1. Sebutkan titik-titik yang mempunyai jarak sama terhadap sumbu-X
Perhatikan koordinat Kartesius di bawah ini.1. Sebutkan titik-titik yang mempunyai jarak sama terhadap sumbu-X, kunci jawaban mtk kelas 8 ayo kita berlatih 2.1 bab 2 koordinat kartesius semester 1 kurikulum 2013 . perlu adik-adik ketahui bahwasannya ujian merupakan indikator ataupun hal yang digunakan oleh guru untuk mengukur kemampuan adik-adik sekalian apakah adek-adek telah memahami apa yang disampaikan selama ini oleh guru atau belum sama sekali untuk itu di ajang ujian tersebut adik-adik diharapkan dapat menjawab 50% dari soalnya.
disini kakak ingin membagikan tips bagi adik-adik dalam menghadapi ujian, bai itu ujian mari sekolah maupun ujian dari yang lainnya atau ujian yang ingin masuk perguruan tinggi lainnya. tips yang pertama yaitu pahami materi yang telah disampaikan oleh gurunya disini kakak ingin mengajak adek-adek dika ataupun adik-adik enggak ah arab dapat menghalangi materi yang telah disampaikan atau yang telah diterangkan oleh guru jika adek-adek merasa ada yang tidak dipahami segeralah bertanya kepada gurunya sebelum ujian.
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
tips yang kedua yaitu mintalah kisi-kisi dari ujian tersebut yang mana kisi-kisi tersebut merupakan seperti halnya contoh soal ataupun matahari yang mana materi tersebut akan dimasukkan didorong kunjungan tersebut yang kedua. adik-adik harus menguasai serta materi yang di yang diberikan oleh guru dan adik adik juga harus mempersiapkan diri sebelum 6 hari sebelum ujiannya.
hal tersebut akan membantu adalah nyiksa mempersiapkan segalanya akan datang yang akan datang kerugian tersebut. perlu adanya di ketahui bahwasannya di dunia ini ada kalanya kita di bawah deh adanya kalanya kita di atas maksudnya ketika hadis-hadis memiliki di posisi di atas maka janganlah sombong karena masih ada yang lebih diatas lagi.
Kunci Jawaban MTK Kelas 8
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh halo teman-teman sekalian saya ucapkan terima kasih telah berkunjung di blog yang kakak buat ini, seperti biasanya kakak-kakakan hari ini akan membagikan sebuah artikel yang berfokus tentang dunia pendidikan yang mana topik yang kita bahas kali ini yaitu mengenai kunci jawaban.
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3
kagak ingin menyampaikan bahwasanya blog yang kakak buat ini berfokus tentang artikel dunia pendidikan seperti halnya kunci jawaban pembahasan mengenai materi pembelajaran dan juga seperti contoh-contoh soal tak hanya itu kakak juga membahas mengenai pelajaran dari berbagai tingkatan dari sd sederajat di smp sederajat dan dari sma sederajat smk sederajat nah itu yang ingin kami bahas di blog kami ini.
Kunci Jawaban MTK Kelas 8 uji kompetensi 1
kalau seandainya adik-adik sekalian bareng berlangganan game blog yang kami buat ini adik-adik akan mendapatkan notifikasi terbaru dari blog yang kami buat ini.sedikit cerita tentang kunci jawaban dimana kakak dulu sering kali waktu sekolah mencari kunci jawaban di situs-situs pa percaya.
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh selamat pagi adik adik adik ini seperti biasanya kakak ingin membagikan artikel yang bertemakan dunia pendidikan yang mana artikel yang kakak bon hari ini yaitu bertopi kan tentang dunia pendidikan yang temannya adalah kunci jawaban dari berbagai yang mata pelajaran dan tingkatan.
Ayo Kita Berlatih 2.1 Semester 1
Perhatikan koordinat Kartesius di bawah ini.1. Sebutkan titik-titik yang mempunyai jarak sama terhadap sumbu-X
Kunci jawaban
Titik A(4, 3) dan titik B(–4, 3), sama-sama berjarak 3 satuan terhadap sumbu X
Titik C(–3, –4) dan titik D(3, –4), sama-sama berjarak 4 satuan terhadap sumbu X
Titik G(–6, 6) dan titik I(6, –6), sama-sama berjarak 6 satuan terhadap sumbu X
2. Sebutkan titik-titik yang mempunyai jarak sama terhadap sumbu-Y
Kunci jawaban
titik B dg titik H , dan titik E dg titik I
titik B dan titik H memiliki jarak yg sama terhadap sumbu y , karena absis dari titik B dan titik H sama
titik E dan titik I memiliki jarak yg sama terhadap sumbu y , karena absis dari titik E dan titik I sama
3 Sebutkan titik-titik yang berada di sebelah kanan dan sebelah sumbu-Y
- Diketahui persegi panjang ABCD. Terdapat titik P sedemikian sehingga PC = 8 cm, PA = 6 cm, dan PB = 10 cm. Dapatkah kalian menentukan jarak titik P ke D? Bagaimana kalian menemukannya?
