KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.2 halaman 291 Bab 10
tips yang pertama yang adik-adikku diperlakukan yaitu adalah dengan membuat jadwal dari penyelesaian tugas yang diberikan oleh guru iya mana jawab tersebut berisikan waktu-waktu dah untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut dapat diselesaikan dengan baik. kenalkan google sebagai untuk mencari jawaban alternatif dari tugas-tugas yang diberikan oleh guru seperti halnya tugas-tugas yang saat ini adik-adikku kerjakan.
perlu adik-adikku ketahui bahwasannya tugas merupakan bagian dari pembelajaran di sekolah yang mana tugas merupakan hal yang sangat penting bagi seorang guru mana tugas dapat mengetahui apakah seorang siswa telah memahami apa yang telah diterangkan oleh guru atau belum. disitulah guru dapat menilai apakah seorang murid dapat memberikan dapat mendapatkan nilai yang begitu memuaskan atau tidak yang menandai tersebut akan berkaitan dengan nilai rapot.
Daftar Isi
Baca juga:
KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 uji kompetensi 10
Baca juga:
untuk itu nilai untuk itu kunci jawaban yang tepat dan benar sangatlah dibutuhkan saat ini gimana kunci jawaban tersebut dapat memberikan kepada adik-adik sekalian nilai yang begitu besar yang mana nilai tersebut akan dimasukkan kedalam nilai rapot yang nantinya diharapkan akan berkaitan dengan kenaikan kelas adik-adikku sekalian.
Pembahasan soal Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.2 Bab 10 Hal 291 Semester 2
untuk itu diperlukan nya kunci jawaban yang tepat dan benar ya saat ini memang banyak sekali pembahasan kunci jawaban yang tepat dan benar di internet pertamanya di google yang mana pembahasan tersebut berkaitan dengan pembahasan mengenai kunci jawaban dari adik-adikku sekalian namun hanya sedikit sedikit sekali pembahasan mengenai kunci jawaban yang tepat dan benar yang mana pembahasan kucing jawabannya kepada benar akan memberikan nilai yang menghitung besar kepada adik-adikku sekalian.
untuk itu di blog yang kakak buat ini yang bernama kan ilmu edukasi kakak telah berusaha semaksimal kagak bisa dalam buat kunci jawaban yang tepat dan benar dan gak ajakin juga jika adik-adikku menggunakan kunci jawaban yang kagak buat ini kakak yakin jika adik-adik dapat memperoleh nilai nilai yang begitu besar dan dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktunya dan nantinya guru pun senang.
Kami juga membahas mengenai kunci jawaban pelajaran, yang dapat temen temen akses jawaban tersebut di bawah ini, dimana pembahasan ini kami buat seupaya temen dapat menyelesaiakn tugas dengan tepat waktu dan memperoleh nilai yang memuskan
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
Jawaban Ayo Kita Berlatih 10.2 Matematika Kelas 8 Semester 2 Hal 291 Bab 10 Peluang. Soal ini membahas mengenai peluang teoretik demgan jumlah soal sebanyak 6 nomor. Semua soal berbentuk uraian dengan disertakan jawaban. Berikut ini soal dan jawaban ayo kita berlatih 10.2 matematika kelas 8 semester 2 hal 291 bab 10 peluang.
Ayo Kita Berlatih 10.2
1. Tentukan banyak titik sampel dari ruang sampel eksperimen:
a. 2 dadu
b. 1 koin 1 dadu
c. 2 koin 1 dadu
Kunci Jawaban
1. Titik sampel dari :
a) 1 dadu = 6 titik sampel
2 dadu = 6 x 6 = 36 titik sampel
b) 1 koin = angka & gambar (2 titik sampel)
1 dadu = 6 titik sampel
1 koin dan 1 dadu = 2 x 6 = 12 titik sampel
c) 2 koin = 4 titik sampel
1 dadu = 6 titik sampel
2 koin 1 dadu = 4x6=24 titik sampel
2. Sebuah dadu digelindingkan sekali. Berapa peluang kejadian:
a. mata dadu kelipatan tiga?
b. mata dadu bukan kelipatan tiga?
