 kubus s × s × s = s3 V = s3 satuan kubik Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa rumus volume kubus adalah sebagai berikut. 9olume kubus s Keterangan: s: panjang sisi kubus Kurikulum 2013 MATEMATIKA 305 Tabel Volume Balok No. Balok Banyak kubus satuan Ukuran satuan (p × l × t) Volume (V) 2. p l t Ada n kubus p î l î t V = (p × l × t) satuan kubik Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa rumus volume balok adalah sebagai berikut. 9olume balok p î l î t Keterangan: n : hasil perkalian dari p î l î t p : panjang balok l : lebar balok t : tinggi balok 2. Banyak susunan kubus dari atas = 6 × 7 + 7 × 6 + 5 × 5 + 6 × 4 + 6 × 3 + 2 × 2 + 3 × 1 = 42 + 42 + 25 + 24 + 18 + 4 + 3 = 158 Banyak susunan kubus dari atas adalah sebanyak 158 buah kubus. Ayo Kita Berbagi Informasikan kepada siswa untuk menukarkan hasil pekerjaannya dengan teman sebangkunya, kemudian diskusikanlah. Periksalah hasil pekerjaan siswa, apakah sudah benar sesuai dengan kaidah matematika? Jika tidak berilah pemahaman konsep yang benar atau jika ada yang sudah benar pada kelompok siswa, mintalah kepada kelompok tersebut untuk membahasannya di depan kelas. 306 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Sedikit Informasi Berikutnya informasikan kegiatan selanjutnya, yaitu memahami informasi tentang permasalahan yang sudah disediakan pada buku siswa tersebut, yaitu contoh beserta jawabannya. Kemudian ajaklah siswa untuk menggali informasi tentang susunan kubus-kubus yang terdapat pada gambar di buku siswa. Ayo Kita Mencoba Ajaklah siswa untuk mengerjakan soal yang terdapat pada kegiatan Ayo Kita Mencoba. Pada kegiatan ini, berilah motivasi kepada siswa untuk megerjakan sungguh-sungguh. Contoh motivasi: bagi siswa yang bisa dapat mengerjakan dan menjelaskan kepada teman-temannya yang lainnya di depan kelas, maka nilai ketrampilannya akan mendapatkan nilai 100. Berilah kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal tersebut secara mandiri. Perhatikan siswa yang sedang mengerjakan soal tersebut, khususnya pada siswa yang kemampuannya dibawah rata-rata, datangilah dia. Menurut informasi dari soal, maka dapat dibuat pola sebagai berikut: Apabila ada 1 kubus, berarti tingginya 1 × 10 cm Ÿ maka lapisan semennya ada 0 Apabila ada 2 kubus, berarti tingginya 2 × 10 cm Ÿ maka lapisan semennya ada 1 Apabila ada 3 kubus, berarti tingginya 3 × 10 cm Ÿ maka lapisan semennya ada 2 Apabila ada 4 kubus, berarti tingginya 4 × 10 cm Ÿ maka lapisan semennya ada 3 Apabila ada 5 kubus, berarti tingginya 5 × 10 cm Ÿ maka lapisan semennya ada 4 ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... Apabila ada n kubus, berarti tingginya n × 10 cm Ÿ maka lapisan semennya ada (n – 1) Sehingga suku ke-n adalah Un = 10n + (n – 1) ŸUn = 11n – 1 Kerena pada pertanyaan soal di ketahui tinggi tugu yang diinginkan adalah 21,99 m atau 2.199 cm, artinya adalah Un = 2.199, dengan demikian dapat ditentukan banyaknya kubus, yaitu: Un = 11n – 1 2.199 = 11n – 1 11n = 2.200 n = 200 Kurikulum 2013 MATEMATIKA 307 Ayo Kita ! ? ! ? Berlatih 8.4 Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 8.4 Tanda (-) sebagai latihan 1. Yang memiliki volume yang berbeda dari yang lain adalah Gambar (A) 2. - 3. Volume kubus yang dimaksud = 343 cm3 4. - 5. Banyak air yang dibutuhkan = 2.744 liter 6. - 7. Lebar akuarium tersebut = 10 cm 8. - 9. Volume akuarium tersebut = 0,729 liter 10. - 11. Besar volum balok tersebut = 270 cm3 12. - 13. Besar perubahan volume balok itu = 0 cm Jadi, tidak terjadi perubahan volume balok 14. - 15. Waktu yang diperlukan = 200 menit atau 3 jam 20 menit 16. - 17. Banyak bangun ruang berbeda yang terbentuk ada sebanyak 8 buah 18. - Jadi, banyak kubus beton yang diperlukan = 200 + 4(199 + 198 + 197 + ... + 3 + 2 + 1) = 200 + 4 × (200 × 99 + 100) = 200 + 4×(19.900) = 200 + 79.600 = 79.800 Jadi, banyak kubus beton yang diperlukan adalah 79.800 buah kubus. 308 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru K egiatan 8.5 Menentukan Volume Prisma . Sediakan prisma \ang lengkap dengan garis bidang dan garis diagonal ruang. 2. Sediankan juga beberapa prisma padat. . Siswa dibentuk kelompok kecil siswa (seban\ak -orang
