Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

1. Diagram berikut menunjukkan data penjualan di suatu perusahaan motor. Pada tahun berapakah terjadi kenaikan penjualan motor sebesar 20%?

 ✔️✅ Kami ucapkan terima kasi kepada adik adik telah berkunjung di blog kami ini, kami ingin meperkenalkan blog kami ini, blog kami ini berjudulkan ilmu edukasi, nama tersebut kami ambil karena memang kami akan berfukus pada pembahasan mengenai kunci jawaban dan pembahasan mengenai materi sekolah.

Blog kami ini sangat cocok sekali bagi temen temen yang sedang sekolah, karena blog kami ini kan membahasa secara tuntas mengenai kunci jawaban dari kelas 1 sampai kelas 12, dan kami juga akan membahas mengenai kunci jawaban dari berbagai pelajaran.

1. Diagram berikut menunjukkan data penjualan di suatu perusahaan motor. Pada tahun berapakah terjadi kenaikan penjualan motor sebesar 20%?
Kunci jawaban bab 9 bagain uji kompetensi 9 ini, kami ambiil karena kami melihat banyak sekali siswa dan guru yang sedang mencari pembahasan ini karena memang pelajaran matematika ini kam bilang cukup membuat kami kesulitan dalam menyelesaiakn tugas yang ada.

Kunci jawaban Matematika kelas 8

Sebelum masuk ke pembahasan kami juga ingin memberikan pembahasan yang berkaitan dengan tema kita kali ini yaitu mengenai kunci jawaban kelas 8, yang mana pembahasan yang ingin kami berikan siapa tau temen temen juga membutuhkannya, temen temen dapat mengklik tulisan di bahwa ini untuk mengakses pembahasannya:

  1. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.1
  2. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.2 
  3. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.3
  4. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 9.4
  5. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9
  6. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 uji kompetensi 10
  7. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.3
  8. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.2 
  9. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.1
  10. KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Uji Kompetensi semester 2

Walaupun demikian kami telah membahas mengenai kunci jawaban ini bukan berarti kami tidak menyarankan adik adik untuk selalu mengerjakan tugas yang di berikan oleh guru, hal ini di karenakan dengan temen temen mengerjakan tugas temen temen akan melatih sikap disiplin dan bekerja keras.

Diharapkan dengan begitu temen temen dapat menyelesaikan permasalah dengan sendirinya di kemidian harinya sehingga nantinya temen temen dapat menyelesaikan tugas dan permasalan dengan sendiri tanp bantuan orang lain, dan masa denpan adik adik akan jauh lebih baik lagi.

Kami juga membuat pembahasan dari pelajaran yang lainnya yang mungkin di butuhkan oleh temen temen, karena memang pembahasan yang kami berikan ini, dapat di pertanggung jawabkan, berikut ini pembahasan mengenai pelajaran kelas 8 yang dapat di akses dengan mengklik tulisanya.

  1. Kunci jawaban PAI kelas 8
  2. Kunci jawaban MTK kelas 8
  3. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  4. Kunci jawaban IPA kelas 8
  5. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  6. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
Berikut ini merupakan daftar isi, yang mana fungsi daftar isi ini jika di klik adik adik akan lansung mengarah ke pembahasan yang ada, jika temen temen tidak mau scrol jauh jauh silahkan untuk mengklik daftar isi yang telah di buat ini.

Daftar Isi

Pembahasan kunci jawaban ini bukan berarti kami bisa memastikan pembahasan yang kami buat ini akan dapat memperoleh nilai yang sempurna kam hanya bisa memastikan bahwa pembahasan yang kami berikan ini setidaknya akan memperoleh nilai yang memuaskan

Kawaban Buku Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Statistika Hal 263 Semester 2

Berikut ini kami berikan pembahasan mengenai kunci jawaban dari matematika kelas 8 bab 9, yang mana permbahasan ini khusu kami berikan peda adik adik yang sedang mengerjakan tugas, kami yakin jika temen temen menggunakan pembahasan yang kami berikan ini kami yakin jika temen temen akan memperoleh nilai yang memuaskan.

Kami tau bahwa pelajaran matematika ini memang sulit untuk di selelasikan setiap tugasnya, utnuk itu kami disini untuk membantu adik adik dalam menyelesaiakan tugas yang di berikan oleh guru, agar temen temen dapat mendapatkan nilai yang sempurna

1. Diagram berikut menunjukkan data penjualan di suatu perusahaan motor. Pada tahun berapakah terjadi kenaikan penjualan motor sebesar 20%?