Kunci Jawaban
2. Diketahui sebuah dadu di lempar satu kali.
Himpunan semua hasil yang mungkin pada suatu percobaan adalah
S = {1, 2, 3, 4, 5, 6}.
Banyaknya anggota himpunan S adalah n(S) = 6¹ = 6. a. Himpunan kejadian semua anggota merupakan mata dadu kelipatan 3 adalah A = {3, 6}.
Banyaknya anggota himpunan A adalah n(A) = 2.
P(A) = n(A)/n(S) = 2/6 = 1/3.
Jadi, peluangnya kejadian semua anggota merupakan mata dadu kelipatan 3 adalah 1/3.
b. Peluang dari kejadian semua anggota merupakan mata dadu bukan kelipatan 3 adalah
P(A') = 1 - P(A)
⇔ P(A') = 1 - 1/3
⇔ P(A') = 2/3.
Jadi, peluangnya kejadian semua anggota merupakan mata dadu bukan kelipatan 3 adalah 2/3.
3. Dadu merah dan putih digelindingkan sekali. Berapakah peluang kejadian:
a. komplemen mata dadu kembar?
b. jumlah mata dadu 7?
c. jumlah mata dadu 8?
d. jumlah mata dadu kurang dari 7?
e. jumlah mata dadu tidak kurang dari 7?
Kunci Jawaban
3. Jumlah sampel = 6²
= 36 kejadian
a. mata dadu kembar :
{1,1}{2,2}{3,3}{4,4}{5,5}{6,6}
= 6 kejadian
peluang = 6 / 36
= 1/6
b. jumlah mata dadu 7 :
{1,6}{2,5}{3,4}{4,3}{5,2}{6,1}
- Manakah di antara kelompok tiga bilangan berikut yang merupakan tripel Pythagoras? a. 10, 12, 14 b. 7, 13, 11 c. 6, 2(1/2), 6(1/2)
- Tentukan apakah ∆KLM dengan titik K(6, −6), L(39, −12), dan M(24, 18) adalah segitiga sebarang, segitiga sama kaki, atau segitiga sama sisi. Jelaskan jawaban kalian.
- Jika 32, x, 68 adalah tripel Pythagoras. Berapakah nilai x Tunjukkan bagaimana kalian mendapatkannya.
= 6 kejadian
peluang = 6 / 36
= 1/6
c. 8 = 3,5 5,3 4,4 2,6 6,2 = 5/36
d. jumlah mata dadu kurang dari 7 :
{1,1}{1,2}{1,3}{1,4}{1,5}{2,1}{2,2}{2,3}{2,4}{3,1}{3,2}{3,3}{4,1}{4,2}{5,1}
= 15 kejadian
peluang = 15 / 36
e. tidak kurang dari 7 = 17/36
4. Dalam suatu ruangan ada suatu komputer yang bisa digunakan oleh Yessi, Ratna, dan Rohim selama 3 jam. Mereka berencana untuk mengundi giliran agar setiap anak bisa menggunakan komputer tersebut masing-masing 1 jam, dengan sebuah dadu. Menurutmu apakah alat yang digunakan untuk mengundi tersebut cocok? Jika tidak, Jelaskan alasanmu. Jika iya, jelaskan caranya.
Kunci Jawaban
4. Ada 3 orang, waktu 3 jam masing masing 1 jam, alat yang digunakan untuk mengundi yaitu dengan
dadu yang mempunyai 6 mata dadu. Menurut saya, alat yang digunakan tidak cocok karena orangnya
hanya 3 akan tetapi ruang sampel nya ada 6. Agar alat berupa daau dapat digunakan maka 6 mata
dadu tersebut dikategorikan dulu agar menjadi 3 ruang sampel saja.
