KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2 halaman 66 67 68 69 70 bab 2
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2 halaman 66 67 68 69 70 bab 2 pilihan ganda san essay bab 2 semester 1 pembahasan soal mtk kelas 2 smp uji kompetensi 2 halaman 66-70 bab 2 banyak sekali pembahasan yang diberikan apa yang dijelaskan di internet mengenai penyelesain tugas-tugas yang ada buku, namun sedikit sekali hanya pembahasan mengenai kunci jawaban yang tepat dan benar, kakak cukup yakin jika peserta didik sekalian menggunakan kunci jawabannya kami buat ini.
akan dapat memberikan pembahasan ataupun kunci jawaban yang tepat dan benar kepada peserta sidik sekalian dikarenakan kami dalam membuat kunci jawaban pembahasan ini bukanlah asal-asalan melainkan kami telah membaca dan memahami materinya terlebih dahulu barulah kemudian kami mencoba menjawab semaksimal yang kami bias.
- Kunci jawaban PAI kelas 8
- Kunci jawaban MTK kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
- Kunci jawaban IPA kelas 8
- Kunci jawaban PENJAS kelas 8
- Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
sehingga kami merasa cukup yakin jika teman-teman pada peserta didik sekalian menggunakan kunci jawaban yang kami buat ini warek akan memperoleh nilai yang begitu besar ataupun memuaskan. walaupun demikian kami juga menyarankan karena diriku menggunakan ataupun mengerjakan terlebih dahulu tugasnya terlebih dahulu barulah kemudian jika terdapat soal yang tidak dipahami atau tidak bisa menjawabnya barulah kemudian menggunakan alternatif jawaban yang kami buat ini sebagai salah satu pilihan yang dapat digunakan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.
karena hari ini apa akan melatih peserta didik dalam memahami dalam memahami soal dan dapat melatih sikap disiplin pantang menyerah dan mereka berusaha hal ini akan bermanfaat sekali bagi peserta didik sekalian untuk untuk dapat menyelesaikan masalah yang akan datang kemudian harinya begitu masalah dari sekolah seperti itu kan surga peterpan masa abadi sosial atau band luar sekolah, peserta didik dapat menyelesaikannya dengan sendiri tanpa bantuan orang lain karena sudah terbiasa dengan hal tersebut.
Kunci Jawaban MTK Kelas 8
walaupun kakak telah memberi pembahasan mengenai kunci jawaban ini bukan berarti kakak tidak menyarankan untuk selalu teliti kepada adik-adik sekalian karena boleh jadi kunci jawaban yang ke kebon ini terdapat kesalahan dalam menjawabnya menjawabnya, karena kunci jawaban yang paling tepat dan benar kembali lagi keburu masing-masing peserta didik sekalian.
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3
untuk itu jika terdapat kunci jawaban yang salah apakah ada peserta didik sekalian menulis kunci jawaban yang tepat di kongo komentar agar tak ada pun memperbaiki kunci jawaban yang sangat tersebut tanggal kemudian harinya orang-orang yang mengalahkan kunci jawaban yang kakak berikan dapat memperoleh nilai yang lebih baik.
Kunci Jawaban MTK Kelas 8 uji kompetensi 2
di balapan bahasa yang dapat kakak berikan semoga dengan daya pembahasan tersebut dapat memberikan nilai yang memuaskan bagi peserta didik sekali anda dengan 4 menyelesaikan tugas dengan tepat waktu sehingga dapat nilai yang begitu besar.
