KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Uji Kompetensi semester 2 halaman 311
Hallo peserta didik sekalian selamat datang di blog kakak ini, sedikit perkenalan blog kakak ini berjudul ilmuedukasi.com, yang mana kali ini kakak akan membahasas mengenai kunci jawaban dari mata pelajaran lagi, kali ini kita akan membahas lagi tentang kunci jawaban.
Daftar Isi
Baca juga:
KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 uji kompetensi 10
Baca juga:
Pembahasan soal Uji Kompetensi semester 2 Matematika Halaman 311 Kelas 8
Kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai kunci jawaban, yang mana pembahaasan yang kami buat ini di karenakan kami menyadari bahawasanya adik-adik sangatlah membutuhkan pembahasan ini, yang manana pembahasan uji kompetensi 2 ini kami buat agar adidkdik bisa memperoleh nilai yang memuaskan nantinya
Uji Kompetensi semester 2 Matematika Halaman 311 Kelas 8Uji Kompetensi semester 2 Matematika Kelas 8 Halaman 311Jawaban PG Uji Kompetensi Semester 2 Halaman 311 Matematika Kelas 8Semester 2 Kurikulum 2013Jawaban PG Uji Kompetensi Semester 2 Halaman 311 Matematika Kelas Kami juga membahas mengenai kunci jawaban pelajaran, yang dapat temen temen akses jawaban tersebut di bawah ini, dimana pembahasan ini kami buat seupaya temen dapat menyelesaiakn tugas dengan tepat waktu dan memperoleh nilai yang memuskan
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
kunci jawaban A. Pilihan Ganda
1. Perhatikan gambar di samping. Panjang x ialah ... cm.
A. 12
B. 13
C. 15
D. 17
Penyelesaian:
AC² = AB² + BC²
= 3² + 4²
= 9 + 16
= 25
AC = √25
AC = 5 cm
CD² = AC² + AD²
13² = 5² + x²
169 = 25 + x²
x² = 169 - 25
x² = 144
x = √144
x = 12 cm
Jadi panjang x ialah 12 cm
Jawaban : A
2. Tiang bendera disangga oleh tiga tali yang sama panjang biar tidak gampang jatuh. Setiap tali diikatkan setinggi 3 meter pada tiang bendera dan diikatkan pada tiga pasak A, , dan C sejauh 1,5 meter dari tiang. Panjang minimal tali yang dibutuhkan untuk menyangga tiang bendera adalah ....
A. 9 meter
B. 11 meter
C. 12 meter
D. 15 meter
Penyelesaian:
Diketahui:
Tiang bendera disangga tiga tali
Diikat pada tiang setinggi 3m
Pasak A B C sejauh 1,5m dari tiang
Ditanya:
Panjang tali minimal untuk menyangga..?
Penyelesaian:
Panjang 1 tali = sisi miring sebuah segitiga (menggunakan phytagoras)
= √(1,5² +3²)
= √(2,25 +9)
= √11,25
= 3,35 m
Total tali
= 3,35m x 3tali
= 10,06 meter ≈ 11m
Jawab:
Jadi panjang minimal tali ialah 11m (Opsi B)
3. Luas segitiga yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ialah ... cm2.
A. 150
B. 250
C. 300
D. 500
Penyelesaian:
Phytagoras
c² = a² + b²
(5x)² = (3x)² + 20²
25x² = 9x² + 400
25x² - 9x² = 400
16x² = 400
x² = 400/16
x² = 25
x = 5
Luas = bantalan • tinggi / 2
= 20 • 3x / 2
= 20 • 3(5) / 2
= 20 • 15 / 2
= 150 cm²
4. Pada belah ketupat ABCD di bawah ini, ∠A = 60° dan BD = 12 cm. Luas belah ketupat ABCD ialah ....
A. 36 2 cm2
B. 36 3 cm2
C. 72 2 cm2
D. 72 3 cm2
Penyelesaian:
Sudut ∠A=60°
merupakan ciri-ciri segitiga sama sisi
yang berarti setiap sisinya sama
tinggi segitiga
Luas segitiga
Luas belah ketupat
2x luas segitiga
2 x 36√3
72√3
5. Pada kubus ABCD.EFGH di samping, panjang rusuk AB = 8 cm. Luas segitiga ABH ialah ....
A. 32 2 cm2
B. 32 3cm2
C. 64 2 cm2
D. 64 3cm2
Penyelesaian:
Menghitung panjang AH
AH² = AD² + DH²
= 8² + 8²
= 64 + 64
= 2 (64)
AH = 8√2 cm
Menentukan panjang BH
BH² = AB² + BC² + BF²
= 8² + 8² + 8²
= 64 + 64 + 64
= 3 (64)
BH =
BH = 8√3 cm
Segitiga ABH merupakan segitiga siku-siku yang garis AB dan AH saling tegak lurus dan siku-siku di A.
