1. Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya!
✅berikut ini adalah pembahasan mengenai kunci jawaban ipa kelas 8 bab 8 bagian esai, pembahasan ini kami berikan suapata peserta didik dapat menyelesaiakn tugas dengan tepat waktu dan kami berharap dengana adanya pembahasan ini peserta didik dapat memperoleh nilai yang memuaskan
Baca juga:
1. Perhatikan gambar irisan telinga berikut ini! Gendang telinga
1. Mata yang normal memiliki kemampuan untuk melihat
1. Fakta yang benar tentang hubungan antara cahaya
B. Esai
1. Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya!
2. Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia!
3. Sebutkan 4 gangguan atau penyakit pada sistem pernapasan manusia beserta penyebabnya!
4. Jelaskan upaya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga sistem pernapasan kamu tetap sehat!
5. Beny adalah anak yang suka menyanyi. Suatu ketika Beny menderita demam dengan gejala pilek dan sakit tenggorokan, sehingga mengganggunya dalam bernyanyi. Struktur apa yang terganggu pada tubuh Beny? Bagaimana demam dapat memengaruhi struktur tersebut?
Kunci Jawaban B. Esai
1. a. Hidung untuk menyaring partikel debu atau kotoran yang masuk bersama udara, memerangkap benda asing (bakteri, virus, dst) yang masuk terhirup saat bernapas, menyamakan suhu udara yang terhirup dari luar dengan suhu tubuh atau menghangatkan udara yang masuk ke paru-paru.
b. Faring untuk jalur masuk udara dan makanan, ruang resonansi suara, serta tempat tonsil (organ tubuh yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh).
c. Laring untuk mencegah masuknya makanan atau benda asing lainnya ke dalam laring dan trakea.
d. Trakea untuk menyaring benda-benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan.
e. Bronkus untuk menyalurkan udara dari trakea ke paru-paru kanan dan paru-paru kiri.
f. Bronkiolus untuk menyalurkan udara dari bronkus ke alveolus
g. Paru-paru untuk tempat pertukaran udara pernapasan, karena di dalamnya terdapat alveolus yang merupakan jaringan yang berfungsi sebagai tempat pertukaran udara.
2. Mekanisme inspirasi: terjadi kontraksi otot dada dan diafragma sehingga menyebabkan rongga dada membesar, paru-paru mengembang, dan tekanan udara di dalam paru-paru mengecil sehingga udara dari luar masuk ke paru-paru. Mekanisme ekspirasi: terjadi relaksasi otot dada dan diafragma sehingga menyebabkan rongga dada kembali normal, paru-paru kembali normal, dan tekanan udara di dalam paru-paru besar sehingga udara dari dalam paru-paru keluar.
3. a. Dipteri
Merupakan infeksi pada saluran pernapasan bagian atas.
Penyebab : Disebabkan oleh Corynebacterium diphterial
b. Pneumonia atau Logensteking
Merupakan penyakit radang paru – paru.
Penyebab : Disebabkan oleh Diplococcus pneumoniae
c. Tuberculosis (TBC)
Merupakan penyakit menular paru-paru yang cukup berpotensi menyebabkan kematian.
Penyebab : Disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis.
d. Influenza (Flu)
Merupakan suatu penyakit infeksi akut saluran pernafasan.
- 1. Berdasarkan hasil pengamatan kamu pada saat mengamati struktur anatomi batang pada kacang tanah dan jagung, jawablah pertanyaan berikut.
- 1. Rambut atau bulu akar hanya terdapat pada bagian akar yang masih muda yang merupakan penonjolan atau diferensiasi dari jaringan
- 1. Jaringan apa sajakah yang menyusun akar?
Penyebab : Disebabkan oleh virus Influenza.
4. a. Sering berolahraga
b. Sering melakukan liburan ke tempat yang udaranya bersih
c. Menjaga berat badan
d. Tidak merokok
e. Menggunakan masker pada situasi dengan polusi udara tinggi
f. Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh
5. Struktur yang terganggu pada tubuh Beny adalah pita suara. Tubuh Beny mengalami demam sehingga pita suara Beny membengkak dan Beny kesulitan bernyanyi.
