Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Uji Kompetensi semester 2 halaman 311

Hallo peserta didik sekalian selamat datang di blog kakak ini, sedikit perkenalan blog kakak ini berjudul ilmuedukasi.com, yang mana kali ini kakak akan membahasas mengenai kunci jawaban dari mata pelajaran lagi, kali ini kita akan membahas lagi tentang kunci jawaban.

KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Uji Kompetensi semester 2 halaman 311 Halaman 311Jawaban PG Uji Kompetensi Semester 2 Halaman 311 Matematika Kelas 8S

Kunci jawaban sangatlah penting bagi peserta didik seklaian di karenakan kunci jawaban sangatlah menentukan, nilai yang di peroleh, yang mana nilai tersebut akan di gunakan sebagai nilai rapot, yang mana artinya kunci jawaban yang tepat dan benar sangatlah di butuhkan, karena itu berbkaitan dengan kenaikan kelas peserta didik sekalian.

 Baca juga:

Baca juga:

Pembahasan soal Uji Kompetensi semester 2 Matematika Halaman 311 Kelas 8

Kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai kunci jawaban, yang mana pembahaasan yang kami buat ini di karenakan kami menyadari bahawasanya adik-adik sangatlah membutuhkan pembahasan ini, yang manana pembahasan uji kompetensi 2 ini kami buat agar adidkdik bisa memperoleh nilai yang memuaskan nantinya

KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Uji Kompetensi semester 2 halaman 311 Halaman 311Jawaban PG Uji Kompetensi Semester 2 Halaman 311 Matematika Kelas 8S

Uji Kompetensi semester 2 Matematika Halaman 311 Kelas 8Uji Kompetensi semester 2 Matematika Kelas 8 Halaman 311Jawaban PG Uji Kompetensi Semester 2 Halaman 311 Matematika Kelas 8Semester 2 Kurikulum 2013Jawaban PG Uji Kompetensi Semester 2 Halaman 311 Matematika Kelas Kami juga membahas mengenai kunci jawaban pelajaran, yang dapat temen temen akses jawaban tersebut di bawah ini, dimana pembahasan ini kami buat seupaya temen dapat menyelesaiakn tugas dengan tepat waktu dan memperoleh nilai yang memuskan

  1. Kunci jawaban PAI kelas 8
  2. Kunci jawaban MTK kelas 8
  3. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  4. Kunci jawaban IPA kelas 8
  5. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  6. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
pembahasan di atas sengaja kami berikan kepada adik adik siapa tau adik adik membutuhkan jawaban dari pelajaran yang lainya, dan kami harap adik adik bisa menyelesaikan semua tugas yang di berikan oleh guru kepada adik adik sekalaian, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman yang mengerjakan tugas yang sama iya

kunci jawaban A. Pilihan Ganda

1. Perhatikan gambar di samping. Panjang x ialah ... cm.

A. 12

B. 13

C. 15

D. 17

Penyelesaian:

AC² = AB² + BC²

       = 3² + 4²

       = 9 + 16

       = 25

 AC = √25

 AC = 5 cm


CD² = AC² + AD²

 13² = 5² + x²

169 = 25 + x²

   x² = 169 - 25

   x² = 144

    x = √144

    x = 12 cm

Jadi panjang x ialah 12 cm

Jawaban : A


2. Tiang bendera disangga oleh tiga tali yang sama panjang biar tidak gampang jatuh. Setiap tali diikatkan setinggi 3 meter pada tiang bendera dan diikatkan pada tiga pasak A, , dan C sejauh 1,5 meter dari tiang. Panjang minimal tali yang dibutuhkan untuk menyangga tiang bendera adalah ....

A. 9 meter

B. 11 meter

C. 12 meter

D. 15 meter

Penyelesaian:


 Diketahui:

Tiang bendera disangga tiga tali

Diikat pada tiang setinggi 3m

Pasak A B C sejauh 1,5m dari tiang

Ditanya:

Panjang tali minimal untuk menyangga..?


Penyelesaian:

Panjang 1 tali = sisi miring sebuah segitiga (menggunakan phytagoras)

= √(1,5² +3²)

= √(2,25 +9)

= √11,25

= 3,35 m


Total tali

= 3,35m x 3tali

= 10,06 meter ≈ 11m

Jawab:

Jadi panjang minimal tali ialah 11m (Opsi B)


3. Luas segitiga yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ialah ... cm2.

A. 150

B. 250

C. 300

D. 500

Penyelesaian:

Phytagoras

c² = a² + b²

(5x)² = (3x)² + 20²

25x² = 9x² + 400

25x² - 9x² = 400

16x² = 400

x² = 400/16

x² = 25

x = 5

Luas = bantalan • tinggi / 2

= 20 • 3x / 2

= 20 • 3(5) / 2

= 20 • 15 / 2

= 150 cm²

4. Pada belah ketupat ABCD di bawah ini, ∠A = 60° dan BD = 12 cm. Luas belah ketupat ABCD ialah ....

A. 36 2 cm2

B. 36 3 cm2

C. 72 2 cm2

D. 72 3 cm2

Penyelesaian:

Sudut ∠A=60°

merupakan ciri-ciri segitiga sama sisi

yang berarti setiap sisinya sama

tinggi segitiga


Luas segitiga

Luas belah ketupat

2x luas segitiga

2 x 36√3

72√3


5. Pada kubus ABCD.EFGH di samping, panjang rusuk AB = 8 cm. Luas segitiga ABH ialah ....

A. 32 2 cm2

B. 32 3cm2

C. 64 2 cm2

D. 64 3cm2

Penyelesaian:


Menghitung panjang AH


AH² = AD² + DH²

       = 8² + 8²

       = 64 + 64

       = 2 (64)

 AH =  

 AH = 8√2 cm


Menentukan panjang BH


BH² = AB² + BC² + BF²

       = 8² + 8² + 8²

       = 64 + 64 + 64

       = 3 (64)

 BH =  

 BH = 8√3 cm

Segitiga ABH merupakan segitiga siku-siku yang garis AB dan AH saling tegak lurus dan siku-siku di A.

Luas Δ ABH = 1/2 × AB × AH

                     = 1/2 × 8 cm × 8√2 cm

                     = 32√2 cm²

Kaprikornus luas Δ ABH ialah 32√2 cm²

Jawaban : A 


6. Diketahui suatu juring bulat dengan ukuran sudut sentra 90°. Jika luas juring tersebut ialah 7.850, jari-jari bulat tersebut ialah .... cm. (π = 3,14)

A. 10

B. 100

C. 7

D. 49

Penyelesaian:

Lingkaran

^ = pangkat


Diketahui:

sudut sentra = 90°

L juring = 7850 cm^2

Ditanya:

r = ?

Jawab:

L juring = sudut pusat/360° x L lingkaran

7850 = 90°/360° x π x r^2

7850 = 1/4 x 3,14 x r^2

7850 x 4 : 3,14 = r^2

2500 x 4 = r^2

10000 = r^2

r = √10000

r = 100 cm

Kaprikornus jari-jari bulat tersebut ialah 100 cm.

7. Diketahui panjang busur suatu bulat ialah 43,96 cm. Jika sudut pusat yang menghadap busur tersebut berukuran 60°, panjang jari-jari juring bulat tersebut ialah ... cm. (π =22/7 )

A. 7

B. 14

C. 21

D. 42

Penyelesaian:

P.busur = 43,96

60°/360° x keliling bulat = 43,96

1/6 x 2 x phi x r = 43,96

1/6 x 2 x 22/7 x r = 43,96

22/21 x r = 43,96

r = 43,96 : 22/21

r = 43,96 x 21/22

r = 41,96 cm → r = 42 cm

8. Perhatikan bulat O di samping Diketahui m∠BCD = 110° Tentukan m∠BAD.

A. 55°

B. 70°

C. 80°

D. 220°

Penyelesaian:


∠ BOD mayor = 2 × ∠ BCD

                       = 2 × 110°

                       = 220°


∠ BOD minor = 360° - 220°

                      = 140°


∠ BAD = 1/2 × ∠ BOD minor

            = 1/2 × 140°

            = 70°


9. Diketahui panjang garis singgung komplotan luar bulat M dan N adalah 40 cm. Jari-jari bulat M dan N berturut-turut 10 cm dan 19 cm. Jarak antara kedua sentra bulat tersebut ialah ... cm.

A. 17

B. 25

C. 40

D. 41

Penyelesaian:

 x² = 40² + ( R - r )²

x² = 1.600 + ( 19 cm - 10 cm )²

x² = 1.600 + 9²

x² = 1.600 + 81

x² = 1.681

x = √1.681

x = 41 cm

10. Diketahui dua bulat dengan jari-jari berbeda. Jika jarak kedua pusat lingkaran tersebut ialah 20 cm dan panjang garis singgung persekutuan dalam kedua bulat ialah 16 cm, manakah pasangan jari-jari kedua lingkaran tersebut yang sesuai?