Contoh :
jika mata dadu yang keluar 1 atau 6 yang mendapat giliran Yessi,
jika mata dadu yang keluar 2 atau 5 yang mendapat giliran Ratna,
jika mata dadu yang keluar 3 atau 4 yang mendapat giliran Rohim, sehingga apabila seperti itu maka
peluang ketiganya akan sama yaitu sama sama 2 dari 6 atau 2/6 atau 1/3
5. Suatu ketika Okta dan adiknya yang bernama Dina berebut remote control TV. Mereka mempunyai pilihan siaran berbeda pada saat yang sama. Saiful mempunyai ide untuk mengundi dengan menggunakan dadu. Jika yang muncul adalah mata dadu 1, yang berhak adalah Dina. Jika selain itu, yang berhak adalah Okta. Sedangkan Dina mengusulkan untuk menggunakan dua koin uang logam. Jika yang muncul adalah mata dadu kembar, yang berhak adalah Okta. Jika selain itu, yang berhak adalah Dina. Berikan pendapatmu, cara manakah yang menurutmu adil? Jelaskan.
Kunci Jawaban
5. Tidak adil mengundi dengan 1 dadu yang jika keluar mata dadu 1 maka untuk dian dan jika
selain itu, yaitu 2,3,4,5,6 maka untuk adiknya. Karena peluangnya tidak sama.
Peluang dian = 1 dari 6 = 1/6
Peluang adik = 5 dari 6 = 5/6
Apabila dengan 2 koin uang logam maka kategorinya harus jelas,
Ruang sampel untuk 2 koin yaitu AA,GG,GA,AG
misal jika keluar yang sama (AA dan GG) untuk dian, dan apabila keluar yang tidak sama (AG,GA)
maka untuk adiknya sehingga peluangnya sama dan adil.
6. Restoran “D' Resto” menyediakan menu masakan sebagai berikut.
Berapakah banyak menu yang bisa dibuat oleh Restoran “D' Resto” tersebut? Daftar semua menunya.
Kunci Jawaban
6. Diketahui:
Tabel menu masakan Restoran D' Resto pada soal.
Ditanyakan:
Banyaknya menu yang dibuat oleh Restoran D' Resto.
Jawab:
Banyaknya Ikan x Banyaknya Cara Masak x Banyaknya Item Pelengkap
= 4 x 3 x 3
= 36
Jadi, banyaknya menu yang dibuat oleh Restoran D' Resto adalah 36 buah.
Daftar semua menunya, yaitu:
1. tuna dipanggang sayuran segar
2. tuna digoreng sayuran segar
3. tuna diasap sayuran segar
4. patin dipanggang sayuran segar
5. patin digoreng sayuran segar
6. patin diasap sayuran segar
7. dan seterusnya.
