Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2 halaman 66 67 68 69 70 bab 2

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2 halaman 66 67 68 69 70 bab 2 pilihan ganda san essay bab 2 semester 1 pembahasan soal mtk kelas 2 smp uji kompetensi 2 halaman 66-70 bab 2 banyak sekali pembahasan yang diberikan apa yang dijelaskan di internet mengenai penyelesain tugas-tugas yang ada buku, namun sedikit sekali hanya pembahasan mengenai kunci jawaban yang tepat dan benar,   kakak cukup yakin jika peserta didik sekalian menggunakan kunci jawabannya kami buat ini.

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2 halaman 66 67 68 69 70 bab 2
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2

 akan dapat memberikan pembahasan ataupun kunci jawaban yang tepat dan benar kepada peserta sidik sekalian dikarenakan kami dalam membuat kunci jawaban pembahasan ini bukanlah asal-asalan melainkan kami telah membaca dan memahami materinya terlebih dahulu barulah kemudian kami mencoba menjawab semaksimal yang kami bias.

  1. Kunci jawaban PAI kelas 8
  2. Kunci jawaban MTK kelas 8
  3. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  4. Kunci jawaban IPA kelas 8
  5. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  6. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8

 sehingga kami merasa cukup yakin jika teman-teman pada peserta didik sekalian menggunakan kunci jawaban yang kami buat ini warek akan memperoleh nilai yang begitu besar ataupun memuaskan. walaupun demikian kami juga  menyarankan karena diriku menggunakan ataupun mengerjakan terlebih dahulu tugasnya terlebih dahulu barulah kemudian jika terdapat soal yang tidak dipahami atau tidak bisa menjawabnya barulah kemudian menggunakan alternatif jawaban yang kami buat ini sebagai salah satu pilihan yang dapat digunakan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

 karena hari ini apa akan melatih peserta didik dalam memahami dalam memahami soal dan dapat melatih sikap disiplin pantang menyerah dan mereka berusaha hal ini akan bermanfaat sekali bagi peserta didik sekalian untuk untuk dapat menyelesaikan masalah yang akan datang kemudian harinya begitu masalah dari sekolah seperti itu kan surga peterpan masa abadi sosial atau band luar sekolah, peserta didik dapat menyelesaikannya dengan sendiri tanpa bantuan orang lain karena sudah terbiasa dengan hal tersebut.

Kunci Jawaban MTK Kelas 8

 walaupun kakak telah memberi pembahasan mengenai kunci jawaban ini bukan berarti kakak tidak menyarankan untuk selalu teliti kepada adik-adik sekalian karena boleh jadi kunci jawaban yang ke kebon ini terdapat kesalahan dalam menjawabnya menjawabnya, karena kunci jawaban yang paling tepat dan benar kembali lagi keburu masing-masing peserta didik sekalian.

  1. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
  2. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2
  3. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.3
  4. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.4
  5. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
  6. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 1
  7. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1
  8. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2
  9. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3
  10. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2
  11. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1
  12. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
  13. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
  14. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
  15. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3

 untuk itu jika terdapat kunci jawaban yang salah apakah ada peserta didik sekalian menulis kunci jawaban yang tepat di kongo komentar agar tak ada pun memperbaiki kunci jawaban yang sangat tersebut tanggal kemudian harinya orang-orang yang mengalahkan kunci jawaban yang kakak berikan dapat memperoleh nilai yang lebih baik.

Kunci Jawaban MTK Kelas 8 uji kompetensi 2

 di balapan bahasa yang dapat kakak berikan semoga dengan daya pembahasan tersebut dapat memberikan nilai yang memuaskan bagi peserta didik sekali anda dengan 4 menyelesaikan tugas dengan tepat waktu sehingga dapat nilai yang begitu besar.

Uji kompetensi 2 semester 1

A. Pilihan Ganda 
1. Diketahui titik A(3, 1), B(3, 5), C(–2, 5). Jika ketiga titik tersebut dihubungkan akan membentuk …
A. segitiga sama sisi
B. segitiga sama kaki
C. segitiga siku-siku
D. segitiga sembarang
Kunci jawaban C. Segitiga siku-siku
(gambarnya dapat dilihat di lampiran, segitiga tersebut siku-siku di titik B)

2. Diketahui dalam koordinat kartesius, terdapat titik P, Q dan R. P(4, 6) dan Q(7, 1). Jika titik P, Q dan R dihubungkan akan membentuk segitiga siku-siku, maka koordinat titik R adalah …
A. (6, 5)
B. (4, 5)
C. 6,  1)
D. (4, 1)
Kunci jawaban D. (4, 1)
Untuk pertanyaan nomor 3 – 10 perhatikan koordinat kartesius berikut ini

Untuk pertanyaan nomor 3 – 10 perhatikan koordinat kartesius berikut ini
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2

