KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3 halaman 114 115 116 bab 3
![]() |
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3 |
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
Kunci Jawaban MTK Kelas 8
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3
Kunci Jawaban MTK Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
Ayo kita berlatih
Kunci Jawaban :a) Fungsi "Kuadrat dari"b) Lihat pada gambarc) Rumusnya adalah f(x) = √xd) Lihat pada gambare) Lihat pada gambar
Kunci Jawaban :Daerah hasilnya = {f(x) | –11 < f(x) ≤ 17, x ∈ R}
Kunci Jawaban :Diketahui fungsi f(x) = ax + b, sehinggaf(-1) = 2 ⇔ 2 = a(-1) + b ⇔ 2 = -a + b ... (1)f(2) = 11 ⇔ 11 = a(2) + b ⇔ 11 = 2a + b ... (2)Kedua persamaan kita eliminasi b, diperoleh2 = -a + b11 = 2a + b_________--9 = -3aa = 3Nilai a = 3 kita substitusikan ke persamaan (1), diperoleh2 = -a + b2 = -3 + bb = 2 + 3b = 5Jadi, rumus fungsinya f(x) = 3x + 5.
Kunci Jawaban :a) h(6) = -5(6) + 9h(6) = -30 + 9h(6) = -21b) h(x) = ax + 9h(3) = 3a + 9-6 = 3a + 93a = -6 - 93a = -15a = -5Jadi, rumus fungsi adalah h(x) = -5x + 9.c) h(x) = -5x + 9-5x + 9 > 0-5x > -9x < 9/5Jadi, nilai elemen domain yang hasilnya positif adalah 9/5.
Kunci Jawaban :a) Nilai a = 2 dan b = –3b) Persamaan fungsi tersebut adalah f(x) = 2x – 3
- Diketahui persegi panjang ABCD. Terdapat titik P sedemikian sehingga PC = 8 cm, PA = 6 cm, dan PB = 10 cm. Dapatkah kalian menentukan jarak titik P ke D? Bagaimana kalian menemukannya?
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 6.3 Halaman 31 32 Semester 2
- 1. Manakah di antara kelompok tiga bilangan berikut yang membentuk segitiga siku-siku, segitiga lancip, dan segitiga tumpul? a. 13, 9, 11 b. 8, 17, 15
Kunci Jawaban :f(x) = ax + bf(2) = -2-2 = 2a + bf(3) = 1313 = 3a + b2a + b = -23a + b = 13________ --a = -15a = 152(15) + b = -230 + b = -2b = -32f(4) = a(4) + b= 15(4) + (-32)= 60 - 32= 28Jadi, nilai f(4) adalah 28.
Kunci Jawaban :a) Bayangan dari -3 adalah 15 dan Bayangan dari 2 adalah 0b) Nilai a adalah 5
Kunci Jawaban :a) Banyaknya pemetaan dari A ke B = 16.384b) Banyaknya pemetaan dari B ke A = 2.401
Kunci Jawaban :a). (0,0), (1,1), (2,2), (1/2 , 1/2), (4/7 , 4/7)
Kunci Jawaban :f(2.016) = 2 / 2.017
Kunci Jawaban :a) volume air dalam bak mandi sebelum air dialirkan adalah 5 literb) volume air dalam bak mandi setelah 15 manit adalah 95 liter
Kunci Jawaban :a) Karena, setiap anggota himpunan A dapat memetakan satu ke anggota himpunan B.b) Karena, anggota A hanya dapat memetakan satu anggotanya ke anggota himpunan B.
kakak mengetahui bahwasanya kunci jawaban yang tepat dan benar sangatlah penting bagi adek-adek hal ini memang tak perlu dipungkiri bahwasanya nilai yang diperoleh dari nilai tugas.
