Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2 semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2018 soal dan jawaban soal ilmu pengetahuan sosial kelas 3 smp mts bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi 
📢Info Penting

halo temen-temen selamat datang di blog Teras Edukasi membahas kunci jawaban dari pelajaran SD SMP MTS SMA SMK MA MAK kami yakin jika temen temen menggunakan jawaban terasedukasi.com yang kami buat ini temen temen akan mendapatkan nilai 100

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2

 Jawaban PROYEK halaman 148 ips kelas 9

Proyek Tema Proyek kali ini adalah “Upaya Menghadapi Globalisasi untuk
Memperkokoh Kehidupan Bangsa”
1. Buatlah makalah sosial yang berisi tentang perilaku negatif dari masyarakatdalam menyikapi globalisasi!
2. Dari topik yang telah kalian tentukan kemudian amatilah lingkungansekitar kalian berkaitan dengan topik!
3. Tentukan apa yang bisa kalian gali dari tema tersebut!
4. Carilah sumber dan referensi untuk kajian teorinya!
5. Hal-hal yang kalian amati dan kalian kaji dalam makalah ini diantaranyaadalah latar belakang/faktor yang menyebabkan, proses kejadiannya dimasyarakat, upaya untuk mengantisipasi!
6. Sistematika makalah dalam proyek ini adalah sebagai berikut :
  • A. Halaman Judul
  • B. Kata Pengantar
  • C. Daftar Isi
  • D. Daftar Gambar (jika ada)
  • E. Bab I. Pendahuluan
  • a. Latar Belakang
  • Berisi tentang latar belakang masalah dari topik yang kalian ambil
  • b. Rumusan Masalah
  • Berisi pertanyaan mengenai hal-hal yang hendak kalian ketahui dan
  • kalian bahas. Misalnya; apa yang dimaksud dengan....? Apa saja
  • faktor penyebab....? Bagaimana upaya dan sikap kita sebaiknya
  • mengantisipasi....?
  • c. Tujuan Makalah
  • Bab II. Pembahasan
  • Berisi mengenai jawaban dari rumusan masalah yang disampaikan
  • Bab III. Penutup
  • a. Kesimpulan
  • Berisi kesimpulan dari makalah yang dibuat
  • b. Saran
  • Berisi saran dan upaya mengantisipasi masalah berdasarkan topik
  • Lampiran
  • Daftar Pustaka
7. Ketiklah makalah yang kalian buat dengan ketentuan sebagai berikut :
  • a. Font Times New Roman size 12 dengan spasi 1,5
  • b. Ukuran kertas HVS kwarto
  • c. Makalah di print dan dijilid rapi
8. Makalah dari setiap kelompok yang terkumpul akan dijilid menjadi satu sebagai hasil proyek dari kelas yang bersangkutan

Kunci jawaban "

MAKALAH Upaya Menghadapi Globalisasi Untuk Memperkokoh Kehidupan Bangsa

1. Christina Melani ( 10 )
2. Deswita Tri ana putri ( 12 )
3. Eunique Augustine Siahaan ( 14 )
4. Nabila Azzahra ( 25 )
5. Rahma Juliyanti ( 30 )
6. Salsabila Aprilia ( 32 )

MAKALAH
“ Upaya Menghadapi Globalisasi Untuk

Memperkokoh Kehidupan Bangsa’’

DISUSUN OLEH :

1. Christina Melani ( 10 )
2. Deswita Tri ana putri ( 12 )
3. Eunique Augustine Siahaan ( 14 )
4. Nabila Azzahra ( 25 )
5. Rahma Juliyanti ( 30 )
6. Salsabila Aprilia ( 32 )
Makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas kelompok mata pelajaran

Ilmu Pengetahuan Sosial
i

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmatnya sehingga
penulisan makalah dengan judul "Upaya Menghadapi Globalisasi Untuk Memperkokoh
Kehidupan Bangsa" dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
Makalah ini dibuat dengan tujuan memenuhi salah satu tugas kelompok IPS dengan sebaik-
baiknya. Penulis menyadari makalah ini masih memerlukan penyempurnaan, terutama pada
bagian isi. Apabila masih ada kekurangan dari segi susunan kalimat dan bahasanya, kami
menerima segala bentuk kritik dan saran pembaca demi penyempurnaan makalah ini. Dan juga
apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini, kami memohon maaf.
Demikian yang dapat kami sampaikan. Akhir kata, Kami berharap semoga makalah ini
membantu pembaca untuk menambah wawasan pengetahuan mengenai Globalisasi.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Jakarta, 18 November 2020