3. Koordinat titik A adalah …
A. (5,7)
B. (-5,7)
C. (7,5)
D. (7,-5)
Kunci jawaban C. (7, 5)
Karena x = 7 dan y = 5

4. Koordinat titik C adalah …
A. (4, 4)
B. (–4, 4)
C. (4, –4)
D. (–4, –4)
Kunci Jawaban B. (–4, 4)
Karena x = –4 dan y = 4

5. Koordinat titik F adalah …
A. (8, 6)
B. (8, -6)
C. (6, –8)
D. (-8, –6)
Kunci Jawaban  D. (–8, –6)
Karena x = –8 dan y = –6

6. Koordinat titik H adalah …
A. (6, 5)
B. (–6, 5)
C. (6, –5)
D. (–6, –5)
Kunci Jawaban  C. (6, –5)
Karena x = 6 dan y = –5

7. Titik-titik yang berjarak 3 satuan terhadap sumbu X adalah …
A. Titik B dan C
B. Titik E dan G
C. Titik B dan E
D. Titik E dan G
Kunci Jawaban C. titik B dan E
Karena titik B dan E berturut-turut memiliki ordinat: y = 3 dan y = –3

8. Titik-titik yang berjarak 4 satuan terhadap sumbu Y adalah …
A. Titik B dan C
B. Titik E dan G
C. Titik B dan E
D. Titik E dan G
Kunci Jawaban A. titik B dan C
Karena titik B dan C berturut-turut memiliki absis: x = 4 dan x = –4

9. Titik-titik yang ada di kuadran II adalah ...
A. Titik A dan B
B. Titik C dan D
C. Titik E dan F
D. Titik G dan H
Kunci Jawaban B. titik C dan D
Karena titik C dan D memiliki x negatif dan y positif

10. Titik-titik yang ada di kuadran IV adalah …
A. Titik A dan B
B. Titik C dan D
C. Titik E dan F
D. Titik G dan H
Kunci Jawaban D. titik G dan H
Karena titik G dan H memiliki x negatif dan y negatif
Untuk pertanyaan nomor  11 – 20, perhatikan koordinat Kartesius berikut
Untuk pertanyaan nomor  11 – 20, perhatikan koordinat Kartesius berikut
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2

11. Garis-garis yang sejajar dengan sumbu X adalah …
A. garis m dan n
B. garis m dan l
C. garis k dan m
D. garis k dan l
Kunci Jawaban D. Garis k dan l
Karena garis k dan l berturut-turut memiliki persamaan y = 3 dan y = –6

12.  Garis-garis yang sejajar dengan sumbu Y adalah …
A. garis m dan n
B. garis m dan l
C. garis k dan m
D. garis k dan l
Kunci Jawaban A. garis m dan n
Karena garis m dan n berturut-turut memiliki persamaan x = –5 dan x = 2

13. Garis m dan n adalah dua garis yang …
A. Tegak lurus
B. berimpit
C. berpotongan
D. sejajar
Kunci Jawaban D. Sejajar
Karena kedua garis tersebut sejajar sumbu Y

14. Garis n dan k adalah dua garis yang …
A. Tegak lurus
B. berimpit
C. berpotongan
D. sejajar
Kunci Jawaban C. berpotongan
Karena memiliki titik persekutuan yaitu di titik (2, 3)

15. Garis yang berada di sebelah kanan sumbu Y adalah …
A. garis m
B. garis n
C. garis k
D. garis l
Kunci Jawaban B. garis n
Karena persamaan garis n adalah x = 2

16. Garis yang berada di bawah sumbu X adalah …
A. garis m
B. garis n
C. garis k
D. garis l
Kunci Jawaban D. garis l
Karena persamaan garis l adalah y = –6

17. Jarak garis m terhadap sumbu Y adalah …
A. 2 satuan 
B. 3 satuan 
C. 4 satuan
D. 5 satuan
Kunci Jawaban D. 5 satuan
Karena persamaan garis m adalah x = –5

18. Jarak garis k terhadap sumbu X adalah …
A. 2 satuan 
B. 3 satuan 
C. 4 satuan
D. 5 satuan
Kunci Jawaban B. 3 satuan
Karena persamaan garis k adalah y = 3
19. Koordinat titik potong garis m dan l adalah …
A. (2, 3)
B. (–5, 3)
C. (–5, –6)
D. (2, –6)
Kunci Jawaban C. (–5, –6)
Karena persamaan garis m dan l berturut-turut adalah x = –5 dan y = –6  

20. Koordinat titik potong garis n dan l adalah …
A. (2, 3)
B. (–5, 3)
C. (–5, –6)
D. (2, –6)
Kunci Jawaban D. (2, –6)
Karena persamaan garis n dan l berturut-turut adalah x = 2 dan y = –6