Kami harap temen temen teliti dengan pembahasan yang kami berikan ini, karena boleh jadi ada pembahasan yang kami salh dalam mejawabnnya, jika temen temen menemukan pembahasan yang salah kami harp temen temen menulis di kolom komentar mana jawaban yang paling tepat dan benar.

Uji Kompetensi Bab 9 Statistika

A. Pilihan Ganda

1. Diagram berikut menunjukkan data penjualan di suatu perusahaan motor.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Halaman 263 bab 9

Pada tahun berapakah terjadi kenaikan penjualan motor sebesar 20%?

A. 2007

B. 2009

C. 2010

D. 2011

Kunci Jawaban A

2. Diberikan data yang sudah terurut sebagai berikut. 14, 16, 18, x – 3, 20, 22, x + 2. Median dari data tersebut adalah 19. Berapakah nilai x?

A. 19

B. 20

C. 21

D. 22

Kunci Jawaban D

3. Berikut ini diagram nilai ulangan matematika siswa kelas VIII A.

 

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Halaman 263 bab 9

Median dari nilai ulangan matematika siswa kelas VIII A adalah ....

A. 6,5

B. 7

C. 7,5

D. 8

Kunci Jawaban D

4. Data berat badan (dalam kg) sekelompok balita di Posyandu Kasih Bunda sebagai berikut.

16 19 20 21 19 16 21 16 17 20 16 20 17 16 21 17 18 18 18 16 16 19 19 20 20 21 17 18 18 20 16 19

Modus data di atas adalah ....

A. 16

B. 18

C. 19

D. 20

Kunci Jawaban A

5. Perhatikan tabel berikut.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Halaman 263 bab 9

Median data di atas adalah ....

A. 6,5

B. 7,0

C. 7,5

D. 8,0

Kunci Jawaban C

6. Rata-rata lima belas bilangan adalah 49,4. Rata-rata lima bilangan pertama adalah 55. Rata-rata enam bilangan terakhir adalah 45. Ratarata empat bilangan yang lain adalah ....

A. 46

B. 47

C. 48

D. 49

Kunci Jawaban D

7. Suatu kelas terdiri atas 30 siswa baru saja mengikuti tes tulis. Jika 20 siswa mendapat nilai 80, 8 siswa mendapat nilai 90, dan 2 siswa mendapat nilai 100, berapakah rata-rata nilai kelas pada tes tulis ini?

A. 82

B. 84

C. 86

D. 88

Kunci Jawaban B

8. Rata-rata berat badan dari 200 ikan hasil tangkapan di laut lepas adalah 50 kg. Pada saat diperiksa ulang, ternyata terdapat kesalahan tulis yaitu 92 dan 8 berturut-turut seharusnya adalah 192 dan 88. Rataan yang benar adalah ....

A. 50,9

B. 53,9

C. 55,9

D. 59,9

Kunci Jawaban A

9. Diketahui data nilai ulangan Matematika dari 15 orang siswa sebagai berikut.

7, 5, 4, 6, 5, 7, 8, 6, 4, 4, 5, 9, 5, 6, 4 Banyak siswa yang nilainya di atas rata-rata adalah .... siswa

A. 4

B. 5

C. 6

D. 7

Kunci Jawaban D

10. Nilai rata-rata ulangan Matematika dari suatu kelas adalah 7. Apabila dua siswa yang baru mengikuti ulangan susulan yang nilainya 4 dan 6 digabungkan, maka nilai rata-rata kelas itu turun 0,1. Banyak siswa semula adalah ....

A. 36

B. 38

C. 40

D. 42

Kunci JawabanB

11. Mean dari empat bilangan bulat: 4, a, b, dan 5 sama dengan median data tersebut, yaitu 6. Selisih bilangan terbesar dan terkecil sama dengan ....

A. 2

B. 3

C. 4

D. 5

Kunci JawabanB

12. Dari 10 data pengamatan diketahui bahwa median adalah dua lebihnya dari jangkauan. Bila semua data dikalikan dua kemudian dikurangi 3, maka jumlah dari median dan jangkauan menjadi 21. Jangkauan data mula-mula adalah ....

A. 3

B. 4

C. 5

D. 6

Kunci Jawaban C

13. Kuartil bawah dari data 12, 13, 11, 6, 4, 9, 3, 7, 6, 5, 9, adalah ....

A. 4

B. 5

C. 6

D. 7

Kunci Jawaban B

14. Diberikan diagram nilai ulangan Matematika siswa kelas VIII C seperti berikut.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Halaman 263 bab 9

Kuartil atas dari data di atas adalah ....