Penyusun

ii

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ……………………………………………………………………… i
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………. ii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………… iii
DAFTAR GAMBAR …………………………………………………………………….. iv
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………………… 1

A. Latar Belakang ………………………………………………………………… 1
B. Rumusan Masalah …………………………………………………………...… 2
C. Tujuan Penulisan ………………………………………………………………. 2
BAB II PEMBAHASAN ………………………………………………………………….. 3
A. Pengertian Globalisasi …………………………………………………………. 3
B. Faktor Globalisasi …………………………………...…………………………. 4
C. Dampak Globalisasi ……………………………………………………………. 7
D. Upaya dan sikap untuk mengantisipasi Globalisasi ……………………………. 9
BAB III PENUTUP ……………………………………………………………………….. 11
A. Kesimpulan …………………………………………………………………….. 11
B. Saran ………………………………………………………………………….... 11
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………… 12

iii

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Pengertian Globalisasi ………………………………………………………… 3
Gambar 2.2 Westernisasi …………………………………………………………………... 7
Gambar 2.3 Demoralisasi ………………………………………………………………….. 8
Gambar 2.4 Kenakalan Remaja ……………………………………………………………. 9
Gambar 2.5 Aksi ajakan mencintai produk lokal ………………………………………….. 10
Gambar 2.6 Burung Garuda ……………………………………………………………….. 10

iv

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Globalisasi adalah proses interaksi dan integrasi antara lapisan masyarakat, perusahaan,
dan negara-negara di seluruh dunia. Sebagai sebuah fenomena yang kompleks dan
multidimensional, globalisasi dianggap sebuah ekspansi kapitalis yang bertujuan untuk
mengintegrasikan ekonomi lokal dan nasional kedalam ekonomi global yang minim
regulasi.

Era globalisasi telah membuat perubahan yang signifikan, semakin berkembangnya
zaman, maka semakin pesat pula perkembangan manusia yang ingin menuju era modern
dan mengikuti perkembangan zaman. Kalangan yang paling berminat mengikuti alur
globalisasi terutama adalah kalangan remaja. Kehadiran teknologi yang semuanya serba
digital banyak menjebak kaum remaja untuk mengikuti perubahan era.

Pola pengaruh era globalisasi sering dianggap sebagai simbol dan tanda kemajuan untuk
mendapatkan dukungan dari kalangan usia remaja. Tanpa disadari banyak pengaruh
negatif yang disebabkan akibat globalisasi tersebut, salah satunya mulai lunturnya rasa
nasionalisme dan patriotisme di kalangan remaja misalnya budaya asing yang telah
masuk ke Indonesia lebih banyak diminati tanpa adanya penyaringan antara kebudayaan
yang mempunyai dampak positif dan kebudayaan yang mempunyai dampak negatif.
Contohnya lebih mencintai produk luar negeri dan menelantarkan budaya sendiri adalah
merupakan masalah sosial di kalangan remaja.

Masalah sosial yang menyangkut rasa nasionalisme dan patriotisme merupakan masalah
yang terus-menerus muncul setiap waktu, yang selalu dibahas dan dikaji untuk dicari
jalan keluarnya. Karena disatu sisi remaja merupakan harapan penerus bangsa, sedangkan
disisi lain remaja dianggap sebagai pribadi yang labil,

1

yang ingin mengekspresikan jiwa mudanya yang bebas dengan melakukan hal-hal yang
dikehendaki. Karena itulah kita sebagai generasi masa depan harus mempunyai upaya
untuk menghadapi globalisasi agar tidak ikut terarus ke dalam sisi negatif dari
globalisasi. Upaya yang harus dilakukan adalah dengan belajar untuk mencintai produk
dalam negeri, menyaring budaya asing sesuai dengan panduan nilai, norma, dan
keyakinan agama, dan lain-lain. Rasa nasionalisme juga harus mulai diterapkan sejak dini
mulai dari lingkungan keluarga di rumah dan dikembangkan di masyarakat sebelum
nantinya remaja hidup di masyarakat.

B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah pada makalah “Upaya menghadapi globalisasi untuk memperkokoh
kehidupan bangsa” ini dapat dirumuskan seperti pada pertanyaan berikut :
1. Apa yang dimaksud dengan globalisasi ?
2. Apa saja faktor penyebab globalisasi ?
3. Apa dampak dari globalisasi ?
4. Bagaimana upaya dan sikap kita sebaiknya mengantisipasi globalisasi ?