Luas Δ ABH = 1/2 × AB × AH
= 1/2 × 8 cm × 8√2 cm
= 32√2 cm²
Kaprikornus luas Δ ABH ialah 32√2 cm²
Jawaban : A
6. Diketahui suatu juring bulat dengan ukuran sudut sentra 90°. Jika luas juring tersebut ialah 7.850, jari-jari bulat tersebut ialah .... cm. (π = 3,14)
A. 10
B. 100
C. 7
D. 49
Penyelesaian:
Lingkaran
^ = pangkat
Diketahui:
sudut sentra = 90°
L juring = 7850 cm^2
Ditanya:
r = ?
Jawab:
L juring = sudut pusat/360° x L lingkaran
7850 = 90°/360° x π x r^2
7850 = 1/4 x 3,14 x r^2
7850 x 4 : 3,14 = r^2
2500 x 4 = r^2
10000 = r^2
r = √10000
r = 100 cm
Kaprikornus jari-jari bulat tersebut ialah 100 cm.
7. Diketahui panjang busur suatu bulat ialah 43,96 cm. Jika sudut pusat yang menghadap busur tersebut berukuran 60°, panjang jari-jari juring bulat tersebut ialah ... cm. (π =22/7 )
A. 7
B. 14
C. 21
D. 42
Penyelesaian:
P.busur = 43,96
60°/360° x keliling bulat = 43,96
1/6 x 2 x phi x r = 43,96
1/6 x 2 x 22/7 x r = 43,96
22/21 x r = 43,96
r = 43,96 : 22/21
r = 43,96 x 21/22
r = 41,96 cm → r = 42 cm
8. Perhatikan bulat O di samping Diketahui m∠BCD = 110° Tentukan m∠BAD.
A. 55°
B. 70°
C. 80°
D. 220°
Penyelesaian:
∠ BOD mayor = 2 × ∠ BCD
= 2 × 110°
= 220°
∠ BOD minor = 360° - 220°
= 140°
∠ BAD = 1/2 × ∠ BOD minor
= 1/2 × 140°
= 70°
9. Diketahui panjang garis singgung komplotan luar bulat M dan N adalah 40 cm. Jari-jari bulat M dan N berturut-turut 10 cm dan 19 cm. Jarak antara kedua sentra bulat tersebut ialah ... cm.
A. 17
B. 25
C. 40
D. 41
Penyelesaian:
x² = 40² + ( R - r )²
x² = 1.600 + ( 19 cm - 10 cm )²
x² = 1.600 + 9²
x² = 1.600 + 81
x² = 1.681
x = √1.681
x = 41 cm
10. Diketahui dua bulat dengan jari-jari berbeda. Jika jarak kedua pusat lingkaran tersebut ialah 20 cm dan panjang garis singgung persekutuan dalam kedua bulat ialah 16 cm, manakah pasangan jari-jari kedua lingkaran tersebut yang sesuai?
A. 7 cm dan 4 cm
B. 7 cm dan 5 cm
C. 4 cm dan 9 cm
D. 6 cm dan 8 cm
Penyelesaian:
Diket :
p = 20 cm
d = 16 cm
Penyelesaian :
d² = p² - (r1 + r2)²
(r1 + r2)² = p² - d²
(r1 + r2)² = (20 cm)² - (16 cm)²
(r1 + r2)² = 400 cm² - 256 cm²
r1 + r2 = √144 cm²
r1 + r2 = 12 cm
Pasangan jari jari yang sesuai ialah B. 7 cm dan 5 cm.sebab 7 cm + 5 cm = 12 cm
11. Tohir mempunyai kawat sepanjang 10 m yang akan dipakai untuk membuat kerangka balok berukuran 10 cm × 24 cm × 36 cm. Banyak kerangka balok yang sanggup dibentuk oleh Tohir ialah ....