A. 6,25

B. 7,5

C. 8,25

D. 9,5

Kunci JawabanC

15. Tabel berikut ini menunjukkan lama tidur di waktu malam (dalam jam) beberapa siswa kelas VIII.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Halaman 263 bab 9

Dari tabel di atas, diperoleh informasi sebagai berikut.

(1) Median = 6

(2) Q1 = 5

(3) Q3 = 7,5

Pernyataan yang benar adalah ....

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (3)

D. (1), (2), dan (3)

Kunci JawabanA

16. Simpangan kuartil dari 7, 4, 5, 6, 7, 5, 4, 7, 8, 9, 6 adalah ....

A. 1

B. 2

C. 2,5

D. 3

Kunci Jawaban A

17. Diketahui data sebagai berikut. 4, 5, 5, 7, 3, 2, 4, 6, 7, 4 Pernyataan berikut yang salah adalah ....

A. Modus = 4

B. Median = 5

C. Mean = 4,7

D. Q3 = 6

Kunci JawabanB

18. Diagram berikut menunjukkan nilai ulangan susulan mata pelajaran IPS beberapa siswa kelas VIII.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Halaman 263 bab 9

Dari diagram di atas, nilai mean + median + modus = ....

A. 4

B. 5 7/9

C. 6 4/5

D. 8

Kunci Jawaban C

19. Tabel di bawah menunjukkan usia 20 anak di suatu kelas, 2 tahun yang lalu. Bila pada tahun ini tiga orang yang berusia 7 tahun dan seorang yang berusia 8 tahun pindah sekolah, maka usia rata-rata 16 orang yang masih tinggal pada saat ini adalah ... tahun. 

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Halaman 263 bab 9

A. 7

B. 8 2/1 

C. 8 3/4

D. 9

Kunci JawabanD

20. Dari 50 siswa terdapat 20 siswa yang mendapat nilai kurang dari 45 dan 10 siswa mendapat nilai lebih dari 76. Bila nilai yang dapat dicapai adalah bilangan bulat dari 0 sampai 100, maka nilai rata-rata 50 siswa tersebut tidak mungkin sama dengan ....

A. 43

B. 50

C. 65

D. 73

Kunci Jawaban A


Kunci jawaban Matematika uji kompetensi 9 bagain ka  B. Esai

Kunci jawaban sangatlah penting di dunia pendidikan, selain diguakan sebagai penyelesaiakn tugas yang di berikan oleh guru, dengan kunci jawaban kita dapat mempeljarai sesuatu hal yang memang kurang mengerti sehingga kita dapat memahaminya.

Berikut ini merupakan pembaasan mengenai kunci jawaban matematika kelas 8 uji kompentensi 9 bagain essay, yang mana pembahasan ini kami buat agar temen temen dapat memperoleh nilai yang memuskan. kami harap temen temen membagikan kunci jawaban ini dengan teman teman yang sedang menegrjakan tugas yang sama.

1. Diagram batang di bawah ini menunjukkan data banyak anak pada tiap-tiap keluarga di lingkungan RT 5 RW 1 Kelurahan Sukajadi. Sumbu horizontal menunjukkan data banyak anak pada tiap-tiap keluarga, sedangkan sumbu vertikal menyatakan banyaknya keluarga yang memiliki anak dengan jumlah antara 0 sampai dengan 5.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Halaman 263 bab 9

a. Tentukan total banyaknya keluarga dan banyak anak dalam lingkungan tersebut.

b. Berapa jumlah keluarga yang mempunyai anak lebih dari 2?

c. Berapa persentase keluarga yang tidak mempunyai anak?

d. Berapa rata-rata banyak anak pada setiap keluarga?

e. Berapa median dan modus dari data tersebut?

f. Tentukan jangkauan, kuartil atas, kuartil bawah, dan jangkauan interkuartil dari data di atas.

g. Dalam catatan Pak RT, rata-rata banyak anak pada tiap keluarga menjadi 3 sesudah ada dua puluh keluarga pendatang yang masuk ke dalam lingkungan tersebut. Berapa rata-rata banyak anak pada kedua puluh keluarga pendatang tersebut?

h. Jika terdapat lima keluarga pendatang dan setiap keluarga tersebut memiliki 2 anak, apakah ada perubahan pada mean, median, dan modus? Jika ada, tentukan mean, median, dan modus yang baru.

