Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 8 Kegiatan 9.4 halaman 242 243

   Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8  smp mts Kegiatan 9.4 halaman 242 243 BAB 9 buku siswa edisi 2017 kurikulum 2013 semester 1 dan semester 1 edisi revisi 2017 2018 kelas 2 smp mts 

📙Baca juga"

😄✋ Hallo temen temen selamat datang di blog ilmu edukasi, blog ilmu edukasi berisikan kunci Jawaban buku pelajaran MI SD, SMP, MTS, SMA, SMK, MA, MAK Pasti dapat nilai 100 

KUNCI JAWABAN Kegiatan 9.4 halaman 242 243 bahasa indonesia kelas 8 
KUNCI JAWABAN Kegiatan 9.4 halaman 242 243 bahasa indonesia kelas 8

Kegiatan 9.4
A. 1. Bentuklah kelompok. Bacalah sekurang-kurangnya sebuah buku fksi dan nonfksi!
2. Catatlah setiap bagian penting dari setiap buku tersebut dengan dalam bentuk peta konsep.

Sinopsis cerpen : “Impian”

Rena hidup sebatang kara dengan neneknya di rumah peot yang berada di pinggir desa. Dia adalah anak yang pandai sehingga para guru di sekolahnya sangat menyanjungnya. Suatu hari dia telah lulus SMA. Dia sangat ingin melanjutkan sekolahnya di kota. Karena kepandaiannya dia berhasil masuk lewat jalur beasiswa di PTN ternama dikota terdekat. Neneknya yang sudah tua terpaksa dia tinggal. Karena rumahnya yang berada di tepi desa, dia tidak memiliki tetangga dekat.

Dia meminta izin kepada neneknya, namun neneknya tidak memberinya izin. Rena sangat marah pada neneknya yang menghalangi niatnya. Neneknya mencoba menjelaskan kepada Rena alasannya, namun Rena tidak menggubrisnya. Nenek mencoba merayu Rena, tapi Rena semakin merasa bahwa hidupnya tidak adil.

Selama beberapa hari Rena tidak berbicara pada neneknya. Rena merencanakan kabur dari rumah untuk menggapai cita-citanya. Dia tidak peduli lagi dengan neneknya yang dianggapnya telah menghalangi impiannya. Setelah sampai di Kota dia merasa terbebas dengan beban mengurus neneknya.

Sambil kuliah dia bekerja di rumah makan sebagai pelayan. Suatu malam ketika dia pulang kerja dia melihat pengemis renta yang masih menengadahkan tangannya. Dinginnya malam tidak membuat pengemis tersebut terhentak untuk pulang. Rena teringat pada nenek yang telah menjaganya saat kedua orang tuanya telah menghadap sang pencipta. Dia merasa terbebena dan berdosa. Dia mulai kalut dengan beribu macam pertanyaan yang memenuhi kepalanya. Buat apa aku meraih impianku, jika orang yang seharusnya paling bahagia atas kesuksesanku menderita? Buat apa aku berada di puncak jika, syurgaku tak merasakan kenikmatan? Bagaimana aku tersenyum, jika yang terpenting di dunia ini merintih?

Setelah mematung cukup lama, Rena memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya malam itu juga. Dia sudah tidak sabar bertemu neneknya. Sampailah ia di rumah peot yang menjadi saksi kedewasaanya. Di lihatnya nenek yang masih menata barang dagangan yang diambil dari kebun tetangga, untuk dibawanya ke pasar. Tak kuasa dia menahan tangisannya lagi. Dia sebut dengan lantang sapaan tercinta, dan dia peluk tubuh keriput penuh peluh tersebut. Rena berjanji akan selalu berada di dekat neneknya.