Uji kompetensi 2 semester 1
Kunci jawaban C. Segitiga siku-siku(gambarnya dapat dilihat di lampiran, segitiga tersebut siku-siku di titik B)
Kunci jawaban D. (4, 1)
Kunci jawaban C. (7, 5)Karena x = 7 dan y = 5
Kunci Jawaban B. (–4, 4)Karena x = –4 dan y = 4
Kunci Jawaban D. (–8, –6)Karena x = –8 dan y = –6
Kunci Jawaban C. (6, –5)Karena x = 6 dan y = –5
Kunci Jawaban C. titik B dan EKarena titik B dan E berturut-turut memiliki ordinat: y = 3 dan y = –3
Kunci Jawaban A. titik B dan CKarena titik B dan C berturut-turut memiliki absis: x = 4 dan x = –4
Kunci Jawaban B. titik C dan DKarena titik C dan D memiliki x negatif dan y positif
Kunci Jawaban D. titik G dan HKarena titik G dan H memiliki x negatif dan y negatif
Kunci Jawaban D. Garis k dan lKarena garis k dan l berturut-turut memiliki persamaan y = 3 dan y = –6
Kunci Jawaban A. garis m dan nKarena garis m dan n berturut-turut memiliki persamaan x = –5 dan x = 2
Kunci Jawaban D. SejajarKarena kedua garis tersebut sejajar sumbu Y
Kunci Jawaban C. berpotonganKarena memiliki titik persekutuan yaitu di titik (2, 3)
Kunci Jawaban B. garis nKarena persamaan garis n adalah x = 2
Kunci Jawaban D. garis lKarena persamaan garis l adalah y = –6
Kunci Jawaban D. 5 satuanKarena persamaan garis m adalah x = –5
Kunci Jawaban B. 3 satuanKarena persamaan garis k adalah y = 3
- Diketahui persegi panjang ABCD. Terdapat titik P sedemikian sehingga PC = 8 cm, PA = 6 cm, dan PB = 10 cm. Dapatkah kalian menentukan jarak titik P ke D? Bagaimana kalian menemukannya?
- KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 6.3 Halaman 31 32 Semester 2
- 1. Manakah di antara kelompok tiga bilangan berikut yang membentuk segitiga siku-siku, segitiga lancip, dan segitiga tumpul? a. 13, 9, 11 b. 8, 17, 15
Kunci Jawaban C. (–5, –6)Karena persamaan garis m dan l berturut-turut adalah x = –5 dan y = –6
Kunci Jawaban D. (2, –6)Karena persamaan garis n dan l berturut-turut adalah x = 2 dan y = –6
Uji kompetensi 2 semester 1
Kunci Jawaban :a)Kuadran I adalah titik CKuadran II adalah titik BKuadran III adalah titik DKuadran IV adalah titik Ab)Jarak titik A terhadap sumbu-X adalah 2 satuanJarak titik B terhadap sumbu-X adalah 6 satuanJarak titik C terhadap sumbu-X adalah 8 satuanJarak titik D terhadap sumbu-X adalah 5 satuanc)Jarak titik A terhadap sumbu-Y adalah 1Jarak titik B terhadap sumbu-Y adalah 3Jarak titik C terhadap sumbu-Y adalah 2Jarak titik D terhadap sumbu-Y adalah 1
Kunci Jawaban :a)Jarak titik A terhadap sumbu-X adalah 2 satuanJarak titik B terhadap sumbu-X adalah 9 satuanJarak titik C terhadap sumbu-X adalah 2 satuanJarak titik D terhadap sumbu-X adalah 9 satuanb)Jarak titik A terhadap sumbu-Y adalah 4Jarak titik B terhadap sumbu-Y adalah 4Jarak titik C terhadap sumbu-Y adalah 2Jarak titik D terhadap sumbu-Y adalah 3c) Jarak titik A terhadap titik B adalah 7 satuand) Jarak titik C terhadap titik D adalah 5√2 satuan
Kunci Jawaban :Ada 4 titik, yaitu titik A(7, 5), Titik B(–7, 5), Titik C(–7, –5), dan Titik D(7, –5).
Kunci Jawaban :
Kunci Jawaban :Cara menggambarnya dengan membuat titik refleksi (bayangan) dari titik D. Dengan mengalikan koordinatnya dengan negatif 1.Titik Refleksi D = (-2, 5) x -1= (2, - 5)Gambarkan kedua Titik D dan Titik Refleksi D pada koordinat kartesius lalu buat Garis T dengan menggunakan kedua titik tersebut.