Uji kompetensi 2 semester 1

B. ESSAY

1. Gambarlah titik A(1, −2), B(−3, 6), C(2, 8), dan D(−1, −5) pada koordinat Kartesius.
Kunci Jawaban :
a)
Kuadran I adalah titik C
Kuadran II adalah titik B
Kuadran III adalah titik D
Kuadran IV adalah titik A

b)
Jarak titik A terhadap sumbu-X adalah 2 satuan
Jarak titik B terhadap sumbu-X adalah 6 satuan
Jarak titik C terhadap sumbu-X adalah 8 satuan
Jarak titik D terhadap sumbu-X adalah 5 satuan

c)
Jarak titik A terhadap sumbu-Y adalah 1
Jarak titik B terhadap sumbu-Y adalah 3
Jarak titik C terhadap sumbu-Y adalah 2
Jarak titik D terhadap sumbu-Y adalah 1

2. Gambarlah titik A(−4, 2), B(−4, 9), C(2, 2), dan D(3, 9), pada koordinat Kartesius.
Kunci Jawaban :
a) 
Jarak titik A terhadap sumbu-X adalah 2 satuan
Jarak titik B terhadap sumbu-X adalah 9 satuan
Jarak titik C terhadap sumbu-X adalah 2 satuan
Jarak titik D terhadap sumbu-X adalah 9 satuan

b) 
Jarak titik A terhadap sumbu-Y adalah 4
Jarak titik B terhadap sumbu-Y adalah 4
Jarak titik C terhadap sumbu-Y adalah 2
Jarak titik D terhadap sumbu-Y adalah 3

c) Jarak titik A terhadap titik B adalah 7 satuan

d) Jarak titik C terhadap titik D adalah 5√2 satuan

3. Gambarlah 4 titik pada bidang koordinat yang berjarak sama terhadap titik A(3, −6).
Kunci Jawaban :
 
3. Gambarlah 4 titik pada bidang koordinat yang berjarak sama terhadap titik A(3, −6).
KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 uji kompetensi 2 Essay 


4. Ada berapa titik yang berjarak 5 dari sumbu-X dan 7 dari sumbu-Y? Tunjukkan titik-titik tersebut.
Kunci Jawaban :Ada 4 titik, yaitu titik A(7, 5), Titik B(–7, 5), Titik C(–7, –5), dan Titik D(7, –5).

5. Gambarlah garis l melalui titik P(−3, 5) yang sejajar dengan sumbu-X dan tegak lurus dengan sumbu-Y.
Kunci Jawaban :
 
5. Gambarlah garis l melalui titik P(−3, 5) yang sejajar dengan sumbu-X dan tegak lurus dengan sumbu-Y.
KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 uji kompetensi 2 Essay 


6. Gambarlah garis t yang melalui titik D(–2, 5) yang tidak tegak lurus terhadap sumbu-X dan tidak tegak lurus terhadap sumbu-Y.
Kunci Jawaban :
Cara menggambarnya dengan membuat titik refleksi (bayangan) dari titik D. Dengan mengalikan koordinatnya dengan negatif 1.
Titik Refleksi D = (-2, 5) x -1
= (2, - 5)
Gambarkan kedua Titik D dan Titik Refleksi D pada koordinat kartesius lalu buat Garis T dengan menggunakan kedua titik tersebut.

7. Gambarlah 4 titik yang memiliki jarak yang sama terhadap garis yang melalui titik A(4, −2) dan B(−2, 6) dan tentukan koordinat dari keempat titik tersebut.
Kunci Jawaban : Koordinat keempat titik tersebut adalah titik P(8, 2), titik Q(5, 6), titik R(–3, 2), dan titik S(0, –6) 

8. Gambarlah 3 garis yang berpotongan dengan sumbu-X dan sumbu-Y dan melalui titik Q(2, 7).
Kunci Jawaban :
 
5. Gambarlah garis l melalui titik P(−3, 5) yang sejajar dengan sumbu-X dan tegak lurus dengan sumbu-Y.
KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 uji kompetensi 2 Essay 


9. Jika garis k sejajar dengan garis m, dan keduanya tegak lurus terhadap sumbu-Y, apakah kedua garis tersebut memiliki jarak yang sama dengan sumbu-X? Jelaskan penyelesaianmu.
Kunci Jawaban : Garis k dan m dapat memiliki jarak yang sama dengan sumbu-X apabila kedua garis saling berhimpitan.

10. Gambarlah dua garis yang saling tegak lurus, tapi tidak sejajar dengan sumbu-X dan sumbu-Y. Kemudian hubungkan beberapa titik yang melalui kedua garis tersebut dan membentuk bangun datar. Ada berapa banyak bangun datar yang kalian temukan?
Kunci Jawaban : Bangun yang terbentuk adalah bangun segiempat sembarang.
 
