Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2 Halaman 17 bab 1

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2 Halaman 17 bab 1 SEMESTER 1 pembahasan soal mtk kelas 2 smp ayo kita berlatih halaman 17 bab 1 pola bilangan semester 1 KELAS 2 SMP 1. Berapa banyak ubin warna putih, ketika ubin warna bi jalan menulis artikel yang kakak bukan ini kakak berharap adek-adek sekalian manusia dengan teliti karang boleh jadi membalasnya kelembutan ini ada yang jawaban dari soalnya borong kapan mulai tadi sekalian.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2 Halaman 17 bab 1
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2

 hari-hari sekalian dapat memperbaiki kunci jawaban tersebut dan dapat menulis di kolom komentar  jawaban tepat dan benar hingga menjauh bangun kepadamu balapan saya perbaiki dan sehingga orang menggunakan kunci jawaban yang kakak bukan ini dapat memperoleh nilai yang lebih baik lagi.jika ada jawaban yang salah kakak berharap  adik-adik dapat memahami hal tersebut karena di sini kagak telah berusaha semaksimal yang tak bisa dalam menjawab dari tugas-tugas yang adek-adek sumber berikan.

  1. Kunci jawaban PAI kelas 8
  2. Kunci jawaban MTK kelas 8
  3. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  4. Kunci jawaban IPA kelas 8
  5. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  6. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8

tugas pada hari ini karena tugas semalam merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk mengasah kemampuan seorang siswa di mana lagu-lagu tenggelam berlatih untuk mengetahui apakah seorang siswa telah memahami apa yang disampaikan oleh guru.

dalam lagi akan diadakan ujian akhir semester di mana lu yang tersebut adalah menentukan naik kenaikan kelas sebagai ade kan sekalian gimana nilai yang diperoleh dari ujian tersebut memiliki bobot yang sangat buas besar yaitu 40% dari yang 100%.

Kunci Jawaban MTK Kelas 8

 oleh karena itu kakak ingin mengajak bahasanya kepada adik-adik sekalian untuk selalu mengerjakan mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian tersebut salah satunya dengan cara membaca atau memahami arti karangtengah buat ini sebagai kelas satu media yang dapat digunakan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian yang akan datang

  1. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
  2. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2
  3. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.3
  4. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.4
  5. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
  6. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 1
  7. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1
  8. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2
  9. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3
  10. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2
  11. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1
  12. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
  13. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
  14. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
  15. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3

semoga dengan begitu adek adek sekalian data menjawab jawablah soal-soal yang ada di ujian tersebut dengan mudah karena sudah terbiasa dari haha dari soal-soal tersebut. inilah pembahasan yang gambar kedua berikan kali ini semoga pembahasan yang kakak berikan kali ini bermanfaat.

Kunci Jawaban MTK Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2

 jangan lupa untuk mendukung belakang kalau gua ini jangan cara membagi yang artinya yang ke kebon ini kepada teman-teman yang meng mengerjakan tugas yang sama dan jangan lupa untuk mengikuti modifikasi di atas untuk mengetahui update terbaru dari etika terbuat ini semoga bermanfaat bandara teka-teki sudah nih

Ayo Kita Berlatih 1.2 Semester 1

1. Berapa banyak ubin warna putih, ketika ubin warna biru sebanyak 400 ubin

Kunci jawaban:
Perhatikan pola atau gambar pertama
Jumlah seluruh persegi 3 x 3 = 9
Jumlah yang berwarna biru 1 x 1 = 1
Jumlah yang berwarna putih 9 - 1 = 8
Gambar kedua
Jumlah seluruh persegi 4 x 4 = 16
Jumlah yang berwarna biru  2 x 2 = 4
Jumlah yang berwarna putih 16 - 4 = 12
Gambar ketiga
Jumlah seluruh persegi 5 x 5 = 25
Jumlah yang berwarna biru 3 x 3 = 9
Jumlah yang berwarna putih 25 - 9 = 16
Perhatikan pola bilangan untuk persegi warna biru
1  → 1 x 1 = 1²
4 → 2 x 2 = 2²
9 → 3 x 3 = 3²
Dari situ dapat disimpul pola untuk yang berwarna biru = n²
Perhatikan pola bilangan untuk persegi warna putih
8 → 4 + 4.1
12 → 4 + 4.2
16 → 4 + 4.3
Dari pola diatas dapat disimpulkan untuk persegi warna putih polanya 4 + 4n
1. Ubin warna biru = n²
n² = 400
n = √400
n = 20
Ubin warna putih
= 4 + 4.n
= 4 + 4.20
= 4 + 80
= 84