A. 7 cm dan 4 cm

B. 7 cm dan 5 cm

C. 4 cm dan 9 cm

D. 6 cm dan 8 cm

Penyelesaian:

Diket :

p = 20 cm

d = 16 cm

Penyelesaian :

d² = p² - (r1 + r2)²


(r1 + r2)² = p² - d²

(r1 + r2)² = (20 cm)² - (16 cm)²

(r1 + r2)² = 400 cm² - 256 cm²

r1 + r2 = √144 cm²

r1 + r2 = 12 cm

Pasangan jari jari yang sesuai ialah B. 7 cm dan 5 cm.sebab 7 cm + 5 cm = 12 cm


11. Tohir mempunyai kawat sepanjang 10 m yang akan dipakai untuk membuat kerangka balok berukuran 10 cm × 24 cm × 36 cm. Banyak kerangka balok yang sanggup dibentuk oleh Tohir ialah ....

A. 2 buah C. 4 buah

B. 3 buah D. 5 buah

Penyelesaian:

10 cm=1000 m

 kerangka balok=4(p)+4(l)+4(t)

=4(10)+4(24)+4(36)

=40+96+144

=280

jadi, 1000/280=3 buah


12. Alas sebuah prisma berbentuk persegi panjang dengan panjang 12 cm dan lebar 8 cm. Bila tinggi prisma 15 cm, maka luas permukaan prisma dan volume prisma ialah ....

A. 696 cm dan 720 cm3 C. 792 cm dan 720 cm3

B. 792 cm dan 1.140 cm3 D. 792 cm dan 2.880 cm3

Penyelesaian:


a. Luas permukaan prisma 

= (2 × Luas alas) + ( Keliling bantalan × tinggi prisma)

= (2 × panjang × lebar ) + (2 × (panjang + lebar) × tinggi prisma)

= (2 × 12 cm × 8 cm) + (2 × ( 12 cm + 8 cm) × 15 cm)

= 192 cm² + 600 cm²

= 792 cm²

Jadi, luas permukaan prisma ialah 792 cm²


b. Volume prisma 

= Luas bantalan × tinggi

= panjang × lebar × tinggi

= 12 cm × 8 cm × 15 cm

= 1440 cm³

Jadi, volume prisma ialah 1440 cm³


13. Suatu prisma kayu persegi panjang terdiri atas tiga bagian, masing-masing terdiri atas empat kubus kayu direkatkan. Manakah dari potongan-potongan di bawah ini memiliki bentuk yang sama menyerupai belahan hitam?

A. C.

B. D.

Penyelesaian:



14. Diketahui volume balok ialah 200 cm3. Nilai x yang memenuhi ialah ....

A. 5 cm

B. 10 cm

C. 15 cm

D. 20 cm

Penyelesaian:


◼ Volume Balok = 200 cm³

◼ Tinggi Balok = 4 cm

◼ Lebar Balok = 5 cm


Panjang Balok

= Volume / (Lebar x Tinggi) 

= 200 / (5 x 4)

= 200 / 20

= 10 cm


Opsi B


15. Gambar a merupakan sebuah buku dan gambar b merupakan sebuah balok. Jika beberapa buku menyerupai pada gambar a dengan ukuran yang sama akan dimasukkan ke gambar b, jumlah terbesar dari buku tersebut yang akan muat di dalam kotak gambar b ialah ....

A. 10 cm C. 12 cm

B. 11 cm D. 13 cm

Penyelesaian:


Dik :

Panjang Kotak B = 36 cm ... 

Lebar Kotak B = 30 cm ... 

Tinggi Kotak B = 20 cm ... 

Panjang Buku A = 20 cm ... 

Lebar Buku A = 15 cm ... 

Tinggi Buku A = 6 cm ... 


Dit : Berapa Jumlah Buku yang Muat....? 


Pembahasan :


Volume Kotak B = p × l × t

Volume Kotak B = ( 36 × 30 × 20 ) cm³ . 

Volume Kotak B = 21.600 cm³ ... ✔️


Volume Buku A = p × l × t

Volume Buku A = ( 20 × 15 × 6 ) cm³ . 

Volume Buku A = 1.800 cm³ ... ✔️


Maka Di Dapatkan Buku Yang Muat :

= Volume Kotak B / Volume Buku A

= 21.600 cm³ / 1.800 cm³

= 12 Buku A ... ✔️


Jawaban : C ... 


16. Tabel berikut menunjukkan banyaknya pisang goreng yang terjual di kantin sekolah selama empat hari pada pekan kedua bulan ini. Pisang Goreng yang Jika rata-rata banyak pisang goreng yang terjual hingga hari Jumat adalah 69, berapa banyak pisang goreng yang terjual pada hari Jumat?

