KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1 Halaman 12 bab 1
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1 Halaman 12 bab 1 SEMESTER 1 KELAS 2 SMP 1. Temukan tiga bilangan genap berurutan yang jumlahnya salah satu metode yang diterapkan sekolah saat ini adalah dengan memberikan tugas-tugas yang dimana tegal tersebut tentunya telah dipaparkan ada pula dijelaskan kepada adik-adik sekalian dimana hal tersebut artinya tunggal sembuh pakan sangatlah penting bagi adik-adik sekalian karena tugas merupakan salah satu metode pembelajaran.
![]() |
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1 |
tak hanya itu biasanya tugas merupakan salah satu indikator penentu nilai rapot dimana hal tersebut artinya kawan-kawan merupakan sangatlah penting bahwasanya memperoleh nilai yang tugas yang sangat besar di manila itu gak tersebut akan memberikan prosentase kenaikan kelas kawan-kawan sangatlah besar.
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
pada kesempatan kali ini kakak akan memberikan sebuah pembahasan mengenai kunci jawaban dimana pembahasan yang kekal buat ini kakak merasa yakin jika pembahasan yang kakak buat ini akan memberikan nilai yang begitu besar bagi kawan-kawan sekalian.
hal tersebut saya lakukan sebaya saya dapat membandingkan kunci jawaban yang telah saya buat dengan kunci jawaban orang lain sehingga saya da dapat menyimpulkan mana kunci jawaban yang paling tepat singgah tidur saya terapkan di yang artikel yang saya buat kali ini. baik itu permasalahan di sekolah seperti tugas-tugas ataupun permasalahan di luar sekolah, kawan-kawan dapat menyelesaikan dengan sendirinya tanpa bantuan dari orang lain aku sebutkanlah berguna untuk di kemudian hari nya dimana adek kawan-kawan bekerja.
Kunci Jawaban MTK Kelas 8
karena kakak cukup yakin jika kawan-kawan menggunakan pembahasan yang saya berikan ini saya yakin kawan-kawan akan memperoleh nilai yang memuaskan hal tersebut dikarenakan kak saya telah membaca dan memahami soalnya terlebih dahulu barulah kemudian saya mencoba menjawab semaksimal yang kekal bisakah lupa saya mencari sumber kunci jawaban lain seperti situ-situ.
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3
adapun hak bagi seorang siswa adalah hak memperoleh ilmu pengetahuan dari seorang guru dimana seorang siswa boleh menuntut seorang guru jika guru tersebut tidak memiliki tuntunan atau tidak memberikan ilmu ketahuan bad adik-adik sekalian namun hal ini sangat jarang sekali karena biasanya seorang murid lah yang tidak menuntut hak tersebut dimana seorang murid biasanya bandel sekali.
Kunci Jawaban MTK Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
seperti halnya di artikel yang kagak buat yang lainnya kakak juga ingin mengajak kepada kawan-kawan sekalian untuk mengerjakan tugas dengan jujur yang artinya untuk mengerjakan tugas terlebih dahulu barulah kemudian jika ada soal yang tidak dimengerti atau tidak bisa menjawabnya bolehlah mbak kawan-kawan pengguna kunci jawaban alternatif yang kakak buat ini.
Ayo Kita Berlatih 1.1 Semester 1
1. Temukan tiga bilangan genap berurutan yang jumlahnya sama dengan 90.
Kunci jawaban:
Misal kan bilangan tsb adalah a, b dan c
a + b + c = 90
Nilai rata2 nya 90/3 = 30
b = 30
Agar nilainya sama, karena bilangan genap, maka untuk a dan c masing2 d tambahkan dan dikurangkan dgn angka yg sama yaitu 2