Kunci Jawaban : Koordinat keempat titik tersebut adalah titik P(8, 2), titik Q(5, 6), titik R(–3, 2), dan titik S(0, –6)
Kunci Jawaban :
Kunci Jawaban : Garis k dan m dapat memiliki jarak yang sama dengan sumbu-X apabila kedua garis saling berhimpitan.
Kunci Jawaban : Bangun yang terbentuk adalah bangun segiempat sembarang.
tips memperoleh nilai yang sempurna dari tugas yang diberikan oleh guru yang pertama yang dapat dilakukan adik-adikku sekalian yaitu tidak menunda nanda tugas yang diberikan oleh guru kalau bisa adik-adikku sekalian mengerjakan tugas pada hari itu saja pada hari ketiga atau jasa tersebut diberikan.
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.5 halaman 11
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.7 halaman 14
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 15
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 ayo kita mencoba halaman 21
- KUNCI JAWABAN matematika kelas 8 contoh 1.12
jika peserta didik mengatakan dan dapat menjadi soal ataupun buku yang ingin muntah menjawab silakan tuliskan omongin terbentuknya kami akan berusaha menjawabnya semaksimal mungkin ya nggak bisa.
kata hanya minta hati sebagai imbalan bagi tahun teman yang menggunakan makan yang kami ini yaitu dengan melakukan aksi geng yang kami buat ini dengan teman-teman yang lain ya ya mengerjakan tugas yang sama semoga dengan begitu teman-teman yang lainnya dapat memperoleh manfaat dari afrika yang kami buat ini ada dan jangan lupa untuk gung berlangganan di belakang ini agar teman-teman yang lain yang dapat nanti menari artikel yang gak buat ini
Rangkuman MTK kelas 8 bab 2
adik-adik tidak boleh untuk ber malas-malasan dalam belajar karena memang di sekolah saat ini menerapkan sistem protokol kesehatan yang mana sekolah mewajibkan seluruhnya siswanya harus memakai maskara dan juga terkadang sekolah juga menerapkan sistem pembelajaran dari rumah.
yang kakak takutkan bahwasanya adek-adek jika belajar di rumah adek adek tidak mengindahkan berbahan langsung alasan dengan hal tersebut hanya bermain handphone saja.ada beberapa hal dampak dari penerapan bersekolah dari rumah yang menurut kakak hal ini perlu ditindaklanjuti karena memang kurang efisien bagi siswanya.KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2 halaman 66 67 68 69 bab 2
4 120 90 31,4 8.478 3. - 4. - 5. - 6. - 7. - 8. - 9. - 10. - 11. - 12. - pembelajaran, guru dapat mengembangkan sendiri indikator pencapaian kompetensi berdasarkan dari kondisi peserta didik masing-masing di tempat guru mengajar. Berikut ini dipaparkan contoh indikator pencapaian kompetensi yang dapat dijabarkan dari KD 3.9 dan KD 4.9. 1. Membuat jaring-jaring kubus dan balok melalui benda konkret. 2. Menemukan turunan rumus luas permukaan balok dan kubus. 3. Menghitung luas permukaan kubus dan balok. 4. Mengetahui jaring-jaring prisma sehingga dapat menemukan turunan rumus luas permukaannya. 5. Menemukan syarat-syarat tertentu yang harus diketahui pada suatu soal agar luas permukaan limas bisa ditentukan. 6. Menemukan pola tertentu untuk mengetahui turunan rumus volume kubus dan balok. 7. Menghitung volume kubus dan balok. 8. Memahami proses dalam menemukan rumus volume prisma dan limas. 9. Menghitung volume prisma dan limas. 10. Menemukan hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar. 11. Menentukan panjang diagonal ruang, diagonal bidang, dan luas bidang diagonal. 