5. Gambarlah garis l melalui titik P(−3, 5) yang sejajar dengan sumbu-X dan tegak lurus dengan sumbu-Y.
KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 uji kompetensi 2 Essay 

 

 tips memperoleh nilai yang sempurna dari tugas yang diberikan oleh guru yang pertama yang dapat dilakukan adik-adikku sekalian yaitu tidak menunda nanda tugas yang diberikan oleh guru kalau bisa adik-adikku sekalian mengerjakan tugas pada hari itu saja pada hari ketiga atau jasa tersebut diberikan.

 jika peserta didik mengatakan dan dapat menjadi soal ataupun buku yang ingin muntah menjawab silakan tuliskan omongin terbentuknya kami akan berusaha menjawabnya semaksimal mungkin ya nggak bisa.

 kata hanya minta hati sebagai imbalan bagi tahun teman yang menggunakan makan yang kami ini yaitu dengan melakukan aksi geng yang kami buat ini dengan teman-teman yang lain ya ya mengerjakan tugas yang sama semoga dengan begitu teman-teman yang lainnya dapat memperoleh manfaat dari afrika yang kami buat ini ada dan jangan lupa untuk gung berlangganan di belakang ini agar teman-teman yang lain yang dapat nanti menari artikel yang gak buat ini

Rangkuman MTK kelas 8 bab 2

 adik-adik tidak boleh untuk ber malas-malasan dalam belajar karena memang di sekolah saat ini menerapkan sistem protokol kesehatan yang mana sekolah mewajibkan seluruhnya siswanya harus memakai maskara dan juga terkadang sekolah juga menerapkan sistem pembelajaran dari rumah.

yang kakak  takutkan bahwasanya adek-adek jika belajar di rumah adek adek tidak mengindahkan berbahan langsung alasan dengan hal tersebut hanya bermain handphone saja.ada beberapa hal dampak dari penerapan bersekolah dari rumah yang menurut kakak hal ini perlu ditindaklanjuti karena memang kurang efisien bagi siswanya.KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2 halaman 66 67 68 69 bab 2

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2 halaman 66 67 68 69 70 bab 2
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2