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 6.3 Halaman 31 32 Semester 2
- 1. Manakah di antara kelompok tiga bilangan berikut yang membentuk segitiga siku-siku, segitiga lancip, dan segitiga tumpul? a. 13, 9, 11 b. 8, 17, 15
Kunci jawaban
Titik-titik yang berada di sebelah kanan sumbu-y memiliki absis positif sedangkan titik-titik yang berada disebelah kiri sumbu-y memiliki absis negatif.
4. Berapa jarak titik E terhadap sumbu-x dan sumbu-y dan terletak di sebelah mana terhadap sumbu-x dan sumbu-y?
Kunci jawaban
titik E , berada tepat pada sumbu x dan berjarak 6 satuan dari sumbu y
5. Terletak pada kuadran berapakah titik-titik tersebut?
Kunci jawaban
sebelah kanan atas kuadran 1
kiri atas kuadran 2
kiri bawah kuadran 3
kanan bawah kuadran 4
kuadran 1= d, e
kuadran 2= a, b, c
kuadran 3= h
kuadran 4= f, g
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.5 halaman 11
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.7 halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 15
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 21
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.12
Rangkuman MTK kelas 8 bab 2
Bab 1 Dalam kehidupan sehari-hari, banyak hal yang berhubungan dengan pola bilangan. Misalnya pola penataan rumah, pola penataan kamar hotel, pola penataan kursi dalam suatu stadion, pola nomor buku di perpustakaan, dan lain sebagainya. Dengan memahami pola bilangan, kalian bisa menata banyak hal dengan lebih teratur.
fungsi. Ayo Kita Berbagi Mintalah siswa untuk sharing hasil karyanya ke teman sebangkunya, dan pastikan temannya yang menerima hasil karya tersebut memahami apa yang harus dilakukan. Pantau bagaimana mereka mengerjakan tugasnya dan pastikan bahwa kalimat- kalimat yang digunakan sudah sesuai dengan kaidah budi pekerti yang baik. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 133 Ayo Kita ! ? ! ? Berlatih 3.4 Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 3.4 7anda
sebagai latihan Ayo Kita Mencoba $lternatif pen\elesian Masalah 3.7 $jaklah sisZa untuk memerhatikan dengan cermat dua bentuk diagram panah pada Gambar 3.11. Perhatikan pasangan setiap anggota dari domain dengan setiap anggota dari kodomain, begitu juga sebaliknya. Informasikan tentang istilah peta dan pra-peta dari domain dengan kodomain, yakni “setiap anggota kodomain merupakan peta dari anggota domain” dan “setiap anggota domain merupakan pra-peta dari kodomain”. Berilah kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan dari hasil pengamatannya. Contoh simpulan singkat “relasi khusus yang memasangkan setiap anggota daerah asal (domain dengan tepat satu di daerah kaZan
kodomain´ ,nIormasikan kepada sisZa bahZa tugas berikutn\a masih mencoba mengerjakan soal \ang telah disediakan pada buku siswa. 1. 'ari diagram panah \ang menunjukkan korespondensi satusatu adalah
iii 4. - 5. a. K ^merah, kuning, hijau` dan L = {‘$, ‘B, ‘C` b. Sebanyak 6 6. - 7. a. Sebanyak 9. b. Sebanyak 12. 8. - $ B Merah • Kuning • Hijau • • ‘$ • ‘B • ‘C 134 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Tugas Projek Sehubungan dengan kegiatan Projek pada buku siswa, maka hal-hal yang perlu dilakukan oleh guru adalah sebagai berikut: Fokus kegiatan kali ini adalah memilih 1 di antara 3 projek yang telah disediakan pada buku siswa. Untuk lebih memantapkan pemahaman kalian tentang fungsi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari, pilihlah sedikitnya satu dari projek-projek berikut. Kerjakan, tuliskan proses dan hasilnya, serta siapkan bahan untuk presentasi. . Sediakan bahan-bahan \ang dibutuhkan untuk kegiatan Projek kali ini, seperti buku-buku teks pelajaran atau pojok pustaka atau bahkan fasilitas internet. 