Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2 halaman 102 103 bab 3

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2 halaman 102 103 bab 3 relasi dan fungsi, jawaban mtk kelas 2 smp bab 3 halaman 102 103 ayo kita berlatih 3.2. dukung saya dengan cara membangkitkan arti kawan yang dibuat ini dan jangan lupa untuk berlangganan di blog kami ini karena berlangganan itu gratis gak perlu bayar taspada artikel kali ini kami akan memberikan sebuah pembahasan yang sangat penting bagi adek-adek sekalian.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2 halaman 102 103 bab 3
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2 

 di mana kali ini kami akan membahas mengenai kunci jawaban dari bab......  kagak menyadari bahwa tanya kunci jawaban sangatlah penting bagi adik sekalianhalo teman-teman selamat datang di blog kami ini kali ini gue akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang dunia pendidikan yaitu kali ini kakak akan membagikan sebuah kunci jawaban yang menurut kakak sangat penting bagi teman-teman sekalian.

  1. Kunci jawaban PAI kelas 8
  2. Kunci jawaban MTK kelas 8
  3. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  4. Kunci jawaban IPA kelas 8
  5. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  6. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8

 kakak mengetahui bahwasanya kunci jawaban ini sangatlah penting bagi seorang pelajar hal ini memang tak perlu dipungkiri bahwasanya kakak dulu juga sering mencari kunci jawaban di situs seperti dia situs terpercaya tumbuh google.

 karena kakak sudah mengalami masa pendidikan oleh karena itu kakak ingin membuat sebuah artikel yang mempermudah bagi pelajar dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.sekolah merupakan hal yang memang sangat penting bagi pelajar, dimana di sekolah banyak sekali pelajaran pelajaran yang diajarkan oleh guru kepada seorang pelajar, hal ini biasanya membuat seorang pelajar ada beberapa pelajar yang pelajaran yang tidak mereka sukai atau tidak mereka inginkan.

Kunci Jawaban MTK Kelas 8

 salah satu pelajaran yang menurut saya dari saya sendiri memang saya kurang menyukai yaitu pelajaran bahasa inggris namun bahasa inggris sangatlah penting untuk dipelajari hal ini memang di dunia bahasa yang umum adalah bahasa inggris.

  1. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
  2. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2
  3. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.3
  4. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.4
  5. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
  6. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 1
  7. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1
  8. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2
  9. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3
  10. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2
  11. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1
  12. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
  13. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
  14. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
  15. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3

 oleh karena itu kakak pada hari ini akan membahas seluruh jawaban dari buku siswa kelas 10 bahasa inggris yang dimana teman-teman bisa menulis jawaban yang telah kakak berikan ini supaya supaya temen-temen tidak perlu kebingungan dalam mencari jawaban seperti kakak dulu.

Kunci Jawaban MTK Kelas 8  Ayo Kita Berlatih 3.2

 kakak harap dengan adanya pembahasan kunci jawaban bahasa inggris kelas 10 ini dapat memberikan ataupun dapat mempermudah adik-adik dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru disini kakak akan membahas seluruh sampai tuntas sampai pokoknya sampai habis dari tugas-tugas yang ada di buku ini oleh karena itu adik adik kakak harap untuk berlangganan di blog ini kerap berlangganan itu gratis tidak perlu bayar.

Ayo kita berlatih

1. Perhatikan aturan sandi di bawah ini. Tulislah arti pesan sandi berikut. a. gkqfuzxqax qrqsqi uxkxax atzoaq ro kxdqi b. uxkxax qrqsqi gkqfuzxqax ro ltagsqi
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2 halaman 102 103 bab 3
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2 
Kunci Jawaban :
a) ORANG TUAKU ADALAH GURUKU KETIKA DI RUMAH
b) GURUKU ADALAH ORANG TUAKU KETIKA DI SEKOLAH
c) lqnq qfqa ofrgftloq
d) dqztdqzoaq qrqsqi qtiorxhqfax

2. Diketahui P = {1, 2, 3, 4, 6} dan Q = {2, 4, 6, 8, 10, 12}. 
Kunci Jawaban :
a. (1,2), (2,4), (3,6), (4,8), (6,12) 
b. (4,2)

