KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 110
KUNCI JAWABAN tugas halaman 110 bab 4 bahasa indonesia kelas 11
1. Laporan DiskusiJudul Cerpen : Robohnya Surau KamiPengarang : AA. NavisSinopsis :Dalam cerpen ini menceritakan tentang seorang kakek bernama Garin, penjagasurau (Takmir). Menjadi seorang penjaga surau dia tidak mendapatkan honor ataugaji apa pun. Dia hidup mengandalkan dari sedekah, yang hanya sekali pada hariJumat. Pekerjaan sambilannya yaitu menjadi pengasah pisau dan gunting. Apabilayang meminta tolong perempuan biasanya dia diberi sambal. Berbeda lagi, apabilayang meminta tolong itu laki-laki, ia diberikan rokok kadang juga uang sebagaiimbalannya. Tidak sedikit juga yang hanya memberikan ucapan terima kasih dansenyuman.Suatu ketika, kakek terlihat murung, sedih, kesal dan bermuram durja. Iaduduk termenung di serambil surau dengan ditemani beberapa peralatan asahandan pisau cukur tua berada disekitar kaki kakek. Ternyata ia baru saja bertemu danberbicara dengan Ajo Sidi, si pembual atau ahli pembuat cerita. Cerita-ceritanyaaneh, unik, yang membuat cerita dengan menganalogikan lawan bicara dengansesuatu. Hari itu kakek yang dijadikan bualan ceritanya, yang pada intinya menjadipemeo atau semacam cerita yang menyindir pendengar.Ajo Sidi, si pembohong itu menceritakan seseorang bernama Haji Shaleh, yangdulunya di dunia selalu beribadah kepadaNya, taat menjalankan perintahNya danselalu takwa kepada-Nya. Namun, di akhirat Haji Shaleh, malah dimasukkan kedalam neraka, bahkan ditempatkan pada keraknya neraka. Dia memang tak pernahmengingat anak dan istrinya, dia pun tak memikirkan hidupnya sendiri. Segalakehidupannya lahir batin diserahkan kepadaNya. Dia tak berusaha mengusahakanorang lain. Bahkan dia tak pernah membunuh seekor lalat pun. Padahal dia hidupberkaum, bersaudara namun sedikitpun tak memperdulikannya. Dia selalubersujud, memuji dan berdoa kepadaNya.Setelah mendengar cerita dari Ajo Sidi, kakek hanya merenung danmemikirkannya Seolah ia merasakan apa yang dirasakan Haji Shaleh. Keesokanharinya, kakek mengakhiri hidupnya dengan menggorok lehernya sendiri denganpisau cukur. Berita kematian kakek sudah tersebar ke seluruh kampung, semuawarga kampung mengurus jenazah kakek. Semua warga mengantar kepergianjenazah kakek ke makam. Namun Ajo Sidi yang bisa dikatakan menjadi penyebabkematian kakek, malah tetap pergi bekerja. Dan sebelum pergi bekerja, Ajo Sidiberpesan kepada istrinya agar membelikan kain kafan untuk mengafani jenazahkakek.
- Nilai-nilai:
- a. Nilai sosial
- Sesama manusia harus saling membantu jika orang lain berada dalam
- kesusahan sebab kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri.
- b. Nilai Moral
- Saling menghormati antarsesama dan jangan saling mengejek atau menghina.
- c. Nilai Agama
- Melakukan yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi yang dilarang olehNya, seperti mencemooh, berbohong dan lain-lain.
- d. Nilai Pendidikan
- Tidak mudah putus asa dalam menghadapi kesulitan tetapi harus selalu
- berusaha.
- e. Nilai Budaya
- Memegang teguh adat istiadat atau kebiasaan di suatu masyarakat.
Kemungkinan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari:Nilai-nilai yang dapat diterapkan adalah nilai sosial, nilai moral, nilaipendidikan, nilai agama, dan nilai budaya. Masyarakat sebagai sumber utama yangdapat mengembangkan ragam nilai-nilai kehidupan jika setiap anggota masyarakatmampu untuk mengubah kebiasaan lama dengan kebiasaan yang baru.2. Mengamati Nilai-Nilai Kehidupan di Masyarakata. Nilai-nilai yang berkembang adalah nilai moral, sosial, agama, budaya, danpendidikan.Mirna adalah seorang anak sopan, pintar, dan baik hati. Ia sangat dikagumioleh banyak orang di desa ia tinggal yaitu desa Jatipamor, Majalengka. Setiaphari ia harus membantu ibunya berjualan di pasar dari sore sampai malamkarena pasar tersebut mulai buka dari sore sampai larut malam. Beberapabulan lalu, ayahnya telah meninggal karena penyakit yang dideritanya. Pagihari, Mirna beraktivitas seperti biasa yaitu sekolah. Dengan aktivitas rutin yangharus dilakukannya, Mirna tidak sedikitpun mengeluh, apalagi meratapi takdiryang sudah terjadi. Semangat untuk terus berjuang dan bersabar merupakankunci Mirna dalam menjalani kehidupan ini. Tujuannya ialah untuk menjadianak yang berbakti dan membahagiakan ibunya.b. Tidak ada. Semua nilai-nilai kehidupan baik itu agama, moral, budaya, sosial,ataupun pendidikan tujuannya ialah untuk menanamkan kebiasaan yang baikdan benar.
- KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 halaman 109
- KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 110
- KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 113 114 115
- KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 117 118
- KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 121 122 123 124
- KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 127 128 129
- KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman134
- KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 135
- KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 halaman 138
- KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 halaman 140 identitas buku yang dibaca
- KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 halaman 153 154 tugas
Rangkuman bahasa indonesia kelas 2 sma smk ma mak
Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 110 bab 4 ilannya yang jauh lebih tinggi serta jauh l
Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 110 bab 4 ebih tepat selanjutnya optimasi kultur mikroba dengan berbagai macam media pertumbuhan kondisi kultur pemberian Industri atau bahkan ditemukan bersama mikroba beda spesies yang men
Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 110 bab 4 jadi musuh alami kesemuanya dilakukan agar semua senyawa aktif bermanfaat dari coba yang diteliti bisa keluar salah satunya adalah produksi pristina maisin oleh streptomyces SPP UFO asal Nusa Kamb
angan Indonesia yang produksinya bisa meningkat sampai lima kali lipat dengan ditambahkannya in user Kama butyrolactone syarat keempat yaitu senyawa yang diproduksi tersebut selanjutnya harus d
imurnikan dan diuji efektivitasnya melalui uji payet parameter fisik dari senyawa tersebut untuk mengetahui Puput molekul unsur unsur penyusunnya serta susunan tiga dimensi diperlukan untuk memast
Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 110 bab 4 ikan bahwa senyawa tersebut adalah baru penggunaan HPLC digunakan untuk mendeteksi keberadaan metabolit dan kemungkinan memisahkan senyawa metabolit aktif yang diharapkan lcms hrms digunakan untuk mengetahui bobot molekul polar mentasi senyawa aktif yang kesemuanya delay dinilai
untuk memastikan bahwa senyawa tersebut adalah baru yang terakhir adalah enemar atau nuclear magnetic resonance digunakan untuk mengetahui komponen penyusun senyawa aktif berikut urutan komponen tersebut dalam menyusun senyawa aktif keempat syarat tersebut merupakan syara
Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 110 bab 4 t minimal untuk dapat menggali potensi bakteri baru dalam menghasilkan senyawa aktif yang bermanfaat dan berpotensi untuk dijadikan obat secara terakhir adalah karena senyawa aktif secara alami diproduksi
Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 110 bab 4
Post a Comment for "KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 110"