Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2 semester 1, Pembahasan soal MTK kelas 2 smp halaman 64 bab 2 ayo kita berlatih 2.3 kurikulum 2013 di sekolah adik adik akan diberi pengetahuan oleh guru-guru untuk itu kakak ingin mengajak adik-adikku sekalian untuk selalu ber sungguh sungguh dalam belajar karena memang bagus sekali.nah sebelum masuk pembahasan juga kakak ingin bercerita sedikit mengenai waktu sekolah kakak dahulu di mana memang jujur juga bahwasanya di sekolah dulu banyak sekali tugas yang diberikan oleh guru.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2
kunci jawaban mtk kelas 8 ayo kita berlatih 2.3

 no salah satu the ring yang ingin kakak berikan kali ini yaitu adalah kakak dalam menghadapi banyaknya tugas tersebut kakak mencari jawaban dari internet hal tersebut dalam bentuk akar dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.sekarang ini sekolah telah menerapkan protokol kesehatan dimana seorang siswa harus wajib menggunakan masker dimana hal tersebut dapat membantu para pemerintah dalam memutus rantai suruh sekolah di indonesia ini.

  1. Kunci jawaban PAI kelas 8
  2. Kunci jawaban MTK kelas 8
  3. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  4. Kunci jawaban IPA kelas 8
  5. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  6. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8

 tak sampai itu sekolah juga mendapatkan pembelajaran dari rumah atau sering disebut belajar orang lain dimana siswa tak perlu ke sekolah melainkan dirumah saja dan dengan handphone saja atau gadget. ada beberapa hal yang membuat seorang siswa berkendara dengan penerapan pembelajaran dari rumah salah satunya adalah handphone.

 tidak semua orang mempunyai handphone dan juga tidak semua orang mempunyai kota untuk itu membuat pemerintah harus memperhatikan hal tersebut karena memang hal tersebut membuat seseorang berkendara.tak hanya itu di desa-desa dan juga diproses seringkali sinyal tidaklah konsisten hal tersebut juga akan membuat diriku sekalian sama kesulitan dalam memahami apa yang disampaikan oleh guru.

Kunci Jawaban MTK Kelas 8

assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh selamat siang adik-adik sekalian kembali lagi dibelah kakak ini yang mana kakak ingin memperkenalkan terlebih dahulu blok a k ini bertujuan untuk membantu adik-adikku yang sedang bersekolah.

  1. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
  2. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2
  3. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.3
  4. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.4
  5. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
  6. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 1
  7. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1
  8. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2
  9. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3
  10. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2
  11. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1
  12. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
  13. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
  14. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
  15. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3

 blog kakak ini akan membahas mengenai kunci jawaban dari berbagai mata pelajaran dan juga dari berbagai tingkatan untuk itu jika adik-adik ingin berlangganan di silakan klik notifikasi diatas click allow. anda kesempatan kali ini seperti biasanya kagak ingin membahas mengenai topik seputar dunia pendidikan yang menatapnya gagak bahas kali ini yaitu mengenai kunci jawaban dari buku-buku yang adik-adik pelajari selama ini.

Kunci Jawaban MTK Kelas 8 uji kompetensi 1

 sebelum masuk pembahasan ada beberapa hal yang ingin kakak sampaikan yang bersama adik adik harus memahami adik-adik harus semangat dalam belajar dan harus semangat  sekolah.karena dengan bersekolah adik-adik dapat memperoleh ilmu pengetahuan dari guru-guru ya yang mana ilmu tersebut sangatlah bermanfaat bagi adik-adik di masa datang yang menerima tersebut akan membimbing ada buat akan mendapatkan kesuksesan di masa depan yang diharapkan.

Ayo Kita Berlatih 2.2 Semester 1

1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y.
Kunci Jawaban :

1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y.
kunci jawaban mtk kelas 8 ayo kita berlatih 2.3

2. Gambarlah garis m yang tegak lurus pada sumbu-Y, berada di bawah dan berjarak 4 satuan dari sumbu-X.
Kunci Jawaban :
2. Gambarlah garis m yang tegak lurus pada sumbu-Y, berada di bawah dan berjarak 4 satuan dari sumbu-X.
kunci jawaban mtk kelas 8 ayo kita berlatih 2.3 

3. Jika ada garis a melalui titik B(4, 5) dan titik C(4, –5), bagaimanakah kedudukan garis tersebut terhadap sumbu-X dan sumbu-Y?
Kunci Jawaban :Garis tersebut tegak lurus dengan sumbu-Y dan sejajar dengan sumbu-X