3. Misalkan A = {1, 2, 3, 4, 5} dan B = {2, 3, 5, 7}.
Kunci Jawaban :
Bukan, karena anggota A memiliki lebih dari 1 pasangan dengan B.
Fungsi adalah memasangkan anggota A tepat satu dengan B

4. Misalkan A = {3, 4, 6, 8, 9, 12, 14, 18}, dan B = {1, 6, 9}. 
Kunci Jawaban :
Bukan, karena syarat fungsi adalah memasangkan setiap anggota A dengan tepat satu anggota B. tepat satu artinya tidak boleh dari dan tidak boleh kurang dari satu.

5. Diketahui himpunan A adalah himpunan kuadrat sempurna antara 1 sampai dengan 100 dan himpunan B adalah himpunan bilangan kelipatan tiga antara 1 sampai dengan 100. 
Kunci Jawaban :
a) A={4,9,16,25,36,49,64,81} B={3,6,9,12,15,18,…,99}
b){(9,81)}
c) Bukan, karena masih ada beberapa anggota A yang tidak memiliki pasangan.
d) Domain : A={4,9,16,25,36,49,64,81} ; Kodomain : B={3,6,9,12,15,18,…,99} ; Daerah hasil : {(9,81)}. Jadi, relasi yg menghubungkan A ke B adalah akar dari (9,81)

6. Tuliskan sebuah contoh fungsi yang terjadi dalam kehidupan seharihari dan nyatakan dalam bentuk pasangan berurutan. 
Kunci Jawaban :
Contoh fungsi yang terjadi sehari-hari adalah Negara dengan Ibukotanya.
Negara : (Indonesia, Malaysia, India, Amerika Serikat)
Ibukota nya: (Jakarta, Kuala Lumpur, New Delhi, Washington DC)
Himpunan berurutan dengan Relasi negara dengan ibukotanya : {(Indonesia, Jakarta), (Malaysia, Kuala Lumpur), (India, New Delhi), (Amerika Serikat, Washington DC)}.

7. Diketahui P = {Malang, Surabaya, Semarang, Bandung, Jakarta, Denpasar, Sumenep} dan Q = {Jatim, Jateng, Jabar, Bali} 
Kunci Jawaban :
a) Himpunan pasangan berurutan dari P ke Q dengan relasi "Ibukota Provinsi" adalah R = {(Surabaya, Jatim), (Semarang, Jateng), (Bandung, Jabar), (Denpasar, Bali)}
b) Himpunan pasangan berurutan dari P ke Q dengan relasi "Kota di Provinsi" adalah R = {(Malang, Jatim), (Surabaya, Jatim), (Semarang, Jateng), (Bandung, Jabar), (Denpasar, Bali), (Sumenep, Jatim)}

8. Diketahui K = {3, 4, 5, 6} dan L = {4, 5, 6, 7}. 
Kunci Jawaban :
Aturan 1)
Relasi "faktor dari" Himpunan pasangan berurutan adalah {(3, 6), (4, 4), (5, 5), (6, 6)}
Aturan 2)
Relasi "kurang dari" Himpunan pasangan berurutan adalah {(3, 4), (4, 5), (5, 5), (6, 7)}.

9. Diketahui K = {p, q} dan L = {2, 3, 4} 
Kunci Jawaban :
a) Himpunan pasangan berurutan yang dimaksud
= {(p, 2), (q, 2)}
= {(p, 2), (q, 3)}
= {(p, 2), (q, 4)}
= {(p, 3), (q, 3)}
= {(p, 3), (q, 2)}
= {(p, 3), (q, 4)}
 = {(p, 4), (q, 2)}
= {(p, 4), (q, 3)} = {(p, 4), (q, 4)}
b) Banyak fungsi yang mungkin ada 9

10. Buatlah dua himpunan yang relasinya adalah faktor dari.
Kunci Jawaban :
Himpunan A  =  (2, 3, 5, 7, 9)
Himpunan B = (21, 25, 27, 45) 
Relasi "faktor dari" Himpunan pasangan terurut adalah : {(3,21) , (5,25) , (5,45), (7,21), (9,27), (9,45)}

 kakak mengetahui bahwasanya kunci jawaban yang tepat dan benar sangatlah penting bagi adek-adek hal ini memang tak perlu dipungkiri bahwasanya nilai yang diperoleh dari nilai tugas.