A. 2 buah C. 4 buah
B. 3 buah D. 5 buah
Penyelesaian:
10 cm=1000 m
kerangka balok=4(p)+4(l)+4(t)
=4(10)+4(24)+4(36)
=40+96+144
=280
jadi, 1000/280=3 buah
12. Alas sebuah prisma berbentuk persegi panjang dengan panjang 12 cm dan lebar 8 cm. Bila tinggi prisma 15 cm, maka luas permukaan prisma dan volume prisma ialah ....
A. 696 cm dan 720 cm3 C. 792 cm dan 720 cm3
B. 792 cm dan 1.140 cm3 D. 792 cm dan 2.880 cm3
Penyelesaian:
a. Luas permukaan prisma
= (2 × Luas alas) + ( Keliling bantalan × tinggi prisma)
= (2 × panjang × lebar ) + (2 × (panjang + lebar) × tinggi prisma)
= (2 × 12 cm × 8 cm) + (2 × ( 12 cm + 8 cm) × 15 cm)
= 192 cm² + 600 cm²
= 792 cm²
Jadi, luas permukaan prisma ialah 792 cm²
b. Volume prisma
= Luas bantalan × tinggi
= panjang × lebar × tinggi
= 12 cm × 8 cm × 15 cm
= 1440 cm³
Jadi, volume prisma ialah 1440 cm³
13. Suatu prisma kayu persegi panjang terdiri atas tiga bagian, masing-masing terdiri atas empat kubus kayu direkatkan. Manakah dari potongan-potongan di bawah ini memiliki bentuk yang sama menyerupai belahan hitam?
A. C.
B. D.
Penyelesaian:
14. Diketahui volume balok ialah 200 cm3. Nilai x yang memenuhi ialah ....
A. 5 cm
B. 10 cm
C. 15 cm
D. 20 cm
Penyelesaian:
◼ Volume Balok = 200 cm³
◼ Tinggi Balok = 4 cm
◼ Lebar Balok = 5 cm
Panjang Balok
= Volume / (Lebar x Tinggi)
= 200 / (5 x 4)
= 200 / 20
= 10 cm
Opsi B
15. Gambar a merupakan sebuah buku dan gambar b merupakan sebuah balok. Jika beberapa buku menyerupai pada gambar a dengan ukuran yang sama akan dimasukkan ke gambar b, jumlah terbesar dari buku tersebut yang akan muat di dalam kotak gambar b ialah ....
A. 10 cm C. 12 cm
B. 11 cm D. 13 cm
Penyelesaian:
Dik :
Panjang Kotak B = 36 cm ...
Lebar Kotak B = 30 cm ...
Tinggi Kotak B = 20 cm ...
Panjang Buku A = 20 cm ...
Lebar Buku A = 15 cm ...
Tinggi Buku A = 6 cm ...
Dit : Berapa Jumlah Buku yang Muat....?
Pembahasan :
Volume Kotak B = p × l × t
Volume Kotak B = ( 36 × 30 × 20 ) cm³ .
Volume Kotak B = 21.600 cm³ ... ✔️
Volume Buku A = p × l × t
Volume Buku A = ( 20 × 15 × 6 ) cm³ .
Volume Buku A = 1.800 cm³ ... ✔️
Maka Di Dapatkan Buku Yang Muat :
= Volume Kotak B / Volume Buku A
= 21.600 cm³ / 1.800 cm³
= 12 Buku A ... ✔️
Jawaban : C ...
16. Tabel berikut menunjukkan banyaknya pisang goreng yang terjual di kantin sekolah selama empat hari pada pekan kedua bulan ini. Pisang Goreng yang Jika rata-rata banyak pisang goreng yang terjual hingga hari Jumat adalah 69, berapa banyak pisang goreng yang terjual pada hari Jumat?
A. 67 C. 77
B. 69 D. 82
Penyelesaian:
rata-rata sanggup dirumuskan dengan
rata-rata = Σfn.xn / Σfn
Σfn.xn = jumlah hasil perkalian frekuensi dengan nilai
Σfn = jumlah data
pembahasan soal,
diketahui:
rata-rata = 69
data yang didapat = 64, 71, 73, 60, x
ditanya nilai x
jawab:
(64 + 71 + 73 + 60 + x) / 5 = 69
(268 + x) / 5 = 69
(268 + x) = 69(5)
268 + x = 345
x = 345 - 268
x = 77
jadi banyak pisang goreng yang terjual pada hari jum'at ialah 77
balasan C
17. Terdapat 5 siswa sebagai finalis lomba Story Telling tingkat kabupaten. Median dari skor yang diperoleh kelima finalis ialah 85. Skor empat siswa ialah sebagai berikut.
