Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5 Halaman 31 32 33 bab 1

 KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5 Halaman 31 32 33 bab 1 pola bilangan semester 1, pembahasan soal mtk kelas 2 smp halaman 31 32 33 ayo kita berlatih 1.5 bab 1 semester 1 .kakak juga sangat berharap bahwasanya dengan adanya pembahasan mengenai kunci jawaban yang kekal buat ini kakak juga berharap adek-adek sekalian dapat memperoleh nilai yang sempurna dan artinya nilai tersebut melebihi dapat membantu adek-adek dalam kenaikan kelas nantinya.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5 Halaman 31 32 33 bab 1
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5

 disini kakak ingin mengingatkan kembali bagi adik-adik untuk tidak malas-malasan dalam proses pembelajaran ataupun sekolah dikarenakan saat ini perkembangan teknologi tidak dapat di bendung yang artinya seseorang harus mengikuti perkembangan teknologi tersebut ataupun perkembangan zaman supaya orang tersebut tidak ketinggalan dari juga aman.

  1. Kunci jawaban PAI kelas 8
  2. Kunci jawaban MTK kelas 8
  3. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  4. Kunci jawaban IPA kelas 8
  5. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  6. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8

 wujud dalam mengukur teh perkembangan zaman tersebut adik-adik dapat mengikuti sekolah aktivitas berkas sekolah yang dimana dengan sekolah adek-adek dapat memperoleh ilmu pengetahuan di mana ilmu pengetahuan tersebut dapat digunakan sebagai untuk mengutip perkembangan zaman salah satunya adalah untuk mendapatkan pekerjaan.

di sini nggak tak ingin mengingatkan kembali bahwasanya kakak sangat yakin jika pembahasan yang kakak buat ini dapat memperoleh nilai yang sempurna bagi adik-adik sekalian.hal ini dikarenakan kakak cukup yakin jika adik-adik menulis jawaban yang kakak berikan ini adek adek dapat memperoleh setidaknya nilai 90.sekitaran 1 jam mulai mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian tersebut dengan cara belajar.

Kunci Jawaban MTK Kelas 8

hal ini dikarenakan kakak dalam menjawab mengenai soal dari tugas-tugas adek adek kakak sebelumnya asu sudah memahami apa yang diinginkan soal serta kakak juga memahami apa sih dari materi soal tersebut sehingga kakak cukup yakin jika jawaban yang kakak berikan dapat membantu adek-adek dalam memperoleh nilai yang begitu besar.

  1. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
  2. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2
  3. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.3
  4. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.4
  5. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
  6. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 1
  7. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1
  8. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2
  9. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3
  10. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2
  11. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1
  12. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
  13. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
  14. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
  15. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3

 tanya itu kagak juga biasanya mencari sumber kunci jawaban dari situs-situs lain yang dimana fungsi dari kagak mencari kunci jawaban tersebut supaya kakak dapat mencari pembanding dari jawaban yang kakak buat sehingga kakak dapat menyimpulkan jawaban yang paling tepat dan benar sehingga jawaban tersebut dapat digunakan adik-adik sekalian.

Kunci Jawaban MTK Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5

 disini kakak ingin mengingatkan bahwasanya kakak tetap menyarankan adik-adikku untuk mengerjakan tugas terlebih dahulu barulah kemudian jika di dalam pengerjaan soal-soal dari tugas tersebut ada jawaban yang tidak diketahui ataupun ada soal yang sulit sekali bolehlah adik-adik menggunakan jawaban alternatif yang kami buat ini

1. Perhatikan pola berikut 

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5 Halaman 31 32 33 bab 1
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5

Tentukan banyak bola pada pola ke-n, untuk n bilangan bulat positif.
Kunci Jawaban :
a = 1
b = 4
Un = a + (n - 1) x b
Un = 1 + (n - 1) x 4
Un = 1 + 4n - 4
Un = 4n - 3


2. Perhatikan pola berikut.
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5 Halaman 31 32 33 bab 1
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5

Tentukan banyak bola pada pola ke-n, untuk n bilangan bulat positif.

