Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.4 bab 8 halaman 165 166 167

✔️✅ Kami ucapkan terima kasi kepada adik adik telah berkunjung di blog kami ini, kami ingin meperkenalkan blog kami ini, blog kami ini berjudulkan ilmu edukasi, nama tersebut kami ambil karena memang kami akan berfukus pada pembahasan mengenai kunci jawaban dan pembahasan mengenai materi sekolah.

KUNCI JAWABAN matematika kelas 8  Ayo Kita Berlatih 8.3 bab 8 halaman 165 166 167
Kunci jawaban bab 9 bagain uji kompetensi 9,  sekolah merupakan hal yang sangat penting bagi seorang siswa dan siswi dikarenakan sekolah ada abang memberikan sebuah ilmu pengetahuan yang dapat digunakan mempersiapkan diri dalam menghadapi perkembangan zaman pada saat ini dimana perkembangan zaman membuat seorang harus mengirim mengikuti hal tersebut.

Kunci jawaban Matematika kelas 8

Sebelum masuk ke pembahasan kami juga ingin memberikan pembahasan yang berkaitan dengan tema kita kali ini yaitu mengenai kunci jawaban kelas 8, yang mana pembahasan yang ingin kami berikan siapa tau temen temen juga membutuhkannya, temen temen dapat mengklik tulisan di bahwa ini untuk mengakses pembahasannya:

  1. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.1
  2. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.2 
  3. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.3
  4. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.4
  5. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.5
  6. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.6 
  7. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.7
  8. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.8
  9. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 8
  10. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.1
  11. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.2 
  12. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.3

Kami juga membuat pembahasan dari pelajaran yang lainnya yang mungkin di butuhkan oleh temen temen, karena memang pembahasan yang kami berikan ini, dapat di pertanggung jawabkan, berikut ini pembahasan mengenai pelajaran kelas 8 yang dapat di akses dengan mengklik tulisanya.

  1. Kunci jawaban PAI kelas 8
  2. Kunci jawaban MTK kelas 8
  3. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  4. Kunci jawaban IPA kelas 8
  5. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  6. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
 dimana saat ini siapa saja dapat maafin aku informasi di internet baik itu di google ataupun di yang lainnya, salah satu yang dapat dimanfaatkan saat ini adalah dengan  mencari sumber-sumber kunci jawaban dari buku yang merupakan wujud dari perkembangan saat ini ini siaran dapat mengalir siapapun di internet.
 kunci jawaban adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menggunakan untuk  menyelesaikan tugas dengan tepat waktu.
 kunci jawaban sangatlah perlu dibahas secara khusus yang dimana karena kunci jawaban ini sangat berkaitan dengan nilai yang diperoleh nantinya garing itu diperlukan jawaban yang tepat dan benar.
 dalam membuat artikel yang  kakak buat ini kakak dalam membaca dan memahami apa yang diinginkan oleh soal barulah kemudian kakak mencoba untuk menjawab semaksimal yang kakak bisa sehingga tk merasa yakin jika kunci jawaban yang kakak buat ini dapat memberikan ataupun dapat menghantarkan para siswa dan siswi dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu dan dapat memperoleh nilai yang begitu besar yang nantinya akan dapat meningkatkan nilai rapot.

Kunci jawaban matematika kelas 8  Ayo Kita Berlatih 8.4

Kunci Jawaban Ayo Kita Berlatih 8.4 Kelas 8 Matematika Hal 165 Semester 2Kunci Jawaban Ayo Kita Berlatih 8.4 Kelas 8 Matematika Hal 165 Semester 2 Bab 8 Bangun Ruang Sisi Datar. Materi pada soal ini berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD) menentukan volume kubus dan balok. Bentuk soal semuanya esai dengan jumlah soal sebanyak 18 nomer. Dibawah ini soal dan jawaban ayo kita berlatih 8.4 kelas 8 matematika hal 165 semester 2 tentang bangun ruang sisi datar.

Ayo Kita Berlatih 8.4

1. Semua balok kecil memiliki ukuran yang sama. Tumpukan blok yang manakah yang memiliki volume yang berbeda dari yang lain?