(silakan lanjutkan sendiri)
Rangkuman matematika kelas 8 bab 10 ayo berlatih 10.2
Sekian soal dan jawaban ayo kita berlatih 10.2 matematika kelas 8 semester 2 hal 291 bab 10 peluang yang sudah kami catat pada artikel kali ini. Jika terdapat kesalahan pada penulisan jawaban kami minta maaf. Anda bisa bertanya kepada kami melalui kontak pada blog ini. Semoga soal dengan jawaban materi peluang yang telah kami berikan ini dapat berguna. K egiatan10.2 Peluang Teoretik Dalam kegiatan sehari-hari kita sering mendengar istilah peluang, antara lain dalam bidang sepak bola dan dalam pemilihan calon ketua OSIS. Cermati uraian berikut. Pertandingan Sepak Bola Pada suatu pertandingan sepak bola antara Timnas Indonesia U-19 melawan Malaysia U-19 terjadi saling serang antara kedua tim. Meskipun begitu, hingga menit 90 belum ada satu pun gol tercipta, sehingga skor masih 0 - 0. Timnas Indonesia berpeluang memenangkan pertandingan ketika mendapatkan hadiah tendangan penalti pada saat menit perpanjangan. Tendangan tersebut diambil oleh Ilham, yang merasa siap untuk menendang penalti tersebut. Namun ternyata tendangan Ilham tidak membuahkan gol. Akhirnya skor akhir masih imbang tanpa gol antara Indonesia dan Malaysia. Setelah pertandingan tersebut banyak pendukung timnas Indonesia antar lain Made dan Boaz. Berikut percakapan antara Made dengan Boaz yang kecewa dengan hasil akhir tersebut. Made : Saya yakin kalau Evan Dimas yang menendang tendangan penalti tersebut pasti gol. Bagaimana menurutmu Boaz? Boaz : Iya, saya yakin peluang terjadinya gol besar kalau Evan Dimas yang menendang. Saya yakin 100% gol. Made : Wah, bukan 100% aja Boaz, menurut saya malah 200% gol karena tendangannya hebat, dan Indonesia menang. Pemilihan Calon Ketua Osis Suatu ketika diadakan pemilihan perwakilan dari kelas 8A Sekolah Semangat 45 untuk menjadi calon ketua OSIS. Dari kelas 8A ada dua orang yang mencalonkan diri, yaitu Nikma dan Riko. Ada diskusi dalam kelas tersebut yang mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan mereka berdua yang akan diajukan untuk menjadi calon ketua OSIS. Udin : Lebih baik Riko saja yang kita ajukan untuk menjadi calon ketua OSIS. Dia mempunyai banyak teman. Pasti peluang terpilih menjadi ketua OSIS lebih besar daripada Nikma. 286 Kelas VIII SMP/MTs Semester II Keke : Tidak. Aku tidak sepakat. Nikma yang berpeluang lebih besar. Dia itu baik, rajin, dan didukung banyak guru. Dari dialog dalam Pertandingan Sepak Bola dan Pemilihan koin uang logam yang mempunyai dua sisi, yaitu A (Angka) dan G (Gambar) . 1. Jika kita melempar satu koin sebanyak satu kali, kemungkinan hasilnya adalah angka atau gambar, ditulis {A, G}. 2. Jika kita melempar dua koin (koin merah dan kuning) sebanyak satu kali, maka ada empat kemungkinan hasil: {AA, AG, GA, GG} Diagram pohon berikut menghubungkan kemungkinan hasil pada koin merah dengan koin kuning. Kemungkin kejadian koin Merah Kemungkinan kejadian koin kuning AA GA AG GG A A G G A G Selain menggunakan diagram pohon bisa juga digunakan tabel seperti berikut. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 289 Kemungkinan kejadian koin Kuning A G Kemungkinan kejadian koin merah A AA AG G GA GG Titik sampel adalah kemungkinan yang muncul atau terjadi. Titik sampel AA bermakna bahwa kedua koin menghasilkan kejadian sisi Angka. Apakah makna titik sampel AG ? Jika kita melempar tiga koin (warna merah, kuning, dan hijau) satu kali, maka ruang sampelnya adalah: {AAA, AAG, AGA, AGG, GAA, GAG, GGA, GGG}. Dengan diagram pohon A G A G A G A G A A G G A G AAA GAA AGA GGG ... ... ... GAG Koin Merah Koin Kuning Koin Hijau 290 Kelas VIII SMP/MTs Semester II Dengan tabel Lengkapi sel yang kosong. Kejadian yang mungkin pada koin merah dan kuning (ruang sampel dua koin) AA AG GA GG Kejadian yang mungkin pada Koin hijau A AAA AAG G GGA GGG Apakah makna titik sampel GGA? Untuk menentukan banyak titik sampel eksperimen suatu eksperimen bisa menggunakan fundamental counting principle (Prinsip dasar perhitungan). Misal eksperimen tiga koin uang logam. Banyak hasil yang mungkin pada koin pertama × Banyaknya hasil yang mungkin pada koin kedua × Banyaknya hasil yang mungkin pada koin ketiga = Total titik sampel 2 × 2 × 2 = 8 Ayo Kita Menalar 1. Mungkinkah banyak titik sampel pada suatu kejadian bisa lebih dari ruang sampelnya? Jelaskan. 2. Adakah kejadian yang memiliki peluang = 1? Jika ada, jelaskan dalam kejadian yang bagaimana. 3. Berapakah banyak titik sampel suatu kejadian yang tidak mungkin terjadi? 4. Dapatkah kalian menyimpulkan, antara berapa sampai berapa peluang suatu kejadian? 5. Misalkan peluang kejadian A adalah P(A), sedangkan P(AC) (dibaca peluang kejadian A komplemen) diartikan peluang bukan kejadian A. Jelaskan hubungan P(A) dengan P(AC). Kurikulum 2013 MATEMATIKA 291 Ayo Kita Berbagi Silakan presentasikan langkah kalian hasil menalar kalian kepada teman dan guru di kelas. Minta saran dan komentar perbaikan dari jawaban yang kalian temukan tersebut.