Kunci Jawaban :
Un = a + (n – 1)b + ½ (n – 1)(n – 2)c
Un = 1 + (n – 1)4 + ½ (n – 1)(n – 2)4
Un = 1 + (4n – 4) + 2(n² – 3n + 2)
Un = 1 + 4n – 4 + 2n² – 6n + 4
Un = 2n² – 2n + 1


3. Perhatikan susunan bilangan berikut. Susunan bilangan berikut dinamakan pola bilangan Pascal, karena ditemukan oleh Blaise Pascal. Bilangan di baris ke-2 adalah hasil penjumlahan dari dua bilangan pada baris ke-1. Tentukan jumlah bilangan pada baris ke-n pada pola bilangan Pascal berikut.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5 Halaman 31 32 33 bab 1
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
Kunci Jawaban :
Jumlah bilangan pada tiap baris,
baris ke-1 = 1 = 2⁰
baris ke-2 = 1 + 1 = 2 = 2¹
baris ke-3 = 1 + 2 + 1 = 4 = 2²
baris ke-4 = 1 + 3 + 3 + 1 = 8 = 2³
baris ke-n = 2n-1


4. Perhatikan bilangan-bilangan yang dibatasi oleh garis merah berikut.
Jika pola bilangan tersebut diteruskan hingga n, untuk n bilangan bulat positif, tentukan:

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5 Halaman 31 32 33 bab 1
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5

a. jumlah bilangan pada pola ke-n.
b. jumlah bilangan hingga pola ke-n.
Kunci Jawaban :
a) Jumlah bilangan pada tiap pola,
pola ke-1 = 1 = 13
pola ke-2 = 8 = 23
pola ke-3 = 27 = 23
pola ke-n = n3
b) Jumlah bilangan hingga pola,
13+ 23 + 33 + .... + n3
= [1/2n x (n+1)]2


5. Perhatikan gambar noktah-noktah berikut.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5 Halaman 31 32 33 bab 1
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5

a. Apakah gambar di atas membentuk suatu pola? Jelaskan.
b. Tentukan banyak noktah pada 5 urutan berikutnya. Hubungkan masing-masing pola di atas dengan suatu bilangan yang menunjukkan banyaknya noktah dalam pola itu. Pola bilangan apakah yang kalian dapat? Jelaskan.
Kunci Jawaban :
a) Ya, gambar diatas membentuk pola bilangan ganjil yang dimulai dari angka 1 kemudian bilangan selanjutnya bertambah 2.

b) Banyak noktah pada 5 urutan berikutnnya adalah 9, 11, 13, 15, 17. Pola bilangan yang didapat adalah pola bilangan ganjil. Rumus pola ke-n = 2n - 1.


6. Tentukan banyak lingkaran pada pola ke-100 pada pola berikut.

Kunci Jawaban :
Pola ke-1 = 2
Pola ke-2 = 4
Pola ke-3 = 6
Pola ke-n = 2n
Pola ke-100 = 2 x 100
= 200
Jadi, banyak lingkaran pada pola ke-100 pada pola tersebut adalah 200.


7. Tentukan banyak lingkaran pada pola ke-10, ke-100, ke-n pada pola berikut, untuk sebarang n bilangan bulat positif.

Kunci Jawaban :
Pola ke-1 = 2 = 1 x 2
Pola ke-2 = 6 = 2 x 3
Pola ke-3 = 12 = 3 x 4
Pola ke-n = n x (n + 1)

Pola ke-10 = n x (n + 1)
= 10 x (10 + 1)
= 10 x 11
= 110

Pola ke-100 = n x (n + 1)
= 100 x (100 + 1)
= 100 x 101
= 10.100
Pola ke-n = n x (n + 1)


8. Tentukan banyak lingkaran pada pola ke-10, ke-100, ke-n pada pola berikut, untuk sebarang n bilangan bulat positif.

Kunci Jawaban :
Pola ke-1 = 4 = 1 x 4
Pola ke-2 = 8 = 2 x 4
Pola ke-3 = 12 = 3 x 4
Pola ke-n = n x 4

Pola ke-10 = n x 4
= 10 x 4
= 40

Pola ke-100 = n x 4
= 100 x 4
= 400
Pola ke-n = n x 4


9. Tentukan banyak lingkaran pada pola ke-10, ke-100, ke-n pada pola berikut, untuk sebarang n bilangan bulat positif.

Kunci Jawaban :
Pola ke-1 = 3 = 1 + 2
Pola ke-2 = 6 = 1 + 2 + 3
Pola ke-3 = 10 = 1 + 2 + 3 + 4
Pola ke-n = 1/2 x (n+1) x (n+2)

