1.Gambar di atas menunjukkan aliran sungai yang meleZati beberapa titik dalam bidang koordinat.a. Coba sebutkan 5 koordinat titik-titik yang dilalui oleh aliran sungai tersebut.
1.Gambar di atas menunjukkan aliran sungai yang meleZati beberapa titik dalam bidang koordinat.a. Coba sebutkan 5 koordinat titik-titik yang dilalui oleh aliran sungai tersebut.KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2 halaman 56 57 bab 2 halo guys welcome back my blog, kali ini kakak akan membagikan sebuah artikel, yang mana topik yang kakak bahas kali ini adalah mengenai pembahasan tentang kunci jawaban, kunci jawaban sangatlah perlu dibahas karena dengan adanya pembahasan kunci jawaban ini siswa-siswi dapat menggunakan kunci jawaban tersebut sebagai alat untuk menyelesaikan tugas dengan tepat waktu dan memperoleh nilai yang memuaskan.
untuk itulah kunci jawaban yang tepat dan benar sangatlah dibutuhkan karena kunci jawaban yang tepat dan benar akan memberikan nilai yang besar kepada penggunanya, untuk itu pada artikel yang kakak buat kali ini kakak sebelumnya telah membaca dan memahami soalnya terlebih dahulu barulah kemudian kakak mencoba menjawab semaksimal yang kakak bisa sehingga kakak membuat artikel ini bukanlah asal-asalan mainkan kakak telah berusaha semaksimal mungkin untuk menjawab soal-soal yang ada.
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
kakak yakin jika siswa-siswi menggunakan kunci jawaban yang kakak buat ini kakak yakin siswa-siswi dapat memperoleh memuaskan dan dapat menyesuaikan dengan tepat waktu, walaupun kakak cukup yakin dengan kunci jawaban yang kakak buat ini pada dasarnya semuanya akan kembali kepada guru siswa siswi masing-masing yang artinya kakak tidak bisa memastikan sejarah 100% bawa kunci jawaban yang kakak buat ini dapat memperoleh nilai yang sempurna namun setidaknya kunci jawaban yang kakak buat ini telah memberikan nilai yang mau masalahnya artinya nilai tersebut tidaklah di bawah kkm.
kakak juga menyarankan kepada siswa dan siswi sekalian pondok slalu mengoreksi terlebih dahulu, jawaban yang telah kakak buat bisa jadi jawaban yang kakak buat terdapat jawaban yang salah ya artinya bisa jadi ada kesalahan yang kakak buat dalam menjawab soal tersebut.
Kunci Jawaban MTK Kelas 8
kami menyadari bahwasanya banyak sekali sekali siswa-siswi dan serta guru dan tak jarang juga orang telanjang gaya membantu anaknya untuk mencari kunci jawaban yang tepat dan benar diubah Google. kami ingin ingatkan lagi bahwasanya kepada adik-adik sekalian yang tercinta bahwasanya sekolah merupakan hal yang sangat penting yang memang gak bantu adik-adik dapat mempersiapkan diri dalam hadapi perkembangan zaman yang akan datang.
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3
jika siswa dan siswi menemukan jawaban yang salah kakak hadap siswa dan siswi menulis jawaban yang paling tepat dan benar di kolom komentar agar kakak dapat memperbaiki jawabannya salah tersebut dan agar supaya siswa dan siswi yang lainnya yang menggunakan kunci jawaban yang sama dapat memperoleh nilai yang sempurna lagi.
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.5 halaman 11
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.7 halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 15
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 21
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.12
Kunci Jawaban MTK Kelas 8 uji kompetensi 1
tak lama lagi akan diadakan ujian akhir semester gimana ujian tersebut akan berpengaruh kepada nilai harapan yang artinya nilai rapot sangatlah bergantung pada nila yang diperoleh dari nilai ulangan tersebut untuk itu kakak menyarankan kepada siswa dan siswi harus mengurangi aktivitas bermain nya dan belajar agar dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian yang akan datang dan gunakan artikel yang kakak buat ini sebagai salah satu media yang digunakan untuk menghadapi ataupun mempersiapkan diri dalam hadapi ujian yang akan datang.