Rangkuman MTK kelas 8 bab 3

 untuk itu kakak telah membaca dan memahami soalnya terlebih dahulu baru lah kakak berusaha menjawab soal-soal tersebut secara maksimal dan kakak yakin jika adek-adek menggunakan kunci jawaban bahasa inggris yang sa kakak buat ini kakak-kakakan kakak meyakini bahwa adek-adek akan mendapatkan nilai yang begitu besar.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2 halaman 102 103 bab 3
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2 

q100 6 3,14 31,4 25 12 31,4 31, b) 1 520 1 2 260 2 3 130 4 4 104 5 5 65 8 6 52 10 7 40 13 8 26 20   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 301  No Nama   Bangun Model Bangun  Katerangan  (Luas alas 260 cm2) Luas Ukuran  Trapesium  a + b: sebanyak dua  bilangan yang hasil  jumlahnya adalah 2, 4, 5,  8, 10, 13, 20, 26, 40, 52,  65, 104, 130, dan 260. Coba temukan. Sebanyak 16  kemungkinan, yakni: ....  5.  Belah Ketupat  a a  a a  2  1 × '1 × '2     Luas alas = 260 cm2 '1 × '2 = 520 No. ' D2 1 520 1 2 260 2 3 130 4 4 104 5 5 65 8 6 52 10 7 40 13 8 26 20 Atau sebaliknya Coba temukan.  6.  Layang-layang  a  b 2  1 × '1 × '2     sama dengan nomor 5  Dengan cara mengurangi luas permukaan prisma dengan luas sisi tegak, kemudian  temukan bentuk bangun datar apakah alasnya yang mungkin. cobalah.   302 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  Ayo Kita Berbagi  Mintalah siswa untuk untuk menukarkan hasil karyanya dengan kelompok yang  lain, dan pastikan kelompok tersebut memahami apa yang harus dilakukan. Pantau  bagaimana siswa mengerjakan tugasnya.  Ayo Kita  !  ?  !  ?  Berlatih 8.3  Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 8.3 Tanda (-) sebagai latihan  1. -  2. Panjang kawat paling sedikit yang diperlukan = 160 cm 3. -  4. - 5. D. Luas seluruh permukaan limas = 1.536 cm2 6. - 7. -  8. Salah satu kemungkinan luas seluruh bidang tegak limas tersebut = 60 cm2 9. - 10. Salah satu kemungkinan panjang sisi alas = 10 cm dan   tinggi limas tersebut = 12 cm 11. - 12. Luas permukaan limas = (150 + 50 3 ) cm2  Luas permukaan potongan bagan atas = (450 + 50 3 ) cm2   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 303  Menentukan Volume  K egiatan 8.4 Kubus dan Balok  . Sediakan kerangka kubus, balok, prisma, dan limas \ang lengkap dengan  garis bidang, garis diagonal ruang. 2. Sediankan juga beberapa bangun kubus, balok, prism dan limas padat. . Siapkan beberapa macam kerangka bangun ruang kubus, balok, prisma, dan  limas beserta bangun ruang \ang padat. . -ika memungkinkan sediakan slide PowerPoint gambar seperti pada kegiatan  $\o .ita Menggali Informasi dan $\o .ita %ernalar. . Siswa dibentuk kelompok kecil siswa (seban\ak -orang\ang  memungkinkan belajar secara efektif.  Sebelum Pelaksanaan .egiatan  Guru memberikan gambaran awal tentang volume kubus dan balok yang terdapat pada  Masalah 8.4. Siswa diberikan beberapa pertanyaan-pertanyaan tentang menyusun  suatu objek disusun dengan susunan yang rapi.  