85, 80, 95, 80, ....
Berapakah skor yang diperoleh siswa ke-5?
A. 70 C. 80
B. 75 D. 90
Diketahui :
Median (nilai tengahnya) = 85
Skor empat siswa : 85, 80, 95, 80
Misal skor anak kelima ialah x
Skor kita urutkan dari yang terkecil ke terbesar dan ingat nilai tengahnya 85
Jadi urutan kelima skor tersebut ada 2 kemungkinan yaitu :
80, 80, 85, 95, x atau 80, 80, 85, x, 95
1) kalau urutannya : 80, 80, 85, 95, x
maka nilai x => x ≥ 95
jadi nilai x yang mungkin ialah 95, 96, 97, 98, 99, 100
(di option tidak ada pilihan)
2) kalau urutannya : 80, 80, 85, x, 95
maka nilai x => 85 ≤ x ≤ 95
jadi nilai x yang mungkin ialah 85, 86, 87, 88, 89, 90, 91, 92, 93, 94, 95
(di option ada pilihan yaitu yang D. 90)
Jadi Skor yang diperoleh siswa ke 5 ialah 90
(dengan urutan : 80, 80, 85, 90, 95)
Jawaban : D. 90
18. Perhatikan tabel nilai siswa berikut.
Nilai 4 5 7 8 9 10
Banyak siswa 4 8 10 11 6 1
Banyak siswa yang menerima nilai di atas nilai rata-rata ialah ... anak.
A. 11 C. 18
B. 17 D. 28
Penyelesaian:
Mean=jumlah nilai/banyak data
=(4×4)+(5×8)+(7×10)+(8×11)+(9×6)+(10×1)/4+8+10+11+6+1
=16+40+70+88+54+10/40
=278/40=6,95
diatas rata rata=10+11+6+1
=28 anak
19. Dalam suatu tim bola voli, rata-rata tinggi 6 pemain ialah 171 cm. Apabila dua orang orang pemain cadangan dimasukkan, rata-rata tinggi pemain menjadi 172. Rata-rata tinggi kedua pemain yang gres masuk adalah ... cm.
A. 174 C. 176
B. 175 D. 177
Penyelesaian:
Tinggu kedua pemain
= ( 172 × 8 ) - ( 171 × 6 )
= 1376 -1026
= 350 cm
Rata rata tinggi kedua pemain
= 350 cm : 2
= 175 cm
20. Suatu perusahaan menjual dua jenis produk A dan B. Rasio hasil penjualan produk A dan B dari tahun 2012 hingga dengan 2015 disajikan pada gambar berikut.
Diketahui banyak penjualan produk A selama 4 tahun ialah sebagai berikut.
Tahun 2012 2013 2014 2015
Produk A 1.200 2.400 2.400 3.600
Rata-rata banyak penjualan produk B dalam 4 tahun yang sama ialah .... (OSK Sekolah Menengah Pertama 2016)
A. 1.000 C. 1.350
B. 1.340 D. 1.500
Penyelesaian:
21. Suatu koin dilempar sebanyak 48 kali. Jika mata koin angka muncul 12 kali, peluang empirik kemunculan mata koin bukan angka ialah ....
A. 12/48 C. 12/60
B. 3/4 D. 1/2
Penyelesaian:
Kejadian mata koin bukan angka = (48-12) = 36 kali
Seluruh tragedi = 48
P = n(k)/n(s) = 36/48 = 6/8 = 3/4
22. Pada tabel berikut disajikan data hasil percobaan pengundian dadu bermata enam. Setelah dilakukan pengundian didapat data sebagai berikut. Jika dilakukan pelemparan sebanyak 36 kali lagi, taksiran terbaik muncul mata dadu 6 menjadi sebanyak ... kali
A. 7 C. 9
B. 8 D. 10
Penyelesaian:
Ada 6 mata dadu dengan dilempar sebanyak 36 kali.
Mata dadu 2 muncul sebanyak 6 kali dalam 36 kali lemparan.
Peluang muncul mata dadu 2 ialah 1/6. Peluang ini cocok dengan peluang muncul mata dadu kalau dihitung dengan rumus:
Peluang = 1 : jumlah mata
Peluang = 1/6.
Jika dilakukan 18 kali lemparan lagi, berapa peluang muncul mata dadu 2?
Jawab:
Peluangnya sanggup dicari dengan membandingkan dengan data sebelumnya, selain dengan mencari dengan rumus langsung.