Kunci Jawaban

 a. banyak keluarga = 6 + 11 + 7 + 9 + 4 + 2 = 39 keluarga
banyak anak = (6 x 0) + (1 x 11) + (2 x 7) + (3 x 9) + (4 x 4) + (5 x 2)
                      = 0 + 11 + 14 + 27 + 16 + 10
                      = 78 anak
b. jawab : 15 keluarga
c. 6/39 x 100% = 15,38%
d rata" banyak anak tiap keluarga = jumlah anak / jumlah keluarga
     = 78 / 39
     = 2 anak
e. Median = 2 dan modus = 1.
f  Jangkauan = 5; kuartil atas = 3, kuartil bawah = 1, jangkauan interkuartil = 2.
g. Rata-rata banyak anak pada keduapuluh keluarga pendatang adalah 5 anak tiap keluarga.

2. Jumlah siswa laki-laki kelas IX A SMP Ceria adalah 16 orang dengan berat badan rata-rata adalah 50 kg. Jelaskan secara singkat langkahlangkah untuk mengukur berat badan ke-16 siswa tersebut.

Kunci Jawaban

Untuk mengukur berat ke 16 siswa adalah dengan cara menjumlah berat badan 16 siswa lalu hasil jumlah dibagi dengan jumlah siswa (16).
Mean (Rata - rata) = Jumlah data/Banyak data
50 = Jumlah data/16
50 × 16 = Jumlah data
800 = Jumlah Data

3. Pak Tono memiliki kebun mangga sebanyak 36 pohon, rata-rata panen dari tahun 2013-2017 adalah 373 kg. Tentukan nilai x.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Halaman 263 bab 9

Kunci Jawaban

 Rata-rata panen = Jumlah panen selama 5 tahun/banyak tahun
↔ 373 = (432 + 330 + x + 397 + 365)/5
↔ 373 = (1.524 + x)/5
↔ 373 × 5 = 1.524 + x
↔ 1.865 = 1.524 + x
↔ x = 1.865 – 1.524 = 341
Jadi, banyaknya panen pada tahun 2015 adalah 341 kg

4. Terdapat 8 bilangan dengan rata-rata 18. Enam bilangan di antaranya adalah 16, 17, 19, 20, 21, dan 14. Sisa dua angka bila dijumlahkan sama dengan 2x. Berapakah nilai x?

Kunci Jawaban

X rerata = 18
[16 + 17 + 19 + 20 + 21 + 14 + 2x] / [8] = 18
Ingat, 2x adalah jumlah dua data lainnya
107 + 2x = 144
2x = 37
Jadi nilai x = 37/2 = 18,5

5. Winda telah mengikuti beberapa kali ujian matematika. Jika Winda memperoleh nilai 94 pada ujian yang akan datang, nilai rata-rata seluruh ujian matematikanya adalah 89. Tetapi jika ia memperoleh nilai 79 maka nilai rata-rata seluruh ujian matematikanya adalah 86. Dari informasi tersebut, berapa banyak ujian yang telah diikuti oleh Winda sebelumnya?

Kunci Jawaban

X+94=89x+89
x+79=86x+86
15 = 3x+3
12=3x
x=4

6. Diketahui data nilai ujian akhir semester siswa kelas VIII A SMP Ceria di bawah ini.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Halaman 263 bab 9

Jika nilai ujian akhir semester siswa di kelas tersebut memiliki nilai rata-rata 7,5, tentukan nilai mediannya.

Kunci Jawaban


7. Kelas VIII A SMP Ceria memiliki siswa sebanyak 32 orang. Pada Ujian Tengah Semester diketahui nilai rata-rata pada mata pelajaran matematika adalah 75, sedangkan nilai rata rata pada mata pelajaran IPA adalah 62,4. Pada kelas VIII D, rata-rata nilai matematika yang diperoleh adalah 71,6. Jika nilai rata-rata gabungan kelas VIII A dan kelas VIII D untuk mata pelajaran matematika dan IPA masing-masing adalah 73,2 dan 66, tentukan nilai rata-rata mata pelajaran IPA untuk kelas VIII D.

Kunci Jawaban

Cari nilai n:
6.4 + 7.8 + 8.n + 9.2 + 10.2 = 7,5.(16+n)
                                118+8n = 120+7,5n
                                     0,5n = 2
                                          n = 4
nilai median = ( 7+7)/2
                    = 7

8. Data berikut menunjukkan hasil Ujian Akhir Semester mata pelajaran IPA kelas VIII.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Halaman 263 bab 9

Jika pihak sekolah memberlakukan aturan bahwa siswa yang memiliki nilai Ujian Akhir Semester lebih dari atau sama dengan nilai rata-rata akan diluluskan, dan siswa yang memiliki nilai di bawah nilai rata-rata tidak lulus, tentukan persentase banyak siswa yang tidak lulus pada Ujian Akhir Sekolah untuk mata pelajaran IPA tersebut (Bulatkan sampai dua tempat desimal).