Pola ke-10 = 1/2 x (n+1) x (n+2)
= 1/2 x (10+1) x (11+2)
= 1/2 x 11 x 12
= 66

Pola ke-100 = 1/2 x (n+1) x (n+2)
= 1/2 x (100+1) x (100+2)
= 1/2 x 101 x 102
= 5.151
Pola ke-n = 1/2 x (n+1) x (n+2)


10. Perhatikan pola bilangan berikut.
a. Nyatakan ilustrasi dari pola tersebut.
b. Tentukan pola ke-n, untuk sebarang n bilangan bulat positif.

Kunci Jawaban :
a) 1/2, 1/6, 1/12
Dari pola tersebut,
Angka pembilang akan selalu = 1
Angka penyebut = 2, 6, 12 = (1 x 2) , (2 x 3) , (3 x 4), .... , (n x (n+1))

b) Pola ke-n = 1 / n x (n +1)


11. Dengan memerhatikan bola-bola yang dibatasi garis merah, tentukan:
a. banyak bola pada pola ke-100.
b. jumlah bola hingga pola ke-100.
 

Kunci Jawaban :
a) Banyak bola pada pola ke-100 adalah 792 bola.
b) Jumlah bola hingga pola ke-100 adalah 39.601 bola.


12. Tiap-tiap segitiga berikut terbentuk dari 3 stik. Dengan memerhatikan pola berikut, tentukan banyak stik pada pola ke-10, ke-100, dan ke-n, untuk sebarang n bilangan bulat positif.
 

Kunci Jawaban :
Pola ke-1 = 3 = (2 x 1) + 1
Pola ke-2 = 5 = (2 x 2) + 1
Pola ke-3 = 7 = (2 x 3) + 1
Pola ke-4 = 9 = (2 x 4) + 1
Pola ke-n = 2n + 1

Pola ke-10 = (2 x 10) + 1
= 20 + 1
= 21
Jadi, banyak stik pada pola ke-10 adalah 21 stik.

Pola ke-100 = (2 x 100) + 1
= 200 + 1
= 201
Jadi, banyak stik pada pola ke-100 adalah 201 stik.


13. Dengan memerhatikan pola berikut
a. Tentukan tiga pola berikutnya.
b. Tentukan pola bilangan ke-n, untuk sebarang n bilangan bulat positif.
c. Tentukan jumlah hinggan bilangan ke-n, untuk sebarang n bilangan bulat positif.

Kunci Jawaban :
a) 1/20 , 1/30 , 1/42
b) Pola ke-n = 1 / n x (n +1)
c) Jumlah hinnga ke-n = n / (n + 1)

 tips memperoleh nilai yang sempurna dari tugas yang diberikan oleh guru yang pertama yang dapat dilakukan adik-adikku sekalian yaitu tidak menunda nanda tugas yang diberikan oleh guru kalau bisa adik-adikku sekalian mengerjakan tugas pada hari itu saja pada hari ketiga atau jasa tersebut diberikan.

Rangkuman MTK kelas 8 bab 1

Bab  1  Dalam kehidupan sehari-hari, banyak hal yang  berhubungan dengan pola  bilangan. Misalnya pola penataan rumah, pola penataan kamar hotel, pola  penataan kursi dalam suatu stadion, pola nomor buku di perpustakaan,  dan lain sebagainya. Dengan memahami pola bilangan, kalian bisa  menata banyak hal dengan lebih teratur. 