A. 67 C. 77

B. 69 D. 82

Penyelesaian:


rata-rata sanggup dirumuskan dengan 

rata-rata = Σfn.xn / Σfn


Σfn.xn = jumlah hasil perkalian frekuensi dengan nilai

Σfn = jumlah data 


pembahasan soal,

diketahui:

rata-rata = 69

data yang didapat = 64, 71, 73, 60, x

ditanya nilai x

jawab:


(64 + 71 + 73 + 60 + x) / 5 = 69

(268 + x) / 5 = 69

(268 + x) = 69(5)

268 + x = 345

x = 345 - 268

x = 77


jadi banyak pisang goreng yang terjual pada hari jum'at ialah 77

balasan C



17. Terdapat 5 siswa sebagai finalis lomba Story Telling tingkat kabupaten. Median dari skor yang diperoleh kelima finalis ialah 85. Skor empat siswa ialah sebagai berikut.

85, 80, 95, 80, ....

Berapakah skor yang diperoleh siswa ke-5?

A. 70 C. 80

B. 75 D. 90

Diketahui : 

Median (nilai tengahnya) = 85


Skor empat siswa : 85, 80, 95, 80

Misal skor anak kelima ialah x


Skor kita urutkan dari yang terkecil ke terbesar dan ingat nilai tengahnya 85


Jadi urutan kelima skor tersebut ada 2 kemungkinan yaitu :

80, 80, 85, 95, x atau 80, 80, 85, x, 95


1) kalau urutannya : 80, 80, 85, 95, x

maka nilai x => x ≥ 95

jadi nilai x yang mungkin ialah 95, 96, 97, 98, 99, 100 

(di option tidak ada pilihan)


2) kalau urutannya : 80, 80, 85, x, 95

maka nilai x => 85 ≤ x ≤ 95

jadi nilai x yang mungkin ialah 85, 86, 87, 88, 89, 90, 91, 92, 93, 94, 95

(di option ada pilihan yaitu yang D. 90)


Jadi Skor yang diperoleh siswa ke 5 ialah 90

(dengan urutan : 80, 80, 85, 90, 95)


Jawaban : D. 90


18. Perhatikan tabel nilai siswa berikut.

Nilai 4 5 7 8 9 10

Banyak siswa 4 8 10 11 6 1

Banyak siswa yang menerima nilai di atas nilai rata-rata ialah ... anak.

A. 11 C. 18

B. 17 D. 28

Penyelesaian:


Mean=jumlah nilai/banyak data

=(4×4)+(5×8)+(7×10)+(8×11)+(9×6)+(10×1)/4+8+10+11+6+1

=16+40+70+88+54+10/40

=278/40=6,95

diatas rata rata=10+11+6+1

=28 anak


19. Dalam suatu tim bola voli, rata-rata tinggi 6 pemain ialah 171 cm. Apabila dua orang orang pemain cadangan dimasukkan, rata-rata tinggi pemain menjadi 172. Rata-rata tinggi kedua pemain yang gres masuk adalah ... cm.

A. 174 C. 176

B. 175 D. 177

Penyelesaian:



 Tinggu kedua pemain

= ( 172 × 8 ) - ( 171 × 6 )

= 1376 -1026

= 350 cm

Rata rata tinggi kedua pemain

= 350 cm : 2

= 175 cm

20. Suatu perusahaan menjual dua jenis produk A dan B. Rasio hasil penjualan produk A dan B dari tahun 2012 hingga dengan 2015 disajikan pada gambar berikut.

Diketahui banyak penjualan produk A selama 4 tahun ialah sebagai berikut.

Tahun 2012 2013 2014 2015

Produk A 1.200 2.400 2.400 3.600

Rata-rata banyak penjualan produk B dalam 4 tahun yang sama ialah .... (OSK Sekolah Menengah Pertama 2016)

A. 1.000 C. 1.350

B. 1.340 D. 1.500

Penyelesaian:

KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Uji Kompetensi semester 2 halaman 311

21. Suatu koin dilempar sebanyak 48 kali. Jika mata koin angka muncul 12 kali, peluang empirik kemunculan mata koin bukan angka ialah ....

A. 12/48 C. 12/60

B. 3/4 D. 1/2

Penyelesaian:


Kejadian mata koin bukan angka = (48-12) = 36 kali

Seluruh tragedi = 48

P = n(k)/n(s) = 36/48 = 6/8 = 3/4


22. Pada tabel berikut disajikan data hasil percobaan pengundian dadu bermata enam. Setelah dilakukan pengundian didapat data sebagai berikut. Jika dilakukan pelemparan sebanyak 36 kali lagi, taksiran terbaik muncul mata dadu 6 menjadi sebanyak ... kali

A. 7 C. 9

B. 8 D. 10

Penyelesaian:


Ada 6 mata dadu dengan dilempar sebanyak 36 kali.

Mata dadu 2 muncul sebanyak 6 kali dalam 36 kali lemparan.

Peluang muncul mata dadu 2 ialah 1/6. Peluang ini cocok dengan peluang muncul mata dadu kalau dihitung dengan rumus:

Peluang = 1 : jumlah mata

Peluang = 1/6.