6 kali muncul : 36 kali lemparan = A kali muncul : 18 kali lemparan
A = 6 x 18 / 36 = 3 kali muncul
Nah kenapa 3 kali muncul tidak terdapat pada pilihan ganda? Jika kita simak secara teliti, soal diatas, muncul kata "taksiran menjadi sebanyak" dimana sanggup berarti jumlah total dari semuanya.
Kaprikornus totalnya ialah 6 kali + 3 kali = 9 kali.
Penyelesaian soal menyerupai ini sangat bergantung dari pemahaman kalian terhadap soal itu sendiri.
Jawabannya ialah B. 9 kali muncul
23. Sebuah kantong berisi 5 kelereng merah, 7 kelereng kuning, dan 9kelereng hijau. Sebuah kelereng diambil dari kantong tersebut. Peluang terambil kelereng hijau ialah ....
A. 9/12 C. 4/7
B. 3/21 D. 3/7
Penyelesaian:
Diketahui:
Kelereng merah = 5
Kelereng kuning = 7
Kelereng hijau = 9
Ditanya:
Peluang terambil kelereng hijau = ?
Penyelesaian:
Gunakan rumus mencari peluang
P(A) =
P(A) =
P(A) =
P(A) =
Jawaban D.
24. Seorang melaksanakan pengundian dengan menggelindingkan 2 dadu. Peluang teoretik muncul mata dadu berjumlah 6 dalam pengundian tersebut ialah ....
A. 5/36 C. 1/6
B. 4/36 D. 5/6
Penyelesaian:
Dua buah dadu digelindingkan satu kali
Banyak ruang sampel : n(S) = 6 x 6 = 36
A = muncul mata dadu berjumlah 6
A = {(1, 5), (2, 4), (3, 3), (4, 2), (5, 1)}
n(A) = 5
Peluang teoretik muncul mata dadu berjumlah dalam pengundian tersebut ialah :
P(A) = n(A)/n(S)
P(A) = 5/36
Jawaban : A. 5/36
25. Empat pemain sepakbola melaksanakan latihan tendangan penalti. Hasil latihan tersebut disajikan pada tabel berikut. Pemain yang mempunyai peluang terbesar untuk sukses dalam melakukan tendangan penalti ialah ....
A. Rudi
B. Yusril
C. Iqbal
D. Erik
Penyelesaian:
D. Erik
Karena peluang suksesnya 9/15 =0,6
Rudi = 15/30 = 0,5
Yusril = 13/25 =0,52
Iqbal = 11/20 = 0,55
Rangkuman Uji Kompetensi Semester 2 Halaman 311 Matematika Kelas 8
dan peninggalan sejarah. Dari data ini dapat ditarik simpulan bahwa wisatawan asing lebih tertarik pada budaya, sedangkan wisatawan domestik lebih tertarik pada lingkungan termasuk alam. Kebutuhan berekreasi kebutuhan manusiawi. Keindahan alam, ketenangan, kesejukan, dan keaslian membuat manusia merasa tenteram. Jika daerah-daerah peristirahatan yang rutin dikunjungi sudah semakin ramai dan sudah membludak, bisa diperkirakan
lokasi tersebut akan ditinggalkan orang. Orang ingin beristirahat di tempat-tempat yang lebih tenang dan teduh. (www.pariwisatakita.com) 84 Kelas VIII SMP/Mts D. Menyajikan Teks Eksposisi Setelah mempelajari materi ini, diharapkan kamu mampu: Menyajikan gagasan dalam bentuk teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll.) dalam w
ujud secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur unsur kebahasaan dan aspek lisan. 1. Langkah-Langkah Penyajian Sebagaimana yang telah dipaparkan terdahulu bahwa teks eksposisi menyajikan sejumlah pendapat (argumen). Teks eksposisi bertujuan untuk meyakinkan orang lain. Di dalamnya tersaji pula fakta untuk lebih meyakinkan kebenaran tentang isi pendapat itu. Dalam sistematika penyajiannya, teks eksposisi diawali dengan penyajian tesis (isu, masalah, ataupun suatu pernyataan yang bersifat umum; kemudian diikuti rangkaian argumentasi atau pendapat beserta sejumlah fakta yang menguatkan; diakhiri dengan penegasan ulang. Langkah-langkah penyajia
nnya sebagai berikut. a. Menentukan isu ataupun masalah yang akan dibahas. b. Membaca berbagai sumber yang berkaitan dengan isu yang dipilih; melakukan sejumlah pengamatan lapangan. c. Mendaftar topik-topik yang berkaitan dengan isu, berdasarkan hasil-hasil membaca dan langkah-langkah pengamatan. Contoh: 1) Pentingnya penanganan sampah dalam menghadapi datangnya musim penghujan. 2) Kesemrawutan kehidupan di suatu kota. 3) Pola hidup masyarakat kota dalam membuang sampah. 4) Sikap-sikap pemerintah dalam penanganan sampah. 5) Akibat-akibat pada bencana lin