12. Menyelesaikan masalah yang melibatkan kubus, balok, prisma, atau limas. 13. Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar gabungan. 14. Menghitung volume bangun ruang sisi datar gabungan. 15. Menyelesaikan masalah yang melibatkan diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal. Indikator Pencapaian Kompetensi E. 288 Bangun Ruang Sisi Datar Bangun Ruang Sisi Datar Gabungan Hubungan antara Diagonal ruang, Diagonal bidang, dan Bidang diagonal Kubus Balok Prisma Limas Luas Permukaan Volume P K eta F. onsep 289 Archimedes (287 SM - 212 SM) Narasi Tokoh Matematika G. Archimedes dari Syracusa (287 SM - 212 SM).Ia belajar di kota Alexandria, Mesir. Pada waktu itu yang menjadi raja di Sirakusa adalah Hieron II, sahabat Archimedes. Archimedes sendiri adalah seorang matematikawan, astronom, filsuI, fisikaZan, dan insinyur berbangsa Yunani. Ia dibunuh oleh seorang prajurit Romawi pada penjarahan kota Syracusa, meskipun ada perintah dari Jendral Romawi, Marcellus bahwa ia tak boleh dilukai. Sebagian sejarahwan matematika memandang Archimedes sebagai salah satu matematikawan terbesar dalam sejarah, bersama-sama Newton dan Gauss. Archimedes dikenal karena ide sainsnya mengenai teori mengembang dan tenggelam. Menurut cerita, pada suatu hari ia dimintai Raja Hieron II untuk menyelidiki apakah mahkota emasnya dicampuri perak atau tidak. Archimedes memikirkan masalah ini dengan sungguh-sungguh. Hingga ia merasa sangat letih dan menceburkan dirinya dalam bak mandi umum penuh dengan air. Lalu, ia memerhatikan ada air yang tumpah ke lantai dan seketika itu pula ia menemukan jawabannya. Ia bangkit berdiri, dan berlari sepanjang jalan ke rumah dengan telanjang bulat. Setiba di rumah ia berteriak pada istrinya, "Eureka. Eureka." yang artinya "sudah kutemukan. sudah kutemukan." Archimedes hanya perlu memperoleh jumlah kuantitas emas yang digunakan untuk membuat mahkota itu, lalu menentukan berat jenisnya dengan proses yang sama. Jika berat jenis mahkota itu tidak sama, berarti emas itu mengandung emas campuran. Ia berhasil menemukan cara mengetahui volume berat jenis benda tersebut dengan memasukkannya ke dalam air. Kemudian, mengukur berapa banyak air yang didorong oleh benda tersebut.Ia juga dikenal sebagai matematikawan yang sangat hebat, salah satu penemuannya adalah menemukan rumus bangun datar dan volume bangun ruang. Beberapa hikmah yang mungkin bisa kita petik antara lain: 1. Setiap apa yang kita lakukan, buatlah menjadi sesuatu yang sangat berarti. 2. Jika kita dihadapkan dengan suatu masalah, berusahalah dengan sekuat tenaga untuk segera mencari solusinya. Salah satu cara supaya masalah cepat selesai adalah dengan menenangkan diri dan merenungkan tentang masalah tersebut dan munculkanlah pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan konteks permasalahan. Misalkan: bagaimana cara untuk mengetahuinya? Apa yang harus dilakukan? Kenapa seperti ini? Kenapa tidak begitu? Dan lain-lain. 3. Kita harus bisa menerapkan materi yang satu dengan materi yang lainnya untuk memecahkan masalah yang ada di sekitar kita. 4. Segala sesuatu yang dapat kita amati pada fenomena alam ini dan bisa mempertanyakannya serta bisa memperoleh jawabannya, maka kita akan memperoleh pengetahuan baru yang sangat bermanfaat bagi diri kita pada khususnya dan orang lain pada umumnya. Sumber: https:upload.wikimedia.orgwikipediacommonsee'omenico-)ettiB$rchimedesB62.jpg 290 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Berikut ini alternatif kegiatan proses pembelajaran pada topik bangun ruang sisi datar. 