4. Gambarlah garis k yang melalui titik P(–3, –5) yang tidak sejajar sumbu-X dan sumbu-Y.
Kunci Jawaban :

4. Gambarlah garis k yang melalui titik P(–3, –5) yang tidak sejajar sumbu-X dan sumbu-Y.
kunci jawaban mtk kelas 8 ayo kita berlatih 2.3

5. Apabila dua garis l dan m memotong sumbu-X dan sumbu-Y tidak tegak lurus, bagaimanakah posisi garis l terhadap garis m? Jelaskan kemungkinannya dan tunjukkan dengan gambar.
Kunci Jawaban :

a) Kedua garis saling berpotongan karena garis l dan garis m berpotongan di titik (0,2).

b) Kedua garis saling sejajar karena apabila garis l dan garis m diperpanjangan tidak akan berpotongan karena memiliki arah yang sama.

6. Perhatikan gambar berikut ini: Diketahui garis l1 melalui titik A(1, 0), garis l2 melalui titik B(3, 0), garis l3 melalui titik C(6, 0), dan garis l4 melalui titik D(10, 0). Tentukan koordinat titik J pada garis l10.
Kunci Jawaban :

Dengan melihat titik-titik pada setiap garis tersebut kita akan melihat pola koordinat.
Garis : 1, 2, 3, 4
Posisi x : 1, 3, 6, 10 (Mengikuti pola Sn)
Posisi y : 0, 0, 0, 0 (Akan Selalu 0)
Sn = n/2 x (2a + (n-1)b
S10 = 10/2 x (2(1) + (10 - 1)(1))
= 5 x (11)
= 55
Jadi, koordinat titik J pada garis l10 adalah (55,0).
Kami juga membahas artikel lain yang mana pembahasan ini masih berkaitan dengan tema kita yaitu pembahsan mengnai kunci jawaban matematika kelas 8, yang mana pada kesempatan kali ini kami akan berbagi artikel mengenai pembahasan soal ayo kerja mencoba.
Kami yakin pembahasan kami berikan ini dapat membantu adik adik dalam menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru, dengan tepat waktu dan kami berharap dengan pembahsan ini adik adik dapat memperoleh nilai ynilai yang mumuaskanKUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2

Rangkuman MTK kelas 8 bab 2

 adik-adik tidak boleh untuk ber malas-malasan dalam belajar karena memang di sekolah saat ini menerapkan sistem protokol kesehatan yang mana sekolah mewajibkan seluruhnya siswanya harus memakai maskara dan juga terkadang sekolah juga menerapkan sistem pembelajaran dari rumah.

yang kakak  takutkan bahwasanya adek-adek jika belajar di rumah adek adek tidak mengindahkan berbahan langsung alasan dengan hal tersebut hanya bermain handphone saja.ada beberapa hal dampak dari penerapan bersekolah dari rumah yang menurut kakak hal ini perlu ditindaklanjuti karena memang kurang efisien bagi siswanya.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2
kunci jawaban mtk kelas 8 ayo kita berlatih 2.3

