KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Halaman 263 bab 9
✔️✅Hallo temen temen selamat datang di blog ilmu edukasi, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sebuah penbahasan yang berkaitan dengan dunia pendidikan, karena memang blog yang kami buat ini khusus untuk membahas mengenai dunia pendidikan.
Kali ini kami akan mengambil satu tema yang sangat penting menurut kami yang mana tema ini kami bahas karena kami melihat banyak sekali para temen temen yang kesulitan dalam menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru mengenai pembaasan ini.
Hari ini kami akan membahas mengenai KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Halaman 263 bab 9.yang mana tema ini kami ambil karena kami yakin jika kami memberikan pembahasan ini kepada teman teman, maka teman teman dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu dan memperoleh nilai yang memuaskan
Kunci jawaban Matematika kelas 8
Sebelum masuk ke pembahasan kami juga ingin memberikan pembahasan yang berkaitan dengan tema kita kali ini yaitu mengenai kunci jawaban kelas 8, yang mana pembahasan yang ingin kami berikan siapa tau temen temen juga membutuhkannya, temen temen dapat mengklik tulisan di bahwa ini untuk mengakses pembahasannya:
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.1
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.2
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.3
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 uji kompetensi 10
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.3
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.2
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.1
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Uji Kompetensi semester 2
Pembahasan di atas merupakan pembahasan yang kami buat, kami yakin jika pembahasan yang kami berikan ini, dapat memberikan nilai yang memuaskan kepada temen temen karena memang kami dalam membuat pembahasan tersbeut bukanlah asal asalan.
Melaikan kami telah membaca dan memahami apa yang diinginkan oleh soal, sehingga kami dapat menjawabnya semaksimal yang kami bisa, dan tak jarang juga kami mencari pembahasan dari situs situs lain.
Hal ini kami lakukan supaya kami dapat menyimpulkan mana kunci jawaban matematikan ini yang paling tepat dan benar, sehingga nantinya temen temen yang menggunakan pembahasan yang kami berikan dapat memperoleh nilai yang begitu besar
Kami juga membuat pembahasan dari pelajaran yang lainnya yang mungkin di butuhkan oleh temen temen, karena memang pembahasan yang kami berikan ini, dapat di pertanggung jawabkan, berikut ini pembahasan mengenai pelajaran kelas 8 yang dapat di akses dengan mengklik tulisanya.
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
Daftar Isi
Kawaban Buku Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Statistika Hal 263 Semester 2
Pembahasan matematika ini dapat temen temen tulis di bawah karena memang kami dalam memberikan pembahasan ini agar temen temen dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu dan dapat memperoleh nilai yang memuaskan.
Pembahasan ini kami yakin akan sengat membantu seklai, sebelumnya kami mohon maaf jika ada jawaban yang salah dalam proses menjawab soal ini karena kami telah berusha semaksimal yang kami bisa sehingga kami yakin jika ada jawaban yang salah itupun tidaklah begitu banyak.
» Soal Matematika» Tuesday, December 17, 2019Jawaban Buku Matematika Kelas Uji Kompetensi 9 Statistika Hal 263 Semester 2. Soal materi statistika ini terdiri dari 20 soal berbentuk pilihan ganda dan 10 soal berbentuk uraian. Berikut soal dan jawaban buku matematika kelas 8 uji kompetensi bab 9 statistika hal 263 semester 2.
Uji Kompetensi Bab 9 Statistika
A. Pilihan Ganda
1. Diagram berikut menunjukkan data penjualan di suatu perusahaan motor.
Pada tahun berapakah terjadi kenaikan penjualan motor sebesar 20%?
A. 2007
B. 2009
C. 2010
D. 2011
Kunci Jawaban A
2. Diberikan data yang sudah terurut sebagai berikut. 14, 16, 18, x – 3, 20, 22, x + 2. Median dari data tersebut adalah 19. Berapakah nilai x?