Ayo Kita Berlatih 2.2 Semester 1
a. Coba sebutkan 5 koordinat titik-titik yang dilalui oleh aliran sungai tersebut.
b. Sebutkan titik-titik yang dilewati aliran sungai yang berada pada kuadran I, kuadran II, kuadran III, dan kuadran IV
c. Sebutkan koordinat titik A, B, C, dan D terhadap titik G.
d. Sebutkan koordinat titik E, F, G, dan H terhadap titik J.
Kunci Jawaban :
a) Titik A (-7,7) , Titik B (-6,4), Titik C (-3,3), Titik D (0,2), Titik E (2,4)b)
Titik-titik di kuadran I: D, E, F, G, H
Titik-titik di kuadran II: A, B, C, D
Titik-titik di kuadran III: K, L, M
Titik-titik di kuadran IV: H, I, J
c)
Koordinat titik A terhadap titik G adalah (–13, 5)
Koordinat titik B terhadap titik G adalah (–12, 2)
Koordinat titik C terhadap titik G adalah (–9, 1)
Koordinat titik A terhadap titik G adalah (–6, 0)
d)
Koordinat titik E terhadap titik J adalah (1, 9)
Koordinat titik F terhadap titik J adalah (4, 10)
Koordinat titik G terhadap titik J adalah (5, 7)Koordinat titik H terhadap titik J adalah (3, 5)
Kunci Jawaban :Koordinat titik Q terhadap titik P adalah (–1, 7)Koordinat titik R terhadap titik P adalah (0, 12)Koordinat titik S terhadap titik P adalah (–9, 9)Koordinat titik T terhadap titik P adalah (–7, –1)
Kunci Jawaban :a) Titik 1 (0,0), Titik 2 (0,1), Titik 3 (-1,1), Titik 4 (-1,-1), Titik 5 (1,-1), Titik 6 (1,2), Titik 7 (-2,2)b) Aturan yg terbentuk bisa kita lihat dari titik koordinat diatas pada no 1 dan no 4 absis dan ordinatnya sama. bisa disimpulkan aturan yg terbentuk adalah :- untuk titik no yg habis dibagi 4 aturannya " x = y " yg berada di kuadran III.- untuk titik no ganjil aturannya " x = -y " yg berada di kuadran II dan IV.c) Karena 20 habis dibagi 4 menghasilkan 5 dan terletak di kuadran III, maka titik koordinat ke-20 adalah (-5 , -5)
- Tentukan apakah ∆KLM dengan titik K(6, −6), L(39, −12), dan M(24, 18) adalah segitiga sebarang, segitiga sama kaki, atau segitiga sama sisi. Jelaskan jawaban kalian.
- Jika 32, x, 68 adalah tripel Pythagoras. Berapakah nilai x Tunjukkan bagaimana kalian mendapatkannya.
- Bilangan terkecil dari tripel Pythagoras adalah 33. Tentukan tripel Pythagoras. Jelaskan bagaimana kalian menemukan dua bilangan lainnya.
Kunci Jawaban :(0,0) Jika menggunakan pola hasil akhirnya adalah (-1,1).Dari pola tersebut maka didapat hasil akhir (-n,n).a) 10 kali = (-10,10)b) 20 kali = (-20,20)c) 30 kali = (-30,30)d) 50 kali = (-50,50)
Kunci Jawaban :Koordinat titik-titik tersebut adalah :- Titik A (4,4)- Titik B (-4,4)- Titik C (-4,-4)- Titik D (4,-1)
Kunci Jawaban :Banyak titik yang berjarak 3 satuan dari sumbu-X dan 5 satuan dari sumbu-Y ada 4 yaitu titik A(5, 3), B(–5, 3), C(–5, –3), dan D(5, –3).
a. Jika keempat titik tersebut dihubungkan, bangun apakah yang terbentuk?
b. Diketahui koordinat titik E(8, 3), F(12, 3), dan G(12, 5). Tentukan koordinat titik H, sehingga jika keempat titik tersebut dihubungkan akan membentuk persegi panjang.