Maka
a = b - 2 = 30 - 2 = 28
c = b + 2 = 30 + 2 = 32
Tiga bilangan tsb adlh 28,30 dan 32
2. Temukan tiga bilangan genap berurutan yang jumlahnya sama dengan 150.
Kunci jawaban:
A + (a+2) + (a+4) = 150
3a + 6 = 150
3a = 150 - 6
3a = 144
a = 144/3
a = 48
bil.1 = 48
bil.2 = 48 +2 = 50
bil.3 = 48 + 4 = 52
Jadi,tiga bilangan genap berurutan yang jumlahnya sama dng 150 yaitu
48 + 50 + 52
3. Temukan tiga bilangan genap berurutan yang jumlahnya sama dengan 300.
Kunci jawaban:
Misalkan bilangan itu
a, a+2, a +4
maka
a + a+2 + a+4 = 300
3a + 6 = 300
3a = 300-6
3a = 294
a = 294/3
a = 98
subtitusi
a = 98
a+2 = 98+2 = 100
a+4 = 98+4 = 102
maka ketiga bilangan itu adalah
98,100,102
4. Temukan tiga bilangan ganjil berurutan yang jumlahnya sama dengan 45.
Kunci jawaban:
Misal a = Bil ganjil
Ganjil + Genap = Ganjil
Jumlah ketiganya = 45
a + a + 2 + a + 4 = 45
3a + 6 = 45
3a = 39
a = 13
a + 2 = 15
a + 4 = 17
Maka ketiga bilangan itu adalah 13 , 15 , 17
5. Temukan tiga bilangan ganjil berurutan yang jumlahnya sama dengan 135.
Kunci jawaban:
. Misal a = Bil ganjil
Ganjil + Genap = Ganjil
Jumlah ketiganya = 135
a + (a + 2) + (a + 4) = 135
3a + 6 = 135
3a = 135 - 6
3a = 129
a = 43
a + 2 = 45
a + 4 = 47
Maka ketiga bilangan itu adalah 43 , 45 , 47
6. Temukan tiga bilangan ganjil berurutan yang jumlahnya sama dengan 315.
Kunci jawaban:
Misal a = Bil ganjil
Ganjil + Genap = Ganjil
a + a + 2 + a + 4 = 315
3a + 6 = 315
3a = 309
a = 103
a + 2 = 105
a + 4 = 107
Maka ketiga bilangsn itu adalah 103 , 105 , 107
7. Dapatkah kalian menemukan tiga bilangan ganjil berurutan yang jumlahnya sama dengan 12.000? Jelaskan.
Kunci jawaban:
Tiga bilangan ganjil berurutan yang jumlahnya =12.000
Misalkan tiga bilangan ganjil berurutan :
x - 2, x, dan x + 2
( x - 2 ) + x + ( x + 2 ) = 12.000
x - 2 + x + x + 2 = 12.000
x + x + x - 2 + 2 = 12.000
3x = 12.000
x = 12.000/3
x = 4.000
8. Dapatkan kalian menemukan tiga bilangan ganjil berurutan yang jumlahnya sama dengan 100.000? Jelaskan.
Kunci jawaban:
Misal a = Bil ganjil
Ganjil + Genap = Ganjil
Jumlah ketiganya = 100000
a + a + 2 + a + 4 = 100.000
3a + 6 = 100.000
3a = 99.994
a = 33.331,33...
Dari data diatas menunjukkan bahwa tidak ada ketiga bilangan ganjil berurutan yang jika dijumlahkan menghasilkan 100.000
tips memperoleh nilai yang sempurna dari tugas yang diberikan oleh guru yang pertama yang dapat dilakukan adik-adikku sekalian yaitu tidak menunda nanda tugas yang diberikan oleh guru kalau bisa adik-adikku sekalian mengerjakan tugas pada hari itu saja pada hari ketiga atau jasa tersebut diberikan.
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.5 halaman 11
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.7 halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 15
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 21
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.12
terluka nggak inget kan kembali bahwasanya pembahasan kakak bukan ini kakak tidak bisa memastikan siaran 100% bahwasanya pembahasan kakak buat ini dapat memberikan iyalah yang sempurna bagi adek-adek sekalian.hal tersebut hal kakak lakukan supaya kawan-kawan sekalian melati sikap disiplin bekerja keras dan pantang menyerah hal tersebut sangatlah bermanfaat di kemudian hari nya diharapkan dengan begitu adik-adik sekalian dapat menyelesaikan permasalahan dengan sendirinya.