2. Berapa banyak ubin warna putih, ketika ubin warna biru sebanyak 625 ubin?

Kunci jawaban:
Ubin warna biru = n²
n² = 625
n = √625
n = 25
Ubin warna putih
= 4 + 4.n
= 4 + 4.25
= 4 + 100
= 104


3. Berapa banyak ubin warna putih, ketika ubin warna biru sebanyak 900 ubin?

Kunci jawaban:
Ubin warna biru = n²
n² = 900
n = √900
n = 30
Ubin warna putih
= 4 + 4.n
= 4 + 4.30
= 4 + 120
= 124


4. Berapa banyak ubin warna putih, ketika ubin warna biru sebanyak 160.000 ubin?

Kunci jawaban:
Ubin warna biru = n²
n² = 160.000
n = √160.000
n = 400
Ubin warna putih
= 4 + 4.n
= 4 + 4.400
= 4 + 1600
= 1604


5. Berapa banyak ubin warna putih, ketika ubin warna biru sebanyak 250.000 ubin?

Kunci jawaban:
Ubin warna biru = n²
n² = 250.000
n = √250.000
n = 500
Ubin warna putih
= 4 + 4.n
= 4 + 4.500
= 4 + 2000
= 2004


6. Berapa banyak ubin warna biru, ketika ubin warna putih sebanyak 108 ubin?

Kunci jawaban:
Ubin warna putih = 4 + 4.n
4 + 4.n = 108
4.n = 108 - 4
4.n = 104
n = 104/4
n = 26
Ubin warna biru = n²
= 26²
= 26 x 26
= 676


7. Berapa banyak ubin warna biru, ketika ubin warna putih sebanyak 808 ubin?

Kunci jawaban:
Ubin warna putih = 4 + 4.n
4 + 4.n = 808
4.n = 808 - 4
4.n = 804
n = 804/4
n = 201
Ubin warna biru = n²
= 201²
= 201 x 201
= 40.401


8. Berapa banyak ubin warna biru, ketika ubin warna putih sebanyak 10.008 ubin?

Kunci jawaban:
. Ubin warna putih = 4 + 4.n
4 + 4.n = 10.008
4.n = 10.008 - 4
4.n = 10.004
n = 10.004/4
n = 2501
Ubin warna biru = n²
= 2501 x 2501
= 6.255.001


9. Berapa banyak ubin warna biru, ketika ubin warna putih sebanyak 1.304 ubin?

Kunci jawaban:
Ubin warna putih = 4 + 4.n
4 + 4n = 1304
4n = 1300
n = 325
Ubin warna biru = n²
= 325²
= 105.625


10. Berapa banyak ubin warna biru, ketika ubin warna putih sebanyak 2.124 ubin?

Kunci jawaban:
Ubin putih
4 + 4n = 2.124
4n = 2120
n = 2120/4
n = 530
Ubin warna biru
= n²
= 530²
= 280.900

 tips memperoleh nilai yang sempurna dari tugas yang diberikan oleh guru yang pertama yang dapat dilakukan adik-adikku sekalian yaitu tidak menunda nanda tugas yang diberikan oleh guru kalau bisa adik-adikku sekalian mengerjakan tugas pada hari itu saja pada hari ketiga atau jasa tersebut diberikan.