Kunci Jawaban :
a) Bangungan yang terbentuk adalah Persegi Panjang
b) Koordinat Titik H adalah (8,5)
Kunci Jawaban : Koordinat Titik N adalah (4,4)
Kunci Jawaban :a) Sehingga titik-titik tersebut B(5, -2), C(3, 0), D(3, -4), dan E(1, -2).b) Sehingga titik-titik tersebut A(2, -3), B(-1, 0), C(0, -1), dan D(-2, 1).
Rangkuman MTK kelas 8 bab 2
sekarang ini banyak sekali para siswa dan siswi sekalian mencari kunci jawaban di internet tak hanya itu siswa tetapi juga orang tua serta wali murid juga mencari pembahasan mengenai kunci jawaban dari tugas mereka namun disini kakak ingin mengingatkan kembali.bahwasanya kunci jawaban memanglah perlu dicari namun ada baiknya adik-adikku sekalian mengerjakan tugasnya terlebih dahulu mengerjakan tugas dengan mandiri dengan tanpa bantuan orang lain.
(a2 + b2)2 a4 – 2a2b2 + b4 + 4a2b2 = a4 + 2a2b2 + b4 a4 + 2a2b2 + b4 = a4 + 2a2b2 + b4 Terbukti bahwa (a2 – b2), 2ab, (a2 + b2) membentuk tripel Pythagoras. 4. a. Segitiga $%C dan $'C keduanya adalah segitiga yang memiliki ukuran dan bentuk yang sama. b. m‘ABC = 90°, m‘ACB = 45° dan m‘BAC = 45° c. Panjang diagonal AC dapat dicari dengan menggunakan teorema Pythagoras. Perhatikan segitiga ABC. AB2 + BC2 = AC2 12 + 12 = AC2 1 + 1 = AC2 2 = AC $C 2 Atau dengan menggunakan perbandinga1.Gambar di atas menunjukkan aliran sungai yang meleZati beberapa titik dalam bidang koordinat.apanjang sisi segitiga siku-siku sama kaki ABC. Oleh karena panjang sisi AB adalah satu satuan, maka panjang diagonal (hipotenusa segitiga ABC) adalah 2 satuan. d. Ketiga sudut pada segitiga tidak berubah. Bagian yang berubah adalah panjang diagonal AC. 254 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru 5. Hal pertama yang dilakukan adalah menentukan panjang hipotenusa. a2 + b2 = c2 82 + 152 = c2 64 + 225 = c2 289 = c2 c = 17 Dengan menggunakan rumus luas segitiga, kita bisa menentukan nilai x. Luas segitiga = 12 u alas u tinggi 2 1 u 8 u 15 = 2 1 u 17 u x 8 u 15 = 17 u [ [ 8#1715 17 120 7 17 1 Jadi, nilai x adalah 7 17 1 . 6. Dengan menggunakan rasio panjang segitiga siku-siku dengan salah satu besar sudutnya 60°, keliling segitiga ABC dapat ditentukan seperti berikut. AC : $% = 1 : 3 AB AC = 3 1 AC 8 = 13 $C = 3 8 = 83 3 BC : $% = 2 : 3 AB BC = 3 2 BC 8 = 3 2 %C = 3 16 = 3 16 3 Jadi, keliling segitiga ABC adalah sebagai berikut. AB + AC + BC = 8 + 83 3 + 3 16 3 = 8 + 3 24 3 = 8 + 8 3 cm. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 255 7. a. Tabel jarak yang ditempuh kedua mobil dan jarak kedua mobil. 1 jam 2 jam 3 jam Jarak Mobil Merah dari Air Mancur 60 km 120 km 180 km Jarak Mobil Hijau dari Air Mancur 80 km 160 km 240 km Jarak Kedua Mobil 100 km 200 km 300 km b. 30 km/jam. Mobil merah melaju dengan kecepatan 40 km/jam, sehingga selama 2 jam jarak mobil dari air mancur adalah 80 km. Oleh karena j1.Gambar di atas menunjukkan aliran sungai yang meleZati beberapa titik dalam bidang koordinat.aarak kedua mobil dalam 2 jam adalah 100 km, maka jarak mobil hijau dari air mancur adalah 60 