Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3 halaman 114 115 116 bab 3

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3 halaman 114 115 116 bab 3 relasi dan fungsi semester 1, jawaban mtk kelas 2 smp halaman 114 115 116 ayo kita berlatih 3.3. Oke teman-teman Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit mengenai artikel tentang pendidikan, topik ini saya ambil karena saya melihat banyaknya sekali parah siswa-siswi yang mencari kucci jawaban dari situs-situs
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3 halaman 114 115 116 bab 3
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3 

 sekolah merupakan salah satu kegiatan untuk mencari ilmu pengetahuan di mana di sekolah banyak sekali pelajaran pelajaran yang diajarkan oleh guru kepada siswa-siswi nya dimana di dalam pelajaran ada hal yang wajib dikerjakan oleh seorang siswa dan siswi.salah satu hal yang wajib dikerjakan oleh siswa-siswi adalah mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru di mana dalam hal ini tugas merupakan salah satu penilaian dari guru untuk menentukan nilai rapot.
  1. Kunci jawaban PAI kelas 8
  2. Kunci jawaban MTK kelas 8
  3. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  4. Kunci jawaban IPA kelas 8
  5. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  6. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
 salah satu pelajaran yang diajarkan oleh guru pada saat ini adalah bahasa inggris jujur bahasa inggris merupakan pelajaran yang saya tidak suka padahal bahasa apa bahasa inggris merupakan pelajaran yang yang sangat penting menurut saya karena dunia memerlukan karena bahasa inggris merupakan bahasa dunia atau bahasa yang dipatenkan on pembahasan dunia.
 oleh karena itu pada topik hari ini yang saya akan bahas adalah mengenai kunci jawaban dari bahasa inggris dimana kunci jawaban ini telah saya jawab dengan semaksimal mungkin yang artinya memang ci jawaban kunci jawaban ini dapat memberikan penilaian yang memuaskan bagi siswa-siswi sekalian untuk itu saya mengajar siswa siswa untuk tidak rabu menggunakan kunci jawaban yang telah saya buat ini karena saya cukup yakin kunci jawaban yang saya buat ini dapat memberikan nilai yang begitu besar kepada siswa-siswi sekalian.

Kunci Jawaban MTK Kelas 8

 berikut ini adalah pembahasan yang saya buat untuk siswa siswi sekalian. itulah pembahasan kami mengenai kunci jawaban bahasa inggris ini semoga kunci semoga pembahasan yang kami berikan ini dapat membantu para siswa-siswi dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

  1. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
  2. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2
  3. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.3
  4. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.4
  5. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
  6. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 1
  7. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1
  8. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2
  9. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3
  10. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2
  11. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1
  12. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
  13. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
  14. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
  15. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3

 jika siswa-siswi menemukan jawaban yang salah dari kunci jawaban yang telah kami what ini saya harap siswa-siswi melaporkannya kepada kami agar kami dapat memperbaiki kunci jawaban salah tersebut. 

Kunci Jawaban MTK Kelas 8  Ayo Kita Berlatih 3.3

jangan lupa untuk dukung kami dengan cara membagikan artikel yang telah kami buat ini dengan teman-teman yang sedang mengerjakan tugas yang sama semoga dengan begitu arti kata yang kami buat ini dapat bermanfaat bagi kita semua amin amin ya robbal alamin saya akhiri terima kasih banyak

Ayo kita berlatih

1. Diketahui A = {0, 1, 4, 9} dan B = {0, 1, 2, 3, 4}.
Kunci Jawaban :
a) Fungsi "Kuadrat dari"
b) Lihat pada gambar
c) Rumusnya adalah f(x) = √x
d) Lihat pada gambar
e) Lihat pada gambar
 