4 120 90 31,4 8.478  3. - 4. - 5. -  6. - 7. - 8. - 9. - 10. - 11. - 12. -   pembelajaran, guru dapat  mengembangkan sendiri indikator pencapaian kompetensi berdasarkan dari  kondisi peserta didik masing-masing di tempat guru mengajar. Berikut ini dipaparkan contoh indikator pencapaian kompetensi yang dapat  dijabarkan dari KD 3.9 dan KD 4.9. 1. Membuat jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret. 2. Menemukan turunan rumus luas permukaan balok dan kubus.  3. Menghitung luas permukaan kubus dan balok. 4. Mengetahui jaring-jaring prisma sehingga dapat menemukan turunan rumus  luas permukaannya. 5. Menemukan syarat-syarat tertentu yang harus diketahui pada suatu soal agar  luas permukaan limas bisa ditentukan. 6. Menemukan pola tertentu untuk mengetahui turunan rumus volume kubus  dan balok. 7. Menghitung volume kubus dan balok. 8. Memahami proses dalam menemukan rumus volume prisma dan limas.  9. Menghitung volume prisma dan limas. 10. Menemukan hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang  diagonal dalam bangun ruang sisi datar. 11. Menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang  diagonal. 12. Menyelesaikan masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma, atau limas.  13. Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan. 14. Menghitung volume bangun ruang sisi datar gabungan. 15. Menyelesaikan masalah yang melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang,  dan bidang diagonal.  Indikator Pencapaian Kompetensi  E.    288  Bangun Ruang Sisi  Datar  Bangun Ruang Sisi  Datar Gabungan  Hubungan  antara Diagonal  ruang, Diagonal  bidang, dan  Bidang diagonal  Kubus Balok Prisma Limas  Luas  Permukaan Volume  P K   eta  F. onsep   289  Archimedes (287 SM - 212 SM)   Narasi Tokoh Matematika  G.   Archimedes dari Syracusa (287 SM - 212  SM).Ia belajar di kota Alexandria, Mesir. Pada  waktu itu yang menjadi raja di Sirakusa adalah  Hieron II, sahabat Archimedes. Archimedes  sendiri adalah seorang matematikawan, astronom,  filsuI, fisikaZan, dan insinyur berbangsa Yunani.  Ia dibunuh oleh seorang prajurit Romawi pada  penjarahan kota Syracusa, meskipun ada perintah  dari Jendral Romawi, Marcellus bahwa ia tak boleh  dilukai. Sebagian sejarahwan matematika memandang  Archimedes sebagai salah satu matematikawan terbesar  dalam sejarah, bersama-sama Newton dan Gauss. Archimedes dikenal karena ide sainsnya mengenai  teori mengembang dan tenggelam. Menurut cerita,  pada suatu hari ia dimintai Raja Hieron II untuk  menyelidiki apakah mahkota emasnya dicampuri  perak atau tidak. Archimedes memikirkan masalah ini  dengan sungguh-sungguh. Hingga ia merasa sangat  letih dan menceburkan dirinya dalam bak mandi umum  penuh dengan air. Lalu, ia memerhatikan ada air yang  tumpah ke lantai dan seketika itu pula ia menemukan  jawabannya. Ia bangkit berdiri, dan berlari sepanjang jalan ke rumah dengan telanjang  bulat. Setiba di rumah ia berteriak pada istrinya, "Eureka. Eureka." yang artinya "sudah  kutemukan. sudah kutemukan." Archimedes hanya perlu memperoleh jumlah kuantitas emas yang digunakan untuk  membuat mahkota itu, lalu menentukan berat jenisnya dengan proses yang sama. Jika  berat jenis mahkota itu tidak sama, berarti emas itu mengandung emas campuran.  Ia berhasil menemukan cara mengetahui volume berat jenis benda tersebut dengan  memasukkannya ke dalam air. Kemudian, mengukur berapa banyak air yang didorong  oleh benda tersebut.Ia juga dikenal sebagai matematikawan yang sangat hebat, salah  satu penemuannya adalah menemukan rumus bangun datar dan volume bangun ruang. Beberapa hikmah yang mungkin bisa kita petik antara lain: 1. Setiap apa yang kita lakukan, buatlah menjadi sesuatu yang sangat berarti. 2. Jika kita dihadapkan dengan suatu masalah, berusahalah dengan sekuat tenaga  untuk segera mencari solusinya. Salah satu cara supaya masalah cepat selesai  adalah dengan menenangkan diri dan merenungkan tentang masalah tersebut dan  munculkanlah pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan konteks permasalahan.  Misalkan: bagaimana cara untuk mengetahuinya? Apa yang harus dilakukan?  Kenapa seperti ini? Kenapa tidak begitu? Dan lain-lain. 3. Kita harus bisa menerapkan materi yang satu dengan materi yang lainnya untuk  memecahkan masalah yang ada di sekitar kita. 4. Segala sesuatu yang dapat kita amati pada fenomena alam ini dan bisa  mempertanyakannya serta bisa memperoleh jawabannya, maka kita akan  memperoleh pengetahuan baru yang sangat bermanfaat bagi diri kita pada  khususnya dan orang lain pada umumnya.  