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.5 halaman 11
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.7 halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 15
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 21
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.12
Rangkuman MTK kelas 8 bab 3
untuk itu kakak telah membaca dan memahami soalnya terlebih dahulu baru lah kakak berusaha menjawab soal-soal tersebut secara maksimal dan kakak yakin jika adek-adek menggunakan kunci jawaban bahasa inggris yang sa kakak buat ini kakak-kakakan kakak meyakini bahwa adek-adek akan mendapatkan nilai yang begitu besar.
yang ada untuk mempresentasikan hasil penyelesaiannya di depan kelas secara bergantian, salah satu kelompok siswa mempresentasikannya jawaban dari hasil dikusinya. 312 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Sedikit Informasi Informasikan kegiatan selanjutnya, yaitu memahami sedikit informasi yang terangkum dalam contoh soal beserta penyelesaiannya. Kemudian siswa diajak untuk menggali informasi tentang permasalahan yang sudah disediakan pada buku siswa. Ayo Kita Mencoba Informasikan kepada siswa bahwa tugas berikutnya adalah kegiatan mencoba pada masalah lain tentang bentuk aljabar, yiatu disediakan sebanyak 3 soal pada buku siswa untuk dikerjakan secara mendiri. Berilah kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan ketiga soal tersebut. Pada saat siswa sedang mencoba untuk mengerjakan soal tersebut, berkelilinglah di sekitar siswa secara bergantian untuk memantau mereka dan berilah penilaian. “Jika pada kegiatan Ayo Kita Mencoba tidak memungkinkan dilakukan di sekolah, buatlah menjadi tugas rumah untuk didiskusikan pada pertemuan berikutnya”. Ayo Kita ! ? ! ? Berlatih 8.5 Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 8.5 Tanda (-) sebagai latihan 1. - 2. Volume prisma tersebut = 2.880 cm3 3. - 4. Perbandingan volume prisma $ dan prisma % = 3 : 1 5. - 6. Volume prisma tersebut = 2.400 cm3 7. Tinggi air pada kaleng berbentuk prisma = 5 dm 8. Luas permukaan prisma tersebut = 600 dm2 9. - Kurikulum 2013 MATEMATIKA 313 K egiatan 8.6 Menentukan Volume Limas . Sediakan kerangka limas dan limas padat. 2. Siswa dibentuk kelompok kecil siswa (seban\ak -orang\ang memungkinkan belajar secara efektif. . Sediakan juga buku-buku teks lainn\a atau ajaklah siswa ke perpustaan atau kalau memungkinkan ajalah siswa ke laboratorium komputer ketika kegiatan $\o .ita Menalar. Sebelum Pelaksanaan .egiatan Guru memberikan gambaran awal tentang volume limas yang terdapat pada Kegiatan 8.6. Siswa diberikan beberapa pertanyaan-pertanyaan tentang menemukan rumus luas permukaan prisma. Contoh: 1) Coba perhatikan kubus pada gambar berikut yang keempat diagonal ruangnya saling berpotongan pada satu titik. 2) Terbentuk bangun apakah antar sisi dengan perpotongan diagonal ruang kubus? 3) Bagaiamana cara membuktikan bahwa volume limas juga merupakan volume bagian dari volume kubus? 4) Bagaiamana cara menurunkan rumus volume kubus menjadi rumus volume limas? 5) Apakah limas memang merupakan bagian dari kubusknya? 