1. Diketahui A = {0, 1, 4, 9} dan B = {0, 1, 2, 3, 4}.
1. Diketahui A = {0, 1, 4, 9} dan B = {0, 1, 2, 3, 4}.
2. Suatu fungsi f dirumuskan sebagai f(x) = 3x – 2 dengan daerah asaladalah A = {–2, –1, 0, 1, 2}.
Kunci Jawaban :
a) Himpunan daerah hasil adalah B = {-8, -5, -2, 1, 4}.
b) Himpunan pasangan terurut adalah {(-2, -8), (-1, -5), (0, -2), (1, 1), (2, 4)}.
c)
2. Suatu fungsi f dirumuskan sebagai f(x) = 3x – 2 dengan daerah asaladalah A = {–2, –1, 0, 1, 2}.
2. Suatu fungsi f dirumuskan sebagai f(x) = 3x – 2 dengan daerah asaladalah A = {–2, –1, 0, 1, 2}.

3. Daerah asal fungsi f dari x ke 4x – 3 adalah {x | –2 < x ≤ 5, x ∈ R}. Tentukanlah daerah hasilnya.
Kunci Jawaban :
Daerah hasilnya = {f(x) | –11 < f(x) ≤ 17, x ∈ R}

4. Jelaskan cara menentukan rumus fungsi jika diketahui fungsi f dinyatakan oleh f(x) = ax + b dengan f(–1) = 2 dan f(2) = 11.
Kunci Jawaban :
Diketahui fungsi f(x) = ax + b, sehingga
f(-1) = 2 ⇔ 2 = a(-1) + b ⇔ 2 = -a + b ... (1)
f(2) = 11 ⇔ 11 = a(2) + b ⇔ 11 = 2a + b ... (2)
Kedua persamaan kita eliminasi b, diperoleh
2 = -a + b
11 = 2a + b
_________-
-9 = -3a
a = 3 
Nilai a = 3 kita substitusikan ke persamaan (1), diperoleh
2 = -a + b
2 = -3 + b
b = 2 + 3
b = 5
Jadi, rumus fungsinya f(x) = 3x + 5.

5. Diketahui suatu fungsi f dengan domain A = {6, 8, 10, 12} dan kodomain himpunan bilangan asli.
Kunci Jawaban :
a) f(6) = 14, f(8) = 20, f(10) = 26, dan f(12) = 32. Kesimpulannya adalah mengalami pertambahan sebesar 6.
5. Diketahui suatu fungsi f dengan domain A = {6, 8, 10, 12} dan kodomain himpunan bilangan asli.
5. Diketahui suatu fungsi f dengan domain A = {6, 8, 10, 12} dan kodomain himpunan bilangan asli.

6. Diketahui suatu fungsi h dengan rumus h(x) = ax + 9. Nilai fungsi h untuk x = 3 adalah −6.
Kunci Jawaban :
a) h(6) = -5(6) + 9
h(6) = -30 + 9
h(6) = -21 
b) h(x) = ax + 9
h(3) = 3a + 9
-6 = 3a + 9
3a = -6 - 9
3a = -15
a = -5
Jadi, rumus fungsi adalah h(x) = -5x + 9.

c) h(x) = -5x + 9
-5x + 9 > 0
-5x > -9
x < 9/5
Jadi, nilai elemen domain yang hasilnya positif adalah 9/5.

7. Fungsi f ditentukan oleh f(x) = ax + b. Jika f(4) = 5 dan f(−2) = −7, tentukanlah:
Kunci Jawaban :
a) Nilai a = 2 dan b = –3
b) Persamaan fungsi tersebut adalah f(x) = 2x – 3 
8. Fungsi f didefinisikan dengan rumus f(x) = 5 – 3x dengan daerah asal {–2, –1, 0, 1, 2, 3}
Kunci Jawaban :
 
b) Persamaan fungsi tersebut adalah f(x) = 2x – 3  8. Fungsi f didefinisikan dengan rumus f(x) = 5 – 3x dengan daerah asal {–2, –1, 0, 1, 2, 3}
9. Diketahui fungsi f(x) = ax + b. Jika f(2) = −2 dan f(3) = 13, tentukan nilai f(4).
Kunci Jawaban :
f(x) = ax + b
f(2) = -2
-2 = 2a + b
f(3) = 13
13 = 3a + b

2a + b = -2
3a + b = 13
________  -
-a = -15
a = 15
2(15) + b = -2
30 + b = -2
b = -32
f(4) = a(4) + b
= 15(4) + (-32)
= 60 - 32
= 28
Jadi, nilai f(4) adalah 28.