kata. Contoh: Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. (Slogan tentang perlunya mengutamakan kesetaraan antarsesama.) Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. (Slogan tentang perlunya persatuan dan kesatuan.) Tiada hari tanpa prestasi. (Slogan tentang pentingnya mengukir prestasi setiap hari.) 30 Kelas VIII SMP/MTs b. Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat- tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak. Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata. Poster lazimnya dipasang di tempat- tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan ataupun slogan dalam hal bahasanya. Poster menggunakan kata-kata singkat, jelas, menarik, dan lengkap. Contoh: (sumber: setia1teri.com) Tampak pada contoh itu bahwa dalam hal bentuk, poster tidak jauh berbeda dengan iklan. Isinya mengandung pesan kepada khalayak. Namun, poster lebih tertuju pada tempat pemasangannya di ruang-ruang terbuka. Misalnya, dinding-dinding aula, tembok-tembok pasar, dan tempat-tempat umum lainnya. Kegiatan 2.1 A. Jawabalah! 1. Apa yang dimaksud dengan iklan? 2. Apa fungsi iklan? 3. Di mana saja iklan itu bisa kamu temukan? 4. Bagaimana fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan? 5. Apa persamaan iklan, slogan, dengan poster? 31 Kelas VIII SMP/MTs Bab 2 Bahasa Indonesia B. Termasuk jenis apakah masing-masing gambar di bawah ini: iklan, poster, atau semboyan? Jelaskanlah secara berkelompok! Teks Jenis Alasan I II 2. Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster Berdasarkan contoh-contoh sebelumnya tampak perbedaan antara iklan, slogan, dan poster. Tujuan ketiganya sama untuk membujuk khalayak berbuat sesuatu. Berikut perbedaan antara iklan, slogan, dan poster. a. Iklan merupakan teks persuatif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara. b. Slogan merupakan teks persuatif yang mengutamakan unsur kata-kata. c. Poster merupakan teks persuatif yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata; dipajang di tempat-tempat umum. Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah tabel berikut! Bentuk Teks Unsur-unsur Gambar Kata-kata Gerak Suara a. Iklan 9 9 9 9 b. Slogan - 9 - 9 c. Poster 9 9 - - 32 Kelas VIII SMP/MTs Kegiatan 2.2 A. 1. Perhatikanlah iklan-iklan di bawah ini! 2. Secara berdiskusi, jelaskanlah jenis produk yang ditawarkan dalam iklan-iklan berikut! Apakah kamu tertarik dengan dengan iklan- iklan tersebut? Bentuk Teks Jenis Produk Ketertarikan (sumber: www.pajak.go.id) (sumber: dokumen penulis) 33 Kelas VIII SMP/MTs Bab 2 Bahasa Indonesia 2. Jelaskan makna slogan-slogan berikut! Ditujukan kepada siapakah slogan- slogan tersebut? Slogan Makna Pihak Tertuju a. Buku adalah jendela ilmu pengetahuan. b. Mulutmu adalah harimaumu. c. Sorga ada di telapak kaki ibu. d. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. e. Pembeli adalah raja. B. Menyimpulkan Informasi dan Pesan dalam Iklan Setelah memepelajari materi ini, kamu diharapkan mampu : 1. Menjelaskan kembali unsur-unsur pembentuk iklan; 2. Menyimpulkan informasi, pesan, ajakan di dalam iklan. 