1. Semua balok kecil memiliki ukuran yang sama. Tumpukan blok yang manakah yang memiliki volume yang berbeda dari yang lain?
Kunci jawaaban:
1. Volume balok = p × l × t
A.  Volume = 2 × 2 × 2
                  = 8 blok
B.  Volume = 3 × 4 × 1
                  = 12 blok
C.  Volume = 6 × 1 × 2
                   = 12 blok
D.  Volume = 3 × 2 × 2
                   = 12 blok
Ternyata volume blok B, C, dan D memiliki volume yang sama yaitu 12 blok.
Jadi volume blok yang berbeda dari yang lain adalah A yang memiliki 8 blok.


2. Gambar di samping menunjukkan tumpukan batu dengan ukuran sama. 

Pada tumpukan batu tersebut terdapat lubang. Berapa banyak tumpukan batu untuk menutupi lubang tersebut? A. 6 B. 12 C. 15 D. 18

Pada tumpukan batu tersebut terdapat lubang. Berapa banyak tumpukan batu untuk menutupi lubang tersebut?
A. 6
B. 12
C. 15
D. 18
Kunci jawaaban:
2. Jawab:
P lubang = 2
L lubang = 3
T lubang = 3
Volume lubang = P×L×T
= 2×3×3
= 12


3. Tentukan volume kubus yang luas alasnya 49 cm2 .
Kunci jawaaban:
3. S² = L.alas = 49
S=√49= 7
Vol = S³ = 7³ = 343cm³


4. Tentukan volume balok yang berukuran 13 cm × 15 cm × 17 cm.
Kunci jawaaban:
4.  Diketahui:
p = 13 cm
l = 15 cm
t = 17 cm
Ditanya:
V balok = ?
Jawab:
V balok = p x l x t
= 13 x 15 x 17
= 3315 cm^3


5. Sebuah bak mandi berbentuk kubus memiliki panjang rusuk 1,4 m. Tentukan banyak air yang dibutuhkan untuk mengisi bak mandi tersebut hingga penuh.
Kunci jawaaban:
5. Dik :
panjang rusuk = 1,4 m = 140 cm
maka :
V = rusuk³
   = 140³
   = 2.744.000 cm³ = 2.744 liter air


6. Sebuah kolam berbentuk balok berukuran panjang 5 m, lebar 3 m, dan dalam 2 m. Banyak air maksimal yang dapat ditampung adalah ….
Kunci jawaaban:
6. V balok = 5 x 3 x 2 = 30 m^3
Jadi volume air maksimal yg dapat ditampung adalah 30 m^3


7. Sebuah kolam berbentuk balok berukuran panjang 5 m, lebar 3 m dan kedalaman 2 m. Banyak air maksimal yang dapat ditampung adalah....m3
A. 62 m3
B. 40 m3
C. 30 m3
D. 15 m3
Kunci jawaaban:
7. Dik :
panjang = 74 cm
tinggi = 42 cm
V = 31.080
ditanya lebar ???
maka :
V = p x l x t
31.080 = 74 x 42 x lebar
31.080 = 3.108 x lebar
lebar    = 31.080 / 3.108
lebar    = 10 cm


8. Diketahui volume Sebuah balok 72 cm3. Tentukan luas permukaan minimal yang dapat dimiliki oleh balok tersebut
Kunci jawaaban:

8. Diketahui volume Sebuah balok 72 cm3. Tentukan luas permukaan minimal yang dapat dimiliki oleh balok tersebut

9. Jika keliling alas sebuah akuarium yang berbentuk kubus adalah 36 cm, maka tentukan volume akuarium tersebut.
Kunci jawaaban:
9. Kubus memiliki alas berbentuk persegi
Keliling persegi = 4 × sisi
keliling alas = 36 cm
4 × sisi = 36 cm
sisi = 36 cm : 4
sisi = 9 cm
Volume kubus = sisi × sisi × sisi
= 9 cm × 9 cm × 9 cm
= 729 cm³
Jadi, volume akuarium tersebut adalah 729 cm³.