10. Diketahui fungsi f dirumuskan dengan f(x) = – 3x + 6.
Kunci Jawaban :
a) Bayangan dari -3 adalah 15 dan Bayangan dari 2 adalah 0
b) Nilai a adalah 5
11. Jika A = {x | –2 < x < 6, x ∈ B} dan B = {x | x bilangan prima < 11}.
Kunci Jawaban :
a) Banyaknya pemetaan dari A ke B = 16.384
b) Banyaknya pemetaan dari B ke A = 2.401
12. Fungsi n dari himpunan bilangan real R ke himpunan bilangan real R didefinisikan dengan grafik sebagai berikut.
Kunci Jawaban :
a). (0,0), (1,1), (2,2), (1/2 , 1/2), (4/7 , 4/7)
13. Fungsi f didefinisikan pada bilangan bulat yang memenuhi f(1) = 2016 dan f(1) + f(2) + ... + f(n) = n2 f(n) untuk semua n >1.
Kunci Jawaban :
f(2.016) = 2 / 2.017
14. Sebuah rumah mempunyai bak penampung air. Melalui sebuah pipa, air dialirkan dari bak penampungan ke dalam bak mandi.
Kunci Jawaban :
a) volume air dalam bak mandi sebelum air dialirkan adalah 5 liter
b) volume air dalam bak mandi setelah 15 manit adalah 95 liter 
15. Perhatikan gambar berikut ini. Berikut merupakan contoh fungsi dan bukan contoh fungsi dari gambar di atas.
Kunci Jawaban :
a) Karena, setiap anggota himpunan A dapat memetakan satu ke anggota himpunan B.
b) Karena, anggota A hanya dapat memetakan satu anggotanya ke anggota himpunan B.

 kakak mengetahui bahwasanya kunci jawaban yang tepat dan benar sangatlah penting bagi adek-adek hal ini memang tak perlu dipungkiri bahwasanya nilai yang diperoleh dari nilai tugas.

  1. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.5 halaman 11
  2. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 14
  3. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.7 halaman 14
  4. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 15
  5. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 21
  6. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.12 

Rangkuman MTK kelas 8 bab 3

 untuk itu kakak telah membaca dan memahami soalnya terlebih dahulu baru lah kakak berusaha menjawab soal-soal tersebut secara maksimal dan kakak yakin jika adek-adek menggunakan kunci jawaban bahasa inggris yang sa kakak buat ini kakak-kakakan kakak meyakini bahwa adek-adek akan mendapatkan nilai yang begitu besar.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3 halaman 114 115 116 bab 3
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3 