6) Apkah hubungan antara limas dengan kubus? Ayo Kita Amati Informasikan tugas yang akan siswa kerjakan, yaitu akan mengamati kerangka bangun kubus yang dilengkapi dengan diagonal-diagonal ruang. Fokus pengamatan kegiatan ini adalah memperhatikan dengan teliti pada bangun kubus, diagonal kubus beserta bangun limas yang terbentuk beserta luas alas kubus, tinggi, dan volumenya pada Tabel 8.8a. Kemudian fokus pengamatan yang kedua adalah memperhatikan dengan teliti pada bangun kubus, diagonal sisi, dan diagonal ruang kubus beserta bangun limas yang terbentuk beserta luas alas kubus, tinggi, dan volumenya pada Tabel 8.8b. 314 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Ayo Kita ?? Menanya Jelaskan tugas berikutnya, yaitu membuat pertanyaan dari hasil pengamatannya. Contoh Pertanyaan: 1. Kenapa volume limas dapat diperoleh dari volume kubus? Bisakah dengan cara lain? 2. Benarkan bahwa volume limas sepertiga volume kubus? =+ + Ayo Kita Menggali Informasi Kemudian ajaklah siswa untuk menggali informasi pada Tabel 8.9a dan 8.9b dengan memahami dan memperhatikan uraian pada kolom luas alas dan volume. Ayo Kita Menalar Ajaklah siswa untuk mendiskusikan beberapa kasus yang terdapat pada kegiatan menalar dengan menggunakan rumus volume limas untuk mengetahui cara menemukan volume bangun baru pada kubus yang salah satu bangian sudutnya dipotong memebentuk limas. Ajaklah siswa untuk melengkapi dan menyimpulkan hasil dari kegiatan tersebut pada Tabel 8.9a dan 8.9b. Mintalah siswa untuk menuliskan jawaban dari hasil diskusinya. Berikut alternatif penyelesaiannya No. Limas ABCDT Luas alas (La) Tinggi (t) Volume (Vl) 1. A 2a B C D E F H G 2a 2a a /a 2a î 2a t = a Vk = 6 × Vl (2a)3 = 6 × Vl Vl = (2a)3 = (2a × 2a) × 2a = 13 × La × a = 13 × La × t Kurikulum 2013 MATEMATIKA 315 No. Limas ABCDT Luas alas (La) Tinggi (t) Volume (Vl) 2. $ a a a % C ' E ) + G /a a î a t = a Vk = 3 × Vl (a)3 = 3 × Vl Vl = (a)3 = (a × a) × a = 13 × La × a = 13 × La × t Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa rumus volume limas adalah sebagai berikut. 9olume /imas 13 î /uas alas î 7inggi /imas 2. Misalkan panjang sisi kubus 10 cm diketahui volume kubus = (30)3 = 27.000 perhatikan potongan limasnya berikut Volume limas = 13 u luas alas u t = 13 u ( 12 u u ) u 30 = 5 u u Volume bangun baru = volume kubus – volume limas = 27.000 – 4.500 = 22.500 Jadi volume bangun baru adalah 22.500. Ayo Kita Berbagi Informasikan kepada siswa untuk mendikusikannya dalam kelompoknya masing- masing. Pantau bagaimana mereka mengerjakan tugasnya. 30 316 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Sedikit Informasi Informasikan kegiatan selanjutnya, yaitu memahami contoh soal beserta penyelesaiannya. Kemudian ajaklah siswa untuk menggali informasi tentang permasalahan yang sudah disediakan pada buku siswa. Ayo Kita Mencoba Ajaklah siswa untuk mengerjakan soal yang terdapat pada kegiatan ayo kita mencoba. Ayo Kita ! ? ! ? Berlatih 8.6 Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 8.6 Tanda (-) sebagai latihan 1. Volume limas = 8.064 cm2 2. - 3. Luas seluruh sisi tegak limas tersebut = 135 cm2 4. - 5. - 6. - 7. D. Volume limas tersebut = 1.296 cm3 8. - 9. - 10. - 11. Volume udara yang terdapat dalam ruang atap itu = 875 m3 12. - 9olume limas tersebut