Kunci Jawaban

8. Nilai             Frekuensi           
5                  21                         
6                  15                        & nbsp;
7                   20                       
8                   16                         
9                   8                           
10                  5 
x = 5 x 2 + 6 x 15 +7 x 20 +8 x 16 + 9 x 8 + 10 X 5 / 85
    = 10 + 90 + 140 + 128 + 72 + 50 / 85
    = 490 / 85
    = 5, 76
Siswa tidak lulus = 21/85 x 100 % =24,7%

9. Perbandingan jumlah perempuan dan laki-laki dalam satu kelas adalah 3 : 2 dan jumlah perempuan ada 12. Tentukan rata-rata berat badan laki-laki jika total berat siswa laki-laki adalah 424.

Kunci Jawaban

9. L : P = 3 : 2
jumlah siswa laki laki = 3/2 x 12 = 18 siswa
rata rata
= jumlah data : banyak data
= 424 : 18
= 23.6 kg

 10. Tabel di samping menunjukkan keuntungan setiap bulan dari Restoran Memang Enak selama satu tahun (dalam juta rupiah).

a. Berapakah keuntungan terendah dan tertinggi?

b. Hitunglah nilai kuartil atas dan kuartil bawah dari keuntungan restoran tersebut.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Halaman 263 bab 9

Kunci Jawaban

 Di urutkan: 15,16,16,17,18,20,20,20,21,22,22,23
Kuartil atas:
3/4 (12+1)= 3/4 (13)= 3,25
Urutan ke 3 dan 4 adalah: 16 dan 17. Kuartil atas= (16+17)/2= 33/2= 16,5
Kuartil bawah:
1/4 (12+1)= 1/4 (13)= 9,75
Urutan ke 9 dan 10 adalah: 21 dan 22
Kuartil bawah= (21+22)/2= 43/2= 21,5


Rangkuman Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi 9 Halaman 263 bab 9

Kelebihan …. b. Kelemahan …. Simpulan …. Saran-saran … B. Mintalah saran-saran dari teman-temanmu tentang ketepatan, kelengkapan,  dan kejelasan catatan-catatanmu itu! Aspek yang  Disarankan Isi Saran  2. Penuangan Catatan ke dalam Teks Ulasan Lengkap  Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah membuat sejumlah catatan  tentang buku yang telah kamu baca, bukan? Berdasarkan catatan-catatan itulah,  kamu dapat menyusun teks ulasan secara lebih lengkap. Catatan-catatan itu dapat  kamu jelaskan kembali dengan memperhatikan struktur teks ulasan yang telah  dipahami sebelumnya. Perhatikan pula kaidah kebahasaannya, seperti

 dalam  hal penggunaan konjungsi penyebaban dan temporal, kata-kata penerang, dan  pernyataan-pernyataan yang bernada saran.   173  Kelas VIII SMP/MTs Bab 6 Bahasa Indonesia  Kegiatan 6.8 A. Berdasarkan catatan yang telah kamu buat, lengkapilah tabel di bawah ini! Struktur Teks Ulasan Penjelasan a. Identitas buku  b. Orientasi  c. Sinopsis  d. Analisis  e. Evaluasi  B. Kembangkanlah catatan d

alam isi tabel itu menjadi sebuah teks ulasan yang  lengkap! Setelah itu, mintalah penilaian/tanggapan dari teman-temanmu  dengan menggunakan format berikut! Aspek Nilai   (1-4)  Tanggapan/ Penjelasan  1. Kelengkapan unsur-unsur teks ulasan  2. Kejelasan dalam pembahasan  3. Kebenaran isi tanggapan  4. Penggunaan bahasa  5. Daya tarik penyajian   174  Kelas VIII SMP/MTs  Aku Bisa  Lengkapilah tabel di bawah ini dengan benar, sesuai dengan tingkat  penguasaanmu terhadap materi-materi dalam bab ini! Pokok Bahasan Tingkat Penguasaan A B C D 1.   Merinci macam-macam informasi  pada teks. 2.   Menceritakan kembali isi teks  ulasan. 3.   Menelaah struktur dan kebahasaa