A. 19
B. 20
C. 21
D. 22
Kunci Jawaban D
3. Berikut ini diagram nilai ulangan matematika siswa kelas VIII A.
Median dari nilai ulangan matematika siswa kelas VIII A adalah ....
A. 6,5
B. 7
C. 7,5
D. 8
Kunci Jawaban D
4. Data berat badan (dalam kg) sekelompok balita di Posyandu Kasih Bunda sebagai berikut.
16 19 20 21 19 16 21 16 17 20 16 20 17 16 21 17 18 18 18 16 16 19 19 20 20 21 17 18 18 20 16 19
Modus data di atas adalah ....
A. 16
B. 18
C. 19
D. 20
Kunci Jawaban A
5. Perhatikan tabel berikut.
Median data di atas adalah ....
A. 6,5
B. 7,0
C. 7,5
D. 8,0
Kunci Jawaban C
6. Rata-rata lima belas bilangan adalah 49,4. Rata-rata lima bilangan pertama adalah 55. Rata-rata enam bilangan terakhir adalah 45. Ratarata empat bilangan yang lain adalah ....
A. 46
B. 47
C. 48
D. 49
Kunci Jawaban D
7. Suatu kelas terdiri atas 30 siswa baru saja mengikuti tes tulis. Jika 20 siswa mendapat nilai 80, 8 siswa mendapat nilai 90, dan 2 siswa mendapat nilai 100, berapakah rata-rata nilai kelas pada tes tulis ini?
A. 82
B. 84
C. 86
D. 88
Kunci Jawaban B
8. Rata-rata berat badan dari 200 ikan hasil tangkapan di laut lepas adalah 50 kg. Pada saat diperiksa ulang, ternyata terdapat kesalahan tulis yaitu 92 dan 8 berturut-turut seharusnya adalah 192 dan 88. Rataan yang benar adalah ....
A. 50,9
B. 53,9
C. 55,9
D. 59,9
Kunci Jawaban A
9. Diketahui data nilai ulangan Matematika dari 15 orang siswa sebagai berikut.
7, 5, 4, 6, 5, 7, 8, 6, 4, 4, 5, 9, 5, 6, 4 Banyak siswa yang nilainya di atas rata-rata adalah .... siswa
A. 4
B. 5
C. 6
D. 7
Kunci Jawaban D
10. Nilai rata-rata ulangan Matematika dari suatu kelas adalah 7. Apabila dua siswa yang baru mengikuti ulangan susulan yang nilainya 4 dan 6 digabungkan, maka nilai rata-rata kelas itu turun 0,1. Banyak siswa semula adalah ....
A. 36
B. 38
C. 40
D. 42
Kunci JawabanB
11. Mean dari empat bilangan bulat: 4, a, b, dan 5 sama dengan median data tersebut, yaitu 6. Selisih bilangan terbesar dan terkecil sama dengan ....
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
Kunci JawabanB
12. Dari 10 data pengamatan diketahui bahwa median adalah dua lebihnya dari jangkauan. Bila semua data dikalikan dua kemudian dikurangi 3, maka jumlah dari median dan jangkauan menjadi 21. Jangkauan data mula-mula adalah ....
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
Kunci Jawaban C
13. Kuartil bawah dari data 12, 13, 11, 6, 4, 9, 3, 7, 6, 5, 9, adalah ....
A. 4
B. 5
C. 6
D. 7
Kunci Jawaban B
14. Diberikan diagram nilai ulangan Matematika siswa kelas VIII C seperti berikut.
Kuartil atas dari data di atas adalah ....
A. 6,25
B. 7,5
C. 8,25
D. 9,5
Kunci JawabanC
15. Tabel berikut ini menunjukkan lama tidur di waktu malam (dalam jam) beberapa siswa kelas VIII.
Dari tabel di atas, diperoleh informasi sebagai berikut.