7emanteman guru dapat memodifikasin\a dengan kondisi guru sendiri dan sisZa di sekolah masing-masing. Teman-teman guru dapat juga menggunakan cara yang sama sekali lain sesuai dengan kondisi guru sendiri, siswa dan sekolah masing-masing. Menentukan Luas K egiatan 8.1 Permukaan Kubus dan Balok . Sediakan beberapa (secukupn\akotak kue atau kardus kecil \ang berbentuk kubus dan balok. 2. Sediakan juga alat-alat pemotong seperti gunting, kater, atau lainn\a. . Siapkan beberapa macam kerangka bangun ruang kubus dan balok. . Siapkan beberapa contoh model jaring-jaring balok dan kubus, kemudian tan\akan kepada siswa: ³bisakah kalian membuat model jaring-jaring balok atau kubus seban\ak 2 model jaring-jaring" . Sediakan buku-buku pendamping matematika lainn\a atau kalau memungkinkan ajaklah siswa ke laboratorium komputer ketika kegiatan a\o kita menggali informasi. 6. Siswa dibentuk kelompok kecil siswa (seban\ak ± orang\ang memungkinkan belajar secara efektif. Sebelum Pelaksanaan .egiatan Guru memberikan gambaran awal tentang bangun ruang sisi datar yang ada kaitannya dalam kehidupan nyata. Siswa diberikan beberapa pertanyaan-pertanyaan tentang menyusun suatu objek disusun dengan susunan yang rapi. Contoh: bisakah kalian menyusun suatu objek dengan bentuk kubus, balok, prisma, atau limas? Guru mengajak siswa untuk memperhatikan Gambar 8.1. Batu bata merah, potongan buah-buahan, dan rubrik tersebut disusun dengan rapi dan membentuk kubus atau balok, bagian luarnya terbentuk bidang-bidang yang merupakan bidang sisi balok. Dapatkah kalian menghitung luas bidang sisinya? Ada berapa batu bata yang digunakan? Perhatikan perpotongan antar bidang sisinya. Dapatkah kalian menjelaskan apakah yang terjadi? Coba amati, adakah tiga rusuk yang berpotongan di satu titik? Jika ada, sebutkan dan berapa banyaknya? P roses P embelajaran H. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 291 Ayo Kita Amati Ajaklah siswa untuk memahami Masalah 8.1. Bagikan kotak kue atau kardus kecil kepada kelompok siswa baik yang berbentuk balok maupun kubus, bagikan pula alat-alat pemotong seperti gunting atau kater atau lainnya. Fokus pengamatan adalah akan melakukan suatu kegiatan pembuktian langsung terhadap kotak kue atau kardus kecil untuk mengetahui luas seluruh pemukaannya. Ajaklah siswa untuk mengamati langkah-langkah penyelesaian Masalah 8.1. Motivasilah siswa agar membuat kesimpulan dari hasil kegiatan yang telah di amati. Ayo Kita ?? Menanya Jelaskan tugas berikutnya, yaitu membuat pertanyaan (Tuestioning); pada kegiatan ini siswa membuat pertanyaan yang akan diajukan kepada guru apabila ingin membuat pernik-pernik berbentuk kubus dari karton. Contoh pertanyaan: (1) Bagaimana cara membuat kubus dengan ukuran 12 cm? (2) Seberapa banyak pernik-pernik yang dibutuhkan? Sedikit Informasi Kemudian ajaklah siswa untuk memahami sedikit informasi yang sudah disediakan dalam buku tersebut. =+ + Ayo Kita Menggali Informasi Setelah memahami sedikit informasi dirasa sudah cukup, informasikan kegiatan selanjutnya, yaitu menggali informasi (pada pojok pustaka atau di perpustakaan) tentang permasalahan yang sudah disediakan pada buku siswa. Ayo Kita Menalar Selanjutnya ajaklah siswa untuk mendiskusikan kasus yang terdapat pada kegiatan menalar dengan menggunakan rumus luas permukaan balok atau kubus yang sudah diketahui. Berikut alternatif penyelesaiannya. 