Jika dilakukan 18 kali lemparan lagi, berapa peluang muncul mata dadu 2?


Jawab:

Peluangnya sanggup dicari dengan membandingkan dengan data sebelumnya, selain dengan mencari dengan rumus langsung.


6 kali muncul : 36 kali lemparan = A kali muncul : 18 kali lemparan

A = 6 x 18 / 36 = 3 kali muncul


Nah kenapa 3 kali muncul tidak terdapat pada pilihan ganda? Jika kita simak secara teliti, soal diatas, muncul kata "taksiran menjadi sebanyak" dimana sanggup berarti jumlah total dari semuanya.


Kaprikornus totalnya ialah 6 kali + 3 kali = 9 kali. 


Penyelesaian soal menyerupai ini sangat bergantung dari pemahaman kalian terhadap soal itu sendiri.


Jawabannya ialah B. 9 kali muncul


23. Sebuah kantong berisi 5 kelereng merah, 7 kelereng kuning, dan 9kelereng hijau. Sebuah kelereng diambil dari kantong tersebut. Peluang terambil kelereng hijau ialah ....

A. 9/12 C. 4/7

B. 3/21 D. 3/7

Penyelesaian:

 Diketahui:

Kelereng merah  = 5

Kelereng kuning  = 7

Kelereng hijau  = 9

Ditanya:

Peluang terambil kelereng hijau  = ?

Penyelesaian:

Gunakan rumus mencari peluang

P(A)  =  

P(A)  =  

P(A)  =  

P(A)  =  

Jawaban  D.


24. Seorang melaksanakan pengundian dengan menggelindingkan 2 dadu. Peluang teoretik muncul mata dadu berjumlah 6 dalam pengundian tersebut ialah ....

A. 5/36 C. 1/6

B. 4/36 D. 5/6

Penyelesaian:

Dua buah dadu digelindingkan satu kali 

Banyak ruang sampel : n(S) = 6 x 6 = 36   

A = muncul mata dadu berjumlah 6 

A = {(1, 5), (2, 4), (3, 3), (4, 2), (5, 1)} 

n(A) = 5   

Peluang teoretik muncul mata dadu berjumlah dalam pengundian tersebut ialah : 

P(A) = n(A)/n(S) 

P(A) = 5/36   

Jawaban : A. 5/36   


25. Empat pemain sepakbola melaksanakan latihan tendangan penalti. Hasil latihan tersebut disajikan pada tabel berikut. Pemain yang mempunyai peluang terbesar untuk sukses dalam melakukan tendangan penalti ialah ....

A. Rudi

B. Yusril

C. Iqbal

D. Erik

Penyelesaian:

D. Erik

Karena peluang suksesnya 9/15 =0,6

Rudi = 15/30 = 0,5

Yusril = 13/25 =0,52

Iqbal = 11/20 = 0,55


Rangkuman Uji Kompetensi Semester 2 Halaman 311 Matematika Kelas 8 

dan  peninggalan sejarah. Dari data ini dapat ditarik simpulan bahwa wisatawan asing  lebih tertarik pada budaya, sedangkan wisatawan domestik lebih tertarik pada  lingkungan termasuk alam.  Kebutuhan berekreasi kebutuhan manusiawi. Keindahan alam, ketenangan,  kesejukan, dan keaslian membuat manusia merasa tenteram. Jika daerah-daerah  peristirahatan yang rutin dikunjungi sudah semakin ramai dan sudah membludak,  bisa diperkirakan

 lokasi tersebut akan ditinggalkan orang. Orang ingin beristirahat  di tempat-tempat yang lebih tenang dan teduh. (www.pariwisatakita.com)   84  Kelas VIII SMP/Mts  D. Menyajikan Teks Eksposisi Setelah mempelajari materi ini, diharapkan kamu mampu: Menyajikan  gagasan dalam bentuk teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup,  kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll.) dalam w

ujud secara lisan dan  tertulis dengan memperhatikan struktur unsur kebahasaan dan aspek lisan. 1. Langkah-Langkah Penyajian  Sebagaimana yang telah dipaparkan terdahulu bahwa teks eksposisi  menyajikan sejumlah pendapat (argumen). Teks eksposisi bertujuan untuk  meyakinkan orang lain. Di dalamnya tersaji pula fakta untuk lebih meyakinkan  kebenaran tentang isi pendapat itu. Dalam sistematika penyajiannya, teks  eksposisi diawali dengan penyajian tesis (isu, masalah, ataupun suatu pernyataan  yang bersifat umum; kemudian diikuti rangkaian argumentasi atau pendapat  beserta sejumlah fakta yang menguatkan; diakhiri dengan penegasan ulang.   Langkah-langkah penyajia