C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas yang diberikan guru dalam mata pelajaran
IPS. Selain itu, bagi diri kami pribadi ini juga diharapkan bisa digunakan untuk
menambah pengetahuan yang lebih bagi pembaca.
2. Menambah ilmu pengetahuan mengenai globalisasi.
3. Untuk membahas Latar belakang atau faktor menyebabkan proses kejadiannya di
masyarakat, upaya untuk mengantisipasi globalisasi dan dampak globalisasi terhadap
dunia pendidikan.
4. Diharapkan masyarakat bisa lebih memahami tentang arti penting globalisasi
sehingga dampak negatif yang berimbas bisa lebih diperkecil. Dan juga diharapkan agar
realisasi kegiatan positif terhadap adanya pendidikan semakin lebih baik lagi.

2

BAB 2
PEMBAHASAN


A. Pengertian Globalisasi

Gambar 2.1 Pengertian Globalisasi

Globalisasi merupakan kata serapan dari bahasa Inggris, yaitu globalization. Kata
globalization berasal dari kata global, yang artinya mendunia, dan imbuhan -ization yang
merujuk kepada suatu proses. Artinya, globalization atau globalisasi adalah proses yang
mendunia. Orang yang pertama kali menggunakan istilah ini adalah Theodore Levitte
(1985). Berdasarkan istilah, Globalisasi adalah suatu proses baik berupa informasi,
pemikiran, gaya hidup, dan teknologi yang telah mendunia.

Menurut Achmad Suparman, Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda
atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah.
Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekadar definisi kerja (working
definition), sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang
memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang
akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain,
mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan
menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat.

3

Di sisi lain, ada yang melihat globalisasi sebagai sebuah proyek yang diusung oleh
negara-negara adikuasa, sehingga bisa saja orang memiliki pandangan negatif atau curiga
terhadapnya. Dari sudut pandang ini, globalisasi tidak lain adalah kapitalisme dalam
bentuk yang paling mutakhir. Negara-negara yang kuat dan kaya praktis akan
mengendalikan ekonomi dunia dan negara-negara kecil makin tidak berdaya karena tidak
mampu bersaing. Sebab, globalisasi cenderung berpengaruh besar terhadap
perekonomian dunia, bahkan berpengaruh terhadap bidang-bidang lain seperti budaya
dan agama.
Jan Aart Scholte melihat bahwa ada beberapa definisi yang dimaksudkan orang dengan
globalisasi:
- Internasionalisasi: Globalisasi diartikan sebagai meningkatnya hubungan

internasional. Dalam hal ini masing-masing negara tetap mempertahankan
identitasnya masing-masing, namun menjadi semakin tergantung satu sama lain.
- Liberalisasi: Globalisasi juga diartikan dengan semakin diturunkankan batas antar
negara, misalnya hambatan tarif ekspor impor, lalu lintas devisa, maupun migrasi.
- Universalisasi: Globalisasi juga digambarkan sebagai semakin tersebarnya hal
material maupun imaterial ke seluruh dunia. Pengalaman di satu lokalitas dapat
menjadi pengalaman seluruh dunia.
- Westernisasi: Westernisasi adalah salah satu bentuk dari universalisasi dengan
semakin menyebarnya pikiran dan budaya dari barat sehingga mengglobal.
- Hubungan transplanetari dan suprateritorialitas: Arti kelima ini berbeda dengan
keempat definisi di atas. Pada empat definisi pertama, masing-masing negara masih
mempertahankan status ontologinya. Pada pengertian yang kelima, dunia global
memiliki status ontologi sendiri, bukan sekadar gabungan negara-negara.

B. Faktor- faktor Globalisasi
Setelah memahami dan membaca pengertian globalisasi, kemudian akan dibahas perihal
Faktor-faktor globalisasi. Globalisasi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut Faktor
pendorong dan Faktor penghambat Globalisasi :

4


1. Faktor Pendorong Globalisasi
Faktor Pendorong Globalisasi dibagi menjadi 2, yaitu :
a) Faktor Eksternal
~ Kemajuan Dalam Bidang Pengetahuan Dan Teknologi
Kita tahu bahwasanya dalam beberapa dekade belakangan ini terjadi
perkembangan pesat dalam hal berkomunikasi sehingga seseorang akan dengan
mudahnya berkomunikasi atau berhubungan dengan orang lain walaupun
dengan jaraknya terbilang cukup jauh.
~ Kemajuan Dalam Bidang Transportasi
Dengan seiringnya perkembangan dalam sistem transportasi dunia ini yang hal
ini yang membuat terjadinya globalisasi yang semakain terasa. Dahulu dari satu
tempat ke tempata yang lainnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini
karena dahulu hanya menggunakan kendaraan yang berupa hewan sebagai alat
transportasinya seperti kuda, onta, keledai, dan sebagainya. Namun pada
sekarang ini sudah banyak jenis kendaraan yang cukup cepat dalam perjalanan
seperti pesawat terbang dan kereta api super cepat.
~ Sistem Perekonomian Negara-Negara Yang Terbuka
Dengan dianutnya sistem ekonomi terbuka oleh banyak negara, artinya proses
perdagangan antarnegara menjadi lebih mudah. Hal ini turut menjadi faktor