yang ada untuk mempresentasikan  hasil penyelesaiannya di depan kelas secara bergantian, salah satu kelompok siswa  mempresentasikannya jawaban dari hasil dikusinya.   312 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  Sedikit Informasi  Informasikan kegiatan selanjutnya, yaitu memahami sedikit informasi yang  terangkum dalam contoh soal beserta penyelesaiannya. Kemudian siswa diajak untuk  menggali informasi tentang permasalahan yang sudah disediakan pada buku siswa.  Ayo Kita Mencoba  Informasikan kepada siswa bahwa tugas berikutnya adalah kegiatan mencoba  pada masalah lain tentang bentuk aljabar, yiatu disediakan sebanyak 3 soal pada  buku siswa untuk dikerjakan secara mendiri. Berilah kesempatan kepada siswa  untuk mengerjakan ketiga soal tersebut. Pada saat siswa sedang mencoba untuk  mengerjakan soal tersebut, berkelilinglah di sekitar siswa secara bergantian untuk  memantau mereka dan berilah penilaian. “Jika pada kegiatan Ayo Kita Mencoba  tidak memungkinkan dilakukan di sekolah, buatlah menjadi tugas rumah untuk  didiskusikan pada pertemuan berikutnya”.  Ayo Kita  !  ?  !  ?  Berlatih 8.5  Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 8.5 Tanda (-) sebagai latihan  1. - 2. Volume prisma tersebut = 2.880 cm3 3. - 4. Perbandingan volume prisma $ dan prisma % = 3 : 1 5. - 6. Volume prisma tersebut = 2.400 cm3 7. Tinggi air pada kaleng berbentuk prisma = 5 dm 8. Luas permukaan prisma tersebut = 600 dm2 9. -   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 313  K egiatan 8.6 Menentukan Volume Limas  . Sediakan kerangka limas dan limas padat. 2. Siswa dibentuk kelompok kecil siswa (seban\ak -orang\ang  memungkinkan belajar secara efektif. . Sediakan juga buku-buku teks lainn\a atau ajaklah siswa ke perpustaan atau  kalau memungkinkan ajalah siswa ke laboratorium komputer ketika kegiatan  $\o .ita Menalar.  Sebelum Pelaksanaan .egiatan  Guru memberikan gambaran awal tentang volume limas yang terdapat pada  Kegiatan 8.6. Siswa diberikan beberapa pertanyaan-pertanyaan tentang menemukan  rumus luas permukaan prisma.  Contoh:  1) Coba perhatikan kubus pada gambar berikut yang keempat diagonal ruangnya  saling berpotongan pada satu titik.  2) Terbentuk bangun apakah antar sisi dengan perpotongan diagonal ruang kubus? 3) Bagaiamana cara membuktikan bahwa volume limas juga merupakan volume  bagian dari volume kubus? 4) Bagaiamana cara menurunkan rumus volume kubus menjadi rumus volume  limas? 5) Apakah limas memang merupakan bagian dari kubusknya? 6) Apkah hubungan antara limas dengan kubus?  Ayo Kita Amati  Informasikan tugas yang akan siswa kerjakan, yaitu akan mengamati kerangka bangun  kubus yang dilengkapi dengan diagonal-diagonal ruang. Fokus pengamatan kegiatan ini  adalah memperhatikan dengan teliti pada bangun kubus, diagonal kubus beserta bangun  limas yang terbentuk beserta luas alas kubus, tinggi, dan volumenya pada Tabel 8.8a.  