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5 Halaman 31 32 33 bab 1
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5

siswa untuk mempertanyakan hal-hal yang diamati.   18 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  3)     =+  +  Ayo Kita Menggali Informasi   Setelah terjadi proses menanya, pengalaman belajar siswa berikutnya  adalah menggali informasi. Pada buku siswa disajikan dua jenis  informasi, yaitu informasi langsung dan tidak langsung. Pertama,  informasi disajikan secara langsung, sehingga menuntut siswa untuk  cermat dalam memahami informasi yang disajikan. Kedua, informasi  disajikan dengan mengajak siswa melakukan suatu aktivitas yang  mengarah pada informasi yang ingin dicapai, untuk itu siswa harus  aktif dalam mengikuti panduan buku siswa dan guru. Selain informasi  yang diperoleh dari buku siswa, diharapkan siswa juga aktif membaca  informasi sumber lain, mengamati objek/kejadian/aktivitas, atau  melakukan wawancara dengan nara sumber. Dari membelajarkan  mengumpulkan informasi ini data-data yang selanjutnya siap diolah,  dihubungkan antara data yang satu dengan yang lainnya (diasosiasikan),  dianalisis, dan dinalar.     4)     Ayo Kita Menalar   Setelah mengalami proses mengamati, menanya, dan menggali  informasi, maka pengalaman belajar pokok berikutnya adalah mengolah  informasi atau mengasosiasikan. Membelajarkan mengolah informasi  dimaknai sebagai mengolah informasi yang sudah dikumpulkan  baik terbatas dari hasil membelajarkan mengumpulkan/eksperimen  mau pun hasil dari membelajarkan mengamati dan Membelajarkan  mengumpulkan informasi. Sedangkan proses pengolahan informasi  dapat terjadi dari yang bersifat menambah keluasan dan kedalaman  sampai kepada yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang  memiliki pendapat yang berbeda atau bahkan bertentangan. Pada buku  siswa, membelajarkan menalar disajikan dalam bentuk pertanyaan- pertanyaan yang diharapkan akan terjawab oleh siswa setelah melalui  membelajarkan mengamati hingga menggali informasi. Hasil dari  membelajarkan menalar ini berupa jawaban, pernyataan, atau simpulan.   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 19  5)     Ayo Kita Berbagi   Setelah mengalami proses mengamati, menanya, mengumpulkan,  dan mengolah informasi, maka pengalaman belajar pokok berikutnya  adalah mengomunikasikan yang dimaknai sebagai membelajarkan  menyampaikan hasil pengamatan, atau simpulan yang diperoleh  berdasarkan hasil analisis secara tertulis, lisan, ataupun dengan media.  Tujuan dari membelajarkan berbagi adalah melatih siswa untuk berani  menyampaikan ide kepada orang lain. Dengan adanya membelajarkan  berbagi, diharapkan akan tumbuh pada diri siswa sikap empati, saling  menghargai, dan menghormati perbedaan orang lain. e. Tugas Projek      Ayo Kita Mengerjakan Tugas Projek  Setelah selesai proses pembelajaran pada bab tertentu, siswa diajak untuk  menerapkan pengetahuan mereka tentang materi matematika kelas VIII.  Bimbing siswa untuk menyiapkan dan menyelesaikan tugas projek. Setelah  siswa menyelesaikan tugas projek, minta beberapa siswa untuk menjelaskan  hasil pekerjaanya di depan kelas. Suruh siswa lainnya untuk menanggapi  pekerjaan temannya. Pajang hasil pekerjaan siswa di mading kelas atau  sekolah.  f. Merangkum      Ayo Kita Merangkum   Berisi pertanyaan-pertanyan yang mengarahkan siswa untuk membuat  rangkuman tentang materi yang telah dipelajari dalam satu bab.    20 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  2. Model-Model Pembelajaran  0odel pembelajaran \ang mendukung penerapan pendekatan saintifik di  antaranya adalah Model Pembelajaran Berbasis Penemuan  (Discovery Learning),  Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), dan Model Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning).  a. Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)  'efinisi dan Konsep 