(1) Median = 6
(2) Q1 = 5
(3) Q3 = 7,5
Pernyataan yang benar adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (1), (2), dan (3)
Kunci JawabanA
16. Simpangan kuartil dari 7, 4, 5, 6, 7, 5, 4, 7, 8, 9, 6 adalah ....
A. 1
B. 2
C. 2,5
D. 3
Kunci Jawaban A
17. Diketahui data sebagai berikut. 4, 5, 5, 7, 3, 2, 4, 6, 7, 4 Pernyataan berikut yang salah adalah ....
A. Modus = 4
B. Median = 5
C. Mean = 4,7
D. Q3 = 6
Kunci JawabanB
18. Diagram berikut menunjukkan nilai ulangan susulan mata pelajaran IPS beberapa siswa kelas VIII.
Dari diagram di atas, nilai mean + median + modus = ....
A. 4
B. 5 7/9
C. 6 4/5
D. 8
Kunci Jawaban C
19. Tabel di bawah menunjukkan usia 20 anak di suatu kelas, 2 tahun yang lalu. Bila pada tahun ini tiga orang yang berusia 7 tahun dan seorang yang berusia 8 tahun pindah sekolah, maka usia rata-rata 16 orang yang masih tinggal pada saat ini adalah ... tahun.
A. 7
B. 8 2/1
C. 8 3/4
D. 9
Kunci JawabanD
20. Dari 50 siswa terdapat 20 siswa yang mendapat nilai kurang dari 45 dan 10 siswa mendapat nilai lebih dari 76. Bila nilai yang dapat dicapai adalah bilangan bulat dari 0 sampai 100, maka nilai rata-rata 50 siswa tersebut tidak mungkin sama dengan ....
A. 43
B. 50
C. 65
D. 73
Kunci Jawaban A
Kunci jawaban Matematika uji kompetensi 9 bagain ka B. Esai
Berikut ini merupakan pembaasan mengenai kunci jawaban matematika kelas 8 uji kompentensi 9 bagain essay, yang mana pembahasan ini kami buat agar temen temen dapat memperoleh nilai yang memuskan. kami harap temen temen membagikan kunci jawaban ini dengan teman teman yang sedang menegrjakan tugas yang sama.
1. Diagram batang di bawah ini menunjukkan data banyak anak pada tiap-tiap keluarga di lingkungan RT 5 RW 1 Kelurahan Sukajadi. Sumbu horizontal menunjukkan data banyak anak pada tiap-tiap keluarga, sedangkan sumbu vertikal menyatakan banyaknya keluarga yang memiliki anak dengan jumlah antara 0 sampai dengan 5.
a. Tentukan total banyaknya keluarga dan banyak anak dalam lingkungan tersebut.
b. Berapa jumlah keluarga yang mempunyai anak lebih dari 2?
c. Berapa persentase keluarga yang tidak mempunyai anak?
d. Berapa rata-rata banyak anak pada setiap keluarga?
e. Berapa median dan modus dari data tersebut?
f. Tentukan jangkauan, kuartil atas, kuartil bawah, dan jangkauan interkuartil dari data di atas.
g. Dalam catatan Pak RT, rata-rata banyak anak pada tiap keluarga menjadi 3 sesudah ada dua puluh keluarga pendatang yang masuk ke dalam lingkungan tersebut. Berapa rata-rata banyak anak pada kedua puluh keluarga pendatang tersebut?
h. Jika terdapat lima keluarga pendatang dan setiap keluarga tersebut memiliki 2 anak, apakah ada perubahan pada mean, median, dan modus? Jika ada, tentukan mean, median, dan modus yang baru.
Kunci Jawaban
banyak anak = (6 x 0) + (1 x 11) + (2 x 7) + (3 x 9) + (4 x 4) + (5 x 2)
= 0 + 11 + 14 + 27 + 16 + 10
= 78 anak
b. jawab : 15 keluarga
c. 6/39 x 100% = 15,38%
d rata" banyak anak tiap keluarga = jumlah anak / jumlah keluarga
= 78 / 39
= 2 anak
e. Median = 2 dan modus = 1.
f Jangkauan = 5; kuartil atas = 3, kuartil bawah = 1, jangkauan interkuartil = 2.
g. Rata-rata banyak anak pada keduapuluh keluarga pendatang adalah 5 anak tiap keluarga.
