KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2 semester 1, Pembahasan soal MTK kelas 2 smp halaman 64 bab 2 ayo kita berlatih 2.3 kurikulum 2013 di sekolah adik adik akan diberi pengetahuan oleh guru-guru untuk itu kakak ingin mengajak adik-adikku sekalian untuk selalu ber sungguh sungguh dalam belajar karena memang bagus sekali.nah sebelum masuk pembahasan juga kakak ingin bercerita sedikit mengenai waktu sekolah kakak dahulu di mana memang jujur juga bahwasanya di sekolah dulu banyak sekali tugas yang diberikan oleh guru.
no salah satu the ring yang ingin kakak berikan kali ini yaitu adalah kakak dalam menghadapi banyaknya tugas tersebut kakak mencari jawaban dari internet hal tersebut dalam bentuk akar dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.sekarang ini sekolah telah menerapkan protokol kesehatan dimana seorang siswa harus wajib menggunakan masker dimana hal tersebut dapat membantu para pemerintah dalam memutus rantai suruh sekolah di indonesia ini.
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
tak sampai itu sekolah juga mendapatkan pembelajaran dari rumah atau sering disebut belajar orang lain dimana siswa tak perlu ke sekolah melainkan dirumah saja dan dengan handphone saja atau gadget. ada beberapa hal yang membuat seorang siswa berkendara dengan penerapan pembelajaran dari rumah salah satunya adalah handphone.
tidak semua orang mempunyai handphone dan juga tidak semua orang mempunyai kota untuk itu membuat pemerintah harus memperhatikan hal tersebut karena memang hal tersebut membuat seseorang berkendara.tak hanya itu di desa-desa dan juga diproses seringkali sinyal tidaklah konsisten hal tersebut juga akan membuat diriku sekalian sama kesulitan dalam memahami apa yang disampaikan oleh guru.
Kunci Jawaban MTK Kelas 8
assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh selamat siang adik-adik sekalian kembali lagi dibelah kakak ini yang mana kakak ingin memperkenalkan terlebih dahulu blok a k ini bertujuan untuk membantu adik-adikku yang sedang bersekolah.
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3
blog kakak ini akan membahas mengenai kunci jawaban dari berbagai mata pelajaran dan juga dari berbagai tingkatan untuk itu jika adik-adik ingin berlangganan di silakan klik notifikasi diatas click allow. anda kesempatan kali ini seperti biasanya kagak ingin membahas mengenai topik seputar dunia pendidikan yang menatapnya gagak bahas kali ini yaitu mengenai kunci jawaban dari buku-buku yang adik-adik pelajari selama ini.
Kunci Jawaban MTK Kelas 8 uji kompetensi 1
sebelum masuk pembahasan ada beberapa hal yang ingin kakak sampaikan yang bersama adik adik harus memahami adik-adik harus semangat dalam belajar dan harus semangat sekolah.karena dengan bersekolah adik-adik dapat memperoleh ilmu pengetahuan dari guru-guru ya yang mana ilmu tersebut sangatlah bermanfaat bagi adik-adik di masa datang yang menerima tersebut akan membimbing ada buat akan mendapatkan kesuksesan di masa depan yang diharapkan.
Ayo Kita Berlatih 2.2 Semester 1
Kunci Jawaban :
Kunci Jawaban :
Kunci Jawaban :Garis tersebut tegak lurus dengan sumbu-Y dan sejajar dengan sumbu-X
Kunci Jawaban :
a) Kedua garis saling berpotongan karena garis l dan garis m berpotongan di titik (0,2).
b) Kedua garis saling sejajar karena apabila garis l dan garis m diperpanjangan tidak akan berpotongan karena memiliki arah yang sama.
Kunci Jawaban :
Dengan melihat titik-titik pada setiap garis tersebut kita akan melihat pola koordinat.
