KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3 halaman 127 128 129 130 131 132 133 134 bab 3
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
Kunci Jawaban MTK Kelas 8
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3
Kunci Jawaban MTK Kelas 8 Uji kompetensi 3
Ayo kita berlatih
Kunci Jawab: B. setengah dariDiketahui himpunan P = {1, 2, 3, 5} dan himpunan Q = {2, 3, 4, 6, 8, 10}. Himpunan pasangan berurutan dari P ke Q ialah {(1, 2), (2, 4), (3, 6), (5, 10)}, sehingga1 → 2 (1 setengah dari 2)2 → 4 (2 setengah dari 4)3 → 6 (3 setengah dari 6)5 → 10 (5 setengah dari 10)Jadi, korelasi dari P dan Q ialah korelasi "setengah dari".
Kunci Jawab: C. TaufiqTohir = mencar ilmu kelompok dan menulis cerpenErik = bermain komputer dan renangTaufik = menulis cerpen dan renangZainul = renangAnak yang mempunyai kesukaan menulis cerpen tetapi tidak suka mencar ilmu kelompok ialah ...Dari keempat anak, yang suka menulis cerpen ialah Tohir dan Taufik, tetapi alasannya Tohir suka mencar ilmu kelompok, sedangkan yang ditanya tidak suka mencar ilmu kelompok maka jawabannyaanak yang mempunyai kesukaan menulis cerpen tetapi tidak suka mencar ilmu kelompok ialah TAUFIK
Kunci Jawab: B. (i) dan (iii)Pemetaan --> yg angka/huruf di kiri dihubungkan sempurna 1 angka / aksara di kanan.P itu pemetaan. 0 , 2 , 4 dan 6 dipasangkan sempurna satu.Q bukan pemetaan.1 dan 2 dipasangkan 2 anggotaR pemetaan. 1 , 2 , 3 , 4 dipasangkan sempurna satu anggotaS bukan pemetaan . 5 dan 4 dipasangkan dua anggotaJawab : P dan
Kunci Jawab:D. 9 caraBila anggota himpunan A sejumlah n(A) = 2, dan anggota himpunan B sejumlah n(B) = 3, maka banyaknya cara pemetaan dari A ke B adalah:banyaknya cara pemetaan A ke B === 3 x 3= 9 cara pemetaan.
Kunci Jawab:B. 6 caraBila p = {a, b, c} dan q = {1, 2, 3}, maka kombinasi korespondensi satu-satu yang mungkin adalah:(a -> 1, b -> 2, c -> 3)(a -> 1, b -> 3, c -> 2)(a -> 2, b -> 1, c -> 3)(a -> 2, b -> 3, c -> 1)(a -> 3, b -> 1, c -> 2)(a -> 3, b -> 2, c -> 1)Jadi korespondensi satu-satu yang mungkinadalah sejumlah 6 cara.
Kunci Jawab:B. {3, 5, 7, 9}Diketahuif : x → x + 1 atau f(x) = x + 1Daerah asal atau domain ialah {2, 4, 6, 8}, sehinggaf(2) = 2 + 1 = 3f(4) = 4 + 1 = 5f(6) = 6 + 1 = 7f(8) = 8 + 1 = 9Daerah hasil atau range ialah {3, 5, 7, 9}.
Kunci Jawab: B. –4F(x) = 2x+5-3 = 2x+5-8 = 2x-4 = x
Kunci Jawab:A. 3 → 4Diketahui f : x → 2x - 1 atau f(x) = 2x - 1a. x = 3 → f(x) = 4f(3)= 2(3) - 1= 6 - 1= 5Jadi, salah bahwa 3 → 4.b. x = -5 → f(x) = 11f(5)= 2(-5) - 1= -10 - 1= -11Jadi, benar bahwa f(-5) = -11.c. x = a → f(x) = 5f(a) = 5⇔ 2a - 1 = 5⇔ 2a = 5 + 1⇔ 2a = 6⇔ a =⇔ a = 3Jadi, benar bahwa kalau f(a) = 5, maka a = 3.d. x = 1 → f(x) = 1f(1)= 2(1) - 1= 2 - 1= 1Jadi, benar bahwa f(1) = 1 atau bayangan 1 ialah 1.Jawaban yang benar : A.