gkungan. 6) Solusi penanganan. d. Menyusun kerangka karangan, struktur teks eksposisi. Topik-topik itu disusun secara sistematis dengan pola berikut. 85 Kelas VIII SMP/Mts Bab 3 Bhs. Indonesia Kerangka Utama Perincian Topik 1) Tesis 2) Rangkaian argumen 3) Penegasan ulang e. Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi teks eksposisi. Dalam tahap ini kamu harus menjadikan topik-topik itu menjadi argumen-argumen jelas dan logis. Di samping itu, kaidah
-kaidah kebahasaan perlu diperhatikan. Kegiatan 3.7 A. Tulislah sebuah teks eksposisi yang berkaitan dengan isu rendahnya kesantunan berbahasa dalam masyarakat. Adapun langkah-langkah pengembangannya sebagai berikut. 1. Bacalah berbagai sumber, baik itu berupa surat kabar, internet, ataupun buku-buku yang menjelaskan masalah kesantunan berbahasa. 2. Lakukan pula pengamatan terhadap kebiasaan berbahasa warga masyarakat di sekitarmu. 3. Catatlah hal-hal penting, baik yang kamu dapatkan melalui membaca maupun kegiatan pengamatan itu. 4. Susunlah catatan itu ke dalam kerangka yang berlaku di dalam teks eksposisi, yakni terdiri atas tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang. 5. Kembangkanlah kerangka itu menjadi sebuah teks eksposisi yang lengkap dengan
memperhatikan pula kaidah-kaidah kebahasaannya. B. 1. Lakukanlah silang baca dengan seorang teman untuk saling memberikan tanggapan terhadap teks eksposisi yang telah kamu buat. 2. Gunakanlah format berikut. 86 Kelas VIII SMP/Mts Nama penanggap : .... Aspek Tanggapan Isi Tanggapan a. Kelengkapan struktur b. Ketepatan kaidah bahasa c. Daya tarik pengembangan d. Kebakuan ejaan/tanda baca Tugas Individu 1. Tuliskanlah sebuah teks eksposisi dengan isu yang kami tentukan sendiri. 2. Kembangkan isu tersebut dengan langkah-langkah sebagaimana yang telah kamu pelajari sebelumnya. Isu : . . . . Kerangka tulisan Kerangka Utama Perincian Topik a. Tesis b. Rangkaian argumen c. Penegasan ulang Pengembangan tulisan . . . . 3. Sajikanlah teks tersebut di dep
an teman-temanmu. Sampaikan laporan itu secara garis besar. Akan lebih baik apabila disertai dengan multimedia (power point) yang menarik. 4. Bagaimana tanggapan teman-teman berkaitan dengan daya tarik penyajian teks eksposisimu itu? 87 Kelas VIII SMP/Mts Bab 3 Bhs. Indonesia Nama Teman Isi Tanggapan 2. Kegiatan Penyuntingan Langkah penyuntingan merupakan langkah pascapenulisan suatu teks. Langkah tersebut bertujuan untuk memperoleh tulisan yang lebih baik. Unsur-unsur yang perlu disunting dalam teks eksposisi berkenaan dengan aspek isi, struktur, dan kaidah bahasa. a. Aspek isi terkait dengan daya tarik isu, kelugasan argumen, dan kelengkapa
n fakta. Mungkin pula berkenaan dengan keakuratan ataupun ketepatan penggunaan fakta di dalamnya. b. Aspek struktur penyajian terkait dengan kelengkapan dan ketepatan susunan antarbagian teks. Berkaitan dengan aspek ini, kamu pun perlu mencermati bagian-bagian teks: tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang. Berkaitan dengan aspek ini juga rincikan topik-topiknya. Jangan sampai ada bagian atau kalimat yang menyimpang; tidak sesuai dengan isu utama. Kalimat semacam itu disebut juga kalimat sumbang. Mungkin pula susunannya tidak beraturan atau pol