Garis : 1, 2, 3, 4
Posisi x : 1, 3, 6, 10 (Mengikuti pola Sn)
Posisi y : 0, 0, 0, 0 (Akan Selalu 0)
Sn = n/2 x (2a + (n-1)b
S10 = 10/2 x (2(1) + (10 - 1)(1))
= 5 x (11)
= 55
Jadi, koordinat titik J pada garis l10 adalah (55,0).
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.5 halaman 11
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.7 halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 15
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 21
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.12
Rangkuman MTK kelas 8 bab 2
adik-adik tidak boleh untuk ber malas-malasan dalam belajar karena memang di sekolah saat ini menerapkan sistem protokol kesehatan yang mana sekolah mewajibkan seluruhnya siswanya harus memakai maskara dan juga terkadang sekolah juga menerapkan sistem pembelajaran dari rumah.
yang kakak takutkan bahwasanya adek-adek jika belajar di rumah adek adek tidak mengindahkan berbahan langsung alasan dengan hal tersebut hanya bermain handphone saja.ada beberapa hal dampak dari penerapan bersekolah dari rumah yang menurut kakak hal ini perlu ditindaklanjuti karena memang kurang efisien bagi siswanya.
menyerah akan menghasilkan sesuatu yang kita harapkan. 2. Saling menghormati pendapat orang lain, meskipun berbeda dengan pendapat kita. Sumber: camphalfblood.wikia.com Narasi Tokoh Matematika G. Archimedes (287 SM - 212 SM) Gambar 7.1 Segienam 262 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Materi tentang lingkaran telah dipelajari oleh siswa ketika di S'. 'i kelas 9III ini siswa akan diajak untuk mempelajari lebih ban\ak tentang materi lingkaran. Pada Kegiatan 7.1 ini siswa diharapkan akan memahami tentang: . Pengertian lingkaran (secara intuitif 2. 8nsur-unsur lingkaran Sebelum memulai kegiatan pada bab lingkaran ini sebaikn\a guru dan siswa men\iapkan alat berupa: . Penggaris 2. %usur . -angka Sebelum PelaksanaKUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2an .egiatan Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika siswa melakukan pengamatan. Guru mengajak siswa untuk memahami lingkaran dan bukan lingkaran melalui pengamatan gambar bentuk lingkaran dan bukan lingkaran. Setelah mengamati diharapkan siswa mendapatkan pemahaman bahwa lingkaran adalah: 1. Berupa kurva tutup 2. Semua titik pada lingkaran berjarak sama terhadap suatu titik (titik pusat) Untuk mengecek pemahaman siswa, diharapkan guru memberikan contoh. Di awal kegiatan disajikan beberapa manfaat pemahaman unsur-unsur lingkaran dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat yang disajikan di buku siswa adalah 1) Cara melukis lingkaran pada papan berbentuk persegi panjang, 2) Cara menentukan titik pusat busur lingkaran menggunakan tali busur. Silakan guru membuat contoh lain untuk memotivasi siswa dalam mempelajari lingkaran. Pertanyaan kritis Pada /angkah 2, ada catatan, bahwa 2 garis \ang dibuat tidak boleh sejajar, mengapa" K egiatan 7.1 Mengenal Lingkaran P roses P embelajaran H. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 263 Jawaban pertanyaan kritis: Jika dua garis (tali busur) yang dibuat sejajar, maka garis kedua garis sumbunya tidak akan berpotongan (tetapi berimpit). Dengan kata lain, jika dua garis yang dibuat saling sejajar, maka tidak akan terbentuk titik pusat lingkaran. Ayo Kita Amati Guru mengajak siswa untuk memahami unsur-unsur lingkaran berdasarkan ciri-ciri yang disajikan pada Buku Siswa. Unsur-unsur yang diamati sebagai berikut. No. Nama Unsur Ciri-ciri 1. Jari-jari 9 