menyerah akan menghasilkan  sesuatu yang kita harapkan. 2. Saling menghormati pendapat orang lain, meskipun berbeda dengan  pendapat kita. Sumber:  camphalfblood.wikia.com  Narasi Tokoh Matematika  G.   Archimedes (287 SM - 212 SM)  Gambar 7.1 Segienam   262 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  Materi tentang lingkaran telah dipelajari oleh siswa ketika di S'. 'i kelas 9III  ini siswa akan diajak untuk mempelajari lebih ban\ak tentang materi lingkaran.  Pada Kegiatan 7.1 ini siswa diharapkan akan memahami tentang: . Pengertian lingkaran (secara intuitif 2. 8nsur-unsur lingkaran Sebelum memulai kegiatan pada bab lingkaran ini sebaikn\a guru dan siswa  men\iapkan alat berupa: . Penggaris 2. %usur . -angka  Sebelum PelaksanaKUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2an .egiatan  Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika siswa melakukan pengamatan. Guru mengajak siswa untuk memahami lingkaran dan bukan lingkaran melalui  pengamatan gambar bentuk lingkaran dan bukan lingkaran. Setelah mengamati  diharapkan siswa mendapatkan pemahaman bahwa lingkaran adalah: 1. Berupa kurva tutup 2. Semua titik pada lingkaran berjarak sama terhadap suatu titik (titik pusat) Untuk mengecek pemahaman siswa, diharapkan guru memberikan contoh.  Di awal kegiatan disajikan beberapa manfaat pemahaman unsur-unsur lingkaran  dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat yang disajikan di buku siswa adalah 1) Cara  melukis lingkaran pada papan berbentuk persegi panjang, 2) Cara menentukan titik  pusat busur lingkaran menggunakan tali busur. Silakan guru membuat contoh lain  untuk memotivasi siswa dalam mempelajari lingkaran.  Pertanyaan kritis Pada /angkah 2, ada catatan, bahwa 2 garis \ang dibuat tidak boleh sejajar,  mengapa"  K egiatan 7.1 Mengenal Lingkaran  P   roses P   embelajaran  H.    Kurikulum 2013 MATEMATIKA 263  Jawaban pertanyaan kritis: Jika dua garis (tali busur) yang dibuat sejajar, maka garis kedua garis sumbunya  tidak akan berpotongan (tetapi berimpit). Dengan kata lain, jika dua garis yang dibuat  saling sejajar, maka tidak akan terbentuk titik pusat lingkaran.  Ayo Kita Amati Guru mengajak siswa untuk memahami unsur-unsur lingkaran berdasarkan ciri-ciri  yang disajikan pada Buku Siswa. Unsur-unsur yang diamati sebagai berikut. No. Nama   Unsur Ciri-ciri 1. Jari-jari 9 Berupa ruas garis 9 Menghubungan titik pada lingkaran dengan titik  pusat 2. Diameter 9 Berupa ruas garis 9 Menghubungkan dua titik pada lingkaran 9 Melalui pusat lingkaran 3. Tali busur 9 Berupa ruas garis 9 Menghubungkan dua titik pada lingkaran 4. Apotema 9 Berupa ruas garis 9 Menghubungkan titik pusat dengan satu titik di tali busur 9 Tegak lurus dengan tali busur 5. Juring 9 Berupa daerah di dalam lingkaran 9 Dibatasi oleh dua jari-jari dan satu busur lingkaran 9 Jari-jari yang membatasi memuat titik ujung busur  lingkaran 6. Tembereng 9 Berupa daerah di dalam lingkaran 9 Dibatasi oleh satu tali busur dan busur lingkaran 7. Sudut pusat 9 Terbentuk dari dua sinar garis (kaki sudut) 9 Kaki sudut berhimpit dengan jari-jari lingkaran  9 Titik sudut berhimpit dengan titik pusat lingkaran .eterangan: Untuk istilah busur, juring, tembereng, maupun sudut, jika tidak  disebutkan secara spesifik minor atau ma\or, maka kita sepakati minor   264 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  Ayo Kita  ??KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2 Menanya Guru mengajak siswa untuk membuat pertanyaan sesuai hal-hal yang diamati dan  mengarah pada tercapainya tujuan pembelajaran. Contoh pertanyaan: 1. Apakah hubungan antara busur minor dengan busur mayor? 2. Mengapa tidak ada apotema yang bersesuaian dengan diameter?  =+  +  Ayo Kita Menggali Informasi  Guru meminta siswa untuk menggali informasi lebih jauh terhadap ciri-ciri unsur  lingkaran yang sudah diamati. Salah satu caranya adalah dengan meminta siswa  untuk menggambar masing-masing unsur lingkaran dengan bentuk yang berbeda. Guru mengajak siswa untuk membuat pengertian menggunakan kalimat mereka  sendiri dengan merangkai ciri-ciri yang sudah diamati dan dipahami. Dalam hal  ini guru tidak perlu terlalu matematis dalam mendefinisikan suatu istilah *uru  memberikan pengarahan jika dirasa pemahaman siswa tentang masing-masing unsur  masih kurang sesuai.   