Contoh:  (1) Berapakah kubus satuan yang dibutuhkan untuk mengisi balok hingga penuh? (2) Apakah banyak kubus satuan yang memenuhi balok hingga penuh merupakan  volume balok? (3) Bagaimanakah dengan volume kubus pada Gambar 8.16b?  Ayo Kita Amati Informasikan tugas yang akan mereka Amati, yaitu akan mengamati susunan kubus  yang disusun ke atas dan yang disusun mendatar: maksimal 10 menit untuk mengamati  Tabel 8.4a dan 8.4b. Berilah motivasi kepada siswa untuk mengamati model susunan kubus.  Ayo Kita  ?? Menanya Jelaskan tugas berikutnya, yaitu membuat pertanyaan; pada kegiatan ini siswa  berperan sebagai orang lain, yaitu mengira-ngira pertanyaan apa yang akan diajukan  ketika ia belum tahu cara menentukan pola susunan kubus tersebut.   304 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  Contoh pertanyaan: 1. Kenapa volume gambar 1 dan 2 sama, padahal posisinya berbeda?  2. Bagaimana menentukan alasnya dari kedua bangun tersebut?  =+  +  Ayo Kita Menggali Informasi  Kemudian ajaklah siswa untuk menggali informasi pada Tabel 8.5a dan 8.5b dengan  memahami dan memperhatikan susunan kubus dan ukuran yang diketahui.  Ayo Kita Menalar Selanjutnya ajaklah siswa untuk mendiskusikan kegiatan menalar tentang susunan  kubus-kubus yang terdapat pada Gambar 8.18 di buku siswa dan dengan menggunakan  rumus volume kubus untuk mengetahui banyak kubus beton yang diperlukan pada  Gambar 8.19. Minta siswa untuk menuliskan jawaban dari hasil penalarannya. Berikut alternatif penyelesaiannya Tabel Volume Kubus  No. Kubus  Banyak  kubus  satuan  Ukuran satuan (p × l × t)  Volume  (V)  1.  s  s  s  Ada s3  kubus s × s × s = s3  V = s3  satuan  kubik  Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa rumus volume kubus  adalah sebagai berikut. 9olume kubus   s Keterangan: s: panjang sisi kubus   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 305  Tabel Volume Balok  No. Balok  Banyak  kubus  satuan  Ukuran satuan (p × l × t) Volume (V)  2.  p  l  t  Ada n  kubus p î l î t  V = (p × l × t)  satuan kubik  Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa rumus volume balok  adalah sebagai berikut.  9olume balok   p î l î t  Keterangan: n : hasil perkalian dari  p î l î t p : panjang balok l : lebar balok t : tinggi balok  2. Banyak susunan kubus dari atas = 6 × 7 + 7 × 6 + 5 × 5 + 6 × 4 + 6 × 3 + 2 × 2 + 3 × 1  = 42 + 42 + 25 + 24 + 18 + 4 + 3  = 158 Banyak susunan kubus dari atas adalah sebanyak 158 buah kubus.  Ayo Kita Berbagi  Informasikan kepada siswa untuk menukarkan hasil pekerjaannya dengan teman  sebangkunya, kemudian diskusikanlah. Periksalah hasil pekerjaan siswa, apakah  sudah benar sesuai dengan kaidah matematika? Jika tidak berilah pemahaman konsep  yang benar atau jika ada yang sudah benar pada kelompok siswa, mintalah kepada  kelompok tersebut untuk membahasannya di depan kelas.   