nnya sebagai berikut. a. Menentukan isu ataupun masalah yang akan dibahas. b. Membaca berbagai sumber yang berkaitan dengan isu yang dipilih; melakukan  sejumlah pengamatan lapangan. c. Mendaftar topik-topik yang berkaitan dengan isu, berdasarkan hasil-hasil  membaca dan langkah-langkah pengamatan. Contoh:  1) Pentingnya penanganan sampah dalam menghadapi datangnya musim  penghujan.  2) Kesemrawutan kehidupan di suatu kota.  3) Pola hidup masyarakat kota dalam membuang sampah.  4) Sikap-sikap pemerintah dalam penanganan sampah.  5) Akibat-akibat pada bencana lin

gkungan.  6) Solusi penanganan. d. Menyusun kerangka karangan, struktur teks eksposisi. Topik-topik itu  disusun secara sistematis dengan pola berikut.   85  Kelas VIII SMP/Mts Bab 3 Bhs. Indonesia  Kerangka Utama Perincian Topik  1) Tesis  2) Rangkaian argumen  3) Penegasan ulang  e. Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi teks eksposisi. Dalam  tahap ini kamu harus menjadikan topik-topik itu menjadi argumen-argumen  jelas dan logis. Di samping itu, kaidah

-kaidah kebahasaan perlu diperhatikan. Kegiatan 3.7 A. Tulislah sebuah teks eksposisi yang berkaitan dengan isu rendahnya  kesantunan berbahasa dalam masyarakat. Adapun langkah-langkah  pengembangannya sebagai berikut.  1. Bacalah berbagai sumber, baik itu berupa surat kabar, internet, ataupun  buku-buku yang menjelaskan masalah kesantunan berbahasa.  2. Lakukan pula pengamatan terhadap kebiasaan berbahasa warga masyarakat  di sekitarmu.  3. Catatlah hal-hal penting, baik yang kamu dapatkan melalui membaca  maupun kegiatan pengamatan itu.  4. Susunlah catatan itu ke dalam kerangka yang berlaku di dalam teks  eksposisi, yakni terdiri atas tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang.  5. Kembangkanlah kerangka itu menjadi sebuah teks eksposisi yang lengkap  dengan

 memperhatikan pula kaidah-kaidah kebahasaannya. B. 1. Lakukanlah silang baca dengan seorang teman untuk saling memberikan  tanggapan terhadap teks eksposisi yang telah kamu buat.  2. Gunakanlah format berikut.   86  Kelas VIII SMP/Mts   Nama penanggap : .... Aspek Tanggapan Isi Tanggapan a. Kelengkapan struktur b. Ketepatan kaidah bahasa c. Daya tarik pengembangan d. Kebakuan ejaan/tanda baca Tugas Individu 1. Tuliskanlah sebuah teks eksposisi dengan isu yang kami tentukan sendiri. 2. Kembangkan isu tersebut dengan langkah-langkah sebagaimana yang telah  kamu pelajari sebelumnya.  Isu : . . . .  Kerangka tulisan Kerangka Utama Perincian Topik a. Tesis  b. Rangkaian argumen  c. Penegasan ulang   Pengembangan tulisan  . . . . 3. Sajikanlah teks tersebut di dep

an teman-temanmu. Sampaikan laporan itu  secara garis besar. Akan lebih baik apabila disertai dengan multimedia (power  point) yang menarik. 4. Bagaimana tanggapan teman-teman berkaitan dengan daya tarik penyajian  teks eksposisimu itu?   87  Kelas VIII SMP/Mts Bab 3 Bhs. Indonesia  Nama Teman Isi Tanggapan  2. Kegiatan Penyuntingan  Langkah penyuntingan merupakan langkah pascapenulisan suatu teks.  Langkah tersebut bertujuan untuk memperoleh tulisan yang lebih baik.  Unsur-unsur yang perlu disunting dalam teks eksposisi berkenaan dengan  aspek isi, struktur, dan kaidah bahasa. a. Aspek isi terkait dengan daya tarik isu, kelugasan argumen, dan kelengkapa

n  fakta. Mungkin pula berkenaan dengan keakuratan ataupun ketepatan  penggunaan fakta di dalamnya. b. Aspek struktur penyajian terkait dengan kelengkapan dan ketepatan susunan  antarbagian teks.  Berkaitan dengan aspek ini, kamu pun perlu mencermati bagian-bagian teks:  tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang. Berkaitan dengan aspek ini  juga rincikan topik-topiknya. Jangan sampai ada bagian atau kalimat yang  menyimpang; tidak sesuai dengan isu utama. Kalimat semacam itu disebut  juga kalimat sumbang. Mungkin pula susunannya tidak beraturan atau  pol

anya tidak jelas sehingga maksud teks itu sulit dipahami pembaca. c. Aspek kaidah kebahasaan, terkait dengan ketepatan penggunaan kata sesuai    88  Kelas VIII SMP/Mts  dengan karakteristik dari teks eksposisi. Penyuntingan aspek kebahasaan  perlu diarahkan pada keefektifan kalimat-kalimatnya, penggunaan kata, dan  penulisan ejaan. Dalam hal ini pemahaman kamu tentang tata bahasa dan  E