Sumber: https:upload.wikimedia.orgwikipediacommonsee'omenico-)ettiB$rchimedesB62.jpg   290 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  Berikut ini alternatif kegiatan proses pembelajaran pada topik bangun ruang sisi datar.  7emanteman guru dapat memodifikasin\a dengan kondisi guru sendiri dan sisZa di  sekolah masing-masing. Teman-teman guru dapat juga menggunakan cara yang sama  sekali lain sesuai dengan kondisi guru sendiri, siswa dan sekolah masing-masing.  Menentukan Luas  K egiatan 8.1 Permukaan Kubus dan Balok  . Sediakan beberapa (secukupn\akotak kue atau kardus kecil \ang berbentuk  kubus dan balok. 2. Sediakan juga alat-alat pemotong seperti gunting, kater, atau lainn\a.  . Siapkan beberapa macam kerangka bangun ruang kubus dan balok.  . Siapkan beberapa contoh model jaring-jaring balok dan kubus, kemudian  tan\akan kepada siswa: ³bisakah kalian membuat model jaring-jaring balok  atau kubus seban\ak 2 model jaring-jaring" . Sediakan buku-buku pendamping matematika lainn\a atau kalau  memungkinkan ajaklah siswa ke laboratorium komputer ketika kegiatan a\o  kita menggali informasi. 6. Siswa dibentuk kelompok kecil siswa (seban\ak  ± orang\ang  memungkinkan belajar secara efektif.  Sebelum Pelaksanaan .egiatan  Guru memberikan gambaran awal tentang bangun ruang sisi datar yang ada kaitannya  dalam kehidupan nyata. Siswa diberikan beberapa pertanyaan-pertanyaan tentang  menyusun suatu objek disusun dengan susunan yang rapi. Contoh: bisakah kalian  menyusun suatu objek dengan bentuk kubus, balok, prisma, atau limas? Guru mengajak siswa untuk memperhatikan Gambar 8.1. Batu bata merah, potongan  buah-buahan, dan rubrik tersebut disusun dengan rapi dan membentuk kubus atau balok,  bagian luarnya terbentuk bidang-bidang yang merupakan bidang sisi balok. Dapatkah  kalian menghitung luas bidang sisinya? Ada berapa batu bata yang digunakan? Perhatikan  perpotongan antar bidang sisinya. Dapatkah kalian menjelaskan apakah yang terjadi?  Coba amati, adakah tiga rusuk yang berpotongan di satu titik? Jika ada, sebutkan dan  berapa banyaknya?  P   roses P   embelajaran  H.    Kurikulum 2013 MATEMATIKA 291  Ayo Kita Amati Ajaklah siswa untuk memahami Masalah 8.1. Bagikan kotak kue atau kardus kecil  kepada kelompok siswa baik yang berbentuk balok maupun kubus, bagikan pula  alat-alat pemotong seperti gunting atau kater atau lainnya. Fokus pengamatan adalah  akan melakukan suatu kegiatan pembuktian langsung terhadap kotak kue atau kardus  kecil untuk mengetahui luas seluruh pemukaannya. Ajaklah siswa untuk mengamati  langkah-langkah penyelesaian Masalah 8.1. Motivasilah siswa agar membuat  kesimpulan dari hasil kegiatan yang telah di amati.  Ayo Kita  ?? Menanya Jelaskan tugas berikutnya, yaitu membuat pertanyaan (Tuestioning); pada kegiatan ini  siswa membuat pertanyaan yang akan diajukan kepada guru apabila ingin membuat  pernik-pernik berbentuk kubus dari karton.  Contoh pertanyaan: (1) Bagaimana cara membuat kubus dengan ukuran 12 cm?   (2) Seberapa banyak pernik-pernik yang dibutuhkan?  Sedikit Informasi  Kemudian ajaklah siswa untuk memahami sedikit informasi yang sudah disediakan  dalam buku tersebut.  =+  +  Ayo Kita Menggali Informasi  Setelah memahami sedikit informasi dirasa sudah cukup, informasikan kegiatan  selanjutnya, yaitu menggali informasi (pada pojok pustaka atau di perpustakaan)  tentang permasalahan yang sudah disediakan pada buku siswa.  Ayo Kita Menalar Selanjutnya ajaklah siswa untuk mendiskusikan kasus yang terdapat pada kegiatan  menalar dengan menggunakan rumus luas permukaan balok atau kubus yang sudah  diketahui. Berikut alternatif penyelesaiannya.   292 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  Luas karton = 0,5 m × 1 m   = 50 cm × 100 cm  = 5.000 Luas kado = 2(10 × 12 + 10 × 20 + 12 × 20)  = 2(120 + 200 + 240)  = 2(550)  = 1.100  Akan dibuat sebanyak 500 buah, sehingga  500 × 1.100  = 550.000 Dengan demikian, banyak minimal karton yang dibutuhkan adalah .  .  5 000  550 000 = 110   karton.  Ayo Kita Berbagi  Informasikan kepada siswa untuk mendikusikannya dengan kelompok lain, dimana  dalam kegiatan ini guru meminta untuk membandingkan hasil jawabannya dengan  kelompok tersebut.  Ayo Kita  !  ?  !  ?  Berlatih 8.1  Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 8.1 Tanda (-) sebagai latihan  1. a. Banyak kerangka balok yang dapat dibuat = 4 buah.  b. Sisa kawat dari yang telah digunakan untuk membuat balok = 40 cm. 2. Tidak, Ya, Ya, Tidak 3. - 4. - 5. -   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 293  6. Alternatif Jawaban:  Salah satu caranya dengan menguraikan rumus luas permukaan balok  berdasarkan luas permukaan balok yang diketahui, yaitu menjadi sebagai  berikut.  