¥ cm3 14. - 15 - Kurikulum 2013 MATEMATIKA 317 Memberi motivasi siswa tentang pentingnya kegunaan materi ini dalam kehidupan sehari-hari, karena banyak benda-benda dalam keseharian kita yang berbentuk bangun ruang gabungan. Bangun ruang gabungan merupakan benda-benda nyata yang ada dalam kehidupan sehari-hari, seperti batu, wadah air kemasan, toples, tahu, lapet, teko, dan lain-lain. Benda-benda tersebut dapat diketahui luas permukaannya dan volumenya dengan menggunakan konsep mencari luas dan volume pada bangun ruang sisi datar. Masalah 8.2 Ajaklah siswa untuk memperhatikan Gambar 8.26d tepatnya pada Masalah 8.7. Siswa diberikan kesempatan untuk memikirkan tentang bagaimana cara mentukan kain yang menutupi tenda pada Gambar 8.26. Ayo Kita Amati Informasikan tugas yang akan mereka kerjakan (yaitu akan mengamati gambar-gambar atau benda-benda nyata yang sudah disediakan pada Masalah 8.7. Fokus pengamatan adalah menaksir luas permukaan dan volume benda nyata dengan menggunakan rumus yang telah dibahas pada kegiatan sebelumnya. Ajaklah siswa untuk menyimpulkan dari hasil kegiatan mengamati pada Tabel 8.6. Berilah kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan/mempresentasikan/mendemontrasikan kesimpulannya. Berilah motivasi kepada siswa yang lain untuk menanggapinya. Menentukan Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi K egiatan 8.7 Datar Gabungan . Sediakan gambar atau benda n\ata \aitu: %atu, 7oples, Piramida, dan /apet. 2. $mati dan kenali terlebih dahulu bagian-bagian dari sekolah \ang berbentuk bangun datar sisi datar tidak beraturan. . Siapkan contoh-contoh pertan\aan, misaln\a ³bagaimana kita menghitung volume jeruk" . Pikirkan kelompok-kelompok kecil siswa (-orang \ang memungkinkan belajar secara efektif . Sebelum Pelaksanaan .egiatan 318 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Ayo Kita ?? Menanya Jelaskan tugas berikutnya, yaitu membuat pertanyaan (Tuestioning). Kalau perlu modelkan salah satu pertanyaan. Sepakati satu atau dua pertanyaan dan tuliskan di papan, Suruh siswa menjalankan rencana yang telah disepakati. Contoh Pertanyaan: Bagaiamana cara menentukan luas permukaan pada toples tersebut? =+ + Ayo Kita Menggali Informasi Kemudian ajaklah siswa untuk menggali informasi pada Tabel 8.10 dengan memahami dan memperhatikan uraian pada kolom luas permukaan dan keterangan. Berilah kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan menggali informasi. Fokuskan perhatian kepada siswa/kelompok siswa yang belum konsentrasi dalam melakukan kegiatan ini. Kemudian fokuskan juga kepada siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memahami kegiatan ini. Ajaklah siswa untuk memperkiran kesimpulan hasil dari kegiatan menggali informasi ini. Kemudian ajaklah siswa untuk memahami Contoh 8.13. Bila memungkinkan sediakan kaleng yang berbentuk balok dan benda padat untuk mengilustrasikan pada Contoh 8.13. Selanjutnya guru mengajak siswa untuk memperhatikan apa yang di peragakan oleh guru atau mintalah satu atau dua siswa untuk meragakannya, yaitu dengan memperhatikan sebuah kaleng yang sudah diisi air dan isi air pada kaleng setelah dimasukkan sebuah batu. Berilah kesempatan kepada siswa untuk menentukan volume air setelah kemasukan batu dengan cara lain atau tida seperti alternatif penyelesaian yang terdapat pada buku siswa. Berilah kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan/ mempresentasikan/mendomontrasikan kesimpulannya. Berilah motivasi kepada siswa yang lain untuk menanggapinya Ajaklah siswa untuk memahami lebih jauh tentang menentukan luas dan volume bangun ruang sisi datar gabungan dengan cara memberikan tugas kepada siswa untuk menemukan contoh lain yang senada dengan Contoh 8.13. Informasikan tugas berikutnya yang akan mereka pahami terdapat pada Contoh 8.14, yaitu tentang menaksir luas permukaan dan volume benda nyata dengan menggunakan rumus yang telah dibahas sebelumnya. Kemudian, ajaklah siswa untuk menemukan benda-benda disekitarnya, misalnya wadah air kemasan. Kemudian suruhlah untuk mencari luas permukaan dan volumenya berdasarkan kegiatan Sedikit Informasi. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 319 Ayo Kita Mencoba Ajaklah siswa untuk mengerjakan dua soal pada kegiatan ayo kita mencoba secara mandiri. Berikut alternatif penyelesaiannya. 1. Perhatikan ilustrasi gambar berikut. (a) 4,5 m 6 m 10 m 0,5 m 4,5 m 6 m 10 m 0,5 m $ ) E I J + ' C G % (b) Berdasarkan ilustrasi gambar di atas, terdapat gabungan dua bentuk bangun datar yaitu bagian bawah tenda adalah balok dan bagian atas tenda adalah prisma segitiga. Kemudian kita menghitung luas permukaan dan volume masing-masing bangun datar tersebut, yakni sebagai berikut. (i) Perhatikan gambar balok berikut 6 m 10 m 0,5 m $ ) E ' C G + % Untuk menetukan luas permukaan balok tersebut kita perhatikan dulu gambar tenda (a), bahwa luas permukaan kain pada balok tersebut tanpa alas dan tutup, yakni sebagai berikut. Luas permukaan balok tanpa alas dan tutup = 2($% î $( + %C × CG) = 2(6 × 0,5 + 10 × 0,5) = 2(3 + 5) = 2(8) = 16 m2 320 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Sedangkan volume balok tersebut = p × l × t = %C × $% × CG = 10 × 6 × 0,5 = 30 m2 Perhatikan gambar prisma berikut 4,5 m 6 m 10 m ) E I J + G Untuk menetukan luas permukaan prisma tersebut kita perhatikan dulu gambar tenda (a), bahwa luas permukaan kain pada prisma tersebut luas persegi panjang ()G+, yakni sebagai berikut. Luas permukaan prisma tanpa luas ()G+ = 2 × luas segitiga ()I + 2 × luas )G-I = 2 × 12 × 6 × 4,5 + 2 × 10 × )I dengan dalil Phytagoras didapat panjang )I = 32 + ^4,5h2 = 29,25 = 12 117 Sehingga, Luas permukaan prisma tanpa luas ()G+ = 2 × 12 × 6 × 4,5 + 2 × 10 × 12 117 = 6 × 4,5 + 10 117 = (27 + 10 117) m2 Sedangkan volume prisma tersebut = Luas alas × tinggi prisma = ( 12 × 6 × 4,5) × 10 = 13,5 × 10 = 135 m2 Jadi, Luas permukaan tenda yang dimaksud adalah 16 + (27 + 10 117) = (43 + 10 117) m2 Volume tenda yang dimaksud adalah 30 + 135 = 165 m3 Kurikulum 2013 MATEMATIKA 321 2. Perhatikan ilustrasi gambar dibawah ini. Kemudian mencari pola untuk mengetahui volume limas, dengan mencari luas alasnya dari volume prisma, karena panjang sisi alasnya segi delapan maka untuk mengetahui panjang sisinya diperoleh dari pemisalan berikut. 1 satuan 1 satuan 1 satuan a a a a 2 a 2 a a a 2 Dimisalkan panjang sisi segitiga bagian titik sudut kubus adalah a satuan, sehingga yang menjadi sisi segidelapan panjangnya adalah a 2 , karena panjang sisi persegi = 1, maka 2a + a 2 = 1 Ÿ a = 2 2 1 ^ + h = 2 2 2 Selanjutnya menghitung luas segidelapan, yakni Luas segidelapan = luas persegi – 4 × luas segitiga bagian titik sudut kubus = 1 – 4 × alas segitiga × tinggi segitiga = 1 – 4 × 12 2 2 2 2 2 2 § • ¨¨ u u ¸¸ © ¹ = 1 – c4 422+2 m Luas segidelapan = 2 2 – 2 Dengan demikian, volume prisma diluar limas = volume selisih antara prisma dengan limas. Volume prisma diluar limas = volume prisma – volume limas = luas segidelapan × tinggi – 13 × luas segidelapan ×
Sumber: buku mtk kelas 8
Post a Comment for "KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3 halaman 114 115 116 bab 3"