Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3 semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2018 soal dan jawaban soal ilmu pengetahuan sosial kelas 3 smp mts BAB 3 Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat.
📢Info Penting

halo temen-temen selamat datang di blog Teras Edukasi membahas kunci jawaban dari pelajaran SD SMP MTS SMA SMK MA MAK kami yakin jika temen temen menggunakan jawaban terasedukasi.com yang kami buat ini temen temen akan mendapatkan nilai 100

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3 
KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3

 Jawaban Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3 IPS kelas 9

1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 3- 4 orang!
2. Diskusikan pengaruh pusat keunggulan ekonomi yang kalian temukan dari aktivitas sebelumnya terhadap migrasi penduduk, lembaga sosial ekonomi, transportasi, pekerjaan dan pendidikan!
3. Tulislah hasil diskusi dan pengamatan kalian!
4. Presentasikan hasilnya di depan kelas!
5. Buatlah laporan dari hasil presentasi yang telah kalian lakukan

Kunci jawaban

Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap beberapa bidang :

a. Migrasi penduduk

Perbedaan karakteristik ruang dan sumber daya yang dimiliki pada berbagai Negara sehingga setiap negara memiliki keunggulan   ekonomi mendorong untuk melakukan mobilitas penduduk. Pergerakan tersebut mencakup pula pergerakan sumber daya berupa barang atau komoditas antar negara. Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya. Mereka melakukan mobilitas untuk memperoleh sesuatu yang tidak tersedia di daerah asalnya. Alasan tersebut sangat beragam tetapi umumnya karena alasan ekonomi.

b. Transportasi  

Dalam kegiatan transportasi keberadaan pusat keunggulan ekonomi juga membawa pengaruh besar. Kegiatan ekonomi semakin berkembang di berbagai negara dan interaksi sosial antar negara menjadi semakin sering dilakukan. Sebagai contoh Jalan dan infrastruktur dibangun sebagai sarana pendistribusian dari bahan baku atau hasil dari PT Freeport. Di Papua sendiri setelah ada PT Freeport, pada tahun 1971 Freeport membangun Bandar Udara Timika dan pusat perbekalan, kemudian juga membangun jalan-jalan utama sebagai akses ke tambang dan juga jalan-jalan di daerah terpencil sebagai akses ke desa- desa Tahun 1972, Presiden Soeharto menamakan kota yang dibangun secara bertahap oleh Freeport tersebut dengan nama Tembagapura.

c. Lembaga sosial ekonomi

Dalam masyarakat Indonesia yang heterogen terdapat berbagai jenis lembaga sosial di mana satu sama lain saling berhubungan dan saling melengkapi dalam memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Masyarakat Indonesia merupakan satu kesatuan dari struktur yang terdapat dalam masyarakat, yang terdiri dari berbagai macam lembaga sosial, stratifikasi sosial, nilai dan norma sosial, dan kelompok - kelompok sosial.  

Di dalam kehidupan masyarakat  akan terlihat berbagai macam lembaga sosial yang ada, seperti halnya lembaga pendidikan, keluarga, politik, ekonomi, dan lain sebagainya. Hubungan antara lembaga sosial  dalam  masyarakat  tidak  selalu  sejalan  dan  serasi.  Ketidakcocokan antara berbagai lembaga sosial dapat kita lihat dalam kehidupan masyarakat. Lembaga ekonomi bagian dari lembaga sosial yang mengatur tata hubungan antar individu yang menyangkut pemenuhan kebutuhan pokok manusia. Lembaga ekonomi ialah lembaga yang mempunyai kegiatan bidang ekonomi demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat.  

Keberadaan pusat keunggulan ekonomi juga berkaitan dengan bermunculannya lembaga sosial ekonomi.  

d. Pendidikan  

Pendidikan bagian terpenting dari pembangunan nasional. Sumber daya manusia yang berpendidikan akan menjadi modal utama pembangunan nasional terutama untuk perkembangan ekonomi.  

Setiap negara berusaha meningkatkan kualitas pendidikan agar menghasilkan sumber daya manusia yang  kreatif, inovatif dan mampu bersaing di tingkat internasional. Keunggulan pusat-pusat ekonomi membutuhkan tenaga-tenaga ahli dan terampil.