n  teks ulasan. 4.   Menyajikan tanggapan tentang  kualitas suatu karya dalam  bentuk teks ulasan dengan  memperhatikan struktur dan  unsur-unsur kebahasaannya. Keterangan: A = sangat dikuasai B = dikuasai C = cukup dikuasai D = tidak dikuasai  Apabila masih ada pokok bahasan yang belum kamu kuasai? Pelajarilah  kembali pokok bahasan tersebut. Kembangkan pula kemampuanmu dalam  mengulas suatu karya. Cobalah kirimkan hasil ulasanmu ke surat kabar ataupun  majalah. Dapat pula kamu pajang di majalah dinding sekolah atau kamu simpan  di blog. Menyenangkan apabila tulisanmu itu dibaca banyak orang. Selamat, ya!   175  Kelas VIII SMP/MTs Bab 7 B

ahasa Indonesia  Bab 7  Berbahasa Persuasif  (sumber: Dokumentasi Pribadi)   Pernahkah kamu terbujuk atau membujuk orang untuk berbuat sesuatu?  Nah, itu artinya kamu sudah cukup akrab dengan hal-hal yang persuasif. Itu  berarti pula teks persuasi bukan lagi hal yang asing bagi kehidupan kamu sehari- hari. Bahkan, kemampuan untuk bisa memengaruhi orang (berpersuasi) sangat  penting kamu kuasai, misalnya dalam kegiatan berbicara di depan umum.   Dalam bab ini kamu akan memahami dan menelaah struktur teks persuasi.  Dengan begitu, kamu pun akan mudah pula di dalam mempersuasi orang lain,  untuk bersama-sama berbuat sesuatu yang bermanfaat tentu saja.   176  Kelas VIII SMP/MTs  A. Menemukan Ajakan dalam Teks Persuasif Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu: Menelaah saran,  ajakan, arahan, dan pertimbangan atas permasalahan a

ktual dari teks persuasi  yang kamu dengar dan baca 1. Pengertian Teks Persuasif  Perhatikanlah teks berikut!  Terus terang, saya merindukan teenlit yang berani jujur, wajar, dan otentik.  Sebuah tontonan yang mengekspresikan kemiskinan dengan kemiskinan, kelas  menengah secara menengah, orang kaya sebagai orang kaya, pelajar sebagai  pelajar, dan remaja sebagai remaja. "Kartini-Kartini" di SMA bukan lagi mereka  yang hanya sibuk dengan penampilan, pamer barang mewah, menguber kekasih,  hingga lupa pada semangat keindonesiaan dan upaya mengejar kepintaran  seperti telah ditunjukkan R.A. Kartini. Untunglah, Kartini yang terkenal dengan  semangat patriotiknya, tak sempat menyaksikan teenlit. Saya tak tega menyaksikan  air matanya menitik.  Secara tidak langsung, teks tersebut menyampaikan ajakan kepada pembaca.  Ajakan ditujukan kepada pelaku-pelaku dunia perfilman untuk membuat  tontonan (sinetron) teenlit yang jujur, wajar, dan otentik. Penulis juga berharap  agar tontonan-tontonan itu tidak melupakan semangat keindonesiaan dan dapat  mmenonton TV setiap harinya disebut dengan data 2. 3. Selanjutnya lakukan survei mengenai berapa lama siswa belajar mandiri  di luar jam sekolah setiap harinya (dalam jam). 

Data lamanya siswa  belajar mandiri di luar jam sekolah setiap harinya disebut dengan data 3. 4. Buatlah tabel untuk Meskipun memakan waktu yang agak lama, dapat dikatakan bahwa sumpah  Pemuda yang dilandasi semangat persatuan itulah yang merupakan senjata  ampuh yang dapat membawa bangsa Indonesia mencapai kemerdekaannya. (4) Persatuan bangsa diibaratkan sebuah gedung.» Soal Matematika» Tuesday, December 17, 2019Jawaban Buku Matematika Kelas Uji Kompetensi 9 Statistika Hal 263 Semester 2. Soal materi statistika ini terdiri dari 20 soal berbentuk pilihan ganda dan 10 soal berbentuk uraian. Berikut soal dan jawaban buku matematika kelas 8 uji kompetensi bab 9 statistika hal 263 semester 2.