Kunci Jawab:B. G(x) = –4x – 12g(-2) = -2a + b = -4g(-6) = -6a + b = 12--------------------- -4a = -16a = -4-2a + b = -4-2 . (-4) + b = -4b = -4 - 8b = - 12g(x) = -4x - 12
Kunci Jawab:A. {–3, –1, 1, 3}Diketahui :f(x) = 2x - 1Daerah asal = {x | -2 < x < 3, x ∈ R}Df = {-1, 0, 1, 2}Ditanyakan :Daerah hasil = .... ?Jawab :f(x) = 2x - 1f(-1) = 2(-1) - 1 = -2 - 1 = -3f(0) = 2(0) - 1 = 0 - 1 = -1f(1) = 2(1) - 1 = 2 - 1 = 1f(2) = 2(2) - 1 = 4 - 1 = 3Kaprikornus kawasan balasannya :Rf = {-3, -1, 1, 3} ==> kalau kawasan asalnya x ∈ bilangan asli
Kunci Jawab:A. –6F(-3) = -3a + b-15 = -3a + b3a - 15 = bf(3) = 3a + b9 = 3a + 3a -1524 = 6a4 = a9= 3a + b9 = 12 + b-3 = bf(-2) = -2.4 + (-3) = -8 -3 = -11f(2) = 2.4 + (-3) = 8 - 3 = 5jadi f(-2) + f(2) = -11 + 5 = -6
Kunci Jawab: CF(x)=ax+b kalau pasangan berurutan(p,-3),(-3,q),(r,2),(-2,6),(2,-2) ialah anngota dari fungsi.tentukan nilai p,q,rf(x) = ax + b,(-2,6),(2,-2) merupakan anggota dari fungsi. makaf(-2) = -2a + b = 6 .................(1)f(2) = 2a + b = -2 ..................(2)dari (1) dan (2)-2a + b = 62a + b = -2--------------- (+)2b = 4b =2subtitusikan nilai b = 2 ke pers. (1)-2a + b = 6-2a + 2 = 6-2a = 4a = -2jadi rumus fungsi f(x) = -2x + 2(p,-3),(-3,q),(r,2) ialah anggota dari fungsi, makaf(p) = -2p + 2-3 = -2p + 22p = 3 + 2p = 5/2f(-3) = -2(-3) + 2q = 6 + 2q = 8f(r) = -2r + 22 = -2r + 22r = -2 + 22r = 0r = 0jawabannya : C
Kunci Jawab:D. 2 dan 3Diketahui fungsi f(x) = mx + n, sehinggauntuk x = -1, diperolehf(-1) = 1⇔ -m + n = 1 ... (1)f(1) = 5⇔ m + n = 5 ... (2)Persamaan (1) dan (2), sanggup ditentukan nilai m dan n dengan memakai metode eliminasi dan substitusi. Kita eliminasi m, diperoleh-m + n = 1m + n = 5_________+⇔ 2n = 6⇔ n = 3Nilai n = 3, kita substitusi ke persamaan (2), diperolehm + n = 5⇔ m = 5 - n⇔ m = 5 - 3⇔ m = 2Jadi, nilai m = 2 dan n = 3.
Kunci Jawab:D. 84F(2x+1) = (x-12)(x+13)2x + 1 = 312x = 31-12x = 30x = 15f(31) = (15-12)(15+13)f(31) = 3(28)f(31) = 84
- Jika 32, x, 68 adalah tripel Pythagoras. Berapakah nilai x Tunjukkan bagaimana kalian mendapatkannya.
- Bilangan terkecil dari tripel Pythagoras adalah 33. Tentukan tripel Pythagoras. Jelaskan bagaimana kalian menemukan dua bilangan lainnya.