2. Jumlah siswa laki-laki kelas IX A SMP Ceria adalah 16 orang dengan berat badan rata-rata adalah 50 kg. Jelaskan secara singkat langkahlangkah untuk mengukur berat badan ke-16 siswa tersebut.
Kunci Jawaban
Mean (Rata - rata) = Jumlah data/Banyak data
50 = Jumlah data/16
50 × 16 = Jumlah data
800 = Jumlah Data
3. Pak Tono memiliki kebun mangga sebanyak 36 pohon, rata-rata panen dari tahun 2013-2017 adalah 373 kg. Tentukan nilai x.
Kunci Jawaban
↔ 373 = (432 + 330 + x + 397 + 365)/5
↔ 373 = (1.524 + x)/5
↔ 373 × 5 = 1.524 + x
↔ 1.865 = 1.524 + x
↔ x = 1.865 – 1.524 = 341
Jadi, banyaknya panen pada tahun 2015 adalah 341 kg
4. Terdapat 8 bilangan dengan rata-rata 18. Enam bilangan di antaranya adalah 16, 17, 19, 20, 21, dan 14. Sisa dua angka bila dijumlahkan sama dengan 2x. Berapakah nilai x?
Kunci Jawaban
[16 + 17 + 19 + 20 + 21 + 14 + 2x] / [8] = 18
Ingat, 2x adalah jumlah dua data lainnya
107 + 2x = 144
2x = 37
Jadi nilai x = 37/2 = 18,5
5. Winda telah mengikuti beberapa kali ujian matematika. Jika Winda memperoleh nilai 94 pada ujian yang akan datang, nilai rata-rata seluruh ujian matematikanya adalah 89. Tetapi jika ia memperoleh nilai 79 maka nilai rata-rata seluruh ujian matematikanya adalah 86. Dari informasi tersebut, berapa banyak ujian yang telah diikuti oleh Winda sebelumnya?
Kunci Jawaban
x+79=86x+86
15 = 3x+3
12=3x
x=4
6. Diketahui data nilai ujian akhir semester siswa kelas VIII A SMP Ceria di bawah ini.
Jika nilai ujian akhir semester siswa di kelas tersebut memiliki nilai rata-rata 7,5, tentukan nilai mediannya.
Kunci Jawaban
7. Kelas VIII A SMP Ceria memiliki siswa sebanyak 32 orang. Pada Ujian Tengah Semester diketahui nilai rata-rata pada mata pelajaran matematika adalah 75, sedangkan nilai rata rata pada mata pelajaran IPA adalah 62,4. Pada kelas VIII D, rata-rata nilai matematika yang diperoleh adalah 71,6. Jika nilai rata-rata gabungan kelas VIII A dan kelas VIII D untuk mata pelajaran matematika dan IPA masing-masing adalah 73,2 dan 66, tentukan nilai rata-rata mata pelajaran IPA untuk kelas VIII D.
Kunci Jawaban
6.4 + 7.8 + 8.n + 9.2 + 10.2 = 7,5.(16+n)
118+8n = 120+7,5n
0,5n = 2
n = 4
nilai median = ( 7+7)/2
= 7
8. Data berikut menunjukkan hasil Ujian Akhir Semester mata pelajaran IPA kelas VIII.
Jika pihak sekolah memberlakukan aturan bahwa siswa yang memiliki nilai Ujian Akhir Semester lebih dari atau sama dengan nilai rata-rata akan diluluskan, dan siswa yang memiliki nilai di bawah nilai rata-rata tidak lulus, tentukan persentase banyak siswa yang tidak lulus pada Ujian Akhir Sekolah untuk mata pelajaran IPA tersebut (Bulatkan sampai dua tempat desimal).