engejar kepintaran sebagaimana yang telah ditunjukkan oleh R.A. Kartini.  Dengan karakteristik tersebut, teks di atas digolongkan ke dalam teks  persuasif. Teks tersebut berisi ajakan atau bujukan. Pernyataan-pernyataan  di dalam teks tersebut mendorong seseorang untuk mengikuti harapan atau  keinginan-keinginan penulis. Sebagai tulisan yang bersifat ajakan, pernyataan- pernyataan di dalam teks tersebut cenderung "mempromosikan" sesuatu yang  diperlukan pembaca.  Perhatikan pula teks berikut!  Penyebab seseorang mengalami gangguan pencernaan, antara lain, pola  makan tidak teratur. Misalnya, sering terlambat makan, kurang mengonsumsi  sayur dan buah, dan kurang memperhatikan gizi makanan. Salah satu upaya  menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, makanlah dengan pola makan  sehat dan seimbang.   177  Kelas VIII SMP/MTs Bab 7 Bahasa Indonesia   Teks t

ersebut merupakan contoh lain dari teks persuasif. Di dalamnya juga  terkandung bujukan. Hal itu sebagaimana yang tampak pada bagian akhir,  yakni "makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang". Namun, sebelum  menyampaikan bujukan itu, penulis mengemukakan sejumlah pendapat yang  bisa mengantarkan pembaca untuk mau mengikuti bujukannya.  Dengan demikian, di dalam teks persuasif terdapat pendapat pendapat seperti  halnya di dalam teks argumentatif. Mungkin pula tersaji fakta. Di dalam teks  persuasif, baik pendapat ataupun fakta digunakan dalam rangka memengaruhi  pembaca agar mau mengikuti bujukan-bujukan itu. Perhatikan pula cuplikan teks berikut!  Sejak terjadinya bencana gempa bumi dan gelombang tsunami itu sering  kali bencana tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat.  Banyak organisasi atau kelompok or

ang tak bertanggung jawab meminta  sumbangan untuk korban bencana tersebut. Mereka beroperasi di atas bus kota,  lampu merah, dan pinggir-pinggir jalan lainnya yang mengatasnamakan dinas  sosial. Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum  tersebut. Kami organisasi Sosial Peduli Kasih, tidak pernah meminta sumbangan  dengan cara-cara seperti itu.  Teks tersebut juga menyampaikan bujukan atau imbauan. Perhatikanlah  kalimat terakhir teks tersebut. Penulis mengimbau masyarakat untuk berhati- hati terhadap ulah oknum yang meminta sumbangan dengan mengatasnamakan  korban bencana alam. Sebelum itu, penulis menyampaikan sejumlah fakta yang  bisa meyakinkan dan memengaruhi pembaca dengan bujukan-bujukannya itu.  Pernyataan-

pernyataan yang dimaksud di dalam contoh tersebut sebagai berikut.  a. Sejak terjadinya bencana gempa bumi dan gelombang tsunami itu sering  kali bencana tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari  masyarakat.  b. Banyak organisasi atau kelompok orang tak bertanggung jawab meminta  sumbangan untuk korban bencana tersebut.  c. Mereka beroperasi di atas bus kota, lampu merah, dan pinggir-pinggir  jalan lainnya yang mengatasnamakan dinas sosial.  Di samping menggunakan fakta, penulis dapat pula menggunakan pendapat  para ahli. Juga bisa menggunakan cara lainnya yang sekiranya dapat memperkuat  ajakan atau imbauannya itu.   178  Kelas VIII SMP/MT

s  Kegiatan 7.1 A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan kutipan teks berikut!  Kegiatan nonakademik sah-sah saja buat dijalankan. Apalagi dapat  memaksimalkan diri sehingga menghasilkan prestasi yang gemilang. Satu yang  mesti kamu ingat, sebagai pelajar kegiatan utama kamu adalah belajar. Kamu  harus pintar-pintar membagi waktu. Percaya deh, segala kegiatan positif akan  menghasilkan kesuksesan. 1. Apa yang dimaksud dengan teks persuasi?  2. Hal apa saja yang membedakan teks persuasi dengan jenis teks lainnya?  3. Apa yang diharapkan penulis teks persuasi untuk pembacanya?  4. Apa fungsi fakta di dalam teks persuasi?  5. Mengapa cuplikan teks tersebut persuasif? Jelaskan! B. 1. Tunjukkanlah sekurang-kurangnya dua cuplikan yang persuasif, baik  dari rek