a 'efinisi  Discovery mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry)  dan Problem Solving. Tidak ada perbedaan yang prinsipil pada  ketiga istilah ini. Pada Discovery Learning lebih menekankan  pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak  diketahui, masalah yang diperhadapkan kepada siswa semacam  masalah yang direkayasa oleh guru. Pada inkuiri masalahnya  bukan hasil rekayasa, sehingga siswa harus mengerahkan seluruh  pikiran dan keterampilannya untuk mendapatkan temuan-temuan  di dalam masalah itu melalui proses penelitian. Problem Solving  lebih memberi tekanan pada kemampuan menyelesaikan masalah.   Pada Discovery Learning materi yang akan disampaikan  tidak disampaikan dalam bentuk final, tetapi sisZa didorong  untuk mengidentifikasi apa \ang ingin diketahui dilanjutkan  dengan mencari informasi sendiri kemudian mengorgansasi atau  membentuk (konstruktif) apa yang mereka ketahui dan mereka  pahami dalam suatu bentuk akhir.   Penggunaan Discovery Learning, ingin mengubah kondisi belajar  pasif menjadi aktif dan kreatif. Mengubah pembelajaran teacher  oriented ke student oriented. Merubah modus Ekspository (siswa  hanya menerima informasi secara keseluruhan dari guru) ke modus  Discovery (siswa menemukan informasi sendiri). (b) Konsep  Dalam proses belajar, Bruner mementingkan partisipasi aktif  dari tiap siswa dan mengenal dengan baik adanya perbedaan  kemampuan. Untuk menunjang proses belajar diperlukan  lingkungan yang memfasilitasi rasa ingin tahu siswa pada tahap  eksplorasi. Lingkungan ini dinamakan Discovery Learning    Kurikulum 2013 MATEMATIKA 21  Environment, yaitu lingkungan di mana siswa dapat melakukan  eksplorasi, penemuan-penemuan baru yang belum dikenal atau  pengertian yang mirip dengan yang sudah diketahui. Lingkungan  seperti ini bertujuan agar siswa dalam proses belajar dapat berjalan  dengan baik dan lebih kreatif.  Dalam Discovery Learning bahan ajar tidak disajikan dalam  bentuk akhir. Siswa dituntut untuk melakukan berbagai kegiatan  menghimpun informasi, membandingkan, mengkategorikan,  menganalisis, mengintegrasikan, mereorganisasikan bahan, serta  membuat kesimpulan-kesimpulan. Bruner mengatakan bahwa  proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru  memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan suatu  konsep, teori, aturan, atau pemahaman melalui contoh-contoh  yang ia jumpai dalam kehidupannya (Budiningsih, 2005:41). Pada  akhirnya yang menjadi tujuan dalam Discovery Learning menurut  Bruner adalah hendaklah guru memberikan kesempatan kepada  siswanya untuk menjadi seorang problem solver, seorang scientist,  historia, atau ahli matematika. Melalui kegiatan tersebut siswa  akan menguasainya, menerapkan, serta menemukan hal-hal yang  bermanfaat bagi dirinya.  2) Langkah-langkah Operasional Implementasi dalam Proses Pembelajaran.  Langkah-langkah dalam mengaplikasikan model discovery learning di kelas  adalah sebagai berikut. (a) Perencanaan  Perencanaan pada model ini meliputi hal-hal sebagai berikut.  (i) Menentukan tujuan pembelajaran. (ii) 0elakukan identifikasi karakteristik sisZa 