Tanggapan Kritis: Hubungan Antar Unsur Lingkaran Berilah tanggapan (Ya/Tidak) terhadap pernyataan berikut serta berikan  alasan. No Pernyataan Ya/Tidak 1. Panjang diameter sama dengan 2 kali panjang jari-jari  lingkaran. Ya 2. Jumlah panjang busur besar dengan busur kecil sama dengan  keliling lingkaran Ya 3. Busur adalah bagian dari keliling lingkaran. Ya 4. Keliling lingkaran adalah busKUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2ur terbesar. Ya 5. Diameter adalah tali busur terpanjang. Ya 6. Apotema selalu tegak lurus dengan suatu tali busur Ya No Pernyataan Ya/Tidak   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 265  7. Luas tembereng sama dengan luas juring dikurangi segitiga  yang sisinya adalah dua jari-jari yang membatasi juring dan  tali busur pembatas tembereng  Ya  8. Jika semakin besar luas suatu juring maka ukuran sudut pusat  yang bersesuaian dengan juring tersebut akan semakin besar  juga  Ya  9. Jika semakin kecil panjang suatu busur maka ukuran sudut  pusat yang menghadap busur tersebut akan semakin kecil juga Ya  Ayo Kita Menalar  Guru mengajak siswa untuk menalar dengan menanggapi pernyataan pada bagian  Ayo Kita Menalar. Jawaban Ayo Kita Menalar: No Pernyataan Ya/Tidak 1. Setiap tali busur adalah diameter Tidak 2. Setiap diameter adalah tali busur Ya 3. Lingkaran adalah busur terbesar Ya 4. Pada tali busur yang berhimpit dengan diameter, tali busur  tersebut tidak memiliki epotema Ya 5. Luas suatu juring sebanding dengan sudut pusat yang  bersesuaian dengan juring tersebut. Ya 6. Panjang suatu busur sebanding dengan sudut pusat yang  bersesuaian dengan busur tersebut. Ya 7. Berikut ini langkah menentukan diameter lingkaran yang tidak diketahui  titik pusatnya. a. Melukis dua tali busur yang tidak sejajar. b. Melukis garis sumbu kedua tali busur tersebut sehingga berpotongan di  satu titik (titik pusat). c. Melukis tali busur yang melalui titik tersebut. Tali busur itu adalah  diameter yang diinginkan. 8. Panjang busur mayor = . – x   266 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  9. a. Ukur keliling alas stupa menggunakan tali b. Potong tali tersebut menjadi dua bagian sama panjang (setengah  lingkaran). c. Rentangkan tali tertsebut pada alas stupa, kemudian tandai di kedua  ujungnya. Dua titik tersebut pasti titik terjauh dari alas stupa dan bila  kedua titik tersebut langsung dihubungkan akan membentu diameter.  Ayo Kita Berbagi  Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil menalarnya. Guru memandu  agar diskusi antar siswa terarah.  Ayo Kita  !  ?  !  ?  Berlatih 7.1  Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 7.1 Tanda (-) sebagai latihan  A. Pilihan Ganda 1. A 2. D B. Esai 1. 6,5 cm 2. Ya 3. Ya, kedua sumbu tersebut adalah garis yang berhimpit dengan diameter  lingkaran, sehingga perpotongannya tepat di titik pusat. 4. Tidak ada, karena diameter adalah tali busur terpanjang. 5. Tidak bisa, karena apotema adalah ruas terpendek yang menghubungkan  antara titik pusat dengan tali busur, maka titik pada tali busur tersebut pasti  berada di dalam lingkaran (bukan pada lingkaran). Karena titik tersebut  berada di dalam lingkaran, maka panjangnya pasti kurang dari jari-jaKUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2ri (ruas  yang menghubungkan antara titik pusat dengan lingkaran).   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 267  6. Benda yang saling konsentris: a. Sisi dalam dengan sisi luar bingkai pada jam dinding berbentuk  lingkaran. b. Veleg sepeda dengan ban (yang terpasang pada veleg tersebut). c. Sisi dalam dengan sisi luar ban sepeda. 7. Langkah melukis garis yang melalui titik A, titik B, dan titik C. a. Buat dua ruas garis berbeda (misal $% dan BC) b. Lukis garis sumbu kedua ruas garis tersebut sehingga berpotongan di  satu titik (titik pusat), namapi sebagai titik O. c. Lukis lingkaran dengan pusat titik O dan panjang jari-jari 2$ atau 2%  atau 2C (keterangan: 2$ = 2% = OC)  8. Langkah membuat juring setengah lingkaran adalah sama dengan langkah  membuat lingkaran, namun panjangnya hanya setengah lingkaran saja dan  dibatasi oleh suatu diameter (keterangan: didapat dari garis sumbu ruas  garis). 9. a. Selalu b. Selalu c. Tidak pernah d. Selalu 10. a. 120q b. 60q c. 90q d. 30q 11. - 12. - 13. - 14. - 15. - 16. -   268 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  Menentukan Hubungan  antara Sudut Pusat  K egiatan 7.2 dengan Sudut Keliling  Sebelum mengajarkan kegiatan ini sebaikn\a guru mengingat lebih dulu materi  \ang sudah dipelajari pada kegiatan sebelumn\a. +al ini bertujuan agar siswa  bisa lebih siap untuk menggunakan dan memahami unsur-unsur lingkaran \ang  akan digunakan pada kegiatan ini. GuruKUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2 mengajak siswa untuk memahami sudut  keliling \ang ada pada buku siswa. Pada kegiatan ini sebaikn\a guru dan siswa men\iapkan alat atau bahan sebagai  berikut. . %usur 2. -angka . .ertas berbentuk lingkaran . Gunting . Presentasi sudut pusat dan sudut keliling menggunakan power point (khusus  guru

Sumber: buku mtk kelas 8


Post a Comment for "KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2"