- Bingkai jendela yang terlihat berbentuk persegi panjang dengan tinggi 408 cm, panjang 306 cm, dan panjang salah satu diagonalnya 525 cm. Apakah bingkai jendela tersebut benar-benar persegi panjang? Jelaskan.
Kunci Jawab:b) Himpunan pasangan berurutan adalah {(1, 2), (1, 3), (1, 4), (1, 5), (3, 4), (3, 5), (4, 5)}.
Kunci Jawab:b) Himpunan pasangan berurutan = {(0, 0), (2, 1), (4, 2), (6, 3), (8, 4), (10, 5), (12, 6)}
Kunci Jawab:b) Relasi tersebut bukan merupakan fungsi, karena setiap anggota himpunan A memiliki lebih dari satu anggota himpunan B.d) Relasi tersebut merupakan fungsi, karena setiap anggota B memiliki tepat satu anggota himpunan A.
Kunci Jawab:a) P = {-1, 1, 3, 5, 7} Q = {2, 4, 6, 8, 10)b) Relasi dari P ke Q1. = (-1, 4), (1,6) , (3, 8),2. = (1,2), (3,4),(5,6),(7,8)c) gambar titik-titik berikut di bidang kartesius (seperti jawaban nomor 1 dan 2) (-1,2), (1,4), (3,6), (5,8), (7,10)d) Q → P = {(2, -1), (4,1), (6.3), (8,5), (10,7)} merupakan fungsi
Kunci Jawab:a) Himpunan A adalah {–2, –1, 2, 7, 8} danHimpunan B adalah {–5, –3, 4, 6, 10}
Kunci Jawab:
Kunci Jawab:a) f(x) = 4x – 2b) bayangannya = {6, –10, 14, –18, 0, 8}c) nilai p = 2 1/2
Kunci Jawab:a) Volume air dalam bak mandi sebelum air dialirkan = 10 literb) Volume air dalam bak mandi setelah 27 menit = 91 liter
Kunci Jawab:a) {2, 3, 5, 7, 11, 13, 17}b) jari tangan manusia = 10c) {a, i, u, e, o}d) {indonesia raya, milli surut, ... }e) {matematika, bahasa indonesia, IPA, bhs inggris}f) {1, 2, 3, 4, 6, 12}g) {april, juni, september, november}h) {1, 2, 3, 4, 5, 6, ... }
Kunci Jawab:a)b) Yang meningkat lebih cepat adalah pohon apel, alasannya pada tabel dapat dilihat mulai dari n = 9, banyak apel lebih banyak dari pinus. Dan pada n selanjutnya jumlah pohon apel selalu lebih banyak dari pinus.
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.5 halaman 11
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.7 halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 15
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 21
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.12
Rangkuman MTK kelas 8 bab 3
(-) sebagai latihan 1. - 2. Panjang diagonal bidang = 6 2 cm, diagonal ruang = 6 3 cm, dan luas bidang diagonal = 36 2 cm2. 3. - 4. Luas permukaan prisma $%(.'C+ = 360 cm2 5. - 6. Panjang QR = 6 cm 7. - 8. Tinggi prisma tersebut = 8 cm. Salah satu caranya untuk mencari luas bidang $%) yaitu terlebih dulu mencari panjang )$ dan )%, baru kemudian mencari luas segitiga $%) dengan formula heron yang pernah siswa pelajari ketika di kelas VII: Luas '$%C = s(s – a)(s – b)(s – c) 9. - 332 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Fokus kegiatan ini adalah membuat bangun tertentu dari hasil kreasi bahan kardus. Kelompok siswa disuruh untuk mengatur bahan-bahan yang sesuai dengan tugasnya masing-masing. Amati beberapa benda/bahan yang digunakan untuk membuat bangun tertentu hasil kreasi dari bahan kardus. Ayo Kita Mengerjakan Tugas Projek L. 8 . Sediakan bahan-bahan \ang dibutuhkan untuk kegiatan pro\ek kali ini, kardus, guntingkater, lim dll 2. %entuklah siswa dalam beberapa kelompok untuk membagi tugas dalam membuat kreasi bahan kardus . Intruksikan kepada siswa untuk mengikuti langkah-langkah kerja \ang ada pada buku Siswa Sebelum Pelaksanaan .egiatan Kegiatan Pertama Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran 1. Menunjukkan ingin tahu selama mengikuti proses pembelajaran. 