pendorong globalisasi karena dengan mudah masyarakat dapat melakukan
transaksi jual-beli, tak peduli di manapun negaranya selama negara tersebut
menganut sistem ekonomi terbuka.
~ Merebaknya Kerja Sama Antarnegara
Untuk terciptanya kerja sama dibutuhkan kepercayaan, apabila banyak Negara
telah saling sepakat untuk melakukan kerja sama, artinya masyarakat dunia
saling percaya satu sama lain, dan kepercayaan ini ikut mendorong terciptanya
globalisasi.

5

b) Faktor Internal
~ Ketergantungan sebuah negara terhadap negara lain
Negara yang berkembang sangat membutuhkan barang-barang dan jasa dari
negara negara maju untuk membangun negerinya. Demikian pula negara-
negara maju perlu menjalin hubungan komunikasi dengan negara-negara lain
guna mengekspor produk atau barang-barangnya.
~ Kebebasan pers atau media
Pers merupakan penghubung antara sebuah negara dengan masyarakatnya
ataupun antara negara dengan negara lain.
~ Berkembangnya cara berpikir dan semakin majunya pendidikan masyarakat
Mayarakat yang semakin haus informasi akan menjadikannya semakin berpikir
kritis terhadap berbagai informasi dan perkembangan dunia.
~ Munculnya berbagai lembaga politik
Untuk memudahkan jalannya kelembagaan di bidang politik.

2. Faktor penghambat Globalisasi
Berikut ini terdapat beberapa faktor penghambat terjadinya globalisasi, terdiri atas:
a) Kurangnya hubungan dengan masyarakat lainnya, sehingga tidak mengetahui
perubahan atau kemajuan diluar masyarakatnya.
b) Ikatan adat istiadat dan kebiasaan yg masih kuat.
c) Prasangka buruk terhadap unsur-unsur asing yg masuk.
d) Hambatan yg bersifat ideologis ( yg tidak sejalan dengan ideologi negara/ sistem
nilai budaya). Adanya nilai-nilai bahwa hidup ini pada hakikatnya buruk dan tidak
mungkin diperbaiki,dll.
e) Daerah yang terlalu terpencil sehingga tidak ada sinyal yang bisa masuk.
f) Masyarakat yang masih terlalu tradisional dan percaya tahayul.

6

C. Dampak-dampak Globalisasi
Setelah memahami dan membaca pengertian globalisasi, kemudian akan dibahas perihal
dampak globalisasi. Meskipun kerap terdengar dampak negatif globalisasi, nyatanya
globalisasi juga memberi berbagai dampak positif. Berikut dampak-dampak dari
globalisasi :
1. Dampak positif
~ Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
~ Meningkatnya Efektivitas dan Efisiensi.
~ Perekonomian suatu Negara semakin meningkat.
~ Meningkatnya taraf hidup masyarakat.
~ Komunikasi semakin cepat dan mudah.
~ Berkembangnya dunia pariwisata.
~ Perkembangan alat komunikasi dan keterbukaan informasi.

2. Dampak Negatif
a) Westernisasi

Gambar 2.2 Westernisasi
westernisasi adalah suatu proses yang mana masyarakat di negara timur itu
mengadopsi budaya Barat di berbagai bidang. Adapun bidangnya seperti
industri, teknologi, ekonomi, hukum, politik, gaya hidup, cara pakaian,
agama, filsafat, gaya bahasa, alfabet serta nilai-nilai. Contohnya mengikuti
gaya berpakaian, perilaku, dan juga kebiasaan sehari-hari yang kebarat-
baratan.