BI sangat penting. Kegiatan 3.8 A. 1. Bacalah teks eksposisi yang telah disusun temanmu!  2. Lakukanlah penyuntingan terhadap teks tersebut!  3. Gunakanlah rubrik di bawah ini sebagai pedomannya! Rubrik Penyuntingan Teks Eksposisi No. Asp

ek Deskripsi Ya Tidak 1. Ketepatan jenis teks Apakah tulisan itu berupa teks  eksposisi?  2. Struktur teks Apakah tulisan itu memuat tesis,  rangkaian argumen, dan penegasan  ulang? 3. Keterpaduan teks Apakah antara paragraf satu dengan  paragraf lainnya saling berkaitan?  4. Keefektifan kalimat Apakah tidak ada kesalahan struktur  kalimat?  5. Ketepatan penulisan  ejaan dan tanda baca  Apakah tidak ada kesalahan dalam  penulisan ejaan dan tanda baca?  B. 1. Rundingkan hasil penyuntingan itu dengan temanmu sebagai penulisnya.  2. Berikan pula masukan-masukan untuk perbaikan teks tersebut, sesuai  dengan kekurangan yang kamu temukan.   89  Kelas VIII SMP/Mts Bab 3 Bhs. Indonesia  Aku Bisa   Lengkapilah tabel di bawah ini dengan benar, sesuai dengan tingkat  penguasaanmu terhadap materi-materi dalam bab ini! Pokok Bah

asan Tingkat Penguasaan A B C D 1.     Mampu mengenali unsur-unsur teks eksposisi  dengan tepat. 2.     Mampu menyimpulkan teks eksposisi dengan  benar. 3. Mampu menemukan struktur dan kaidah- kaidah teks eksposisi secara lengkap. 4. Mampu menyajikan gagasan dalam bentuk  teks eksposisi dengan memperhatikan  struktur dan kaidah kebahasaannya.  Keterangan:  A. sangat dikuasai B.

 dikuasai C. cukup dikuasai D. tidak dikuasai Apa yang akan kamu lakukan apabila seluruh pembahasan di dalam pelajaran ini  telah kamu kuasai?   90  Kelas VIII SMP/Mts  Rencanaku dengan teks eksposisi . . . .   Tuliskan pula bacaan-bacaan di perpustakaan yang dapat memperdalam  pemahamanmu tentang teks eksposisi. Judul Penulis Catatan Penting   91  Kelas VIII SMP/MTs Bab 4 Bahasa Indonesia  Bab 4  Indahnya Berpuisi  (Sumber: dokumentasi penulis)   Selain dalam bentuk prosa 

(eksposisi), gagasan dapat diungkapkan dalam  bentuk puisi. Bahkan, gagasan yang puitis itulah yang sering kamu simak sehari- hari misalnya melalui lagu-lagu. Syair-syair lagu memang banyak yang berupa  puisi. Isinya padat makna dan disusun dengan nada-nada yang indah.  Dengan demikian, berpuisi bukan hal yang asing lagi bagi kamu. Suasana  hati menjadi indah dengan mendengar dan membaca sesuatu yang dipuisikan,  bukan? Apalagi kalau kita sendiri yang mengekspresikannya. Semakin senang  karena banyak orang yang suka. Itulah yang namanya berkah dari berpuisi.   92  Kelas VIII SMP/MTs  A. Menemukan Unsur-unsur Pembentuk Puisi Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu : Mengartikan puisi  dan merinci unsur-unsurnya dari kegiatan membaca dan mendengarkan.  1. Pengertian Puisi Perhatikan teks berikut! Hujan Bulan Juni oleh S

apardi Djoko Damono  tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan Juni dirahasiakannya rintik rindunya kepada pohon berbunga itu tak ada yang lebih bijak dari hujan bulan Juni dihapusnya jejak-jejak kakinya yang ragu-ragu di jalan itu tak ada yang lebih arif dari hujan bulan Juni dibiarkannya yang tak teru

capkan diserap akar pohon bunga itu   Teks tersebut disebut puisi. Puisi yaitu teks atau karangan yang mengungkapkan  pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindahan kata-kata. Puisi  mengungkapkan berbagai hal. Kerinduan, kegelisahan, atau pengagungan kepada  sang Khalik yang kamu ungkapkan dalam bahasa indah. Hanya saja kamu jarang  menyadarinya bahwa itu adalah puisi.  Jika 