Demikian soal dan jawaban uji kompetensi bab 8 tentang sistem pernapasan manusia. Mungkin masih banyak yang salah untuk itu Anda bisa analisis kembali jawaban yang telah kami bagikan dengan cara mengirim pesan melalui kolom komentar.
pada 1954 merupakan kerja sama di bidang pertahanan dengan dasar pembentukannya bercorak anti komunis. Dari delapan anggotanya, hanya dua dari Asia Tenggara, yaitu Filipina dan Thailand. Kegiatannya tidak mencerminkan kepentingan berbagai negara di kawasan Asia Tenggara, sehingga akhirnya dibekukan pada 1977. 5. KAA yang diselenggarakan di Bandung pada 1955 mencetuskan Dasa Sila Bandung, antara lain memuat prinsip hubungan antarnegara y
ang didasarkan pada penghormatan kedaulatan dan integritas wilayah semua negara atas dasar kesamaan, kemerdekaan, koeksistensi secara damai, penyelesaian semua pertikaian secara damai, mendorong kerja sama timbal-balik, serta penghormatan pada keadilan dan kewajiban internasional. Berbagai prinsip tersebut mendorong lahirnya gerakan solidaritas Asia Afrika dan gerakan Non Blok. KAA yang diikuti oleh 29 negara dari kedua benua tersebut mengeluarkan Komunike Bersama untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, sosial budaya, dan po
litik. Walaupun demikian, KAA tidak dimaksudkan secara khusus untuk membentuk kerja sama regional bagi kedua benua. 22 Kelas XII Semester 1 dan 2 6. Pembentukan ASA pada 1961 bertujuan memajukan kerja sama ekonomi dan kebudayaan di antara negara anggotanya, Malaya, Filipina, dan Thailand. Kemudian, pada 1963 dibentuk Maphilindo yang merupakan forum kerja sama antara Malaya, Filipina, dan Indonesia. Dasar pembentukannya berpegang pada Piagam PBB, Deklarasi Bandung, serta persamaan ras. ASA tidak dapat bertahan lama karena Indonesia tidak ikut di dalamnya. Maphilindo lebih singkat lagi umurnya karena sempitnya dasar kerja sama. Kegagalan kedua kerja sama tersebut juga dipengaruhi oleh adanya pertentangan dan saling curiga di antara negara anggotanya. 7. ASPAC yang dibentuk pada 1961 beranggotakan Jepang, Malaysia, Thailad, Filipina, Au
stralia, dan Selandia Baru. Meskipun menitikberatkan pada kerja sama ekonomi, tetapi dengan melihat komposisi anggotanya terdapat kecondongan politik pada salah satu blok. Kelemahan yang menonjol ialah keanggotaan Taiwan. Setelah terjalinnya hubungan RRC dengan negara anggota ASPAC, maka keberadaan ASPAC berakhir. 8. Pada 1965 didirikan SEAMEO dengan maksud memajukan kerja sama antara bangsa Asia Tenggara melalui pendidikan, pengetahuan, dan kebudayaan. Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam merupakan pendirinya. Organisasi ini juga memiliki Associate Members dan Affiliate Members. Markas besarnya di B
angkok dan keanggotaannya kemudian meliputi negara ASEAN dan non-ASEAN. 9. Tumbuhnya kesadaran akan perlunya kerja sama untuk meningkatkan taraf hidup di antara bangsa sekawasan, sekaligus meredakan rasa saling curiga, mendorong mereka mengupayakan pengembangan kerja sa
ma. Perkembangan geopolitik Asia Tenggara sesudah 1965 sangat memengaruhi usaha untuk mencari pemecahan bersama atas berbagai masalah yang dihadapi negara di kawasan ini. 10. Pada 1965 Singapura yang memisahkan diri dari Federasi Malaysia berusaha untuk membuka hubungan dengan negara tetangganya. Di Indonesia, Pemerintahan Orde Baru yang lahir menyusul kegagalan Gerakan 30 September 1965 yang didalangi PKI, kemudian melakukan upaya untuk mengakhiri konfrontasi dengan Malaysia serta mengusahakan terjalinnya hubungan yang lebih bersahabat dengan negara tetangganya. Di Filipina, Marcos yang terpilih menjadi presiden menggantikan Macapagal mengambil kebijakan untuk memulihkan hubungan diplomatik dengan Malaysia. Buku Guru