aman (tuturan lisan) ataupun melalui tulisan.  2. Sampaikanlah contoh-contoh teks persuasif itu pada teman-temanmu  untuk dikomentari ketepatannya!  Tema teks : . . . .  Sumber : . . . . Nama Teman Komentar   179  Kelas VIII SMP/MTs Bab 7 Bahasa Indonesia  2. Ajakan dalam Teks Persuasi  Di dalam pelajaran sebelumnya telah kamu ketahui bahwa teks persuasi  ditandai oleh kehadiran ajakan. Adapun yang dimaksud dengan ajakan adalah  kata-kata atau perbuatan untuk mengajak; undangan. Ajakan dapat pula berarti  anjuran, imbauan, dan sebagainya (untuk melakukan sesuatu).  Seperti di dalam cuplikan-cuplikan di atas bahwa suatu ajakan ditandai dengan  kata-kata harus, hendakny

a, sebaiknya, usahakanlah, jangan, hindarilah, dan  sejenisnya. Di samping itu, tidak sedikit pula teks persuasi yang menyampaikan  ajakannya itu secara tersirat. Hal itu seperti yang tampak pada cuplikan teks di  awal-awal bab ini. Walaupun tidak dinyatakan secara langsung, pembaca tetap  akan memahami bahwa teks itu berisi suatu ajakan atau bujukan agar pembacanya  itu berbuat sesuatu sesuai dengan harapan penulisnya.  Kegiatan 7.2 A. 1. Perhatikanlah kedua teks di bawah ini!  a. Pembangunan kota di Jakarta dan sekitarnya harus betul-betul  mengacu pada peruntukan wilayah. Perusakan lingkungan di wilayah  resapan air seperti Puncak dan Bogor juga harus bisa dihentika

Suatu hari  yang sangat bersejarah. Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda  pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa  yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan "Sumpah  Pemuda". (2) Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil  hikmah yang terkandung di dalamnya. Salah satu hikmahnya yang sangat  penting adalah semangat persatuan.Bangsa Indonesia yang pada waktu itu  sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya  secara bersama-sama. Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan  ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang  selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa. (3) Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai  kemerdekaannya yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.  Berikutnya lakukan survei mengenai berapa lama tiap-tiap siswa  menonton TV setiap harinya (dalam jam). Data lamanya siswa 

n.  Nah, kalau bisa begitu sudah barang tentu banjir di Jakarta tidak  akan terjadi.  b. Kalau Anda kehabisan tempat menginap di hotel-hotel berbintang,  jangan khawatir. Toh tujuan Anda menikmati alam perdesaan.  Anda bisa memilih penginapan–penginapan sederhana dengan  harga sangat murah. Hampir semua penginapan kecil ini juga  terjaga kebersihannya. Ada yang unik menyangkut tempat-tempat  penginapan di Sangkanhurip. Hampir semua hotel berbintang atau  penginapan kecil, menyediakan fasilitas air panas alami. Bedanya,  di hotel-hotel bisa diatur suhunya, di penginapan kecil benar-benar  mengandalkan kehendak alam.   180  Kelas VIII SMP/MTs   2. Manakah dari kedua teks tersebut yang tergolong ke dalam bagian dari  jenis teks persuasif? Jelaskanlah alasan-alasanmu! Teks Jawaban Alasan Ya Bukan a b   3. Presentasikan pendapatmu itu di depan teman-teman!  4. Rumuskanlah pula pendapat seluruh anggota kelas sebagai simpulan  umum tentang jenis dari dua teks tersebut! Teks Jenis Alasan Umum a b c  B. 1. Bentuklah kelompok diskusi. Kemudian, mintalah salah satu anggota  kelompok untuk membaca teks berikut!  2. Tentukanlah topik beserta k

alimat-kalimat ajakan yang ada dalam teks  tersebut secara berdiskusi!   3. Bacakan hasilnya untuk mendapatkan tanggapan dari kelompok lain! Topik Pernyataan Persuasif Tanggapan   Teman   181  Kelas VIII SMP/MTs Bab 7 Bahasa Indonesia  Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan Saudara-saudara yang saya hormati. (1) Sekarang ini bangsa Indonesia ada di dalam suasana memperingati Hari  Sumpah Pemuda, yang jatuh pada setiap tanggal 28 Oktober. Satu per satu bagiannya  saling mengait sehingga menjadikan gedung itu kukuh. Begitu juga  bangsa kita hendaklah demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah  pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah sekarang bisa seirama menuju  satu sasaran: 

Sumber:Buku siswa kelas 8 matematika


Post a Comment for "1. Diagram berikut menunjukkan data penjualan di suatu perusahaan motor. Pada tahun berapakah terjadi kenaikan penjualan motor sebesar 20%?"