1. Unsur-Unsur Pembentuk Iklan Pada pelajaran sebelumnya, kamu sudah mempelajari pengertian dan karakteristik iklan. Bahkan, kamu lebih memahami perbedaan iklan dengan slogan dan poster. Adapun maksud iklan itu sendiri dapat kamu pahami secara lebih lengkap berdasarkan unsur-unsur pembentuknya, yang meliputi sumber, pesan, media, penerima, efek, umpan balik, dan konteks. a. Sumber adalah pemasang iklan, yang berinisatif, dan penyandang dana dari pemasangan suatu iklan. 34 Kelas VIII SMP/MTs b. Pesan adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan verbal dan pesan nonverbal. c. Media adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan sarana-saran lainnya. d. Penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan. e. Efek adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup. f. Umpan balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki dari penerima pesan, misalnya dengan membeli produk yang ditawarkan dan menolak pemakaian narkoba. Kegiatan 2.3 A. Perhatikanlah iklan berikut. Kemudian, jawablah soal-soal di bawahnya secara berdiskusi! (sumber: widynur.blogspot.com) 35 Kelas VIII SMP/MTs Bab 2 Bahasa Indonesia a. Hal apakah yang ditawarkan dalam iklan itu? b. Siapakah pihak yang mengiklankan/menawarkan jasa tersebut? c. Pesan apa yang terdapat dalam iklan tersebut? d. Di manakah iklan seperti itu biasanya dipajang? e. Bagimana bentuk respons yang diharapkan dari khalayak dengan pemasang iklan tersebut? B. 1. Pilihlah sekurang-kurangnya dua buah iklan dari media cetak! 2. Jelaskanlah maksud umum dari iklan tersebut dengan memperhatikan keenam unsur pembentuk iklan tersebut! Iklan Penjelasan 2. Penyimpulan Maksud Suatu Iklan Pola penyajian dan isi iklan sangatlah beragam. Berdasarkan isinya, seperti yang telah kamu pelajari pada bahasan terdahulu, ada iklan pemberitahuan, iklan layanan masyarakat, dan iklan penawaran. Klasifikasi periklanan lainnya sebagai berikut. a. Iklan strategis, digunakan untuk membangun merek ataupun citra positif suatu perusahaan. b. Iklan taktis, dirancang untuk mendorong konsumen agar segera melakukan respons dengan merek tertentu. Pada umumnya iklan ini memberikan penawaran khusus jangka pendek yang memacu konsumen memberikan respons pada hari yang sama. Iklan dapat kamu baca dan lihat di semua tempat. Seakan-akan iklan mengikuti ke mana saja kamu pergi sepanjang hari. Di rumah, di jalanan, di pasar, di sekolah, dan di tempat-tempat lainnya kamu selalu bertemu iklan. Iklan telah mengepungmu dari berbagai penjuru dan sepanjang waktu. Iklan memungkinkan untuk mampu menembus hampir semua celah kehidupan setiap orang. 36 Kelas VIII SMP/MTs Iklan tidak hanya bertujuan untuk menawarkan produk. Iklan juga turut berpengaruh dalam membentuk gaya hidup, kebiasaan, selera, dan jati diri seseorang dan masyarakat. Berikut tujuan atau fungsi iklan lainnya. 1. Fungsi informasional, iklan memberitahukan kepada konsumen tentang karakteristik suatu produk juga berbagai manfaat yang mereka peroleh. 