sudah dicapai siswa, dan membantu guru dalam menyusun  strategi pembelajaran berikutnya. 6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience)  Pada akhir proses pembelajaran, pengajar dan siswa melakukan  reÀeksi terhadap aktiYitas dan hasil projek \ang sudah dijalankan3roses reÀeksi dilakukan baik secara indiYidu maupun kelompok  Pada tahap ini siswa diminta untuk mengungkapkan perasaan dan  pengalamannya selama menyelesaikan projek. Guru dan siswa  mengembangkan diskusi dalam rangka memperbaiki kinerja  selama proses pembelajaran, sehingga pada akhirnya ditemukan  suatu temuan baru (new inquiry) untuk menjawab permasalahan  yang diajukan pada tahap pertama pembelajaran.  b. Penilaian Pembelajaran Berbasis Projek  Penilaian pembelajaran dengan model Pembelajaran Berbasis Projek  harus diakukan secara menyeluruh terhadap sikap, pengetahuan, dan  keterampilan yang diperoleh siswa dalam melaksanakan pembelajaran  berbasis projek. Penilaian Pembelajaran Berbasis Projek dapat  menggunakan teknik penilaian yang dikembangkan oleh Pusat Penilaian  Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu penilaian  projek atau penilaian produk. Penilaian tersebut dapat dijelaskan  sebagai berikut.   36 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  1) Pengertian   Penilaian projek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu  tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu.  Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan,  pengumpulan data, pengorganisasian, serta pengolahan dan  penyajian data. Penilaian projek dapat digunakan untuk mengetahui  pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, kemampuan  penyelidikan, dan kemampuan menginformasikan siswa pada mata  pelajaran tertentu secara jelas.   Penilaian projek dilakukan mulai dari perencanaan, proses  pengerjaan, sampai hasil akhir projek. Untuk itu, guru perlu  menetapkan hal-hal atau tahapan yang perlu dinilai, seperti  penyusunan disain, pengumpulan data, analisis data, dan  penyiapan laporan tertulis. Laporan tugas atau hasil penelitian juga  dapat disajikan dalam bentuk poster. Pelaksanaan penilaian dapat  menggunakan alat/instrumen penilaian berupa daftar cek ataupun  skala penilaian.  Pada penilaian projek setidaknya ada tiga hal yang perlu  dipertimbangkan.  (a) Kemampuan pengelolaan   Kemampuan siswa dalam memilih topik, mencari informasi,  mengelola waktu pengumpulan data, serta penulisan laporan. (b) Relevansi  Kesesuaian dengan mata pelajaran dengan mempertimbangkan  tahap pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam  pembelajaran. (c) Keaslian  Projek yang dilakukan siswa harus merupakan hasil karyanya,  dengan mempertimbangkan kontribusi guru berupa petunjuk  dan dukungan terhadap projek siswa.  2) Teknik Penilaian Projek  Penilaian projek dilakukan mulai dari perencanaan, proses  pengerjaan, sampai hasil akhir projek. Untuk itu, guru perlu  menetapkan hal-hal atau tahapan yang perlu dinilai, seperti  penyusunan disain, pengumpulan data, analisis data, dan  penyiapan laporan tertulis. Laporan tugas atau hasil penelitian juga  dapat disajikan dalam bentuk poster. Pelaksanaan penilaian dapat  menggunakan alat/instrumen penilaian berupa daftar cek atau skala  penilaian.    Kurikulum 2013 MATEMATIKA 37   Penilaian Projek dilakukan mulai dari perencanaan, proses  pengerjaan, sampai dengan akhir projek. Untuk itu guru perlu  memperhatikan hal-hal atau tahapan yang perlu dinilai. Pelaksanaan  penilaian dapat juga menggunakan rating scale dan checklist. 3) Peran Guru dan Siswa  Peran guru pada Pembelajaran Berbasis Projek meliputi: a)  Merencanakan dan mendesain pembelajaran, b) Membuat strategi  pembelajaran, c) Membayangkan interaksi yang akan terjadi antara  guru dan siswa, d) Mencari keunikan siswa, e) Menilai siswa  dengan cara transparan dan berbagai macam penilaian, serta f)  Membuat portofolio pekerjaan siswa.  Peran siswa pada Pembelajaran Berbasis Projek meliputi : (a)  Menggunakan kemampuan bertanya dan berpikir, (b) Melakukan  riset sederhana, (c) Mempelajari ide dan konsep baru, (d) Belajar  mengatur waktu dengan baik, (e) Melakukan kegiatan belajar  sendiri/kelompok, f) Mengaplikasikan hasil belajar lewat tindakan  serta g) Melakukan interaksi sosial, antara lain wawancara, survei,  atau observasi.  3. Pelaksanaan Pembelajaran  Tahap pertama dalam pembelajaran yaitu perencanaan pembelajaran yang  diwujudkan dengan kegiatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran  (RPP), dan tahap selanjutnya adalah pelaksanaan pembelajaran. Tahap  pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.  Pada setiap tahap ada bebagai kegiatan yang harus dilakukan guru. Berikut  adalah uraian kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. a. Kegiatan Pendahuluan  Dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan guru adalah:  1) mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan;  2) mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan  sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan  dikembangkan;  3) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam  kehidupan sehari-hari;  4) menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan  dilakukan; dan  5) menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.    38 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  b. Kegiatan Inti  Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi,  yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang,  memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang  cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat  dan perkembangan fisik serta psikologis sisZaKegiatan inti menggunakan  pendekatan saintifik \ang disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran  dan siswa. Guru memfasilitasi siswa untuk melakukan proses mengamati,  menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan  mengomunikasikan. Dalam setiap kegiatan guru harus memperhatikan  perkembangan sikap siswa pada kompetensi dasar dari KI-1 dan KI-2 antara  lain mensyukuri karunia Tuhan, jujur, teliti, kerja sama, toleransi, disiplin,  taat aturan, menghargai pendapat orang lain yang tercantum dalam silabus  dan RPP.  &atatan'alam kegiatan ini guru bisa menggunakan pendekatan selain  pendekatan saintifik  c. Kegiatan Penutup  Kegiatan penutup terdiri atas:  1) Kegiatan guru bersama siswa yaitu: (a) membuat rangkuman/simpulan  pelajaran  

