Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198

KUNCI JAWABAN matematika kelas 9 smp mts Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191 sampai 198 bab 3 semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2018 soal dan jawaban soal MTK kelas 3 smp mts 
📢Info Penting

halo temen-temen selamat datang di blog Teras Edukasi membahas kunci jawaban dari pelajaran SD SMP MTS SMA SMK MA MAK kami yakin jika temen temen menggunakan jawaban terasedukasi.com yang kami buat ini temen temen akan mendapatkan nilai 100

KUNCI JAWABAN matematika kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198

Jawaban Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 MTK Kelas 3 smp mts semester 1

Kunci jawaban

1. Diketahui gambar berwarna biru merupakan bayangan hasil trasnformasi dari gambar berwarna merah. Tentukan jenis transformasinya.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198

Jawaban :
a) Dilatasi
b) Refleksi
c) Rotasi 90°
d) Translasi
e) Translasi
f) Rotasi 180°
g) Dilatasi

2. Gambar setiap bangun berikut dan bayangan hasil refleksi yang diberikan.
Rumus cepat pencerminan

1) pencerminan terhadap sumbu x    
A (x, y) → cermin sumbu x → A' (x, -y)  
2) pencerminan terhadap sumbu y    
A (x, y) → cermin sumbu y → A' (-x, y)  
3) pencerminan terhadap garis y = x    
A (x, y) → cermin y = x → A' (y, x)  
4) pencerminan terhadap garis y = -x      
A (x, y) → cermin y = -x → A' (-y, -x)
 5) pencerminan terhadap Titik asal(0, 0)    
A (x, y) → cermin (0, 0 )  → A' (-x, -y)  
6) pencerminan terhadap x = h    
A (x, y) → cermin x = h → A' (2h - x, y)  
7) pencerminan terhadap y = k      
A (x, y) → cermin y = k → A' (x, 2k - y)  

Pembahasan :

A. Sumbu x
M(3, 5) menjadi M'(3, -5) jika dicerminkan terhadap sumbu x
N(-2, -4) menjadi N'(-2, 4) jika dicerminkan terhadap sumbu x

B. Sumbu y
R(2, -3) menjadi R'(-2, -3) jika dicerminkan terhadap sumbu y
S(4, 5) menjadi S'(-4, 5) jika dicerminkan terhadap sumbu y
T(-4, 6) menjadi T'(4, -6) jika dicerminkan terhadap sumbu y

C. Titik Asal O(0,0)
K(2, 5) menjadi K'(-2, -5) jika dicerminkan terhadap titik asal
L(3, -4) menjadi L'(-3, 4) jika dicerminkan terhadap titik asal
M(-4, -7) menjadi M'(4, 7) jika dicerminkan terhadap titik asal

D. Garis y = x
A(-1, -2) menjadi A'(-2, -1) jika dicerminkan terhadap garis y = x
B(2, -3) menjadi B'(-3, 2) jika dicerminkan terhadap garis y = x
C(6, 3) menjadi C'(3, 6) jika dicerminkan terhadap garis y = x
D(-4, 2) menjadi D'(2, -4) jika dicerminkan terhadap garis y = x

E. Garis y = -x
F(-4, 6) menjadi A'(-6, 4) jika dicerminkan terhadap garis y = -x
G(7, -9) menjadi B'(9, -7) jika dicerminkan terhadap garis y = -x


3. Diketahui titik C (u, v) dicerminkan terhadap garis x = 2 menghasilkan bayangan di titik C’ (5, 7). Maka nilai u + v adalah.
diketahui titik C (u,v) dicerminkan terhadap garis x = 2 menghasilkan bayangan di titik C' (5,7). Maka nilai u + v adalah 6

Pembahasan :

Rumus yang digunakan untuk pencerminan terhadap sumbu x = h adalah sebagai berikut
A ( x , y ) dicerminkan terhadap sumbuh x = h adalah   A' (2h - x, y)
Keterangan :
A    : titik A
A'   : titik A setelah pencerminan
x    : titik pada sumbu x
y    : titik pada sumbu y
h    : bilangan dari sumbu x
Pada soal diatas titik C dicerminkan terhadap garis x = 2 dan menghasilkan C' ( 5 , 7 ), berarti diketahui h = 2
Untuk mencari titik C' digunakan rumus:
x' = 2 h - x
5 = 2 ( 2 ) - x
5 = 4 - x
x = -1
Jika dicerminkan terhadap sumbu x = 2 titik y dan y' besarnya sama
berarti titik C terletak pada ( -1 , 7 ), berarti u = -1 dan v = 7
Nilai u + v = -1 + 7
Nilau u + v = 6.

4. Diketahui segi empat TUVW berkoordinat T (3, 2), U (1, –4), V (–2, –3) dan W (–2, 4).
Bayangan segiempat TUVW hasil translasi adalah T' (1, 5), U' (–1, –1), V' (–4, 0) dan W' (–4, 7). Setelah dicerminkan terhadap garis y = x, maka bayangannya adalah T'' (5, 1), U'' (–1, –1), V'' (0, –4) dan W'' (7, –4)

5. Diketahui titik sudut sebuah segitiga yaitu I (–2, –1), J (–1, –4), dan K (–4, –1).
Jawaban :
Pembahasan

Diketahui titik sudut sebuah segitiga yaitu I (–2, –1), J (–1, –4), dan K (–4, –1). Bayangan dari titik-titik segitiga tersebut oleh translasi:

a. 3 satuan ke kanan dan 4 satuan ke atas

3 satuan ke kanan dan 4 satuan ke atas

I (–2, –1) ⇒ I’(–2 + 3, –1 + 4) = I’ (1, 3)
J (–1, –4) ⇒ J’(–1 + 3, –4 + 4) = J’ (2, 0)
K (–4, –1) ⇒ K’(–4 + 3, –1 + 4) = K’ (–1, 3)

b. (x – 2, y + 5)

(x – 2, y + 5)

I (–2, –1) ⇒ I’(–2 – 2, –1 + 5) = I’ (–4, 4)
J (–1, –4) ⇒ J’(–1 – 2, –4 + 5) = J’ (–3, 1)
K (–4, –1) ⇒ K’(–4 – 2, –1 + 5) = K’ (–6, 4)

c. 5 satuan ke kiri dan 7 satuan ke bawah  

5 satuan ke kiri dan 7 satuan ke bawah

I (–2, –1) ⇒ I’(–2 – 5, –1 – 7) = I’ (–7, –8)
J (–1, –4) ⇒ J’(–1 – 5, –4 – 7) = J’ (–6, –11)
K (–4, –1) ⇒ K’(–4 – 5, –1 – 7) = K’ (–9, –8)

d.   ( 7  -10 )