292 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Luas karton = 0,5 m × 1 m = 50 cm × 100 cm = 5.000 Luas kado = 2(10 × 12 + 10 × 20 + 12 × 20) = 2(120 + 200 + 240) = 2(550) = 1.100 Akan dibuat sebanyak 500 buah, sehingga 500 × 1.100 = 550.000 Dengan demikian, banyak minimal karton yang dibutuhkan adalah . . 5 000 550 000 = 110 karton. Ayo Kita Berbagi Informasikan kepada siswa untuk mendikusikannya dengan kelompok lain, dimana dalam kegiatan ini guru meminta untuk membandingkan hasil jawabannya dengan kelompok tersebut. Ayo Kita ! ? ! ? Berlatih 8.1 Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 8.1 Tanda (-) sebagai latihan 1. a. Banyak kerangka balok yang dapat dibuat = 4 buah. b. Sisa kawat dari yang telah digunakan untuk membuat balok = 40 cm. 2. Tidak, Ya, Ya, Tidak 3. - 4. - 5. - Kurikulum 2013 MATEMATIKA 293 6. Alternatif Jawaban: Salah satu caranya dengan menguraikan rumus luas permukaan balok berdasarkan luas permukaan balok yang diketahui, yaitu menjadi sebagai berikut. t = 242p pl#l + , syarat p + l dan p × l < 242 Nilai p dan l berdasarkan yang kita tentukan sendiri. Contoh: (1) jika p = 4 dan l = 2, maka t = 39 (2) p = 10 dan l = 9, maka t = 8 (3) Cobalah temukan ukuran yang lainnya 7. B. Seluruh biaya pengecetan aula = Rp6.400.000,00 8. - 9. Banyak kubus satuan yang memiliki warna biru saja = 32 buah. 10. - 11. Jumlah semua bilangan yang dituliskan pada sisi-sisi kubus tersebut = 21. Menentukan Luas K egiatan 8.2 Permukaan Prisma . Sediakan beberapa kerangka prisma lengkap dengan jaring-jaringn\a. 2. Sediakan kertas +9S secukupn\a. . Siswa dibentuk kelompok kecil siswa (seban\ak ± orang\ang memungkinkan belajar secara efektif. Sebelum Pelaksanaan .egiatan Guru memberikan gambaran awal tentang bangun prisma yang terdapat pada kehidupan nyata, gambar gubuk disawah dan tenda perkemahan. Pernahkah kalian menjumpai bagian atas gubuk dan tenda perkemahan seperti gambar berikut? Dimanakah kalian menjumpainya? Berilah kesempatan kepada siswa untuk menyembutkan contoh lain dalam kehidupan nyata yang terdiri dari bangun prisma. 294 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Ajaklah siswa untuk memikirkan tentang bagaimana cara menentukan banyak genteng yang terdapat pada gubuk sawah di Gambar 8.7. kemudian ajaklah juga siswa untuk memikirkan tentang bagaimana cara menentukan berapa meter kain yang digunakan pada tenda perkemahan di Gambar 8.7. Kemudian ditunjukkan beberapa macam bentuk prisma, yaitu prisma segitiga, prisma segiempat, prisma segilima dan prisma segidelapan. Ayo Kita Amati Informasikan tugas yang akan mereka kerjakan, yaitu akan mengamati kerangka bangun prisma dan jaring-jaringnya pada Tabel 8.1 Fokus pengamatan adalah memperhatikan dengan teliti model-model prisma, jaring- jaringnya, dan dan potongan-potongannya pada Tabel 8.1. Ayo Kita ?? Menanya Jelaskan tugas berikutnya, yaitu membuat pertanyaan; pada kegiatan ini siswa membuat pertanyaan tentang model-model prisma dan jaring-jaringnya serta potongan-potongannya. Contoh pertanyaan: (1) Kenapa dua sisi yang saling berhadapan dianggap sebagai alas? (2) Bukankah kalau suatu bangun ruang itu