Rangkuman MTK kelas 8 bab 1
Bab 1 Dalam kehidupan sehari-hari, banyak hal yang berhubungan dengan pola bilangan. Misalnya pola penataan rumah, pola penataan kamar hotel, pola penataan kursi dalam suatu stadion, pola nomor buku di perpustakaan, dan lain sebagainya. Dengan memahami pola bilangan, kalian bisa menata banyak hal dengan lebih teratur.
![]() |
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1 |
Setelah memahami materi tentang pola bilangan, diharapkan kalian akan peka terhadap pola-pola dalam kehidupan di sekitar kalian. Jika kalian pernah mengikuti soal tentang Tes Potensi Akademik, kalian akan melihat banyak soal terkait pola bilangan. Hal itu berarti pola bilangan juga menjadi tolok ukur dalam menentukan kemampuan akademik seseorang. Oleh karena itu, materi pola bilangan ini penting untuk dipahami. Jalan 2 4 6 8 10 12 14 16 18 20 1 3 5 7 9 11 13 15 17 19 Sumber: Kemdikbud Contoh pola 2 Kelas VIII SMP/MTs Semester I 3.1 Membuat generalisasi dari pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek. 4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek. K D ompetensi asar 1. Mengamati pola pada suatu barisan bilangan. 2. Menentukan suku selanjutnya dari suatu barisan bilangan dengan cara menggeneralisasi pola bilangan sebelumnya. 3. Menggeneralisasi pola barisan bilangan menjadi suatu persamaan. 4. Mengenal macam-macam barisan bilangan. P B engalaman elajar • Pola • Barisan Bilangan • Konfigurasi objek • Fibonacci 3 P K eta onsep Pola Bilangan Menggeneralisasi Pola dan Barisan Bilangan Menggunakan Tabel Menyatakan Barisan Bilangan Menjadi Persamaan Menggeneralisasi Pola dari Suatu .onfiJurasi Objek 4 Leonardo da Pisa atau Leonardo Pisano, lebih dikenal dengan sebutan Fibonacci, adalah matematikawan Italia yang dikenal sebagai penemu bilangan Fibonacci. Leonardo berperan dalam mengenalkan sistem penulisan dan perhitungan bilangan Arab ke dunia Eropa. Bapak dari Leonardo, Guilielmo (William) mempunyai nama panggilan Bonacci yang artinya “bersifat baik” atau “sederhana”. Setelah meninggal, Leonardo sering disebut dengan nama Fibonacci (dari kata filius Bonacci, anak dari Bonacci). William memimpin sebuah pos perdagangan (beberapa catatan menyebutkan beliau adalah perwakilan dagang untuk Pisa) di Bugia, Afrika Utara (sekarang Bejaia, Aljazair). Sebagai anak muda, Leonardo berkelana ke sana untuk menolong ayahnya. Di sanalah Leonardo belajar tentang sistem bilangan Arab. Melihat sistem bilangan $rab lebih sederhana dan efisien dibandingkan bilangan Romawi, Fibonacci kemudian berkelana ke penjuru daerah Mediterania untuk belajar kepada matematikawan Arab yang terkenal pada masa itu. Leonardo baru pulang kembali sekitar tahun 1200-an. Pada tahun 1202, di usia 27, ia menuliskan ilmu yang telah dipelajari dalam buku Liber Abaci atau Buku Perhitungan. Buku ini menunjukkan kepraktisan sistem bilangan Arab dengan cara menerapkannya ke dalam pembukuan dagang, konversi berbagai ukuran dan berat, perhitungan bunga, pertukaran uang, dan berbagai aplikasi lainnya. Buku ini disambut baik oleh kaum terpelajar Eropa, dan menghasilkan dampak yang penting kepada pemikiran Eropa, meski penggunaannya baru menyebar luas setelah ditemukannya percetakan sekitar tiga abad berikutnya. Hikmah yang bisa diambil 1. Sebelum orang mengenal angka arab yang kita gunakan, orang zaman dahulu sudah mengenal sistem bilangannya sendiri. Kelemahan sistem- sistem bilangan yang ditemukan zaman dahulu adalah susah untuk dioperasikan dan tidak efisien dalam penulisan. Dengan diperkenalkannya sistem bilangan arab yang kita gunakan hingga sekarang, orang lebih mudah untuk melakukan perhitungan matematika dan lebih efisien dalam penulisan. 