10. Perbandingan panjang, lebar, dan tinggi sebuah balok adalah 5 : 3 : 4. Jika volume balok 480 cm3 , maka tentukan luas permukaan balok terebut.
Kunci jawaaban:
10. P:l:t =5:3:4
V =plt
   = 480 cm³
5a x 3a x 4a =480
              60a³ =480
                  a³=8
                  a=³√8
                   a=2
p=5a =5(2) =10 cm
l=3a=3(2)=6 cm
t=4a =4(2) =8 cm
L permukaan = 2(pxl +pxt+lxt)
                       =2(10x6 + 10x8 +6x8)
                       =2(60+80+48)
                       =2(188)
                       =376 cm²


11. Perbandingan panjang, lebar dan tinggi sebuah balok adalah p : l : t = 5 : 2 : 1, jika luas permukaan balok 306 cm², maka tentukan besar volume balok tersebut
Kunci jawaaban:
11. Lp Balok = 2 La + Ka x t
306 cm² = 2 ( 5 x 2) + 2 ( 5 + 2 ) x 1
306 cm² = 2 x 10 + 2 x 7 x 1
306 cm² = 20 + 14
306 cm² = 34
cm² = 306 : 34
cm² = 9
cm = 3
p = 5 x 3 = 15
l = 2 x 3 = 6
t = 1 x 3 = 3
V = p x l x t
V = 15 x 6 x 3
V = 270 cm³


12. Diketahui volume balok 100 cm3 . Bagaimana cara menemukan ukuran balok tersebut? Berapa banyak kemungkinan ukuran-ukuran yang kalian temukan?
Kunci jawaaban:
12. Diketahui volume balok adalah
V = p . l . t
⇔ 100 = p . l . t
Cara menemukan ukuran balok dengan kita mengetahui ukuran panjang (p), lebar (l), dan tinggi (t) dari balok tersebut.
Kemungkinan menentukan ukuran panjang, lebar dan tinggi sebagai berikut.
1. p = 10, l = 5, t = 2
2. p = 5, l = 4, t = 5
3. p = 5, l = 5, t = 4
dan lain-lainnya.


13. Sebuah balok mempunyai ukuran panjang 10 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 6 cm. jika panjang balok diperpanjang 6/5 kali, dan tinggi balok diperkecil 5/6 kali, maka tentukan besar perubahan volume balok itu
Kunci jawaaban:
13. Volume awal = 10 cm x 4 cm x 6 cm = 240 cm³.
Panjang balok menjadi 6/5 kali = 12 cm.
Tinggi balok diperkecil 5/6 kali = 5 cm.
Volume akhir = 12 cm x 4 cm x 5 cm = 240 cm³.


14. Sebuah balok berukuran panjang 12 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 4 cm. Apabila panjang dan tinggi balok di perbesar 1 1/2 kali, maka tentukan perbandingan volume balok sebelum dan sesudah di perbesar.
Kunci jawaaban:
14. Volume Balok
= p × l × t
= 12 × 8 × 4
= 384 cm³
Sebelum : Sesudah
= (p × l × t) : (1,5p × l × 1,5t)
= 384 : (384 × 2,25)
= 384 : 864
= 4 : 9


15. Sebuah tangki penampungan minyak tanah berbentuk prisma yang alasnya berupa belahketupat yang panjang diagonal-diagonalnya 4 m dan 3 m. Tinggi tangki 2,5 m. Pada dasar tangki terdapat keran yang dapat mengalirkan minyak tanah rata-rata 75 liter setiap menit. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengeluarkan minyak tanah dari tangki itu sampai habis?
Kunci jawaaban:
15. D₁ = 4m = 40dm
d₂ = 3m = 30dm
t. tangki = 2,5m = 25dm
V = d1 x d2 /2 x t
= 40x30 / 2 x 25
= 15000 lt
waktu yg diperlukan = 15000 : 75 = 200 menit atau 3 jam 20 menit.