Berupa ruas garis 9 Menghubungan titik pada lingkaran dengan titik pusat 2. Diameter 9 Berupa ruas garis 9 Menghubungkan dua titik pada lingkaran 9 Melalui pusat lingkaran 3. Tali busur 9 Berupa ruas garis 9 Menghubungkan dua titik pada lingkaran 4. Apotema 9 Berupa ruas garis 9 Menghubungkan titik pusat dengan satu titik di tali busur 9 Tegak lurus dengan tali busur 5. Juring 9 Berupa daerah di dalam lingkaran 9 Dibatasi oleh dua jari-jari dan satu busur lingkaran 9 Jari-jari yang membatasi memuat titik ujung busur lingkaran 6. Tembereng 9 Berupa daerah di dalam lingkaran 9 Dibatasi oleh satu tali busur dan busur lingkaran 7. Sudut pusat 9 Terbentuk dari dua sinar garis (kaki sudut) 9 Kaki sudut berhimpit dengan jari-jari lingkaran 9 Titik sudut berhimpit dengan titik pusat lingkaran .eterangan: Untuk istilah busur, juring, tembereng, maupun sudut, jika tidak disebutkan secara spesifik minor atau ma\or, maka kita sepakati minor 264 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Ayo Kita ??KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2 Menanya Guru mengajak siswa untuk membuat pertanyaan sesuai hal-hal yang diamati dan mengarah pada tercapainya tujuan pembelajaran. Contoh pertanyaan: 1. Apakah hubungan antara busur minor dengan busur mayor? 2. Mengapa tidak ada apotema yang bersesuaian dengan diameter? =+ + Ayo Kita Menggali Informasi Guru meminta siswa untuk menggali informasi lebih jauh terhadap ciri-ciri unsur lingkaran yang sudah diamati. Salah satu caranya adalah dengan meminta siswa untuk menggambar masing-masing unsur lingkaran dengan bentuk yang berbeda. Guru mengajak siswa untuk membuat pengertian menggunakan kalimat mereka sendiri dengan merangkai ciri-ciri yang sudah diamati dan dipahami. Dalam hal ini guru tidak perlu terlalu matematis dalam mendefinisikan suatu istilah *uru memberikan pengarahan jika dirasa pemahaman siswa tentang masing-masing unsur masih kurang sesuai. Tanggapan Kritis: Hubungan Antar Unsur Lingkaran Berilah tanggapan (Ya/Tidak) terhadap pernyataan berikut serta berikan alasan. No Pernyataan Ya/Tidak 1. Panjang diameter sama dengan 2 kali panjang jari-jari lingkaran. Ya 2. Jumlah panjang busur besar dengan busur kecil sama dengan keliling lingkaran Ya 3. Busur adalah bagian dari keliling lingkaran. Ya 4. Keliling lingkaran adalah busKUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2ur terbesar. Ya 5. Diameter adalah tali busur terpanjang. Ya 6. Apotema selalu tegak lurus dengan suatu tali busur Ya No Pernyataan Ya/Tidak Kurikulum 2013 MATEMATIKA 265 7. Luas tembereng sama dengan luas juring dikurangi segitiga yang sisinya adalah dua jari-jari yang membatasi juring dan tali busur pembatas tembereng Ya 8. Jika semakin besar luas suatu juring maka ukuran sudut pusat yang bersesuaian dengan juring tersebut akan semakin besar juga Ya 9. Jika semakin kecil panjang suatu busur maka ukuran sudut pusat yang menghadap busur tersebut akan semakin kecil juga Ya Ayo Kita Menalar Guru mengajak siswa untuk menalar dengan menanggapi pernyataan pada bagian Ayo Kita Menalar. Jawaban Ayo Kita Menalar: No Pernyataan Ya/Tidak 1. Setiap tali busur adalah diameter Tidak 2. Setiap diameter adalah tali busur Ya 3. Lingkaran adalah busur terbesar Ya 4. Pada tali busur yang berhimpit dengan diameter, tali busur tersebut tidak memiliki epotema Ya 5. Luas suatu juring sebanding dengan sudut pusat yang bersesuaian dengan juring tersebut. Ya 6. Panjang suatu busur sebanding dengan sudut pusat yang bersesuaian dengan busur tersebut. Ya 7. Berikut ini langkah menentukan diameter lingkaran yang tidak diketahui titik pusatnya. a. Melukis dua tali busur yang tidak sejajar. b. Melukis garis sumbu kedua tali busur tersebut sehingga berpotongan di satu titik (titik pusat). c. Melukis tali busur yang melalui titik tersebut. Tali busur itu adalah diameter yang diinginkan. 