Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 127 128 129 bab 4

Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 127 128 129 bab 4 semester 1, soal dan jawaban kelas 2 buku bahasa indonesia kurikulum 2013 edisi 2017 semester 1 dan semester 2
halo temen-temen selamat datang di blog Teras Edukasi . Teras edukasi membahas kunci jawaban dari pelajaran SD SMP MTS SMA SMK MA MAK kami yakin jika temen temen menggunakan jawaban terasedukasi.com yang kami buat ini temen temen akan mendapatkan nilai 100😍

Kunci jawabantugas halaman 127 128 129 bab 4 bahasa indonesia kelas 11 

Kunci jawaban
1. Jawablah dengan berdiskusi!
b. Pengungkapan peristiwa di dalam cerpen biasanya berupa apa?
c. Puncak konfik dalam suatu cerpen ditandai oleh apa?
d. Apakah setiap cerpen selalu mengandung koda?
e. Dalam cerpen, koda itu fungsinya sebagai apa?

Pembahasan

1. Yang dikenalkan pada bagian awal cerpen adalah pengarang mengenalkan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen. Tidak hanya mengenalkan latar cerita, tetapi juga memperkenalkan para tokoh, menata  adegan, dan hubungan antartokoh.

2. Pengungkapan peristiwa di dalam cerpen biasanya berupa masalah, pertentangan, atau kesukaran yang dihadapi oleh tokoh-tokohnya.

3. Puncak konflik dalam suatu cerpen ditandai dengan perubahan nasib pada tokoh-tokohnya. Contoh pada cerpen Robohnya Surau Kami, puncak konflik ditandai dengan perubahan nasib para jemaah yang sedang berada di neraka.

4. Apakah setiap cerpen selalu mengandung koda?

YA, pada setiap cerpen selalu mengandung koda.

5. Dalam cerpen, koda berfungsi sebagai penyelesaian akhir dari suatu cerita, yang menentukan nasib atau sikap tokoh-tokohnya.

2. Kerjakan latihan berikut sesuai dengan instruksinya!
a. Perhatikan kembali cerpen berjudul “Robohnya Surau Kami”.
b. Dengan 4-6 orang teman, diskusikanlah struktur cerpen tersebut!
c. Gunakanah format seperti berikut!

Struktur cerpen Robohnya Surau Kami adalah

1. Pengenalan cerita

Kutipan: Alangkah tercengangnya Haji Saleh, karena di neraka itu banyak temannya di dunia terpanggang panas, merintih kesakitan.

Penjelasan: Pengenalan latar tempat (neraka) dan latar suasana cerpen.

2. Pengungkapan peristiwa

Kutipan: Demikian cerita Ajo Sidi yang kudengar dari Kakek. Cerita yang memurungkan Kakek.

Penjelasan: Peristiwa awal yang menceritakan penyebab kemurungan kakek.

3. Menuju konflik

Kutipan: Dan besoknya, ketika aku mau turun rumah pagi-pagi, istriku berkata apa aku tak pergi menjenguk.

Penjelasan: Terjadi peningkatan kehebohan ketika sang istri bertanya.

4. Puncak Konflik

Kutipan: “Astaga. Ajo Sidi punya gara-gara,” kataku seraya melangkah secepatnya meninggalkan istriku yang tercengang-cengang.

Penjelasan: Pada bagian ini Aku marah dan menyalahkan Ajo Sidi.

5. Penyelesaian

Kutipan: “Kerja?” tanyaku mengulangi hampa.

Penjelasan: Pada bagian ini terdapat penyelesaian cerita kalau Ajo Sidi tetap kerja meski telah mendengar kakek meninggal karena ceritanya.

3. Bersama 2–4 orang teman, cermatilah cerpen di bawah ini.
Diskusikanlah kaidah kaidah kebahasaan yang menandai cerpen
tersebut terkait dengan ciri-cirinya yang telah dibahas!
a. Apakah semua kaidah itu tampak pada cerpen tersebut?
b. Adakah ciri kebahasaan lainnya yang dominan di dalamnya?


Kaidah kebahasaan yang menandai cerpen Matahari Tak Terbit Pagi Ini adalah

  • Kata ganti orang pertama: Aku tiba-tiba jadi kehilangan sesuatu yang begitu akrab di antara kutub-kutub kosong itu. .... Kita telah menggoreskan kain kanvas kosong itu sejak mula hingga waktu jeda yang tanpa batas.
  • Kalimat bermakna lampau:  Kita telah menggoreskan kain kanvas kosong itu sejak mula hingga waktu jeda yang tanpa batas.
  • Konjungsi kronologis: Semula kita begitu dekat. Lantas terpisah jauh oleh lempengan waktu.
  • Kata kerja yang menggambarkan peristiwa: Saat kau hendak mengembalikan sesuatu yang hilang itu dengan sekuat daya, namun tak kunjung tergapai.
  • Kata kerja yang menunjukkan kalimat tak langsung: Chairil sempat bertanya seketika.
  • Menggunakan kata kerja yang menyatakan pikiran/perasaan: Begitulah kita merasakan saat diri kita berada di kutub yang berjauhan.
  • Menggunakan dialog: ”Aku takut bila aku berubah. Tapi tak akan pernah, pangeranku,” ucapmu pelan.
  • Ciri kebahasaan lainnya (menggunakan kata-kata sifat): Kaulah matahari itu, bidadariku. Berhari-hari kau merekat kasih hingga tak terkoyak oleh waktu, tiba-tiba kita harus berpencar di bawah langit menuju sudut-sudut yang kosong. Kekosongan itu kita bawa melewati jejalan kesedihan.