( 7  -10 )


I (–2, –1) ⇒ I’(–2 + 7, –1 – 10) = I’ (5, –11)
J (–1, –4) ⇒ J’(–1 + 7, –4 – 10) = J’ (6, –14)
K (–4, –1) ⇒ K’(–4 + 7, –1 – 10) = K’ (3, –11).
a) Bayangan hasil translasi Segitiga IJK adalah I' (1, 3), J' (2, 0), dan K' (–1, 3)
b) Bayangan hasil translasi Segitiga IJK adalah I' (–4, 4), J' (–3, 1), dan K' (–6, 4)
c) Bayangan hasil translasi Segitiga IJK adalah I' (–7, –8), J' (–6, –11), danK' (–9, –8)
d) Bayangan hasil translasi Segitiga IJK adalah I' (5, –11), J' (6, –14), dan K' (3, –11)

Pembahasan lebih lanjut nomor 6
A. DIKETAHUI

A(2, 5), B(-3, 4), C(4, 3), dan D(4, -2)
Transformasi: T(3, -5) → R(Sumbu-x)

DITANYA

A" = ?
B" = ?
C" = ?
D" = ?

PENYELESAIAN
Mencari Transformasi Gabungan dari T(3, -5) → R(Sumbu-x)


Mencari Transformasi Gabungan dari T(3, -5) → R(Sumbu-x)

Mencari bayangan titik A(2, 5)

Mencari bayangan titik A(2, 5)

Mencari bayangan titik B(-3, 4)


Mencari bayangan titik B(-3, 4)


Mencari bayangan titik C(4, 3)


Mencari bayangan titik C(4, 3)

Mencari bayangan titik D(4, -2)


Mencari bayangan titik D(4, -2)


KESIMPULAN


Diketahui segi empat ABCD dengan koordinat titik sudut di A(2, 5), B(-3, 4), C(4, 3), dan D(4, -2). Jika diketahui segi empat tersebut ditranslasi 3 satuan ke kanan dan 5 satuan ke bawah kemudian dicerminkan terhadap sumbu-x maka bayangannya berada pada koordinat A'(5, 0), B'(0, 1), C'(7, 2), dan  D'(7, 7).


B. Rumus rotasi 90° berlawanan arah jarum jam yang berpusat di titik O (0, 0) adalah (x, y) = (y, -x )

Kalau Tranlasi suatu titik tinggal dijumlahkan saja.
Sekarang, mari kita lihat soal!

Diketahui :
A (2, 5)
B (-3, 4)
C (4, 3)
D (4, -2)

Ditanya : Rotasi 90° berlawanan arah jarum jam yang berpusat di titik asal kemudian ditranslasi ( x - 3 , y + 2 )

Jawab :

A (2, 5)⇒A’(y, -x) = A’(5, -2)⇒A’’( x - 3 , y + 2 ) = A’’( 5 - 3 , -2 + 2 ) = A’’(2, 0)

B (-3, 4)⇒B’(y, -x) = B’(4, 3)⇒B’’( x - 3 , y + 2 ) = B’’( 4 - 3 , 3 + 2 ) = B’’(1, 5)

C (4, 3)⇒C’(y, -x) = C’(3, -4)⇒C’’( x - 3 , y + 2 ) = C’’( 3 - 3 , -4 + 2 ) = C’’(0, 2)

D (4, -2)⇒D’(y, -x) = D’(-2, -4)⇒D’’( x - 3 , y + 2 ) = D’’( -2 - 3 , -4 + 2 ) = D’’(-5, 2)

KESIMPULAN

Bayangan hasil transformasi segi empat ABCD tersebut adalah A’’(2, 0), B'’(1, 5), C’’(0, 2), D’’(-5, 2)

C. Bayangan segi empat ABCD hasil translasi adalah A' (5, 11), B' (0, 10), C' (7, 9) dan D' (7, 4). Setelah didilatasi, maka bayangannya adalah A'' (10, 22), B'' (0, 20), C'' (14, 18) dan D'' (14, 8)


7. Perhatikan denah susunan tempat duduk kelas 9A SMP Ceria di atas pada minggu lalu.
Jawaban :

8. Pada bulan Desember 2015 terjadi kecelakaan kapal yang menyebabkan kapal tersebut hampir tenggelam.
Jawaban :

a) Dari A ke B adalah (5, -6), dari A ke C adalah  (3, 1), dari A ke D adalah (7, -1)
b) Titik C
c) Kapal Marina Emas. Karena dengan menggunakan teorema phytagoras kita dapat menentukan bahwa lokasi kapal Marina Emas lebih dekat ke titik C dibandingkan kapal tim SAR.
Pembahasan
Jawaban :

A. Translasi yang harus dilakukan oleh Kapal tim SAR jika ingin menuju titik B adalah (5 , -6), yaitu 5 satuan ke kanan dan 6 satuan ke bawah.
Translasi yang harus dilakukan oleh Kapal tim SAR jika ingin menuju titik C adalah (3 , 1), yaitu 3 satuan ke kanan dan 1 satuan ke atas.
Translasi yang harus dilakukan oleh Kapal tim SAR jika ingin menuju titik D adalah (7 , -1), yaitu 7 satuan ke kanan dan 1 satuan ke bawah.

B. Berdasarkan perhitungan tim ahli, maka posisi C adalah posisi yang paling mungkin terjadi kecelakaan.


C. Kapal yang akan terlebih dahulu sampaike lokasi terjadinya kecelakaan adalah kapal Marina Mas yang berada di koordinat E.