16. Sebuah bak mandi berbentuk balok berukuran 50 cm×40cm×60cm,bak mandi ini akan diisi air dari kran dengan debit 2 2/3 liter per menit.lama waktu untuk mengisi bak mandi tersebut hingga penuh.
Kunci jawaaban:
16. V = p×l×t = 50×40×60 = 120.000 cm³ = 120 liter
t = volume/debit = 120/8/3 = 120×3/8 = 45 menit = 3/4 jam


17. Empat kubus identik dengan panjang rusuk 1 cm disusun menjadi suatu bangun ruang dengan cara menempelkan sisi-sisinya. Temukan banyak bangun ruang berbeda yang terbentuk.
Kunci jawaaban:
17. Banyak bangun ruang berbeda yang terbentuk ada sebanyak 8 buah


18. Perhatikan susunan kubus berikut ini.

Banyaknya susunan kubus pada k1 , k2 , k3 , dan seterusnya semakin bertambah dengan pola susunan seperti pada gambar di atas.
Banyaknya susunan kubus pada k1 , k2 , k3 , dan seterusnya semakin bertambah dengan pola susunan seperti pada gambar di atas.
a. Berapa banyak susunan kubus pada pola berikutnya (k4 )?
b. Berapa banyak susunan kubus pada k10?
Kunci jawaaban:
18.

Banyaknya susunan kubus pada k1 , k2 , k3 , dan seterusnya semakin bertambah dengan pola susunan seperti pada gambar di atas.

Rangkuman msteri

Volume Bangun  Ruang Sisi Datar  Pada kegiatan kali ini kalian akan mempelajari tentang volume kubus dan  balok. Perhatikan kubus satuan berikut ini. Gambar 8.16a adalah kubus satuan, yaitu kubus yang  ukuran rusuk-rusuknya 1 satuan.

KUNCI JAWABAN matematika kelas 8  Ayo Kita Berlatih 8.3 bab 8 halaman 165 166 167

  4  3  2  4  3  2  Gambar 8.16b Balok Balok berukuran 4 × 3 × 2 satuan pada Gambar 8.16b akan dimasukkan kubus  dari Gambar 8.16a berukuran 1 satuan.  Berapakah kubus satuan yang dibutuhkan untuk mengisi balok hingga penuh? Apakah banyak kubus satuan yang memenuhi balok hingga penuh merupakan 

 volume balok?  Gambar 8.16a  Kubus satuan   156 Kelas VIII SMP/MTs Semester II  Untuk lebih jelasnya ikutilah langkah-langkah kegiatan belajar berikut ini.  Ayo Kita Amati Perhatikan gambar susunan kubus berikut ini.  Tabel 8.4a Pengertian volume kubus No. Kubus  Banyak  kubus  satuan  Volume  (V)  1. Ada 8 kubus  V = 8  satuan  kubik  2. Ada 27  kubus  V = 27  satuan  kubik  3. Ada 64  kubus  V = 64  satuan  kubik   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 157  Tabel 8.4b Pengertian volume balok No. Balok  Banyak  kubus  satuan  Volume  (V)  1. Ada 8 kubus  V = 8

  satuan  kubik  2. Ada 8 kubus  V = 8  satuan  kubik  3. Ada 16  kubus  V = 16  satuan  kubik  4. Ada 12  kubus  V = 12  satuan  kubik  5. Ada 12  kubus  V = 12  satuan  kubik  6. Ada 24  kubus  V = 24  satuan  kubik   158 Kelas VIII SMP/MTs Semester II  Ayo Kita ?? Menanya Berdasarkan hasil pengamatan kalian, mungkin kalian bertanya dua hal  berikut. 1. Pada Tabel 8.4b, kenapa volume Gambar 1 dan 2 sama, padahal posisinya  berbeda?  2. Bagaimana menentukan alasnya dari kedua bangun tersebut? Sekarang cobalah buat pertanyaan yang serupa atau memuat kata-kata berikut. 1. “sisi alas” dan “kubus, balok” 2. “kubus” dan “balok” Tulislah pertanyaan kalian di lembar kerja/buku tulis.  =+  +  