Akhirnya Rena tidak melanjutkan studinya di kota. Dia habiskan waktunya untuk membantu mengajar anak-anak putus sekolah di desanya. Hidupnya sekarang lebih tenang dan bahagia dari pada saat dia menggapai impiannya tapi membuang muka terhadap apa yang ada di sekitarnya

 

Peta konsep dari sinopsis cerpen di atas adalah:

Pengenalan:     Gadis bernama Rena hidup dengan neneknya di rumah peot, pinggiran desa
Muncul konflik :    Rena telah lulus SMA dan ingin melanjutkan kuliahnya di Kota. Rena mendapatkan beasiswa karena kecerdasannya.
Klimaks       Rena meminta izin untuk meninggalkan desa dan tinggal di kota untuk kuliah. Nenek Rena tidak mengizinkan sehingga membuat Rena marah dan memutuskan untuk melarkan diri dari rumah.
Antiklimaks:     Sepulang dari kerja sambilannya Rena melihat pengemis renta. Hal ini mengingatkannya dengan neneknya di Desa. Rena mulai berpikir untuk apa studinya jika neneknya tetap menderita.
Penyelesaian:     Rena memutuskan pulang untuk bertemu neneknya. Dia memutuskan keluar dari studinya, dan membantu anak-anak putus sekolah di desanya agar tetap dapat belajar

3. Catat pula identitas buku itu secara jelas, seperti judul, penulis/ pengarang, penerbit, dan ketebalannya.

Judul : Impian Jacqueline
Penulis : Diana Roswita
Penyunting Naskah : Salman Iskandar dan Agus Wibowo.
Penyunting Ilutrasi : Dyotami F. dan Andi Yudha.
Cetak : Shafar 1425H / April 2004
Tebal halaman : 188 halaman.
Kode buku : RI-93
Diterbitkan oleh penerbit DAR ! Mizan
Anggota IKAPI :
PT Mizan Bunaya Kreativa
Jln. Yodkali No. 16 Bandung 40124

E-mail : mizandar@yahoo.com


B. 1. Secara bergiliran dengan kelompok lain, presentasikan peta konsep yang telah dibuat kelompokmu. Sebaiknya, kamu menggunakan media presentasi, seperti LCD.
 2. Mintalah kelompok lain untuk memberikan komentar berdasarkan aspekaspek seperti : kejelasan, kelengkapan, dan keruntunan sistematikanya. 

KOMEN YANG MAU JAWABANNYA

 📙Baca juga"

  • Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 Kegiatan 9.1 halaman 235
  • Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 tugas individu halaman 236 237
  • Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 Kegiatan 9.2 halaman 238
  • Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 Kegiatan 9.3 halaman 239 240
  • Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 Kegiatan 9.4 halaman 242 243
  • Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 Kegiatan 9.5 halaman 245
  • Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 Kegiatan 9.6 halaman 246 47
  • Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 Kegiatan 9.7 halaman 250 251
  • Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 Kegiatan 9.8 halaman 254
  • Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 tugas individu halaman 255
  • Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 Kegiatan 9.9 halaman 256 257
  • Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 Kegiatan 9.10 halaman 262 263
  • Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 tugas individu halaman 263
  • Sumber:kemdikbud/buku bahasa indonesia kelas 8

    Rangkuman bahasa indonesia kelas 8 smp mts

    sudah menyebar luas dan sampai ke telinga sang Kepala akademi Day mobile lah orang pertama yang paling ia salahkan Mengingat bahwa seKunci jawaban bahasa indonesia kelas 8  smp mts Kegiatan 9.4 halaman 242 243 BAB 9 buku siswa edisi 2017 kurikulum 2013 semester 1 dan semester 1 edisi revisi 2017 2018 kelas 2 smp mts harusnya sebagai siswa senior bisa memberikan contoh yang baik sementara menghuni yang semalam mengamuk memperkenankan untuk bersedia dikeluarkan dari Akademi Srilanka namun Pak Kepala akad

    emi taman setujunya dengan alasan bahwa menghujan belum melunasi biaya pendaftaran disis lain Master Shu memiliki pendapat lain menurutnya ide tangshan untuk menggunakan Menghujam sebagai umpan demi mengungkapkan lebih jauh mengenai kasus obat mutasi roh bukanlah ide yang bu