7

b) Demoralisasi

Gambar 2.3 Demoralisasi
Menurunnya atau merosotnya akhlak atau moral seseorang. Contohnya
pembunuhan, pencurian, korupsi, dan pergaulan bebas.

c) Kesenjangan sosial ekonomi
Perbedaan yang tajam antara satu kelompok dengan kelompok lain dalam
bidang sosial ekonomi kesenjangan sosial ekonomi dapat terjadi karena
pembangunan dan modermisasi tidak dilaksanakan secara merata dan
seimbang.

d) Kriminalitas
Kriminalitas yang semakin merajalela adalah dampak lanjutan dari segala
masalah sosial yang muncul di masyarakat. Kriminalitas adalah segala
bentuk tindakan yang melanggar norma hukum seperti pembunuhan,
mutilasi, penculikan, korupsi, penipuan, dan lain-lain.

e) Pencemaran lingkungan
Masuknya perusahaan asing dan pembangunan sebagai proses dari
globalisasi telah membawa perubahan pula dalam lingkungan alam.
Berbagai kemudahan telah kita rasakan sebagai dampak dari globalisasi.
Namun demikian proses globalisasi yang tidak dibarengi dengan analisis
masalah dan dampak lingkungan sering menimbulkan malapetaka yaitu
pencemaran lingkungan.

8

f) Kenakalan remaja

Gambar 2.4 Kenakalan remaja ( tawuran )

Tawuran merupakan salah satu kenakalan remaja yang banyak ditemukan
di sekitar lingkungan.`

g) Individualisme yang semakin tinggi
Individualisme adalah sikap seseorang yang lebih mementingkan
kepentingan diri sendiri daripada orang lain

D. Upaya dan sikap kita menghadapi globalisasi
Globalisasi membawa dampak positif dan negatif pada kehidupan bermasyarakat dan
bernegara. Pada setiap aspek yang terpengaruh oleh arus globalisasi, selalu memunculkan
kedua dampak tersebut, baik secara positif maupun negatif.
Lalu, upaya apa yang harus dilakukan oleh negara juga kita sebagai masyarakat dalam
menghadapi dan menyikapi dampak-dampak globalisasi dengan baik? Globalisasi
membawa masyarakat pada keadaan culture shock atau gegar budaya, di mana
masyarakat dalam keadaan tidak siap atau terkejut dengan kebudayaan baru yang masuk
di kehidupan sehari-hari mereka. Akibatnya, kebiasaan-kebiasaan dan norma-norma lama
yang berlaku mulai pudar karena masuknya budaya asing.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai remaja dalam menghadapi globalisasi,
diantaranya:

9.

1. Mencintai produk dalam negeri

Gambar 2.5 Aksi ajakan mencintai produk lokal
Mencintai produk dalam negeri adalah sikap yang bisa dikembangkan untuk
menghindari gaya hidup ala Barat yang berlebihan.

2. Menyaring budaya asing sesuai dengan panduan nilai, norma, dan keyakinan
agama
Untuk menghadapi globalisasi dan kemajemukan budaya, semua orang harus bisa
menyaring kebudayaan asing sesuai dengan kebudayaan lokal.

3. Memahami nilai-nilai pancasila dengan baik dan menerapkan nilai-nilai itu di
dalam kehidupan kita sehari-hari.

Gambar 2.6 Burung Garuda
Cinta akan nilai-nilai pancasila akan membantu kita untuk tetap menghormati budaya
Indonesia meski sudah banyak budaya asing yang masuk ke kehidupan sehari-hari
kita.

4. Harus menjaga sikap nasionalisme dan menjaga adat budaya bangsa Indonesia
agar tidak kehilangan jati diri sebagai bagian dari generasi penerus bangsa.

5. Mengambil sisi positif dari globalisasi dan menghindari sisi negatif globalisasi.
10

BAB III
PENUTUP


A. Kesimpulan
Seiring dengan berkembangnya zaman dari waktu ke waktu, yang kemudian disebut
sebagai era Globalisasi, pengaktualisasian dalam berbagai bidang dikehidupan berbangsa
dan bernegara di seluruh dunia sangat penting. Ini demi kebaikan dan kemajuan bersama.

Globalisasi tidak bisa dihindari, yang bisa kita lakukan adalah menyesuaikannya dengan
kehidupan yang bermoral dan beragama. Jika kita hanya bisa menyesuaikan diri dengan
era globalisasi tanpa menyaring dengan kebudayaan, maka hanya akan sia-sia saja dan
justru akan mengalami kemunduran. Kemunduran moral khususnya.

B. Saran
Adapun saran yang dapat kami sampaikan yaitu dalam menghadapi globalisasi dan
kemajemukan budaya,kita harus pandai menyaring kebudayaan asing yang masuk ke
negara kita sehingga kita tidak terkena dampak dari globalisasi dan dengan adanya
sumber daya alam yang berlimpah dan juga kualitas sumber daya manusia yang kita
miliki sudah seharus nya negara kita tidak lagi bergantung pada pihak asing dan kita pun
juga harus melestarikan kebudayaan daerah supaya tidak mudah di pengaruhi oleh
kebudayaan negara lain/globalisasi.