Ayo Kita Menggali Informasi  Agar kalian menjadi lebih yakin dalam memahami konsep volume kubus  dan balok, cobalah perhatikan dengan cermat pada Tabel 8.5 berikut dan  lengkapilah.  Tabel 8.5a Volume Kubus No. Kubus  Banyak  kubus  satuan  Ukuran  satuan (p × l × t)  Volume  (V)  1.  2  2  2  Ada 8  kubus 2 × 2 × 2 = 23  V = 8  satuan  kubik   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 159  No. Kubus  Banyak  kubus  satuan  Ukuran  satuan (p × l × t)  Volume  (V)  2.  3  3  3  Ada 27  kubus  3 × 3 × 3 = 33  V = 27  satuan  kubik  3.  4  4  4  Ada 64  kubus  4 × 4 × 4 = 43  V = 64  satuan  kubik  4.  s  s  s  ... ... ...  1. Perhatikan pola susunan kubus pada tabel di atas. 2. Bandingkan banyaknya susunan kubus pada tabel di atas. 3. Perhatikan polanya untuk menentukan volume kubus secara umum.   160 Kelas VIII SMP/MTs Semester II  Tabel 8.4b Pengertian volume balok No. Balok  Banyak  kubus 

 satuan  Ukuran satuan (p × l × t)  Volume  (V)  1.  4 1  2 Ada 8  kubus 4 × 1 × 2   V = 8  satuan  kubik  2.  4  2  1  Ada 8  kubus  4 × 2 × 1  V = 8  satuan  kubik  3.  4  2  2  Ada 16  kubus  4 × 2 × 2   V = 16  satuan  kubik  4.  4  3  1  Ada 12  kubus  4 × 1 × 3   V = 12  satuan  kubik  5.  4  3  1  Ada 12  kubus  4 × 3 × 1   V = 12  satuan  kubik   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 161  No. Balok  Banyak  kubus  satuan  Ukuran satuan (p × l × t)  Volume  (V)  6.  4  3  2  Ada 24  kubus  4 × 3× 2  V = 24  satuan  kubik  7.   S  l  t  ... ... ...  1. Perhatikan pola susunan kubus pada tabel di atas. 2. Bandingkan banyaknya susunan kubus pada tabel di atas. 3. Perhatikan polanya untuk menentukan volume balok secara umum. Ayo Kita Menalar Berdasarkan hasil

pengamatan dan kegiatan menggali informasi yang telah kalian lakukan, coba diskusikan dengan kelompok kalian terhadap beberapa  pertanyaan berikut. Jika s  merupakan panjang sisi kubus, maka lengkapilah  Tabel 8.5a pada Gambar 4. Kemudian simpulkan  hubungan antara panjang sisi dengan volume Jika  S    O     dan t  merupakan panjang, lebar, dan tinggi  balok, maka lengkapilah Tabel 8.5b pada Gambar 7.  Kemudian simpulkan hubungan antara panjang,  lebar dan tinggi dengan volume. Pada Tabel 8.4 dan 8.5 kalian telah mengamati  dan menggali informasi tentang susunan kubus dan balok dengan susunan yang utuh, sekarang coba  kalian temukan banyaknya susunan kubus kecil  pada Gambar 8.18 berikut.  Gambar 8.18  Susunan kubus   162 Kelas VIII SMP/MTs 

Semester II  Ayo Kita Berbagi Setelah selesai menjawab, tukarkan hasil jawaban kalian dengan teman  sebangku. Kemudian bandingkan hasil jawabannya. Diskusikan. Tulislah simpulan kalian pada lembar kerja/buku tulis kalian.  Sedikit Informasi Untuk menambah pemahaman kalian tentang volume kubus dan balok,  sebaiknya kalian perhatikan contoh soal dan alternatif penyelesaiannya berikut ini.  Contoh 8.8 Perhatikan gambar balok di samping. Berapakah volumenya?  Penyelesaian  Alternatif  Balok di atas mempunyai  S= 12 cm, l = 8 cm, dan t = 5 cm. v = S× l × t  = 12 × 8 × 5  = 480 Jadi,