Kemudian fokus pengamatan yang kedua adalah memperhatikan dengan teliti pada  bangun kubus, diagonal sisi, dan diagonal ruang kubus beserta bangun limas yang  terbentuk beserta luas alas kubus, tinggi, dan volumenya pada Tabel 8.8b.   314 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  Ayo Kita  ?? Menanya Jelaskan tugas berikutnya, yaitu membuat pertanyaan dari hasil pengamatannya. Contoh Pertanyaan: 1. Kenapa volume limas dapat diperoleh dari volume kubus? Bisakah dengan cara lain? 2. Benarkan bahwa volume limas sepertiga volume kubus?  =+  +  Ayo Kita Menggali Informasi  Kemudian ajaklah siswa untuk menggali informasi pada Tabel 8.9a dan 8.9b dengan  memahami dan memperhatikan uraian pada kolom luas alas dan volume.  Ayo Kita Menalar  Ajaklah siswa untuk mendiskusikan beberapa kasus yang terdapat pada kegiatan  menalar dengan menggunakan rumus volume limas untuk mengetahui cara  menemukan volume bangun baru pada kubus yang salah satu bangian sudutnya  dipotong memebentuk limas. Ajaklah siswa untuk melengkapi dan menyimpulkan  hasil dari kegiatan tersebut pada Tabel 8.9a dan 8.9b. Mintalah siswa untuk  menuliskan jawaban dari hasil diskusinya. Berikut alternatif penyelesaiannya No. Limas ABCDT Luas alas (La) Tinggi   (t) Volume (Vl)  1.  A 2a B  C  D  E F  H G  2a  2a  a  /a   2a î 2a t = a  Vk = 6 × Vl (2a)3 = 6 × Vl Vl = (2a)3   = (2a × 2a) × 2a  = 13 × La × a  = 13 × La × t    Kurikulum 2013 MATEMATIKA 315  No. Limas ABCDT Luas alas  (La)  Tinggi  (t) Volume (Vl)  2.  $  a  a  a  %  C  '  E )  + G  /a   a î a t = a  Vk = 3 × Vl (a)3 = 3 × Vl Vl = (a)3   = (a × a) × a  = 13 × La × a  = 13 × La × t  Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa rumus volume limas  adalah sebagai berikut. 9olume /imas   13 î /uas alas î 7inggi /imas 2. Misalkan panjang sisi kubus 10 cm  diketahui volume kubus = (30)3 = 27.000  perhatikan potongan limasnya berikut  Volume limas = 13 u luas alas u t  = 13 u ( 12 u  u ) u 30  = 5 u  u      Volume bangun baru = volume kubus – volume limas  = 27.000 – 4.500 = 22.500 Jadi volume bangun baru adalah 22.500.     Ayo Kita Berbagi  Informasikan kepada siswa untuk mendikusikannya dalam kelompoknya masing- masing. Pantau bagaimana mereka mengerjakan tugasnya.  30   316 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  Sedikit Informasi  Informasikan kegiatan selanjutnya, yaitu memahami contoh soal beserta  penyelesaiannya. Kemudian ajaklah siswa untuk menggali informasi tentang  permasalahan yang sudah disediakan pada buku siswa.  Ayo Kita Mencoba  Ajaklah siswa untuk mengerjakan soal yang terdapat pada kegiatan ayo kita mencoba.  Ayo Kita  !  ?  !  ?  Berlatih 8.6  Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 8.6 Tanda (-) sebagai latihan  1. Volume limas = 8.064 cm2 2. - 3. Luas seluruh sisi tegak limas tersebut = 135 cm2 4. -  5. - 6. - 7. D. Volume limas tersebut = 1.296 cm3 8. - 9. - 10. - 11. Volume udara yang terdapat dalam ruang atap itu = 875 m3 12. - 9olume limas tersebut   