2. Sediakan kertas +9S atau kertas asturo atau lainn\a. . %entuklah siswa dalam beberapa kelompok untuk membagi tugas dalam menjalankan tugasn\a. . Intruksikan kepada siswa untuk mengikuti langkah-langkah kerja \ang ada pada buku siswa. Sebelum Pelaksanaan .egiatan Projek 3.1 3ergilah ke operatoroperator telepon seluler, atau carilah inIormasi di internet0intalah inIormasi tentang bagaimana cara mereka menentukan tariI telepon dalam rentang waktu tertentu, kemudian temukan rumusnya. Selanjutnya, buatlah analisis untuk mengetahui manakah operator yang layak digunakan untuk orang awam dan pebisnis. Tuliskan hasil analisis kalian untuk dipresentasikan. Projek 3.2 Cobalah temukan bentuk-bentuk “pemborosan” di dalam kehidupan di rumah atau di sekolah (misalnya: membiarkan keran air tetap menetes meskipun sudah dicoba ditutup rapat, men\alakan lampu di siang hari, dan lainlain &arilah informasi untuk menentukan resiko pemborosan tersebut, kemudian susun bahan presentasi \ang memuat Iungsi
kalau ada untuk me\akinkan baha\a dibiarkannya pemborosan tersebut. Ayo Kita Mengerjakan Tugas Projek L. 3 Kurikulum 2013 MATEMATIKA 135 Projek .Sediakan wadah air berbentuk kotak, berilah tanda ukuran ketinggian permukaan air yang mungkin terjadi (kalau kesulitan membuatnya, gunakan gelas pengukur \ang biasa dijual di apotik atau toko alatalat laboratorium Kemudian buatlah koordinat Kartesius dengan sumbu-X menyatakan lama waktu penuangan air ke dalam kotak, dan sumbu-Y menyatakan tinggi permukaan air di dalam kotak. /akukan percobaan air \ang menetes dari keran
dengan kecepatan \ang stabil dan buatlah grafik \ang memuat hubungan antara lama air menetes dan tinggi permukaan. (Bagaimana kalau kotaknya diganti bentuk lain, tidak tegak lurus, tapi miring, menguncup dll" 1. Periksalah apakah semua kelompok tugasnya sudah selesai dengan sempurna? 2. Berikan penilaian terhadap proses dan hasil karya siswa dengan menggunakan rubrik penilaian. 3. Tulislah beberapa kelebihan dan kekurangan dalam proses belajar kali ini. Sesudah .egiatan %elajar Selesai Rangkuman Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa fungsi adalah relasi yang memiliki sifat khusus. Fungsi juga menghubungkan unsur-unsur dari domain ke unsur-unsur di dalam ko domain. 3engalaman belajar tentang Iungsi \ang telah dilalui sisZa 6ekarang, cobalah tuliskan hal-hal penting yang menurut siswa penting dan bermanfaat. Contoh Rangkuman -ika f adalah fungsi dari himpunan $ ke himpunan %, maka s\arat \ang harus dipenuhi adalah sebagai berikut: . Setiap anggota $ harus dipasangkan atau dihubungan dengan anggota dari % (tidak boleh ada \ang tertinggal 2. %an\akn\a pasangan dari setiap anggota himpunan $ tersebut harus tunggal. Selanjutn\a, ada ban\ak cara men\atakan fungsi, \aitu: (menggunakan diagram panah, (2 menggunakan himpunan pasangan berurutan,(menggunakan rumus, (menggunakan grafik, dan ( menggunakan tabel. Semua memiliki kekuatan dan kelemahan, sehingga kita harus bijak menggunakann\a Ayo Kita M. Merangkum 3 136 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru A. Pilihan Ganda 1. B 2. C 3. B 4. D 5. B 6. B 7. B 8. A 9. B 10. A 11. D 12. A 13. C Petunjuk: Langkah pertama temukan persamaan fungsi dari dua himpunan pasangan berurutan
, ±c 138 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru 3. a. Diagram panah ayah dari • Budi • Ani • Anton • $le[ • Rini • 6uci B Ayah dari Pak Mahir • $ Pak Ridwan • Pak Rudi • b. Tidak, Mengapa? Coba jelaskan menurut argumennya masing-masing. c'iagram panah anak dari Budi • Ani • Anton • $le[ • Rini • 6uci • B anak dari • Pak Mahir $ • Pak Ridwan • Pak Rudi d. Iya, Mengapa? Coba jelaskan menurut argumennya masing-masing. 4. a. Himpunan P adalah ^±, , , , ` Himpunan Q adalah ^, , , , ` b. - c d. - 5. a. Himpunan $ adalah ^±, ±, , , ` b. Himpunan B adalah ^±, ±, , , ` c d. - e. - Kurikulum 2013 MATEMATIKA 139 6. a. Rumus fungsi f(xx ± bba\angann\a ^, ±, , ±, , ` c nilai p = 2 12 8. a. Volume air dalam bak mandi sebelum air dialirkan = 10 liter b. Volume air dalam bak mandi setelah 27 menit = 91 liter a ^bilangan asli kurang dari ` e b^ban\ak butir 3ancasila` I c g d. - h. - 140 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru 10. Pohon Apel a. Tabel lengkap n Banyaknya Pohon Apel Banyaknya Pohon Pinus 1 1 8 2 4 16 3 9 24 4 16 32 5 25 40 6 36 48 7 49 56 8 64 64 9 81 72 10 100 80 ... ... ... n n2 8n b3ohon \ang akan meningkat lebih cepat adalah pohon apel 0engapa" %erdasarkan tabel di atas, coba jelaskan menurut argumen kita masing-masing. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 141 Ketika kita naik mobil, sepeda, atau jenis kendaraan lainnya, pastilah pernah melewati jalan yang mendatar, jalan yang turun, dan jalan yang naik. Jalan yang naik atau turun biasanya memiliki kemiringan tertentu yang sudah diperhitungkan tingkat kemiringannya, sehingga aman dan nyaman untuk dilewati kendaraan. Jalan yang menanjak juga memiliki kemiringan. Jika terlalu curam, kendaraan akan mengalami kesulitan untuk melintasinya. Selain jalan, dalam kehidupan sehari-hari banyak benda-benda yang harus dihitung tingkat kemiringannya. Misalnya tangga yang berada di gedung bertingkat sudah diperhitungkan dengan cermat dan teliti tingkat kemiringannya sehingga aman dan nyaman untuk manusia. Seorang arsitek merancang tangga dan jalan dengan memerhatikan kemiringan untuk keamanan dan kenyamanan pengguna. Tempat parkir pun demikian, jika tempat parkir terlalu miring, tidak aman bagi pengendara maupun mobil. Dalam bab ini, siswa akan mempelajari bagaimana kemiringan suatu garis, cara menggambar grafik garis lurus, menentukan persamaan garis lurus, dan manfaat garis lurus dalam pemecahan masalah kontekstual. A. Narasi Awal Bab Bab 4 Persamaan Garis Lurus • Persamaan garis lurus • Grafik • .emiringan • 7itik potong B. Kata Kunci 142 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru 3.4 Menganalisis fungsi linear (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafikn\a menggunakan masalah kontekstual 4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan fungsi linier sebagai persamaan garis lurus. K D ompetensi asar D. 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. K I ompetensi nti ! C. 1. Membuat persamaan garis dari gambar garis lurus. 2. Menggambar persamaan garis lurus dari dua titik. 3. Menentukan kemiringan garis dari persamaan garis lurus. 4. Menentukan kemiringan garis dari dua titik yang diketahui. 5. Membuat persamaan garis dari dua titik yang diketahui. 6. Membuat persamaan garis dari satu titik dengan gradien yang sudah diketahui. 7. Menentukan persamaan garis yang sejajar dengan garis lain. 8. Menentukan persamaan garis tegak lurus dengan garis lain. 9. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan persamaan garis lurus. Indikator Pencapaian Kompetensi E. 143 P K eta F. onsep Persamaan Garis Lurus Dua Garis Berimpit Persamaan Garis Melalui Titik (x1( , y1) dan x2 , y2) *rafiN Persamaan Sifat-sifat Persamaan Persamaan Kemiringan Garis Titik-titik Koordinat Dua Garis Sejajar Bentuk Umum Melalui titik (0, 0) dan (x1, y1) Dua Titik Koordinat Dua Garis Tegak Lurus Persamaan Garis dengan kemiringan m dan melalui titik (x1 , y1) Melalui titik (x1, y1) dan (x2, y2) Dua Garis Berpotongan 144 Rene Descartes (1956 - 1650 M) René Descartes (31 Maret 1596 - 11 Februari 1650). Kemiringan menentukan posisi suatu garis terhadap koordinat x dan koordinat y. Perhitungan matematis ini adalah salah satu materi dari geometri analitik dengan bantuan aljabar. Jadi, untuk pertanyaan “siapakah yang menemukan kemiringan?” tentunya jawabannya adalah René Decartes. René Decartes adalah bapak geometri analitik. Dia adalah seorang matematikaZan 3rancis, fisikaZan, filsuI, dan teolog. Banyak ahli matematika mengakui dia sebagai orang yang menemukan rumus kemiringan. Dia dikatakan telah memberikan sebuah metode untuk memecahkan masalah garis dan kemiringan dalam masalah aljabar dan geometri. Rumus
Sumber: buku mtk kelas 8
Post a Comment for "1. Sebutkan titik-titik yang mempunyai jarak sama terhadap sumbu-X"