hendak mengagungkan keindahan alam, kamu dapat menggunakan  pilihan kata yang khas. Kata-kata itu kamu pilih sehingga dapat mewakili dan  memancarkan keindahan alam yang kamu kagumi itu.   93  Kelas VIII SMP/MTs Bab 4 Bahasa Indonesia  Perhatikan pula cuplikan teks berikut! Berdiri aku di tepi pantai Memandang lepas ke tengah laut Ombak pulang memecah berderai Ke ribaan pasir rindu berpaut.  Cuplikan tersebut diambil dari puisi "Laut" karya Amal Hamzah. Jika

 dibaca,  cuplikan puisi itu melukiskan keindahan laut dengan ombaknya yang memecah  pantai. Keindahan seperti itu dapat pula kamu rasakan apabila kamu berdiri di  tepi pantai. Kamu akan melihat ombak bergulung-gulung memecah tepi pantai,  bukan? Pasir-pasir di tepi pantai itu laksana merindukan deburan ombak. Pasir- pasirnya tampak seperti berpegangan untuk kembali ke laut. Perhatikan contoh lainnya! Hanyut aku Tuhanku Dalam lautan kasih-Mu  Tuhan, bawalah aku  Meninggi ke 

langit ruhani.  Larik-larik itu diambil dari puisi yang berjudul ”Tuhan” karya Bahrum  Rangkuti. Puisi tersebut merupakan ekspresi kerinduan dan kegelisahan  penyair untuk bertemu dengan sang Khalik. Kerinduan dan kegelisahannya  itu diungkapkan kata hanyut, kasih, meninggi, dan langit ruhani. Kata-kata itu  menunjukkan dalamnya cinta penyair kepada Tuhan.  Kegiatan 4.1 A. Baca kembali puisi berjudul "Hujan Bulan Juni". Kemudian, jawablah  pertanyaan-pertanyaan berikut!  1. Mengapa teks itu dikatakan sebagai puisi?  2. Teks itu mengungkapkan perasaan apa: sedih, kagum, ce

mburu, rindu,  atau sayang?  3. Keindahan apa yang tampak pada rangkaian kata di dalam teks tersebut?  4. Ditunjukan kepada siapakah maksud dari teks itu?  5. Bagaimana sikapmu sendiri berkaitan dengan masalah yang diangkat di  dalamnya?   94  Kelas VIII SMP/MTs  B. Secara berkelompok, jelaskanlah isi atau maksud puisi ”Hujan Bulan Juni”  secara lebih rinci. Presentasikanlah pendapat kelompokmu itu di depan  teman-temanmu untuk mereka tanggapi. Gambaran Rinci  Isi Puisi  Kata-kata Pendukung  dalam Puisi  Tanggapan Kelompok  Lain  2. Unsur-unsur Puisi  Perhatikan kembali teks pusi ”Hujan Bulan Juni”. Sebagaimana teks lainnya,  teks memiliki unsur-unsur seba

gai berikut. a. Majas dan Irama  Berbeda dengan teks eksposisi, berita, ataupun teks lain yang telah kamu  pelajari puisi merupakan teks yang mengutamakan majas dan mengutamakan  irama. 1) Majas (figurative language) adalah bahasa kias yang dipergunakan untuk  menciptakan kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya. Untuk  menimbulkan kesan-kesan tersebut, bahasa yang dipergunakan berupa  perbandingan, pertentangan, perulangan, dan perumpamaan. 2) Irama (musikalitas) adalah alunan bunyi yang teratur dan berulang-ulang.  Irama berfungsi untuk memberi jiwa pada kata-kata dalam sebuah puisi yang  pada akhirnya dapat membangkitkan emosi tertentu seperti sedih, kecewa,  marah, rindu, dan bahagia.  Perhatikan, misalnya, puisi ”Hujan Bulan Juni”.  a) Terdapat dua majas y

ang dominan dalam puisi itu.  (1) Majas personifikasi, adalah majas yang membandingkan benda- benda tidak bernyawa seolah-olah memiliki sifat seperti manusia.   95  Kelas VIII SMP/MTs Bab 4 Bahasa Indonesia   Dalam puisi itu yang dibandingkan adalah hujan. Hujan memiliki  sikap tabah, bijak, dan arif. Sifat-sifat itu biasanya dimiliki oleh  manusia.  (2) Majas paralelisme, adalah majas perulangan yang tersusun dalam  baris yang berbeda. Kata yang mengalami perulangan dalam


Post a Comment for "KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Uji Kompetensi semester 2 halaman 311"