anya tidak jelas sehingga maksud teks itu sulit dipahami pembaca. c. Aspek kaidah kebahasaan, terkait dengan ketepatan penggunaan kata sesuai 88 Kelas VIII SMP/Mts dengan karakteristik dari teks eksposisi. Penyuntingan aspek kebahasaan perlu diarahkan pada keefektifan kalimat-kalimatnya, penggunaan kata, dan penulisan ejaan. Dalam hal ini pemahaman kamu tentang tata bahasa dan E
BI sangat penting. Kegiatan 3.8 A. 1. Bacalah teks eksposisi yang telah disusun temanmu! 2. Lakukanlah penyuntingan terhadap teks tersebut! 3. Gunakanlah rubrik di bawah ini sebagai pedomannya! Rubrik Penyuntingan Teks Eksposisi No. Asp
ek Deskripsi Ya Tidak 1. Ketepatan jenis teks Apakah tulisan itu berupa teks eksposisi? 2. Struktur teks Apakah tulisan itu memuat tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang? 3. Keterpaduan teks Apakah antara paragraf satu dengan paragraf lainnya saling berkaitan? 4. Keefektifan kalimat Apakah tidak ada kesalahan struktur kalimat? 5. Ketepatan penulisan ejaan dan tanda baca Apakah tidak ada kesalahan dalam penulisan ejaan dan tanda baca? B. 1. Rundingkan hasil penyuntingan itu dengan temanmu sebagai penulisnya. 2. Berikan pula masukan-masukan untuk perbaikan teks tersebut, sesuai dengan kekurangan yang kamu temukan. 89 Kelas VIII SMP/Mts Bab 3 Bhs. Indonesia Aku Bisa Lengkapilah tabel di bawah ini dengan benar, sesuai dengan tingkat penguasaanmu terhadap materi-materi dalam bab ini! Pokok Bah
asan Tingkat Penguasaan A B C D 1. Mampu mengenali unsur-unsur teks eksposisi dengan tepat. 2. Mampu menyimpulkan teks eksposisi dengan benar. 3. Mampu menemukan struktur dan kaidah- kaidah teks eksposisi secara lengkap. 4. Mampu menyajikan gagasan dalam bentuk teks eksposisi dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaannya. Keterangan: A. sangat dikuasai B.
dikuasai C. cukup dikuasai D. tidak dikuasai Apa yang akan kamu lakukan apabila seluruh pembahasan di dalam pelajaran ini telah kamu kuasai? 90 Kelas VIII SMP/Mts Rencanaku dengan teks eksposisi . . . . Tuliskan pula bacaan-bacaan di perpustakaan yang dapat memperdalam pemahamanmu tentang teks eksposisi. Judul Penulis Catatan Penting 91 Kelas VIII SMP/MTs Bab 4 Bahasa Indonesia Bab 4 Indahnya Berpuisi (Sumber: dokumentasi penulis) Selain dalam bentuk prosa
(eksposisi), gagasan dapat diungkapkan dalam bentuk puisi. Bahkan, gagasan yang puitis itulah yang sering kamu simak sehari- hari misalnya melalui lagu-lagu. Syair-syair lagu memang banyak yang berupa puisi. Isinya padat makna dan disusun dengan nada-nada yang indah. Dengan demikian, berpuisi bukan hal yang asing lagi bagi kamu. Suasana hati menjadi indah dengan mendengar dan membaca sesuatu yang dipuisikan, bukan? Apalagi kalau kita sendiri yang mengekspresikannya. Semakin senang karena banyak orang yang suka. Itulah yang namanya berkah dari berpuisi. 92 Kelas VIII SMP/MTs A. Menemukan Unsur-unsur Pembentuk Puisi Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu : Mengartikan puisi dan merinci unsur-unsurnya dari kegiatan membaca dan mendengarkan. 1. Pengertian Puisi Perhatikan teks berikut! Hujan Bulan Juni oleh S
apardi Djoko Damono tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan Juni dirahasiakannya rintik rindunya kepada pohon berbunga itu tak ada yang lebih bijak dari hujan bulan Juni dihapusnya jejak-jejak kakinya yang ragu-ragu di jalan itu tak ada yang lebih arif dari hujan bulan Juni dibiarkannya yang tak teru
capkan diserap akar pohon bunga itu Teks tersebut disebut puisi. Puisi yaitu teks atau karangan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindahan kata-kata. Puisi mengungkapkan berbagai hal. Kerinduan, kegelisahan, atau pengagungan kepada sang Khalik yang kamu ungkapkan dalam bahasa indah. Hanya saja kamu jarang menyadarinya bahwa itu adalah puisi. Jika