Bahasa Indonesia 23 11. Dampak positif dari meredanya rasa saling curiga dan konflik antara bangsa di Asia Tenggara mendorong pembentukan organisasi kerja sama regional. Pertemuan konsultatif yang dilakukan secara intensif antara para Menteri Luar Negeri Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand yang menghasilkan rancangan Joint Declaration, yang mencakup kesadaran akan perlunya peningkatan saling pengertian untuk hidup bertetangga secara baik, serta kerja sama yang bermanfaat di antara negara yang sudah terikat oleh pertalian sejarah dan kebudayaan. Dalam pertemuan 8 Agustus 1967 di Bangkok, ditandatanganilah Deklarasi ASEAN atau Deklarasi Bangkok oleh Wakil Perdana Menteri Malaysia dan Menteri Luar Negeri Indonesia, Filipina,
Singapura, dan Thailand yang menandai berdirinya Association of South East Asian Nations (ASEAN) yang berarti Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. (Sumber: ASEAN National Secretariat of Indonesia, ASEAN, Selayang Pandang, Jakarta: Sekretariat Nasional ASEAN, Departememen Luar Negeri Republik Indonesia, 1997, halaman 1-4) (1) Guru meminta siswa mencari isi Deklarasi Bangkok yang menjadi aksud dan tujuan dibentuknya ASEAN dan menuliskannya ke dalam kolom yang tersedia. No. Deklarasi Bangkok 1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara. 2. Memelihara perdamaian dan stabilitas dengan menjunjung tinggi hukum dan hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara. 3. 4. 5. 6. 7. 24 Kelas XII Semester 1 dan 2 (2) Guru meminta siswa mencari nama pendiri ASEAN (Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) pada 8 Agustus 1967 di Bangkok (ibu kota Thailand). No. Nama Pendiri ASEAN Jabatan d
an Negara 1. Narciso Ramos [ 5 ] Wakil Perdana Menteri Malaysia 2. S. Rajaratman [ ... ] Menteri Luar Negeri Singapura 3. Thanat Khoman [ ... ] Menteri Luar Negeri Thailand 4. Adam Malik [ ... ] Menteri Luar Negeri Indonesia 5. Tun Abdul Razak [ ... ] Menteri Luar Negeri Filipina (3) Guru meminta siswa memperhatikan dengan saksama lambang ASEAN berikut. Sumber: www.google
.com/search Gambar 1.2 Lambang ASEAN Guru meminta siswa mencari profil 10 negara anggota ASEAN dari berbagai sumber dan memuliskannya ke dalam kolom yang tersedia. Buku Guru Bahasa Indonesia 25 No. Negara Ibu Kota Lagu Kebangsaan Hari Kemerdekaan Bergabung dengan ASEAN 1. Manila 12 Juni 1898 2. Pheng Xat Lao (Hymne of The Lao People) 19 Juli 1949 3. Rangoon Kaba Ma Kyei 4. Singapura 8 Agustus 1967 5. Hanoi 2 September 1945 6. Indonesia 8 Agustus 1967 7. Nokoreach (Royal Kingdom) 9 November 1953 8. Kuala
Lumpur Negaraku 9. 1 Januari 1984 7 Januari 1984 10. Thailand Phleng Chat Thai (4) Guru meminta siswa mencari makna warna merah, kuning, biru, dan putih pada lambang ASEAN. (a) Warna merah pada logo ASEAN melambangkan: ____________________________________________________ ____________________________________________________ 26 Kelas XII Semester 1 dan 2 (b) Warna biru pada logo ASEAN melambangkan: ____________________________________________________
____________________________________________________ (c) Warna kuning pada logo ASEAN melambangkan: ____________________________________________________ ____________________________________________________ (d) Warna putih pada logo ASEAN melambangkan: ____________________________________________________ ____________________________________________________ (5) Guru meminta siswa memperhatikan dengan teliti lambang ASEAN itu sekali lagi. Lambang tersebut memperlihatkan ikatan rumpun padi berwarna kuning yang berada dalam lingkaran
. Kemudian, guru meminta siswa menguraikan makna gambar pada lambang tersebut. (a) Ikatan rumpun padi melambangkan: ____________________________________________________ ____________________________________________________ (b) Lingkaran melambangkan: ____________________________________________________ ____________________________________________________ (6) Guru meminta siswa mengurutkan secara kronologis setiap peristiwa yang terdapat di dalam teks “Peristiwa Pembentukan ASEAN”. No. Peristiwa Waktu Tempat 1. Pembentukan ECAFE 28 Mei 1947 2. 3. Buku Guru Bahasa Indonesia 27 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. (7) Guru meminta siswa membuat struktur teks “Peristiwa Pembentukan ASEAN” tersebut yang dilengkapi dengan informasi pada setiap paragrafnya. Struktur Teks Informasi dalam Teks Orientasi Ur