km. Selama 2 jam, kecepatan mobil hijau adalah jam km 2 60 atau 30 km/jam. 8. a. Untuk menentukan keliling ACD, harus ditentukan panjang sisi AB, AC, dan BC. Perhatikan segitiga ACD dan BCD. Besar sudut $C' dan C%' adalah 30°. Panjang $', $C, dan C' dapat ditentukan dengan cara seperti berikut. BC : %' = 2 : 1 BD BC 1 = 2 BC 8 1 = 2 %C = 16 AB : %C = 2 : 1 BC AB 1 = 2 AB 16 1 = 2 AB = 32 AC : BC = 3 : 1 BC AC = 1 3 AC 16 = 1 3 AC = 16 3 CD : %' = 3 : 1 BD CD = 1 3 CD 8 = 1 3 CD = 8 3 256 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Panjang AD = $% – BD = 32 – 8 = 24 Keliling segitiga ACD = $C + C' + AD = 16 3 + 8 3 +24 = 24 3 + 24 Jadi, keliling segitiga ACD adalah 24 3 + 24 cm. b. Keliling segitiga ABC = $% + %C + AC = 32 + 16 + 16 3 = 48 + 16 3 = 16 (3 + 3 ) Keliling segitiga ABC dan $C' berselisih 24 – 8 3 . c. Rasio luas segitiga ABC dan $C' adalah 4 : 3. 9. Jarak terpendek yang mungkin ditempuh laba-laba adalah dengan berjalan dari titik P ke titik tengah %) kemudian ke Q. Jarak yang ditempuh dari P - % - Q adalah 10 dm. Jarak yang ditempuh dari P - ) - Q adalah ( 41 + 3) dm. Jarak yang ditempuh dari P - titik tengah )%1.Gambar di atas menunjukkan aliran sungai yang meleZati beberapa titik dalam bidang koordinat.a ± 4 adalah ( 29 + 13) dm. 10. a. Luas setengah lingkaran dengan diameter 3 cm adalah 94r cm2. b. Luas setengah lingkaran dengan diameter 4 cm adalah 164r cm2. Luas setengah lingkaran dengan diameter 5 cm adalah 254r cm2. Luas setengah lingkaran dengan diameter 5 cm yang berada pada hipotenusa segitiga sama dengan jumlah kedua setengah lingkaran. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 257 Bab 7 Lingkaran • Lingkaran • Busur • Juring • Garis singgung B. Kata Kunci /ingkaran merupakan salah satu bentuk geometri datar \ang ban\ak kita temui dan kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. /ingkaran berguna dalam ban\ak bidang kehidupan, misal: olahraga, arsitektur, teknologi, dan lain-lain. %an\ak alat olah raga \ang memanfaatkan bentuk lingkaran seperti pada bentuk lapangan silat, papan target panahan, dan keranjang basket. %agi seorang arsitek, bentuk lingkaran dinilai memiliki bentuk \ang indah untuk mendekorasi rumah, maupun gedung perkantoran. Seperti bentuk pintu, jendela, atap rumah. .emudian, pada bidang teknologi bentuk lingkaran juga sering kita jumpai, seperti roda mobil, roda motor, setir mobil memanfaatkan bentuk lingkaran. A. Narasi Awal Bab P M P I R O S U O B A Į 258 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru 3.7 Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya. 3.8 Menjelaskan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya. 4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya. 4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran. K D ompetensi asar D. 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai. K I ompetensi nti ! C. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 259 1. Menurunkan rumus untuk menentukan keliling lingkaran menggunakan masalah kontekstual. 