2. Fungsi transformasional, iklan berusaha untuk mengubah sikap-sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, pola-pola belanja, gaya hidup, teknik-teknik mencapai sukses. Perhatikanlah teks berikut! Teks di atas sudah memenuhi kriteria sebagai sebuah iklan atau poster. Hal ini tampak dari fungsinya untuk menyampaikan pesan kepada khalayak. Dari bahasanya pun terlihat, yakni kata-katanya sederhana, mudah diingat, dan cenderung persuasif. Hanya saja teks tersebut tidak seperti halnya iklan pada umumnya yang bersifat komersial dan mendorong khalayak untuk membeli suatu produk. 37 Kelas VIII SMP/MTs Bab 2 Bahasa Indonesia Teks tersebut termasuk ke dalam kategori iklan atau poster informasional. Teks tersebut bertujuan memberi tahu khayalak bahwa bermain di luar lebih baik, asyik, dan menyehatkan. Respons yang diharapkan berupa tindakan para remaja untuk memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai arena bermain dari pada menghabiskan waktu dengan menonton televisi, membaca komik, atau bermain video game. Kegiatan 2.4 1. Jelaskanlah iklan atau poster berikut berdasarkan jenisnya, informasi pesan yang disampaikan, serta respons khalayak yang diharapkannya. Lakukanlah secara berdiskusi! Iklan Pemaknaan (sumber: www.bacadunia.com) (sumber: www.bahasa.com) 38 Kelas VIII SMP/MTs (sumber: www.pulsk.com) 2. Presentasikanlah pendapat kelompokmu di depan kelompok lain. 3. Mintalah mereka memberikan penilaian/komentar-komentar. 4. Gunakan rubrik berikut. Komentator Isi Komentar Kelengkapan Ketepatan Kelancaran 39 Kelas VIII SMP/MTs Bab 2 Bahasa Indonesia 3. Menceritakan Kembali Teks Iklan Dibandingkan dengan teks lain, iklan merupakan teks yang ringkas. Hal itu terkait dengan ruang yang diperlukan dan biaya yang harus dikeluarkan. Semakin luas ruang yang diperlukan untuk penayangannya, semakin besar biayanya. Oleh karena itu, kata-kata dalam iklan harus diperhitungkan keefektifannya. Hindarilah kata-kata ataupun ilustrasi yang tidak perlu sebab akan menghabiskan biaya lebih besar. Materi iklan yang berlebihan justru akan mengganggu keefektifan pesan itu sendiri. Khalayak cenderung tidak menyukai sajian seperti itu karena terkesan menggurui. Kegiatan 2.5 A. 1. Perhatikanlah iklan berikut! (sumber: www.iklansosial) 2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. a. Termasuk jenis apakah iklan tersebut? b. Siapakah sasaran dari pengiklanan barang tersebut? c. Tindakan apa yang diharapkan dari khalayaknya? d. Pengiklan menyampaikan pesan apa saja? e. Adakah yang menarik dari iklan tersebut? 40 Kelas VIII SMP/MTs 3. Berdasarkan bagian-bagian pentingnya, tuliskan abstraksi untuk iklan tersebut! B. 1. Secara berdiskusi, ceritakan kembali isi iklan-iklan berikut! Iklan Penceritaan Kembali (sumber: www.kpu.go.id) (sumber: www.pedulibangsa) 41 Kelas VIII SMP/MTs Bab 2 Bahasa Indonesia 2. Presentasikanlah pendapat kelompokmu di depan kelompok lain! 3. Mintalah mereka memberikan penilaian/tanggapannya. 4. Gunakan rubrik berikut! Kelompok penanggap: …. Aspek Nilai (1-4) Keterangan a. Kelengkapan bagian-bagian jawaban b. Ketepatan pemaparan c. Kejelasan dalam penyampaian C. Menelaah Pola, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Iklan Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu : Menelaah hubungan unsur, pola penyajian, dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster dari berbagai sumber yang kamu baca dan kamu dengar. 