11

DAFTAR PUSTAKA

Juliar Nur, 2020. Pengertian, Penyebab, Dampak Globalisasi.
https://learniseasy.com/pengertian-penyebab-dampak-globalisasi.html# (12 Juni 2020 )

Heri, 2018. Pengertian globalisasi : Penyebab, Teori, Ciri-Ciri dan Dampak Globalisasi.
https://salamadian.com/pengertian-globalisasi/ ( 19 Februari 2018 )

Iqbal hakim, 2019. Globalisasi: Pengertian, Penyebab, dan Dampaknya.
https://insanpelajar.com/globalisasi/ ( 30 Desember 2019 )

Iveta Rahmalia, 2020. Pengertian dan Dampak Globalisasi, Ada Dampak Positif dan Dampak
Negatif.

https://bobo.grid.id/read/082383389/pengertian-dan-dampak-globalisasi-ada-dampak-
positif-dan-dampak-negatif ( Kamis, 15 Oktober 2020 )

sumber:https://anyflip.com/kcaic/lvic/basic 

📢Baca Juga📗
😚Yang mau kasih Pulsa/jajan ke mimin buat beli kopi
Bnk Sumsel Babel No. Rek. 19009001655
TLP/WA=0823-7747-1438
bisa berteman dengan mimin ☝
Terimakasi temen-temen😚 telah bekunjung ke Teras Edukasi, Silahkan comen 😍untuk pembahasan selanjutnya.
Sumber: kemdikbud/Buku ips kelas 9

Rangkuman IPS (Ilmu pengetahuan Sosial) kelas 9 smp mts

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2 saya PKS itu Divine Islam in Brother sense melihat Islam itu sebagai satu ajaran yang clusif tanpa ada kista di yang konkrit nah walaupun perjalanan masih panjang tapi ke NTBKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2

 ini bisa jadi contoh bahwa ente bisa dKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2an ketika PKS dihidangkan pada audiens yang lebih luas bisa juga karena kebanyakan aktivis yang ada di PKS itu ia rata-rata tamatan Universitas aktifinnya ju

ga yang Ya sudah biasa berinteraksi deKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2ngan keragaman itu ia jadi tinggal diberikan kesempatan ya tertentu masih ada kekurangan disana-sini bandoppler Neng juga Iya tapi saya yakin muda

h-mudahan pimpinan PKS sekarang akan duduk sejenak itu mencermati situasi yang ada kami semua Kemudian mengucap cure maksimal apa yang sudah dilakukan oleh partai-partai jadi kompetitor kita pagode saya selalu menyiapkan waktu untuk memahami dan mempel

ajari langkah-langkah politiknya PKS Kita KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2pernah bertandem dulu di DPR tapi sejujurnya juga saya juga bertanya kebetulan agar salah satu editnya di sini Apakah PKS itu memang menyukai Hai atau berada diluar pemerintahan karena menurut mereka Ada banyak hal yang harus dikritisi dan disikapi dari pemerintah atau an

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2 proyek BAB 2

da kurang gaul memang sampai sepuluh tahun teraKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2khir ini antar lebih banyak berada diluar pemerintahan kalau kita baca idenya Cak Nur ya Nur Cholis Madjid ya bahwa memang orang Islam itu sejak ke Indonesia ini Merdeka memang ya tidak mampu memanfaatkan nah kemerdekaan itu maksimalKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 HalamaKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2n 148 proyek BAB 2

 Iya karena ada demarkasi lain sehingga instrumen yang disediakan oleh penjajah itu dimanfaatkan ya oleh mereka yang punya pendidikan barat Kidul yang majoriti dari mereka bukan Islam tradisionalis ini jadi ketika kemerdekaan itu dihadiahkan dalam pengertian oleh Yang Maha Kuasa 

pada kita semua itu tidak kompetibel dengan infrastruktur yang tersedia dengan kaum tradisionalis ini sehingga kecewa singa melawan ketidakpuasan termasuk segera bibit-bibit ini kan belum terlampau jauh 76 tahun Indonesia nah belum begitu panjang sejarah kita KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2bagai bangsa jadi memang ada bakat umat Islam yg berada diluar pagar gitu Oleh karena itu sekarang itu ketika kita jadi pemimpin di eksekutif saya sebagai gubernur kita dikonfrontasi dengan keadaaKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2t dengan doa tapi juga dengan langkah-langkah konkrit yang bisa dimengerti oleh manusia dengan akal sehat dan normal anda tadi men