b melakukan reÀeksi terhadap kegiatan \ang sudah  dilaksanakan; serta (c) memberikan umpan balik terhadap proses dan  hasil pembelajaran. 2) Kegiatan guru yaitu: (a) melakukan penilaian; (b) merencanakan  kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program  pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas  individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa; serta  (c) menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.  D. Penilaian Matematika  1. Konsep Penilaian dalam Pembelajaran Matematika  Mengacu pada Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015, penilaian merupakan  proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta  didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang  dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan untuk memantau  proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan  evaluasi hasil belajar. Penilaian yang dimaksud adalah penilaian hasil belajar  oleh guru. Penilaian berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau    Kurikulum 2013 MATEMATIKA 39  hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik  secara berkesinambungan. Penilaian dilaksanakan untuk memenuhi fungsi  formatif dan sumatif dalam penilaian. Penilaian bertujuan antara lain untuk  (a) mengetahui tingkat penguasaan kompetensi, (b) menetapkan ketuntasan  penguasaan kompetensi, (c) menetapkan program perbaikan atau pengayaan  berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi, dan (d) memperbaiki proses  pembelajaran.  Penilaian yang dilakukan oleh guru meliputi aspek sikap, aspek pengetahuan,  dan aspek keterampilan. Penjelasan ketiga aspek penilaian akan dibahas  selanjutnya. Penilaian untuk aspek pengetahuan dan keterampilan dilakukan  terhadap penguasaan tingkat kompetensi sebagai capaian pembelajaran.   2. Teknik dan Instrumen Penilaian  Penilaian menggunakan berbagai instrumen berupa tes, pengamatan,  penugasan perseorangan atau kelompok, serta bentuk lain yang sesuai  dengan karakteristik kompetensi dan 


kemampuan aZal,  minat, gaya  belajar, dan sebagainya) (iii) Memilih materi pelajaran. (iv) Menentukan topik-topik yang harus dipelajari siswa secara induktif  (dari contoh-contoh generalisasi). (v) Mengembangkan bahan-bahan belajar yang berupa contoh-contoh,  ilustrasi, tugas, dan sebagainya untuk dipelajari siswa. (vi) Mengatur topik-topik pelajaran dari yang sederhana ke kompleks,  dari yang konkret ke abstrak, atau dari tahap enaktif, ikonik, sampai  ke simbolik. (vii) Melakukan penilaian proses dan hasil belajar siswa.   22 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  (b) Pelaksanaan  Menurut Syah (2004) dalam mengaplikasikan metode Discovery  Learning di kelas, ada beberapa prosedur yang harus dilaksanakan  dalam kegiatan belajar mengajar secara umum sebagai berikut.  Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)  Pertama-tama pada tahap ini pelajar dihadapkan pada sesuatu yang  menimbulkan kebingungannya dan timbul keinginan untuk menyelidiki  sendiri. Guru dapat memulai kegiatan pembelajaran dengan mengajukan  pertanyaan, anjuran membaca buku, dan aktivitas belajar lainnya yang  mengarah pada persiapan pemecahan masalah. Stimulasi pada tahap  ini berfungsi untuk menyediakan kondisi interaksi belajar yang dapat  mengembangkan dan membantu siswa dalam mengeksplorasi bahan.  Dengan demikian seorang Guru harus menguasai teknik-teknik dalam  memberi stimulus kepada siswa agar tujuan mengaktifkan siswa untuk  mengeksplorasi dapat tercapai.   Problem statement

Sumber: buku mtk kelas 8


Post a Comment for "KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5 Halaman 31 32 33 bab 1"