t = 242p pl#l  + , syarat p + l   dan p × l < 242  Nilai p dan l berdasarkan yang kita tentukan sendiri.  Contoh: (1) jika p = 4 dan l = 2, maka t = 39  (2) p = 10 dan l = 9, maka t = 8  (3) Cobalah temukan ukuran yang lainnya 7. B. Seluruh biaya pengecetan aula = Rp6.400.000,00 8. - 9. Banyak kubus satuan yang memiliki warna biru saja = 32 buah. 10. - 11. Jumlah semua bilangan yang dituliskan pada sisi-sisi kubus tersebut = 21.  Menentukan Luas  K egiatan 8.2 Permukaan Prisma  . Sediakan beberapa kerangka prisma lengkap dengan jaring-jaringn\a. 2. Sediakan kertas +9S secukupn\a. . Siswa dibentuk kelompok kecil siswa (seban\ak  ± orang\ang  memungkinkan belajar secara efektif.  Sebelum Pelaksanaan .egiatan  Guru memberikan gambaran awal tentang bangun prisma yang terdapat pada kehidupan  nyata, gambar gubuk disawah dan tenda perkemahan. Pernahkah kalian menjumpai  bagian atas gubuk dan tenda perkemahan seperti gambar berikut? Dimanakah kalian  menjumpainya? Berilah kesempatan kepada siswa untuk menyembutkan contoh lain  dalam kehidupan nyata yang terdiri dari bangun prisma.   294 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  Ajaklah siswa untuk memikirkan tentang bagaimana cara menentukan banyak  genteng yang terdapat pada gubuk sawah di Gambar 8.7. kemudian ajaklah juga  siswa untuk memikirkan tentang bagaimana cara menentukan berapa meter kain yang  digunakan pada tenda perkemahan di Gambar 8.7. Kemudian ditunjukkan beberapa  macam bentuk prisma, yaitu prisma segitiga, prisma segiempat, prisma segilima dan  prisma segidelapan.  Ayo Kita Amati Informasikan tugas yang akan mereka kerjakan, yaitu akan mengamati kerangka  bangun prisma dan jaring-jaringnya pada Tabel 8.1 Fokus pengamatan adalah memperhatikan dengan teliti model-model prisma, jaring- jaringnya, dan dan potongan-potongannya pada Tabel 8.1.   Ayo Kita  ?? Menanya Jelaskan tugas berikutnya, yaitu membuat pertanyaan; pada kegiatan ini siswa  membuat pertanyaan tentang model-model prisma dan jaring-jaringnya serta  potongan-potongannya.  Contoh pertanyaan: (1) Kenapa dua sisi yang saling berhadapan dianggap sebagai  alas?   (2) Bukankah kalau suatu bangun ruang itu ada alasnya juga ada  tutupnya?  =+  +  Ayo Kita Menggali Informasi  Kemudian ajaklah siswa untuk menggali informasi pada Tabel 8.2 dengan memahami  jaring-jaring prisam dan uraian pada kolom keterangan.  Ayo Kita Menalar Selanjutnya ajaklah siswa untuk untuk mendiskusikan kasus yang terdapat pada  kegiatan Ayo Kita Menalar. Berikut alternatif penyelesaiannya.   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 295  1. Tabel 8.2 Luas permukaan prisma No. Prisma Jaring-jaring  4.  alas  alas  I  II III IV  b I b  b a  a  a  c  c  b  a  t  Luas = 2 × I + II + III + IV = 2 × ( 12 × a × b) + (b × t) + (c × t) + (a × t) = 2 × ( 12 × a × b) + (b + c + a) × t = 2 × luas alas + (keliling alas) × tinggi Jadi, luas permukaan prisma segitiga  adalah: Luas = 2 × luas alas + keliling alas × tinggi  5. t  l  p  p  p  l l l p  l l l l  alas I  I  II III IV V  alas  Luas = 2 × I + II + III + IV + V = 2 × (p × l) + (l × t) + (p × t) + (l × t) + (p × t) = 2 × (p × l) + (2l + 2p) × t = 2 × luas alas + (keliling alas) × tinggi Jadi, luas permukaan prisma segiempat  adalah: Luas = 2 × luas alas + keliling alas × tinggi   Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa rumus luas permukaan  prisma adalah sebagai berikut.  /uas Permukaan Prisma   2 î /uas alas .eliling alas î 7inggi Prisma  2. Perhatikan gambar balok di bawah.    p  p  l  l  Alas  Alas  t   296 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru   Bahwa luas alas = pl dan keliling alas = 2p + 2l. Berikut buktinya bahwa ruus  luas permukaan prisma segiempat dapat diturun dari rumus permukaan balok.  L = 2(pl + pt + lt)   L = 2pl + 2pt + 2lt  L = 2pl + (2pt + 2lt)  L = 2 × luas alas + (2p + 2l)t  L = 2 × luas alas + keliling alas × tinggi  Jadi, terbukti bahwa rumus luas permukaan prisma segiempat dapat diturunkan  dari rumus luas permukaan balok.  Ayo Kita Berbagi Informasikan kepada siswa untuk mendikusikannya secara klasikal, dimana dalam  kegiatan ini: Guru menyuruh seluruh kelompok yang ada untuk mempresentasikan  hasil penyelesaiannya di depan kelas secara bergantian. Salah satu kelompok siswa  mempresentasikan jawaban dari hasil diskusinya.  Sedikit Informasi  Arahkan siswa untuk memahami sedikit informasi yang sudah disediakan dalam  buku siswa, jika dimungkinkan ada pertanyaan tentang informasi tersebut, bahaslah  bersama-sama dengan siswa yang lainnya sehingga siswa benar-benar paham tentang  informasi tersebut. Perhatikan siswa yang sedang memahami contoh soal dan alternatif penyelesaian.  