306 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  Sedikit Informasi  Berikutnya informasikan kegiatan selanjutnya, yaitu memahami informasi tentang  permasalahan yang sudah disediakan pada buku siswa tersebut, yaitu contoh beserta  jawabannya. Kemudian ajaklah siswa untuk menggali informasi tentang susunan  kubus-kubus yang terdapat pada gambar di buku siswa.  Ayo Kita Mencoba  Ajaklah siswa untuk mengerjakan soal yang terdapat pada kegiatan Ayo Kita  Mencoba. Pada kegiatan ini, berilah motivasi kepada siswa untuk megerjakan  sungguh-sungguh. Contoh motivasi: bagi siswa yang bisa dapat mengerjakan dan  menjelaskan kepada teman-temannya yang lainnya di depan kelas, maka nilai  ketrampilannya akan mendapatkan nilai 100. Berilah kesempatan kepada siswa  untuk mengerjakan soal tersebut secara mandiri. Perhatikan siswa yang sedang  mengerjakan soal tersebut, khususnya pada siswa yang kemampuannya dibawah  rata-rata, datangilah dia. Menurut informasi dari soal, maka dapat dibuat pola sebagai berikut: Apabila ada 1 kubus, berarti tingginya 1 × 10 cm  Ÿ maka lapisan semennya ada 0  Apabila ada 2 kubus, berarti tingginya 2 × 10 cm  Ÿ maka lapisan semennya ada 1 Apabila ada 3 kubus, berarti tingginya 3 × 10 cm  Ÿ maka lapisan semennya ada 2 Apabila ada 4 kubus, berarti tingginya 4 × 10 cm  Ÿ maka lapisan semennya ada 3 Apabila ada 5 kubus, berarti tingginya 5 × 10 cm  Ÿ maka lapisan semennya ada 4 ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... Apabila ada n kubus, berarti tingginya n × 10 cm Ÿ maka lapisan semennya ada (n – 1)  Sehingga suku ke-n adalah Un = 10n + (n – 1) ŸUn = 11n – 1 Kerena pada pertanyaan soal di ketahui tinggi tugu yang diinginkan adalah 21,99 m atau  2.199 cm, artinya adalah Un = 2.199, dengan demikian dapat ditentukan banyaknya  kubus, yaitu:  Un = 11n – 1   2.199 = 11n – 1   11n = 2.200  n = 200   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 307  Ayo Kita  !  ?  !  ?  Berlatih 8.4  Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 8.4 Tanda (-) sebagai latihan  1. Yang memiliki volume yang berbeda dari yang lain adalah Gambar (A) 2. -  3. Volume kubus yang dimaksud = 343 cm3 4. - 5. Banyak air yang dibutuhkan = 2.744 liter 6. - 7. Lebar akuarium tersebut = 10 cm 8. - 9. Volume akuarium tersebut = 0,729 liter 10. - 11. Besar volum balok tersebut = 270 cm3 12. - 13. Besar perubahan volume balok itu = 0 cm   Jadi, tidak terjadi perubahan volume balok 14. - 15. Waktu yang diperlukan = 200 menit atau 3 jam 20 menit 16. - 17. Banyak bangun ruang berbeda yang terbentuk ada sebanyak 8 buah 18. -  Jadi, banyak kubus beton yang diperlukan = 200 + 4(199 + 198 + 197 + ... + 3 + 2 + 1)   = 200 + 4 × (200 × 99 + 100)   = 200 + 4×(19.900)   = 200 + 79.600   = 79.800 Jadi, banyak kubus beton yang diperlukan adalah 79.800 buah kubus.   308 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  K egiatan 8.5 Menentukan Volume Prisma  . Sediakan prisma \ang lengkap dengan garis bidang dan garis diagonal ruang. 2. Sediankan juga beberapa prisma padat. . Siswa dibentuk kelompok kecil siswa (seban\ak -orang 