Sebagai contoh Freeport menetapkan kuota posisi di berbagai departemen untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja oleh lulusan baru dari perguruan tinggi bereputasi, baik di dalam maupun luar negeri, yang memiliki departemen terkait dalam jangka waktu tertentu.  

e. Pekerjaan  

Dengan  tumbuhnya pusat-pusat  keunggulan  ekonomi  maka berdampak bertambahnya produksi barang dalam negeri meningkat apabila pusat keunggulan tersebut mampu menarik minat pasar luar negeri. Kenaikan jumlah produksi tersebut berakibat pada bertambahnya kebutuhan tenaga kerja, sehingga akan memperluas lapangan kerja.

Pembahasan

Pusat keunggulan ekonomi adalah suatu sistem ekonomi dimana pemerintah ikut andi dan berpengaruh dalam mengendalikan kegiatan perekonomian. Indonesia adalah suatu negara yang cukup luas dimana disetiap wilayah memiliki keunggulan masing-masing, seperti :

Wilayah Sumatera : Sentra produksi dan pengolahan hasil bumi dan lumbung energy nasional

Wilayah Jawa : pendorong industri dan jasa nasional

Wilayah Bali : pintu gerbang pariwisata dan pendukung pangan nasional

Wilayah Kalimantan : pusat produksi dan pengolahan hasil tambang dan lumbung energy nasional

Wilayah Sulawesi : pusat produksi dan pengolahan hasil pertanian, perkebunan dan perikanan serta pertambangan nikel nasional.

Wilayah Papua Kep. Maluku : pusat pengembangan pangan, perikanan, energy, dan pertambangan nasional.

Dengan adanya pusat keunggulan ekonomi ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan cara semakin banyaknya tersedia lapangan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pendidikan. Agara sumber daya manusia yang tersedia dapat bersaing di era globalisasi ini.

📢Baca Juga📗
😚Yang mau kasih Pulsa/jajan ke mimin buat beli kopi
Bnk Sumsel Babel No. Rek. 19009001655
TLP/WA=0823-7747-1438
bisa berteman dengan mimin ☝
Terimakasi temen-temen😚 telah bekunjung ke Teras Edukasi, Silahkan comen 😍untuk pembahasan selanjutnya.
Sumber: kemdikbud/Buku ips kelas 9

Rangkuman IPS (Ilmu pengetahuan Sosial) kelas 9 smp mts

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3 sebenarnya buat saya Saya juga belajar dari yap temKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3an-teman pria yang ada di parlemen kalau ngomong ya kadang-kadang Ngomong jebak jebak gitu y

a sekarang kadang juga buat KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3saya kaget kaget juga Wow gila wow gila gitu kah ini bisa jadi yang buat saya tidak masuk akal karena karena apa Karena berpikir tentang tentang apa sih tentang kesantuna

n dan sebagainya tapi ternyKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3ata itu tidak menjadi beban buat para politisi pria jadi saya juga Mulai berpikir kalau ada apa yang kita rasakan omongin aja begini kita mesin bicara tentang update sekarang kita akan bergerak pada apa namanya itu pada kajian lebih jauh tentang gender adalah saat itu Hai di Amerika SerikKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3

at misalnya atau di negara-negara maju itKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3u artis artis itu atau para pesohor itu tidak masuk politik kalau mereka Punya agenda mereka menyuarakKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3an itu dan memaksa para politisi murni untuk menerima agenda mereka dan ikut bersamanya untuk memperjuangkannya kita harus masuk pada politi

k praktis kalaupun ada sedikit sekali itulah keKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3mudian yang terjadi pada beberapa orang yang kata kalau misalnya berbicara tentang penyelamatan satwa liar ia mereka tidak termasuk DPR ya mereka

 tidak perlu masuk ke apa menjadi anggota paKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3rpol bahwa kemudian mereka masih memilih atau menjadi pendukung Salah satu partai Katakanlah pekerja republican mata Demokrat di Amerika itu sa

ja tapi jarang sekali yang masuk ingin ke dalaKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3m partai politik apakah itu berarti sebenarnya mereka juga itu menyukai kekuasaan tetapi tidak cukup pingin belajar lebih cepat untuk Bagaimana mengetahui tentang politik itu ya Hai aktor parameter yang dari saya sendKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3ri ya saya bukan ingin kekuasaan tidak tahu kekuasaan itu kemudian sangat manis misalnya seperti itu tapi saya ingin menjawab ta