¥ cm3 14. - 15 -   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 317  Memberi motivasi siswa tentang pentingnya kegunaan materi ini dalam kehidupan  sehari-hari, karena banyak benda-benda dalam keseharian kita yang berbentuk  bangun ruang gabungan. Bangun ruang gabungan merupakan benda-benda nyata  yang ada dalam kehidupan sehari-hari, seperti batu, wadah air kemasan, toples, tahu,  lapet, teko, dan lain-lain. Benda-benda tersebut dapat diketahui luas permukaannya  dan volumenya dengan menggunakan konsep mencari luas dan volume pada bangun  ruang sisi datar.  Masalah 8.2 Ajaklah siswa untuk memperhatikan Gambar 8.26d tepatnya pada Masalah 8.7.  Siswa diberikan kesempatan untuk memikirkan tentang bagaimana cara mentukan  kain yang menutupi tenda pada Gambar 8.26.   Ayo Kita Amati  Informasikan tugas yang akan mereka kerjakan (yaitu akan mengamati gambar-gambar  atau benda-benda nyata yang sudah disediakan pada Masalah 8.7. Fokus pengamatan  adalah menaksir luas permukaan dan volume benda nyata dengan menggunakan rumus  yang telah dibahas pada kegiatan sebelumnya. Ajaklah siswa untuk menyimpulkan  dari hasil kegiatan mengamati pada Tabel 8.6. Berilah kesempatan kepada siswa  untuk mengungkapkan/mempresentasikan/mendemontrasikan kesimpulannya. Berilah  motivasi kepada siswa yang lain untuk menanggapinya.  Menentukan Luas Permukaan  dan Volume Bangun Ruang Sisi  K egiatan 8.7 Datar Gabungan  . Sediakan gambar atau benda n\ata \aitu: %atu, 7oples, Piramida, dan /apet. 2. $mati dan kenali terlebih dahulu bagian-bagian dari sekolah \ang berbentuk  bangun datar sisi datar tidak beraturan. . Siapkan contoh-contoh pertan\aan, misaln\a ³bagaimana kita menghitung  volume jeruk"  . Pikirkan kelompok-kelompok kecil siswa (-orang \ang memungkinkan  belajar secara efektif .  Sebelum Pelaksanaan .egiatan   318 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  Ayo Kita  ?? Menanya Jelaskan tugas berikutnya, yaitu membuat pertanyaan (Tuestioning). Kalau perlu  modelkan salah satu pertanyaan. Sepakati satu atau dua pertanyaan dan tuliskan di  papan, Suruh siswa menjalankan rencana yang telah disepakati. Contoh Pertanyaan: Bagaiamana cara menentukan luas permukaan pada toples tersebut?   =+  +  Ayo Kita Menggali Informasi  Kemudian ajaklah siswa untuk menggali informasi pada Tabel 8.10 dengan memahami  dan memperhatikan uraian pada kolom luas permukaan dan keterangan. Berilah  kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan menggali informasi. Fokuskan  perhatian kepada siswa/kelompok siswa yang belum konsentrasi dalam melakukan  kegiatan ini. Kemudian fokuskan juga kepada siswa yang masih mengalami kesulitan  dalam memahami kegiatan ini. Ajaklah siswa untuk memperkiran kesimpulan hasil dari kegiatan menggali informasi  ini. Kemudian ajaklah siswa untuk memahami Contoh 8.13. Bila memungkinkan  sediakan kaleng yang berbentuk balok dan benda padat untuk mengilustrasikan pada  Contoh 8.13. Selanjutnya guru mengajak siswa untuk memperhatikan apa yang di peragakan  oleh guru atau mintalah satu atau dua siswa untuk meragakannya, yaitu dengan  memperhatikan sebuah kaleng yang sudah diisi air dan isi air pada kaleng setelah  dimasukkan sebuah batu. Berilah kesempatan kepada siswa untuk menentukan  volume air setelah kemasukan batu dengan cara lain atau tida seperti alternatif  penyelesaian yang terdapat pada buku siswa. Berilah kesempatan kepada siswa untuk  mengungkapkan/ mempresentasikan/mendomontrasikan kesimpulannya. Berilah  motivasi kepada siswa yang lain untuk menanggapinya Ajaklah siswa untuk memahami lebih jauh tentang menentukan luas dan volume  bangun ruang sisi datar gabungan dengan cara memberikan tugas kepada siswa  untuk menemukan contoh lain yang senada dengan Contoh 8.13. Informasikan  tugas berikutnya yang akan mereka pahami terdapat pada Contoh 8.14, yaitu tentang   menaksir luas permukaan dan volume benda nyata dengan menggunakan rumus yang  telah dibahas sebelumnya. Kemudian, ajaklah siswa untuk menemukan benda-benda  disekitarnya, misalnya wadah air kemasan. Kemudian suruhlah untuk mencari luas  permukaan dan volumenya berdasarkan kegiatan Sedikit Informasi.   