    ruk Ia pun menyarankan agar misi ini dilaKunci jawaban bahasa indonesia kelas 8  smp mts Kegiatan 9.4 halaman 242 243 BAB 9 buku siswa edisi 2017 kurikulum 2013 semester 1 dan semester 1 edisi revisi 2017 2018 kelas 2 smp mts njutkan sampai tuntas dengan syarat mereka dilarang bertindak gegabah dan harus segera melapor ke Academy jika telah menemukan orang yang bernama bule demi untuk melanjutkan misi tersebut menghuni dilatih untuk mengendalikan kekuatan Roh pelindungnya the incident a mukanya di kota tak terulang kembali sehingga cerita berkat saran-saran yang diberikan oleh Master show mahal Joon pun menunjukkan peningkatan yang lumayan melalui pengont

    rolan emosi yang baik ia bisa mulai membatasi seberapa besar yang ingin mengeluarkan kekuatannya diperlihatkan juga dia Mumbai mulai bersimpati kepada Master show mengenai pembelajaran tentang teori seputar dunia roh yang ternyata memang aKunci jawaban bahasa indonesia kelas 8  smp mts Kegiatan 9.4 halaman 242 243 BAB 9 buku siswa edisi 2017 kurikulum 2013 semester 1 dan semester 1 edisi revisi 2017 2018 kelas 2 smp mts da gunanya sementara itu Oi psyche yang ten

    gah mabuk asmara modern mandir membawakan makanan dan melayani si gadis manja Ning rong rong rong rong yang merasa risih mendengar keributan akhirnya keluar menghampiri mengujungi yang tengah berlatih keras untuk mengendalikan kekuatan finix nya namun ia mengatakan bahwa latihan mereka ini percuma karena menuKunci jawaban bahasa indonesia kelas 8  smp mts Kegiatan 9.4 halaman 242 243 BAB 9 buku siswa edisi 2017 kurikulum 2013 semester 1 dan semester 1 edisi revisi 2017 2018 kelas 2 smp mts rutnya roh pelindung milik menghuni itu memang tidak sempurna akan tetapi dia membela berkata tidak akan ada usaha yang sia-sia ia pun tidak menghirauk

    an saran dari rongrong dan tetap punya Romaho junagarh melanjutkan latihannya dimalam harinya Mango Joon yang sudah merasa siap kembali datang ke arena pertandingan roh demi menuntaskan misi mereka sayangnya meskipun ia sudah berhasil mengendalikan kekuatan finix orang yang mereka ca

    ri tidak juga muncul ditambah lagi uang mereka juga semakin menipis jika harus terus-terusan mengikuti acara tersebut singkat cerita mereka pun sadar bahwa pertarungan yang mereka sajikan selama ini memang kurang menarik karKunci jawaban bahasa indonesia kelas 8  smp mts Kegiatan 9.4 halaman 242 243 BAB 9 buku siswa edisi 2017 kurikulum 2013 semester 1 dan semester 1 edisi revisi 2017 2018 kelas 2 smp mts ena tak ada lawan yang sanggup mengimbangi menghujan lantas Day Mumbai memiliki sebuah ide Dimana kali ini nyalanya akan maju sebagai penantang meng

    hujan agar pertandingan bisa lebih seru sehingga dapat menarik perhatian dari banyak orang malam harinya Mereka pun bertarung dengan meriah dan bisa membuat semua orang tertarik untuk menyaksikannya jelas kekuatan demo by ini tidak bisa diremehkan diperlihatkan tak hanya mampu menghindar ya Bahkan mampu bertahan dari panasnya api finish yang ditembakkan menghuni sampai