Kunci Jawaban
5 21
6 15 & nbsp;
7 20
8 16
9 8
10 5
x = 5 x 2 + 6 x 15 +7 x 20 +8 x 16 + 9 x 8 + 10 X 5 / 85
= 10 + 90 + 140 + 128 + 72 + 50 / 85
= 490 / 85
= 5, 76
Siswa tidak lulus = 21/85 x 100 % =24,7%
9. Perbandingan jumlah perempuan dan laki-laki dalam satu kelas adalah 3 : 2 dan jumlah perempuan ada 12. Tentukan rata-rata berat badan laki-laki jika total berat siswa laki-laki adalah 424.
Kunci Jawaban
jumlah siswa laki laki = 3/2 x 12 = 18 siswa
rata rata
= jumlah data : banyak data
= 424 : 18
= 23.6 kg
10. Tabel di samping menunjukkan keuntungan setiap bulan dari Restoran Memang Enak selama satu tahun (dalam juta rupiah).
a. Berapakah keuntungan terendah dan tertinggi?
b. Hitunglah nilai kuartil atas dan kuartil bawah dari keuntungan restoran tersebut.
Kunci Jawaban
Kuartil atas:
3/4 (12+1)= 3/4 (13)= 3,25
Urutan ke 3 dan 4 adalah: 16 dan 17. Kuartil atas= (16+17)/2= 33/2= 16,5
Kuartil bawah:
1/4 (12+1)= 1/4 (13)= 9,75
Urutan ke 9 dan 10 adalah: 21 dan 22
Kuartil bawah= (21+22)/2= 43/2= 21,5
Rangkuman Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Halaman 263 bab 9
Sekian soal beserta jawaban buku siswa matematika kelas 8 uji kompetensi bab 9 tentang statistika yang telah kami sampaikan. Kami minta maaf jika ada kesalahan pada jawaban. Anda bisa bertanya melalui kontak atau kolom komentar yang tersedia dibawah ini. Semoga soal dan pembahasan materi statistika ini dapat bermanfaat.
Kurikulum 2013 MATEMATIKA 261
iurutkan. • Jangkauan suatu kumpulan data adalah selisih nilai terbesar dan nilai terkecil dari kumpulan data tersebut. • Kuartil terdiri atas tiga macam, yaitu kuartil bawah (Q1), kuartil tengah (median, Q2) dan kuartil atas (Q3). Dalam kegiatan di Bab 9 ini, kalian telah mengamati hingga menggali informasi dari semua jenis ukuran pemusatan dan penyebaran data. Kalian telah mempelajari ukuran pemusatan data, mean (rata-rata), median, dan modus. Kalian juga telah menentukan mana di antara ketiganya yang paling cocok sebagai representasi dari suatu kumpulan dat
a. Selain itu, kalian juga mempelajari ukuran penyebaran data, yakni jangkauan, kuartil, dan jangkauan interkuartil, serta cara menentukan letak dan nilai ketiga ukuran tersebut. Pertanyaan berikut dapat membantu kalian untuk merangkum materi yang telah kalian pelajari di bab ini. 1. Bagaimana cara yang kalian gunakan untuk menentukan mean? 2. Apa makna modus dan median dari distribusi suatu data? 3. Dapatkah modus dan median dari suatu kumpulan data memiliki nilai yan
g sama atau berbeda? Jelaskan. 4. Apa yang kalian ketahui tentang jangkauan dari data? 5. Kalian menggunakan tiga ukuran pemusatan data, yakni modus, median, dan mean. a. Mengapa ketiga ukuran tersebut dinamakan “ukuran pemusatan data”? b. Menyatakan apakah ketiga ukuran tersebut dari suatu kumpulan data? c. Mengapa kalian menggunakan median untuk merepresentasikan suatu data daripada mean? 6. Mengapa kalian menggunakan jangkauan untuk mendeskripsikan data? 7. Apa yang kalian ketahui tentang kuartil dan jangkauan interkuartil? 8. Bagaimana cara kalian menentukan letak kuartil dari suatu kumpulan data? 9. Apakah mungkin bahwa nilai dari salah satu kuartil sama dengan nilai dari mean suatu data? Jelaskan. Ayo Kita Merangkum 9