Fokuskan perhatian kita pada siswa yang kemampuannya dibawah rata-rata. Jika  diperlukan bimbinglah mdia untuk memahami informasi yang ada. Ajaklah dia  diskusi, berilah dia semangat untuk bisa bermotivasi.  Ayo Kita  !  ?  !  ?  Berlatih 8.2  Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 8.2 Tanda (-) sebagai latihan  1. Luas permukaan prisma tersebut = 392 cm2. 2. - 3. -   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 297  4. -  5. Luas permukaan prisma = 656 cm2. 6. 1.980 cm2. 7. Luas permukaannya = 197 cm2. 8. - 9. Panjang sisi alas prisma tersebut yang memenuhi = 12 cm. 10. 510 cm2 11. Ukuran panjang dan lebar prisma itu yang mungkin adalah  (1) panjang =10 cm dan lebar = 7,5 cm (2) panjang =15 cm dan lebar = 4 cm (3) Cobalah temukan ukuran yang lainnya 12. -  Menentukan Luas  K egiatan 8.3 Permukaan Limas  . Sediakan beberapa kerangka limas lengkap dengan jaring-jaringn\a. 2. Sediakan buku tertentupojok pustakainternet, dll. . Sediakan kertas +9S secukupn\a.  . Siswa dibentuk kelompok kecil siswa (seban\ak -oran\ang  memungkinkan belajar secara efektif.  Sebelum Pelaksanaan .egiatan  Guru memberikan gambaran awal tentang bangun limas yang terdapat pada  kehidupan nyata, bentuk atap kedua rumah. Berilah kesempatan kepada siswa  untuk menyebutkan contoh lain dalam kehidupan nyata yang berbentuk bangun  limas. Ajaklah siswa untuk memikirkan tentang bagaimana cara menentukan banyak  genteng yang terdapat pada rumah di Gambar 8.13. Kemudian ditunjukkan beberapa  macam bentuk limas, yaitu limas segitiga, limas segiempat, limas segilima, dan limas  segienam.   298 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  Ayo Kita Amati  Ajaklah siswa untuk memperhatikan dan memahami Tabel 8.3, kemudian  munculkanlah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin. Informasikan tugas yang akan mereka kerjakan, yaitu akan mendiskusikan alternatif  penyelesaian dari Tabel 8.2, maksimal 15 menit dan aturan mainnya sejelas mungkin  sebelum mereka mengamati. Fokus pengamatan adalah memperhatikan dengan teliti  pada bentuk-bentuk soal dan jawabannya tentang luas permukaan limas yang bisa  dikerjakan dan tidak bisa dikerjakan.  Ayo Kita  ?? Menanya Jelaskan tugas berikutnya, yaitu membuat pertanyaan; pada kegiatan ini siswa  membuat pertanyaan tentang syarat apa yang harus terpenuhi agar agar suatu limas  bisa ditentukan luas permukaannya. Contoh, kenapa gambar nomor 2 dan 4 tidak bisa  dihitung?  =+  +  Ayo Kita Menggali Informasi  Ajaklah  siswa untuk menggali informasi (pada pojok pustaka atau di perpustakaan,  internet atau lainnya) tentang soal-soal yang berkenaan dengan luas permukaan limas.  Ayo Kita Menalar  Selanjutnya ajaklah siswa untuk mendiskusikan dua kasus yang terdapat pada  kegiatan menalar dengan mencari syarat minimal apa suatu limas sehingga luas  permukaannya bisa dihitung. Berikut alternatif penyelesaiannya.  1. Syarat minimal yang diketahui: 1. Panjang rusuk alas 2. Panjang rusuk tegak tidak lebih pendek dari tinggi limas   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 299  2. Langkah pertama, menghitung berapa luas alas limas tersebut dengan  menggunakan rumus luas permukaan limas, yakni sebagai berikut:  L = Luas alas + jumlah luas bidang tegak   360 = Luas alas + 100  Luas alas = 260  Jadi, luas alas limas segiempat beraturannya adalah 260 cm2  Langkah kedua, mendaftar ukuran alas segiempat beraturan yang terdiri dari  persegi, persegipanjang, jajargenjang, trapesium, belahketupat dan layang. Untuk  meringankan kerja kita batasi ukuran alasnya, yaitu terbatas pada bilangan bulat dan  bentuk akar saja, yakni seperti ilustrasi berikut.  No Nama   Bangun Model Bangun  Katerangan  (Luas alas 260 cm2) Luas Ukuran  1.  Persegi  s  s s2  Hanya 1 kemungkinan,  yaitu s = 260  2.  PersegiPanjang  p  l p î l  Sebanyak 6  kemungkinan, yakni: Luas alas = 260 cm2 No. Panjang Lebar 1 260 1 2 130 2 3 65 4 4 52 5 5 26 10 6 20 13   300 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  No Nama   Bangun Model Bangun  Katerangan  (Luas alas 260 cm2) Luas Ukuran  3.  Jajargenjang  a  t  a × t  Sebanyak 6  kemungkinan, yakni: Luas alas = 260 cm2 No. Alas Tinggi 1 260 1 2 130 2 3 65 4 4 52 5 5 26 10 6 20 13  4.  Trapesium  a  c  b d ta 12 (a + b) × t  Luas alas = 260 cm2 (a + b) × t = 520 No. (a + b) t 1 520 1 2 260 2 3 130 4 4 104 5 5 65 8 6 52 10 7 40 13 8 26 20 dan No. t (a  

Sumber: buku mtk kelas 8



Post a Comment for "KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2 halaman 66 67 68 69 70 bab 2"