     Menghujam sendiri kelelahan karena kehabisan tenaga Hai di jajaran para penonton terlihat bule yang juga sangat terkesan menyaksikan pertarungan mereka namun di sini ya justru tertarik dengan Show dan memerintahkan para anak buahnya untuk menculik gadis tersebut seusai pertarungan sehingga cerita di jalanan yang sepi tangshan dan show dihadang oleh orang-orang suruhan bule namun tangshan tak melakukan perlawanan dan justru bersedia ikut mereka hal ini Karena ia merasa mungkin oran

    g-orang ini bisa membawanya kepada orang yang selama ini ia cari dan benar saja mereka disini berhasil bertemu dengan orang yang mereka cari dengan mudahnya tangshan dan show menghajar orang-orangnya dan memaksa bule buka 

    mulut mengenai obat mutasi roh pelindung yangKunci jawaban bahasa indonesia kelas 8  smp mts Kegiatan 9.4 halaman 242 243 BAB 9 buku siswa edisi 2017 kurikulum 2013 semester 1 dan semester 1 edisi revisi 2017 2018 kelas 2 smp mts  ia berikan kepada kepala desa desa nyaman khozin Bule lalu mengatakan kepada tangshan boutobba tersebut ia sembunyikan di laci sampingnya namun sayangnya ini adalah jebakan begitu watch itu dibuka Ternyata isinya adalah gas beracun yang dalam sekejap gas itu pun Hai dan mengenai show kemudian mulai mengatakan kalau ia akan memberitahukan Dimana tangshan bisa mendapatkan obat penawar racunnya asalkan Thanks membiarkannya tetap hidup Ia menje

    laskan mau obat penawar itu ada pada seseorang yang bisa ia temui di sebuah desa bernama Desa pertarungan bintang dengan menunjukkan surat darinya Pagi harinya kembali ke Academy tangshan menceritakan semuanya kepada Kepala akadeKunci jawaban bahasa indonesia kelas 8  smp mts Kegiatan 9.4 halaman 242 243 BAB 9 buku siswa edisi 2017 kurikulum 2013 semester 1 dan semester 1 edisi revisi 2017 2018 kelas 2 smp mts 

    mi mengenai pertemuannya dengan bule gas yang meracuni xiaohu serta di mana ia bisa mendapatkan obat penawarnya sehingga cerita semua siswa pun dikumpulkan untuk berangkat ke hutan pertarungan bintang namun ia tak menyampaikan tujuan sebenarnya dan mengatakan bahwa ini adalah misi untuk membantu oishigi mendapatkan cincin roh ketiganya pendek cerita thanks and Show dan master show pergi terlebih dahulu ke desa pe

    rtarungan bintang diperlihatkan situasi disana sangatlah mencekam dengan diselimuti kabut dimana-mana yang membuat tempat tersebut semakin terkesan mengerikan belum jauh masuk ke dalam Desa mereka sudah oleh kelompok Bandit yang ingin merampok mereka namun Masters lebih memilih untuk menghindari pertarungan dengan menunjukkan dirinya yang memiliki tujuh cincin roh pelindung hal ini sontak membuat bandit-

    bandit itu tak berani macam-macam dan langsung Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8  smp mts Kegiatan 9.4 halaman 242 243 BAB 9 buku siswa edisi 2017 kurikulum 2013 semester 1 dan semester 1 edisi revisi 2017 2018 kelas 2 smp mts  menipu orang-orang jahat tersebut tanpa menyia-nyiakan waktu mereka pun sepakat untuk mengikuti arahan dari surat itu untuk menemui orang yang bisa memberikan penawar racunnya akan tetapi tangsh

    an dan show yang akan menemuinya sementara Master so hanya akan memantaunya dari kejauhan disini secara tak sengaja mastersnow Mendengar pembicaraan orang-orang disana yang mengatakan mengenai kemunculan Sleman roh kuat sedang mengamuk di jalan menuju desa yang menyerang rombongan Day mom by yang harusnya menyusul mereka karena khawatir akan hal itu Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8  smp mts Kegiatan 9.4 halaman 242 243 BAB 9 buku siswa edisi 2017 kurikulum 2013 semester 1 dan semester 1 edisi revisi 2017 2018 kelas 2 smp mts 




    Post a Comment for " KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 8 Kegiatan 9.4 halaman 242 243"