penyampaiannya, penggunaan bahasa, dan kelebihan pada aspek-aspek yang lain. 164 Kelas VIII SMP/MTs Kegiatan 6.4 A. 1. Bacalah sebuah cerita teks ulasan lainnya. 2. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. Pertanyaan Ya Tidak a. Apakah unsur-unsur pada struktur teks itu sudah lengkap? b. Apakah unsur-unsur pada struktur teks itu sudah tersusun secara sistematis? c. Apakah ada kata konjungsi penerang di dalam teks itu? d. Apakah a
Lakukan survei tentang perilaku menonton TV seluruh siswa di kelasmu. Ikuti langkah-langkah kegiatan di bawah ini. 1. Coba kamu buat survei jenis-jenis program TV favorit seluruh siswa di kelasmu. Sebelum itu tentukan terlebih dahulu jenis-jenis program TV favorit. Tiap-tiap siswa hanya diperbolehkan memilih satu jenis program TV favoritnya. Data jenis program TV favorit siswa disebut dengan data 1. 2.
Berikutnya lakukan survei mengenai berapa lama tiap-tiap siswa menonton TV setiap harinya (dalam jam). Data lamanya siswa
da konjungsi temporal di dalam teks itu? e. Apakah ada kesalahan pemilihan kata di dalamnya? B. Kata apa yang tepat untuk menggantikan kata-kata yang bergaris bawah ini! Kata dalam Kalimat Kata Pengganti 1. Shinta nyaris tanpa cacat. 2. Sosoknya begitu memikat sampai suatu hari seorang pemuda jatuh cinta kepadanya. 3. Shinta adalah anak yang tidak mempunyai ayah. 4. Pementasan itu pun menarik walaupun hanya diperankan oleh empat orang. 5. Para penonton kurang nyaman ketika pergantian setting, terlalu lama sehingga penonton merasa jenuh. 165 Kelas VIII SMP/MTs Bab 6 Bahasa Indonesia C. Adakah penulisan kata yang salah dalam kalimat-kalimat di bawah ini? Jelaskanlah! Kalimat Ada Tidak Ada Penjelasan 1. Dari berjam-jam hingga mampu menyelesaikannya di bawah dua puluh detik, bahkan dengan mata tertutup. 2. Satu per satu kompe
tisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan rubik. 3. Kejuaraan ini dimenangi oleh seorang pelajar Vietnam berumur 16 tahun, Minh Thai, dengan catatan waktu 22,95 detik. 4. Sebagian lebih tertarik dengan kehadiran video game elektronik yang lebih modern. 5. Demam rubik pun melanda untuk ke dua kalinya. Tugas Individu A. Bacalah teks ulasan lain, baik itu dari surat kabar, majalah, maupun internet! B. Dari teks tersebut, temukanlah kekurangan/kelebihannya, baik itu berkaitan dengan struktur maupun kaidah kebahasaannya! Aspek Kutipan Teks Penjelasan 1. Struktur 2. Kaidah 166 Kelas VIII SMP/MTs C. Menelaahan Struktur dan Kaidah Teks Ulasan Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu: Menelaah teks ulasan untuk mengetahui strukt
ur dan kaidah beserta perbedaan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah). 1. Struktur Teks Ulasan Perhatikan kembali contoh teks ulasan novel Atheis di depan. Tampak bahwa struktur ataupun susunannya dibentuk oleh bagian-bagian seperti identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, dan evaluasi. Selain itu, sering pula disertai rekomendasi yang berisikan saran-saran kepada pembaca. a. Identitas karya dalam novel Atheis mencakup judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku. Bagian ini mungkin saja tidak dinyatakan secara langsung. Hal itu seperti yang tampak pada teks ulasan film dan lagu. b. Orientasi dalam paragraf pertama, yakni dengan menjelaskan keberadaannya sebagai novel yang mendapat penghar