Pembahasan :

TRANSLASI

Translasi atau pergeseran adalah perubahan posisi suatu titik koordinat
A (a, b) dengan translasi (p, q) menjadi A' (a + p , b + q)
Jadi

Bila ingin mengetahui besar translasi
Translasi = posisi akhir - posisi awal
Misalkan posisi akhir (x₂ , y₂) dan posisi awal (x₁ , y₁)

Translasi = posisi akhir - posisi awal

Jarak antara dua titik AB misalkan A (x₁ , y₁) dan B (x₂ , y₂) dirumuskan dengan

titik AB

Bila selisih A dan B sudah diketahui, misalkan A - B = (p , q)
Maka

AB

Diket:

A = (-3 , 2)
B = (2 , -4)
C = (0 , 3)
D = (4 , 1)
E = (2 , 1)

Radius kecelakaan 4 satuan

Dit:

A. Translasi A terhadap titik B, C dan D?
B. Lokasi kecelakaan yang paling mungkin bila Radius 4 satuan?
C. Kapal mana yang akan lebih sampai?

Penjelasan:

A. Cara mencari translasi adalah dengan mengurangj posisi akhir dengan posisi awal.
* Translasi A ke B
= Posisi B - Posisi A
Translasi A ke B
= (5 , -6)

Yaitu bergerak 5 satuan ke kanan dan 6 satuan ke bawah.

* Translasi A ke C
= Posisi C - Posisi A
Translasi A ke C
= (3 , 1)

Yaitu bergerak 3 satuan ke kanan dan 1 satuan ke atas.

* Translasi A ke D
= Posisi D - Posisi A
Translasi A ke D
= (7 , -1)

Yaitu bergerak 7 satuan ke kanan dan 1 satuan ke bawah.


B. Cari panjang jarak setiap translasi untuk mencari jarak kedua titiknya.


Karena radiusnya 4 satuan, maka yang paling mendekati adalah 3,16, maka posisi C adalah posisi yang paling mungkin terjadi kecelakaan.

C. Cari translasi E ke C

= Posisi C - Posisi E
Cari translasi E ke C
= (-2 , 2)

Cari jarak EC
jarak EC
Jarak EC = 2,83 satuan
Jarak EC < Jarak AC.
Maka kapal Marina Mas akan lebih dahulu sampai di titik C daripada kapal tim SAR

9. Diketahui garis RD berkoordinat di R (2, 5) dan D (–3, –1).
Jawaban :

a) Koordinat bayangan garis RD adalah R' (5, –2) dan D' (–1, 3)
b) Koordinat bayangan garis RD adalah R' (–2, –5) dan D' (3, 1)
Pembahasan
Mendapatkan hasil rotasi dengan cara menggambarnya terlebih dahulu akan sangat tidak efektif. Cara yang lebih cepat untuk mendapatkan hasil rotasi adalah menggunakan rumus transformasi geometri untuk rotasi
Rumus cepat untuk rotasi di pusat (0,0) adalah
P(x,y) akan menjadi P'(-y, x)  jika dirotasi 90° derajat berlawanan jarum jam
P(x,y) akan menjadi P'(y, -x)  jika dirotasi 90° derajat searah jarum jam

Pembahasan :

R(2, 5) akan menjadi R'(5, -2)  jika dirotasi 90° derajat searah jarum jam
D(-3, -1) akan menjadi D'(-1, 3)  jika dirotasi 90° derajat searah jarum jam
Jadi garis RD yang berkoordinat di R(2,5) dan D(-3,-1) akan menjadi garis R'D' yang berkoordinat di R' (5,-2) dan D' (-1, 3)

10. Perhatikan gambar di bawah ini. Gambar bayangan hasil rotasi bangun datar tersebut terhadap titik P dengan sudut rotasi yang ditentukan.
Jawaban :

*Klik gambar untuk memperbesar*
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198

11. Diketahui titik sudut dari tiap-tiap bangun datar sebagai berikut. Rotasikan bangun datar berikut dan gambar bayangannya (pusat rotasi di titik asal).
Jawaban :

a) Koordinat bayangan adalah A' (–2, –3), B' (–5, 4), C' (3, 4) dan D' (4, –3)
b) Koordinat bayangan adalah I' (–3, –5), J' (3, –4) dan K' (–5, 3)
c) Koordinat bayangan adalah P' (–4, 3), Q' (–2, –3), R' (6, –4) dan S' (3, 5)
d) Koordinat bayangan adalah K' (–7, 4), L' (–5, –3), M' (7, –5) dan N' (2, 4)

12. Perhatikan ΔABC pada gambar di atas. Gambarlah bayangan hasil transformasinya jika diketahui ΔABC tersebut
Jawaban :

a) Bayangannya adalah A'' (–9, 6), B'' (–9, 9) dan C'' (–6, 9)
b) Bayangannya adalah A'' (4, –7), B'' (1, –7) dan C'' (1, –4)
c) Bayangannya adalah A''' (-7, 0), B''' (–7, 3) dan C''' (–4, 3)
pembahasan
No. A


No. A

Titik awal segitiga ABC, A (–5, 4), B (–5, 1) dan C (–2, 1) dicerminkan terhadap garis y = 1
A (x, y) → A' (x , 2k - y)
A (–5, 4) → A' (-5 , 2 × 1 - 4)
                 A' (-5 , -2)
B (–5, 1) → B' (-5 , 2 × 1 - 1)
                 B' (-5 , 1)
C (–2, 1) → C' (-2 , 2 × 1 - 1)
                 C' (-2 , 1)
Titik A' (–5, –2), B' (–5, 1) dan C' (–2,  1) ditranslasi   [-4 8]
A (x , y)  → A' (x + a , y + b)
A' (–5, –2)  → A'' (-5 + -4 , -2 + 8)
                        A'' (-9 , 6)
B' (–5, 1)  → B'' (-5 + -4 , 1 + 8)
                       B'' (-9 , 9)
C' (–2,  1)  → C'' (-2 + -4 , 1 + 8)
                       C'' (-6 , 9)

No. B


No. B

Titik awal segitiga ABC, A (–5, 4), B (–5, 1) dan C (–2, 1) dicerminkan terhadap garis x = 1
        A (x, y) → A' (2h - x , y)
A (–5, 4) → A' (2 × 1 - (-5) , 4)
                  A' (7, 4)
B (–5, 1) → B' (2 × 1 - (-5) , 1)
                 B' (7, 1)
C (–2, 1) → C' (2 × 1 - (-2) , 1)
                 C' (4, 1)
Titik A' (7, 4), B' (7, 1) dan C' (4, 1) dirotasikan 90° searah jarum jam yang berpusat di titik asal
    A (x, y) → A' (y, -x)
A' (7, 4) → A'' (4, -7)
B' (7, 1) → B'' (1, -7)
C' (4, 1) → C'' (1, -4)