hai adik-adik sekalian selamat datang di blog kakak ini, blog kakak ini membahas mengenai topik yang sangat penting bagi adik-adik sekalian yaitu kakak harga membahas topik yaitu mengenai dunia pendidikan yang mana topinya agak-agak bahas kali ini adalah mengenai kunci jawaban dari tugas adik-adik sekalian.

 untuk itu adik-adik sekalian kakak berharap untuk selalu memperhatikan dan membaca secara detail artikel yang ngebuat ini, kunci jawaban sangatlah penting dibahas dikarenakan kunci jawaban sangatlah membantu bagi sih adik-adik sekalian dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru di mana

Rangkuman MTK kelas 8 bab 1

Bab  1  Dalam kehidupan sehari-hari, banyak hal yang  berhubungan dengan pola  bilangan. Misalnya pola penataan rumah, pola penataan kamar hotel, pola  penataan kursi dalam suatu stadion, pola nomor buku di perpustakaan,  dan lain sebagainya. Dengan memahami pola bilangan, kalian bisa  menata banyak hal dengan lebih teratur. 

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2 Halaman 17 bab 1
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2

Masalah yang sudah kita pecahkan sebelumnya terlihat mudah, karena pola  bilangannya teratur dengan selisih yang sama pada unsur-unsur yang berurutan  pada pola tersebut. Sekarang mari kita mencoba melihat pola bilangan yang  lain.  Contoh 1.6  Rusda mempunyai suatu mesin fungsi yang mengolah masukan berupa  bilangan. Mesin tersebut menggunakan empat operasi dasar aritmetika  (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) baik satu maupun  kombinasi beberapa operasi. Berikut luaran yang dihasilkan untuk masukan  1 hingga 5.   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 13  Tabel 1.7 Masukan beberapa bilangan Masukan Luaran 1 2 3 4 5  1 9 29 67 129 Tentukan luaran yang dihasilkan saat dimasukkan bilangan 9.  Ayo Kita Amati Untuk menentukan luaran saat dimasukkan bilangan 9 pada mesin tersebut  tentu kalian cukup menemui kesulitan. Kita bisa menentukan luaran yang  dihasilkan jika kita mengetahui proses yang terjadi dalam mesin tersebut.  Oleh karena itu, kalian mencoba membuat pola yang terbentuk dari masukan  dan luaran yang sudah ditunjukkan tersebut.  Tabel 1.8 Contoh Pola Masalah 1.6 Masukan (x) Hasil x3 Selisih hasil  dengan  x3 1 2 3 4 5  .  .  x  1 9 29 67 129  .  .  ?  1 8 27 64 125  .  .  x3  1 í 1 2 í 1 1 3 í 1 2 4 í 1 3 í 1 4  .  .  x – 1  Dengan memerhatikan pola yang terbentuk kita mendapatkan pola hasil  luarannya adalah bilangan masukan dikalikan sebanyak tiga kali kemudian  ditambah dengan bilangan masukan kemudian dikurangi satu. Jika masukan  disimbolkan dengan x, luarannya í Dengan kata lain, jika kalian memasukkan bilangan “9”, maka luarannya  adalah 3   14 Kelas VIII SMP/MTs Semester I  Ayo Kita Mencoba  Tentukan luaran yang dihasilkan jika dimasukkan bilangan: a. 10 b. 20 c. 100  Contoh 1.7  Temukan dua suku berikutnya dari pola barisan berikut 5, 11, 23, 47, ...  Ayo Kita Amati  Jawaban Iqbal Iqbal melihat pola bahwa suku kedua adalah dua kali suku pertama ditambah  satu, suku ketiga adalah dua kali suku kedua ditambah satu, dan seterusnya.  