2. Bertanggung jawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas. 3. Peserta didik dapat membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma, dan limas. 4. Peserta didik dapat menemukan rumusnya luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas. 5. Peserta didik dapat menghitung luas permukaan volume kubus, balok, prisma, dan limas. Memberikan motivasi agar selalu rajin dalam belajar. Guru membuka pelajaran. Pada pertemuan sebelumnya siswa telah mempelajari bangun ruang sisi datar. Kali ini siswa akan mempelajari mengenai penerapan bangun ruang sisi datar pada benda tertentu untuk dijadikan karya siswa. Siswa dibentuk beberapa kelompok yang terdiri dari 3-4 orang dengan anggota yang heterogen, dan setiap kelompok dipimpin oleh seorang ketua kelompok Kurikulum 2013 MATEMATIKA 333 Berikan beberapa pertanyaan pancingan agar siswa mengamati dengan seksama setiap benda/bahan yang akan digunakan untuk perlengkapan projek. Berikan kesempatan siswa untuk memikirkan kemungkinan pertanyaan yang muncul dari hasil pengamatan sebelumnya. Contoh pertanyaan: 1. Supaya rencana mengkreasi bahan kardus ini baik dan unik, kira-kira apa yang harus kita perbuat? (bahan kardus apa yang harus kita sediakan? Alat-alat apa yang harus kita siapkan? Langkah-langkah mengkreasi bahan dari kardus bagaimana? Berapa biaya yang butuhkan untuk mengkreasi bahan kardus ini? dll) 2. Agar tugas kalian ini mendapatkan hasil yang memuaskan, kira-kira strategi apa yang harus kalian perbuat? Bagaimana bentuk strateginya? Apalagi yang harus diperbuat? dll. 3. Apakah pelajaran kita saat ini (tentang bentuk-bentuk bangun datar) bisa kalian manfaatkan? Yang mana? Mengapa? Ajaklah siswa untuk menggali informasi tentang rencana pembuatan tugas projek yang akan dirancang. Baik melalui internet atau buku-buku tertentu di perpustakaan. Kemudian diskusikan dengan teman kelompoknya masing-masing untuk selesai tepat Zaktu
pada /embar 5encana 3embuatan projek). Himbaulah kepada kelompok siswa untuk menentukan tentang Langkah- langkah penelesaian untuk mengkreasi bahan dari kardus dan akan dibentuk seperti apa hasil kreasinya, misalkan membuat 'anboard dari kardus, rumah-rumahan atau lainnya. Siswa mempresentasikan rencana penyelesaian proyek, pembuatan jadwal, persiapan peralatan (terlampir) Kemudian mencatat informasi tersebut pada bentuk poster dan power point dengan lengkap sebagai bahan untuk mempelajari materi tersebut. Dilakukan Konsultasi terkait kegiatan yang sedang berlangsung. 334 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Hasil karya siswa SMP kelas VIII dalam Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013 Semester 2, materi Bangun Ruang Sisi Datar Contoh Projek Kurikulum 2013 MATEMATIKA 335 Kegiatan Kedua Ajaklah kelompok siswa untuk membuat suatu karya bahan kardus yang telah dirancang pada pertemuan sebelum. Fokuskan kegiatan kalian pada bahan-bahan/ barang-barang yang telah disediakan oleh masing-masing kemlompok. Informasikan kepada siswa untuk membagi tugas pada anggota kelompoknya masing-masing agar karya