No C


No C


Titik awal A (–5, 4), B (–5, 1) dan C (–2, 1) dicerminkan terhadap sumbu-y
    A (x, y) → A' (-x, y)
A (–5, 4) → A' (5, 4)
B (–5, 1) → B' (5, 1)
C (–2, 1) → C' (2, 1)
Titik A' (5, 4), B' (5, 1) dan C' (2, 1) dirotasi 180° searah jarum jam yang berpusat di titik asal
    A (x, y) → A' (-x , -y)
A' (5, 4) → A'' (-5, -4)
B' (5, 1) → B'' (-5, -1)
C' (2, 1) → C'' (-2, -1)
Titik A'' (–5, –4), B'' (–5, –1) dan C'' (–2, –1) ditranslasi (x - 2 , y + 4)
      A (x , y) → A' (x + a , y + b)
A'' (–5, –4) → A''' (-5 - 2 , -4 + 4)
                     A''' (-7, 0)
B'' (–5, –1) → B''' (-5 - 2 , -1 + 4)
                    B''' (-7, 3)
C'' (–2, –1) → C''' (-2 - 2 , -1 + 4)
                     C''' (-4, 3)

13. Diketahui titik sudut dari tiap-tiap bangun datar seperti berikut.
Jawaban :

a) Bayanganmya adalah A' (6, –6), B' (–6, 15), C' (12, 6) dan jenis dilatasinya adalah pembesaran
b) Bayanganmya adalah I' (1, 2), J' (–2, 3), K' (4, –2) dan jenis dilatasinya adalah pengecilan
c) Bayangannya adalah P' (4, 4), Q' (–8, 12), R' (–4, –12), S' (12, –12) dan jenis dilatasinya adalah pembesaran
d) Bayangannya adalah K' (1, 2), L' (–2, 2), M' (–4, –3), N' (2, –3) dan jenis dilatasinya adalah pengecilan
pembahasan
Jawaban :

a. A (2, –2), B (–2, 5), C (4, 2), k = 3

a. A (2, –2), B (–2, 5), C (4, 2), k = 3

b. I (4, 8), J (–8, 12) dan K (16, –8), k = (1 4)

b. I (4, 8), J (–8, 12) dan K (16, –8), k = (1 4)

c. P (1, 1), Q (–2, 3), R (–1, –3) dan S (3, –3), k = 4

c. P (1, 1), Q (–2, 3), R (–1, –3) dan S (3, –3), k = 4

d. K (2, 4), L (–4, 4), M (–8, –6) dan N (4, –6), k = (1 2)

d. K (2, 4), L (–4, 4), M (–8, –6) dan N (4, –6), k = (1 2)


14. Seorang bajak laut sedang berburu harta karun. Sang asisten ingin membantu bajak laut untuk mendapatkan harta karun tersebut.
Jawaban :

1. Rotasi 90° berlawanan arah jarum jam yang berpusat di titik asal
2. Pencerminan terhadap sumbu-x
3. Translasi 1 langkah ke atas
pembahasan
Jawaban :

Diket:

A (-2 , -4)
B (4 , 3)

Pilihannya

A. Rotasi searah jarum jam 180°
B. Refleksi terhadap sumbu y
C. Refleksi terhadap sumbu x
D. Rotasi 90° berlawanan arah jarum jam
E. Translasi 1 langkah ke atas = (0 , 1)
F. Translasi 2 langkah ke kanan dan 2 langkah ke bawah, maka faktor translasinya = (2 , -2)

Dit:

Transformasi dari A ke B?

Penjelasan:

A. Rotasi 180° searah jarum jam maka rotasi = - 180°
Sama saja dengan rotasi + 180°
A (- 2 , - 4) ⇒ A' (2 , 4)
Tidak sama dengan posisi B

B. Refleksi terhadap sumbu y
A (- 2 , -4) ⇒ A' (2 , -4)
Tidak sama dengan posisi B

C. Refleksi terhadap sumbu x
A (-2 , -4) ⇒ A' (- 2, 4)
Tidak sama dengan posisi B.

D. Rotasi 90° berlawanan jarum jam, maka faktor rotasi = + 90°
A (-2 , -4) ⇒ A' (4 , 2)
Tidak sama dengan posisi B

E. Translasi (0, 1)
A (-2 , -4) ⇒ A' (-2 + 0 , -4 + 1) =  A' (-2 , -3)
Tidak sama dengan posisi B

F. Translasi (2 , -2)
A (-2 , -4) ⇒ A' (-2 + 2 , -4 + (-2)) =  A' (0 , -6)
Tidak sama dengan posisi B.

Maka, harus dengan dua transformasi.
Lihat D dan E.
Setelah dirotasi A menjadi A' (4, 2)
Lakukan translasi E
A" = (4 + 0 , 2 + 1) = A" = (4 , 3)
Sesuai dengan titik B.

Maka pilihan yang dipilih adalah transformasi D dan E

15. Bangun berwarna biru merupakan bayangan hasil transformasi dari bangun berwarna merah.
Jawaban :
a) Dirotasi 90° searah jarum jam yang berpusat di titik asal kemudian ditranslasi (0, -5)
b) Dirotasi 90° searah jarum jam yang berpusat di titik asal kemudian ditranslasi (1, -1)
c) Didilatasi dengan faktor skala 1/3 yang berpusat di titik (–5, 5) kemudian ditranslasi (7, -7)
d) Didilatasi dengan faktor skala 1/2 yang berpusat di titik (–2, 5) kemudian dirotasikan 90° searah jarum jam yang berpusat di titik asal, selanjutnya ditranslasi (-1, -1)
e) Ditranslasi (5, -5)
f) Dirotasi 90° searah jarum jam yang berpusat di titik asal kemudian ditranslasi (-1, -1)

📢Baca Juga📗 
📢Info Penting
😚Yang mau kasih Pulsa/jajan ke mimin buat beli kopi
Bnk Sumsel Babel No. Rek. 19009001655
TLP/WA=0823-7747-1438
bisa berteman dengan mimin ☝
Terimakasi temen-temen😚 telah bekunjung ke Teras Edukasi, Silahkan comen 😍untuk pembahasan selanjutnya.
Sumber: kemdikbud/Buku ips kelas 9