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 319  Ayo Kita Mencoba  Ajaklah siswa untuk mengerjakan dua soal pada kegiatan ayo kita mencoba secara  mandiri. Berikut alternatif penyelesaiannya. 1. Perhatikan ilustrasi gambar berikut.  (a)  4,5 m  6 m  10 m  0,5 m     4,5 m  6 m  10 m  0,5 m  $  )  E  I  J  +  '  C  G  %  (b) Berdasarkan ilustrasi gambar di atas, terdapat gabungan dua bentuk bangun datar  yaitu bagian bawah tenda adalah balok dan bagian atas tenda adalah prisma segitiga.  Kemudian kita menghitung luas permukaan dan volume masing-masing bangun datar  tersebut, yakni sebagai berikut. (i) Perhatikan gambar balok berikut     6 m  10 m  0,5 m  $  )  E '  C  G  +  %  Untuk menetukan luas permukaan balok tersebut kita perhatikan dulu gambar  tenda (a), bahwa luas permukaan kain pada balok tersebut tanpa alas dan tutup,  yakni sebagai berikut.  Luas permukaan balok tanpa alas dan tutup = 2($% î $( + %C × CG)  = 2(6 × 0,5 + 10 × 0,5)  = 2(3 + 5)  = 2(8)  = 16 m2   320 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru   Sedangkan volume balok tersebut = p × l × t  = %C × $% × CG  = 10 × 6 × 0,5  = 30 m2  Perhatikan gambar prisma berikut  4,5 m  6 m  10 m  )  E  I  J  +  G  Untuk menetukan luas permukaan prisma tersebut kita perhatikan dulu gambar tenda  (a), bahwa luas permukaan kain pada prisma tersebut luas persegi panjang ()G+,  yakni sebagai berikut. Luas permukaan prisma tanpa luas ()G+ = 2 × luas segitiga ()I + 2 × luas )G-I  = 2 × 12 × 6 × 4,5 + 2 × 10 × )I dengan dalil Phytagoras didapat panjang )I = 32 + ^4,5h2 = 29,25 = 12 117 Sehingga, Luas permukaan prisma tanpa luas ()G+ = 2 × 12 × 6 × 4,5 + 2 × 10 × 12 117  = 6 × 4,5 + 10 117  = (27 + 10 117) m2 Sedangkan volume prisma tersebut = Luas alas × tinggi prisma  = ( 12 × 6 × 4,5) × 10  = 13,5 × 10  = 135 m2 Jadi, Luas permukaan tenda yang dimaksud adalah 16 + (27 + 10 117) =  (43 + 10 117) m2 Volume tenda yang dimaksud adalah 30 + 135 = 165 m3   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 321  2. Perhatikan ilustrasi gambar dibawah ini.  Kemudian mencari pola untuk mengetahui volume limas, dengan mencari luas  alasnya dari volume prisma, karena panjang sisi alasnya segi delapan maka  untuk mengetahui panjang sisinya diperoleh dari pemisalan berikut.  1 satuan  1 satuan  1 satuan   a a       a  a 2  a 2        a  a  a 2  Dimisalkan panjang sisi segitiga bagian titik sudut kubus adalah a satuan, sehingga  yang menjadi sisi segidelapan panjangnya adalah a 2 , karena panjang sisi persegi   = 1, maka 2a + a 2 = 1 Ÿ a =   2 2  1 ^ + h = 2  2  2  Selanjutnya menghitung luas segidelapan, yakni Luas segidelapan = luas persegi – 4 × luas segitiga bagian titik sudut kubus  = 1 – 4 × alas segitiga × tinggi segitiga  = 1 – 4 × 12 2 2 2 2  2 2  §  • ¨¨ u u ¸¸ © ¹  = 1 – c4 422+2 m Luas segidelapan = 2 2 – 2 Dengan demikian, volume prisma diluar limas = volume selisih antara prisma dengan limas. Volume prisma diluar limas   = volume prisma – volume limas  = luas segidelapan × tinggi – 13 × luas segidelapan × 

Sumber: buku mtk kelas 8


Post a Comment for "KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3 halaman 114 115 116 bab 3"