yang telah dirancang selesai tepat waktu pada pertemuan kali ini. Kemudian siswa diminta untuk mendiskusikan sesama anggota kelompoknya masing-masing atau dan mengkonsultasikan kepada pendamping/guru pengajar yang bersangkutan. Diinstruksikan kembali untuk memperbaiki dan melengkapi informasi yang dirasa belum lengkap untuk menyempurnakan karyanya. Jika diperlukan dilakukan konsultasi terkait kegiatan yang sedang berlangsung baik dengan teman sekelompok maupun dengan kelompok lain untuk menyempurnakan karyanya. Membuat persiapan presentasi yang di diskusikan pada pertemuan berikut, baik melalui power point maupun melalui poster. Dilakukan penilain berdasarkan peran siswa dalam diskusi kelompok dan memotivasi siswa yang masih pasif. Kegiatan Ketiga Jika diperlukan dipersiap LCD untuk beberapa kelompok siswa yang akan presentasi dari hasil projek yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya. Diberikan waktu 7 menit untuk setiap kelompok dalam mempresentasikan daris hasil karyanya. Ketika salah satu kelompok mempresentasikan hasil karya, sedangkan kelompok yang lain mendengarkan, mengamati, menangggapi presentasi kelompok yang tampil. Diberikan kesempatan pada kelompok lain untuk menanggapi atas presentasi yang telah dipaparkan oleh kelompok tersebut. Menanggapi hasil diskusi antar kelompok tentang ciri-ciri dua persamaan garis lurus yang saling sejajar, tegak lurus, berimpitan dan berpotongan. Diberikan pertanyaan pancingan tentang bagaiamana merancang dan membuat suatu projek jika materinya terbatas pada Bangun Ruang Sisi Datar Saja dan bahan-bahan yang ada kardus, lim, dan gunting. Diberi kesempatan kepada kelompok tertentu untuk membahasa bagaimana langkah merancang suatu projek yang baik. Diberikan motivasi kepada seluruh siswa untuk selalu menemukan suatu hal baru dari beberapa hasil pengamatan kita baik mata pelajaran maupun pada kehidupan sehari-hari. 336 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa luas permukaan bangun ruang sisi datar adalah jumlah dari seluruh luas sisi bangun ruang tersebut. Sedangkan banyaknya susunan kubus yang membentuk balok dapat dipandang sebagai volume balok. ¾ Luas permukaan bangun ruang sisi datar: • Jaring-jaring kubus atau balok adalah bangun datar yang jika dilipat pada ruduk-rusaknya akan membentuk bangun ruang kubus atau balok • Rumus luas permukaan balok adalah: L = 2(p × t) + 2(p × l) + 2(l × t), dengan p panjang balok, l lebar balok, dan t tinggi balok • Rumus permukaan kubus adalah: L = 6s2, dengan s adalah panjang rusuk • Rumus permukaan prisma adalah: L = 2 × La + (.a × t), dengan /a luas alas, .a = keliling alas, dan t = tinggi Prisma. • Rumus permukaan limas adalah: L = La ™Ls, dengan /a luas alas dan ™Ls = jumlah luas Sisi-sisinya ¾ Volume bangun ruang sisi datar: • Rumus volume balok adalah 9 p î l î t, dengan p panjang balok, l lebar balok, dan t tinggi balok • Rumus volume kubus adalah 9 s î s î s s3, dengan s adalah panjang rusuk • Rumus volume prisma adalah L = La × t, dengan /a luas alas dan, t tinggi prisma • Rumus volume limas adalah L = 1/3 × La × t, dengan /a luas alas, dan t tinggi limas Ayo Kita M. Merangkum 8 Kurikulum 2013 MATEMATIKA 337 A. Pilihan Ganda 1. D 2. C 3. A 4. B 5. B 6. C 7. B 8. D 9. C 10. B 