 volume balok tersebut adalah 480 cm3.  Contoh 8.9 Volume sebuah balok 72 cm3. Hitunglah luas permukaan minimal yang dapat  dimiliki oleh balok tersebut.  A  E  H G  D  B   )  C  12 cm  8 cm  5 cm   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 163  Penyelesaian  Alternatif  Perhatikan gambar balok berikut. Diketahui volume balok = 72 cm3  ⇒ v =  S× l × t = 72  Untuk mendapatkan luas permukaan minimal, maka diperoleh pola penjumlah  kebalikan dari ukuran balok tersebut, yaitu:  S  1 + 1l +   t  1 = pl plt  + pt + lt  Nilai terkecil dari jumlah kebalikan ukuran balok tersebut diperoleh jika  nilai plt  terbesar (maksimum) atau nilai-nilai  S, l, dan t  adalah sama atau  mempunyai selisih minimal dari tiga bilangan tersebut dan apabila tiga  bilangan tersebut dikalikan sama dengan 72, yaitu  S= 6, l = 4, dan t = 3. 

Dengan demikian luas permukaannya adalah L = 2( S  +O S  +Wlt)   = 2(6 × 4 + 6 × 3 + 4 × 3)   = 108 Jadi, luas permukaan minimal yang dapat dimiliki oleh balok tersebut adalah 108 cm2.  Contoh 8.10 Perhatikan susunan kubus berikut ini.  k1 k2 k3 Gambar 8.17 Susunan kubus berpola Banyaknya susunan kubus pada k1, k2, k3, dan seterusnya semakin bertambah  dengan pola susunan seperti pada gambar di atas.  a. Berapa banyak susunan kubus pada pola berikutnya (k4)? b. Berapa banyak susunan kubus pada k10?   S  l  t   164 Kelas VIII SMP/MTs Semester II  Penyelesaian  Alternatif Banyak susunan kubus pada k1 adalah 4

 kubus Banyak susunan kubus pada k2 adalah 9 kubus Banyak susunan kubus pada k3 adalah 16 kubus Perhatikan pola berikut ini. k1 ⇒ 4 kubus: 2 × 2 ⇒ 22 = (1 + 1)2 kubus k2 ⇒ 9 kubus: 3 × 3 ⇒ 32 = (2 + 1)2 kubus k3 ⇒ 16 kubus: 4 × 4 ⇒ 42 = (3 + 1)2 kubus maka  k4 ⇒ 25 kubus: 5 × 5 ⇒ 52 = (4 + 1)2 kubus ..... ..... Sehingga kn ⇒ .... kubus: ... × ... ⇒ ....2 = (n + 1)2 kubus Dengan demikian kita sudah mempunyai bentuk umumnya, yaitu kn = (n + 1)2  kubus Jadi, untuk k4 adalah k4 = (4 + 1)2 = 52 = 25 kubus  k10 adalah k10 = (10 + 1)2 = 112 = 121 kubus Ayo Kita Mencoba Kemudian pada uraian Sedikit Informasi kalian telah memahami Contoh 8.9  dan alternatif penyelesaiannya. Sekarang,

diskusikan jika kasusnya seperti berikut. Sebuah tugu akan dibangun dengan menumpuk  kubus-kubus beton yang rusuknya 10 cm, seperti  tampak pada Gambar 8.19 berikut. Antar sisi-sisi  kubus yang berdempetan dan sisi kubus dengan  lantai akan direkat dengan semen setebal 1 cm.  Jika tinggi tugu yang diinginkan adalah 21,99  m, berapa banyak kubus beton yang diperlukan? Gambar 8.19 Kubus beton   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 165  !  ?  !  ?  

Sekian soal dan jawaban ayo kita berlatih 8.4 kelas 8 matematika hal 165 semester 2 tentang bangun ruang sisi datar yang dapat kami tulis. Jika ada kata atau jawaban yang kurang dipahami Anda bisa bertanya kepada kami melalui kontak pada blog ini. Semoga soal dan kunci jawaban materi BRSD ini dapat mempermudah dalam kegiatan belajar Anda.

Sumber:buku mtk kelas 8

Post a Comment for "KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.4 bab 8 halaman 165 166 167"