gaan, sekaligus mendapat perhatian yang cukup besar dari banyak kalangan. c. Sinopsis berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel. d. Analisis berupa paparan tentang keberadaaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur. e. Evaluasi berupa paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya. Dalam contoh di depan dinyatakan bahwa novel Atheis menyajikan beberapa pelajaran hidup, bahasanya mudah dicerna. Adapun kekurangannya bahwa novel tersebut sudah sangat langka dan sulit diperoleh. 167 Kelas VIII SMP/MTs Bab 6 Bahasa Indonesia Kegiatan 6.5 A. 1. Baca kembali teks ulasan untuk novel Atheis! 2. S
ecara berdiskusi, jelaskanlah bagian-bagian dari struktur teks tersebut secara jelas! Struktur Teks Ulasan Novel Atheis Penjelasan a. Identitas karya b. Orientasi c. Sinopsis d. Analisis e. Evaluasi B. Pasangkanlah! Pernyataan Struktur Teks 1. Bahasa novel ini mengalir lancar dan mudah dipahami. (….) A. Identitas B. Orientasi C. Sinopsis D. Analisis E. Evaluasi F. Rekomendasi 2. Novel memberikan banyak pelajaran pada pembacanya antara lain bahwa kita harus pandai bergaul dengan orang lain. (….) 3. Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun 1969. (….) 4. Judul : Atheis Pengarang : Achdiat K. Mihardja. (….) 5. Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. (….) 168 Kelas VIII SMP/MTs C. 1. Presentasikanlah atau silang bacakan hasil telaahan kelompokmu dengan kelomp
ok lainnya! 2. Mintalah mereka untuk memberikan penilaian berdasarkan kelengkapan, ketepatan, dan kejelasan hasil telaah kelompokmu itu! No. Aspek Penilaian Nilai 1 2 3 4 1 Kelengkapan bagian-bagian jawaban 2 Ketepatan isi jawaban 3 Kejelasan penyampaian Jumlah 2. Kaidah Kebahasan Teks Ulasan Seperti halnya jenis teks lainnya, teks ulasan memiliki kekhasan kaidah kebahasannya. Seperti yang tampak pada contoh-contoh di depan, bahwa karakteristik dari kebahasaan teks ulasan sebagai berikut. a. Banyak menggunakan konjungsi penerang, seperti bahwa, yakni, yaitu. Contoh: 1) Hasan merasa bahwa semua itu terjadi karena perbuatan Anwar. Ia menaruh dendam kepada Anwar dan berniat membunuhnya. 2) Novel ini banyak memberikan pelajaran pada pembacanya, antara lain, b
ahwa kita harus pandai bergaul dengan orang lain. b. Banyak menggunakan konjungsi temporal, seperti sejak, semenjak, kemudian, akhirnya. Contoh: 1) Sejak saat itulah, pemahaman Hasan tentang agama mulai berubah. Ia mulai meragukan keberadaan Tuhan. 2) Kemudian, ia mencari Anwar. c. Banyak menggunakan konjungsi penyebab, seperti karena, sebab. 169 Kelas VIII SMP/MTs Bab 6 Bahasa Indonesia Contoh: 1) Akan tetapi, karena Rusli juga pandai bicara, kemudian dialah yang berbalik memengaruhi Hasan. 2) Lama-kelamaan Hasan cemburu karena hubungan Kartini dengan Anwar semakin dekat. d. Menggunakan pernyataan-pernyataan yang berupa saran atau rekomendasi pada bagian akhir teks. Hal ini ditandai oleh kata jangan, harus, hendaknya, Contoh