11. C 12. B 13. A 14. A 15. A 16. C 17. A 18. C 19. A 20. D Petunjuk: Perhatikan ilustrasi gambar berikut ini. Dengan teorema Pythagoras, tentukan panjang PS Kemudian akan didapat panjang 72 dengan menggunakan kesamaan luas segitiga P2S, sebagai berikut: Luas segitiga P2S = 12 × P2 × S2 Jadi, Jarak titik 2 ke bidang %C(+ adalah 22 satuan. B. Esai 21. Total kotak nasi keseluruhan: meja 1 + meja 2 = 118 + 109 meja 1 + meja 2 = 227 buah (Mengapa demikian? Cobalah pikirkan, kira-kira bagaimana strateginya?) 22. a. Ukuran panjang, lebar dan tinggi balok = 20 cm × 10 cm × 15 cm b. Panjang kerangka balok = 180 cm c. Volum balok = 3.000 cm3 23. a. Luas alas limas = 144 cm2 b. Panjang rusuk alas limas = 48 cm c. Panjang 7P = 10 cm d. Luas segitiga 7%C = 60 cm2 e. Luas seluruh permukaan limas = 384 cm2 Berikut penyelesaian Uji Kompetensi 8 Tanda (-) sebagai latihan Uji ??=+ Kompetensi + N. 8 $ 2 2 % C P 2 7 S R ' ) G E + Q 1 1 P 2 7 S 338 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru 24. a. Luas alas prisma = 60 cm2 b. Luas permukaan prisma = 920 cm2 c. Volum prisma = 1.200 cm3 25. Petunjuk: Perhatikan ilustrasi gambar berikut. Misalkan $P P% () = a dan %C )G b Perhatikan prisma $P(.'4+. Kemudian bandingkan volume prisma $P(.'4+ dengan volume prisma P%)(.4CG+ Jadi, perbandingan volume prisma $P(.'4+ dan prisma P%)(.4CG+ adalah 1 : 2 26. Luas permukaan tangki/bejana = 13.000 Volume tangki/bejana = 72.000 27. Volume limas 7.$%C' = 48 cm3 Volume balok di luar limas 7.$%C' = 96 cm3 28. (i) Panjang diagonal bidang $%)( = 20 cm, diagonal bidang %CG) = 4 13 cm, dan diagonal bidang $%C' = 8 5 cm. (ii) Panjang diagonal ruang = 4 29 cm (iii) Luas bidang diagonal $%G+ = 64 13 cm2, bidang diagonal %C+( = 160 cm2, dan bidang diagonal %'+) = 96 5 cm2. 29. Luas permukaan limas (.$%C' = (16 + 4 2 ) cm2 Volume limas (.$%C' = 83 cm3 30. Waktu yang diperlukan = 400 menit atau 6 jam 40 menit $ % C P ' Q E + ) G a a a t t a b b b Kurikulum 2013 MATEMATIKA 339 Bab 9 Statistika Sumber: www.finance.detik.com $ktuaris adalah seorang ahli \ang dapat mengaplikasikan ilmu keuangan dan teori statistik untuk men\elesaikan persoalan-persoalan bisnis aktual. Persoalan ini umumn\a men\angkut analisis kejadian masa depan \ang berdampak pada segi finansial, khususn\a \ang berhubungan dengan besar pemba\aran pada masa depan dan kapan pemba\aran dilakukan pada waktu \ang tidak pasti. Secara umum, aktuaris bekerja di bidang konsultasi, perusahaan asuransi jiwa, pensiun, dan investasi. $ktuaris juga sedang merambah di bidang-bidang lainn\a, di mana kemampuan analitis diperlukan. Pada umumn\a aktuaris di Indonesia memiliki latar belakang pendidikan dari )MIP$ Matematika ataupun Statistika. 1amun ada sedikit aktuaris \ang berasal dari disiplin lain. $ktuaris di Indonesia ban\ak bekerja di perusahaan asuransi jiwa, sedangkan sisan\a bekerja di dana pensiun, konsultan aktuaria, dan saat ini merambah ke dunia investasi. 1ah, sekarang kalian sudah tidak ragu lagi belajar matematika dan statistika, kan" 7ertarik untuk mempelajari statistika" <uk, ikuti kegiatan mengenai statistika dan
Sumber: buku mtk kelas 8
Post a Comment for "KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3 halaman 127 128 129 130 131 132 133 134 bab 3"