Berikut penjabarannya Suku pertama  = 5 Suku kedua = 2 × 5 + 1 = 11 Suku ketiga = 2 × 11 + 1 = 23 Suku keempat = 2 × 23 + 1 = 47 (Secara aljabar, rumus suku-suku berikutnya adalah Suku ke-(n + 1) = 2n + 1,  dimana n adalah suku berikutnya) Dengan melihat keteraturan pola tersebut, Iqbal meneruskan hingga  menemukan suku kelima dan keenamnya Suku kelima 2 × 47 + 1 = 95 Suku keenam 2 × 95 + 1 = 191 Jadi, dua suku berikutnya adalah 95 dan 191.   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 15  Jawaban Wulan Wulan melihat pola bahwa selisih suku-suku tersebut secara berurutan adalah  6, 12, 24, dan seterusnya. Selisih tersebut tersebut ternyata teratur dua kali  lipat dari selisih antara suku sebelumnya. Dengan melihat keteraturan tersebut,  Wulan menebak bahwa selisih suku keempat dengan suku kelima adalah 48,  selisih suku kelima dengan keenam adalah 96. Dengan begitu, Wulan dapat  menentukan suku kelima = 47 + 48 = 95, suku keenam = 95 + 96 = 191. Jadi, dua suku berikutnya adalah 95 dan 191.   Ternyata, jika kita amati Iqbal dan Wulan menggunakan cara yang berbeda, tetapi  menghasilkan hasil akhir sama. Dari sini kita mungkin juga akan menemukan  beberapa cara berbeda dalam memecahkan suatu masalah terkait pola.  Ayo Kita Mencoba  Tentukan dua bilangan dari pola barisan pada Contoh Pola 1.7 untuk suku: a. ke-7 dan 8. b. ke-11 dan 12.  Contoh 1.8 Pak Evan membuat beberapa desain kolam berbentuk persegi. Tiap-tiap kolam  mempunyai bentuk persegi pada area penampung air dan diberi ubin warna  biru. Di sekitar kolam dikelilingi oleh pembatas yang dipasang ubin warna  putih. Gambar berikut menunjukkan desain tiga kolam terkecil.  Kolam 1 Kolam 2 Kolam 3 Gambar 1.6 Kolam 1, 2, dan 3 Berapa banyak ubin warna putih, ketika ubin warna biru sebanyak 1.000 ubin?   16 Kelas VIII SMP/MTs Semester I 16 Kelas VIII SMP/MTs Semester I  Ayo Kita Amati  Mari melihat pola yang terbentuk dari susunan ubin tersebut. Tabel 1.9 Jumlah ubin pada setiap kolam  Kolam Ubin biru Ubin putih 1 2 3  1 × 1 = 1 2 × 2 = 4 3 × 3 = 9  8 12 = 8 + (1 × 4) 16 = 8 + (2 × 4)  Dari tabel tersebut, kita dapat melihat pola bahwa jumlah ubin warna biru  adalah kuadrat dari urutan kolam. Sedangkan jumlah ubin warna putih selalu  bertambah 4. Dengan melihat pola yang terbentuk, kita dapat melanjutkan  tabel menjadi tabel berikut. Tabel 1.10 Jumlah ubin pada kolam 4, 5, dan 6 Kolam Ubin biru Ubin putih 4 5 6  4 × 4 = 16 5 × 5 = 25 6 × 6 = 36  20 = 8 + (3 × 4) 24 = 8 + (4 × 4) 28 = 8 + (5 × 4)  Dengan bantuan tabel tersebut, kita dapatkan jawaban bahwa ketika ubin  warna biru sebanyak 36 ubin, maka ubin warna putihnya adalah 28.  Lalu, bagaimana dengan soal b? Apakah kalian akan meneruskan tabel hingga  pola ke-100? Cara tersebut bisa dilakukan, tetapi kurang efektif. Lebih efektif  jika kita bisa melihat pola ubin putih. Jika kalian perhatikan, ubin sebanyak  10.000 itu adalah urutan ke-100 dari pola, karena akar kuadrat dari 10.000  adalah 100. Oleh karena itu, banyak ubin putih adalah 8 + (99 × 4) = 404. 

Sumber: buku matematika kelas 8

Post a Comment for "KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2 Halaman 17 bab 1"