Simpulan:
a. Apakah semua kaidah itu tampak pada cerpen tersebut?
Semua kaidah kebahasaan tampak pada cerpen Matahari Tak Terbit Pagi Ini.
b. Adakah ciri kebahasaan lainnya yang dominan di dalamnya?
Ciri kebahasaan lainnya yang dominan di dalamnya adalah penggunaan kata-kata sifat yang menggambarkan suasana pada cerpen tersebut. 

📢Baca Juga

📢Info Penting
😚Yang mau kasih Pulsa/jajan ke mimin buat beli kopi
Bnk Sumsel Babel No. Rek. 19009001655
TLP/WA=0823-7747-1438
bisa berteman dengan mimin ☝
Terimakasi temen-temen😚 telah bekunjung ke Teras Edukasi, Silahkan comen 😍untuk pembahasan selanjutnya.
Sumber: kemdikbud/Buku bahasa indonesia kelas 11

Rangkuman bahasa indonesia kelas 2 sma smk ma mak

Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 127 128 129 bab 4 izin edar nomor izin edar ini diberikan untuk menjamin bahwa khasiat yang diyakinkan khasiat yang diyakini dan keamanan pada penggunaan obat itu harus sesuai dengan Hai bukti-bukti ilmiah sesuai dengan pengetahuan ilmu pengetahuan yang yang yang 

berkembaKunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 127 128 129 bab 4ng yang kedua icine dari ini difungsikan juga sekaligus untuk menjamin mutu yang dihasilkan mutu obat memenuhi syarat yang dinilai dari proses produksi sesuai dengan cara pembuat

an obat yang baik penandaan berisi informasi yang lengkap dan objektif yang dapat menjamin pengguna obat secara tepat rasional dan aman serta obat tersebut harus sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat setelah Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 127 128 129 bab 4obat mendapatkan nomor izin edar industri Farmasi baru bisa memproduksi obat untuk

 didistribusikan keseluKunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 127 128 129 bab 4ruh wilayah Indonesia sebagai kendala serangkaian proses diperlukan upaya untu

k menemukan senyawa aktif baru yang terkandung dalam mikroba sampai akhirnya bisa diproduksi massal proses tersebut membutuhkan sumber daya baik

 waktu tenaga keahlian dan instrumen selain itu juga Dana sebagai gambaran yang mereka Serikat untuk satu jenis obat yang mengandung senyawa baru diperlukan perang lebih 14 tahun mulai dari tahap

 penentuan target obat hingga persetujuan fda agar bisa diproduksi dan dipasarkan biaya riset untuk pengembaKunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 127 128 129 bab 4gan obat baru terus meningkat dari tahun ke tahun tercatat tahun 2003 butuh 0,8 Milyar D

ollar No 6 tahun 2014 membengkak menjadi 2,6 Milyar Dollar kemungkinan terjadinya kegagalan dalam pengembangan baru-baru sering dijumpai pada fase akhir karena farmakokinetik yang lemah ser

ta ditemukannya toksisitas oleh karenanya sebagai solusi kerjasama antar Universitas lembaga penelitian dan perusahaan farmasi sangat diperlukan di samping juga dukungan pemerintah untuk bisa mengubahKunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 127 128 129 bab 4 potensi senyawa obat dari mikroba lokal menjadi bisa dikomersialkan teknologi 

modern unKunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 127 128 129 bab 4tuk mendeteksi dan mengisolasi senyawa baru mempercepat proses pencarian kandida

t obat baru karenanya kerjasama lintas negara yang saling menguntungkan memungkinkan produk Farmasi dari isolat lokal potensial bisa lebih cepat tersedia di pasaran selain itu juga kebijakan yang lebih mendukung upaya kemandirian dalam produksi obat dalam negeri perlu ditingkatkan demi kemaslahatKunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 127 128 129 bab 4

an bersama di Hai sebagai penutup kekayaan alam Indonesia yang begitu melimpah terutama pada mikroorganismenya membuka kesempatan kita untuk terus menggali dan memanfaatkan mikroba ter

sebut untuk kesejahteraan manusia kerjasama dengan berbagai pihak diperlukan untuk mempercepat potensi spesies mikroba baru dari Indonesia penghasil senyawa obat Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 127 128 129 bab 4


Post a Comment for "KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 tugas halaman 127 128 129 bab 4"