2. Menurunkan rumus untuk menentukan luas daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual. 3. Menentukan hubungan sudut pusat dengan panjang busur lingkaran. 4. Menentukan hubungan sudut pusat dengan luas juring lingkaran. 5. Menemukan rumus untuk menentukan garis singgung persekutuan dalam antara dua lingkaran. 6. Menurunkan rumus untuk menentukan garis singgung persekutuan luar antara dua lingkaran. 7. Menurunkan rumus untuk menentukan garis singgung persekutuan dalam antara dua lingkaran. 8. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran. 9. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya. 10. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran. Indikator Pencapaian Kompetensi E. 260 Menentukan hubungan antara Sudut pusat dan sudut keliling Menentukan rumus panjang busur Menentukan rumus luas juring Garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran Garis singgung persekutuan luar dua lingkaran Lingkaran P K eta F. onsep 261 6eMarah ʌ 1.Gambar di atas menunjukkan aliran sungai yang meleZati beberapa titik dalam bidang koordinat.a
Si %ilangan ʌ adalah salah satu bilangan \ang ditemukan sejak jaman dahulu. Bilangan itu menunjukkan perbandingan dari keliling terhadap diameter lingkaran. Beberapa orang jaman dulu menggunakan bilangan sebagai bilangan ʌ %ilangan itu jauh dari keakuratan, namun bilangan itu mudah untuk digunakan dalam perhitungan. Bangsa Babilonia menggunakan bilangan yang hampir akurat: 3 + 1 8 . Kemudian orang Mesir kuno, yang diperkirakan berusia 1650 Sebelum 0asehi, menggunakan nilai ʌ \aitu î 8 9 î 8 9 . Kemudian sekitar 250 Sebelum Masehi, seorang matematikawan Yunani terkenal bernama Archi1.Gambar di atas menunjukkan aliran sungai yang meleZati beberapa titik dalam bidang koordinat.amedes menggunakan poligon sebagai bantuan untuk menemukan nilai ʌ \aitu antara 223 71 dan 22 7 . Pada abad ke-50, seorang matematikawan Cina bernama =u &hung]hi menemukan bilangan ʌ yang lebih akurat daripada temuan Archimedes. Nilai ini tersebut adalah 335 113 , dan enam satuan desimal ʌseperti\angsekarang digunakan Pada tahun 1400, seorang matematikawan 3ersia bernama $l Kashi menemukan nilai ʌ hingga 16 digit desimal. Dia menggunakan strategi Archimedes, namun dia melipatgandakan sisinya 23 kali. William Jones, seorang matematikawan Inggris, memperkenalkan simbol modern untuk ³pi´ pada tahun 6imbol ³ʌ´ dipilih karena ʌ di <unani, pelaIalan huruI ʌ men\erupai huruI ³p´ singkatan perimeter
keliling lingkaran 6ejalan dengan 1.Gambar di atas menunjukkan aliran sungai yang meleZati beberapa titik dalam bidang koordinat.aberkembangn\a teknologi, penemuan nilai ʌ telah lebih dari 1 triliun digit di belakang koma. +ikmah \ang bisa diambil: 1. Dengan kerja keras dan usaha pantang
Sumber: buku mtk kelas 8
Post a Comment for "1.Gambar di atas menunjukkan aliran sungai yang meleZati beberapa titik dalam bidang koordinat.a. Coba sebutkan 5 koordinat titik-titik yang dilalui oleh aliran sungai tersebut."