: 1) Jangan sampai salah pergaulan hingga pada akhirnya kita malah tersesat. Bahkan, sampai mengingkari ajaran agama. 2) Kita harus senantiasa berpegang teguh pada agama dan selalu meyakini dengan keberadaan Tuhan Semesta Alam. 3) Nilai moral yang kedua adalah hendaknya kita mau memaafkan kesalahan orang lain yang sudah bertaubat. Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan 170 Kelas VIII SMP/MTs Kegiatan 6.6 A. Pasangkanlah! Contoh Kata Kaidah Kebahasaan 1. sebab A. rekomendasi B. konjungsi kausalitas C. konjungsi penerang D. konjungsi temporal E. kata depan
Buatlah diagram yang paling efektif untuk menyajikan data 1, data 2, dan 3 masing-masing. 6. Hitung mean, median, dan modus data 2 dan data 3. 7. Apa yang dapat kamu simpulkan terkait dengan mean data 2 dan mean data 3? Manakah yang lebih besar nilainya? 8. Berikan masukan dan saran kepada teman-teman sekelasmu tentang perilaku menonton TV. 9. Tuliskan secara rapi dan ceritakan kepada teman-temanmu di depan kelas. Ayo Kita Mengerjakan Projek 9262 Kelas VIII SMP/MTs Semester II • Mean suatu data adalah jumlah seluruh data dibagi oleh banyaknya data. Mean dirumuskan sebagai berikut. x = jumlah data banyak data • Modus adalah nilai yang paling sering muncul dari suatu kumpulan data. • Median adalah nilai tengah suatu kumpulan data yang telah d
penanda keterangan waktu 2. hendaknya 3. semenjak 4. kemudian 5. yaitu B. Contohkanlah! Tunjukkanlah contoh kalimat dari suatu teks ulasan yang menggunakan kata- kata berikut! Kata Contoh Kalimat 1. akhirnya 2. bahwa 3. hendaknya 4. lalu 5. karena C. Contohkanlah! Buatlah contoh kalimat dengan menggunakan kata-kata berikut! Jelaskan pula arti setiap kata tersebut sehingga jelas perbedaannya! Kata Contoh Kalimat Arti 1. sebab 2. penyebab 3. penyebabnya 4. penyebapan 5. menyebabkan 6. disebabkan 7. oleh sebab itu 171 Kelas VIII SMP/MTs Bab 6 Bahasa Indonesia D. Menyusun Teks Ulasan Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu: Menyusun teks ulasan dengan langkah-langkah yang benar. 1. Langkah-Langkah Penyusunan Teks ulasan merupakan suatu teks yang berisi pembahasan ataupun penilaian terhadap suatu buku atau karya-karya lain. Teks ulasan disusun berdasarkan tafsiran maupun pemahaman atas isi buku yang dibaca. Berbeda dengan menafsirkan terhadap teks lain yang lebih tertuju pada kepentinganmu sendiri, penyu
sunan ulasan selalu ditujukan untuk kepentingan orang lain. Hasil pemahaman itu lalu disampaikan kepada kepada khayalak. Untuk menyusun teks seperti itu, langkah-langkahnya sebagai berikut. a. Mencatat identitas buku atau karya yang akan diulas, yang meliputi judul, penulis, nama penerbit, tahun terbit, termasuk ketebalan. Kalau perlu termasuk harga buku. b. Mencatat hal-hal menarik/penting dari isi buku. c. Menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku. d. Merumuskan kesimpulan tentang isi dan kesan-kesan buku itu secara keseluruhan. e. Membuat saran-saran untuk pembaca. Kegiatan 6.7 A. 1. Bacalah sebuah buku, baik itu buku sastra maupun buku ilmiah populer. Usahakan buku itu merupakan terbitan terbaru! 2. Catatlah identitas buku dan hal-hal lainnya seperti yang telah dipaparkan di depan! Judul buku …. Penulis …. Penerbit …. Tahun terbit …. Halaman …. Informasi penting …. Kelebihan dan kelemahan 172 Kelas VIII SMP/MTs a.
Sumber:Buku siswa Matematika kelas 8
Post a Comment for "KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Halaman 263 bab 9"