ada alasnya juga ada tutupnya? =+ + Ayo Kita Menggali Informasi Kemudian ajaklah siswa untuk menggali informasi pada Tabel 8.2 dengan memahami jaring-jaring prisam dan uraian pada kolom keterangan. Ayo Kita Menalar Selanjutnya ajaklah siswa untuk untuk mendiskusikan kasus yang terdapat pada kegiatan Ayo Kita Menalar. Berikut alternatif penyelesaiannya. Kurikulum 2013 MATEMATIKA 295 1. Tabel 8.2 Luas permukaan prisma No. Prisma Jaring-jaring 4. alas alas I II III IV b I b b a a a c c b a t Luas = 2 × I + II + III + IV = 2 × ( 12 × a × b) + (b × t) + (c × t) + (a × t) = 2 × ( 12 × a × b) + (b + c + a) × t = 2 × luas alas + (keliling alas) × tinggi Jadi, luas permukaan prisma segitiga adalah: Luas = 2 × luas alas + keliling alas × tinggi 5. t l p p p l l l p l l l l alas I I II III IV V alas Luas = 2 × I + II + III + IV + V = 2 × (p × l) + (l × t) + (p × t) + (l × t) + (p × t) = 2 × (p × l) + (2l + 2p) × t = 2 × luas alas + (keliling alas) × tinggi Jadi, luas permukaan prisma segiempat adalah: Luas = 2 × luas alas + keliling alas × tinggi Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa rumus luas permukaan prisma adalah sebagai berikut. /uas Permukaan Prisma 2 î /uas alas .eliling alas î 7inggi Prisma 2. Perhatikan gambar balok di bawah. p p l l Alas Alas t 296 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Bahwa luas alas = pl dan keliling alas = 2p + 2l. Berikut buktinya bahwa ruus luas permukaan prisma segiempat dapat diturun dari rumus permukaan balok. L = 2(pl + pt + lt) L = 2pl + 2pt + 2lt L = 2pl + (2pt + 2lt) L = 2 × luas alas + (2p + 2l)t L = 2 × luas alas + keliling alas × tinggi Jadi, terbukti bahwa rumus luas permukaan prisma segiempat dapat diturunkan dari rumus luas permukaan balok. Ayo Kita Berbagi Informasikan kepada siswa untuk mendikusikannya secara klasikal, dimana dalam kegiatan ini: Guru menyuruh seluruh kelompok yang ada untuk mempresentasikan hasil penyelesaiannya di depan kelas secara bergantian. Salah satu kelompok siswa mempresentasikan jawaban dari hasil diskusinya. Sedikit Informasi Arahkan siswa untuk memahami sedikit informasi yang sudah disediakan dalam buku siswa, jika dimungkinkan ada pertanyaan tentang informasi tersebut, bahaslah bersama-sama dengan siswa yang lainnya sehingga siswa benar-benar paham tentang informasi tersebut. Perhatikan siswa yang sedang memahami contoh soal dan alternatif penyelesaian. Fokuskan perhatian kita pada siswa yang kemampuannya dibawah rata-rata. Jika diperlukan bimbinglah mdia untuk memahami informasi yang ada. Ajaklah dia diskusi, berilah dia semangat untuk bisa bermotivasi. Ayo Kita ! ? ! ? Berlatih 8.2 Berikut penyelesaian Ayo Berlatih 8.2 Tanda (-) sebagai latihan 1. Luas permukaan prisma tersebut = 392 cm2. 2. - 3. - Kurikulum 2013 MATEMATIKA 297 4. - 5. Luas permukaan prisma = 656 cm2. 6. 1.980 cm2. 7. Luas permukaannya = 197 cm2. 8. - 9. Panjang sisi alas prisma tersebut yang memenuhi = 12 cm. 10. 