1. Pola-pola Penyajian Iklan Iklan dapat kamu temukan dalam berbagai tempat dan sepanjang waktu. Iklan mungkin disajikan secara tertulis, misalnya melalui surat kabar, majalah, internet, ataupun media-media lain. Sementara itu, poster dapat ditemukan dalam bentuk pajangan di tempat-tempat umum. 42 Kelas VIII SMP/MTs Dalam penyajian secara lisan, iklan dapat kamu simak melalui radio dan televisi. Khususnya iklan di televisi ataupun dalam laman-laman internet, iklan merupakan gabungan teks lisan, tertulis, dan gerak. Bentuk-bentuk iklan tersebut tentu saja memiliki karakteristik masing-masing dalam pola penyajiannya. a. Iklan Media Cetak Karakter utama dari iklan adalah penggunaan bahasa tertulis di dalam penyampaian pesan-pesannya. Di samping mengutamakan kejelasan dalam kata-katanya, iklan di media cetak mengandalkan desain grafis, seperti warna dan bentuk huruf, tata letak, serta gambar-gambar. Iklan di media cetak memiliki beberapa macam berdasarkan keluasan ruang atau space-nya. 1) Iklan baris adalah iklan yang pemasanganya berupa baris-baris. Teks yang disajikannya sangat terbatas. Tidak ada gambar ataupun ilustrasi-ilustrasi dalam iklan ini. Teks pun banyak yang mengalami penyingkatan. Iklan baris pada umumnya dimanfaatkan oleh perorangan dan perusahaan-perusahaan kecil. Perhatikan contoh berikut. w JUAL RMH SEMI VILLA LS 174 BT 4 BH KOLAM, AIR BAGUS, CCK UTK PERISTIRAHATAN HUB. 3283799 (TP) w DIJUAL TANAH LUAS 150 BT LOKASI OBJEK WISATA SITU GEDE HUB. BPK YAYAN TLP 022 3221981 2) Iklan kolom adalah iklan yang pemasangannya dalam media berupa kolom-kolom. Oleh karena itu, bentuknya besar. Di samping menggunakan teks, iklan ini sering pula menyertakan gambar dan berbagai ilustrasi menarik lainnya. 43 Kelas VIII SMP/MTs Bab 2 Bahasa Indonesia (sumber: www.iklanmini.com) Selain itu, dikenal istilah iklan display, yakni iklan memiliki ukuran lebih luas dibanding iklan kolom. Iklan display merupakan iklan yang berisi hanya kata- kata dan gambar, foto, ataupun media-media grafis lainnya. Ada pula istilah iklan advertorial, yakni iklan sejenis iklan display. Hanya saja teknik penyampaiannya mirip berita. Contoh iklan advertorial yaitu iklan berkaitan dengan pelayanan jasa kesehatan, pengobatan alternatif, pengenalan perusahaan ataupun produk baru dengan informasi yang lebih kompleks. b. Iklan Elektronik Iklan elektronik merupakan iklan berbasis perangkat elektronik, yang mencakup beberapa unsur sebagai berikut. 1) Iklan radio, iklan ini mengandalkan efek suara, baik itu berupa tuturan, musik, maupun bunyi-bunyi. 2) Iklan televisi, iklan ini mengandung unsur suara, gambar, dan gerak. 3) Iklan film, iklan film yang tersaji dalam judul film (produk sinema). Iklan film biasanya muncul sebelum film utama diputar. Di samping karena medianya, keberagaman iklan juga dapat dilihat berdasarkan isinya. Menurut isinya, iklan diklasifikasikan dalam tiga jenis, yakni sebagai
Post a Comment for "KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 10.2 halaman 291 Bab 10 "