\ang memungkinkan belajar secara efektif. . Sediakan juga buku-buku teks lainn\a atau ajaklah siswa ke perpustaan atau kalau memungkinkan ajalah siswa ke laboratorium komputer. Sebelum Pelaksanaan .egiatan Memberi motivasi siswa tentang pentingnya kegunaan materi ini dalam kehidupan sehari-hari, karena banyak benda-benda dalam keseharian kita yang berbentuk prisma. Pada Kegiatan 8.2 kalian sudah mempelajari tentang luas permukaan prisma. Sedangkan pada kagiatan 5 ini kalian akan mempelajari tentang volume prisma. Coba kita ingat kembali tentang volume balok pada Kegiatan 8.4. Volume balok juga dapat dikatakan sebagai volume prisma segiempat, mengapa demikian? Ayo Kita Amati Informasikan tugas yang akan mereka kerjakan, yaitu akan mengamati kerangkan bangun prisma. Fokus pengamatan kegiatan ini adalah memperhatikan dengan teliti pada bangun prisma beserta luas, tinggi, dan volumenya pada Tabel 8.6. Ayo Kita ?? Menanya Jelaskan tugas berikutnya, yaitu membuat pertanyaan dari hasil pengamatannya Contoh Pertanyaan 1. Benarkah bahwa volume prisma setengah dari volume balok? Bagaimana kita menjelaskan? 2. Bagaimana cara menentukan luas alas prisma segienam? Kurikulum 2013 MATEMATIKA 309 =+ + Ayo Kita Menggali Informasi Kemudian ajaklah siswa untuk menggali informasi pada Tabel 8.7 dengan memahami dan memperhatikan uraian pada kolom luas alas dan volume. Berilah kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan menggali informasi. Fokuskan perhatian kepada siswa/kelompok siswa yang belum konsentrasi dalam melakukan kegiatan ini. Kemudian fokuskan juga kepada siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memahami kegiatan ini. Ajaklah siswa untuk memperkirakan kesimpulan hasil dari kegiatan menggali informasi ini. Ayo Kita Menalar Selanjutnya ajaklah siswa untuk mendiskusikan kegiatan menalar dengan menggunakan rumus volume prisma untuk mengetahui cara menemukan ukuran alas dan tinggi prisma, jika volumenya diketahui. Mintalah siswa untuk menuliskan jawaban dari hasil diskusinnya pada buku tulisnya masing-masing. Berikut alternatif penyelesaiannya No. Prisma Luas alas (La) Ukuran tinggi (t) Volume (V) 1. a c b c b a Alas t La = 12 × a × b t V = 12 × a × b × t = ( 12 × a × b) × t = La × t 310 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru No. Prisma Luas alas (La) Ukuran tinggi (t) Volume (V) 2. p p Alas l t La = p × l t V = p × l × t = (p × l) × t = La × t 3 a t alas a a a a a a a a La = 6 × ( 12 × a × 2a 3 ) = 6 × ( a4 2 3 ) = 32 × a2 3 t V = 6 × 12 × a × a 2 3 × 30 = 6 × ( 12 × a × a 2 3 ) × 30 = 6 × ( a4 2 3 ) × 30 = ( 32 × a2 3 ) × 30 = La × t Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa rumus volume prisma adalah sebagai berikut. 9olume prisma luas alas î tinggi prisma Kurikulum 2013 MATEMATIKA 311 Nomor 2 Tidak selalu demikian, karena bangun prisma sangat banyak sekali bentuknya bergantung pada bentuk alas prisma tersebut. Memang pada Gambar 1.a dan 1.b merupakan bagian setengah dari gambar 1, akan tetapi uraian tersebut menginformasikan kepada kita bahwa volume prisma bergantung pada bentuk dan ukuran alas dari prisma tersebut, sehingga volume prisma merupakan hasil perkalian dari luas alas prisma dengan tinggi prisma tersebut. begitujuga dengan Gambar 2.a dan 2.b. Nomor 3 Diketahui, volume prisma = 144 cm3 = luas alas u tinggi Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengasumsikan bahwa nilai atau satuan luas alas, tinggi, dan ukuran alas merupakan bilangan bulat atau akar. Hal ini dilakukan untuk membatasi ukuran satuan tersebut agar tidak terlalu banyak kemungkinan jawaban yang diinginkan. Langkah kedua yang dilakukan adalah mencari faktor-faktor dari 144 cm3, yaitu: 1, 2, 3, 4, 6, 8, 9, 12, 16, 18, 24, 36, 48, 72, dan 144. Langkah ketiga mencari ukuran alas segitiga siku-siku untuk setiap pasangan faktor dari 144, misalkan luas alasnya 24cm2 dan tinggi 6 cm. Bentuk alas prisma Tinggi prisma Luas alas prisma Ukuran alas prisma Segitiga siku-siku 6 24 48, 1, 2.305 24, 2, 580 16, 3, 265 12, 4, 160 8, 6, 10 Coba temukan ukuran alas yang lainnya berdasarkan setiap pasangan faktor dari 114. Ayo Kita Berbagi Informasikan kepada siswa untuk mendikusikannya secara klasikal, dimana dalam kegiatan ini guru meminta salah satu kelompok
Sumber: buku mtk kelas 8
Post a Comment for "KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2 halaman 102 103 bab 3"