510 cm2 11. Ukuran panjang dan lebar prisma itu yang mungkin adalah (1) panjang =10 cm dan lebar = 7,5 cm (2) panjang =15 cm dan lebar = 4 cm (3) Cobalah temukan ukuran yang lainnya 12. - Menentukan Luas K egiatan 8.3 Permukaan Limas . Sediakan beberapa kerangka limas lengkap dengan jaring-jaringn\a. 2. Sediakan buku tertentupojok pustakainternet, dll. . Sediakan kertas +9S secukupn\a. . Siswa dibentuk kelompok kecil siswa (seban\ak -oran\ang memungkinkan belajar secara efektif. Sebelum Pelaksanaan .egiatan Guru memberikan gambaran awal tentang bangun limas yang terdapat pada kehidupan nyata, bentuk atap kedua rumah. Berilah kesempatan kepada siswa untuk menyebutkan contoh lain dalam kehidupan nyata yang berbentuk bangun limas. Ajaklah siswa untuk memikirkan tentang bagaimana cara menentukan banyak genteng yang terdapat pada rumah di Gambar 8.13. Kemudian ditunjukkan beberapa macam bentuk limas, yaitu limas segitiga, limas segiempat, limas segilima, dan limas segienam. 298 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru Ayo Kita Amati Ajaklah siswa untuk memperhatikan dan memahami Tabel 8.3, kemudian munculkanlah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin. Informasikan tugas yang akan mereka kerjakan, yaitu akan mendiskusikan alternatif penyelesaian dari Tabel 8.2, maksimal 15 menit dan aturan mainnya sejelas mungkin sebelum mereka mengamati. Fokus pengamatan adalah memperhatikan dengan teliti pada bentuk-bentuk soal dan jawabannya tentang luas permukaan limas yang bisa dikerjakan dan tidak bisa dikerjakan. Ayo Kita ?? Menanya Jelaskan tugas berikutnya, yaitu membuat pertanyaan; pada kegiatan ini siswa membuat pertanyaan tentang syarat apa yang harus terpenuhi agar agar suatu limas bisa ditentukan luas permukaannya. Contoh, kenapa gambar nomor 2 dan 4 tidak bisa dihitung? =+ + Ayo Kita Menggali Informasi Ajaklah siswa untuk menggali informasi (pada pojok pustaka atau di perpustakaan, internet atau lainnya) tentang soal-soal yang berkenaan dengan luas permukaan limas. Ayo Kita Menalar Selanjutnya ajaklah siswa untuk mendiskusikan dua kasus yang terdapat pada kegiatan menalar dengan mencari syarat minimal apa suatu limas sehingga luas permukaannya bisa dihitung. Berikut alternatif penyelesaiannya. 1. Syarat minimal yang diketahui: 1. Panjang rusuk alas 2. Panjang rusuk tegak tidak lebih pendek dari tinggi limas Kurikulum 2013 MATEMATIKA 299 2. Langkah pertama, menghitung berapa luas alas limas tersebut dengan menggunakan rumus luas permukaan limas, yakni sebagai berikut: L = Luas alas + jumlah luas bidang tegak 360 = Luas alas + 100 Luas alas = 260 Jadi, luas alas limas segiempat beraturannya adalah 260 cm2 Langkah kedua, mendaftar ukuran alas segiempat beraturan yang terdiri dari persegi, persegipanjang, jajargenjang, trapesium, belahketupat dan layang. Untuk meringankan kerja kita batasi ukuran alasnya, yaitu terbatas pada bilangan bulat dan bentuk akar saja, yakni seperti ilustrasi berikut. No Nama Bangun Model Bangun Katerangan (Luas alas 260 cm2) Luas Ukuran 1. Persegi s s s2 Hanya 1 kemungkinan, yaitu s = 260 2. PersegiPanjang p l p î l Sebanyak 6 kemungkinan, yakni: Luas alas = 260 cm2 No. Panjang Lebar 1 260 1 2 130 2 3 65 4 4 52 5 5 26 10 6 20 13 300 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru No Nama Bangun Model Bangun Katerangan (Luas alas 260 cm2) Luas Ukuran 3. Jajargenjang a t a × t Sebanyak 6 kemungkinan, yakni: Luas alas = 260 cm2 No. Alas Tinggi 1 260 1 2 130 2 3 65 4 4 52 5 5 26 10 6 20 13 4. Trapesium a c b d ta 12 (a + b) × t Luas alas = 260 cm2 (a + b) × t = 520 No. (a + b) t 1 520 1 2 260 2 3 130 4 4 104 5 5 65 8 6 52 10 7 40 13 8 26 20 dan No. t (a
Sumber: buku mtk kelas 8
Post a Comment for "KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2 halaman 66 67 68 69 70 bab 2"