Rangkuman MTK (Matematika) kelas 9 smp mts

 KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 tidak bisa menghadapi perkembangan artificial intelegent dan dunia digital yang sangat luar biasa sementara teknologi digital yang paling canggih di dunia Say

a kira bukan hanya di timur tengah itu dimiliki oleh Ikunci jawaban matematika halaman 191

uji kompetensi 3 matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 37
jawaban matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 146
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 194
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 193

kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 71srael ada banyak faktor dan Tentu saya melihat di pihak Israel kecewa karena  KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198  KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 menolak lalu kemudian tetapi eh keputusan Indonesia disambut baik oleh Palestina Hai karena  KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 bagi mereka ini ada nyawa

 baru Nyonya hampir habis begini pertanyakan begini Okelah kita adalah saudara Sahabat Sejati Palestina tetapi pertama faktor jar KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 ak kita terlalu jauh yang kedua kepentingan langsung tidak ada kalau hanya semata-mata semangat saja itu tidak cukup signifikan lawong di Arab sendiri punya Ditinggalkan gitu Bagaimana kira-kira masa depan pkunci jawaban matematika halaman 191

uji kompetensi 3 matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 37
jawaban matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 146
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 194
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 193

kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 71erjuangan Palestina yang mau tidak mau anda tadi sudah menyebutkan ini ada Sa KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 ya sudah sampai pa

diri sudah meninggalkan Palestina jadi begini setelah Trump ini kota ulang bro hehehe pernah ini ini perkawinan paksa kawin paksa yang diinisiasi ujar poster Nah setelah Trump setelah muka ini juga akan terjadi satu perubahan karena kenapa kelemahan dari globalisasi tadi itu itu tidak melibatkan Pal

estina Palestina dianggap oleh Israel tidak ada nah skenario yang ini dibangun oleh oleh by Den saya besok menulis di detik tema ini yait KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 u skenario di mana espina harus dilibatkan dalam proses-proses polit KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 

ik yang terjadi di Timur Tengah Na  KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 h sekara  KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191kunci jawaban matematika halaman 191

uji kompetensi 3 matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 37
jawaban matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 146
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 194
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 193

kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 71-198  KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 ng kan sejak Trump berpuasa itu kebijakan Trump tuh unilateral sepihak mata Cup Eden akan akan apa akan mereformasi memperbaiki dengan melibatkan Palestina sebagai pihak yang yang juga haru KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 s didengarkan pendapatnya termasuk masa depan to state 

ji Israel tidak akan melanjutkan aneksasi di w KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-kunci jawaban matematika halaman 191

uji kompetensi 3 matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 37
jawaban matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 146
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 194
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 193

kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 71198 ah sampai di situ saja Apakah ada kemungkinan menurut anda perubahan kebijakan luar negeri kita menyangkut isu ini Hai tidak mungkin tidak ada celah begini karena call Yuk kita lihat peta politik di Israel juga Peta politik dituliskan di kuasai oleh saya

p Malah semakin meninggalkan Palestina KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198  Oh ya Aa Apa selanjutnya Kenapa kemudian dalam lima tahun terakhir kita tidak melihat gelombang KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198  demo yang begitu besar seperti tahun-tahun sebelumnya karena isu Palestina udah di handle oleh pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi sejak tahun 2014 itu bro hingga kemudian dan pak Jokowi di awal mengadakan konferensi asia-afrika kalau masih ingat lalu kemudian pidato pidato Presiden Jokowi di oke forum-forum oke itu begitu keras terhadap Israel bahkan kita sebagai anggota dewan utama nan  KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 yang begitu mereda dari kelompok-kelompok kanan kalau kita anggap kelompok-kelompok kanan atau ekstrim karena pemerintah dalam 50 terakhir mengambil alih peran itu dan oleh karena itu mekunci jawaban matematika halaman 191

uji kompetensi 3 matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 37
jawaban matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 146
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 194
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 193

kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 71mang sekarang kalau kita melihat ini di Timur Tengah Eh nanti pak dubes bisa menjelaskan Bagaimana  KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 tanggapan mereka terhadap kita tetapi mereka melihat Indonesia dalam isu Palestina itu udah R KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 ather Be consistent Istiqomah diapun Bagaimana sikap membela Palestina dan ini apa memberikan harapan baru bagi negara-negara yang kontra Isra

el misalnya Eh kenapa presiden Turki Erdogan dengan kita begitu the terkena kita punya titik temu walaupun sebenarnya eh apa eh Turki mempunyai hubungan diplomasi sama Israel nah eh apa kita punya bu irisan di situ Bro lalu kemudian dengkunci jawaban matematika halaman 191

uji kompetensi 3 matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 37
jawaban matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 146
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 194
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 193

kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 71an Kiran kita punya irisan yang itu yang sama jadi Eh ini situasi yang susah sekali untuk melihat Bagai KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 

lestina karena sekali lagi seperti yang saya katakan yang sangat ditentukan oleh Amerika Serikat biasan


ya ada binatang Amerika Serikat saya pertanyaan saya cukup begini tadi Tadi kan saya katakan bahwa isu tentang Palestina itu sering dijadikan sebuah isu politik oleh beberapa pihak di sini Hai Shahrukh ternyata pada akhirnya nanti negara-negara Arab itu sendiri tanda petik meninggalkan isu Palestina atas berbagai kepentingan dan urusan mereka masing-masing domestik mereka di hadapan Amerika dan Israel terus bagaimana isu ini dengan kita kan kita tidak hanya bisa berteriak-teriak kan harus ada tujuan-tujuannya adalah Bagaimana masyarakat Palestina rak

yat Palestina tidak lagi di Dijon ini oleh Israel tapi kalau Iya jadi begitu Bro jadi Sudah dikatakan oleh Kementerian Luar Negeri bahwa a KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 da satu syarat kita akan membuka diplomasi dengan Israel kalau Palestina mendapatkan kemerdekaannya Hai jadi itu Bro jadi itu garis merah benang merahnya selama Palestina belum merdeka maka Indonesia tidak akan memberikan karpet merah untuk membuka hubungan dengan

 eh apa dengan Israel nah ini sesuatu yang tidak mudkunci jawaban matematika halaman 191

uji kompetensi 3 matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 37
jawaban matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 146
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 194
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 193

kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 71ah Bro karena ketika kemerdekaan Palestina itu diberikan maka tadi tadi akhiran ekstasi tepi barat itu akan berhenti lalu kemudian Palestina bisa militer Nah sekarang kan hanya milisi jatuh Hamas gitu Nah maka ini tidak mudah Bagaimana formula Suspect solution itu dibangun jadi pada prinsipnya Indonesia mempunyai satu syarat yang harus dipenuhi oleh Israel itu memberikan kemerdekaan Palestina baru Setelah itu kita bisa berbicara eh kerjasama atau hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Israel Nah ini nih menarik ini P

ak dubes Jadi pertanyaan saya kira-kira  KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198  KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 begini petugas Apakkunci jawaban matematika halaman 191

uji kompetensi 3 matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 37
jawaban matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 146
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 194
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 193

kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 71ah nama pemodal atau Apa nama arah kebijakan politik luar negeri kita menyangkut Palestina ada perubahan the terutama dengan melihat yang terjadi sekarang dites cirarab ini petugas ya itu udah ganti menyangkut persoalan eh ketegangan an

tara konsistensi dan pragmatisme ya konsistensi Yakunci jawaban matematika halaman 191

uji kompetensi 3 matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 37
jawaban matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 146
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 194
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 193

kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 71ng saya maksudkan adalah konsistensi pada sikap sejak semula bahwa Indonesia hanya akan melakukan hubungan diplomatik dengan Israel kalau negara Palestina yang merdeka itu berdiri d KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 engan ibukotanya di Jerusalem Timur Hai yaitu soal konsist

ensi ini negara-negara Arab ini kan juga persoalan kkunci jawaban matematika halaman 191

uji kompetensi 3 matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 37
jawaban matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 146
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 194
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 193

kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 71kunci jawaban matematika halaman 191

uji kompetensi 3 matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 37
jawaban matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 146
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 194
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 193

kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 71kunci jawaban matematika halaman 191

uji kompetensi 3 matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 37
jawaban matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 146
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 194
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 193

kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 71onsistensi mereka di-like Arab keputusannya seperti itu Bahkan dalam Arab peace Initiative yang diajukan tahun 2002 dan 2007 diadopsi oleh Liga Arab itu tekun sekali ada ada tiga syarat yang harus dipenuhi bagi normalisasi hubungan dengan Israel yang pertama penarikan seluruh pasukan Israe KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 l dari wilayah Arab termasuk tepi barat

 dan Gaza ah eh dataran tinggi golan dan Leba KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 n KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 on Lebanon itu ada sebuah Farm namanya sebuah kawasan pertanian yang cukup luas yang sampai sekarang masih diduduki oleh Israel itu nomor satu penarikan dari itu semua Bagaimana tanpa bekerja ya tiba dan selatan Nah itu syeba namanya servamp kawasan pertanian Farm juga algol and yaitu Arab inisiatif eh apa Arab ini ABC inisiatif yang kedua hara yang kau kembali ke negaranya sesuai resolusi PBB 194 kita tahu sekarang orang Palestine itu yan KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 

g berada diluar jauh lebih besar daripada yang di dalam ya ya ini mirip dengan Libanon penduduk Libanon itu lima setengah juta tapi yang berada dilua KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198  KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halama KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 n 191-198 r 16 Tengah juta rakyat Medang ya ini doa Buddha ini juga 33 tidak sederhana yang ketiga yaitu ujian usaha lem jadi Pak bukan hanya sekedar Palestina Merdeka tetapi Yerusalem Timur harus jadi ibukotanya karena diurus alam Timur itulah terda

pat Masjidil Aqsa metal dan itulah yang menjadi jantung dari pendirian OCD Oki meskipun oki itu singkatannya sudah berubah Dulu organisasi konferensi Islam atau organization of Islamic countries Is album Global konferensi sekarang sudah menjadi kooperasi jadi Organisasi kerjasama Hai

 semuanya nah tapi isu abshoo itulah yang du KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198  KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 lu memen KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 de rong pendirian Oki dan dana PSO itu eh al-qudsi Aa itu berada di Heroes alam Timur Jadi bahkan seandainya Palestina Merdeka tapi tanpa Jerusalem timur seperti yang di insya ratakan oleh pistol Prosperity Yap itu banget itu bukan hanya sebagian tepi barat itu hanya Israel tapi rusak lem itu secara utuh punyanya punyanya Israel dan Amerika sudah memindahkan ibukotanya apa  KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 alat memindahkan kedutaannya bahwa Yerusalem dan mendelik in negara-negara yang belum mau memindahkan berubah negara-negara sekutunya nah itu yang pertama yang kedua adalah hai oh biskkunci jawaban matematika halaman 191

uji kompetensi 3 matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 37
jawaban matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 146
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 194
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 193

kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 71unci jawaban matematika halaman 191

uji kompetensi 3 matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 37
jawaban matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 146
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 194
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 193

kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 71a jadi apartemen terakhir ini juga merupakan bl

essing in disguise bagi bangsa Palestina sendiri ia dengan dengan dengan si perubahan sikap negara-negara Arab terhadap Israel eh dan itu bisa dibaca sebagai meninggalkan Palestine itu bisa juga sebuah gerak ke sentrifugal itu memperkuat sentripeta KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 l Dan dan jangan menyepelekan ya bangsa Palestina ini bangsa hitpartzut Pak Anwar undi b.in ada universitas yang paling tua dan paling prestisius di Timur Tengah bahkan the best namanya beirute rap University Eropa Apa itu pyrotechnic diversi

ty American Beirut maksud saya eyyubi American yo diversity of Beirut itu untuk besok niversitas nyadi di Timur Tengah orangnya masih watching Timur Tengah lulusan Iya itu tetapi itu tidak terlalu relevan yang sangat menolak  KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198  KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198 


kunci jawaban matematika halaman 191
uji kompetensi 3 matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 37
jawaban matematika kelas 9 halaman 191 brainly
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 146
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 194
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 193
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 71

terutama kalau integrasi spesies berbeda dengan kultur anther ini selain juga untuk ini tabloid ya ya juga ini potensial untuk pengembangan Hidayat yang 

lebih cepat tapi juga untuk merakit varietas dan kami menghasilkan varietas dari kutukan tertutup pagi ya prosesnya mungkin saat ini paling tinggi hanya m