gatakan sesuatu yang menarik itu biasanya bahasa para perusahaaKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2-perusahaan apa lembaga-lembaga riset ya bahwa Avanza pasar tanda petik agama itu Islam dalam hal ini apa maksimal sebelum persen gitu ya lah Andaikan sudah belajar nih masuk saya PKS belajar diluar pemerintahan dan melihat itu untuk memperbesarnya untuk memperjuangkan agenda besar seperti biasa sebuah partai gitu kan Iya lebih moderat dikitlah ada yang versi memang dari Turki yang serKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2ing dijadikan model bahwa kalau gra

tis lam itu jadi partai politik bisa seperti itu rookie yang memenangkan kontestasi demokrasi jadi pimpinan negara bahkan menghadirkan Economic Miracle sampai sekarang tapi orang sering lupa bahwa akapindo didirikan oleh Erdogan dan kawan-kawan itu mKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2

 ke tengah juga capturing the middle ground itu butuh waktu dan pengorbanan coba beda misalnya dengan PKS punya kita mengatakan atau denganmu misinya partai Ummat lah sekarang partai PKS it

u ingin membela umat ingin apa namanya mengaksentuasikan pKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2roses dakwah dalam kegiatannya terlampau berat bebannya begitu nah sehingga kalau ada kesalahan atau apa cost yang harus dibayar mahal bandingkan dengan AKP nya Erdogan misi visinya apa dia nggak bicara untuk dakwah tidak bicara untuk ada khalifah atau apa dia tugas kami sebagai partai adalah memenangkan pemilu very s

imple jadinya tidak terbebani oleh nilai-nilai yang berat gitu KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2Apakah nagih mengatakan bahwa PKS hari ini kira-kira akan seperti itu proses evolusinya akan kesana karena gak punya ilihan di haruslah melakukan moderasi dan terlibat dalam diskursus orang-orang yang normal tetapi anda tidak khawatir kemKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2

udian PKS akan kehilangan sebuah apa pasar tradisionalnya yang selama ini Anda tidak ada yang bisa mengganggu Anda pada pangsa itu tentu ini proses waktu ya orang ada ketakutan Anda mencoba merangkul lebih banyak hati yang lain tapi ekornya hilang itu saya kira Seiring berjalannya waktu

 perbaikan Itu demi perbaikan pendidikan orang kita coba untuKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2k Hai lihat sampai Pada tahapan itu tanpa ya ya Apakah kewajiban perusahaan kepada korban kepada Teguh ini dalam-dalam Affan pantauan anda dalam pendampingan ada itu sudah dilakukan kalau saya begini mungkin kalau sKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2ya kisah berusaha untuk ya ada masjidnya sombong ya ya gitu ya Artinya kan satu sisi Biar bagaimanapun hak teguh dalam hal ini kan tidak hanya bicara soal hak sebagai trah kerjanya saja tapi kita juga harus dilihat dalam perspektif perdata yaitu kecuali soal ganti rugi gituin kirakan kerugian yang TKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2eguh mendapatkan i

kan menurut keluarnya Santi di usia 20 tahun dia masih punya usia yang yang lain harus dilewati ya keterbatasannya pada saat dia pemirsa ini pada saat kejadian tangannya putus sudah Teguh ini usianya baru sembilan belas tahun gitu silahkan dia akan jadi dalaKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2m konteks ini lebih casual kerugian Tapi kalau dalam konteks misalnya tadi Ketenagakerjaan kita bisa dalam tanda sourcenya menjadi anggota-angg

ota parlemen baik ditingkat pusat maupun di daerah tidak banyak jadi jadi kita itu terutama untuk y

ang di daerah-daerah yang tersebar bahkan dulu-dulu di tahunKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2-tahun di bawah tahun 2010 ada Om Majelis Syuro FPI di daerah salah satu daerah itu ia anggota DPRD dari PDIP ke saya oke baru kemudian apa namanya sejak 2007 ikhlaslah ya menjadi apa namanya menjadi agak lebih ketat seleksi kit

a ke partai mana saluran aspirasi kita kenapa karena dulu komunikasi dengan elitnya bagus gitu Habib Rizieq membangun semua komunikasi dengan semua elite Golkar PDIP semua bahkan kalau saya tidak salah waktu peristiwa Aceh Habib Rizieq komunikasi dengKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2ang sepertinya terhenti S

ejak sejak gonjang-ganjing ini tahun 2017 lah berhenti komunikasi politik itu karena sepertinya sedasi politiknya sedemikian tajam sekarang ini saya tidak tahu apa namanya Apakah sebetulnya ini saya mau katakan juga sebetulnya sejak presidennya apa namanya Gusdur kemudian digantikan Megawati kemudian SBY 10 tahun itu sebetulnya relatif masih dalam tanda peKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2ti