ntangan karena awalnya saya masuk ke partai KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3politik pun dengan 11 dorongan dari teman-teman ak

tivis kalau mau mengubah satu kebijakan atauKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3 ikut serta dalam perubahan masuk kedalam sistem jadi itu yang Al saya respon dari mereka dan kemKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3udian juga sewaktu itu memang lahirnya undang-undang nomor 12 tahun 2004 pasal 65 tentang tentang apa caleg itu minimal harus 30% perempuan sehiKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3

ngga saya didorong ke situ begitu Jadi sebenarKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3nya keinginannya mungkin berbeda-beda ya Bang aku ada tapi bahwa HP saya meyakini bahwa politKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3ik itu adalah panggilan nggak bisa juga setiap orang ingin jadi politisi kadang-kadang ada yang enggak langgeng begitu eh mati di tengah jalan ataKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3

upun nggak ketahuan lagi ini atau apa sampaiKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3 gitu ya eh Jadi buat saya itu masalah pilihannya kalau kita melihat ada anak muda yang sekarang mKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3enjadi icon balok bahkan eh icon dunia Allah tentang yang tadi banget Sebutkan tentang lingkungan hidup dan sebagainya Saya kira ini sebetulnya tuh wakKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3

tu kita menjalani kerja-kerja itu kita enggak taKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3hu itung-itung definisinya adalah kerja politik kita tidak tahu bahwa itu berimbas secara politik kemudKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3ian saya meyakini bahwa orang-orang itu bekerja hanya hanya berdasarkan awalnya adalah intuisi ada ketidak nyamanan ada-ada apa sensitifitas yang keluar ada empat yang melihat lingkungan tapi Gimana nih cara ngomongnya gitu ya Nah sampaKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3

i akhirnya mereka bicara dengan jalurnya sendKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3iri kemudian eh apa menghentak begitu banyak perhatian segel ini yang terjadi pada orang-orang yang tidak-tidak menggabungkan dirinya ke politik gitu kalau memang memilihnya untuk masuk keKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3 dalam parpol ya ke dalam parpol pertama Karena 11 kepercayaan bahwa kalau ingin mengubah sistem Masuklah ke dalam partai politik gitu jadi ya Ini KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3

akhirnya saya sekolah di situ saya ambil S2 politik juga gitu-gitu sih jadi menurut saya tidak beda ya alasannya Nurul Arifin Om seorang yang dicatatKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3 di publik karena dia total di politik sekolahnya di

bui malah name politik dan menjadi juga salah satu wakil ketuKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3a umum DPP Partai Golkar tadi menarik soal Oh apa namanya itu pemberdayaan perempuaKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3n keberpihakan negara terhadap perempuan untuk berkarir di dunia politik luar biasa Lo betul sudah ada undang-undangnya affirmative action itu sudah kita undang-undang akan tetapi ini ada catatan dari hasil apa namanya nih survei KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3negara Institute

 ya I am katakan untuk untuk apa untuk ke DPR CobKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3a lihat periode DPR 2019-2024 negara Institute lembaga yang saya Pimpin ini menemukan apa namanya ini jumlah anggota DPKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3R yang terpapar dinasti 44 diantaranya adalah perempuan ya Nasdem yang paling besar terpapar terus pKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3artainya Nurul 

18 kemudian seterusnya dan seterusnya ini Angka perempuan atau KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3yang secara keseluruhan tetapi di sini ada 44 perempuan Al yang perempuan nah artinya apa sebenarnya affirmative action itu yang kami temukan justru menjadi pintu masuk bagi dinasti politik di dalam politik itu sendKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3iri Benar itu mengkhawatirkan apa yang ingin anda katakan dengan itu memang ini imbas tinggi afirmatKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3

if siang next yang pertama kemudian juga mungkin ini imbas dari demokrasi ya ya ya deKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3mokrasi harus jelas harus menyertakan perempuan ya tapi perempuannya bukan yang berasal dari dinasti politik ya Nah ini juga 11 evaluasi buat kita semua defisit Saya kira meKUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3njadi defisit demokrasi itu sendiri Karena affirmative action itu membuat 30% KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3

Post a Comment for "KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Halaman 186 BAB 3"