utan peristiwa sejarah Tahap 1 Urutan peristiwa sejarah Tahap 2 28 Kelas XII Semester 1 dan 2 Urutan peristiwa sejarah Tahap 3 Urutan peristiwa sejarah Tahap 4 Urutan peristiwa sejarah Tahap 5 Urutan peristiwa sejarah Tahap 6 Struktur Teks Informasi dalam Teks Urutan peristiwa sejarah Tahap 7 Urutan peristiwa sejarah Tahap 8 Urutan peristiwa sejarah Tahap 9 Buku Guru Bahasa Indonesia 29 Reorientasi (8) Guru meminta siswa membuat masing-masing 1 contoh untuk tiap jenis kelompok nomina dan verba dengan kalimat sendiri. No. Jenis Kelompok Kata Contoh Kalimat 1. Kelompok nomina modifikatif 2. Kelompok nomina koordinatif 3. Kelompok nomina apositif 4. Kel
ompok verba modifikatif 5. Kelompok verba koordinatif 6. Kelompok verba apositif (9) Guru meminta siswa mencari beberapa nomina yang terdapat di dalam teks “Peristiwa Pembentukan ASEAN”. Lalu, siswa diminta menentukan kata dasarnya danmenguraikan afiks pembetuk nomina tersebut. Kemudian, siswa diminta membuat contoh penggunaan nomina itu dalam kalimat yang dibuat sendiri. 30 Kelas XII Semester 1 dan 2 No. Nomina Kata Dasar Afiks Pembentuk Nomina Contoh dalam Kalimat 1. gagasan gagas Sufiks –an (V N) Ayah menerima gagasanku
untuk pergi ke Borobudur liburan ini. 2. kecondongan 3. 4. 5. 6. No. Nomina Kata Dasar Afiks Pembentuk Nomina Contoh dalam Kalimat 7. 8. 9. 10. Buku Guru Bahasa Indonesia 31 (10) Guru menjelaskan bahwa sebuah paragraf yang baik, setidaknya memiliki empat ciri, yaitu keterpaduan (kohesi), keterkaitan (koherensi), kekonsistenan sudut pandang, dan ketuntasan. Agar kata atau kalimat dalam tiap paragraf yang membangun sebuah teks kohesif dan koheren, terdapat sarana pengait/penaut kata atau kalimat tersebut. Beberapa sarana yang bisa dijadikan sebagai pengait/penaut ini adalah pengulangan, penggantian, dan konjungsi. Agar siswa lebih memahami hal tersebut, guru meminta siswa melakukan beberapa hal berikut ini. (a) Guru meminta siswa membuat kelompok yang terdiri dari 3 orang. (b) Guru meminta siswa memperhatikan dengan teliti kata atau kalimat yang membangun tiap paragraf pada teks yang dimaksud. (c) Guru menanyakan kepada siswa apakah terdapat konjungsi temporal pada teks tersebut. (d) Guru menanyakan kepada siswa apakah telah terdapat keterpaduan dan keterkaitan pada tiap paragraf. (e) Guru meminta sisw
a memperbaiki paragraf pada teks “Peristiwa Pembentukan ASEAN” menjadi paragraf yang memiliki keterpaduan dan keterkaitan. (f) Guru meminta siswa mendiskusikan manfaat keberadaan ASEAN bagi kehidupan sekarang dan menuliskan manfaat tersebut pada tempat yang tersedia berikut. ____________________________________________________ ____________________________________________________ ____________________________________________________ ____________________________________________________ 32 Kelas XII Semester 1 dan 2 Tugas 3 Menganalisis Teks Cerita Sejarah (1) Guru mengajak siswa mengupas lebih dalam mengenai peristiwa sejarah Hari Buruh. (a) Guru
meminta siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 3-5 orang dan mendiskusikannya tentang lahirnya Hari Buruh ini. (b) Guru menanyakan apakah hal tersebut termasuk perkembangan manusia dalam kehidupan masyarakat yang secara terus-menerus bergerak dari bentuk yang sederhana ke bentuk yang lebih kompleks, pengulangan peristiwa masa lampau yang terjadi lagi pada masa kini, atau perubahan yang terjadi pada manusia itu akibat adanya pengaruh dari luar. (c) Guru meminta siswa mengemukakan pendapat dalam
Post a Comment for "1. Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya!"