 \ang  memungkinkan belajar secara efektif. . Sediakan juga buku-buku teks lainn\a atau ajaklah siswa ke perpustaan atau  kalau memungkinkan ajalah siswa ke laboratorium komputer.  Sebelum Pelaksanaan .egiatan  Memberi motivasi siswa tentang pentingnya kegunaan materi ini dalam kehidupan  sehari-hari, karena banyak benda-benda dalam keseharian kita yang berbentuk  prisma. Pada Kegiatan 8.2 kalian sudah mempelajari tentang luas permukaan prisma.  Sedangkan pada kagiatan 5 ini kalian akan mempelajari tentang volume prisma. Coba  kita ingat kembali tentang volume balok pada Kegiatan 8.4. Volume balok juga dapat  dikatakan sebagai volume prisma segiempat, mengapa demikian?  Ayo Kita Amati Informasikan tugas yang akan mereka kerjakan, yaitu akan mengamati kerangkan  bangun prisma. Fokus pengamatan kegiatan ini adalah memperhatikan dengan teliti  pada bangun prisma beserta luas, tinggi, dan volumenya pada Tabel 8.6.  Ayo Kita  ?? Menanya Jelaskan tugas berikutnya, yaitu membuat pertanyaan dari hasil pengamatannya Contoh Pertanyaan 1. Benarkah bahwa volume prisma setengah dari volume balok? Bagaimana kita  menjelaskan? 2. Bagaimana cara menentukan luas alas prisma segienam?   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 309  =+  +  Ayo Kita Menggali Informasi  Kemudian ajaklah siswa untuk menggali informasi pada Tabel 8.7 dengan memahami  dan memperhatikan uraian pada kolom luas alas dan volume. Berilah kesempatan  kepada siswa untuk melakukan kegiatan menggali informasi. Fokuskan perhatian  kepada siswa/kelompok siswa yang belum konsentrasi dalam melakukan kegiatan  ini. Kemudian fokuskan juga kepada siswa yang masih mengalami kesulitan dalam  memahami kegiatan ini. Ajaklah siswa untuk memperkirakan kesimpulan hasil dari  kegiatan menggali informasi ini.  Ayo Kita Menalar  Selanjutnya ajaklah siswa untuk mendiskusikan kegiatan menalar dengan  menggunakan rumus volume prisma untuk mengetahui cara menemukan ukuran  alas dan tinggi prisma, jika volumenya diketahui. Mintalah siswa untuk menuliskan  jawaban dari hasil diskusinnya pada buku tulisnya masing-masing. Berikut alternatif penyelesaiannya No. Prisma Luas alas (La) Ukuran   tinggi (t) Volume (V)  1.  a  c  b  c  b a  Alas  t  La = 12 × a × b t V = 12 × a × b × t  = ( 12 × a × b) × t       = La × t   310 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  No. Prisma Luas alas (La) Ukuran   tinggi (t) Volume (V)  2.  p  p  Alas l  t  La = p × l t V = p × l × t  = (p × l) × t      = La × t  3  a  t  alas  a  a  a  a  a  a  a  a  La = 6 × ( 12 × a × 2a 3 ) = 6 × ( a4  2  3 )  = 32 × a2 3  t V  = 6 × 12 × a ×  a 2 3 × 30 = 6 × ( 12 × a ×   a 2 3 ) × 30 = 6 × ( a4  2  3 ) ×   30 = ( 32 × a2 3 ) × 30 = La × t  Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa rumus volume prisma  adalah sebagai berikut.  9olume prisma   luas alas î tinggi prisma   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 311  Nomor 2 Tidak selalu demikian, karena bangun prisma sangat banyak sekali bentuknya  bergantung pada bentuk alas prisma tersebut. Memang pada Gambar 1.a dan  1.b merupakan bagian setengah dari gambar 1, akan tetapi uraian tersebut  menginformasikan kepada kita bahwa volume prisma bergantung pada bentuk dan  ukuran alas dari prisma tersebut, sehingga volume prisma merupakan hasil perkalian  dari luas alas prisma dengan tinggi prisma tersebut. begitujuga dengan Gambar 2.a  dan 2.b. Nomor 3 Diketahui, volume prisma = 144 cm3  = luas alas u tinggi Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengasumsikan bahwa nilai  atau satuan luas alas, tinggi, dan ukuran alas merupakan bilangan bulat atau  akar. Hal ini dilakukan untuk membatasi ukuran satuan tersebut agar tidak  terlalu banyak kemungkinan jawaban yang diinginkan. Langkah kedua yang dilakukan adalah mencari faktor-faktor dari 144 cm3,  yaitu: 1, 2, 3, 4, 6, 8, 9, 12, 16, 18, 24, 36, 48, 72, dan 144. Langkah ketiga mencari ukuran alas segitiga siku-siku untuk setiap pasangan  faktor dari 144, misalkan luas alasnya 24cm2 dan tinggi 6 cm. Bentuk alas  prisma  Tinggi  prisma  Luas alas  prisma Ukuran alas prisma  Segitiga  siku-siku 6 24  48, 1, 2.305 24, 2, 580 16, 3, 265 12, 4, 160 8, 6, 10 Coba temukan ukuran alas yang lainnya berdasarkan setiap pasangan faktor dari 114.  Ayo Kita Berbagi Informasikan kepada siswa untuk mendikusikannya secara klasikal, dimana dalam  kegiatan ini guru meminta salah satu kelompok 

Sumber: buku mtk kelas 8


Post a Comment for "KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2 halaman 102 103 bab 3"