enunggu SK kemudian kultur endospermnya ini penting terutama untuk sih nggak jelas kemudian fusi protoplasma untuk menggabungkan dua spesies Nike kami juga mengerjakan ini ini cerita kirim dengan yang dianut bahwa itu dengan tadi yang Jono editing juga yang jantung itu adalah penelitiam itu lulusan dari GB Jadi bukan luar neger

i bukan luar negeri ternyata Ayah dengan dalam negeri saja kemudian ditambah dengan training di luar negeri eh kemampuannya juga bagus ya akhirnya bisa menguasai teknologi itu lebih karena juga ini Kursi protoplas ini kami punya saya lulusan dari dp-nya mudah belajar bisnis dan pulang sudah bisa dan sekarang sudah melepas varietas ini apa itu namanya jeruk ya gabungan dari jeruk siam dan jeruk keprok jadi citrus reticulata dengan optimis dan Wulan juga yang paling penting itu adal

ah untuk mendukung kegiatan rekayasa genetik karena bisa nanti ragam aplikasi bioteknologi fitroni spray luas ada yang tadi yang terkait dengan pertanyaan selain tadi konservasi konservasi terus pertanyakan terus perakitan atau perbaikan yang di tengah itu yang pernah dengan ini HP ketentuanya pertanyakan Wijaya organ-organ Kita juga bisa untuk ini pepayu produksi begitu metabolit sekunder itu bagian dari kayu prospecting nanti-nanti dibandingkan Pak belakang dan bagian yang kita sebut by 


bersetting atau mencari sensasi Afrika penting terutama metabolit sekunder mudah untuk memodifikasi genetika dengan [Musik] teknik ini bapak ibu kami ini juga kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang orientasinya ekspor ya prose

s bidang engineering ya itu ngobrol produksi cita-citanya memproduksi diisap tol ya Mana ditempuh dua cara 1 kita menguntungkan tanaman kemudian dinaikkan kandungannya menjadi pendekatan pemuliaan titik satu lagi itu dengan pendekatan perbanyakan atau penggunaan bio reaktor itu intinya adalah kita mempelajari paginya atau pipi sintesisnya lintasan biosintesisnya Kemudian dari s

itu di dimana atau Senyawa apa yang harus ditaati dan tadi ya asli untuk itu ada beberapa teknik yang paling pertama kulit seperti stres untuk mendorong tadi Produksi metabolit sekundernya dengan penggunaan prekursor dan elisitor supaya diperoleh hasil Sesuai yang diharapkan tapi teknik lain untuk Hai selain ini ya istilahnya kita ini memproduksi ini Bapak Ibu metabolit sekunder yang tanpa menanam itu kalau sering jadi 6221 ini produksi itu satu lagi dengan mikroba seperti pada insulin yaitu ini itu kami Pogba yang dibuat nanti di gerobaknya seri xiaoli misalnya nah itu udah bermain lagi kombinasi dengan teknologi rekombinan dimaksud dengan gen ditambah lagi seda


tif Belluci misalnya ya dimana resep kue nyaeta di itu di dibuat ya di luar proses alami ya kemudian di Insert harga ke plastik daripada ini apa eh seleas Kholik udah diproduksi dalam bioreaktor dan selesai dari kita memproduksi tanah menanam kita sekarang bisanya eh Bang ya orang itu kan menghasilkan ini glukoma entah sebenarnya kalau mau kita bisa kerjakan juga itu Tapi kemarin juga sempat menyiapkan proposal itu tapi pendarahannya nggak ada ya udah berhenti tapi itu kemajuan yang lebi

h lanjutan dari bioteknologi hydro salah satunya adalah seperti itu dan Bapak Ibu yang cermati bioteknologi limitro ini juga ada Ini ini sangat bagus sekali untuk para calon calon pengusaha ini kami berat mahasiswa ini enggak semuanya aku ya oke Negeri ya oke Negeri Tuhan alokasinya Sedikit Bapak Ibu yard jadi saya berharap lebih banyak lagi yang berwira swasta atau berwirausaha N

 sekarang misalnya untuk tanaman hias terutama Tamiya seapa itu namanya Anggrek itu pada impor dari Thailand sebenarnya kalau kita menguasai itu sebelum kita bisa memproduksi pada akhir yang bagus kita produksi secara massal organ yang sekarang banyak perkembangan baru pisang kemudian anu ya Abah kentang ya karena mau nggak mau kentang itu harus produksi Yusuf culture karena supaya bebasnya sehingga tidak protokolnya Udah terbuka Tetapi kalau pada tanaman tertentu se

an yang mau mengadopsi Silahkan aja dengan royalti sistem royalti tetapi temen-temen mahasiswa Ini bisa juga itu yang bisa Teguh kemudian tajwid tentang itu bisa sudah terbuka itu dan bisa begitu Jadi seri ini lalu ini contohnya Teguh kemudian juga kami juga ada tanaman hias yang bagus pala drive bekerjasama dengan Kementerian KKP juga ini mahal Tanaman endemik dari Kalimantan Tengah itu juga demikian juga ini apa itu namanya embek tapi yah nanti bisa coba kalau melihat bisa anu ya Apa itu nama mencari bahan yang bagus boleh campur banyak tuh sangat butuhkan mungkin iya itu orang-orang ini beberapa perusahaan itu jejak melisensi Jadi Bapak Ibu kalau kita riset di bidang teknologi Nitro itu sekali tembak itu ada tiga Nah ini yang perlu dicatat ya kita mendapatkan keuntungan Ia yang pertama lebih merakit Tadi hanya ini toleransi salib atau atau yang ini 


betul antar atau nanti ada rujak yang yang seperti ini juga ya somatik biasa somatik atau profesi protoplas atau kultur endosperm makna keuntungannya kita yang pertama itu tulisan ilmiah ya jadi dari apa riset kecelakaan kita bisa publikasi tulisan isinya misalkan berprestasi hidup Bali dx11 yang pertama itu out pertama ya buat yang kedua hadits aja tadi itu bisa dilepas lepas kita Bah lagi dengan PPH perlindungan varietas tanaman tebak2kan nah kemudian protokolnya tapi itu di bisa dipatenkan lagi Jadi kami dari biotin temen-temen yang invitro ini luar biasa memang jadi bisa langsung tembak itu dapat tiga keuntungan lagi dapat tulis dan juga laporan dan lain-lain kalau nilainya tapi publikasi dapat nilai kemudian patennya dapat nilai HP BBnya pelepasannya dapat nilai lebih sekal