8. Panjang busur mayor = . – x 266 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru 9. a. Ukur keliling alas stupa menggunakan tali b. Potong tali tersebut menjadi dua bagian sama panjang (setengah lingkaran). c. Rentangkan tali tertsebut pada alas stupa, kemudian tandai di kedua ujungnya. Dua titik tersebut pasti titik terjauh dari alas stupa dan bila kedua titik tersebut langsung dihubungkan akan membentu diameter. Ayo Kita Berbagi Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil menalarnya. Guru memandu agar diskusi antar siswa terarah. Ayo Kita ! ? ! ? Berlatih 7.1 Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 7.1 Tanda (-) sebagai latihan A. Pilihan Ganda 1. A 2. D B. Esai 1. 6,5 cm 2. Ya 3. Ya, kedua sumbu tersebut adalah garis yang berhimpit dengan diameter lingkaran, sehingga perpotongannya tepat di titik pusat. 4. Tidak ada, karena diameter adalah tali busur terpanjang. 5. Tidak bisa, karena apotema adalah ruas terpendek yang menghubungkan antara titik pusat dengan tali busur, maka titik pada tali busur tersebut pasti berada di dalam lingkaran (bukan pada lingkaran). Karena titik tersebut berada di dalam lingkaran, maka panjangnya pasti kurang dari jari-jaKUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2ri (ruas yang menghubungkan antara titik pusat dengan lingkaran). Kurikulum 2013 MATEMATIKA 267 6. Benda yang saling konsentris: a. Sisi dalam dengan sisi luar bingkai pada jam dinding berbentuk lingkaran. b. Veleg sepeda dengan ban (yang terpasang pada veleg tersebut). c. Sisi dalam dengan sisi luar ban sepeda. 7. Langkah melukis garis yang melalui titik A, titik B, dan titik C. a. Buat dua ruas garis berbeda (misal $% dan BC) b. Lukis garis sumbu kedua ruas garis tersebut sehingga berpotongan di satu titik (titik pusat), namapi sebagai titik O. c. Lukis lingkaran dengan pusat titik O dan panjang jari-jari 2$ atau 2% atau 2C (keterangan: 2$ = 2% = OC) 8. Langkah membuat juring setengah lingkaran adalah sama dengan langkah membuat lingkaran, namun panjangnya hanya setengah lingkaran saja dan dibatasi oleh suatu diameter (keterangan: didapat dari garis sumbu ruas garis). 9. a. Selalu b. Selalu c. Tidak pernah d. Selalu 10. a. 120q b. 60q c. 90q d. 30q 11. - 12. - 13. - 14. - 15. - 16. - 268 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Menentukan Hubungan antara Sudut Pusat K egiatan 7.2 dengan Sudut Keliling Sebelum mengajarkan kegiatan ini sebaikn\a guru mengingat lebih dulu materi \ang sudah dipelajari pada kegiatan sebelumn\a. +al ini bertujuan agar siswa bisa lebih siap untuk menggunakan dan memahami unsur-unsur lingkaran \ang akan digunakan pada kegiatan ini. GuruKUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2 mengajak siswa untuk memahami sudut keliling \ang ada pada buku siswa. Pada kegiatan ini sebaikn\a guru dan siswa men\iapkan alat atau bahan sebagai berikut. . %usur 2. -angka . .ertas berbentuk lingkaran . Gunting . Presentasi sudut pusat dan sudut keliling menggunakan power point (khusus guru
Sumber: buku mtk kelas 8
Post a Comment for "KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3 Halaman 64 bab 2"