hendak mengagungkan keindahan alam, kamu dapat menggunakan pilihan kata yang khas. Kata-kata itu kamu pilih sehingga dapat mewakili dan memancarkan keindahan alam yang kamu kagumi itu. 93 Kelas VIII SMP/MTs Bab 4 Bahasa Indonesia Perhatikan pula cuplikan teks berikut! Berdiri aku di tepi pantai Memandang lepas ke tengah laut Ombak pulang memecah berderai Ke ribaan pasir rindu berpaut. Cuplikan tersebut diambil dari puisi "Laut" karya Amal Hamzah. Jika
dibaca, cuplikan puisi itu melukiskan keindahan laut dengan ombaknya yang memecah pantai. Keindahan seperti itu dapat pula kamu rasakan apabila kamu berdiri di tepi pantai. Kamu akan melihat ombak bergulung-gulung memecah tepi pantai, bukan? Pasir-pasir di tepi pantai itu laksana merindukan deburan ombak. Pasir- pasirnya tampak seperti berpegangan untuk kembali ke laut. Perhatikan contoh lainnya! Hanyut aku Tuhanku Dalam lautan kasih-Mu Tuhan, bawalah aku Meninggi ke
langit ruhani. Larik-larik itu diambil dari puisi yang berjudul ”Tuhan” karya Bahrum Rangkuti. Puisi tersebut merupakan ekspresi kerinduan dan kegelisahan penyair untuk bertemu dengan sang Khalik. Kerinduan dan kegelisahannya itu diungkapkan kata hanyut, kasih, meninggi, dan langit ruhani. Kata-kata itu menunjukkan dalamnya cinta penyair kepada Tuhan. Kegiatan 4.1 A. Baca kembali puisi berjudul "Hujan Bulan Juni". Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! 1. Mengapa teks itu dikatakan sebagai puisi? 2. Teks itu mengungkapkan perasaan apa: sedih, kagum, ce
mburu, rindu, atau sayang? 3. Keindahan apa yang tampak pada rangkaian kata di dalam teks tersebut? 4. Ditunjukan kepada siapakah maksud dari teks itu? 5. Bagaimana sikapmu sendiri berkaitan dengan masalah yang diangkat di dalamnya? 94 Kelas VIII SMP/MTs B. Secara berkelompok, jelaskanlah isi atau maksud puisi ”Hujan Bulan Juni” secara lebih rinci. Presentasikanlah pendapat kelompokmu itu di depan teman-temanmu untuk mereka tanggapi. Gambaran Rinci Isi Puisi Kata-kata Pendukung dalam Puisi Tanggapan Kelompok Lain 2. Unsur-unsur Puisi Perhatikan kembali teks pusi ”Hujan Bulan Juni”. Sebagaimana teks lainnya, teks memiliki unsur-unsur seba
gai berikut. a. Majas dan Irama Berbeda dengan teks eksposisi, berita, ataupun teks lain yang telah kamu pelajari puisi merupakan teks yang mengutamakan majas dan mengutamakan irama. 1) Majas (figurative language) adalah bahasa kias yang dipergunakan untuk menciptakan kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya. Untuk menimbulkan kesan-kesan tersebut, bahasa yang dipergunakan berupa perbandingan, pertentangan, perulangan, dan perumpamaan. 2) Irama (musikalitas) adalah alunan bunyi yang teratur dan berulang-ulang. Irama berfungsi untuk memberi jiwa pada kata-kata dalam sebuah puisi yang pada akhirnya dapat membangkitkan emosi tertentu seperti sedih, kecewa, marah, rindu, dan bahagia. Perhatikan, misalnya, puisi ”Hujan Bulan Juni”. a) Terdapat dua majas y
ang dominan dalam puisi itu. (1) Majas personifikasi, adalah majas yang membandingkan benda- benda tidak bernyawa seolah-olah memiliki sifat seperti manusia. 95 Kelas VIII SMP/MTs Bab 4 Bahasa Indonesia Dalam puisi itu yang dibandingkan adalah hujan. Hujan memiliki sikap tabah, bijak, dan arif. Sifat-sifat itu biasanya dimiliki oleh manusia. (2) Majas paralelisme, adalah majas perulangan yang tersusun dalam baris yang berbeda. Kata yang mengalami perulangan dalam
Post a Comment for "KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Uji Kompetensi semester 2 halaman 311"