2. Mari mencontoh sikap Leonardo yang giat untuk mempelajari tentang ilmu hitung sistem bilangan arab hingga jauh meninggalkan tempat tinggalnya. Leonardo dikenal banyak orang hingga sekarang karena dia bisa memberikan manfaat kepada orang banyak, yang masih kita rasakan hingga saat ini. Leonardo da Pisa (1175 - 1250) Kurikulum 2013 MATEMATIKA 5 Menentukan Persamaan dari K egiatan 1.1 Suatu Barisan Bilangan Dalam belajar matematika, kalian akan menemui banyak pola. Setiap pola tersebut mempunyai karakteristik rumus masing-masing. Pola dapat berupa bentuk geometri atau relasi matematika. Berikut ini contoh bentuk pola yang disajikan dalam bentuk titik dan bangun datar. Gambar 1.1 Berbagai bentuk pola Dapatkah kalian mendeskripsikan pola yang terbentuk dengan kalimat kalian sendiri? Perhatikan gambar-gambar berikut ini. Sumber: Kemdikbud Gambar 1.2 Berbagai bentuk pola pada kehidupan sehari-hari Dapatkah kalian mendeskripsikan pola yang terbentuk dengan kalimat kalian sendiri? 6 Kelas VIII SMP/MTs Semester I Pola hampir ada di setiap tempat dalam kehidupan kita. Namun, beberapa dari kita mungkin melihat pola tersebut, sedangkan yang lain tidak melihatnya. Hal tersebut bergantung pada kemampuan dan kepekaan seseorang dalam melihat pola. Dengan mempelajari materi ini diharapkan kalian akan mampu melihat pola yang terbentuk baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Pola digunakan dalam menyelesaikan banyak masalah dalam matematika. Siswa perlu belajar tentang data untuk melihat keberadaan pola. Suatu masalah matematika disajikan dalam bentuk barisan bilangan, kemudian siswa diminta untuk menentukan pola atau beberapa bilangan selanjutnya. Masalah lainnya mungkin membutuhkan tabel untuk mengorganisasi data dan melihat pola yang nampak. Masalah lainnya lagi mungkin membutuhkan grafik untuk bisa menemukan pola yang terjadi. Dengan berlatih tentang pola, kita akan lebih peka terhadap pola yang terbentuk oleh suatu data sehingga bisa menyelesaikan masalah-masalah matematika. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering kali menjumpai masalah yang berkaitan dengan pola, tetapi tidak menyadarinya. Sebagai contoh, ketika kita mencari alamat rumah seseorang dalam suatu kompleks perumahan. Kita akan melihat pola nomor rumah tersebut, “sisi manakah yang genap atau ganjil?”, “apakah urutan nomor rumahnya semakin bertambah atau berkurang?”. Dengan memahami pola nomor rumah tersebut kita akan dengan mudah menemukan alamat rumah tanpa melihat satu per satu nomor rumah yang ada dalam kompleks perumahan tersebut. Menemukan pola bisa menjadi suatu hal yang menantang ketika kamu ingin menemukan pola suatu data dalam berbagai situasi yang berbeda. Jalan 2 4 6 8 10 12 14 16 18 20 1 3 5 7 9 11 13 15 17 19 Gambar 1.3 Penataan nomor
Sumber: bbuku mtk kelas 8
Post a Comment for "KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1 Halaman 12 bab 1"