k normal memang yang kita rasakan terutama Saya rasa kantuk memang ada kelompok-kelompok yang bermain di belakang layar yang selalu membuat Pak isu-isu yang artinya harus ada kambing hitamnya dalam sebuah persoalan ini kira-kira begitu Bro saya harus menanKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2yakan soal ini ha Apakah anda merasa atau FPI merasa bahKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2


wa kalian itu sebenarnya sering dijadikan Samsat Imam faatkan HaKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2i apa menjadi barang jualan tergantunKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2g dengan kebutuhan elit atau kelompok itu eh dimanfaatkan itu yang harus kita ini salep manfaat dalam konteks kepentingan banyak orang mungkin tidak keberatan muka kalau kepentingan kita dimanfaatkan untuk apa-apa pernah misalnya ya senam ilah misalnya relawan kita itu Okelah itu ya khusu

snya elektabilitas misalnya orang-orang FPI sendiri tidak berhasil KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2adi salep dengan memanfaatkan tadi efek tidak berhasil itu juga dikapitalisasi politik tidak bisa percuma mengkapitalisasi politik itu Percuma itu Emang kita jadi pendukung simpatisan dan pendukung FPI di bawah itu dia tidak akan mendukung kalau orang sudah punya niatan bisa ngebaca Habib sempat melontarkan pernyata

an mengajak pemerintah untuk rekonsiliasi Ndan kemudian tiKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2ga istana merespon sebaliknya sejujurnya dalam hal pemerintah juga harus saya akui itu tidak satu bahaKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2sa saya berikan contoh-contoh ini ada Hai nihKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2 kita lihat ini bagaimana kemudian berbeda penyikapan ok Hai nih Oke jadi wakil presiden dapat Hai beKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2rsedia bertemu dengan Habib Tapi sebelumnya istana mengatakan menolak ajakan u

ntuk jawab bukan level Jokowi jadi pingin sebenarnya pemerintKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2ah maunya apa setiKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2daknya dari kelompok paling elit ada juga yang kata menteri agama yang mengatakan shop FPI punya prioritas untuk diperpanjang ijinnya terlepas soal izin anda itu ada atau tidak Itu rekomendasi ia mengatak

an menyatakan tidak saya jujur ya pendukung pemerintah bingung kembali pada pertanyaan justru ini menurut saya membuktikan rakyat ini kita selaku rakKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2yat ini bingung Ayo kita itu mau Komunikasi itu siapa kira-kira bisa dipegang sebentar kita apa melakukan dialog KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2dengan yang mewakili pemerintah ini tetapi ada elemen lain yang melakukan tindakan yang berbeda dengan itu nah salah satu yang saya mau katakan penyebab apa namanya Habib Rizieq namanya tidak bisa pulang dulu dan 

kasus-kasus Habib Rizieq itu Muncul itu karena ada kelompok lain yang memainkan Irama berbeda itu oke nah Ini yang membuat saya akhirnya situasinya terus-menerKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2us menjadi detik kekacauan itu kalau dalam bahasa sosial mungkin ini disebut dengan ordo atau tidak tahu [Tertawa] bagi pemerintKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2ah 

meskipun pemerintah ini partai saya dan tahun 2004 bagian utama dari namanya pemerintahan ini juga hai oh didengarkan juga bahwa ada ambiguitas yang apa berseliweran di antara kita Bagaimana pula dengan orang lain gitu ya Justru itu menurut saya memang perluKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2 ada pendisiplinan mengembalikan apa namanya posisi pemerintah itu sebagai memang Lembaga resmi official yang bisa menjadi apa namanya acuan dan rujukan bagi kita dalam mengambil sikap sebetulnya ke Nah kalau ini misalnya Pak 

Wapres ini pake Ma'ruf Amin membuka komunikasi saudara IlmKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2u Komunikasi Tetapi kalau elemen peKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2merintahan yang lain membuat kekacauan terhadap presiden Itu Memang agak susah kita hidup dalam situasi yang seperti ini oke om yang menarik itu setelah kepulangan Habib Ya Habib Rizieq IndonesiaKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2 adalah hai oh apa ada teklin baru yang menarik menurut saya revolusi akhwat refor

masi hahaha hahaha kemudian banyak orang yang menjadi konflik-konfKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2lik tetapi ramma meledak-ledak apa namanya tuh ada menggunakan bahasa yang menurut saya tidak cukup bisa dipahami oleh beberapa pihak banyak kalangan bahwa itu adalah sebuah anaknya mau di revolusi dari segmen saya akan juga menerima banyak apa namanya masukkan seperti ini rata-rata memang KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2


Post a Comment for "KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 148 proyek BAB 2"