i tembak di jadi menarik sekali Sule riset hydro ini dan mungkin biayanya juga tidak mahal-mahal amat ya karena itu saya Saran saya Memang Yang Pertama dikembangkan ini Dan ini juga tadi saya sampaikan penting hubungannya dengan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja lebih Mandiri 

lebih mendingan ini cocok sekali sebaiknya sebelum kita masuk ke yang ini ya Tapi kan tingkatnya saja keringat selanjutnya kita di ini molekular ya Jadi Yang Yang ini tadi kayak yang ini kita menghasilkan jeruk proxy namanya yang dari somatik hibridisasi ini kita tahu ya terus Kelebihannya apa tiga rendah tapi rasanya kurang Sekar kalau jeruk keprok Diran tinggi ya itu rasanya Segar pedasnya lebih Nah kita ingin mengambil keuntungan dari keunggulan masing-masing populasi rasa segar maka kita 


menggunakan somatik itu bisa sistematik atau produk sedangkan yang ini vulture biosphere dari bijinya tadi itu kita bisa mengerikan yang siklus-siklus lumayan ini ini kita dalam proses manajemen waktu dan juga biaya tapi sebenarnya produk ini kita sudah sudah ini kan sudah ada udah ditelitinya sudah tidak menghasilkan Happy kita Proses pelepasan harus tetap jadi ini juga kepakai mereka yang sekolah ya S2 S3 kalau mau penelitian ya Misalnya SAO S2 lezatnya punya orang pokoknya anu yang abadia bisa punya atau beasiswa itu bisa ngambil itu nanti selain dapat gelar S2 juga punya kemampuan lagi ya enggak para dosen ya nanti pemimpin nanti lu Ken ya gan kita ini banyak dengan tipe biru sama ya yang lainnya juga ada yah sehingga betul-betul bisa gitu maksud saya kalau praktek ya k

alo ane baca cerita kali jadi nanti yang genomik dan mangkal ya Bapak Ibu yang cermati kekerabatan dan keragaman bentuk mager asisten segading ya pemuliaan berbasis markaya sebenarnya itu kalau across biasa tapi kemudian supaya memastikan lo masuk ke bahwa lokus ya dari Game yang kita inginkan itu maka dipastikan dengan fakta dan ini enggak menjadi lebih cepat kalau yang penting zona akan bisa sampai F6 F7 nih 23 paling berbisa kemudian keep deteksi gitu yakin kita yg dekat sini juga berfungsi untuk kemuliaan juga deteksi yang kita hasilkan misalnya arek saya kita sedang proses pembuatan untuk deteksi kualitas dari keras dan lain-lain untuk perakitan transgenik jatuh maupun yang paling tinggi ilmiah sintetik ini ini kami punya pusattekno pertanian Indonesia Sept

ian pertanian itu ada 12 tanaman ternak dan mencoba jadi pusat data peta genom pertama dan terbesar di Indonesia jadi yang punya seperti ini itu x-men lembaga eijkman untuk manusia lebih tapi yang dapat copyright Tapi itu baru kita dan kita tahun 2020 itu diakses dua juta lebih 74 negara dan sayangnya Indonesia nomor 4 kalau Salma Amerika China dan India pengakses Kita orang Indonesia jadi w berartinya kita harus mendorong ya supaya pemanfaatan Nyono Mika ini ini bisa berkembang j

uga sebagai Ketua KPI juga dulunya kewajiban kita untuk mendorong hafiyya sipil takutnya yang terbaik ini juga kita kerjasama dengan enggak kita jadi menarik dan luar biasa ini memang sebenarnya aplikasinya ya kami punya Doktor lulusan dari Korea ini Wa dia bisa punya paten yang terkait dengan Kit deteksi tadi untuk Aren juga aplikasi juga dia juga melepas ini yang itu temen cabe yang tahan pakai itu dan lain-lain dandan di kita bisa ini dulu seperti yang dicoklatin jenum for design yang t

he bigger jadi genom itu untuk mendesain masa depan jadi kita bisa mendapatkan informasi di tentang 

suatu tanaman atau suatu varietas tanaman atau suatu nomornya itu kalau kita sukain apa eh urgents bensin Kita gali ilmiyah menambang karakter-karakter yang tersimpan tersembunyi dalam itu sebenarnya luar biasa dari juga nggak kalah hebatnya dan juga ini juga terkait dengan nanti sedang dalam proses di Konvensi convention on file diversity Doll jika diversity ini hilang perdebatan antara negara maju berkembang terkait dengan sekuen digital sequins information yang berasal usia berasal dari Terakhir artinya negara berkembang seperti Indonesia menghendaki kalau tanaman jadi Indonesia d

i sekuensing harus miliknya Indonesia kalau saya contohnya tap tap di ke Indonesia akan ini ya soalnya aku hanya sekelingking saku kemudian diketahui game-game apa yang ada di dalamnya karena itu Indonesia maka kerjasama jadi Jono mix bahwa informasi ini beberapa contoh desain marka molekuler selection fungsi-fungsi gen dan menguap mengungkap dan luar biasa memang dikenal begini ini dihantam kita baru bicara yang terkait dengan pertanian kita juga sini pemanfaatan sudah gini

 spesies biar untuk pemulihan Pagi misalnya jadi kita ke depan ini masa depan kita ini pagi ini rasanya kok berat ya dipertahankan dalam jangka panjang kenapa-kenapa lu pakai airnya yang seabrek Iya kan pada masa depan nanti air itu mahal itu mah kemudian juga bapak ibu Yesus mati tenaga kerja itu juga pasti mahal dan satu lagi di tempat yang tergenang itu karena kondisi bagian istri ya ini y

a tanah itu kondisinya anerobik reduksi maka Bani Sorry terus sih terbentuknya metan dan Surya atau gas rumah kaca beberapa gas rumah kaca sehingga sebenarnya tidak ramah lingkungan juga itu karena itu mau gak mau kita harus riset padi kita Ini 


Post a Comment for "KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Uji Kompetensi 3 Transformasi Halaman 191-198"